1

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

hi dea, welcome to the urban mama ya? :)
dea, ada yang buatan lokal... namanya baby oz. dari segi bentuk terlihat mirip bumwear, jadi gue penasaran juga pengen nyoba :) by the way, kalo mau shipping ke singapur, bisa pake wahana, dea. gue pernah dikirim baju pake wahana, cuma 2 hari dong ke spore :) dan murah cuma idr 50K, door to door.

ada mama yang udah pernah nyoba baby oz belum? info dong :)

lashanya selamat datang di the urban mama. enjoy the forum ya :).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

ninit wrote:
kalo malem, arza tidur dan pas kebangun jam 3 atau 4 gitu buat ASI... abis ASI, arza langsung tidur lagi. soalnya pernah pas diganti gitu, dia malah nangis. jadi, gue ganti bumwearnya pas pagi-pagi setelah dia nangis ;). karena gue tidurnya malem, jadi jam 12-1 pagi gitu udah pake bumwear yang baru.


teh ninit, jadwal ganti bumwearnya samaan nih :p (hihi, ketahuan deh kalo males juga).
btw, mo nanya, kalo pake bumwear pada suka tembus/ berasa lembab di kain alas tidurnya nggak sih? kok aku kadang baru bentar udah tembus. kalo gak, di kain/ perlak alas tidurnya suka ada bekas kayak lembab gitu...

mamagaya
- mom of triple A -
@ilzie

3

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

ilzie... ahahaha kok bisa sama gitu ya ;)
zie, kalo bumwear kayaknya baik2 aja deh :) so far ga ada masalah. paling juga lembap ke celana panjangnya aja, kalo ke alas tempat tidur ngga.

di deket paha-nya itu dikancing juga ngga zie?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

4

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

ninit : deket paha gak dikancing sih, teh. Udah sempit bgt, kasian. My 2 mos baby is so gembul. Hihi. Kl abis dikancing samping trus dibuka kayak abis diiket, pahanya berlenggok bekas iketan. Btw aku ga pakein celana pjg sih teh kl tdr. Jd pake bumwear aja, dialasin perlak + kain bedong, trus diselimutin. Mgkn karna ga pake clana kali ya lembabnya jd lgsg ke alas.

mamagaya
- mom of triple A -
@ilzie

5

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

teh ninit, kok kl kei pake bumwear jadinya kewer2 gitu ya sayap pinggirnya? apa krn udah jalan kemana2 ya? jadi kl jalan gitu sisi dalam popoknya malah keluar krn gak bisa dikancing, kl dikancing pahanya udah kegedean.. *bingung*

eh baidewei saya belum officialy kenalan ya.. maaf.. halo semua, saya rani tinggal singapore jg, salam kenal :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

6

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

Teh ninit : makasiihhh masukannya teh..jd pengen nyoba yg bumwear deehh..hehhee tp kl buat pergi2 clodi ribet ga yah??

Mba thalia : pake rumparooz enak2 aja sih, hehehe apa krn aku blom nyobain merk2 lain ya?? :D..tp mau deh info2 clodi laen biar nyobain jg dan bs bandingin mana yg bagus :)

7

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

lashanya kalo menurut gue pake clodi itu sih gak ribet, cuma mesti extra bawa wetbag (di bumwear juga ada) ato ya paling gak plastik. maksudnya biar misahin dari baju bersih, dan karena itu udah dipipisin kadang baunya itu kemana2. jadi mesti bawa extra bag yang kuat untuk hold clodi yang basah..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

hallo moms.. :)
aku lumayan pecandu cd juga nich... hehe..
koleksinya audrey (baby-ku): bumgenius, bumwear, happy heiny's, fuzzi bunz, starbunz, knickernappies, coolababy, cushytoosh.. yang jadi favorit: fuzzi bunz dan happy heiny's.. soalnya ukurannya besar (cocok buat my chubby baby ;p) dan kalo dipake jatohnya enak... :D

so far punya 14 (and counting... :cool:) udah lumayan memadai untuk full pakai cd seharian (ganti tiap 3 jam).. jadi dia sama sekali ngga pake pospak (popok sekali pakai) kecuali kalo pergi2... soalnya takutnya dia pup lalu kelabakan deh ngebersihinnya *males.com*
tapi akhir2 ini gara2 ujan kadang nggak kering juga sih cucian.. jadi terpaksa kalo malem kadang masih pake pospak deh...... kaya'nya kalo mo betul2 lepas pospak harus punya 20-an kali yaa...

