1

Topic: Miscarriage

Bulan lalu curiga hamil anak kedua. Buru-buru nyobain testpack dan hasilnya positif. Kesenengan dan langsung menuju Obsgyn, hasilnya positif tapi berhubung umurnya masih kecil banget, 4 minggu, jadi disuruh dateng lagi 2 minggu kemudian. 2 minggu kemudian, obsgyn curiga janinnya tidak berkembang. Seminggu kemudian cari 2nd opinion dan confirm janinnya ngga berkembang dan musti 'dikeluarin'. Karena satu dan lain hal, pilihan jatuh ke 'pake obat' instead of 'dikuret'.

Ikhlas karena ini sudah digariskan Yang Diatas, tapi tetep sedih...
Ada yang pernah punya pengalaman sama? how to cope with miscarriage? gimana reaksi pasangan? apakah mempengaruhi kehamilan selanjutnya? please share...

metariza.com | mother of two |@metariza

2

Topic: Miscarriage

Hello,

salam kenal semuanya.. aku newbie, nih. seneng banget ada forum kayak begini :)
langsung aja, mau share pengalaman miscarriage beberapa waktu lalu.


Lebaran 2009, tanggal haid saya kelewat. seneng banget karena langsung curiga hamil, tapi nggak langsung test pack. sempet baca2 referensi sana-sini, katanya salah satu tanda kehamilan suka ada flek, menjelang waktunya haid. kasus saya, flek keluar justru setelah tanggal haid kelewat. setelah nge-flek terus 3hari, baru deh test pack dan hasilnya positif.


buru-buru ke obgyn, katanya waktu itu baru 4 minggu. USG transvaginal, keliatan kantung kehamilannya masih kecil banget. karena nge-flek terus saya diminta untuk bedrest 2 minggu, sambil nunggu usia kehamilan 8 minggu-an.


setelah bedrest total 2minggu, pas dicek lagi ternyata janin ngga ngembang (blighted ovum) dan disarankan buat kuretase. Oh ya, ternyata flek2 diawal kehamilan kemaren itu emang natural symptoms yg nunjukin kalo ada yg ngga beres sama kehamilan saya. supposedly bisa 'luruh' natural kaya haid biasa, tapi katanya sih dikuret lebih bersih supaya lebih kondusif buat nantikalo mau program lagi.


sama sih, waktu itu perasaannya sedih tapi ya diikhlasin aja.. dokter bilang miscarriage di kehamilan pertama ini angkanya cukup tinggi, sekitar 20% ibu2 hamil (apalagi hamil pertama) suka keguguran dulu. penyebabnya macem2, bisa kromosom yang dibawa sama sperma nggak sempurna (biasanya karena kualitas spermanya kurang bagus); ada infeksi TORCH pada ibu, atau usia ibu hamil yang terlalu tinggi (diatas 35 lebih beresiko). makanya untuk kehamilan selanjutnya, saya dan pasangan disarankan buat ngejalanin beberapa tes.


waktu diberitahu bahwa harus dikuret, reaksi pasangan agak diluar dugaan ya.. aku pikir dia lebih kuat dan bisa nenangin istrinya, tapi ternyata dia lebih sediiiih.. hehehe ngga nyangka aja, segitunya :p


apakah memengaruhi kehamilan selanjutnya? mudah2an sih nggak, ya. banyak literatur yang aku baca juga bilang begitu.. pengalaman beberapa sepupu juga ternyata setelah dikuret bisa hamil dan kehamilannya alhamdulillah baik2 aja..


yuk, yuk kita saling mendoakan ya Mbak.. :)

3

Topic: Miscarriage

metariza, imungimung - so sorry to hear about your miscarriages. it must be heartbreaking. be strong yaa.. tetep semangat terus untuk usaha..

imungimung iya memang hamil pertama itu rentan sekali kok faktor kegugurannya. gue pun sepertinya "keguguran" di bulan pertama setelah married. kok sepertinya? hehe..

