1

Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

Hello Urban Mamas and Papas...

Sebentar lagi kami mudik ke kampung halaman mertua, di sana ada berbagai macam hewan peliharaan; ternak ayam walaupun ada kandang sering masuk dan 'pup' sembarangan, burung dara, angsa, kelinci, dan baru2 ini ada penghuni baru yaitu dua kucing persia milik adik ipar yang dibiarkan lepas di dalam rumah induk.

Masalahnya, mertua sangat menyayangi binatang. Nah, saya sangat takut baby kami (8 bulan ) tertular penyakit ataupun alergi (karena suami mempunyai alergi (pilek/bersin) yang sering kambuh---mungkin krn waktu kecil biasa hidup dengan berbagai macam hewan peliharaan bahkan makan bareng...eh sori yang ini agak curcol.. he2..

Ada saran ga, apakah saya biarkan Hazel nanti diajak bermain dengan hewan...apakah nanti tidak menjadi pencetus alergi atau penyakit, terutama kucing yang dibiarkan lepas di dalam rumah?

Makasih sebelum dan sesudahnya...

@emaknyahazel

2

Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

dinda permata

mungkin harus rembukan ama mertua kali yaaa...kaya kelinci, ayam kan bisa dikandangin sementara ato di taruh di halaman, terus kalo memungkin kan di mandiin dulu, dan yang terakhir di imunisasi.

kayaknya hazel gak papa untuk diajak main, bila ga takut..
aku biasanya kasih waktu buat main main ama anjing yang ada di rumah (rumah papa mamaku )..abis gitu mandi..jadi maen maennya pas sebelum mandi pagi dan sebelum mandi sore gituu..biar gak katro liat binatang :)

3

Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

dinda permata
aku justru sering baca penelitian yg bilang memelihara hewan itu justru punya efek yg bagus sekali untuk anak.
asal binatang peliharannya gak bahaya yah dan tetep harus diawasi interaksinya tentunya.

coba deh baca
http://www.childcareaware.org/en/subscriptions/dailyparent/volume.php?id=56

menurut aku sih kunjungan ke mertua justru bisa dimanfaatkan sebagai pengenalan binatang, sedikit demi sedikit. tapi karena binatang dan baby kamu sama2 baru kenal, jadi harus hati-hati dan diawasi ketat, juga diajari gimana bersikap dengan hewan (misal, nggak boleh kasar dan narik buntut kucing, karena nanti kucingnya marah dan sakit..)
Buat jaga2, mungkin ada baiknya bawa obat anti alergi.

dan aku setuju sama lie antonia, mungkin minta mertua ayamnya dikandangin dulu biar gak masuk rumah...

4

Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

dinda,
setuju sama lie dan fanny,
binatang kayak ayam dan kelinci dikandangin dulu.
Jadi gak berkeliaran di dalem rumah,
dan kalo hazel tertarik untuk main2 dengan hewan2 itu, dia bisa menghampiri kandangnya aja dulu buat menyapa2.
Obat anti alerginya dibawa aja, tapi mudah2an sih gak alergi ya.
Kadang pencetus alergi itu kan sugesti, mudah2an kalo hazel seneng berkenalan sama hewan peliharaan kakek neneknya, alerginya gak muncul ato at least kalo muncul gakan parah ya..
Lagi pula kalo peliharaan biasanya terawat koq.. (biasanya lho yaa..hehe)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

lie.antonia
Makasih ya tips nya. Hmm dikasih jadwal maen sblm mandi pagi dan sebelum mandi sore..tfs!!

fanny
mungkin aku aja yang terlalu parno ma hewan ya, link nya berguna bgt bisa aku jadiin panduan nanti, tfs.
Oia, ada masukan obat alergi yang aman untuk baby...apa berupa salep gitu?

@emaknyahazel

6

Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

Eka
Iya lumayan dapat pencerahan nih, kayaknya yang lebih takut mamanya deh--kalo Hazel mah suka ngelihat hewan gerak gerak (mungkin biasanya cuma maen ma boneka hewan aja, hihi). AMINN semoga baik2 aja, yang penting selalu diawasin n jaga kebersihan anak yaa.. tfs.

@emaknyahazel

7

Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

fanny

makasih link nyaaaa...ntar aku juga mo piara binatang di rumah ahh..( aku seneng sih cuma mertua pada takut gitu ada apa apa)..

8

Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

dinda permata - stuju ama fanny... sebenernya, untuk kucing dan kelinci, gapapa dilepas. ga bahaya, selama kita jagain. dan kelinci pupinya kering, jadi gampang bersihinnya.

gue ada bbrp rules yang gue terapin ke aina, (dan ke anak2 lain yang mau main ama anjing kita) yg rada mirip ama link yang dikasih fanny:
[list=1]

  • binatang yang kita ga kenal, ga boleh langsung dipegang. mesti minta ijin dulu ama yang punya, boleh ga disayangin. takutnya ternyata si binatang galak/ga suka dipegang. [/*]
  • jangan deket2 binatang yang lagi makan atau tidur, biarpun udah kenal dan udah diajak main sebelumnya. banyak binatang yang ga suka diganggu, dan cuma galak kalo diganggu waktu makan dan tidur. [/*]
  • kalo mau main ama si binatang, harus selalu ditemani oleh pemiliknya. soalnya, si pemilik biasanya ngerti body language si binatang, jadi kalo binatangnya udah mulai sebel, playing sessionnya bisa diberhentikan dulu. [/*]
  • selalu cuci tangan abis pegang binatang. [/*]
  • yg terakhir, biarpun lucu banget, jangan pegang/tarik ekor dan kuping binatang. biasanya anak demeeeen banget ama ekor dan kuping. tapi binatang paling sebel kalo bagian situnya dipegang2, apa lagi ama yang dia ga kenal. [/*]


    btw, kalo ttg alergi, sebaiknya kalo ternyata hazel terbukti alergi ama binatang (kulit merah2 atau jadi sesak napas), mending jangan deket2 aja. kalo alerginya ke kulit, bisa dihindari dengan langsung cuci tangan setelah main2 ama si binatang. tapi kalo alerginya lari ke pernapasan, mending jangan deket2 binatang berbulu deh...

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia
  • 9

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    wah tips Thalia oke tuh.. btw, kalo miaranya ayam yang dilepas gitu, gue juga ngeri..

    And thelilsolder is back. Fire!

    10

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    Dinda, ayamnya dternakkan dlm kandang khusus atau dipelihara liar? (maksudnya punya kandang tp kalo pagi-sore berkeliaran dsktar rumah,sorenya masuk ke kandang sendiri)
    kalo emang biasa berkeliaran emang ga enak kalo datang2 nyuruh mertua ngandangin ayam/kucing slama dinda dsna,bisa aja mertua kberatan.
    Yg pnting diawasin baby nya kalau dinda ga mau baby nya pegang2 hewan piaran.
    Karena bukan masalah alergi aja tp hewan yg dbebaskan berkeliaran dmana saja apalagi di desa cenderung lebih jorok krna pup d smbrang tempat.

    Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

    11

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    oh iya, ttg ayam....

    dulu waktu gue masih growing up tinggal di bandung, halaman rumah gue banyak ayam (dan soang, dan lain2), soalnya rumah gue sebelahnya sawah dan banyak orang yang miara ayam kampung. kebetulan rumah gue tamannya gede, dan apparently, banyak cacingnya... surga ayam kampung deh...

    seperti kata bundanegara, kayaknya kalo ngandangin ayam kampung susah deh. lha mereka cari makan sendiri kan...

    tapi ga papa kok. ayam itu ga galak, dan mereka biasanya juga ga gitu suka deket2 orang. dan biasanya ayam ga suka matok2 orang sembarangan kok (kecuali, anaknya kita ambil. emaknya bakal ngejer tuh...). jadi selama kita ga ngejer2 si ayam, ngambil anaknya (yang memang ga recommended, soalnya bisa kena salmonella), dan jago menghindari pupinya di tanah, ayam ga big deal kok... ada baiknya, kalo main di luar, pake sepatu, dan jangan jatuh2 atau main2 di tanah.

    nah kalo soang/angsa... lain cerita: kalo soang sendirian, gapapa. tapi kalo si soang punya anak (keliatan kok sekitarnya ada bbrp anaknya ngikutin), JANGAN DEKET2! mereka protektif banget. dan kalo udah nyosor sakit dan luka euy... jadi kalo ada soang bawa anak, beneran nyebrang jalan dan siap lari... hihihi. gue berkali2 tuh dikejer mama soang, padahal udah nyebrang jalan.

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    12

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    Thalia, ahahahaa..angsa! Aku trauma tuh dikejar2 angsa.Sampe sekarang liat angsa 50meter di depan aku langsung ambil langkah seribu!
    Hahaha..norak kali ya,tp emang angsa tu judes banget!

    Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

    13

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    thalia,
    iya tuh soang emang 'galak'. tetangga gw ada yang miara soang sebagai pengganti anjing.

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    14

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    wuahaha.. Miara soang buat pengganti anjing..jauh banget!

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    15

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    eh iya loh.. kakek gue dulu miara soang buat jagain kantor di jakarta loh padahal (tp jaman dulu sih).
    gue takut banget sama soang.. belum pernah disosor sih.. tp sering denger cerita orang dikejar dan dicium soang. ngga banget deh hihihi

    And thelilsolder is back. Fire!

    16

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    iya dinda,
    nurut aku gak papa belajar bergaul ama hewan (kucing n kelinci) dgn catatan mereka bersih n sehat .. anakku (10 bulan)dsn aja maen ma kucing persia, suka tereak2 kalo liat kucing trus ikut ngelus2, kdg narik ekornya :p untungnya kucingnya kalem jd diem aja ..

    d rumah ada beberapa kucing yg d lepas, ada kotak buat pup n pipis, jd gak sembarangan, lagian kucingnya juga sehat terawat, kukunya d potongin .. jd aman2 aja ..

    kalo unggas sih d luar/halaman aja kali :D soalnya unggas gak bs d ajarin :p

    mother | dreamer | winner
    @aulianugroz

    17

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    bundanegara, ninit, thelilsoldier - eh bener, galak banget!! ga kalah ama anjing penjaga, ka! dulu tiap pulang sekolah gue mesti kejer2an ama soang... malah sempet kungfu2an ama soang pulak... abis ngotot banget mo nyosor ampe gigit & narik2 rok sekolah... akhirnya gue tendang lehernya, trus dia batuk2.

    besoknya, bukannya kapok, malah tetep ngejer lagi... ;-; galakan soang dari gue :(

    dinda permata - mungkin liat2 thread animal lovers membantu? ada banyak bahasan dan foto2 anak2 dengan pets dan binatang2 lain...

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    18

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    thalia,ha..ha..kungfu ama soang! lol...btw gw jg takut deh ama soang.Lsg melipir kalo ngeliat soang..

    @medyratri

    19

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    thalia - hahaha.. Ngakak ngebayangin berkungfu sama soang.. Udah gitu pake acara batuk pula itu soang hahaha..

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    20

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    lie.antonia soang itu angsa tapi bukan angsa manis gitu, soang mah brisik dan ya itu tadi.. seneng nyosor hihi..

    gue ga kebayang thalia kungfu2an ama soang.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    21

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    iya nga,
    gw juga suka denger cerita kalo soang itu galak. ih! sampe sekarang takut aja kalo liat soang :)

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    22

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    soang di belgia juga dikenal sebagai penjaga loh!
    gue juga pernah tuh diuber soang. ajegila trauma ampe sekarang.
    gara2nya gue (kecil) sotoy gitu sok nakut-nakutin soang. gue pikir soang takut ama gue.. eh nggak taunya dikejar.. wah panik, yang ada gue yang takut ama soang :))

    btw, tips thalia oke banget.. walaupun gue nggak selalu bisa nerapin ke alyssa. si neng udah kagak pake cuci tangan lagi deh kalau abis pegang anjing/kucing omanya. kadang abis cium anjing trus cium emaknya. blah..

    kalau di indo, banyak yang nggak terlalu familier dg hewan peliharaan yah.. gue sering diwanti2 banget ama keluarga indo supaya alyssa hati2 terutama dengan anjing/ nggak boleh main sama anjing. emang sih banyak cerita tragis ttg anjing nyerang bayi/anak kecil, tapi kita balikin lagi, manusia aja ada yang jahat.. yah apalagi binatang.

    udah gitu anak2 itu kan kalau gemes suka nggak kira2tuh.. main peluk/seret/cubit/peres.. suka gak kira2 :)
    makanya gue bilang ama al dia harus lembut sama binatang, apalagi sama salah satu anjingnya oma, karena anjing ini karakternya nggak selembut anjing lain.
    tapi kadang suka terharu deh kalau liat al main sama anjing2/kucingnya oma. udah kayak sama sahabat sejati banget. so sweet :)

    Dinda Permata, waktu abis dari taman safari dulu, alyssa juga alergi. kulit tangannya bengkak dan merah2, kayaknya kena kuku/bulu singa deh.. eh tapi gak tau juga abs dia main dengan banyak binantang waktu itu.
    Kita ke dr anak, dikasuh RYZEN sirup. Tapi kayaknya mesti resep dokter yah. cepet ilang sih alerginya begitu minum itu.

    23

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    thalia wrote:
    dinda permata - stuju ama fanny... sebenernya, untuk kucing dan kelinci, gapapa dilepas. ga bahaya, selama kita jagain. dan kelinci pupinya kering, jadi gampang bersihinnya.

    gue ada bbrp rules yang gue terapin ke aina, (dan ke anak2 lain yang mau main ama anjing kita) yg rada mirip ama link yang dikasih fanny:
    [list=1]
  • binatang yang kita ga kenal, ga boleh langsung dipegang. mesti minta ijin dulu ama yang punya, boleh ga disayangin. takutnya ternyata si binatang galak/ga suka dipegang. [/*]
  • jangan deket2 binatang yang lagi makan atau tidur, biarpun udah kenal dan udah diajak main sebelumnya. banyak binatang yang ga suka diganggu, dan cuma galak kalo diganggu waktu makan dan tidur. [/*]
  • kalo mau main ama si binatang, harus selalu ditemani oleh pemiliknya. soalnya, si pemilik biasanya ngerti body language si binatang, jadi kalo binatangnya udah mulai sebel, playing sessionnya bisa diberhentikan dulu. [/*]
  • selalu cuci tangan abis pegang binatang. [/*]
  • yg terakhir, biarpun lucu banget, jangan pegang/tarik ekor dan kuping binatang. biasanya anak demeeeen banget ama ekor dan kuping. tapi binatang paling sebel kalo bagian situnya dipegang2, apa lagi ama yang dia ga kenal. [/*]


    btw, kalo ttg alergi, sebaiknya kalo ternyata hazel terbukti alergi ama binatang (kulit merah2 atau jadi sesak napas), mending jangan deket2 aja. kalo alerginya ke kulit, bisa dihindari dengan langsung cuci tangan setelah main2 ama si binatang. tapi kalo alerginya lari ke pernapasan, mending jangan deket2 binatang berbulu deh...


  • Makasih Thalia, Tips nya aku cermatin satu-satu..sangat berguna buat bekal nanti. Smg acara pulangkampung nanti jadi ajang menyenangkan buat Hazel, ketemu banyak sodara n banyak hewan... =)

    Semoga juga ga pake acara alergi ya.. Amin!!

    @emaknyahazel

    24

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    thelilsoldier, bundanegara, airas Ayamnya punya kandang sendiri, emang dilepas kalo siang-sore buat nyari2 makanan sendiri, biasanya makanin limbah cuci piring (salah satu keuntungan melihara ayam ya makanan sisa pasti ludes-ada ayam sang penolong), pup nya dah pasti sembarang tempat di halaman belakang..kadang2 ada satu-dua ekor yang nyelonong masuk rumah induk (biasanya lgs maen kejar2an ayam dah mertua, hihi).

    Kalau kucing jenisnya persia, sejauh ini dikandangin, kalau malam atau main aja dilepas (kasian juga kali yaa dikandangin mulu), adik ipar sih rajin nyalonin n imunisasi kucing2nya. Berarti mengurangi resiko kena penyakit kan yaa

    Soal soang/angsa.. lho samaan dong ma tetangganya Ninit, mertua melihara 3 ekor soang di halaman depan rumah buat penjaga rumah, nyeremin banget..ampe mau masuk-keluar rumah ngendap2, terakhir mudik malahan dikejarr ampe masuk kamar..hiiiiiiiiiiiii.......................

    Jadi kepikiran buat kirim foto Hazel sama hewan2 nanti.... :cool:

    @emaknyahazel

    25

    Topic: Masalah dengan Hewan Peliharaan

    Mamas, just wanna share nih (eh atau usul ya). Klo bisa ga usah pelihara kelinci deh dirumah. Bukannya apa-apa, tapi kelinci itu gampang banget MATI! Aku bbrp kali punya kelinci, dan binatang ini emang fragile bangett. Gampang sakit, yg ada mahalan biaya dokter hewannya drpd harga itu kelinci hihihi :p. Salah satu dr yg kita datengin nyaranin buat jgn pelihara kelinci krn mereka gampang mati, mosok stress doangan aja bisa mati :(. Yg ada tiap kelinci drmh mati, aku+ade nangis bareng2 deh hehe :D. Kasian aja klo anakku tar ngalamin ini...jd ga mau plihara kelinci aahhhh