9

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

Nimbrung ya...baru nih..
Btw gw sempet baca2 tuh n sharing juga, banyak momy yang juga udah melirik produk lokal or cina untul Cloth diaper. Karena secara pribadi menurut gw kok mahal banget ya cloth diaper itu, apa lagi gw gak mungkin belinya cuma satu, minimal 6. waduh hare gini...:0.
Karena spirit penghematan gw juga tinggi, gw coba baca dah semua sharing momy2 tentang CD. Ada yang cocok pake merk ZZ -lokal punya moms....tapi di double insertnya karena kalo satu suka bocor samping, dan yang paling banyak untuk mensiasati harga para momy pk coolababy (made in cina) harga setengahnya dari yang merk2 diatas. Dan banyak baby katanya nyaman + gak bikin ruam....makanya gw juga mu coba beli :p

10

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

Wah, coolababy tnyt cukup nyaman utk baby ? Soalnya tertarik beli Coolababy karena cukup murmer; klo ternyata nyaman juga buat baby, bolehlah mau ta' coba ;)
Klo di JKT, banyak jg ya yg lebih murmer lg spt ZZ & babyOz... tapi saya belum dapat gambaran kualitasnya gmn; ada yg udah pernah coba baby-Oz ? mau dong berbagi info +/-nya :) Btw, ada lg popok lokal namanya babyLand & Enphilialite, ada di situs ini : http://rumahpopok.com/ Ada yang pernah coba, mommies ?

11

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

any link untuk coolababy? jadi tertarik nih :)

My little xerox's is waiting home for me

12

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

aku pake bumwear, coolababy dan smart nappy-nya mothercare.
Neysa skg 1 bulan 10 hari dengan berat 4,5 kg.
Kalo pake bumwear masih kedodoran,
Yang pas pake coolababy, lumayan oke juga... bertahan 4 jam dengan 2 insert, secara harganya lumayan murah juga kalo dibanding bumwear, yaaa bolehlah :).
Smart nappy-nya juga belum dicoba nih, kayanya sih masih kedodoran hehehe..

Hmm.. ada juga clodi merk babyland (buatan cina ), tapi somehow kok cepet ya basahnya :(

Dulu invest clodi pertama kali gara2 baca artikel bumwear di blognya ninit. Tiap dapet honor jaga, langsung beli bumwear satu. Sekarang punya 4. Mudah2an bisa bener2 menggantikan dispo yaaa :)

a wife, a mom, a doctor, forever medical student :)

13

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

oh iya kemaren gw baca2 diforum ljuga, udah banyak momy yang pake CD lokal kaya nice kids, annadiapeer. Mungkin yang laen ada lagi tapi gw lupa apa merknya. harganya murmer dibanding CD impor. ya mungkin kualitasnya gak sebagus CD impor. Tapi ternyata udah banyak momy yang pake tuh CD lokal sebagai alternatif. Buktinya gw liat di babyshop online banyak tuh CD lokal dibeli sama para momy. Karena harganya emang beda jauh banget. dari mulai popok serap smp cloth dipaer. harganya juga kompromi banget :)

14

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

Moms yang udah pada pake clodi - mau nanya dong
clodi tuh bisa dipake dari newborn ga sih atau baru bisa setelah beberapa bulan?
kalo liat2 di bumswear kan ada yg buat newborn, itu kepake ga sih? atau mendingan langsung beli yang buat gedean aja (lupa namanya hehe)
thank's ya

My little xerox's is waiting home for me

15

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

Moms, mau tanya (lagi)... :D
Ada masalah gak dengan cucian clodi yang kelamaan kering atau jadi lembab, apalagi kalo pas musim ujan, dan terutama buat moms yang punya pengalaman di singapore dimana tingkat kelembabannya tinggi benneeerr.. Ada concerns dengan jamuran atau hal sejenisnya yang disebabkan kelembaban?
Note: saya gak punya dryer, dan tidak/belum berencana beli dryer.
Thanks :)

^_^

16

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

Asikkkkk....ini salah satu topik favorit: CD :)

Diba mulai pake CD sekitar umur 3-4bulan, selain krn emaknya pengen go green, didukung juga dengan kulit Diba yg Dermatitis Atopi jadi super sensitif....

Belinya di online store di Spore dan Msia, karena wkt itu di sini blm marak pemakaian CD ini...jadi ada yg nitip sodara, nitip teman, dan kirim langsung ke sini. Beruntung banget juga, nemu langganan online store yg pemiliknya pada ga pelit informasi, dan mau ditanya2in macem2 dulu sebelum beli, biar ga nyesel...maklum kan rada besar investasinya pas awal beli CD2 ini, meskipun in the long term jauhhhhh lebih hemat daripada pake pospak.

Merek2 yang udah pernah dipake:
- drybees
- wahmies
- bumgenius
- happy heinys
- mommy's touch
- blueberry
- itti bitti
- starbunz
- daisy doodles
- rump-a-rooz
- baby butt covers
- swaddlebees
- grobaby
- babybuttcovers

Setelah nyoba segala macam merek itu, akhirnya udah bisa punya merek favorit hehhehe....Kalau jaman Diba masih kecil dulu, pake yg velcro no problem, tapi begitu mulai banyak gerak, ga mempan lagi pake velcro, suka dibukain sendiri hehhee, jadi prefer yg pake kancing. Punya Diba juga kayaknya merata antara yg pake size dan yg onesize. Sampai saat ini favoritku si blueberry minky onesize yg pake snaps/kancing, plus kalo yg pake ukuran, paling suka si itti bitti dlish karena fitnya pas banget, si grobaby yg jadi favorit, cuma kenalnya rada telat, karena dia termasuk produk yg baru ya. Babybuttcovers juga ok, dia bisa personlized lho..

Kalau dari jenisnya, punya yg pocket, all in one, all in two. Enaknya yg pocket, insertnya bisa ganti2an macam2 merek.

Soal daya tahannya, sampai skrg Diba 26 bulan masih pada baik2, daya serapnya juga ngga berkurang, aperawatannya juga gampang, ga mesti punya mesin cuci kok....alhamdulillah....jadi investasi pada saat awalnya ga percuma :)
Kmrn bbrp waktu lalu pas sortir lemari, CD2nya Diba yg udah pada sempit (umumnya yg pada pake ukuran) diberesin dan dihibahkan ke sodara dan teman yg mau make, dgn catatan kalau nanti Diba kapan2 punya adek lagi dibalikin lagi, jadi ga usah belanja lagi. Di forum CD yg aku ikutin dan di amrik sana, bursa CD second cukup rame lho...asal kita ngerawatnya bener, pasti laku deh ;)
Pas beresin CD2 lamanya Diba baru nyadar kalo jumlah CDnya banyakkkkk bener ya...hehhehe...biasa emaknya suka kalap kalo liat CD2 lucu buat anak cewe. Kayaknya ada sekitar 30an......boleh dishare ga disini Nit foto2nya? hihihi......Waktu itu foto2 CDnya dipajang di FB lho buat siapa yg minat.....

Ninit: CD gdiapers itu emang lucu banget dan ramah lingkungan....tapiiiiiii ga ada distributor di sini, trus udah sempat email2an ama customer carenya, ongkirnya mahal banget dari sana. Trus, kayaknya bakal lebih boros ya, soalnya kita harus beli insertnya kan (yg bisa diflush di toilet kalo ga salah), beda ama pocket CD biasa yg bisa dipake ulang.

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

17

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

Kenny: CD bisa kok dipake dari newborn sampai besar....belinya yg tipe "onesize" jadi bisa disesuaikan besarnya dgn besarnya baby kita. Diba ampe skrg masih pake bbrp CDnya yg dipake dari umur 3-4 bulan kok. Temanku juga pakai CD yg sama dengan Diba untuk anaknya yg umur 4 tahun...jadi lumayan lama kok kepakenya. APalagi kalau ada adiknya juga, bisa dipake bareng deh.

Dini: Saya ga ada personal experience di Spore, tapi dulu waktu blm dapat rumah di sini, saya tinggal di dormitory...jadi ga ada mesin cuci, apalagi dryer ya...jadi saya cuci tangan aja CD2nya Diba, trus dijemur di teras belakang. Pas musim hujan yg sinar mataharinya dikit, saya akalin dengan jemur di dalam kamar mandi sambil dinyalain exhaust fan-nya. Alhamdulillah baik2 aja.....

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

18

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

kenny, wah aku ga pernah pake bumwear... tapi anakku dari newborn ampe 3 bulan, pakenya cuma clodi. tapi, clodi-nya yang jadul punya (terry cloth, dilipet segi tiga, trus dipeniti). jadi pas udah 2-3 bulanan, terry clothnya dipake buat lap, clodi yang ukuran normal udah muat... abis, anaknya dari newborn ke 3 bulan tumbuhnya cepet banget...

D_1_NI, haaaa! adaaaa! anakku turn 3 bulan pas musim ujan masuk di singapur. trus, clodi pada lembab semua. dan sama, gue juga ga punya dryer. sebenernya, kalo rumahnya ber-AC, bisa dijemur di dalem rumah, untuk mengurangi kelembabannya... lumayan lho, AC beneran bikin ruangan kering, termasuk jemuran kita.... unfortunately, waktu itu kita juga ga punya AC. ga sampe jamuran sih, soalnya, kalo siang, jemuran ditaro di luar, kalo malem/ujan, ditaro didalem... tapi di musim ujan, kita pake disposable agak banyak. gara2 pada ga kering/masih lembab clodinya...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

BundaDiba wahhhh udah khatam bener buk per clodi an nya hehehe
cocok buat berguru nih. Kynya aku pgn nyobain pake clodi tapi berhubung cukup mahal jadi kynya aga susah klo mau yg pake size. Sepertinya mendingan hunting clodi2 onesize ya

Thalia aku juga dulu sampe 5 bulan akasyah pake clodi, tapi yang 'tradisional' hehe pake kain tetra gitu di taliin. aduh ampun2an deh capenya. Udah pipis sehari entah berapa belas kali, tiap pipis harus langsung ganti tetra, bedong, alas ompol dan kadang2 bajunya sekalian karena basah ampe punggung. Bener2 pengalaman buruk lah, makanya insya allah anak kedua pengen cari solusi yang lebih smart aja hehehe abisnya sampe pernah dua kali demam tinggi gara2 nyuciin popok2 kotor itu waktu ga ada pembantu heahahahah

My little xerox's is waiting home for me

20

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

:

lashanya:
ga ribet kok :) tapi bener banget kata slesta, harus bawa juga wetbag. untuk misahin CD yang diganti supaya baunya ga nyebar kemana-mana.

vicky & audrey:
waaww mantep banget koleksi CDnya :)

liyut:
iya bener, belinya enakan nyicil :) soalnya kalo sekaligus lumayan nendang harganya. btw, nesya 4,5kg masih kedodoran pake bumwear? pas arza 4,3kg udah langsung pake lho, aulia.

kenny:
ken, kalo bumwear ada yang petite diaper. jadi ceritanya buat newborn. saya beli juga 4. tapiii malah ga kepake. soalnya sebulan pertama pake dispo (krn di rumah ga ada asisten & msh jaga kondisi baru melahirkan). pernah nyoba pake petite tapi kayaknya lebih mantep yg pocket. arza sebulan, udah pake yg pocket.

dini:
ngga ada masalah kok din. untuk anak pertama, bener deh... mendingan beli CD :) krn jadi investasi. bisa diturunkan ke anak ke 2 nantinya. kerasa, hemat banget ga pake dispo.

bundadiba:
wahhh bunda diba ini memang deh expert-nya CD :) waktu itu juga sempet nanya2 yaaa ke bunda diba :).

ps, waktu anak pertama juga masih pake popok tetra, yang tradisional pake tali (samaaa kayak kenny). cucian banyak! seru deh hahaha... abis banyak yang harus dicuci kalo kena pipis.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

21

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

kenny, wah! sampe demam2 segala!! aduuuh, kasian banget! sama dong. waktu itu gue juga pakenya popok jadul. bukan yang pake tali sih, tapi yang segitiga trus dipenitiin gitu. emang bener, yang bikin cape itu, semuaaaaa jadi basah, ya popok, ya baju anak, ya alas tidur, etc. cuciannya gila2an. untungnya ada mesin cuci. makanya begitu masuk musim ujan, nyerah... ga kering! tapi gue ga pake demam2an sih... *bersyukur*

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

22

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

Hi mommies, saya newbie nh di urusan cloth diaper. Baby Nathan sudah hampir 5 bln. Minggu lalu beli merek Tolly Joy di Matahari (hanya 1 ukuran / free size) tp ternyata ga muat tuh utk baby ku (8,6 kg). So gw berencana mo coba beli Bumwear Pocket diaper, tp agak concern dgn model yg kancing (Snap). Apakah berbahaya utk baby krn baby suka memasukkan segala sesuatu ke mulutnya?

23

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

linda kancingnya ga bakalan nyampe kok ke mulut. soalnya buka nya juga susah. anak ku aja udah 20 bulan gak bisa buka kancingnya sendiri. dan itu kancingnya juga banyak karena bisa adjustable sesuai gede anak.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

24

Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

teh dee,
kalo dari website bumwear sih spt ini cara pencuciannya:

How do you wash them?
[list=*]

  • Wet diapers can either straight into the diaper pail or be rinsed first.[/*]
  • If your baby is exclusively nursing, soiled diapers can also go directly into the diaper pail without rinsing, since breastfed poop is water soluble. For me, I prefer to rinse off the poo first using the mini toilet spray[/*]
  • For babies eating solids and for formula-fed babies, solid poop must be plopped into the toilet and flushed. Rinse the poopy diaper in the toilet. You will find mini toilet spray very useful[/*]
  • Remove inserts and liners. They can be washed as well (even liners as long as they are not pooped on)[/*]
  • Set your washing machine settings (if possible) to: PREWASH, REGULAR WASH, EXTRA RINSE[/*]
  • Use fragrance-free, bleach-free, additive-free detergent[/*]
  • Use only a quarter to half the amount of detergent you would normally use.[/*]
  • DON'T USE: bleach, fabric softener, dryer sheets as they leave a residue and reduce absorbency.[/*]
  • Dry on low heat or line dry.[/*]


    ttg NIH (Natural Infant Hygiene).

    dari alde umur 6 bulan, dia udah mulai pup di potty train. soalnya gampang banget mendeteksi kalo dia mau pup. ekspresi wajahnya keliatan banget :).

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita
  • 25

    Topic: Cloth Diaper: Review Berbagai Merk

    linda,

    iya bener kata slesta :)... don't worry ya. untuk CD, biasanya ada 2 jenis. yang berkancing & pake velcro. saya sendiri lebih suka yang berkancing. kayaknya lebih mantap aja. :)

    ayo linda, ber CD deh buat baby nathan :) pasti seneng.

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita