1

Topic: Memilih Rumah Idaman

salam kenal semua :-) . buibu yang baik, mohon info perumahan yg enak nyaman di ciputat dan sekitarnya? kita lagi nyari rumah kedua nih. rumah kita yg sekarang di gardenia jl.re martadinata. lagi nyari rumah yg agak luas tp masih sekitaran sini. mohon infonya ya.thanks :-)

2

Topic: Memilih Rumah Idaman

Sidta wrote:
nadiramalik, *angkat jari* sawangan-jakpus PP :)


Mama sidta, asiik ada temennya. Akhirnya aku ambil di tamansari puribali-sawangan nih.

3

Topic: Memilih Rumah Idaman

moms,

salam kenal semua yah

boleh sedikit cerita tentang hunting rumah idaman keluarga kecil ku ya

Kriteria sama dengan hampir semua moms di sini, tapi ada beberapa syarat tambahan dari ortu:
min LT 100m2 dan deket rumah nyokap, max 1x angkot; klo bs jalan kaki

areanya di pinang tangerang (belakang alam sutra dan nempel graha raya bintaro) jadi bisa nebeng fasilitasnya alam sutra dan graha raya

sekitar 1/2 tahun hunting sama hubby mulai dari 2012, gak dapet terus, ada aj alesannya; gak masuk budget, gak cukup luas, gak cocok desain, gak cocok lokasi

akhirnya setelah perburuan itu, kita DP rumah di cluster berlian, karena rumah itu memenuhi semua kriteria kita, tapi rumah ready stok sudah sold out tinggal rumah indent dan qt ambil yg tipe LT 105 LB 63.

di janjikan progres pembangunan sudah 6bulan, tapiii, sudah 6 bulan lewat hingga saat ini tanah baru fondasi aj, dan yg lebih bikin kita sakit hati adalah developer merubah sepihak tipe menjadi LT156 LB 110 2LT
dengan harga jual naik jadi hampir 3x lipat, padahal SP3K kami sudah keluar dengan tipe lama

karena tidak sesuai janji, akhirnya developer berjanji akan mengembalikan uang DP kami sebesar 50jt, tapi hingga sekarang belum juga terealisasi, setiap kami tagih selalu bilang dalam proses switching menunggu customer baru

saya dan suami akhirnya mencari lagi rumah, tapi harga rumah sdh sangat naik, hampir desperate ya, hingga sampai suatu hari kami menemukan sebuah rumah baru tapi tidak dalam sebuah kompleks/cluster/town house

tapi rumah ini berada di lingkungan perkampungan yg nyaman, asri, tertata dan bisa nebeng fasilitas alam sutra dan graha raya

alhamdulillah ternyata harganya masih masuk budget kami, bahkan kami dapat rumah lebih luas LT 123 LB 70, tapi yang bikin kami deg2an adalah penjual menerapkan sistem siapa cepat turun SP3K KPRnya, dia lah yang berhak, karena penjual tidak mau di booking fee atau di beri DP

berlombalah saya dengan para calon pembeli lain, dan alhamdulillah baru kemarin SP3K kami di stujui bank dan kami lebih cepat dari calon pembeli lain.

tapi karena bank tidak bisa akad karena sudah mau lebaran, terpaksa akad di undur setelah lebaran.

doakan kami ya moms supaya tidak ada masalah lagi, dan rumah ini benar2 menjadi rumah idaman kami, dan juga developer segera mengembalikan uang DP kami.

maaf juga klo jadi curcol dan kepanjangan

klo OOT boleh di hapus bu mod

terima kasih

~.~.~. MyHouse, MyBaby, MyRules, MyKingdom ~.~.~.

http://mi2re2ipi2.blogspot.com/

4

Topic: Memilih Rumah Idaman

mimi re2i.., selamat ya atas rumah barunya!
Makasih juga atas sharing-nya.., nggak curcol kok, itu juga masukan buat gw dan urban mama lainnya di sini, untuk lebih hati2 kalau memilih developer. Kakak ipar juga pernah galamin hal yang sama soalnya, malah proses minta balikin uang dp-nya terlalu panjang dan berliku sampe dia akhirnya malah udah gak niat ambil lagi karena jumlahnya juga gak besar sih..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

5

Topic: Memilih Rumah Idaman

ikutan ya mommas..

tipe rumah idaman saya :
- dekat dari saudara (di bintaro), terutama sepupu Kinara (karena Kinara suka banget main sama saudara2nya)
- dekat dari jalur angkutan
- LT minimal di atas 80m2
- tanpa DP (hahaha ngelunjak) walaupun jatuhnya mungkin DP dimasukin ke cicilan.

setelah hunting dari tahun lalu, akhirnya bulan lalu nemu yang sesuai di Grand Bintaro Residences, jumlahnya cuma 8 rumah..
LT.100m2, hitungannya masih dekat saudara2 yang domisili di Bintaro, letaknya di daerah Serua (deket ciputat, serpong dan bintaro. hehe),deket pintu tol pula. daaann.. bisa tanpa DP.
langsung lah kasih tanda jadi biar gak kemana-mana.. sekarang masih proses ngurus KPR, dll..semoga lancar. amiiin :)

emang ya cari rumah itu gak boleh keburu-buru, harus sabar.. sabar benerrr :)

btw, di daerah jalan merpati, serua buanyaaaak cluster-cluster kecil baru dibangun loh. lumayan, deket pintu tol bintaro dan karena sedang ada pembangunan mall besar di bintaro, daerah situ juga pasti akan naik harganya :)

Twitter & Instagram : @anastashaa
Blog : https://heywabbit.wordpress.com/

6

Topic: Memilih Rumah Idaman

anastashaa

Mau doong info grand bintaro residences nyaa.. Sama kalo boleh yg dijalan merpati.. Lagi cari cari rumah niih.. Si ayah maunya yg deket sama akses kreta api kalo bisa, soalnya dia males bermacet macet ria kl ke kantor.. Kl kreta kan tinggal cuuus..

Apalagi grand bintaro residences nya tanpa DP .. Maknyuus ituu

the happiest mommy in da world with a great husband and a lovely daughter.. :D

7

Topic: Memilih Rumah Idaman

offira, aku di bintaro hill, enak lingkungannya udah kebentuk, airnya juga bagus, kayanya masih ada yang blok yang belum kejual.. HTH :)

kapan2 tangsel playdate lagi yuk, kayanya banyak nih skg :D

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

8

Topic: Memilih Rumah Idaman

Mba jessti

Dibintaro itu daerah mana yg paling deket sama stasiun kreta? Coba ya aku searching searcing bintaro hill..
Hmm..btw..harganya sampe ember emberan ga? Kalo sampe segitu dompetnya belom cukup iniii

the happiest mommy in da world with a great husband and a lovely daughter.. :D

9

Topic: Memilih Rumah Idaman

ada 2 alternatif mom offira, sta jurangmangu atau sudimara. kalo binhill ada ditengah2 sih itungannya, jadi kadang aku berangkat dr JRU pulang di SRA, maklum roker juga, rombongan kereta :D
harganya bervariasi tergantung type. di deket JRU ada paradise park juga tahap 2.

imho, aku dl beli rumah di komplek yg isinya cm 27 rumah. lama kelamaan iuran warganya naik terus karena harus nanggung gaji untuk 5 orang satpam plus biaya pemeliharaan lainnya. akhirnya mutusin pindah ke komplek yg jumlah warganya banyak, jadi iurannya ga kerasa :D tapi alasan pindahnya ga cm karena itu sih, ada beberapa alasan lain juga ko..

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

10

Topic: Memilih Rumah Idaman

halo mama2 semua mau share seidkit soal rumah idaman.

Kalau ada yang bilang rumah itu jodoh, memang bener banget. Jadi ceritanya dulu kami tinggal di Bintara< Bekasi Barat. Yang bikin gak betah itu adalah jalan baru di depan Bintara itu banyak banget lapak pedagang sepanjang jalan, dan bikin macet jalan. Hal itu sangat sangat mengganggu dan gak bisa hilang. Terus daerahnya ternyata banjir, kompleks Bintara Loka Indah dan Griya Bintara Indah mah jangan ditanya. Banjir terus kalau hujan. Lalu akses ke Jakarta ya hanya KRL itu aja. Busway baru sekitar 2010 dari Pondok Kopi dan sangat tidak steril.

Terus namanya daerah pinggiran, kalau puasa, malam dan jam saur pasti anak2 kampung pada main petasan depan rumah, benar2 sangat mengganggu deh!

Lama2, suami gak betah keadaan gini. Kita cari deh rumah di Jakarta Selatan, biar mahal yang penting masuk jakarta dan perkembangan mental anak2 juga pasti lebih bagus daripada lama2 tinggal di Bekasi.

Akhirnya kita hunting ke Selatan, masuk Kebagusan, Cilandak, Pondok Labu dan kayak jodoh aja, suami masuk Jalan Kebagusan Raya yang seumur hidup belum pernah dilewatin, eeeh liat ada town house bagus disana. Namanya Town House, pastinya jauh lebih layak huni, apalagi di Jakarta Selatan sesuai impian suami.

Pendek kata, Rumah di Bintara kami jual murah aja, dan uangnya kami pakai untuk DP rumah di Kebagusan ini. Rumah di Jakarta Selatan, LT 130, LB 152, akses banyak, dekat kantor suami cuma 10km naik Busway Ragunan Monas, gak ada suara mercon, anak2 main di lingkungan kompleks, security 24 jam, bebas banjir, Mall ada Pejaten Village, Cilandak Mall, Citos.

Sekarang kami hidup bahagia disini.

Intinya, benar rumah itu jodoh, dan kayak dituntun Tuhan aja diarahkan ke Kebagusan Jakarta Selatan.

Semoga bermanfaat.

11

Topic: Memilih Rumah Idaman

halo mama2 semua,

mau cerita, akhirnya setelah hampir 3 tahun ngikut tinggal bareng rumah mertua, sy tinggal di rmh sendiri. *girang*

Sebenenernya udah ambil dari tahun lalu, tapi krn kita ngambil di cluster baru, jadilah nunggu pembangunan rumahnya sampai beres.

Suami sy sendiri sebenarnya arsitek + kontraktor. Ideal nya kita bangun rumah dari nol yg sesuai dg idealisme. Tapi karena keterbatasan dana (klise deh) dan bayangan yg rumit mengenai pinjaman di bank utk pembangunan rumah, jadilah kami cari2 rumah baru (yg sudah jadi).

Pertimbangan memilih rumah idaman saat itu:
- Letaknya gak jauh2 dari sekitaran Bintaro, karena orang tua kami berdua tinggal di daerah Bintaro
- Sesuai budget (klise lagi)

Seperti kata orang2, rumah termasuk jodoh kita jg, setelah tahun lalu sy keliling2 pamulang ciputat dll dan belum ada yg sreg di hati, sy iseng googling "cluster murah di bintaro", dan akhirnya menemukan cluster perumahan baru "Griya Torina Bintaro".
Meskipun harganya agak overbudget, fasade rumahnya langsung bikin sy jatuh hati. Lokasinya jg sangat strategis, dekat dg Bintaro Plaza, Stasiun Pdk Ranji, dan sekolah2 untuk nantinya Raka sekolah. Akhirnya sy dan suami nekat meluncur ke lokasi, dan saat itu jg kami langsung kasih uang tanda jadi. Wah senang sekali rasanya saat itu, layaknya ketemu jodoh. (Meskipun setelah nya kita langsung mengencangkan ikat pinggang huhu)

Beberapa nilai plus dari perumahan ini:
- Lokasi strategis (Dekat mall, sekolah2 anak, stasiun kereta api, dan pintu tol)
- Hunian baru, jadi banyak keluarga muda jg yg tinggal disini, artinya anak sy punya banyak teman sebaya
- Sistem keamanan baik (One gate system dan terdapat cctv di beberapa sudut)
- Lokasi mepet Bintaro, jadi nilai propertinya cepat sekali naiknya.
- Fasade dan lay outnya cukup baik, jadi tidak perlu ada banyak perombakan (menurut opini pribadi sy dan suami :)

Yah begitulah cerita rumah idaman versi sy.. Skrg sy lagi seneng2nya ngurusin rumah... :D

Semoga bermanfaat

12

Topic: Memilih Rumah Idaman

Beda sama maminski, sekarang aku n hubby lagi cari2 rumah di Bintara. Sekarang kita masih tinggal di rumah bumer kawasan Duta Kranji bareng sama adik ipar yg masih single (bumernya sih nggak tinggal di sini, tapi di rumah satu lagi di Serang karena masih ngurusin usaha keluarga).

Sebenernya sih pengen cari di daerah Pondok Kopi, Pondok Kelapa, Duren Sawit biar deket ke tempat kerja. Tapi apa daya, budget nggak cukup buat dapetin rumah di daerah2 itu yg pas sama kriteria rumah idaman.

Kriterianya :
- Bebas banjir
- Daerah udah dikenal baik
- Deket sama rumah bumer
- Akses tol gampang
- Deket sama fasilitas umum
- Reachable buat aku ngantor under 1 hour with public transport, termasuk deket jalan gede jalur angkot2
- Rumahnya kondisi baik, bebas rayap. Prefer 2nd sih soalnya rumah lama biasanya fondasinya lebih bagus daripada rumah2 minimalis zaman sekarang. Luas tanah min 110 or 120 meter persegi.
- Masuk kompleks n lokasi rumah nggak berbatasan banget sama kampung (biar aman n nggak terlalu ribut)

Ada beberapa kandidat hasil berburu iklan online, mau lihat2 dulu. One more problem, dengan kondisi ekonomi lagi melemah gini, bunga KPR bakal meroket, jadi pembiayaan KPRnya diteken di bawah 50% biar nggak berat, tapi jadinya mangkas juga harga rumahnya.

Gpp deh, demi rumah pertama, pelan2 aja langkahnya :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

13

Topic: Memilih Rumah Idaman

Rumah impian aku dan suami di Kelapa Gading karena deket sama kantor kita berdua dan dari dulu aku kos di sana jadi temen gaulnya uda banyak di sana. Harganya nggak kejangkau dengan kantong, Hikss.. Akhirnya cari-cari rumah dapat di Kota Harapan Indah. Rumahnya sebenarnya bagus, lingkungan bagus, tapi sayang jauh banget dari kantor dan jalan ke kantor macet. Untungnya, sekarang da ketemu jalan tikus ke arah kantor jadi nggak bermacet-macet ria lagi, tapi tetep berharap suatu saat bisa beli rumah di Kelapa Gading

I am a mother, apotheker, and editor

14

Topic: Memilih Rumah Idaman

Kriteria rumah impian versiku:
LT min 100m, bangunan kecil (cukup untuk famz with 1 kid) dan ada taman.
Kriteria lainnya: udara & air bersih, keamanan terjamin

Moms, share plus minusny rumah cluster, rumah di komplek & kalo beli rumah second ya.

Mohon masukannya buat saya sebagai home seeker ya. Thanks

ainasofia & aisyavira's mommy

15

Topic: Memilih Rumah Idaman

Halo semua Mams & Bunda..
Salam kenal.
Saya nih ceritanya pindah tugas dari daerah ditempatkan di kantor cabang jakpus.
Krn kontrak rumah di jakarta mahal plus nanggung, jd pengennya beli rumah aja.
Kriteriannya :
Daerah Jakarta Selatan, krn kakak ada yg di bekasi, biar kl ortu nengok deket;
Deket stasiun, krn mau Roker (rombongan kereta) KRL hehe..ga kuat nyetir kl macet :p
Deket ama Rumah sakit, krn msh punya Baby dan anak SD, kasian kl sakit kelamaan macetnya
Deket Sekolah, syukur2 deket masjid.
Bebas banjir tentunya
Syukur2 perumahan atau cluster,
Deket supermarket atau pasar hehe..
Moms kalau ada infonya atau saran2 ya.. thanks :)

16

Topic: Memilih Rumah Idaman

hai mom dhetiezhar

ikutan sharing ya
utk rumah cluster soalnya saya tinggal di rumah sistem cluster gt
plusnya:
-one gate, jd insya allah keamanan terjamin, trnyata sistem one gate itu lmyn ngerek hrg jual rmh hehe. apalagi klo sistem keamanannya pake kartu ID. nah klo di cluster tempat sy tinggal alhamdulillah security nya sangat aware, pernah ibu mertuaku pas nginep dirumah pintu rumah kebuka, tinggal pintu kasa aja tertutup dan pager ga nutup full, kata bumer security nya bolak balik ke rumahku nengok2 kuatir ada apa2 sampe pagernya ditutupin sama pak securitynya. dan pernah bapak mertuaku bawa tukang buat bikin tandon bawah, bolak balik securitynya mondar mandir ngecek krn ada orang asing yg tidak biasanya.
-kalo teman ato sodara mau main jg gampang nyarinya, ga usah nyasar2 klo rumahnya di perumahan kompleks gt :D

minusnya:
-tetangganya dikit
-saking awarenya securitynya biasanya klo ada tamu yg ketauan banget nyari2 alamat bakal ditanya2in sampe suruh nitip KTP, jd ribet ya...mmg semakin aman semakin ribet..tp ambil aja manfaatnya :)

o iya saya beli rumah second lho, karena saya ga sabar buat nunggu klo beli rumah baru kan nunggu dibangun dulu rumahnya *haha ga sabar :D tapi ya gt klo beli rumah second kudu teliti umur rumahnya brapa taun, kualitas bangunannya, developer rmhnya sapa (mskipun second, ini jg diperhitungkan), kosongnya lama ndak (duh saya ngeri kalo beli rmh second kosongnya terlalu lama, horor duhh), alesan pindahnya knp kan kuatirnya alesan pindahnya krn kemalingan kek apa kek yg negatif2 (kepo bgt sih saya hahaha), dan pemilik rmh sblmnya orangnya enak utk diajak diskusi dan mudah diajak kerjasama hehe, o iya jangan lupa masuk budget hehe...

saat beli rumah second terkadang feeling qta sebagai pembeli itu kadang berpengaruh lho, pas itu saya pas ndatengin rumah second yg skrg jd rumah kami, saya uda bener2 sreg sama rmhnya, "cerah" rmhnya, saat ditinggal pun pd saat proses jual, rumahnya dinyalain terus lampunya di seluruh ruangan..dan jodoh2an beli rmh itu, pdhl saya tau yg mau beli rmh itu banyak sdgkan saya dan suami modal uang cekak, alhamdulillah pemiliknya mau dilobby hehe

smoga segera cepat dapat rumah idaman yaa mom

17

Topic: Memilih Rumah Idaman

halo Bund Mocit...
mau tanya nih, kalo Jagakarsa ke lenteng agung brp menit? naik apa? soalnya kyknya aq tertarik cari rumah di daerah jagakarsa atau m. kahfi.. kantorku kramat raya jakpus.. kira-kira kejauhan ga ya? hehe..newbie jakarta nih :p
eh iya banjir ga Bund daerah jagakarsa? ama dkt sekolah n rmh sakit? thanks

Mocit wrote:
Mau ikutan share ya..

Sudah 3 tahun ini aku dan suami tinggal di Jagakarsa, tepatnya di jl.Pemuda - Srengseng Sawah, tipe rumah townhouse dengan luas tanah 128 luas bangunan 64 dan hanya ada 5 rumah. So far sih seneng tinggal dsini..mengingat udaranya masih bersih, ke stasiun lenteng agung deket, ke Margonda deket, angkot bisa lewat cilandak,lingkungan aman dan tetangganya baik-baik..
cuman satu sih kurangnya, akses masuk ke townhouse kami sempit jadi, klo ada 2 mobil papasan harus saling tunggu-tungguan..dulu pas beli dsini ga terlalu mikirin akses masuk mobil karena emang belum punya mobil..hehehehehe
Di deket rumahku skr banyak townhouse kecil-kecil sampe2 akses menuju rumah tuh sekarang udah kaya komplek aja..kiri kanan itu sudah rumah baru semua..
Berhubung suami dapet softloan dari kantor jadi dalam waktu dekat kita akan pindah ke cibubur,( toss sama demiamel ) yah..banyak sih yang harus direlakan, dari mulai tetangga deket yang udah kaya sodara (karena rumahnya cuman 5), dan yang pasti tinggal di komplek besar itu jauh berbeda dengan tinggal di townhouse..pertimbangan pindah ke cibubur sempet bikin perdebatan juga sih, tapi karena harga rumah di jagakarsa lebih mahal dibanding dengan di cibubur (dengan luas yang sama) akhirnya tetep pilih cibubur.
skr masih proses pindahan, nanti klo udah ditinggalin baru bisa review..

18

Topic: Memilih Rumah Idaman

D. Martha. I, ikutan jawab ya..

setau gw jagakarsa ke lenteng agung deket kok, paling sekitar 15 menit aja, trus RS ada, sekolahan juga banyak. Kalo soal banjir gw belum pernah denger sih, mungkin lbh jelasnya nanti sama Mocit :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

19

Topic: Memilih Rumah Idaman

Hello Moms,

Kemarin saya lihat rumah di jalan Merpati, namanya Amaryllis Residence. Dari segi design n lokasi cocoklah di hati saya n suami. Tapi salah satu concern kita itu soal rumah yang gak banjir. Nah untuk Moms yang tau daerah bintaro/serua sana, di jalan merpati yang deket perumahan Bintaro Hill itu daerahnya banjir ga? Kalo pun banjir segimana parahnya (setinggi apa banjirnya?). Kalo liat dari kontur rumah sih perumahannya cukup tinggi. Bahkan perumahan Bintaro Hill keliatan krn adanya di bawah perumahan sasaran ku.

Kalo ada yang tau, mohon kabarnya yah. Soalnya denger cerita Kakak saya di gading yg cm jalanan aja yg banjir udah sengsara. Gimana yg sampe masuk rumah?? Big NO NO bgt..

Makasih yah =)

20

Topic: Memilih Rumah Idaman

Hello Moms,

Kemarin saya lihat rumah di jalan Merpati, namanya Amaryllis Residence. Dari segi design n lokasi cocoklah di hati saya n suami. Tapi salah satu concern kita itu soal rumah yang gak banjir. Nah untuk Moms yang tau daerah bintaro/serua sana, di jalan merpati yang deket perumahan Bintaro Hill itu daerahnya banjir ga? Kalo pun banjir segimana parahnya (setinggi apa banjirnya?). Kalo liat dari kontur rumah sih perumahannya cukup tinggi. Bahkan perumahan Bintaro Hill keliatan krn adanya di bawah perumahan sasaran ku.

Kalo ada yang tau, mohon kabarnya yah. Soalnya denger cerita Kakak saya di gading yg cm jalanan aja yg banjir udah sengsara. Gimana yg sampe masuk rumah?? Big NO NO bgt..

Makasih yah smile

21

Topic: Memilih Rumah Idaman

Mom,,

Kalau selain di kawasan Jakarta boleh nanya disini juga gak ? :(

saya domisili di luar Pulau Jawa

People say, to make her fall in love you have to make her laugh. But everytime she laughs.. I'm the one who's fall in Love

22

Topic: Memilih Rumah Idaman

syarach boleh banget ma..
Share dong tipe rumah idamannya :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

23

Topic: Memilih Rumah Idaman

makasih Mom Cindy :)

tipe rumah simple aja.. minimal 2 kamar, pengennya type 36/45 tapi tanahnya diatas 120 kalau bisa.. karena saya di Palembang dan kantor di daerah Kalidoni, jadi kalau bisa gak jauh2 dari daerah situ maksimal 15 menit dari kantor deh, biar pas istirahat anak2 bisa ditengok..

Kalau ada yang punya info Mom perumahan di Palembang yang gak terlalu mahal.. minta infonya ya :)
trmksh...

People say, to make her fall in love you have to make her laugh. But everytime she laughs.. I'm the one who's fall in Love

24

Topic: Memilih Rumah Idaman

yang bilang rumah itu jodoh2an.. aku setuju banget!

buatku, cari rumah itu yang dekat dengan rumah ortu, jalan depannya bisa dilewati 2 mobil, aksesnya banyak dan ga rawan banjir.
masalahnya sekarang adalah harga rumahnya itu yg mahal.. *lap keringet*

25

Topic: Memilih Rumah Idaman

amelkugy wrote:
hai mom dhetiezhar

smoga segera cepat dapat rumah idaman yaa mom


Hai...hai.. mom amel..
thanks buat sharingnya ya. Emang bener ya, cari rumah dah kayak cari jodoh.
Kmrn2 ini sempet liat2 rumah second dan bener bgt kl sejarah rumah tersebut harus diperhitungkan juga. Dan sebisa mungkin ga perlu macam2 renovasi.

Fiuh.. ternyata banyak kriterianya cari rumah idaman.
Mom amel lokasinya dmn?

ainasofia & aisyavira's mommy