1

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

meryl sebelom kamu pergi, kamu pamit aja trus pesen, nanti bobo sama ... karena mama gak bisa nemenin dulu.

menurut gue anak itu sekecil apapun ngerti kok. tapi kita mesti jelasin. gue juga suka ketakutan sendiri gitu, takut si anak rewel, dll. tapi ternyata kalo kita udah prepare dengan kata2 gitu, dia malah terlihat lebih siap dan malah yang ditakutin ga jadi kenyataan. imo yah, mer.

17 bulan harusnya udah ga masalah sih kalo di sapih yaa.. kayaknya banyak yang belom setahun udah disapih (krn faktor asi kalo ini) jadi ya kalo emang kamu udah siap mau sapih anak kamu, ya why not? walopun kan perginya ga lama.. bisa lanjut lagi sih nenennya... heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

sip sip...
dari seminggu lalu dah diomongin sih..nanti maira bobo ama nenek yaa..
jangan ga baik yaa..nurut ya..
eeh dia ngangguk2 aja..

amiin deh..insya Allah dicoba gitu..jadi ga usah disapih dari sekarang ya...ntar langsung berangkat aja..mana tau pas pulang masih mau nenen :)

makasihh :)

3

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

*baca2 buat persiapan weaningnya Dillan. Skrg umurnya dah 18 bulan, ga kenal botol tp dah minum freshmilk dari gelas dan mamanya akan segera kembali ke bangku kantoran

life is about making choices

4

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Mo curhat ni, help mamas.
Sekarang Raisha 2 minggu lagi 1,5 taun. Sebenernya sih niat saya mo nyapih Raisha di umur 2 taun. Tapi, ortu ama mertua saya tu ngasih tau, nanti makin susah buat nyapihnya, itu kan cuma ngempeng doang. Tapi emang iya sih, Raisha tu cuma ngempeng doang, soalnya ASI ku juga udah ga bgitu banyak. Pernah sekalinya keluar banyak, sama Raisha malah dilepas trus gelagepan. Emang main2 tu.
Sekarang ini dia nenen nya cuma malem aja klo mo tidur sama klo tiba2 kebangun jam 4/5 pagi. Trus minum susu UHT nya ga mau dot, ga mau gelas, klo pake sedotan pun dikit2. Akhirnya karena takut kurang susu, sama mbak nya disendokin. Iiiih...kaya bayi banget. Itu pun paling cuma 250 ml sehari. Dikit banget ya?
Makanya setelah kupikir2 apa mendingan di sapih aja ya? Daripada susunya kurang. Ditambah, klo ada saya tu malah jadi rewel. Makannya susah, tidurnya susah. Padahal klo ditinggal ke kantor, mbaknya lancar aja tu. Makannya, tidurnya, bisa sendiri. Jadi klo ada saya tu kaya rewel2, ujung2nya minta nenen. Ato semua anak jadi gitu ya karena ada ibunya?

Gimana ya, mendingan disapih dini ga ya?
Klo mo niat disapih, mo nyoba, jadi ga ketemuan ama Raisha selama seminggu. Jadi Raisha nya mo saya titipin ama ortu di Bandung, saya nya di Jakarta. Kejam ga sih nyapih dengan cara gitu?

Mohon sarannya ya.

@dyaharini

5

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

dyaharini imo, biarin aja sampe anaknya siap untuk disapih. nanti dia akan menyapih sendiri kok. emang sih anak umur segitu (apalagi kalo ibunya ngantor) justru pas ada ibunya jadi rewel. semua susah. samaaa banget kayak naia dulu juga gitu. makin deket mau umur 2 thn makin tambah susah kayaknya mau dilepas. kayaknya makin sakaw gitu kalo gak ketemu. tapi akhirnya gue coba dengan cara hypnoparenting aja, dimulai dari umur 20bln. tapi gak pernah maksain untuk brenti, tapi juga ga nawarin. kalo dia bener2 minta baru gue kasih.

ternyata it's so much easier. tepat ketika naia mau umur 2thn, malam2 gitu dia nenen kayak ogah2an gitu deh. bolak balik dilepas akhirnya gue bilang. ya udah gak usah nenen deh, tidur nya pake susu (UHT) aja ya? eh dia mau, dan bener abis itu langsung tidur. since then dia ga minta nenen lagi.

kasian soalnya kalo di sapih paksa gitu. kalo disapih dengan baik2 dan anaknya juga rela, akan lebih gampang ngaturnya, apalagi kalo udah masuk terrible two phase gitu. di saat naia mau disapih pun, asi gue juga berkurang, tapi bukan berarti udah abis. buktinya abis naia menyapih dirinya itu, gue sempet sengsara sampe seminggu krn PD gue bengkak, jadi mesti gue peres supaya enak.. lama2 akhirnya baru brenti produksi.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

dyaharini..tadinya aku juga mau nyapih ilyasa waktu umur 2 tahun, dan usahaku kmrn memang gagal total karena dianya ngambek terus2an, kadang sehari sampai 3x sampai pake aksi mogok bicara segala. Akhirnya aku masih breastfeed sd skrg. Hmm..
Tentang anak yang suka manja/cari perhatian kalau ada mama/papanya (terutama kalau ortunya itu kerja) wajar kok. Ilyasa juga kalau papanya libur malah sebentar2 nangis. Beberapa temanku juga cerita begitu kok.

Minum susu UHTnya disendokin ya?..kaya ilyasa dong. Heran, ga mau dari gelas/sedotan, padahal kalau minum yang lain mau. Memang sih aku juga ga bisa minum susu samsek. Tapi ilyasa sih lumayan, sehari bisa 500-600 ml. Sekali minum biasanya 90-180 ml, suka2 dialah. Minumnya 3 sd 4 sesi sehari. Memang butuh kesabaran ekstra nih kalau minumin susu pake cara disendokin :).

Tentang menyapih dg ditinggal, ibuku juga dulu pake cara itu waktu menyapih adikku. Sebenarnya ngga sengaja, karena ibu ada tugas ke luar kota selama 4 hari. Sebelum ditinggal adikku sudah dikasih tau kalau ibu mau pergi, jadi minum pake gelas/botol sama mbah pengasuhnya. Waktu itu adikku belum 2 tahun sih, tp sdh lancar ngomongnya, sdh bisa diajak komunikasi 2 arah. Dan waktu ibuku pulang, adikku memang ga mau lagi nenen dari pabriknya.

7

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Dyaharini, ceritanya mirip banget kaya gue. Bedanya sekarang ga kerja malah persiapan mau kerja lagi. Sempat berfikir mau menyapih pas mulai kerja nanti. Tapi khawatir juga it'll be too much for him. Iya ga sih? Atau biarin aja dia nenen malam n pagi ya.

Dillan (20 mths) juga minum UHTnya udah lumayan. 1L bisa abis dalam 2-3 hr maks. Kalau siang harusnya udah ga masalah. Dia bisa tidur siang begitu saja kok. Nah tapi kalau tidur malam ini, harus nenen selalu. Masi terus gue bisikin sih. So far sih dia malah makin dibilangin makin menjadi. Tapi, kaya kemarin kita jalan, dari jam 2 sampai 9 malam asal dia ga bosan bisa kok ga nenen sama sekali. UHT aja.

life is about making choices

8

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Slesta, iya sih saya juga sebenernya pengennya Raisha menyapih dirinya sendiri. Tapi kadang ganggu juga sih. Klo dia ga tidur sore, jam 7 malem tu mulai rewel. Akhirnya saya nenenin ga berenti2. Kadang, nyebelin banget, berhubung giginya juga udah 16. Trus saya juga suka ikut kebablasan tidur juga. :( Tapi mo dicoba deh yang hypnoparenting itu kaya Naia. Kayanya kaya gitu lebih enak.

Indriani, Sekarang Ilyasa umurnya berapa? Iya, klo disendokin kayanya banyak yang tumpah juga. Mbak nya sih yang nyendokin. Wah, sehari bisa 500-600 ml ya. Kmaren nanya ke mbak nya ternyata Raisha sekitar 340 ml. Kurang ga ya segitu?
Iya, ibuku juga dulu ga sengaja nyapih adikku soalnya ada tugas ke luar kota. Klo saya sebenernya agak ga tega sih. Lagian, pasti kangen deh klo ga ketemu lama. :(

Dea, iya kayanya klo sambil ditinggal kerja trus mulai disapih, kasian. kerasanya kaya ditinggal banget.
Tadi malem juga, saya bilang ke Raisha, Raisha udah gede, ga nenen lagi ya. Eh dia malah nangis2. Ditanya mo susu kotak. nangis2. Ditanya mau nenen, disela2 nangisnya, dia bilang iya. Hahaha...lucu sih. Tapi emang mungkin musti pelan2. Iya, kayanya klo dia asyik main dan kata nenen ga disebutin, kayanya bakal lupa klo dia butuh nenen. Hmmm..kayanya caranya Slesta yang hypnoparenting mo dicoba deh. *pergi ke thread hypnoparenting.

Makasih ya semua. :)

@dyaharini

9

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Hi Moms,

sharing sedikit pengalaman Slow Weaning ku dan Aisha (now 27 months) ya..
Akhir Mei 2010, saya menyadari kalo saya belum mens juga dan pas test ternyata beneran hamil hehe.. saat itu Aisha masih 19 bulan dan masih nenen bgt! bener2 masih ga bisa lepas dari nenen..btw saya ibu bekerja dan saya tiap hari mompa dikantor untuk jatah minum aisha keesokan harinya saat saya kerja. Karena banyak teman2 yang pernah mengalami hal serupa jadi ketika itu saya tetap bertekad menyusui aisha sampai 24 bulan lebih..memang sesekali suka ada kontraksi kecil tapi saya anggap itu biasa selamatidak terlalu mengganggu.
Sebenarnya ingin sekali melanjutkan sampai adeknya nanti lahir dan keduanya nantinya tandem nursing, tapi karena kesibukan yang sangat di kantor dan hamil juga, pada kehamilan 4 bulan produksi ASI pun drop karena saya jarang pumping dan kecapean..saat itu aisha sudah 23 bulan, akhirnya saya mengambil keputusan untuk mulai slow weaning aisha. Berawal dari memberi pengertian ke Aisha "Aisha, nanti kalo tiup lilin ultah ke 2 ga nenen lagi ya nak!!", berulang2 kali saya selalu bilang demikian.
singkat cerita, 5 hari sebelum ultahnya kita berdua benar2 mulai stop menyusui dan nenen di malam hari ketika menjelang tidur dan kalau dia terbangun malam, saya hanya tepuk2 saja atau saya tawarkan air putih..sedih memang!! air mata kadang tak sanggup ditahan..berat tapi kami berdua harus bisa.. Akhirnya pas hari ultahnya, aisha benar2 bisa tidur malam tanpa terbangun minta nenen.. Alhamdulillah, semua terasa mudah ketika ikhlas..
hehe..dalam 2 bulan lagi, saya akan memulai semuanya dari awal, insyaAllah..adek Aisha lahir...cant wait..!! i miss breastfeeding!! :)

-Ina-

A Mom of Aisha & Khanin| a Wife of very loving, patient, & faithful Man
twitter : @syafrina
facebook : http://www.facebook.com/NasutionSyafrina

10

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

dyaharini..ilyasa skrg hampir 26 bulan, makanya kmrn sempat pindah ke thread breastfeeding a toddler, msh menyusui sambil meneruskan hypnoparentingnya. Kalo ga salah kalau sudah untuk usia > 1 tahun sekitar 500 ml sdh cukup kok, dulu pernah juga baca artikelnya sLesTa ttg ini di TUM, tp td cari2 kok blm ketemu ya.

syafrina..tfs ya. Mudah2an kehamilannya lancar terus sd waktunya lahiran, mama & babynya sehat terus ya.

Untuk mamas lain yg jg lg berusaha weaning from breastfeeding smg diberi kemudahan ya :). Semangat

11

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

indriani artikel yang dimaksud ada di SINI ya..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

sLesTa..makasih ya :). dyaharini., yuk baca bareng2 :)

13

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

indriani ooo...hypnoparenting juga. iya, kayanya itu emang cara paling bagus. mariiii sama2 baca artikelnya :)

syafrina tfs sepertinya aku ga boleh cepet2 nyapih ya. ibu saya bilang, makin umurnya 2 taun, susah dikasih tau buat berenti nenen, tapi ternyata engga ya.

@dyaharini

14

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

hallo moms, saya mulai baca2 ini lagi... persiapan mulai toto umur 16 bulan, rada deg-deg-an kayaknya nggak gampang.

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

15

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

wah skrg syasya 23m dan sy hamil 19weeks. Blm ada pikiran untuk menyapih juga krn syasya udah ga minta nen kalau malam. Paling2 minta kalau mau tidur malam. Siang minta kalau lg cari perhatian mommy atau cape main. Malah skrg kalau mau nyel ajak adiknya d perut ngobrol "ade nyel yuk bayeng2 kk syasya, ade yg ini kk yg ini". Sambil nunjukin nyel nya..

lovely mommy with 2 lovely kids

16

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Mamas, mau update...

Alhamdulillah, akhirnya Aku berhasil menyapih Ilyasa (now hampir 26 months) dengan damai. Sebenarnya awalnya tidak sengaja dan aku sendiri juga tidak menyangka akan secepat ini bisa menyapih ilyasa. Kupikir setelah kemarin 2x usahaku menyapih dia di umurnya yang ke-24 bulan itu gagal, dan aku memutuskan untuk meneruskan breasfeeding ke dia, aku bakal butuh waktu lama untuk menyapih dia dengan damai. Oya, aku pernah cerita usaha menyapihku yang gagal total di thread Breastfeeding A Toddler.

Jadi awal ceritanya adalah: seperti biasa kalau mau tidur malam ilyasa ngempengnya lama. Dan hari itu aku sempet kesel sama dia karena selain nenennya lama, sudah 2 hari ini dia gigit2 terus p*tingku sampai lecet dan rasanya bener2 aduhai. Dan akhirnya malam itu kutinggalin ilyasa untuk tidur sama papanya, dan aku mengungsi ke kamar sebelah. Ilyasa sempat menangis beberapa lama sebelum akhirnya bisa tidur sama papanya.

Esok paginya sebelum papanya berangkat ke kantor, kami sempatkan untuk mengobrol sebentar tentang Ilyasa. Menurut papanya, sebenarnya Ilyasa sudah siap disapih karena 2 malam berturut2 dia bisa tidur malam tanpa full ngempeng ke aku. Tambahan lagi, menurut papanya, ngempengnya yang lama itu adalah bukti kalau sebenarnya dia lebih membutuhkan kasih sayangku (halah bahasanya) dan keberadaanku di sampingnya dibanding ASIKu. Pagi itu sambil menunggu Ilyasa bangun aku kok jadi kepikiran mungkin yang dikatakan papanya ada benarnya juga. Dan aku juga jadi memikirkan bagaimana caranya menyapih ilyasa tanpa membuat dia trauma sepeti pengalaman 2x menyapih yang gagal kemarin. Oya, kmrn aku memakai metoda hypnoparenting dan pengalihan perhatiannya kalau dia sudah mulai minta nenen.

Hingga ketika ilyasa mau bobok siang, ketika dia minta nenen, tiba-tiba aku teringat akan PD kananku yang sejak ilyasa umur setahun kuistirahatkan. Ya sejak ilyasa umur setahun aku memang menyusui ilyasa hanya dengan 1 PD karena PD kananku isinya sedikit banget, lama2 ilyasa males nenen dari PD kananku. Jadi intinya aku mau kasih bukti ke dia bahwa nenen mama sudah habis. Selama ini aku hanya mengandalkan metoda hypnoparenting dengan mengatakan ke dia kalau dia sudah besar, mimiknya tidak dari nenen mama tapi dari gelas. Menurutku metoda ini kurang berhasil ke ilyasa karena tidak menjelaskan hubungan sebab akibat. Lain halnya kalau aku memberikan bukti ke dia kalau nenenku memang sudah habis. Jadi dia lebih bisa menerima. Kembali ke cerita awal, setelah kuberikan PDku yang kanan, dia memang sempat beberapa saat nenen. Sambil membiarkan dia nenen aku bilang ke dia kalau nenen mama sudah habis, daripada ilyasa capek nenen tapi ga keluar, ilyasa mimik susu dari gelas saja ya. Kan ilyasa juga sudah besar, kalau sudah besar mimik susunya dari gelas. Dan ajaib, tdk lama kemudian dia lepas nenenku. Dan siang itu dia bisa tidur tanpa nenen lagi ke aku. Cukup dengan aku tungguin di sebelahnya.

