1

Topic: Crafty Mama

Mama-mama di TUM itu membuat aku jadi terinspirasi untuk bikin sesuatu,padahal tadinya aku jarang banget bikin craf,ngeliatnya aja udah hoplees kayaknya gak bakal bisa.tapi berkat mama-mama TUM dan juga demi zahra,aku mau coba-coba bikin rok
ini rok tutu pertama ku idenya nyontek dari blog nya Aini

http://farm6.static.flickr.com/5014/5455637035_5075c301f7.jpg

love zahra,berumon and books

2

Topic: Crafty Mama

Proyek menyambut Natal mama dan Albert... sederhana banget sih...
Yang ini dapet ide dari Nyanya... tapi belum selesai menghiasnya... yang sisi ini hasil karya mamanya, sisi satu lagi Albert yang nempelin hiasannya...
http://lh6.ggpht.com/_Q_ucDxR7Ogk/TQgXSja3siI/AAAAAAAAA4c/YBtc8BMiZvU/s288/Image0083.jpg
http://lh3.ggpht.com/_Q_ucDxR7Ogk/TQgXVPfGg4I/AAAAAAAAA4g/tRve-g_GGqs/s288/Image0084.jpg
Terus kita juga bikin hiasan pohon natal sendiri, terinspirasi dari artikel di TUM tahun lalu... tapi kita modifikasi sedikit...
http://lh5.ggpht.com/_Q_ucDxR7Ogk/TPwvyWK_NpI/AAAAAAAAA3s/ttx3O4BTNik/s288/Image0066.jpg
Ini si Albert ikutan sibuk menghias2...
http://lh4.ggpht.com/_Q_ucDxR7Ogk/TPwvw1wg75I/AAAAAAAAA3g/DlSgmfQi6HY/s288/Image0061.jpg

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

3

Topic: Crafty Mama

gabriella - wa Ella langsung dipraktekin. Lucuuu! Pgn bikin yg gede gitu bisa ga ya? Hmmm. Tar bikin juga ah :D Albert, ikutan kopdar crafty mamas bandung yuuuk :D

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

4

Topic: Crafty Mama

nyanya... bisa kalo patternnya diperbesar... lucunya trus temen2 kantorku pada pengen bikin2 juga... alhasil rabu kemarin kita sibuk bikin2 pohon natal itu pake cover2 buku gak kepake, dimodifikasi macem2, pake bintang, malaikat, pake buntut... lucu2, trus digantung di tempat ac, jadi dia muter2 gitu...
Pengeeeen banget ikutan kopdar crafty mama... hehehe...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

5

Topic: Crafty Mama

Kemarin bikin fairy castle untuk Fara karena dia lihat di Mister Maker.

Ini castleku
http://twitpic.com/show/thumb/3gkyci.jpg

Dan ini punya Fara
http://twitpic.com/show/thumb/3gkyaj.jpg

Bahannya juga gak ada yang beli: kotak plastik bekas tempat strawberry, kotak bekas cereal ukuran kecil, karton bekas tissue gulug, lem putih dan cat warna. Kalo untuk bikin dan sampai tahap ngecat itu tugasku kalau hias-hias itu tugas Fara. Oh ya, anakku itu juga art directornya alias yang menentukan tata letak dan warnanya.

6

Topic: Crafty Mama

Savitris, bagus & kreatif banget. Aduh, kapan ya bisa bikin kaya gini bareng Raisha? Harus nunggu beberapa taun lagi kayanya. :( (Raisha masih 1,5 taun)

@dyaharini

7

Topic: Crafty Mama

@ dyaharini
Thank you. Kalau Fara masih 1 tahun aku mulai ajak gambar-gambar dulu dan aku rasa Raisha juga bisa begitu. Kasih kertas dan pensil warna atau krayon yang non-toxic tentunya dan ajak dia menggambar. Tahap ini kita yang harus aktif kasih contoh.

Lumayan untuk kemampuan motorik karena untuk pegang pensil atau crayon lalu bikin garis lurus, putus-putus, garis zig-zag, titik, lingkaran, segi tiga, bujur sangkar dst itu ternyata lumayan susah lho...

Selain itu bagus untuk mulai kenal bentuk/simbol dan warna dan baik untuk mengekspresikan diri dan daya hayal. Tidak usah yang susah-susah pokoknya.
Bikin stick figures aja buat anak itu sudah satu tantangan seru.

Bisa juga belajar gambar wajah, bikin lingkaran yang besar terus tanya di mana letaknya mata, hidung, mulut, telinga, rambut, rambutnya lurus atau keriting dst dan minta si anak yang gambar. Setelah itu mulai deh acara mewarnai.

Bisa juga bundanya bikin boneka berbahan kertas dan anaknya harus tambahkan warna, wajah, baju dan seterusnya.

Lama-lama ajak dia pakai spidol atau cat, disusul acara finger painting. Ini dijamin tidak akan jadi finger painting tapi hand and feet painting dan bakal super cemong dan berantakan tapi buat anak pasti menyenangkan dan seru. Dari finger painting mulai kenalkan bahan lain yang bisa dipakai sebagai alat menggambar seperti daun (pastikan tidak tajam, yang bergetah, yang bisa bikin gatal dan yang beracun), tutup botol, gelas plastik/kertas, piring kertas, kuas, sikat dan sisir bekas, batu, cap, kertas bekas, dus bekas dan sebagainya lalu kenalkan tools yang lain seperti lem dan gunting anak dan benda-benda yang lain yang dia bisa pakai untuk berkreasi.

Oh ya, selain menggambar, bisa juga kita buatkan mainan dari kreasi bahan bekas dan kita ajak anak kita ikut berpartisipasi. Fara pernah aku bikinkan mobil-mobilan dari dus air mineral. Bertahan seminggu tapi dia senang karena dia yang bilang mau mobil-mobilan, lalu aku ajak dia ikutan buatnya. Kalau dia belum bisa membuat aku yang membuat dengan syarat 1. dia yang ambil keputusan untuk bentuk dan warna dan 2. dia yang hias dengan kemampuan dia.

Intinya sih tahap awal orang tuanya harus bikin anak mau aktif berkreasi dulu dan dalam berkreasi anak itu jangan dinilai bagus atau tidaknya dan rapih atau tidaknya. Pokoknya si anak harus berani mengeksplore dan mengekspresikan diri. Hasil gambar pasti abstrak tapi ajak dia bercerita pakai gambar itu. Buat dia bangga berkreasi.

Oh ya, kalau aku simpan sebagian gambar Fara untuk filing perkembangan dia dan sisanya aku pajang. Jadi Fara ada motivasi dan reward untuk berkreasi.

One more thing, sebisa mungkin pakai benda dan barang bekas yang ada di rumah aja deh supaya dia jadi kreatif, belajar hemat dan belajar daur ulang.

8

Topic: Crafty Mama

Tadi pagi ke warung di dekat rumah buat beli roti dan yakult dan lihat mereka punya egg carton yang tidak dipakai. Lalu jadi ingat permintaan Fara untuk bikin mobil-mobilan dari egg carton setelah dia lihat di majalah Playhouse Disney. Aku tanya deh ke orangnya kalau aku boleh minta ternyata orang warung bilang boleh aja. Ya sudah pulang bawa belanjaan dan egg carton.

Sampai rumah setelah Fara sarapan aku ajakin bikin mobil-mobilannya. Egg carton itu aku potong individually, aku ajak Fara ngecat (ini karena cat warnanya Fara bejibun) dan karena tidak punya spool nganggur akhirnya untuk rodanya aku pakai bola ping pong yang dilubangi dan diberi tusuk gigi.

Ini hasilnya:
http://twitpic.com/show/thumb/3ha9fv.jpg
http://twitpic.com/show/thumb/3ha9d3.jpg

9

Topic: Crafty Mama

mama alesha : bagus tutu nya ..:) hati hati ketagihan bikin bikin ini itu loh sekali berhasil bikin tutu pasti nyambung bikin yang lain lain heheh

gabriella: bagus pohon natal karton nya .. buat di meja kantor pasti cantik banget yah ...:) albert kreatif bgt .. nanti besar biisa ngajar di skolah minggu heheh .. merry xmas ..

savitris: seneng nya bikin castle .... anak ku 2 2 nya laki laki .. taun depan deh plan punya anak perempuan biar bisa bikin castle kaya fara... aku juga ngumpulin egg carton,tapi buat bikin bunga bunga dari fondant untuk hiasan kue ...,emang egg carton ini banyak gunanya .. aku pernah lihat di majalah .. egg carton di cat putih di tempelin di plafon untuk dekor cafe lucu bgt ...

10

Topic: Crafty Mama

@ Bonita
Waktu nonton acara Mister Maker di TV dia bikin lebih banyak castles yang lebih ke anak laki-laki sih. Yang untuk anak perempuan cuma satu contoh saja. Sebenarnya aku juga banyak ide menggunakan egg carton tapi kemarin-kemarin belum sempat ketemua dan baru kemarin dapatnya.

11

Topic: Crafty Mama

savitris, wah, banyak ya kegiatannya Fara. Buat tahap awal, emang Raisha udah dikenalin buku gambar sama pensil warna. Tapi, kenapa ya ga bertahan lama. Akhirnya malah saya nya yang gambar2 sendiri. Raisha malah sibuk ngeberantakin pensil warna nya, ngeluarin dari tempatnya trus dijatoh2in dari meja :(
Dia lagi seneng2nya jalan2 trus bawa2 barang2 dari satu tempat ke tempat lain. Ga mau diem.
Kalau pake cat warna kira2 bakal lebih tertarik ga ya?
Aduh, ini jadi OOT ga ya?

@dyaharini

12

Topic: Crafty Mama

Semoga saya dan dyaharini gak OOT ya.

Kalau Fara sengaja aku kasih banyak kegiatan karena dia cepat bosan dan kalau bosan cendrung mengacau di rumah. Mulai dari gambar dinding pakai bolpen sampai pecahkan barang-barang yang dia sambar atau bikin rumah banjir karena main air pakai selang. Pokoknya bisa serumah kacau balau deh, apalagi sekarang minatnya lagi gunting menggunting jadi semua agak waswas apa yang akan digunting. Hehehe... Yang pasti aku kasih dia kegiatan fisik yang diimbang dengan kegiatan yang mengolah kreativitas.

Fara sih awal mulanya tidak begitu berminat malah lebih sering minta aku gambarkan ini itu. Ya gak apa-apa sih aku ladeni aja. Waktu itu barangkali dia belum ngerti apa serunya dan kenapa juga harus gambar tapi lama-lama dia senang tuh.

Waktu dia umur sekitar 2 tahun aku ajakin meronce pakai tali sepatu dan kancing kayu yang lubangnya besar-besar, alasannya bikin kalung mainan tapi sampai sekarang tidak berminat dan dibuang saja tuh. Bagus bahannya aku beli di Pasar Mayestik jadi enggak gitu ill feel deh.

Balik lagi soal menggambar, bisa ajak dia melukis pakai cat air yang pasti carikan kuasnya yang besar dan tidak terlalu panjang. Bisa juga pakai kapur tulis. Lumayan untuk kegiatan outdoor di pekarangan rumah. Tapi kalau dia belum berminat ya jangan dipaksa.

Mungkin malah akan lebih seru kalau ajak Raisha bikin tas atau kantong saja dari kotak bekas yang dikasih tali dari pita atau kalau ada tas kain kecil yang bisa dia pakai dan juga ajak dia menghias supaya dia bisa bawa barang-barang yang dia ingin pindahkan. Oh ya, bikin juga beberapa ukuran dan pokoknya terserah Raisha mau hiasnya pakai apa dan bagaimana. Secara tidak langsung juga itu mengajarkan dia crafting sambil mendukung minatnya untuk main pindah-pindahan.

Semoga membantu ya.

