1

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Aduduuhh, ngilu-ngilu gimana gitu baca thread ini.
2x melahirkan normal, gak berani melakukan intervensi apa-apa ke area bawah, sumpah takuutt

Melahirkan pertama robek sampe anus entah alami entah episiotomi, gak mau tau juga berapa jahitan. Tapi recovery lumayan cepet kok, cuma karena masih anak pertama aja jadi banyakan nurut kalo disuruh jangan banyak gerak.

Melahirkan kedua, robek juga sedikit tapi gak tau berapa jahitan yang jelas 2 jam stelah melahirkan udah bisa turun dan jalan ke kamar mandi sendiri buat pipis dan pup. Recovery lebih cepet dari yang pertama karena 4hr setelahnya gue udah bisa duduk sila, BAK dan BAB lantjar djaja...

Hamil ketiga ini (sekarang 34w) eng..gak tau deh. Pengennya bisa gak perlu heboh angkat pantat pas ngeden biar gak perlu robek-robek lagi..huhu.

Tfs ya sharingnya semua..masih ngumpulin nyali gue dan suami buat praktekin pijet ini. Tapi rasanya senam dan ML worth to try juga :D

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

2

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Moms, akhirnya minggu lalu ngerasain juga robekan legendaris ini.. huiiiks.. Cuma gak digunting.. Kata susternya siy banyak smpe ke anus karna salah ngedennya.. Awalnya dijahit gak berasa karna masiy dibius.. Tapi karna jahitannya banyak kali yaa, jadi jahitan blom selesai biusnya udah abis.. Itu rasanya maknyooooos pisan.. Abis itu trauma deh gak mau pipis dan pup.. Cuma mau gak mau harus terjadi kan.. Tapi emang ternyata ????????? ??????? ????? ???????????? pulang RS udah bisa jalan tegak.. hehehe.. Saking kepedeannya, jadi gak kontrol diri.. Banyak tamu dan sibuk ngurus si baby kecilkuw, bikin 2-3 hari pertama kuat.. Tapi akhirnya hari2 berikutnya baru berasa ini perih dan ngilunya bekas jahitan.. Huikshikhik.. Kapok dey duduk dan jalan asal2an.. :'(

3

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Ini yang bikin aku sedikit trauma saat nglairin karena gak bisa bikin bab takut jahitan lepas hihihi dan perih di Jahitan nya. Baru seminggu bisa bab lancar. Nah sekarang hamil anak kedua maunya sih gak episiotomi karena sakit

??Keep trying 2be a best mother?? (^.^)

4

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

hihihi....mama disini hebat-hebat ya biar sakit pas dijahit tapi tetep mau melahirkan secara normal lagi.

Dulu waktu melahirkan anak pertama itu rasanya kapok banget ya, robekannya sampai ke anus. diobras jadinya. ditanya berapa jahitan dok? banyak....obras donk.

eh 3 tahun 8 bulan kemudian melahirkan lagi dengan normal dan robek lagi.
dan robeknya lebih parah, soalnya dokter bilang ini robekannya kemana-mana, nah lho....
saya sampai sekarang g ngerti ngeden yang bener itu seperti apa sich? 2 X melahirkan dibilang salah ngedennya, terlalu kuat ngedennya, dll

soalnya kalau g kuat ngedennya itu menakutkan kan anak udah mau keluar eh ketahan di leher vagina karena maknya kurang kuat ngedennya, kasian susah napas itu sich yang aq baca secara singkat.

Jadi sebelum melahirkan aq latihan pernafasan sendiri berbekal latihan merpati putih dulu. ya....wal hasil ngedennya kekuatan....ya sudahlah diobraslah itu....

5

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

sebentar lg masuk minggu 35, baca tret ini jd deg2an lg..

soal nafas pas ngeden ini jg masih bikin bingung. aku ikut senam hamil di RS bunda dan RS harkit, 22nya ngajarin cara nafas yg beda.. yg 1 ngajarin nafas cepet kaya dog breath gitu, yg 1 nafas panjang.. tp baru ikut senam 1x di masing2 tempat sih.

6

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Riri,
Kemana ajaa...baru ketemu lagi di forum *sok ikrib deh gw*

Menurut aku sih pilih yang caranya paling applicable aja buat kita. Yg bikin kita lebih pede melahirkan dgn cara itu.
Krn orang melahirkan kondisinya beda2, kadang teorinya jadi nomor sekian begitu praktik. Yang penting pede dan banyak berdoa ri.
Semoga nanti persalinannya lancar dan strong ya riri

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Bentar lagi mau 34w moms, mau coba teknik pijat parineum juga sy.

"Terkadang orang yang tidak bahagia itu adalah orang yang tidak bisa mensyukuri hidupnya"

8

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

halo kakak eka..
maafkan, saya sempat hilang arah. hehe.. makasi saran dan doanya.

biar ga OOT, dulu pas hamil pertama udah denger juga soal pijat perineum ini dan nyoba juga. tapi ternyata salah caranya. hahaa.. cuma mijet dari luar aja. pantesan aja diobras ya :| :lol:

9

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

ahirnya jumat kmrn lahiran dan kena digunting-obras lg :(

btw, berhubung lahiran yg pertama udah 6 tahun yg lalu, infonya dong mamas, skrg perawatan jahitan episiotomi gmn si? kalo dulu setiap abis bersih2, dikasih betadine pake kassa. nah yg kedua ini, NGGA PAKE betadine lg tp dipeseninnya cukup cuci bersih aja jangan sampe ada darah2 yg nempel di jahitan. yg lain jg gitu kah? ini soalnya sakit dan bengkaknya koq lebih lama dari lahiran anak pertama. apa krn ga pake betadine ya..?

10

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Moms yg udah pernah diepisiotomi,mau nanya neh tp yg agak pribadi,gpp ya...
Setelah diepisiotomi,ada perasaan takut ga wkt berhubungan kembali dgn suami?
Trus berhubungan sm suami,setelah berapa lama setelah melahirkan?
Wkt berhubungan,suami bisa langsung masuk ato susah?
Soalnya,sampe skrg udah 4 bulanan lebih setelah diepisiotomi,saya blm berhubungan lg dgn suami.pernah nyoba brp kali,tp kok susah masuk y?lbh susah dan lbh sakit dr wkt mlm pertama..oia,kl mau pake pelumas,merek apa y yg aman,belinya dmn?

Mah Riri: saya perawatan episiotomi sama ko,disuruh cebok setiap buang air,sabunnya boleh pake apa aja.semprot bersih,jgn ada kotoran nempel.lap kering trus pake kasa yg dikasih betadine..emang agak" bengkak kl diraba.kl berani seh sambil liat kaca pas bersih" sm diksh betadine,biar tepat sasaran,hehe..

11

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Mom pepian, waktu anak pertama adalah rasa takut untuk ML setelah melahirkan. Anak kedua, alhamdulillah sudah mendingan, setelah masa nifas selesai saat si kecil umur 2 bulanan, alhamdulillaah hasrat untuk ML kembali lagi meskipun benar-benar merasa nyaman setelah sikecil berumur 4 bulan.

Mom riri, saya dulu dikasih bidan salep gitu dioleskan di bagian yang diepis sehabis mandi. Sama satu lagi tips dari dokter waktu lahiran anak pertama, sering-sering senam kegel biar kerasa enak bagian yang diepis.

12

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

aduuh ini nih yang bikin aku trauma lahiran normal. dijahitnya itu :(

waktu lahiran anak pertama + anak kedua digunting + dijahit. serius itu berasa bgt diguntingnya, tapi pas digunting itu si ga terlalu sakit lah ya, yg lebih sakitnya itu pas dijahit. katanya si aku dibius, tp ko masih berasa bgt ya waktu dijahit itu. apalagi pas anak ke 2 aku liat jarum sama benangnya. hikshiks bener2 bikin trauma :(

sekarang lg hamil anak ke 3, dan kalo ngebayangin dijahitnya itu ko jadi takut ya buat lahiran normal lagi :(

insya Allah nanti pas masuk 34w mau coba pijat perineum dan semoga aja bisa lahiran normal dan tanpa jahitan deh. aamiin

13

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Gini mom, kalau masih bingung soalĀ Robekan Perineum dan Episiotomi langsung hubungi halodoc untuk konsultasi gratis. dokter kandungannya online 24 jam dan siap memberikan penjelasan mendetail untuk para mama. Jadi jangan takut dulu dengar cerita-cerita saat melahirkan ya.

Topic: Robekan Perineum dan Episiotomi

Nggak enak banget sih kalo sampe diobras banyak. Jadi sebelum lahiran kita kudu latihan ngeden yg baik dan benar dulu, biar nggak robek gede2 amat hehe. Gimana caranya, mommy bisa konsul ke Halodoc lho. Nanti bisa diajari tekniknya sama dokter di sana.