jadi gini, gue itu nikah tanggal 1 juni. nah karena suami tinggal di spore, jadi abis nikah langsung nyusul. kebetulan gue juga minta transfer dari kantor untuk pindah ke branch di spore. gue baru mulai masuk di minggu ke-3 bulan juni. sebelom masuk kan perlu medical check up lagi tuh. jadi pas mau x-ray, ditanya.. "hamil gak?". berhubung emang belom jadwal gue mens, jadi gue bilang ya gue ga tau.. karena emang belom telat. tapi untuk make sure akhirnya gue minta tes kehamilan aja. dan ternyata positif! jadi gue ga perlu di x-ray.

tepat seminggu setelah itu, perut gue kram2 dan ga berapa lama keluar flek dan terus diikutin dengan darah segar selayaknya kalo lagi mens, dan juga ada clots nya. so i figured that means that gue keguguran. gue ga pernah sampe ngecek ke ob/gyn sih karena abis itu ya kayak gue lagi mens aja. jadi ga pernah sampe di kuret segala. the thing is gue sampe sekarang pun ga tau kalo gue emang keguguran ato sebenernya emang ga hamil.

yang pasti abis itu gue bulan depannya positif hamil lagi dan alhamdulillah selamat sampe lahiran.

so imungimung don't worry.. bisa langsung hamil lagi kok. adek ipar gue juga kejadiannya sama kayak elo tuh. abis dikuret, sebulan kemudian dia hamil lagi. sekarang udah deket delivery date nih..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Miscarriage

imungimung penyebabnya sama ya sama gw, BO. Yuk saling mendoakan semoga kita bisa cepet hamil lagi (kalo dikasih sama Yang Di Atas) dan berjalan lancar.
sLesTa jadi setelah 'keguguran' itu langsung hamil lagi bulan depannya ya? sempet dapet haid dulu ngga? thanks ya untuk sharingnya.

metariza.com | mother of two |@metariza

5

Topic: Miscarriage

metariza - ya itu pas gue bilang "keguguran" itu karena keluar darah seperti lagi mens biasa aja. dan karena gue ga cek ke dokter, gue ga tau deh itu beneran keguguran ato emang gue sebenernya ga hamil. soalnya menurut test kehamilan kan katanya hamil, tapi ya gue keluar mens walopun telat seminggu.

trus abis "mens" itu next month nya gue telat deh.. dan gak mens2 lagi sampe anak gue udah 9 bulan heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Miscarriage

Metareze & Imungimung :'( semangat yaaa program punya babynya.. dulu saya (di kehamilan minggu ke-2) pernah loh ada flek gitu. Tapi langsung disuruh bedrest ama dokter seminggu. Alhamdulillah sekarang babymini sehat. Btw, terus berusaha ya jeng ;)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

7

Topic: Miscarriage

Hey semua,

Saya juga pernah punya pengalaman keguguran, Januari awal tahun 2009. Tapi baru tau keguguran pas udah di dokter. Jadi waktu telat mens dikira memang karena kecapean aja. Sempat keluar flek, tapi saya kira itu mens, keluarnya juga ga banyak. Sampai kira-kira satu minggu perut saya tiba-tiba sakit banget, dan biasanya kalau mens saya ga pernah sakit. Dan keluar darah mens banyak banget sampai bergumpal-gumpal.
Saya masih kira itu karena bulan lalu ga mens. Saya minum ponstan untuk menghilangkan rasa sakit, dan besoknya sudah ga apa-apa, tapi darah keluar masih banyak.

Paginya, waktu pipis, saya menemukan gumpalan darah yang tidak bisa keluar dari lubang vagina, karena takut akhirnya saya ke dokter kandungan. Setelah cek darah, ketahuan kalau ternyata saya keguguran.

Perasaan saya waktu itu campuran sedih dan senang sih, karena waktu itu sudah nikah 5 tahun tapi belum hamil juga, jadi kita mikir kalau hamil mungkin harus pakai program bayi tabung atau inseminasi. Tapi kok tau-tau bisa hamil ga pake program apa-apa. Dokternya juga bilang,"Well the good news is, apparantly you can get pregnant on your own." Waktu itu saya ga pakai dikuret, ternyata sudah keluar dengan sendirinya, cuma di USG dalam sebulan kemudian di-cek sudah bersih atau belum, ternyata sudah bersih. Jadi kita lihat sisi positifnya aja.

Mama saya waktu itu bilang, biasanya kalau keguguran terus ga lama bisa hamil. Tapi saya sih ga percaya.
Tapi berdasarkan pengalaman itu saya jadi lebih hati-hati dengan perubahan badan, dan Alhamdullilah bulan Juni saya positif hamil. Sekarang sudah 32 minggu. Menurut perkiraan lahir pertengahan Februari 2010.

Jadi moms, tetap semangat ya...

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

8

Topic: Miscarriage

metariza, imungimung.. mengikut kata sLesTa, so sorry to hear about your miscarriages..

saya keguguran juga anak pertama, sakiiiiiit pas perdarahan... trus dikuret, saat masih tinggal jauhan sama suami dan keluarga.. yg nungguin di rumah sakit adalah "hanya" teman2 kost dan teman2 kuliah. alhamdulillah ngga sampai setahun kemudian hamil lagi, trus sekarang anaknya udah dua..

tetap semangat yaaaa...ada kisah nyata temanku yg keguguran sampai 5 kali, ada juga yg hamilnya udah 7 bulan trus meninggal dalam kandungan tapi sekarang sudah punya anak lagi, sehat.. :)

maaf bukan mau membuat ngeri, cuman mau menyemangati.. semoga yg terbaik untuk kalian yaaaa.. inshaAllah soon akan hamil lagi, sehat.. :)

9

Topic: Miscarriage

hei smua...
sya jg mo share pengalaman keguguran setaon yg lalu..
waktu itu udh positif,cm ya itu selama 1 bln setelah telat mens flek2 trs..bahkan udh sempet bedrest selama 2 minggu tetep aja kluar flek2..pas di USG ma DSOGku ternyata janinnya ga berkembang..trus beliau minta kembali 2 minggu lg & beliau jg bilang klo 2 minggu lg tetep ga berkembang terpaksa harus 'dibuat' mens alias digugurin..ya udah waktu itu ya kecewa & sedih krn waktu itu saya udah merit 2 thn & baru itu bisa hamil..tp abis merenung & dikuatin ma suami ya akhirnya pasrah, krn mgkn emang belon di kasih rezeki ma Alloh..ternyata seminggu stelah priksa, si janin kluar sendri..kaya rraisha bilang rasanya sakiiiit banget..cm klo saya ga dikuret & hanya diberi obat spy bersih...
nah kejadiannya kan setaon yg lalu, cm smp sekarang sya blm berhasil hamil lgi...tp sya tetep yakin klo Alloh pasti akan memberi rizkinya pada saat yg tepat...
Smoga juga saya ikut ketularan temans yg pernah keguguran, tp berhasil hamil...mohon doa ya...:) Amiiiiiin.....

10

Topic: Miscarriage

Nyun, so sorry to hear that... semoga ketularan temennya dan berhasil hamil ya... amiiin.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Miscarriage

Dear Moms,

tanda2 awal keguguran itu apa aja sih? apakah lgs keluar flek atau ada sakit2 perutnya dulu?
please share ya, atau ada tanda2 awal yg bisa bikin kita alert kalau ada indikasi keguguran

12

Topic: Miscarriage

mau ikutan sharing ya.....dulu sekitar bulan sept 2006 setelah bbrp waktu "telat" (meskipun ga begitu teratur siklusnya), iseng2 test pack dan ternyata positif. senang banget pastinya...soalnya sempat rada susah hamil juga krn hasil pemeriksaan dokter kalau posisi rahimku terbalik, jadi perlu usaha extra supaya bisa hamil. sempat periksa ke dokter dan udah keliatan kantong janinnya, tapi masih kecil banget, masih sekitar 4-5 minggu. sebenernya ga ada keluhan apa2, ga ngidam atau mual2....masih baik2 aja. nah, kebetulan waktu itu baru keterima kerja di salah satu LSM international yg agak "garis keras", dan kerjaannya demo mulu...meskipun saya bukan salah satu yg terjun langsung pas demo, tapi tetap harus ada di TKP. pas salah satu demo itu, ga sengaja saya jatuh.....setelahnya sih ga ada keluhan apa2, jatuhnya juga ga heboh kok. 2 hari kemudian mulai ada flek2, mulai deh parno.......langsung ke dokter, diperiksa masih ada kantong janinnya, tapi disaranin total bedrest dan dikasi penguat kandungan. mulai deh total bedrest, asli ngga ngapa2in kecuali ke toilet. tapi mungkin memang Allah berkehendak lain, brp hari kemudian, perut rasanya mulessss banget dan mulai keluar darah dikit....lgs telp dokter dan disuruh ke rmh sakit utk periksa. pas di rmh sakit dicoba periksa masih ngga jelas hasil USGnya, tapi dibolehin pulang tapi lanjut bedrest, diperkirakan blighted ovum juga. seminggu kemudian setelah darah yg keluar ngga ada lagi, ke dokter lagi, dan coba diUSG tapi udah ga ada kantong janinnya, dicoba test pack juga negatif. sedih banget pastinya.....dan masih ngga ketauan apakah gugurnya gara2 jatuh atau krn BO. pas diperiksa udah bersih, jadi ga perlu dikuret. dokternya cuma nyaranin diikhlasin aja , dan jangan dibawa stress.
waktu itu sih rasanya sediiiihhhh banget....dan nyesel juga, kenapa harus ikutan demo lah, dan sejuta "what if" lainnya..tapi akhirnya bisa ikhlas juga, yakin kalo pasti ada hikmahnya, mungkin belum waktunya aja. dan bener lho, setelah ga terlalu dipikirin dan stress, ga nyampe 3 bulan kemudian hamil lagi, dan alhamdulillah sehat, sekarang Diba udah 27 bulan. tapi, begitu tau hamil lagi, langsung deh resign dari si LSM itu heheheh
so..buat all moms yg pernah keguguran, my prayers are with you....and don't give up hope ya....

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

13

Topic: Miscarriage

@thalia: thanks for your sympathy..and Amiiiiin :)

@bundadiba: moga2 sya jg cepet nyusul ya...thanks doa'nya...Amiiin
mgkn krn 'agak' dipikirin jadinya kepikiran trus ya..jd skrg hrus ga'terlalu' mikirin, biar ga tll stress :)..salam manis buat Diba ya..

@keekee:
klo pengalaman saya dulu sblm keguguran ya kluar flek2 dulu, tp emng dr awal positif smp akhirnya 'luruh', sya sll flek2..
biasanya klo pas hamil trus flek2, itu jd kaya alert klo kandungan kita kemungkinan ada indikasi 'ga beres'..temen sya ada yg pas hamil flek2 eh trnyata hamil diluar kandungan.
Trus ada lagi yg flek2 slama 3 bulan trnyata ada 2 placenta di dlm kandungannya..ada jg flek2 krn placenta previa..tp klo cntoh 2 kasus ini alhamdullilah si janin bisa selamat...
tp blm tentu jga klo flek2 mrp indikasi 'ga beres', krn ada sebagian moms yg mengalami flek2 di awal kehamilan krn disebabkan proses penempelan janin di dlm kandungan, cm klo yg ini ga tll lama, mgkn skitar 3-5 hari saja..
jd menurut pngalaman sya, klo pas hamil trus flek2, cepet2 dibawa ke DSOG spy cepet ketauan masalahnya & bisa lgsg ada solusi dan diberi obat 'pengaman'..
itu smua berdasarkan yg saya ketahui ya...and hope it helps... :)
yuuks klo ada yg mo share & nambahin, smga bsa nambah ilmu :)

14

Topic: Miscarriage

nyanya wrote:
Metareze & Imungimung Btw, terus berusaha ya jeng ;)


salam kenal ya, Ing's wife :) makasih doanya..
hihi, kita belum pernah ketemu, tapi aku kenal suamimu.
Salam ya buat Iing,udah lama bgt ga ketemu dia...
minta WDZG! bikin produk anak2 dong, Jeng ;p

15

Topic: Miscarriage

imungimung, waaaaa..ternyata temennya ing ya? Hihihi..udah ta' salamin.Hehehe.Katanya kapan main ke Bdg? Sori mamas mod OOT :p Oiya,kabar2in di sini ya kalo udah 'ngisi' lagi :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

16

Topic: Miscarriage

intandian udah bulan februari ni...gimana kabarnya? si baby udah lahir? semoga lancar dan sehat-sehat yaa

rrraisha makasih ya, serem juga denger cerita yang sampe keguguran 5 kali...

bundadiba baca cerita demonya bikin deg-degan…alhamdulillah sekarang ada Diba yang lucu dan sehat-sehat. Btw kangen ikutan demo ga?

nyun so sorry for your loss too :( semoga tetep semangat dan ketularan hamil lagi ya

Sekalian jawab Nyanya yang sebentar lagi mau melahirkan :), gw punya kabar baik. Sekarang gw udah hamil lagi, jalan 8 minggu. Taunya hamil 3 minggu lalu karena udah ‘telat’ seminggu…tapi mengingat habis keguguran bulan November lalu, jadi ngga terlalu heboh rasanya karena lebih didominasi perasaan takut keulang lagi. Baru agak lega setelah konsultasi lagi ke dokter minggu lalu dan udah ada detak jantungnya. Still long way to go sih tapi sekarang berusaha untuk lebih rileks dan ngga parno…mohon doanya ya semoga kehamilan gw lancar dan untuk temen-temen yang ngalamin miscarriage semoga cepet dikasih rejeki hamil lagi.

metariza.com | mother of two |@metariza

17

Topic: Miscarriage

Meta, iyaaaa gue ikut seneng dengernya. Hihiiiy senang tak terkira pastinya,dijaga ya,Met..mudah2an sehat dan lancar. Amin. Ah pokonya gue turut hepiiii ;)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

18

Topic: Miscarriage

Nyanya makasih yaa :D it means a lot. Babymini juga sehat-sehat yaaa...

metariza.com | mother of two |@metariza

19

Topic: Miscarriage

hi...
baru ikutan di urbanmama...
salam kenal ya semuanya...

mau share aja, kebetulan november tahun lalu aku juga ngalamin :(
pertama kali check ke obgyn pas 4 minggu...baik-baik aja. lalu...2 minggu kemudian cek lagi ternyata janinnya gak berkembang. harusnya udah ada detaknya...tapi dokternya bilang ini gak ada detaknya sama sekali.

pas dikasih tahu begitu...rasanya bingung.aku dan suami speechless luar biasa. apalagi memang lagi pgn bgt nambah anak lagi. lalu dokternya minta supaya cepat dibersihin/kuret. tapi supaya nggak "maksa" aku dikasih obat dulu. jadi sehari sebelum operasi dikasih obat dan hasilnya mules2 dan keluar flek kayak mau mens.

tadinya sempet takut kalo dikuret nanti mensnya jd lama atau ada yg aneh2. Alhamdulillah tuh...sebulan setelah dikuret, haidnya kembali lancar.sampai sekarang selalu jadi sangat deg2kan kalo haidnya datang telat.

Mudah2an semua yg ngalamin bisa cepat "sukses" ya. Sama-sama mendoakan. Amin :)

20

Topic: Miscarriage

Nyun - turut prihatin atas 'kegugurannya', tetap berusaha dan berdoa.

Sharing juga ya, bicara mengenai keguguran kejadian ini baru dialami kakak sepupu saya seminggu lalu. Niat hati mo kontrol rutin ke spog (sebulan skali) ternyata hasilnya janinnya sdh meninggal. Hasil USg terlihat kepala janinnya sdh lonjong. Dan telah meninggal pas janin 16w atau sdh meninggal skt 3w dikandungan. Setelah minta 2nd opini dr spog saya dan hasilnya sama, hrs dikuret segera. Padahal sepupu saya itu gak mersakan tanda apapun sebelumnya, flek, jatuh, sakit perut, atau yg lain gak samaskali loh. Pdahal kehamilannya sgt ditunggu2 ma dia yg tlah menikah 2thn.

kbetulan sy yang nungguin slama dikuret di rs (suami tugas di Gorontalo dan sepupu sy sdg sekolah pasca di bgr), janinnya sdhtidak terbentuk krn sdh hancur. Penyebab keguguran jg blm dketahui, msh menunggu hasil Lab yg keluar hari ini.

Semoga teman2 yg pnh mengalami keguguran tetap berusaha dan cepat hamil lagi :)

21

Topic: Miscarriage

turut prihatin sama kakak sepupumu ya BundanyaLana
mudah2an nanti cepat bisa hamil lagi..

jd inget...pas kemarin aku keguguran juga sama tuh...gak ada flek, gak jatuh, gak kecapean, gak ada apa-apa. makanya bingung banget pas dibilang janinnya gak berkembang. kata dokter (Dr.Achmad Mediana) dibawah 14 minggu itu masih seleksi alam. lalu hasil lab bilang ada pembekuan/pengentalah? darah.

22

Topic: Miscarriage

Makasih mommagits. Klo sepupu saya ternyata kena toxoplasma jd hrs diterapi.

23

Topic: Miscarriage

metariza & bundanyaLana: thanks ya doanya...Insya Alloh semakin banyak yg kasih doa, semakin cepet dikabulkan..
Ya Alloh..sampe merinding baca pengalaman sepupunya

bundanyaLana..pdhl udah 16w..so sorry to hear that..speechless..
smoga sepupunya diberi kesabaran...amiiiin....

24

Topic: Miscarriage

mommagits berarti waktu keguguran itu kita waktunya hampir samaan ya...ternyata dokternya pun sama Dr. Achmad Mediana. Sekarang aku ganti dokter, bukannya apa-apa tapi klo sampe kejadian lagi (mudah-mudahan ngga ya), aku kayanya ga sanggup dijelasin sama orang yang sama, dengan tatapan kasihan yang sama.
Semoga cepet isi lagi ya...oya ke dokter achmadnya di KMC atau prakteknya di rumah?

metariza.com | mother of two |@metariza

25

Topic: Miscarriage

Mamas..mau sharing ya.Beberapa minggu yg lalu,tetangga ada yg hamil 8 bln baru ketauan babynya kena hydrocephalus. Akhirnya dioprasi,sempet 5jam bertahan udah gitu si baby meninggal. Sedih bgt.. Yg gue ga abis pikir ko bisa ya baru ketauan pas bulan ke-8. Akhirnya gue nanya obgyn gue,menurut beliau itu harusnya udah kedeteksi dr umur janin 3bulan..dan biasanya kita diberi pilihan ama dokter,mau digugurin atau tetep dikandung. Gue ga kebayang deh,kalo gue yg dihadapin ama pilihan itu. Sekarang tetangga gue itu jd trauma..baik ama dokter,rmh sakit dan kehamilannya. Pengen bgt ngasih support,tp dgn keadaan gue yg hamil ko gue ragu2 ya..takut dia tambah sedih ngeliat gue yg sedang hamil,takut ngingetin dia dgn babynya jg. Duh,dilemma! Btw,semoga semua mamas yg pernah mengalami 'kehilangan' bayinya diberi ketabahan+semangat baru ya *group hugs*

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva