1

Topic: Breastfeeding A Toddler

rani wow, noe sampe gede juga ya nyusunyaa.. gue juga mikir kalo naia bakalan gak mau brenti nenen sampe di atas 2 tahun loh. jadi udah pasrah aja gitu walopun gue sering bilang kalo mau bobo, kalo naia udah gede, bla bla bla.. ceritanya hypnoparenting lah.

eh taunya tepat sebelom dia umur 2thn (kira2 2mggu sebelom) setelah nenen tapi ga tidur2.. gue akhirnya tanya, naia mau susu (wholemilk) aja gak? eh dia mau. abis minum segelas, dia langsung tidur. waaahh gue takjub. ya udah, gue biarin aja. kalo dia minta gue sih ga masalah ngasih, tapi tentunya pake pesan sponsor dulu dan bilang.. "susu mama abis nih.. " trus akhirnya ya udah brenti aja gituu..

antara seneng dan sedih waktu itu. seneng karena naia bisa nyapih sendiri, tapi sedih udah ga nenenin lagi :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Breastfeeding A Toddler

menginjak 2 tahun, pas juli kemaren, somehow bhumy kebutuhan nenennya kaya berkurang. purely because he needs comfort dan lagi kangen aja, terutama klo aku baru pulang kantor.

sedang dilema antara menyapih atau tidak. bwahahahahhaha. saya sedang membaca tanda2 dari anak saya saja dulu:P

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

3

Topic: Breastfeeding A Toddler

sisca:

sepakat sama otty , kayanya suplemen zat besi memang mending dari makanan. anakku udah dua kali dikasih vitamin yg ada zat besi karena anemia n masalah daya tahan tubuh itu, tapi pencernaanya jadi bermasalah. so aku rajin2 masukin bayam dan sayur2an lainnya aja yg mengandung besi dalam makanannya.

anakku juga punya masalah dengan susah banget naek BBnya. sekarang aja baru nyaris 11 kilo. tapi tingginya naek truz :P

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

4

Topic: Breastfeeding A Toddler

astrid, otty
tengkyuuu buu.. maap br nyamber. Waktu itu emg memutuskan ngasi suplemen zat besi karna bocah GTM berat... aku udah mewek aja karna masakin dia rupa2 jg ga ada yg masuk mulutnya. Karna dia udah terdeteksi anemia pas umur 2 dan 6 bln, jd ngeri aja klo GTMnya di usia 11bln itu memperparah anemianya. Beruntungnya lg Soren ga ada gangguan pencernaan setelah diberi suplemen. Dia itu masalahnya cuma pucat aja, hehe.. lagipula, begitu dia mau mam, suplemennya stop kok.

sekarang napsu makan udah ok, ga pake susu pertumbuhan, ga pucat lagi.
cuman keknya aku deh yg tetep kudu minum suplemen... supaya kualitas ASI tetep oke.

5

Topic: Breastfeeding A Toddler

arieblabs wrote:
.. aku dapet pas baca2 dan seminar2,,breastfeed your toddler is totally alright,,gada masalah dengan isu kemandirian,,di atas 2 tahun memang makanan cair kyk ASI udah bukan utama, tapi ASI sendiri masih bisa mengcover 95% kebutuhan vit. C anak (yg mungking membantu daya tahan tubuh),,makanya DSAnya kasih saran kayak gitu (eniwei,,ini DSA langka ya,,pro ASI sekali,,i wish i live in Yogya :))


Awalnya kami memang sudah bertekad bulat menyapih ilyasa di usia 2 tahun karena alasan kemandirian ini, tapi ternyata ga berkaitan ya..arieblabs, tfs. Jujur, sebagai mama memang kadang aku takut anakku jadi anak yang ga mandiri, apalagi dia kan anak laki-laki, besok jadi kepala keluarga.

Mau sharing saja pengalaman menyapih ilyasa yang gagal total selama sebulan kemarin..Akhirnya ya breasfeedingnya kuteruskan saja, mudah2an seperti pengalaman thelilsoldier, Ilyasa mau berhenti sendiri nenen-nya di usia kurang dari 3 tahun.