13

Topic: Crafty Mama

savitris, ya ampun kreatif banget sih. klo saya ga pernah tu kepikiran gitu2. senangnya jadi Fara. :)
Sebenernya klo Raisha ga sampe mengacau rumah sih. Tapi gara2 baru bisa jalan aja, makanya seneng jalan2, muter2in rumah. Wah, bagus tu idenya bikinin kantong, trus dia disuruh mindah2in barang. Makasih ya buat idenya. :)

@dyaharini

14

Topic: Crafty Mama

@ dyaharini
Sama-sama. Nanti kalau sudah jadi share fotonya ya. =)

15

Topic: Crafty Mama

savitris, hehe sekarang lagi iseng, jadi bukannya bikin kantong, tapi bikinin tas di-crochet. masih dalam proses, nanti klo udah jadi di share fotonya. hehe...

@dyaharini

16

Topic: Crafty Mama

mama alesha - cantik bgt tutunya :D seneng klo anak perempuan bs didandanin pk tutu..

Gabriela & Savitris - keren bisa ajarin anak-anaknya jadi kreatif dari kecil ;)

Mau share juga.. kebetulan sabtu ini irsyad di undang ke bday party yang temanya animal lovers.. Bingung mau beli tp engga ada ukuran kostum yang pas semuanya kegedean..eh jadi inget kostumnya melon (*jadi terinspirasi untuk bikin sendiri juga) terus nemu juga artikel martha stewart ttg kostum sayap burung gt..gabungan keduanya jadi seperti ini :)
http://25.media.tumblr.com/tumblr_ldvhwxfP4k1qbmayco1_400.jpg

17

Topic: Crafty Mama

ifa wiii lucu banget kostumnyaa! itu ditempelin sama onesie lengen panjang ya? :)

18

Topic: Crafty Mama

makasii sukie :D iya soalnya susah klo jait dari kain baru, biar simple ditempel langsung ke baju yg ada ;)

19

Topic: Crafty Mama

Ifa - keren bangeeeeeet! Sukaaa deh! Lucu ih! Pgn liat Irsyad make itu deh,Fa! :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

20

Topic: Crafty Mama

iya nanti klo pake diupload fotony ;) jd kepikiran kapan-kapan klo pas kopdar crafty mamas pd pake kostum semua kyny lucu :D

21

Topic: Crafty Mama

ifaa... iya ih keren bgt, penasaran sama bagian sayapnya, nanti mau liat fotonya ya irsyad pake kostum ini:)

follow me @ulieeel

22

Topic: Crafty Mama

@ dyaharini
Tas crochet bagus tuh! Fara juga pernah aku bikinkan tapi dia gak mau pake karena sayang. Hehe

@ ifa
Terima kasih. Rasanya memang kurang afdol kalau sehari-hari anak cuma dikasih nonton TV atau utak-atik gadget bapaknya. Apalagi kalau si anak cepat bosan dan kebanyak energi. Daripada ngacau mending diajak berkreasi. ~_^

Kostum Irsyad lucu sekali!!!! Mohon ditambah ya fotonya.

23

Topic: Crafty Mama

Ifa - lucu banget warna costumenya irsyad, mirip kayak punya Miguel waktu halloween party.

http://i803.photobucket.com/albums/yy320/f4telinegod/hw01.jpg
my happy owl =D

http://i803.photobucket.com/albums/yy320/f4telinegod/HW.jpg
my serious Owl :p

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

24

Topic: Crafty Mama

siska.knoch..kostumnya migu kerennnn
ifa..ditungguin ya fotonya..so cute deh kostumnya

25

Topic: Crafty Mama

Ini kreasi plush doll-ku yang terakhir di tahun 2010. Baru saja mulai pagi ini dan bari selesai (setelah sempat ditinggal sarapan, mandi, makan siang dan belanja ke supermaket). Sempat was-was juga sih karena persediaan dakron dan kapuk sudah sangat menipis dan ternyata semuanya habis dipakai untuk boneka ini.

http://twitpic.com/show/thumb/3jtu9b.jpg