1

Topic: Living in Spore: Q&A

sLesTa seepppp seepp tengkyuuu :)

--
@siskabundaraka

2

Topic: Living in Spore: Q&A

Dear Mamas,
Thx bgt info2nya, ngebantu bgt :)

Skr sy udh di Sg, udah 1 minggu disini. Tinggal di Hougang Village Residence (service apt), tempatnya persis ada diatas Hougang Point (ky mall kecil gitu). Lumayan agak jauh ke tempat training di KTPH Yishun. Tapi ada shuttle bus dari apt ke Ang Mo Kio MRT St.

Untuk makan lumayan gampang, krn dibawah apt ada KFC, Mc.D n Ah Mei cafe (jaringan banquet foodcourt), belanja bwt masak pun gampang. Tapi buah mahal ya disini :D

Disini enaknya walaupun jauh, transpo umumnya gampang, petunjuknya jelas. Ibaratnya klopun kesasar, ga perlu takut ky Salut sm pemerintahnya yg merhatiin transpo umum.

Utk komunikasi, internet gampang bgt, tlp utk akses BB saya pake starhub ambil yg paket 30 hari (25sgd), tlp ke indo pun pake starhub lmyn murah, 10 menit tlp ke rmh di jkt skitar 2 sgd gitulah.

Yg msh agak mengkhawatirkan soal cucian nih, jemuran lama keringnya hehehehe :D

--
@siskabundaraka

3

Topic: Living in Spore: Q&A

Hai Mama,

tks info nya berguna sekali
kebetulan, senin ini hubby mulai kerja di Spore, dan mungkin 3bulan kedepan saya dan anak akan join.

Untuk hal-hal lain, dari baca-baca dan browsing insyaAllah, ga khawatir, cuma yang jadi concern utama adalah sekolah, kebetulan anak mau SD tahun depan, alhamdulillah ada forum ini, jadi bisa tanya banyak hal.

Ohya, untuk teman-teman yg ada dispore, apakah sering ada gathering/copy darat, kalau ada, insyaAllah mau ikutan gabung, hehehe *nyari temen sih sebenernya*

:)

4

Topic: Living in Spore: Q&A

Hallo Moms,

Kenalin namaku dian, tinggal di sini baru 4 bulan n kondisi baru hamil 2 bulan. Skrg tinggal di zion road, dekat Tiong Bahru juga. Tapi sebentar lg harus pindah, karena ini HDB mau end block :D.
Selama ini kerja part time, tadinya memang niat kerja di sini, tapi selagi cari kerja malah dapet hamil, akhirnya terusin kerja part time buat isi waktu aja.

Salam kenal semua-nya ya. Kalo ada acara ketemuan, kabar-kabari ya moms. :)

5

Topic: Living in Spore: Q&A

Hai Moms,

Duh kualat deh sama TUM. kemaren pas bingung-bingung nyari referensi soal living cost tinggal di Sing gak mampir kesini. Pagi ini nyari info soal sekolah di Sing eeeh malah baru tau ada trit ini. Telat bangeeeet (udah diketawain sama mba Otty, Nyanya, Ipeh di path -_-)

Ikut doong kalo ada gathering, udah hampir 2 bulan tinggal disini, masih belom punya temen hihihi

:D

6

Topic: Living in Spore: Q&A

misskepik - ciyaaaaan *puk puk puk terus ngakak lagi* ;))

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

7

Topic: Living in Spore: Q&A

eh lha tuh lupa mo nanya soal imunisasi.

pernah baca kalo biar dapet sertifikat kayak punya Thalia gitu, medical record yang dari Indonesia musti di translate ke bahasa inggris dulu kah?

atau bisa langsung bawa aja medical record ke DSA disini?

sengkyu

8

Topic: Living in Spore: Q&A

Misskepik - wah, aku ga tauuu... soalnya aina lahir disini. tapi mending tanya ke DSAnya aja langsung. soalnya setau gue yang ngeluarin sertifikatnya itu si DSAnya kok.