Well, sejak usia ilyasa usia 20 bulan, aku dan papanya sudah mulai hypnoparenting supaya dia mau disapih di usianya yang ke-2 tahun. Dan memang sempat lumayan bekerja, kalau mau tidur malam ga harus dengan nenen mamanya. Tapi mendekati umur 2 tahun malah macet. Ditambah lagi di umurnya yang ke-2 tahun, PDku lecet karena digigit2 dia, akhirnya makin membulatkan tekadku & papanya untuk menyapih dia.

Tapi oh tapi, sejak permintaan nenen-nya sering kutolak, dia jadi sering banget tantrum. Nangis jejeritan sampai guling2 di kasur. Padahal sebelumnya dia termasuk anak yang manis. Awalnya kupikir biasa karena di umur 2 tahun kan memang masa2nya anak sering mengalami tantrum. Tapi OMG, hampir tiap hari dia begini, kadang sehari bisa 3x macam minum obat saja :(. Memang sih kami selama ini cuma memakai metoda hypnoparenting dan metoda pengalihan perhatian (kalau mau minta nenen dialihkan dengan ditawari susu), soalnya mau mencoba mengolesi PD dengan 'sesuatu' kok rasanya kurang sreg saja.

2 minggu gagal menyapih, akhirnya kami putuskan untuk rehat seminggu. Dan setelah seminggu rehat, kami coba lagi menyapihnya seminggu lagi. jadi selama sebulan kemarin kami berusaha menyapih dia. Dan kuamati sebulan kemarin itu, entah karena sering tantrum atau dia kesel sama orangtuanya karena belum mau disapih, dia jadi pendiam dan ga ada kemajuan di dalam hal penambahan kosakatanya. Oya, fyi, aku memang lagi concern ngajarin dia ngomong karena dia baru mulai banyak bertambah kosakatanya di umur 22 bulan. Dan karena hal ini kami sempat konsultasi ke dokter ilyasa, dan oleh dokternya dirujuk ke dokter Bambang di RS Pertamina Balikpapan yang lebih ahli dalam masalah psikologi anak dan speech delay. Oya, menurut dokterku, dokter Bambang ini juga ahli dalam hal deteksi autisme.

Entah mengapa waktu surat rujukan sudah di tangan, aku malah merenung mencari2 penyebab kenapa ilyasa sering banget tantrum dan mogok bicara sebulan belakangan ini. Dan aku merasa mungkin kami yang terlalu keras ke dia. Akhirnya aku bilang ke suamiku, bagaimana kalau kita observasi saja dulu sebelum ke konsul ke dr Bambang di RSPB. Dan alhamdulillah hipotesisku tidak salah. Sejak kemauannya untuk nenen ngga pernah kutolak lagi, ilyasa ga pernah lagi tantrum yang sampai nangis jejeritan/guling2 di kasur. Dan yang lebih menggembirakan, alhamdulillah, kemampuan bicaranya juga terus meningkat.

Jadi akhirnya memang untuk beberapa waktu breasfeedingnya mau kuteruskan dulu, sambil diajak komunikasi supaya akhirnya dia mau menyapih dirinya sendiri. Semoga sih ngga sampai dia umur 3 tahun :).

6

Topic: Breastfeeding A Toddler

eka.. nyusu sampe gede...wakakaka betul..betull..betul...setuju
Aq juga pengennya menyapih anakku dengan damai, karena dimulai dengan damai juga. Umur 2 tahun itukan cuma ancer-ancer aja (halah istilah ndeso), kalo lebih dari itu nggak masalah menurutku.

My World is My Family

7

Topic: Breastfeeding A Toddler

bhumy (2,5 tahun sekarang) sempet mogok nenen dua bulan yang lalu. tapi cuma bertahan seminggu, itu karena dia sempet kena sariawan. eh tapi akhirnya minta lagi. hahaha. sekarang sih kalo siang udah jarang, biasanya malem aja pas mo tidur ato pas ngigo2 itu nyari aku di sampingnya. frekuensinya dah bisa dibilang jarang karena memang kaya untuk kangen2nan dia aja:)

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

8

Topic: Breastfeeding A Toddler

wah pengalamannya pada seru banget yah.. thx astridreza for the topic :) smg pas beneran udh lepas nenen smua damai sejahtera yak :D

sejujurnya sama kaya otty gw juga aga gimanaaa gt kl liat toddler (besar) nenen ke ibunya, sempet mikir kl anak gw udah lari kesana kemari kynya udh harus dsapih deh (hanya siap menyusui baby) tapiii stlh punya anak sendiri kynya berat banget mikirin umur 2 thn kudu menyapih.. bener deh nih slesta emng ibunya juga ada rasa beraaaat bgt.

Akila baru umur 12m sih, lg mikir apa hrs mulai mikirin plan hypno-menyapih cepat atau biarin self weaning aja..tapi eh tapi kayanya setelah baca thread ini (dan krn puting masi aman hihi) gw kynya mau go with the flow aja. Meyakinkan diri kl ada yang komen2 dan mendorong gw menyapih cepat. Extra effort menyapih selain gw rada males marah2an (emak rada kurang sabar inih) takut bikin trauma dan kesedihan di anak ya, apalagi stlh baca cerita indriani kebayang bgt itu bs kejadian di Akila. Setuju ama eka mereka ga mungkin nenen selamanya hahaha..one day pasti lepas yak? amiin.

Eh iya, terharu banget baca cerita bundadiba yang bagian Diba bilang "Nooo, enak sekaliiii!" aduuuh kl Akila bs ngomong kynya dia juga bilang gitu deh dr raut mukanya kl abis nenen hihihi..

Semoga bisa sapih tanpa 'drama' deh.. dan fingers crossed itu terjadi ga terlalu jauh dr 24 bln :D Rencana gw mungkin kl udh menjelang 24m dan Akila sehat2 aja mngkn gw akan mulai rada 'kalem' kl makan, biar ASI-nya ngga lezat2 amat (duile pede bener gw) supaya kl dibilangin "susunya abis nak" dia ga marah2 amat. tentu saja ini teori ngasal hihihi :D

TFS mamas :)

9

Topic: Breastfeeding A Toddler

lei wrote:

Semoga bisa sapih tanpa 'drama' deh.. dan fingers crossed itu terjadi ga terlalu jauh dr 24 bln :D Rencana gw mungkin kl udh menjelang 24m dan Akila sehat2 aja mngkn gw akan mulai rada 'kalem' kl makan, biar ASI-nya ngga lezat2 amat (duile pede bener gw) supaya kl dibilangin "susunya abis nak" dia ga marah2 amat. tentu saja ini teori ngasal hihihi :D TFS mamas :)


Salut untuk mamas yang masih bisa meneruskan breasfeeding toddler-nya. Soalnya memang ga gampang lho nyusuin anak yang giginya sudah banyak. Kalau digigit2 rasanya aduhaiiiiiii. Setuju banget dengan peribahasa kasih ibu sepanjang jalan.

lei, iya setuju banget jangan sampai bikin anak trauma, sedih, dan merasa tidak disayangi seperti pengalamanku itu. Dan akhirnya, alhamdulillah, tidak menyangka bakal secepat ini setelah aku menulis di thread ini, aku bisa menyapih ilyasa dengan damai, salah satunya dengan kalimat andalanku "susunya abis nak", tapi ga cuma dengan kata-kata, aku kasih bukti ke dia. Oya ceritanya aku share disini. Semoga nanti Akila bisa disapih dengan damai ya :)

10

Topic: Breastfeeding A Toddler

daritadi nyari2 thread ini ..

mamas, lagi merasa sangat bersalah nih ...
sebenernya pengen banget menyusui Asa sampe 2 tahun. anaknya juga nampak masih sangat2 menikmati nenen-nya. walo abis minum susu sebotol pun dia masi nyari2 nenen. n nenennya luama ...
tapi aku mulai g menikmati :(
asli perih bgt kegesek gigi2nya, apalagi klo dia nenen lama bgt gt. kadang sambil tiduran kasih nenen sambil gigit2 bantal nahan perih. entah pengaruh ASInya udah g terlalu banyak juga kali ya ...
udah gak mompa lagi jd g tw produksinya berapa banyak. tapi klo ML gt masih suka keluar.
kata suami, mungkin Asa lagi berusaha biar produksi nenennya banyak lagi, jadi dy nempel terus.
tapi sakittt .. mamas .. :(, skrg aja kerasa bgt nipple-nya perih. lebih sakit dari waktu pertama menyusui ..
dan takutnya karna kecanduan nenen itu jg Asa makannya g terlalu banyak. sering bgt makan tuh sambil nenen, jadi sesuap nenen lagi, paksa lepas, suapin lagi ... gt terus.
dilema bgt antara mo sapih ato g ...
sebenernya belum rela. tapi tiap ngerasain sakitnya lgsg kepikiran mo sapih aja.

gmana menurut mamas sekalian, perlu sapih ato g ya ...
klo g, gmana biar kami sama2 menikmati prosesi nenen nan sakral dan sebenernya bikin kecanduan ini ...

less ego, more heart

11

Topic: Breastfeeding A Toddler

lei - honestly, gw skrg suka kangen lho ama ekspresi Diba yg bilang "no" itu hehehhe....alhamdulillah Diba berhasil disapih (weaning with love) pas ultahnya yg ke3 kmrn, proses sapihnya sendiri 1thn, tp emang gw ga pengen maksa, dan yakin suatu saat dia akan berhenti sendiri, jadi nikmatin aja waktu2 itu.
Skrg suka gw godain sih, misalnya:
Bunda: Diba ga pengen "commi" (istilahnya dia utk nyusu)?
Diba: Ngga mau, Diba kan sudah besar.....kakiku sudah panjang!
Bunda: Diba ga rindu (dia entah kenapa dia ga suka bilang kangen) sama "commi"nya?
Diba: rinduuuuuu sekali (nah emaknya mulai berkaca2 deh)...."commi"nya Bunda enakkkkkk sekali!
Bunda: Diba mau "commi" lagi?
Diba: tidak bunda, Diba puca2 (istilah dia untuk usap2) aja ya kalo rindu

so sweet ya Diba hehehehe

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

12

Topic: Breastfeeding A Toddler

@bundadiba: aaah diba so sweet bangeeett
Mau sharing jg ni, naldi skrg udh jalan 25m 2w tapi msh blm brenti nenen. 2 minggu lalu sempet brenti nenen seminggu krn kena HFMD. Malah selama seminggu itu kasian bgt liat naldi, dia pengen nenen tp krn mulutnya sakit jd nenennya cuman ditempelin aja ke mukanya. Bapaknya udh seneng, krn dikira bakal self weaning, taunya abis sembuh balik lagi minta jatah. Sejak naldi 24m aq udh ga pernah pumping lg di kantor tapi kalo malem naldi masih minta jatah. Krn seminggu itu naldi ga bisa nenen, krn PD sakit bgt terpaksalah dipompa ternyata hasilnya masih lumayan ada sekitar 200ml. Skrg sih naldi slalu bilang "udh 2 taun ya mah", tapi kalo ditanya "kalo gitu ga nenen ya?", pasti naldi geleng2. Sebenernya mungkin aqnya yg blm siap, takut menghadapi drama yg bakal terjadi dan terus terang itu jd senjata utama kalo pas sakit. Ngerasa ASI sbg air ajaib aja, jd proses penyembuhannya bisa cepet. Kayanya yg hrs disiapkan mental mamanya dulu ni huhuhhuuhuhu......

naldi's mama, abank's wife and an employee

13

Topic: Breastfeeding A Toddler

Sidta wrote:


dan takutnya karna kecanduan nenen itu jg Asa makannya g terlalu banyak. sering bgt makan tuh sambil nenen, jadi sesuap nenen lagi, paksa lepas, suapin lagi ... gt terus.
dilema bgt antara mo sapih ato g ...
sebenernya belum rela. tapi tiap ngerasain sakitnya lgsg kepikiran mo sapih aja.

gmana menurut mamas sekalian, perlu sapih ato g ya ...
klo g, gmana biar kami sama2 menikmati prosesi nenen nan sakral dan sebenernya bikin kecanduan ini ...


Sidta, itu makan malam ya yang disambil nenen? :)

Memang salah satu yang bikin breasfeeding toddler itu butuh perjuangan lebih ya karena :
[list=*]
  • nenennya lama, karena ga cuma nenen, tp ngempeng sampai ketiduran, bikin mamanya capek badan dan hati (apalagi kalau mamanya lagi buru2)[/*]
  • suka gigitin terutama waktu lagi mau tumbuh gigi, tambahan lagi giginya sudah banyaakkkk, jadi sakitnya ya bener2 aduhai[/*]


    Dihitung2 sejak Ilyasa usia setahun, PDku sempat lecet parah 2x, padahal sejak ilyasa setahun, hanya 1 PD yang beroperasi, yang satunya dianggurin karena kwantitasnya yang sudah sedikit sekali sehingga tiap kusodorin ilyasa seringnya ga mau. Jadi ya mau ga mau, lecet ga lecet tetep dikasihkan daripada dia nangis heboh ga bisa tidur. Bahkan waktu umurnya menjelang 2 tahun, aku pernah demam krn PDku lecet digigit2 Ilyasa.

    Tapi dari awal menyusui dulu, niatku memang mau menyusui sampai ilyasa usia 2 tahun, jadi ya kutahan2in lah, soalnya aku merasa memang sudah hak anakku untuk mendapatkan ASIku selama 2 tahun, dan aku merasa ini sudah menjadi kewajibanku juga karena kondisiku juga tidak sedang hamil/sakit. Dan beneran lho, rasanya lega banget ketika akhirnya aku berhasil menyapih dia dengan love and peace waktu usianya sudah lewat dari 2 tahun. Lega karena aku telah menunaikan kewajibanku sekaligus juga lega telah memenuhi haknya anakku.

    Tapi kalau memang Sidta sudah pingin menyapih, pelan2 konsumsi ASInya mulai dikurangi sambil anak mulai dikenalkan hypnoparenting. Menyapih banyak caranya, yang penting anak jangan sampai trauma

    Tentang nafsu makan & minum susu yang meningkat pada anak setelah disapih, memang menurutku benar. Ilyasa juga skrg minum susunya juga jadi tambah kuat, ga usah dibujuk2 lagi kaya dulu. Kalau makan, dia sekarang sudah mulai mau ngemil, dulu waktu masih ASI ga mau ngemil sama sekali. Kalau makan besar sih masih sama krn kebetulan dari dulu memang dia makannya gampang.

  • 14

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    Minta saran dong mama...
    Udah beberapa minggu ini kayla (14M) kalo nenen lamaaa bgt bahkan kalo g dilepas paksa dia g mau ngelepasin, walopun ud ketiduran. Pas dilepas paksapun, yi dengan cara aku masukin telunjukku ke mulutnya kadang g terima trus bangun, nangis n minta nenen lagi. Dan pas dilepas paksa itu jg mulutnya rapet bgt, walopun g pernah gigit tp susah bgt buat masukin telunjukku ke mulutnya...Trus begitu bs masuk ntar kenceng2an ma dia, sekali lg g digigit tp lidahnya dg sangat kuat mencengkeram puting, jdinya putingku sakit n berasa panjang gt (maap kalo kata2nya kurang pas ya hehehe)
    Ada saran g aku harus gmn ngadepin kayla? Karena dia nenen gt kalo lg sambil bobok, jd g bs diblangin...kalo melek siy dengan sukarela dia lepasin kalo nenennya udahan....

    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang

    15

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    Mbak Indri, iya .. :D kapanpun mamah-nya di rumah pastilah nenennn aja kerjaannya.
    betul2, aku ngiranya semakin Asa besar urusan per-ASI an ini makin gampang. ternyataa ...
    karna Asa nenen tuh lama bgt, kanan-kiri-kanan gantian. jadilah lecet 22-nya. dan anaknya udah bisa 'nyerang', gimana caranya biar bajunya kebuka ... lengkingan tangisnya juga lebih menyayat2 dari pas jaman bayi dulu :(
    iya sempet demam tinggi n radang juga gara2 lecet PD-nya ...

    tapi ASI kn masih hak dia ya. masih 7 bulan lagi 2 tahunnya. ini sebenernya lagi proses slow weaning tapi kok nampak makin nyandu nenen.
    sejujurnya aku juga masih pengen lanjut ...

    makasih ya, mbak. ini kemaren beneran curhat disini jadinya .. :P
    sekarang otaknya udah kembali ketempat yg benar. emang ya, menyusui itu g gampang, tapi pahalanya gedee .. (ingetin diri sendiri ..)


    mrs. Tody, Asa juga gitu kok. jadinya urusan rumah tambah banyak aja yg keteteran, karna waktunya tersisa untuk nenen. dan karna aku ketiduran juga pas kasi nenen itu saking lamanya :D
    solusinya ? entahlah, ni jg lagi curhat .. hihi g bantu ya ...

    less ego, more heart

    16

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    *ikutan menyimak dengan tekun thread ini.. :D
    Mengingat pengalaman aku waktu bayi yg susah banget disapihnya.. :p

    To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

    17

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    Sidta...gpp paling g aku g sendirian...rupanya dirimu mengalami jg ya...huhuhu...

    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang

    18

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    Citra, hihi .. sama ... susah disapih. aku 2,5 tahun, adekku sampe masuk TK :D. ibuku kuat banget yah bisa nyusuin selama itu ...
    mrs. Tody, iya .. senasib nih kita ... seneng jg ada temennya ..

    less ego, more heart

    19

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    @mrs tody: jangankan kayla yg baru 14mos, lah naldi udh mau 26mos jg gitu ri. Malah kalo naldi udah sempet keluar setengah tu puting, lsg diisep lagi ama dia trus dicengkram pake lidah. Krn setiap bobo malem emang kebiasaan diiringin dgn nenen sampe bobo. Selama ini sih palingan ya ditunggu ampe lepas sendiri, atau mamanya yg ketiduran jd ga nyadar udh lepas hehehehe.

    naldi's mama, abank's wife and an employee

    20

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    trias.kelly...senangnya ada banyak temen yg ngalamin jg....Tp sumpah sakit banget nget nget putingnya kalo diolor2 gt....

    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang

    21

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    mrs. Tody, pernah waktu nenen, tiba2 Asa gigit kencengg bgt sampe aku teriak2 sambil nangis, gak dilepasin juga ! trus aku coba masukin jari ke mulutnya, maksudnya biar ganti ngenyot jariku. entah gimana akhirnya yg kegigit malah bibirnya Asa, sampe luka. abis itu mamah n anak 22-nya mewek .. :(
    tinggal ayahnya yg bingung ngedieminnya ...

    less ego, more heart

    22

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    sidta...sama waktu itu aku jg pernah nangis krn puting lg lecet trus kayla g mau ngelepasin, rasanya sakiiit bgt...Trus sambil nangis aku bilang udahan ya kayla mama sakit bgt...ud dulu ya....eh trus dia ngelepasin puting tp sambil nangis2 gt...huhuhu

    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang

    23

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    @mrs tody, sidta: wah soal puting lecet mah udh biasa bgt ni skrg, apalagi naldi jg tiap bobo malem nenen sambil mentil alias tangan yg 1-nya megangin puting. Yg 1 luka krn kena gigi, yg 1 kulitnya kelupas2 gitu krn dipelintir2. Sering bgt ada bekas gigi di seputaran aerola, huhuhuhu nasiibbb....Trus mana skrg senjatanya naldi tiap kali dia kejeduk apa yg sakit lsg nagih minta nenen.

    naldi's mama, abank's wife and an employee

    24

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    trias kelly, aku sempet seharian g pake bra, saking sakit bgt lecetnya kegesek kain, padahal udah pake bra yg alus. itu lagi ngantor :P ...
    untungnya ketutupan jilbab jd g kliatan bgt ...

    less ego, more heart

    25

    Topic: Breastfeeding A Toddler

    @sidta: beneran ga pake bra di kantor????wowww.....pasti jd ga pede deh xixixixixi. Aq sih ga sampe kaya gitu, malah pernah pas pumping ga nyadar isi di botol tuh udh campur ama darah (aq masih pumping di kantor ampe naldi 2 taun pas), org2 pd ngeri jd horor hehehehehe. Aqnya sih ga sakit, malah sakitnya kalo dinenenin doang.

    naldi's mama, abank's wife and an employee