1

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Suggest dong moms

Mo ambil KPR msh bungung pilih bank mana nya? Any suggestion coz rmh yg d taksir sudah ada tinggal proses pilah pilih bank.klo ada no agen bank utk KPR kenalan mom boleh PM/email in yaah.

Thanks alot moms

Full time MoM & Part time everything else

2

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Hola Mom... kebetulan aku juga baru ambil KPR tapi memilih Bank syariah, alasannya sama seperti mom yang lain karena flat sampai selesai, walau mungkin cicilannya lebih tinggi tapi sudah nda pusing mikirin bunga BI naik turun. Kalau ambil KPR itu susah - susah gampang ya menurutku, ada bank syariah yang harus di survey ke tempat kerja langsung ( yang tiba - tiba saja datang ), atau ada bank syariah hanya survey by phone atau pendekatan secara personal ( untuk menanyakan kelengkapan dokumen ), kemaren aku pakai BN* Syariah yang kata orang sih lebih tinggi tapi dari 3 pilihan KPR yang di tawarkan Developer, Bank tersebut yang ratenya bisa aku jangkau^^ semoga yang ingin ambil KPR di mudahkan ya. Aminnn...

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

3

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Klo pake bank syariah KTP harus muslim kah mom?

Full time MoM & Part time everything else

4

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Bantu jawab ya Mom, untuk bank syariah KTP nasabah tidak harus beragama islam, dalam islam diperbolehkan bermuamalah / berbisnis dengan semua agama. tks.

5

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Halo Mamas...sy jg skrg lg mw ambil KPR..rencananya mau pake B*A, karena cmn ini yg bisa ngasih jangka waktu lama untuk KPR Refinancing (rumah udh atas nama sndiri jd gk bisa KPR biasa) dan ada program fix and cap 5 tahun...

Diatas sempat ada diskusi kenapa pengen cepet2 lunasin KPR...klo aku trmasuk yg setuju lunas dipercepat soalnya belajar dr pngalaman bbrp temen...kalo ada duit sedikit mending dipake buat lunas sebagian, krn pasti akan ngurangin hutang pokok dan jadinya jumlah cicilan tiap bulan mengecil (dan total bunga yg kita bayar jg mengecil)...bbrp tmn saya udh mempraktekkan dan trnyata lumayan bgt, jadinya selisih cicilan yg berkurang bisa dipake buat nambah tabungan atau keperluan lain...

Tapi kalo pake bank syariah katanya sih klo pelunasan dipecepat gk trlalu ngaruh sama pengurangan hutang pokok, tp ini gw jg gak trlalu ngerti alasannya...tapi makanya gw paling rekomen kyanya pake program yg fix 5 thn, jd slama mas itu bisa pelunasan dipercepat, lmyn bisa cicilan gk trlalu besar klo udh masuk floating...

Ini pendapat pribadi ya tapi, belum ditunjang pengalaman sndiri heheheh

It's not easy being a mother, but it's the most noble job ever!

6

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Hi Moms.. kalau sudah ambil KPR atas nama istri. Masih bisakah ambil kredit renovasi rumah atas nama suami? ada yg punya pengalaman kah?

7

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Makale
setuju. Aku juga lebih seneng bunga floating, karena rate bunga berdasar jumlah hutang. Kalau yang bunga flat, gak akan pengaruh. Kalau gak salah karena jumlah bunganya sudah fix dihitung diawal.

mrs.potato
kalau beda jenis kredit, belum pernah tahu. Tapi kalau sama-sama ambil kredit rumah, temanku pernah. dan gak bisa, salah satunya ditolak.
Mungkin perbandingan jumlah income dengan besarnya kredit yang diambil bisa juga jadi bahan pertimbangan. Kalau incomenya besar, dan kredit yang dimiliki masih terbilang kecil, bisa jadi disetujui juga kalau mau ambil tambahan kredit. CMIIW. Mungkin ada yang expert dibidang finance yang bisa bantu?

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

8

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Hallo Mamas semua..
Mau share aja nih..
Saya dan suami join income dengan cicilan 15 tahun menggunakan Bank Mandir* Syariah. Lalu rumah kami adalah rumah baru. Sistemnya flat bertahap.
Jadi tahun ke 1-2 sekian, lalu naik di tahun ke 3 - 6 sekian, 6 - 15 sekian.
Prosesnya gag ribet dan professional. Kebetulan developer bekerja sama dengan Bank tersebut jadi engga ribet soal survey dll.

Terima kasih Mom.. semoga mencerahkan ya.. semogta dilancarkan juga untuk yang sedang mengajukan KPR. Aamiin

9

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Jadi pengen sharing, baru aja dapet approval dari 3 bank: BCA, BNI, BRI (tapi yang terakhir ini SPK-nya paling lelet). Untuk BCA dapet yang fix&cap, yang BNI promo merdeka fix 3 taun 8,45% untuk BRI fix 5 taun 10,5%. Plafon yang paling tinggi dapetnya di BNI, beda 40jutaan sama BCA, tapi ya angsurannya lebih gede 300ribuan sama BCA per bulan. Yang BCA plafonnya cukup, lebihnya dikit doank. Minta sarannya doonk, mending pilih yang mana ya. Jujur aja, lagi butuh cash juga sih untuk renovasi rumah (belinya rumah 2nd) dan tabungan bakal abis2an nih buat DP 20%. Dari customer service ke depannya juga bagusan BNI or BCA ya? BCA sih yang paling berasa follow up dllnya lebih cepet dan responsif ya. Please advise :)

10

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

kabochacake Kalau boleh saran mungkin cobain BCA mom... :)

11

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

makale,
betul! pengalaman pribadi aku dengan KPA. jadi kalo ada rezeki, kami simpan untuk mempercepat cicilan. ngga pengen lama2 punya utang soalnya kaaan. lebih ke ketenangan hati. alhamdulillah bisa lunas lebih cepat. rasanya seneeeng banget. :)

kabochacake,
aku kemarin baru dari BCA. sepertinya menarik banget apa yang ditawarkan BCA. betul... mereka ada fix n cap yaa. aku sama suami bikin perhitungan di excel, membandingkan mana yang paling oke buat kami dan yang cocok yg fix selama 2 tahun (suku bunga 9.25%).

kalo buat kredit KPR refinancing fix & cap, BCA juga ada asuransinya. tapi pas diliat, mahal bangetttsss... wajar sih ya, risknya lebih tinggi.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

12

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

kabochacake, kalau aku pribadi puas dengan pelayanan BCA, kredit mobil dan refinancing di BCA, krn cepat dan bunganya lebih rendah. Tapi kalau perhitungannya butuh cash money untuk renovasi mungkin bisa memilih BRI, karena daripada mengajukan pinjaman lagi ke bank biasanya costnya jauh lebih mahal. Imo ya :)

13

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Baru tau ada thread ini... *telat

Ikutan share juga ya, aku ambil rumahnya bener2 modal nekat. Soalnya waktu itu mikirnya kalau ambil rumahnya nunggu uangnya cukup, gak akan kebeli2 gara2 kenaikan gaji pasti gak sejalan sama kenaikan harga rumah.

Berbekal uang tabungan yang mepet, cukup buat DP dan biaya notaris aja, akhirnya ambil rumah juga. Karena suami (yang waktu itu masih pacar) sudah ambil KPR duluan, jadi saya cari bank yang bisa kasi bunga fix agak lamaan, biar agak santai juga nanti nyicilnya pas udah nikah.

Pilihan jatuh pada BI* yang sekarang udah ganti nama jadi M*ybank. Saya ambil KPR Dec13 dengan bunga fix 11.75% selama 10 tahun dan sisanya floating. Ini beda ya sama bunga flat. Kalau dilihat sekilas sih mahal ya, di saat bank2 lain kasi promo fix cuma 8%an selama 2 th, ini sudah 11.75% aja. Tapi karena waktu itu rasa2nya kok ekonomi agak kurang bagus, takutnya bunga floating bisa gila2an naiknya (sok2an menganalisis sendiri sih), jadi saya ambil tawaran yang ini.

Kekurangannya menurut saya :
1. Hanya bisa dilunasi sebagian max 2x dalam setahun
2. Maksimal pelunasan sebagian adalah 25% dari sisa pokok (dibandingkan dengan bank lain yang gak ada max jumlahnya)
3. Kalau melunasi sebagian, kena charge 1% dari jumlah yang dibayarkan

Kelebihan menurut saya :
1. Minimal pelunasan sebagiannya hanya 3x dari jumlah cicilan per bulan (bank lain ada yang minimal 5x cicilan)
2. Fix-nya lama, sampai 10th
3. Komposisi pokok-bunga yang dibayarkan tiap bulannya berubah2 (bank lain baru berubah setiap 12 bulan). Jadi tiap bulannya saya bisa lihat bahwa cicilan saya yang dibayarkan untuk bunga terus berkurang dan untuk pokok terus bertambah


Kalau soal melunasi sebagian, saya termasuk yang pilih melunasi sebagian tiap punya uang lebih. Alasannya karena saya sudah bikin simulasinya di excel, kalo gak dilunasin gimana, kalo dilunasi sebagian jadinya gimana. Hehe :)

14

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

permisi, masih bingung, kalau mau KPR selain DP apa saja yang harus kita siapkan? btw klo kondisi penghasilan ga tetap apa bisa ya klo kita KPR, asli buta banget sama beginian, tolong pencerahannya ya , thx :)

15

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

elizaokta,
ahhh tosss! aku pun selalu bikin simulasinya di excel. membandingkan A dan B dan C... nanti dapet mana yang lebih cocok buat kita. lebih keliatan. :)

aku pun tipe yang pengen cepet2 lunas. kalo ada rezeki lebih, dikumpulkan untuk pelunasan sebagian. lebih tenang aja rasanya.

suasti,
barusan nanya ke temen bisaaa. cuma panjang. aku lagi colek nih biar bisa nerangin langsung di sini.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

suasti yang perlu dipersiapkan selain DP yaitu biaya AJB, biaya notaris, biaya asuransi.

Pendapatan gak tetap bisa KPR koq

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

17

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Honey Josep
hitung2an ancer2nya gimana ya? misal harga rumah 200juta, berapa persen dari harga rumah yg akan dikeluarkan untuk biaya AJB, notaris dan juga asuransi tsb? maaf sy awam banget sama beginian. pingin mulai nabung DPnya dulu, disni harga rumah masuk gang muat sepeda motor aja udah mencekik banget.eh #curhat TIA :)

18

Topic: Membeli Rumah melalui KPR

Kurang lebih seperti ini:

[list=*]

  • provisi 1%[/*]


    • administrasi (besarnya tergantung masing- masing bank )[/*]
    • asuransi jiwa kredit (penting supaya debitur meninggal sebelum masa KPR selesai, hutangnya dilunasi oleh asuransi). Bila tidak ada asuransi jiwa maka dikenakan biaya appraisal bank.[/*]


    • asuransi kebakaran[/*]


    • biaya notaris[/*]


    • biaya pajak yang dibebankan ke pembeli untuk dibayar ke pemerintah (5% x (NilaiJualObjekPajak – 60jt)[/*]


    • biaya untuk Akte jual Beli[/*]


    • cek sertifikat Badan Pertanahan Nasional dan lainnya.[/*]

    ... a counselor, a role model and often a friend to her children
    Twitter & Instagram: @honeyjt

    www.honey-scrapbook.blogspot.com
  • 19

    Topic: Membeli Rumah melalui KPR

    sharing yah waktu itu ambil KPR dari D*S sih untungnya proses mudah dan cepat padahal status cerai dan usaha juga belum besar. Puji Tuhan sih lancar, sebelumnya gue pake Permata dan gue emang ada rekan di D*S jadi bisa sedikit membantu. kebetulan waktu gue lagi ngajuin KPR buat usaha bareng temen, ambil ruko kecil2an lah di Bandung. jadi untuk dokumen sih memang ribet dan banyak. Apalagi gue waktu itu baru cerai. dokumen yg dibutuhin waktu itu KTP gue dan rekan usaha, akta cerai gue (rekan gue single jadi gue doang yg kasih akta cerai), plus KK masing2. pas ditanya ada akta perjanjian pisah harta gue jawab sih gak ada karena waktu nikah belum punya usaha murni jadi IRT, untunglah ada tabungan sedikit jadi bisa bangun usaha kecil2an. terus diminta NPWP pastinya, rek tab, deposito gue 3 bulan terakhir (yg lagi2 seperti gue bilang di awal lancar), SIUP juga. itu baru dokumen pribadi. nah gue juga diminta fotokopi sertifikat HM yg tadinya punya tante dari rekan gue (jadi dulu sebelum gue beli kami sewa dulu), IMB, plus PBB terakhir.
    Untuk biaya appraisal sekitar 750 ribu dibayar pas pengajuan aplikasi kredit.
    Biaya penalti pelunasan awal sih 2% dari pinjaman yg dilunasi. waktu itu nilai pinjaman gue gak gede cuma di kisaran 500 juta.
    Sekarang sih lagi berjalan. gue mutusin buat gak mau lunasin di awal karena usaha juga masih berjalan, kebutuhan operasional masih lumayan. tapi itu gue dikasihtau sama salesnya.
    Kalau mau tau lengkapnya sih liat aja di websitenya langsung

    20

    Topic: Membeli Rumah melalui KPR

    dindai wrote:
    sLesTa, oh, jadi ngga perlu dilunasin dulu ya?
    Pengen memperpendek tenor bukan karena ngerasa itu utang sih, tapi karena sebel bayar bunga nya :P

    21

    Topic: Membeli Rumah melalui KPR

    kalo KPR gini tuh yang harus jadi pertimbangan utama adalah DPnya ya. makin besar DP, cicilan jadi lebih bersahabat. 

    “When real people fall down in life, they get right back up and keep walking.”