btw, hayuk atuh ketemuan... :D

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Topic: Living in Spore: Q&A

Nyanya, ngakak muluuu sebel hahahahahahha

Thalia, oke oke, mudah mudahan gak harus begitu deh hahahah, ribet soalnya :p ayuk ih ketemuan tapi maluuu. nungguin Ipeh kesini aja kali ya *lha ini malah OOT XD

10

Topic: Living in Spore: Q&A

misskepik, akhirnya nyangkut disini juga ya cyin. Rajin-rajin post yaa :)

Thalia, Ajeng ini pengen banget ketemuan ma lo dan Shinta, tapi malu dan gak pede katanya, ih *ngakak*.. Desember ya kopdar :)

11

Topic: Living in Spore: Q&A

misskepik kayaknya kalo buku imunisasinya dalam bahasa indonesia, mesti di translate. kalo gak sih bisa langsung kasih ke DSA disini.

yuukk ah jangan malu2.. emang apa yang dimaluiiinnn... jangan lupa pake baju aja pas ketemuan *apasih shin?* hihih..

yuukk TUM spore kopdaarr!!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Living in Spore: Q&A

shin,

jadi nebeng nanya, itu mintanya berarti bukunya dikasihin ke dokter buat issue sertifikatnya gitu? naia masih imunisasi kan sampe seumur gini?

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

13

Topic: Living in Spore: Q&A

rani kayaknya sertifikat itu tergantung dokter kali ya? gue sih ga dikasih, cukup bukunya aja. naia harusnya udah lengkap, paling booster aja.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Living in Spore: Q&A

shinta

oh gitu, gue juga dikasih buku doang sih. belum pernah minta sertifikat karena belum perlu, mungkin nanti pas mau daftar primary school kali ya.

btw baru nyadar gue typo, harusnya " naia masih imunisasi kah sampe seumur gini?" soalnya gue udah gapernah imunisasi keira lg, cuman nadine doang :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

15

Topic: Living in Spore: Q&A

ipeh, buka rahasiaaa hahahaahh

shinta, makacii infonya mamashin. iya ini pengen punya temen tapi malu hahahahah. nanti nunggu ipeh dateng ketemuan yaaa :D

16

Topic: Living in Spore: Q&A

charissarhanie - minta aja ama DSAnya. waktu itu gue ga minta tapi langsung dikasih begitu imunisasinya kelar (booster ga termasuk).

gue punya kepake waktu minta bisa ke jepang. ama entah kenapa mereka minta... kenapa ya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Living in Spore: Q&A

Dear Mamas,
Kami akan pindah ke Singapore dari Amsterdam. Sudah baca2 postnya dari halaman 1..tp post terakhir 2012 nih. Bisa tolong minta review living cost di SG untuk tahun ini? And we have a toddler, so we need to add pre-school fees too..
Thanks mamas!

18

Topic: Living in Spore: Q&A

miegorengpedas Halo..salam kenal ya ma :)
Nah,kalau untuk living cost aku nggak bisa bantu karena memang tidak tinggal di SG. Mungkin juga tidak jauh dari tahun2 kemarin.
Biasanya sih kalau bulan pertama pasti pengeluaran lebih banyak karena harus sewa apato/hdb atau beli landed house.

Tapiii,mari colek2 mama SG Slesta,Thalia,Wortje,Misskepik..


Kalau sekolah di singapore ada threadnya sendiri disini http://theurbanmama.com/forum/forum24-schools-in-singapore.html

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

19

Topic: Living in Spore: Q&A

Hi Cindy, salam kenal! Thank you tagnya..semoga mamas Singapore ada yg jawab ya..biar sekalian kenalan.
Kalau disini kebetulan tiap tahun rent selalu naik, pajak jg sempet naik..jd angka 2012 dengan 2015 lumyan berbeda. Semoga di Singapore kisarannya masih sama deh!

Cheers,
Lia

20

Topic: Living in Spore: Q&A

hihihi, ini sampe diwasap cindy utk bales thread ini...

halo miegorengpedas, salam kenal. angka yang dikasih mamanisa di taun 2010 ga banyak berubah... kecuali:

- rent: harga makin mahal sekarang. tapi tetap tergantung daerah. kalo di city, mungkin sekitar 3k utk 3 kamar (utk HDB, condo sih bisa jauuuuh lebih mahal). rent rumah disini bener2 tergantung daerah. dan harganya jauh sekali bedanya per lokasi.

- sekolah: kalo pre-school, ga terlalu beda sih. tapi kalo udah masuk primary school, harga utk non-PR dan non-citizen udah naik dibanding 5 tahun yang lalu. tapi ini mestinya bukan dibahas di thread ini sih, tapi di forum yang linknya dikasih ama cindy di atas... *masih kebawa2 masa jadi moderator, haha*.

- transport juga ga beda jauh, dengan asumsi ga naik taksi dan ga punya mobil... $200-250 sih cukup. apa lagi sekarang, kalo naik MRT dan turun di CBD pagiiiii banget (sebelum jam 7:45 ya kalo ga salah), gratis... tapi kalo naik taksi, mahal deh.

HTH.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: Living in Spore: Q&A

halo, Lia!

kemarin sempet nanya email di IG ya? Maaf banget belum kebales :D lewat sini aja biar sekalian sharing ya.

Kebetulan, Zee (kelahiran 2010), sekarang di pre-school juga. Semua keterangan dari saya ini sesuai pengalaman dan pengetahuan saya ya, mohon mamas2 yang sudah belasan tahun duluan tinggal di SG untuk mengkoreksi kalau salah *colek Thal & Shinta :D

Living Cost, bener2 sesuai pilihan kita, mau irit bisa, mau 'foya2' juga bisa, hahahaha.. Kalau lihat sesuai harga Starbucks (misalnya), sepertinya hampir sama kok, makan di foodcourt dalam mall satu orang sekitar $10-$15 an (bukan hawker ya, bisa lebih murah, kalau hawker biasanya sekitar $5-$7). Kalau makan di resto/cafe, brunch/lunch bisa $20-$25 satu orangnya.

Bills juga sesuai plan dari telco aja, biasanya ga pernah lebih karena ada program telp gratis ke nomor yang sebelumnya didaftarkan, dan wifi dimana2 :) bills lain seperti gas, air dan listrik kemarin2 sempat banding2in sama mamas2 lain sekitar $200-$400/bulan (yg di condo nih biasanya). Transport setuju sama Thalia, saya yg termasuk golongan "ngga ada kerjaan dan seneng jalan2" hahahahah, sebulan untuk transport saya habis $150-an untuk reload di EZlink (kartu multiguna). itu juga saya sehari bisa keluar masuk MRT/bis 4-5 kali.



Kalau ada yang tanya ke saya tinggal disini paling kerasa bayar apa, saya selalu jawab : bayar rent rumah, kesehatan (usahakan ditanggung kantor suami ya, kalau ngga, sekali ke dokter anak konsul $100, belum obat dll), dan... sekolah anak.

Tempat Tinggal sudah dijawab Thalia ya. Kebetulan saya tinggal di HDB yang sedikit dekat dengan City, dengan harga rent ini saya bisa dapat condo yang sedikit 'minggir', tapi kami sudah terlanjur senang dengan lokasi HDB yang sekarang :)


Sekolah.
Ini sebenernya ada tier-tiernya juga. Untuk preschool (karena kebetulan sekarang lagi ngalamin), ada pilihan TK dari pemerintah, madrasah, TK swasta, atau TK internasional. TK pemerintah (PFC) kalau ngga salah (mamas SG please cmiiw), sebulan sekitar $300? karena disubsidi pemerintah, dan mostly half day. Madrasah saya kurang tau (heeelpp!), TK Swasta (termasuk childcare, daycare dll) sekitar $1200-$1700 perbulan diluar kegiatan extrakulikuler (art/speech & drama, dll), sedangkan international bayarnya pertahun, biasanya diatas $20k?

Paling itu aja sih ya yang utama, silahkan kalau ada yang mau ditanyakan lagi :)

A grand adventure is about to begin.
-- Winnie the Pooh

22

Topic: Living in Spore: Q&A

ihiyyy,mama-mama SG pada main kesini..
Terimakasih sharingnya yaa binggi Thal dan mba Woro,jadi tau deh sekarang living cost di SG itu sekitaran berapa..

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

23

Topic: Living in Spore: Q&A

horeee!
thanks thalia & woro untuk update living cost di spore sekarang.
ah! jadi kangen deh sama spore.

lia... pasti betah deh di spore. :)
semoga lancar yaa kepindahannya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Living in Spore: Q&A

Wah Cindy makasih banget ya sampe whatsappin Thalia segala! Heel erg bedankt klo kata wong Londo :p

Thalia thanks infonya! Mostly angkanya ga berubah ya. Kalau rent emang udah sering denger kalo di Singapur mahal, harga rentnya mirip-mirip sama di Amsterdam nih mahalnya.

Iya Woro kemaren sempet nanya di IGnya..sorry loh main tembak :p Thanks banget infonya, lengkap! Setuju banget klo living cost emang "suka-suka" kitanya. Udah sempet browsing2 rent di property guru tapi masih pusing liat pembagian districtnya. Browsing2 pre-school dari sassymamasg.com jg bingung blom bisa ngeliat sekolahnya tuh di distrik mana sih :p Kebetulan saya juga sukanya jalan2, makan2, ngemil2 haha. Jadi sharingnya on point banget!

Teh Ninit aamiin..semoga lancar nih. Pindah benua, dan udah lama tinggal di Belanda jd mikirin mesti packing dan pindahan rada puyeng..tapi excited juga mikirin mau pindah ke Singapore!

Untuk masalah area tinggal, selain masalah harga ya tentunya..ada perbedaan yang mencolok banget ngga sih dalam segi fasilitas, jaringan transportasi, kualitas dan kuantitas sekolah di tiap2 distrik?

25

Topic: Living in Spore: Q&A

miegorengpedas *hmm nulis nicknamenya jadi pengen mie goreng hihi salah fokus*

mau ngasih heads up aja, temen gue ada yang pindah dari NY ke singapore dengan ekspektasi, ya kan di NY juga rent mahal, jadi di singapore oke lah. semahal2nya, paling gak jauh beda. WRONG! dia kaget banget ternyata rent di singapore itu jauh lebih mahal. mungkin dari angka kesannya sama, sama2 3BR tapi sayangnya disini apt size itu ga gede. di NY 1BR di lokasi yang bagus, harganya gak mahal2 amat compare to singapore, tapi area apt nya jauh lebih luas, lokasinya bagus, dll.

biar ga kaget aja jadi mesti di kasih heads up. terutama apt yang baru2 gitu pasti somehow lebih "cramped". tapi enaknya sih kalo di HDB dia selalu ada fasilitas amenities yang deket pasar, deket hawker, dan ada playground. kalo di condo, ada kolam renang, dan fasilitas private apt yang ga ada di HDB (tennis court, doorman, etc.)

seperti apa yang dikasih tau woro, asuransi kesehatan juga penting banget. soalnya gak semua perusahaan disini ngasih asuransi yang all covered. jadi tergantung perusahaan suami, dan coveragenya gimana. karena most singaporeans, coverage asuransi gak dapet dari perusahaan, tapi dapet dari medisave -- yang dipotong dari gaji mereka untuk dana CPF (pension fund), yang sama pemerintah itu dibagi2 untuk medical dan juga savings fund.

untuk sekolah, sebenernya fasilitas sih more or less semua sama kok, public school nya mayan di run dengan baik dengan kurikulum standar yang sama. yang jadi perbedaan paling kayak apa yang di offer sekolah untuk ekskul dan kegiatan2 di luar sekolahnya. seperti misalnya kualitas nilai kelulusan dari subject tertentu, dll. itu yang dijadikan patokan populer ato tidaknya sekolah tsb.

semoga tambahannya membantu!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta