1

Topic: Home Appliance: AC

hai diana.yusuf, diatas ada beberapa yg share kok :)

gw ukuran kamar juga 3x4. pernah pake 1/2pk (samsung) ga kerasa dinginnya. ganti pake 3/4pk LG pasang 25derajat aja kadang ga kuat dinginnya :p

Bussy life...happy life...

2

Topic: Home Appliance: AC

Dewiamel...berarti better 3/4 ya..kan baca2 katanya listriknya lbh murah kl dipasang di 25derajat...hehehehe...mksh y

3

Topic: Home Appliance: AC

barusan berkunjung ke websitenya samsung yang dikasih linknya sama TUM, ternyata sudah disiapkan kategori kamar --> anggaran trus milih luas ruangan dan tipe produk yang sesuai dengan anggaran dan luas kamar ya. Canggih!!!

4

Topic: Home Appliance: AC

Ikutan sharing ya ... di rumah pakai 2 AC . untuk kamar ukuran 3x4 dan 3x3 .. Tadinya mau cari AC 3/4pk untuk kamar yg 3x4. Tapi Sharp Inverter Plasmacluster gak ada yg 3/4PK.. adanya 1/2 PK dan 1 PK. Jadi akhirnya setelah konsultasi ama tukang AC-nya kita ambil yg 1/2PK aja buat dua kamar itu.

Ternyata cukup dingin sih .. malah di kamar yg 3x4 settingan 25-26 lebih dingin drpd di kamar yg 3x3 ... Aneh juga .. tp perkiraan sih mungkin karena letak kompressor-nya lebih dekat. Kompressor buat 2 AC ini ada di dak belakang di atas kamar 3x4 itu.

Cukup puas juga sama AC ini. Walaupun banyak yg bilang AC inverter kurang dingin tp buat aku sih cukup. Tagihan listrik juga gak tinggi2 amat. Di rumah ada 2AC (yg 1 ON terus 24 jam krn aku gak kuat panasnya jkt), mesin cuci front loading (cuci 1-2 hari sekali), pompa air 500w, kulkas, dispenser dsb ... pemakaian listrik kurang lebih 250rb/bulan ... Hampir sama dengan rumah mamaku di Bdg yg gak pake AC dan peralatan listrik jg hampir sama... :)

5

Topic: Home Appliance: AC

Mama tanya donk,
idealnya berapa bulan sekali sih buat cuci AC? apa musti tiap bulan?
AC di rumah kadang gak kerasa dingin. ada yg bilang waktunya ganti freon, pdhl umurnya baru 2 tahun'an. baru di cuci kurang dari 2 bulan juga. sampai desperate mikirnya mungkin karena panasnya surabaya yang naudzubillah *blame the weather* :D
TIA.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Home Appliance: AC

kira kara Nyuci AC itu biasanya per 6 bulan, lagian coba dong manual book ACnya dibacaaaaa :D Hihihi... Panggil tukang per 6 bulan, tapi biasanya seminggu-2 minggu sekali suka ngelepas filter AC dan dicuci sendiri.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: Home Appliance: AC

mba otty,
huahahaha... manual booknya sudah entah kemana.. hihihi...
trus AC ku knp kurang nyesss ya dinginnya.. (blame the weather again) *garuk2 kepala*
aahh.. ternyata ada rumusnya ya buat hitung PK AC.. hitung dulu aah..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

8

Topic: Home Appliance: AC

kira kara Mungkin coba cuci filternya sendiri dulu, entah deh namanya beneran filter ga ya. Jadi di indoor unit, di atas flap AC yang bisa swing itu biasanya bisa dibuka. Ntar ada filternya, kayaknya gunannya untuk nyaring debu. Biasanya suka item ketutup debu tuh... Tinggal dibilas air bersih trus dikeringin, bisa dipasang lagi dan langung kerasa beda dinginnya.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

9

Topic: Home Appliance: AC

ac yg anti bacterial dan sejenisnya itu beneran ngaruh ga sih?

10

Topic: Home Appliance: AC

Mau tanya ada yg pake panasonic alowa kah?Gmn pengalamannya?apakah bnr kl acpanasonic alowa krg dingin kr wattnya kecil?

11

Topic: Home Appliance: AC

Hai mommy,,, kbetulan nemu thread ini soalnya mo rencana beli ac nih secara Bali skr puanasssnyyaaa pollll ga tahan deh, mlm jg gerah bgt.

Rencana sih mo cari LG yg low watt kl g salh 310 watt gt 1/2 PK aja kmrku jg mungil. Ada yg pake tipe ini g ? Bagi pengalamnny donk...

Trus pengen tau neh mommy dsjni pada pake ac krn apa ? *pertanyaan bego ya hehehehe. Ya pngen tau aja sharingnya ya mom...
TFS :)

12

Topic: Home Appliance: AC

Halo mamas, Aku dirumah pake ac LG hercules yg 1/2 pk 260 watt. Selama ini,cocok2 aja sih buat dikamarku yg imut2 hehe, jg lumayan irit kok listriknya. Berasa bgt byr listrik lebih murah dibandingin dlu pk ac cina yg merk changhong apa ya, wattnya aja gde bgt loh 900 watt, alhasil listrik rmh suka anjlok. Tp smenjak pk ac LG ini aman, ga anjlok lg, yeaahhh

13

Topic: Home Appliance: AC

Ikutan nimbrung ya :D

Kalo di Singapore itungan ACnya pake BTU. Sempet bikin keder pas mo ganti AC dirumah. Udah gitu, AC split disini itu beneran SPLIT. Kalo dulu di Jakarta kan biarpun judulnya AC Split, tapi tetep aja 1 outdoor unit buat 1 indoor unit. Sementara disini pake system 1, 2, 3, 4 alias 1 outdoor unit buat 1 sampe 4 indoor unit.

Nyebelinnya, kalo kejadian kayak AC gue. Yang rusak 1 indoor unit, musti ganti AC serumah (total 3 indoor unit). Mejreeeeet gue belinya, huahahhahaha.

Kita pake AC LG 3 x 9000 BTU. Atau 3 x 1 PK. Dan tiap hari kita selalu setel di suhu 25°-26° untuk semua kamar (2 kamar ukuran 16-24 m2 dan 1 kamar ukuran 14 m2). Dengan cuaca singapore yang panas, kita udah ngerasa nyaman di 25°.
Trus disini juga tiap AC ada label hemat energynya. 4 tick buat yang paling irit, dan tanpa tick buat yang paling boros. Makin banyak 'tick'nya ya makin mahal harganya. Range untuk AC SPLIT System 3 disini dengan 3-4 Tick sekitar S$2,700 - S$4,000. Makanya musti rajin-rajin dirawat ACnya. Sekalinya rusak.... NANGIS DARAH belinya, hahahahahahahahah

Pa[w]rent of a wagging tail :D
www.situkangnyampah.com
@situkangnyampah

14

Topic: Home Appliance: AC

Lagi dilema nih, ac yang saya punya umurnya sdh 12th. Kondisi masih bagus dan masih dingin. Mending jual dan beli lagi baru yang watt lebih kecil atau biarkan saja. Dana nya sih ada, kalau diusahakan. Perlu tidak ya sebetulnya ganti AC? Kapan semestinya kita ganti AC?

many thanks ya

15

Topic: Home Appliance: AC

mommies, AC di apartemen gw lagi rusak nih. n tukang udah dateng bolak balik tp ga beres2. mulai kapasitor katanya rusak, pipa freon bocor, dll. Singkat cerita, gw sama suami udah kesel sama AC kita yg sekarang ini merk York. Tukangnya bilang AC-nya 1 1/2 PK. ada yg pernah pengalaman ga kalo ganti merk lain dengan PK yg sama perlu bongkar pipa sambungan ga?

Trus buat AC 1 1/2 PK yg wall mounted, harga yg merek LG, Samsung, Daikin, Panasonic, kira2 brp ya di pasaran? lagi mau banding2 nih.

Thanks in advance ya :)

16

Topic: Home Appliance: AC

AC dirumahku ada 2. di kamar depan merk LG hercules kl ga salah heheheh lupa , yang ada tulisan anti DBD itu lo, kalo yang di kamar belakanh LG juga tapi yang plasma cluster. Aku cinta LG hehehhe karna menurut aku nyaman, dan hemat listrik.
Dirumah aku pake 2 AC, dispenser, kulkas dan barang elektronik standar Rumah tangga, bayar listrik tiap bulan ga mahal2 amat. Pernah paling mahal 220 rb itupun karna asisten tidur waktu itu pake AC, setelah asistenku dah keluar tagihan normal lagi paling tinggi 150rb. Jadi tambah cinta sama LG hhehehee.

untuk mom admonike : kalo menurut saya kalo ACnya masih bagus dan bisa dipake sih dipertahankan aja, tapi kalo ternyata masalahnya AC itu boros ya udah kalo udah ada dananya mending di ganti yang lebih hemat listrik jd kita ga deg2an lg makenya hehehehe

I Love My Family so much

17

Topic: Home Appliance: AC

greissani,terus beneran gak ada nyamuk kalau pasang ac?

18

Topic: Home Appliance: AC

kamar ku 3x4 posisinya masuk terus matahari pagi sore. berhubung balikpapan puanasnya nampol jadi nyala terus tapi herannya kalo idupin AC mesti aku bersin2 ampe ingusan meler mampet tapi klo di ruangan AC lain mah enggak. kira2 ACnya ngeluarin debu apa gimana ya :/

Learn...Learn..and Learn about everything

19

Topic: Home Appliance: AC

mbak fany : hihihihi kayaknya ga ngaruh deh mbak nyamuk tetep aja ada, namanya doang anti DBD ato anti DBDnya udah abis kali yak...
maap OOT mbak fany aku suka deh baca blognya hehehe

I Love My Family so much

20

Topic: Home Appliance: AC

Sudah lama ga di update ya forum ini. Mau berbagi saja, saya sebulan lalu pindah ke apartemen yg tidak ada AC sama sekali. Setelah baca forum sana sini tentang AC, saya dan suami memutuskan untuk beli 2 Daikin inverter untuk ruang tamu kami, dengan tujuan untuk menghemat listrik.

Ketika dipasang oleh toko tempat saya beli, ternyata salah satu indoornya yg baru sudah rusak, jadi ada kebocoran freon. Setelah 2 minggu berargumentasi dengan toko dan Daikin, akhirnya mereka setuju untuk mengganti indoornya dengan unit baru (tadinya indoornya hanya mau diperbaiki).

Minggu lalu unit baru tersebut dipasang. Dan kemarin AC-nya ga mau nyala lagi karena kehabisan freon lagi (berarti ada kebocoran lagi). Capek deh. Telfon servis Daikinnya dan menunggu lama ditelfon, katanya mereka akan jadwalkan pengecekan kembali. Tetapi entah kapan.

Intinya adalah, saya dan suami mengambil keputusan untuk berinvestasi agak lebih untuk AC dengan merek cukup terkenal karena kualitasnya. Pada akhirnya, kami melihat bahwa bagian servis mereka di Indonesia sepertinya belum berjalan dengan baik, dan mereka masih sub kontrak bagian ini. Sayang sekali karena tau gitu kami beli AC yg lebih murah saja sekalian..huhu.

21

Topic: Home Appliance: AC

lissa,
kemaren mupeng daikin juga tapi ngga jadi karena mahal. akhirnya memutuskan beli panasonic yang biasa, bukan yang pake inverter itu. abis dari penjelasan SPG nya, kalo inverter apa-apa beda perlakuan, ya pipa, ya freon nya (kalo misal abis) dan harga partnya lebih mahal.

menurut penjelasan SPG di hartono, yang bikin inverter lebih hemat adalah suhu ac dibuat selalu stabil, cocok untuk ruangan yang ac nya nyala selama 24 jam.
kalo ac biasa-ga pake inverter, suhu akan ngikutin yang kita stel, trus berhenti, nah kalo suhu ruangan udah lebih panas dari stelan awal dia jalan lagi. CMIIW

22

Topic: Home Appliance: AC

Iya din, kita sengaja beli inverter karena kita nyalain AC di ruang tamu sekitar 17 jam per hari. Tapi karena sudah sebulan ini salah satu AC-nya rusak terus, belum diperbaiki juga oleh Daikin, jadinya cuman 1 AC yg jalan, jadi ya ga menghemat listrik juga karena dia harus kerja keras untuk dinginin ruangan yg cukup besar.

Ya wislah, jadi ini menunggu tukang AC-nya saja untuk perbaiki. Nanti mau tak bandingin biaya listrik bulanannya.

23

Topic: Home Appliance: AC

Ulil wrote:
kamar ku 3x4 posisinya masuk terus matahari pagi sore. berhubung balikpapan puanasnya nampol jadi nyala terus tapi herannya kalo idupin AC mesti aku bersin2 ampe ingusan meler mampet tapi klo di ruangan AC lain mah enggak. kira2 ACnya ngeluarin debu apa gimana ya :/


Heeuumm udah coba diservice kah? Dibersihkannya rutin gak moms?

Just share..
Klo aku d rmh si kamar uk 3,5x4 pake AC Sharp yg ion plasmactr 1/2pk dingin, adem gak pernah bermasalah.. Bau pun bisa hilang dgn sekejap tinggal d ON kan aj tombol ion nya. Dan Rutin per 3bulan dibersihkan... :)

IG: Outlet_Abhi | www.outletabhi.com

24

Topic: Home Appliance: AC

lissa, wah untung blm jadi beli ac daikinx!
repot jg nanti klo harus servis, dll..
soalx kemarin nanya2 ttg ac di toko elektronik, direkomendasiinx merk daikin n panasonic- berarti beli yg panasonic aja deh, bagusan yg tipe apa ya?
dindai, bener banget tuh, kmrn salesx jg nyaranin beli yg hemat listrik bkn yg inverter krn masalah spare part n servis yg lbh mahal n sulit..
tp katax klo yg hemat listrik kurang dingin.. jadi tambah bingung mo beli yg mana

25

Topic: Home Appliance: AC

almira callista
Kalo aku di rumah pake Samsung. Sharp juga bagus. Yang penting kalo beli elektronik tuh cari merk dg service center yg gampang terjangkau n reliable.
Trus biar awet, diservice per 6 bulan.
Soal dingin nggak dingin, pernah baca, kalo buat bayi n anak, suhu AC sebaiknya antara 24-26 dercel aja cukup, jangan terlalu dingin :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com