Malamnya aku cerita hal itu ke suami, dan kami sepakat untuk mencoba menyapih ilyasa lagi. Malamnya ketika ilyasa minta nenen, aku jelaskan ke dia "kan tadi siang ilyasa nenen ASI mama sudah habis bla bla bla", dan dia kelihatan lebih bisa menerima. Sempat nangis sebentar, tetapi akhirnya dia bisa tidur tanpa nenen.

Dan surprise, hari berikutnya kalau dia minta nenen dan kujelaskan kalau nenenku sudah habis, dia selalu bisa menerima. Tidak ada lagi acara menangis histeris dan guling2 di kasur seperti kejadian 1,5 bulan lalu. Kadang masih tidak percaya kalau perjuangan menyapih ilyasa untuk ketiga kalinya ini hanya perlu waktu 2 hari 3 malam. Waktu disini maksudku ilyasa masih menangis krn permintaan nenennya kutolak dan aku harus menenangkan tangisannya sebelum dia tidur malam. Skrg (5 hari dari hariku start menyapih), memang kalau mau tidur siang atau malam ilyasa masih minta nenen, tapi cukup 1-3 kali kujelaskan kalau nenenku habis, dan dia bisa menerima dan tidak pernah lagi acara dia menangis atau marah2.

Hikmah dari usaha 3x menyapih ilyasa kemarin adalah menyapih itu bisa dilakukan dengan banyak cara, metoda yang cocok untuk tiap anak bisa berbeda2, tapi sebisa mungkin acara menyapih jangan sampai menimbulkan trauma ke anak. Kalau anak memang belum mau disapih, ada baiknya menyapih dihentikan sementara dulu sampai kelihatan bahwa anak mulai siap untuk disapih. Kalau metoda sebelumnya gagal, bisa mencoba dengan menambahkan metoda baru. Intinya orang tua harus sabar karena berpisah dengan nenen mama adalah salah satu hal berat dalam kehidupan anak. Untuk mamas lain yang sedang berusaha menyapih anak, semoga cepat berhasil ya.

Dan perubahan yang kulihat setelah ilyasa bisa disapih adalah minum susunya lebih gampang, kalau dulu harus dibujuk2 dulu. Sekarang malah dia yang minta :).

Maaf ya ceritanya terlalu panjaaaaaaaang :)

17

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Ikutan share ya.. Kenaz berhasil weaning waktu umurnya 18 bulan, waktu itu kondisinya memang agak maksa krn aku hamil lagi.

Walaupun aku masih tidur 1 kasur sama Kenaz (dulu Kenaz sempat di box tapi karena alasan "praktis" supaya ga bolak balik gendong jadi kupindahin lagi ke kasur, hehe ini namanya males ya??) , ternyata berhasil juga weaning-nya, memang mesti tega-tegaan waktu itu.

Biasanya posisi tidur aku ditengah, jadi dirubah, papa-nya yang tidur di tengah, jadi posisi aku "dihalang" sama posisi suami. Kalau kebangun malam, pastinya pake nangis-nangis pengen mimik, tp aku tetap tidur, papanya yang kasi pengertian ke Kenaz, bilang "Mamanya lagi sakit belum boleh mimik", ga sampai seminggu udah ga bangun malam lagi de, siang juga jarang, karena aku masih kerja waktu itu.

Semoga sukses yaa weaning-nya :)

It takes a village to raise a child-African proverb

18

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

Mamas, mau share juga pengalaman weaning from breastfeeding saya. Meskipun tidak mulus-mulus amat seperti ibu-ibu lain. Sila disimak di blog saya :http://arumanis.multiply.com/journal/item/40/Menyapih_Prana

19

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

bener ga sih kalo setelah anak disapih makannya jadi banyak dan semangat?

aruni 25 bulan sekarang masih belom mau lepas nenen, tapi udah sejak ulang tahun ke-2 aku bikin aturan nenen hanya setelah magrib, siang gak. meskipun kadang2 dia nangis kejer karena laper, aku tetep kekeuh ga ngasih, harus konsisten.

sebenernya sedih juga sih ga kasih nenen dia, tapi masalahnya dia susah banget makan, ngemil juga ga suka, susu ultra juga cuma minta tapi ga diminum, makin kesini makin kurus, buah dan sayur ga mau lagi, kalo udah bilang gak, ya udah ( negativity phase )

kata orang-orang setelah disapih anak akan banyak makan, cuma dilematis juga soalnya kalo disapih total, malam dia bakal nangis kejer karena kelaperan siangnya makan sedikit. di sisi lain, aku juga khawatir vitamin yang dia perlu bakal ga ada sama sekali kalo masih begitu2 aja appetite-nya :(, sekarang masih agak tenang setidaknya masih ada dari ASI

di sisi lain kepikiran siapa tau dengan disapih nafsu makannya akan membaik, ibu dan orang-orang di sekitarku bilangnya begitu....

kalo pengalaman mama lain negitu ga sih setelah disapih?
hmmm, sebaiknya disapih aja ga ya kalo begini kasusnya?

20

Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

ghifAruni..tentang menyapih anak membuat banyak makan, kuat minum susu, dan kuat minum air putihnya itu memang dr dulu sering aku dengar juga sebelum menyapih ilyasa (waktu berhasil disapih usianya hampir 26 bulan). Sumbernya dari para Mama di TUM /teman2ku yang sudah berhasil duluan menyapih anak2nya dan juga pengalaman ibuku sendiri.

Sebenarnya alasanku utamaku untuk menyapih ilyasa bukan krn pingin makan/minum susunya banyak, tp krn menurutku ya 2 thn sudah cukup bagi dia untuk berhenti minum ASI (maaf ya kalau ada yang keberatan, bukannya aku tidak setuju pada breastfeeding a toddler lho, tiap anak kan beda kasusnya, mungkin memang ada anak yang sering sakit jadi memang minum ASInya diteruskan sd > 2 thn untuk daya tahan tubuhnya).

Untuk anakku, IMO, waktu umurnya sdh 25 bln, sudah saatnya dia berubah mind setnya, kalau selama ini sebelum disapih dipikirannya kalau dia lapar/haus yang bisa menghilangkan lapar/hausnya adalah ASI mamanya, maka setelah disapih dia jadi tahu kalau untuk menghilangkan laparnya itu ya dengan makan, menghilangkan haus dengan minum.

Tapi IMHO yang harus diperhatikan dalam menyapih anak, jangan sampai anak mengalami trauma. Soalnya dulu sebelum bisa menyapih ilyasa, sempat 2x gagal juga, dan sempat bikin dia trauma sampai acara jd sering tantrum dan mogok "bicara" selama 1 bulan (kalau ngomong bhs planet sih tetep, tp bahasa yang ada artinya berhenti, kebetulan waktu disapih ilyasa br mulai belajar bicara).

Aku tdk berani menjamin bahwa anak yang disapih akan jadi kuat makan/minum susunya, krn tiap anak berbeda ya. Tapi kalau melihat dari anakku sendiri setelah disapih:
[list=*]

  • minum susunya jadi makin banyak. Dulu max 630 ml sehari, sekarang rata2 630 ml sehari, max kubatasi 700 ml sehari[/*]
  • yang paling terasa dulu tuh minum susu harus selalu dibujuk2 dan lama durasinya. Skrg sudah minta sendiri, dan ga perlu dibujuk2 lagi. Durasi minum susunya juga max 15 menit saja, dl bisa sd 30 menitan. [/*]
  • mau ngemil dan makan buah diluar waktu makan besarnya yang 3x sehari itu, dl mana mau dia ngemil[/*]
  • kalau makan besar, alhamdulillah dr dulu anakku termasuk yang gampang makan, jd ga bisa dibikin perbandingan[/*]
    .

    Efek negatifnya untuk anakku sih jd makin susah minum air putihnya, maunya minum susu terus, makanya ini jd PR buat mamanya :).

  • 21

    Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

    indriani budi utami wrote:


    Untuk anakku, IMO, waktu umurnya sdh 25 bln, sudah saatnya dia berubah mind setnya, kalau selama ini sebelum disapih dipikirannya kalau dia lapar/haus yang bisa menghilangkan lapar/hausnya adalah ASI mamanya, maka setelah disapih dia jadi tahu kalau untuk menghilangkan laparnya itu ya dengan makan, menghilangkan haus dengan minum.


    setuju....
    aku juga pingin menyapih karena alasan dia harus belajar buat memenuhi rasa lapar dan hausnya sendiri, bukan tergantung terus sama ibunya.
    Untuk kasusku sekarang masih susah, kemarin sempet nangis satu jam karena lapar tapi ditawarin segala macam ga mau, aku tetep konsisten ga akan ngasih nenen sebelum magrib, begitu adzan magrib dia nenen, abis itu langsung ceria main2 *doeeennggg

    22

    Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

    Akhirnya aku berhasil menyapih Albert... Ternyata gak sedrama dan sesulit yang kubayangkan, tapi juga gak terlalu mudah...
    Targetku setelah Albert berumur 2 tahun adalah menyapih dan toilet training, tadinya kupikir akan menyapih dulu, baru toilet training... tapi ternyata Albert sudah cukup siap untuk toilet training, dan berhasil lebih cepat dari perkiraanku...
    Setelah berhasil toilet training, aku mulai sounding ke Albert bahwa sekarang dia sudah besar, gak pakai pampers lagi, aku puji2 keberhasilannya gak ngompol lagi, sambil kuselip2kan pesan bahwa anak besar seharusnya juga minum susu kotak saja, tidak minum susu mama lagi, dll.
    Awalnya aku meminimalkan bangun2nya di tengah malam untuk minum susu, karena selama ini kalau dia bangun tengah malam biar cepat tidur kembali ya senjataku adalah menyusui. Selama seminggu aku dan suami berkomitmet kalau Albert bangun malam2, langsung ditawarkan air putih. Sempat nangis2, tapi setelah 3 hari dia tidur pulas sepanjang malam.
    Sekarang tinggal masalah menyusu sebelum tidur. Kalau ada suamiku, dia bisa tidak menyusu terlebih dulu. Tapi ketika tidak ada suamiku, dia masih minta menyusu. Waktu itu sempat jeda hampir seminggu selalu ada suamiku pas mau tidur, jadi dia betul2 berhenti menyusu seminggu. Hari sabtu setelah itu (8 jan), aku cuma berdua Albert di rumah, dia sempat beberapa kali minta menyusu, dan aku kasih... Ternyata itu sepertinya perpisahan... habis itu dia sudah tidak mau lagi, walaupun ditawar2kan, alasannya, "Tidak Mama, Albert sekarang sudah besar, jadi tidak minum susu mama lagi, minumnya susu kotak."
    Sekarang ritual menyusui digantikan dengan ritual minum susu kotak dan membaca buku bersama...

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    23

    Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

    Gabriella, waaah Albert so sweet yaa...sampe ada perpisahan segala. Denger alasannya juga bener2 anak besar sekarang. Kadang suka terharu klo ngeliat perkembangan anak, apalagi yang kaya gini. Dulunya bayi, eeeh sekarang udah besar, mulai mandiri. :) TFS

    @dyaharini

    24

    Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

    ella - waa, albert udah gede! hebat ya, mo lepas sendiri dan ga ribet.

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    25

    Topic: Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!

    Sejujurnya, tadinya g niat bisa nyusuin anak g sampe 6 bulan. Dari awal jg g yg asinya pas2an, kadang ( ngga sehari sekali sih) dibantu formula. Ini anak g dah 5,5 bln, asi g dah agak nge-drop kalo mompa di kantor dan g jg lagi pengen bisa ngelatih dia bobo sendiri ( paling ngga sampe jm 5 pagi, bs g bangun, g gantiin pindah bobo ama dia). Tapiiiiiii, ngga tegaaaaa, kalo malem kebangun ngga dikasi nyusu, nangis berlinangan air mata, padahal anak g tuh nangis ngga 3 hari sekali, dikasi susu botol formula atau asip ngga mau, musti nempel ama g.
    Kalo baca kisah para ibu2 disini, emang ngga segampang itu yha kalo direct breastfeeding. Yha sudah, dilanjutkan aja asi seadanya sampe dia mau brenti sendiri.
    Malah cerita weaning yg gagal total :p