1

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

ummubebek- ya ampun,sgitunya ya,cm gara2 jalan drapet2in ky putri solo,xixi :p

Share jg. Baca pijet ini pas sdh lahiran,pas sdh tau gmna rasanya nahan luka d bwh sana,huu..
Hayok yg hamil mau lahiran,pijet deh, jgn smpe ky aku.
Smua tanda persalinan oke, bahkan sakit kontraksi cm aku rasain 4,5 jam saja lgsg lahiran. Yg ga oke itu, saat bukaan udh lengkap, mengejan bagus, anak sdh siap mluncur kluar trnyata itu perineum ga mau buka, tapi jg ga mau sobek, pdhal klo draba dr luar,itu kpala baby F udh kliatan, ckck.. Aku sampe dmarah sm kakakku-yg kbetulan jg bidannya- "ini gara2 kbanyakan jamu, ga sobek2", akhirnya dgunting. gunting n djahit kmbali,ga sakit pdhal ga bius, kata kakak, sakit ga-smbil narik benang- nggak sakit, wah,tahan jg ya katanya, xixi :D Besoknya baru,hu..ngilu..

2

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

share jg ya..
saya melahirkan normal di desember 2012 kemaren dan ngerasain juga yg namanya digunting,,tapi ya seperti ibu-ibu lain digunting itu ga berasa...
awalny kata bidan ga perlu digunting neh krn udh lentur, tp baby saya ga bisa keluar..baby saya 3,5kg lahirnya dan saya tingginy cm 150cm, alhasil bidannya bilang "digunting ya bu...." saya cuma bisa ngangguk. ga sakit seh, ga berasa sama sekali..
akhirnya baby saya lahir tp krn sempet kejepit(heeee....apa ya kata2 medisny) baby saya ga nangis, jd cuma sebentar aj ditaro di dada saya... ga ada IMD aplg ampe peluk cium...huhuuuu(OOT ya,heee)
naahhhh....krna ga ada baby di dada, kn jadiny saya cuma bisa rebahan sambil "menikmati" dijahit ama bidan... ga pake bius buuuu.....beneran deh saya disuruh gigit handuk klo sakit. dan yg bikin kesel tuh...udah banyak jahitnny, kn diminta istirahat rebahan dulu sekitar 1jam, sesudah itu bidan observasi lagi dan dia bilang "bu..masih ada robekny neh, saya jahit lagi ya...."
waaaaa.........ya psti saya ngangguk lah......terpaksa,,,,

3

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

ikutan sharing jg.. saya lahiran normal dengan berat bayi 2.9kg. Perineumnya robek alami. Obgynku bilang dia gak akan melakukan episiotomi karena dia lebih milih robekan alami. Robekan alami katanya lebih cepet recoverynya dibandingkan yg digunting.

Wife, Mother, Dreamer...

pipijojo.wordpress.com

4

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Hamil pertama episiotomi. Yg kedua robek alami tapi jahitannya lebih banyak dari yang pertama. Tapi lebih cepet sembuh.

Belajar dari pengalaman jahit pertama yang masih serba takut. Ga berani banyaj gerak dan BAB/BAK. Jalan juga masih takut. Yang ada luka malah ga sembuh-sembuh.

Yang kedua ini lebih rileks.jalan dan gerak seperti biasa. Langsung BAK dan BAB nggak ditahan. Juga berani meraba jahitannya.

Tiap mandi pakai shower air hangat diarahin ke luka. Trus dikeringkan, pakai salep antibiotik dan betadine. Tiap ke toilet juga gitu. Alhamdulillah cepet sembuhnya. Pulang dari RS luka udah ga gitu sakit. Malah setelah seminggu udah bonceng motor lihat pentas seni si kakak. Waktu kontrol juga kata dokter jahitannya juga udah bagus n sembuh.

less ego, more heart

5

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

udah 39 weeks dan selama ini aku gak rajin nyari2 info tentang proses melahirkan...bukan karena males tapi karena takuuuuuttttt :(
akhirnya sekarang baru mulai baca-baca setelah diingetin sama DSOGku. mengenai pijet perineum ini juga sejak 36wks sebetulnya udah disaranin sm temen cuma gimanaa gitu, wong selama hamil 7 bulan ke atas dan ga prnah ML lagi takut ngilu...
ternyata malah disaranin untuk sering2 ditengok bapaknya biar cepet lahir...
telat gak ya klo baru mau mulai nyoba pijet2 sekarang? ohya minyak zaitun bolekah diganti VCO?

6

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Hai Mommies,

Aku baru tau nih soal pijat perineum gara2 kemaren ke mothercare ditawarin perineum gel sama mbak2nya. Terus berhubung dr kandunganku itu ga mau pake acara gunting-menggunting, jadi rada parno nih sekarang.

Sebetulnya episiotomi itu penting ga sihh?? Mbak Pipijojo boleh gak sharing tentang lahiran ga digunting? Soalnya pas aku cerita ke orang2 kalo dokterku ga suka gunting-menggunting, komen orang2 adalah: "HAH.. Dokter lu gila ya?! Semua orang juga digunting kaliiikk.." dan ini aku ceritanya ke segenap ibu2 yang udah melahirkan, dari yang di Hermina, RSPI, Mitra Keluarga, PIK, semuanya digunting.

Tapi kalo baca di buku what to expect when you're expecting, di situ dibilang dokter bakal melakukan episiotomi jika diperlukan.. Jadi kusimpulkan tampaknya kalo di Amrik (eh, bukunya dari sana kan ya..) normalnya ga pake episiotomi dong ya..

Nah, jadi.. Kok jadi ngomongin episiotomi ya, bukannya pijat perineum.. Jadi intinya please dongg share ibu2 yang pernah melahirkan dengan robek alami.. Sakit bangetkah dan gimana hasilnya setelah dijahit? Apakah bakal bikin robeknya jadi gede banget dan ga rapih *ini keparnoan orang2 yang aku ceritain*

Thank you so muchh..

7

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

MommyOllie, saya baru sekali melahirkan dan robek alami mba, ga ada acara gunting menggunting
walo di dekat ranjang udah disediain 1 set guntting lengkap, dokter memutuskan ga menggunting
robeknya sih banyak, ga tau dijahit berapa

btw kalo emang perlu digunting, sebenarnya ada baiknya lo.. karena robeknya jadi terarah dan ga meleber kemana-mana hehe..

I'm feeling the most enormous heart bursting love for my daughter, Olivia

8

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Mbak Serene, berarti mbak lentur banget dong V-nya waktu melahirkan.. Ada treatment khusus gak sebelumnya? *masih berharap bisa robek alami tapi ga sakit2 amat.. hihihi

9

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Berbagi cerita tentang robekan perineum ini. Saat melahirkan, perineum gw digunting sama dokter sebab anak gw posisi wajahnya menghadap jalan lahir jadi udah ngeden banyak tetap belum keluar juga (mungkin ini juga yg menyebabkan pembukaan gw lama), saat digunting gw sadar, terasa digunting tapi nggak sakit. Nggak lama kemudian lahirlah si kecil :). Setelah itu proses jahit menjahit, observasi 2 jam ternyata ada perdarahan hematoma yg harus dibongkar lagi, bersihkan perdarahan dan jahit ulang. Dan karena dokter gw udah pergi ke RS lain tempat dia praktik jadi yg melakukan tindakan hematoma itu dokter lain. Setelah pulang ke rumah, entah jahitan siapa (dokter gw atau dokter yg lain itu) ternyata di perineum gw muncul smeacam jengger (daging tumbuh memanjang betuknya kaya jengger ayam), saat kontrol 2 minggu setelah melahirkan kata dokter gw itu karena jahitannya nggak rapi dan gw disarankan dijahit ulang untuk merapikannya, dan jelas gw tolak (masih trauma boo..). Tapi dokter gw menyarankan agar gw memberikan betadin dgn kain kassa di tempat itu.

Nah, adakah mama2 yg mengalami "jengger" itu??

Gw saat itu nggak tau apakah jengger itu akan hilang atau tidak, karena rasa sakit masih datang dr tempat itu hingga sebulan lebih. Tapi gw teruuussss positive thinking sama Allah klo gw akan sembuh sembuh sembuh, jengger ini akan hilang dan sembuh. Alhamdulillah...setelah masuk bulan ke-3 pasca melahirkan, jengger itu mengecil dan nggak bengkak lagi, rasa sakit pun berangsur kurang. Well, meskipun rasa sakit jahitan gw ini lama (lebih dari orang lain) tapi gw tetap bersyukur dan yakin akan sembuh meskipun berbulan-bulan.

more loving, more caring, more giving, more sharing

10

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

melissa april
duh ngilu gw bacanya. hebat ih bisa sabar sesabar sabarnya. salut...

waktu lahiran anak pertama, kena episiotomi. digunting miring. terasa tapi ngga sakit. dijahitnya yang sakit. baru ngerasa baikan setelah 2minggu pasca bersalin.

lahiran anak kedua, perineum robek alami. dijahitnya tetep sakit. ngerasa baikan juga kurang lebih 2minggu.

sebenernya episiotomi gunanya agar robekan ngga terlalu 'zigzag' dan lebih rapi. jadi jahitannya pun harusnya lebih rapi. paling enak kl ngga robek dan ngga dijahit yah. hehehe...

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

11

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

mrs doyi
Iyaaa...gw pun ngilu klo diinget2 lagi, tapi dgn yakin seyakin2nya bahwa suatu saat pasti sembuh total :). Sekarang udah hampir sembuh, rasa ngilunya muncul sekali2 aja.hehehe...

Sempat berpikir anak berikutnya mau sesar aja, tapi nyokap ingetin klo jahit sesar sampai dalem2 lho (7 lapisan perut) sedangkan jahit epis di luar aja kan..*oh iyaa, bener juga :)*

Nah, berharap anak berikutnya nanti bisa lebih alami proses melahirkan dan penyembuhannya lebih cepat..normal tanpa robekan dan jahitan mugkin.. :D

more loving, more caring, more giving, more sharing

12

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Aku hamil 9 bulan, udah tinggal nunggu tanda-tanda persalinan aja nih. Jujur ya, perineal tears and episotomy adalah hal yang jadi momok buat aku. Semoga aja nanti pas lahiran aku bisa menghindari robekan perineum *aamiiin*. Usaha yang dilakuin sekarang rajin perineal massage. Aku pake Weleda perineum massage oil, bisa dipake mulai UK 34w.

13

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

sharing ya mamas...
klo sy kemarin pas nglahirin Altair juga digunting hehe pas dgunting n dijahit ngak ngerasa...kerasa sakit pas disiram sm cairan antiseptik (ky b*ta*in)lgsg nyeng2 sebentar (sampe lupa nanya brp jahitannya)...trus dipasang selang keteter untuk pipis itu selama 1 malam bsknya di cabut dan ditunggu sampai bs pipis alami br boleh pulang...dikasih salep untuk diolesin dijahitannya tiap hbs BAB/BAK n mandi. check jahitan pas kontrol ke dr lg setelah 2-3 hari berikutnya,diliat bener2 spy tau ada nanah ato ngak sm dia...hasilnya skrg ky ngak ada bekas jahitannya(suami yg blg lo ya)

Amahnya Altair & Aisha :)

14

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

anak pertama: di episiotomi ama dokter ga bilang2, ga kenal pijat perineum juga sih... ga tau dpt brp jaitan.

anak kedua: udah baca2 ttg episiotomi dan bertekad ga mau lagi, udah bilang sama dokter bahwa mau coba ga diepisiotomi. dokternya setuju. eh pas lahiran si baby susah keluar karena posisi kepalanya, jadilah tetep digunting...

anak pertama dan kedua di RS diguntingnya ga berasa sakit, tp dijaitnya lebih ga berasa soalnya pake bius...

anak ketiga: nyoba pijat perineum tp cuma dpt bbrp kali, ga tau juga tekniknya bener apa ngga... dan pas lahiran ditakdirkan lahiran di rumah tanpa bidan, jadi ga ada yg bisa ngegunting, ga tau juga berapa jaitan, tapi kayaknya dikit deh hehe... bidannya jait ga pake bius huhu katanya biar cepet sembuh...

anak keempat: insya Allah nanti mau pijat perineum juga... skrg sih masi 16w hamilnya. tapi pengen lagi ga digunting dan robek alami dikit aja..

15

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Kalo kata ayah gw yg mana dsog pribadi,beliau memang sebagian besar akan melakukan epis kalo ngelahirin normal. Masalahnya lbh ke estetika,kebayang tu lobang anggep 2cm harus melar ngeluarin kepala dan badan bayi segede itu. Anggap aja harus melar 36cm kebayang dr 2 cm ke 36 cm, karet aja kalo tll melar pasti ngga akan bisa elastis se elastis semula, tp klo digunting 1cm aja atau 1cm kiri kanan,dia melarnya akan lbh kecil dan itu mempengaruhi elastisitas nantinya, hehehe.. Masuk akal sih memang ;)

16

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Hai mamas, sharing dikit ya. Aku dulu pas hamil juga disuruh sm instruktur prenatal yogaku utk pijat perineum sebenernya, tp krn terkendala long distance marriage, cm ketemu suami 1,5 bln skali. Akhirnya gak bs aku lakuin. Akhirnya aku cm bisa senam kegel dan pelvic rocking diatas gym ball. Dan pas lahiran ternyata lumayan keliatan manfaatnya kok. Aku gak di episiotomi sm obgynku krn disamping aku yg minta supaya gak di-epis supaya birth planku bisa kesampaian. Dan baiknya obgynku jg malah bantuin perineum massage pas udah bukaan lengkap. Dan hasilnya sobekanku gak byk lho mamas, jahitannya jg cm dikit, krg lebih 2 minggu udah pulih.

17

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Jahitan perineum akan lebih rapi klo dlakukan episiotomi krn jalur robekan akan lebih terarah dibanding robek alami, tapi perlu atau tidknya episiotomi tergantung dari elastisitas perineum, klo udah elastis (mudah meregang) ngga usah di epis lagi, siapa tau perineumnya bisa utuh/ga robek hihihi..tapi ini biasanya ini berlaku untuk multipara(udah pernah lahiran sebelumnya)

18

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Hai mom.. aq lagi hamil 30week dan ini kehamilan ketiga dan baru tau kalo ada pijat perinium ini (telat bgt yah..) kedua anakku semuanya lahir normal, lahiran pertama ga tau itu di episiotomi atau robek alami dan dijaritnya juga ga tau brp pokoknya dokternya bilang ga bnyak koq, sembuhnya juga cepet 2minggu udh enakan BAK dan BAB lancar jaya :D nahh lahiran kedua prosesnya juga cepet sama kayak pertama dan ini terasa bgt diguntingnya ga sakit sih tp pas jahitnya itu terasa bgt walopun lagi IMD, bedanya ini sembuhnya lumayan lama hampir sebulanan kayaknya msh terasa ga nyaman, BAK sih lancar tp urusan BAB omegoddd sampe nangis2 n rasanya mau pingsan deh...
Nah, berhubung skr udh tau ada pijet kayak gini mau coba praktekin ahh biar ga kejadian lagi kayak lahiran kedua itu... Tapi kayaknya hrs bantuan suami deh, kalo sendiri malah ga nyaman ya dengan perut besar gini....
Semangat2 semoga elastis, dan ga bnyak jahitan hehe...

19

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Mo share juga dulu waktu hamil ak jg takut banget sama episiotomi dan bedoa mdh2an ga robek. Cm pd kenyataannya waktu lahiran udh ngeden hampir stengah jam si baby ga keluar2.. stelah itu dokternya bw gunting dan dgn muka tambah panik ak blg ga pengen di episiotomi. Dokternya blg, ya terserah ibu kalo masih kuat ngeden lebih lama lg. Jlebb.. yaudh pasrah deh. Dan ternyata bener, bgitu digunting (yg ternyata ga berasa apa2) lgsg keluar bayinya. Jahitannya pun ga kerasa sakit bgt ternyata..hehehe.. yang sakit itu setelah dijahit dipasang kateter semaleman.
Oiya padahal ak udh pijat perineum dan praktekin ngeden tanpa ngangkat pinggul loh..tp tetep aja kayaknya kepala bayinya tll besar atau ak yg ga jago ngedennya..hehe

20

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Moms mau nanya dunks.. Ini kehamilan pertama ku dan udah 35 minggu.. Niat banget pengen normal.. Tapi ketakutan terbesarku adalah robekan dan jahitan2 ini.. :'( Takut setakut2nya.. Pertanyaannya, biasanya kalo abis lahiran normal dan dijait gitu, recoverynya brapa lama moms? Trus abis lahiran normal itu, kita dipakein kateter juga yaa? Sakit gak moms pake kateter? Mohon pencerahan yaa..
Maaciy sebelumnya yaa..

21

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

mom gretha

aku 2 kali episiotomi di rumah sakit ga pake kateter loh.... jaitannya sembuh dalam semingguan gitu.. mom gretha hpl nya agustus 2014? join kita dong di thread birthclub dan grup whatsapp :)

btw sebenernya ga usah takut sama robekan alami ya... banyak kok yg ga episiotomi dan ga robek, atau robeknya dikiiiitt ga berantakan seperti yg suka diancamkan ke ibu2...

22

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Oooo gitu yaa ibudea.. Soalnya aku bener2 takut euy.. hehehe.. Maaciy banyak yaa infonya.. XOXO

23

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

digunting atau engga, saya tetep robek g jelas>kata suster ibu ngedennya kebagusan jadi robeknya kemana mana nii, hehehe

24

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Sekarang hamidun 27 minggu, dari awal juga udah aga parno sama si pengguntingan ini, harapannya bisa elastis dan nggak robek, nggak perlu dijait juga, Amiiin.

Perineum massage ini sebaiknya dimulai saat usia kandungan berapa ya?

25

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Halo moms, pengalamanku melahirkan vakum, ada robekan, dan dijahit nggak menyeramkan kok moms.
Aku melahirkan jam 11 malam, jam 8 paginya pengen BAK turun sendiri ke toilet duduk, nggak pake kateter. BAB juga udah bisa di hari ke-3 nggak apa-apa kok.
Seminggu pertama kalo duduk masih sakit sih, tapi memasuki minggu kedua udah enakan.
Kurang dari sebulan kyknya udah nggak berasa apa-apa lagi jahitannya.
Banyak-banyak makan telur rebus (putihnya), itu bagus buat mempercepat pengeringan luka.

Tapi lebih enak kyknya kalo ngga dijahit...
Semoga moms yg belum melahirkan, lahirannya lancar ya nggak pake jahit menjahit :)

Home is wherever I am with my children (anonymous)