1

Topic: Hypnoparenting

Berawal dari ketertarikan saya sama postingan:

nandra, di thread Sikat Gigi:

sssst...ibu-ibu...saya udah 3 hari praktekin hypnoparenting, itu tuh ngebisikin hal2 positif saat anak tidur pulas, dan berhasil Alhamdulillah, Zie udh gampang sikat giginya, pinter buka mulut, tapi dia kayanya jadi trauma sama suara electric brush, maunya pake manual brush. monggo dicoba - dicoba bisik2nya...
wrote:


nidya, di thread Weaning from Breastfeeding: Share Your Tips!:
dengan metode hypnoparenting ; setiap malem aku selalu bisikin ke labib bahwa dy sdh besar, nen mimi buat dede, labib nennya lwt botol.
wrote:


thelilsoldier, di thread ...mommy don't leave me...:
hypnoparenting? gue pernah selintas dengerin seminar hypnoparenting di bazaar mother & baby (selintas soalnya lebih seru ngeliatin bazaar-nya) :D

makanya nih lupa-lupa inget, cmiiw ya parents:
- elus pas mau tidur / baru mau bangun / setengah sadar gitu?
- kayaknya ada sebelah bagian aja, entah tangan kanan atau kiri?
- jangan pake kata 'jangan' mis: jangan nangis --> karena apa ya?
- diulang secara konsisten berapa hari ya sampe nempel?
- atau sampe anak menjawab / mengangguk? --> sumpah ngga inget..
wrote:


otty, di thread Jam Tidur Yang Teratur untuk Bayi:
Alhamdulillah Nara juga ga termasuk bayi yang ngajak begadang. Kalo dirunut2, mungkin karena dari dalem perut gue usaha menerapkan hypnoparenting ya? Percaya ga percaya sih kalo ini... Jadi biasanya sekitar jam 8 malem, gue ngomong ke perut "ayo nak tidur ya, sekarang udah malem. besok kita main lagi, sekarang istirahat dulu". Besok paginya biasanya gue bangunin "sekarang udah pagi sayang, ayo bangun... temenin bunda".
wrote:


dina.kusumadewi, di thread ...mommy don't leave me... :
Hypnoparenting pernah denger, tapi setau gue dibisikinnya pas bener dia lagi mau tidur, pas bagian melayang2 mau merem gt, sambil dielus2... Boleh juga nih dicoba...
wrote:


So, mari kita bahas lebih kanjut dan lebih luas tentang Hypnoparenting ini..

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

2

Topic: Hypnoparenting

Asli deh, gue diatas udah kaya bacain nominasi.. hihi..

Well, sebenernya yg mau gue diskusiin adalah:

[list=*]

  • Mulai umur brp Hypnoparenting dipraktekan? (krn IMO bayi itu kan belum tentu tau yang mana itu bobo, makan, mandi, sikat gigi, dsb)[/*]
  • Seberapa efektifnya Hypnoparenting ini?[/*]


    kalo ada buku atau artikel ttg Hypnoparenting boleh juga yaa dishare.. :D

    heyho.. mama mer is in the house yoo..
    *peace*
  • 3

    Topic: Hypnoparenting

    Jadi pengen coba Mer, minta supaya CĂ©lia bisa tidur full di kamar sendiri dan agak berkurang keras kepalanya :-)

    @LizCherie

    4

    Topic: Hypnoparenting

    haha meralda, thanks for initiating the topic.
    pertanyaan gue yang di-quote di atas itu udah ada yang bisa jawab belum ya?

    And thelilsolder is back. Fire!

    5

    Topic: Hypnoparenting

    waaah meralda... mantap bgt deh bacain nominasi-nya ;) iya niiih tertarik banget sama hypnoparenting... yg menerapkah, silakan share donggg...

    *menyimak*

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    6

    Topic: Hypnoparenting

    meralda iya tertarik yah ama hypnoparenting. sebenernya gue juga melakukan ini ke naia waktu nyapih dia kemaren. berkat dari info ibu2 di thread weaning juga sih. dan emang berhasil.... !! tanpa naia harus mengeluarkan tantrum. tiba2 pas gue bilang dia gak usah nenen lagi, karena udah gede... dia langsung mau!! tapi tentunya hypnoparenting ini bukanlah hal yang bisa dilaksanakan secara instan. semuanya mesti pelan2 dan bener2 takes time banget.

    gue ngejalanin hypnoparenting supaya naia gak nenen lagi itu, sejak dia umur 20-21bln. berhasilnya pas dia hampir 24bln.

    but well worth to try!

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    7

    Topic: Hypnoparenting

    meralda asyik banget nih bacain nominasinya :-P

    Hypnoparenting aku blm pernah ikut seminarnya, tp aku rasa hampir sama ma hypnobirthing ya; positive mindsetting utk orang tua dan anaknya.

    Kalo wkt hml dulu karena suami di luar kota dan br bs ktmu weekend doang, aku bisikin ke baby dlm perut buat lahir weekend aja biar ada papa. Dan emang bener, enzo lahir minggu pagi, while dante lahir sabtu pagi.

    Gitu juga wkt enzo-dante mu aku tinggal kerja setelah masa cuti selesai; selalu aku bisikin biar nanti kalo mama di kantor enzo-dante mik asi nya pake sendok, tar baek2 maen sama oma n suster, tar malem maen n nenen sama mama lg. Kayaknya sih berhasil2 aja.

    Aku pernah ntn video ttg otak bayi gt, katanya bayi itu pinter banget, mengerti sgala mcm bahasa, bahkan yg 'tangtingtungtingtangtingtung'pun dia ngerti artinya apa :-P
    Makanya ngedidik pake hypnoparenting ini, termasuk berdoa bersama, menyanyi, ngobrol2, efektif banget buat perkembangannya.

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    8

    Topic: Hypnoparenting

    oh itu namanya hypnoparenting toh???
    selama ini mulai arif (anakku yang pertama) bayi, aku selalu nerapin itu...(cuman selama ini gak tau namanya... :p ).

    aku diajarin ma guru pengajianku kalo anak meskipun masih bayi dia ngerti dengan apa yang kita bicarakan. jadi saran guru ngajiku itu, sebelum bobo ortu (lebih baik mamanya) mengajarkan melalui nasehat kepada anaknya.
    semenjak itu, aku terapkan ke anakku. tapi aku ngasih taunya pas dia bener2 dah siap tidur. aku ikut baring disebelahnya sambil peluk dia. baru aku bilang "dek, (waktu itu dia belum punya adek) mama tuh sayang ma adek. ayah juga sayang banget ma ayah. jadi adek jadi anak yang baik, pintar, cerdas ya...nurut ma mama n ayah ya." itu waktu dia masih bayi pesannya agak singkat.
    nah, begitu dia dah mulai umur 1 tahunan gitu, aku kasih tau tentang aku yang harus ngajar, jadi gak bisa nemenin dia, tentang sikat gigi, gimana bersikap ma temen2, etc... alhamdulillah so far it works banget...
    Mungkin ada yang pernah ngomong gini, "ngomong ma bayi??? gak salah tuh...bayi kan gak ngerti apa2". eittttsssss, jangan salah lho, bayi itu lebih pintar dari orang dewasa jadi kata2 yang kita ucapkan ke bayi itu sangat diingatnya n masuk ke alam bawah sadar mereka... (ceile bahasaku :p )

    Alhamdulillah banget anakku yang pertama ini nurut banget n gak neko2 anaknya..kecualli dia kurang tidur ato sakit baru mulai rewel. apalagi pas aku hamil lagi, "aku selalu bilang ntar arif dipanggil kakak ya, karena dah gede n punya ade. jadi kakak yang pinter ya, sayang ma ade...alhamdulillah semenjak adenya lahir dia gak pernah yang namanya nyakitin secar fisik ato ucapan ke adenya...bahkan dia malah nyari adenya kalo gak ketemu.

    Aku juga nyoba ke anakku yang kedua, untuk hasilnya aku masih belum tau. tapi kalo kita tanamkan yang positif ke anak2 kita insyaAlloh akan berbuah yang positif juga...n jangan kita bilang ke anak kita kata2 yang negatif, "bodoh, nakal, bandel". jujur ya moms, aku paling sedih ngeliat anak yang dikatain kayak gitu. jangan salahkan mereka kalo mereka ntar gedenya kayak gitu. bukannya ucapan ortu itu (baik ato buruk) doa buat anak2 kita....

    so, moms... gak ada salahnya dicoba...namanya didik anak gak mungkin langsung keliatan hasilnya. jadi harus sabar n jangan menyerah...

    love my children so much

    9

    Topic: Hypnoparenting

    Gue sih awalnya tau karena tertarik sama hypnobirthing, n ternyata di bukunya dibahas juga tentang hypnoparenting. Ketertarikan gue sih terutama karena bener2 pengen menepis mitos kalo "melahirkan itu sakit banget, apalagi anak cowo". Setelah baca bukunya, gue jadi tau kalo ternyata hypnoparenting bisa diterapkan sejak bayi masih ada di dalam kandungan. Oya, satu hal lagi yang ngebuat gue pengen mempelajari hypnobirthing karena katanya bayi yang lahir dengan proses hypnobirthing akan menjadi bayi yang tenang n mempunyai jadwal teratur. Pastinya gue jadi penasaran :)

    Selama hamil gue biasain untuk relaksasi (yang berujung pada ketiduran :p) untuk latihan hypnobirthing. Selain itu ya seperti yang ada di post 1, gue usahain selalu ngasih tau jadwal kegiatan sehari2 ke Nara. Kapan bangun, mandi, makan, tidur, semuanya gue omongin. Alhamdulillah proses melahirkan gue cukup lancar n ga pake jejeritan histeris seperti yang dibilangin semua orang kantor ke gue. N setelah lahir Nara juga ga pernah ngajak begadang ato nangis2 tanpa sebab yang jelas. Paling Nara nangis karena minta minum (sekitar 1.5 jam sekali), tapi setelah dia kenyang ya tidur lagi. Malem juga udah tidur sekitar jam 8, n kebangun dengan interval 2 jam untuk minum aja. Alhamdulillah...

    Setelah lahir, gue pake hypnoparenting untuk ngasih tau Nara kapan minum langsung sama gue n kapan minum via botol. Gue bilangnya "kalo ada bunda Nara minum sama bunda tapi kalo bunda ga ada Nara minum pake botol ya". Alhamdulillah lagi Nara ga pernah mengalami bingung puting sampe sekarang.

    Yah, percaya ga percaya sih. Tapi gue percaya soalnya udah ada hasilnya :)

    yang selalu kangen sama si pipi gembil

    10

    Topic: Hypnoparenting

    otty iya bener percaya gak percaya, tapi emang lebih keliatan sih. gue juga soalnya selaen urusan nenen itu juga sering banget ngasih tau naia sesuatu baik2, sebelom dia tidur.

    contohnya, pernah pas naia umur berapa gitu ya (lupa!) gue mesti nyetir mobil beduaan ama dia aja. kebetulan papanya lagi keluar kota dan mbaknya lagi off. sementara gue mesti ketemuan ama temen gue di tengah kota. selama ini gue gak pernah nyetir bareng naia, apalagi kalo gue yang nyetir. takut dia rewel dan ya kalo kenapa2 kan gue juga lagi nyetir gitu.

    trus 2 hari sebelom itu gue bolak balik bilang ke dia. dari dia bangun tidur, mau tidur ato pas dia lagi kalem. "naia nanti ikut ya sama mama jalan2. tapi naia duduk di car seat nya, naia pinter, gak rewel ya! mama mau nyetir soalnya"

    gituu aja terus bolak balik. dan pas hari H nya, ternyata naia malah asik dan cuek banget duduk sendirian di car seat sambil ngemil kismis. and it was a wonderful day! :)

    dan gue juga percaya sama apa kata mamaobie emang anak itu kalo kita ajakin ngomong pas sebelom tidur (biasanya si anak juga lagi ga mikir macem2 dan gak pecah attentionnya ama maenan) dia jadi lebih dengerin apa kata2 yang kita sodorin. kalo kita ngasih taunya sambil dia maen/nonton tv/makan, asli deh itu mah cuma masuk telinga kiri keluar telinga kanan.

    i think the point is... we should be talking to kids when they can give us full attention. nah ini yang susah ama anak2.. jadi emang full attention yang bisa mereka berikan itu ketika mau tidur. imo ya.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    11

    Topic: Hypnoparenting

    slesta Nah bener kan berhasil juga. Tapi kayaknya sih tantang terbesar dari hypnoparenting itu hasilnya yang ga instant, makanya banyak yang ga percaya. Maksudnya kalo anak ngejatuhin apa gitu, lebih keliatan hasilnya kalo si anak dimarahin n dipukul, instead of dikasih tau baik2. Makanya mungkin sebagian besar orang kurang mau menerapkan hypnoparenting, ya ga? Ini menurut gue ya...

    Iya sih, kayaknya full attention dari anak2 emang optimal pas sebelum tidur. Soalnya kalo siang2 mereka ribet main sendiri hehehe... Oya, jangan lupa repetisi ya, kayaknya emang harus diulang2 deh supaya makin "nempel".

    yang selalu kangen sama si pipi gembil

    12

    Topic: Hypnoparenting

    slesta
    sebenarnya anak2 itu pay attention trus ke kita apalagi ibunya n ibu guru fav-nya, tapi hanya dalam rentang waktu singkat aja... dalam hal pengajaran, semua anak didik selalu fokus dalam 10-15 menit awal, yang artinya mereka bener2 dengerin apa yang kita omongkan. nah, triknya gini nih...kalo mereka lagi asyik main trus kita mo omongkan sesuatu ke mereka...kita harus bisa alihkan perhatian mereka ke kita dengan megang 2 tangan ato bahu n eye contact (penting banget nih yang terakhir...) trus kita bilangin dengan kata2 yang jelas n singkat.

    emang sih, kalo cuman ngomong aja semua bisa tapi prakteknya kan yang ribet...tapi gak ada salahnya dicoba. karena aku dah nyoba berdasarkan pengalaman ngajar dengan anak didik yang berbeda2 kuterapkan ke anakku ( anakku jadi kelinci percobaan)...malah menurutku nih, lebih enak ngomongin ke anak kecil ketimbang orang gede. n beda juga lho cara ngomong ke anak cowok n cewek (apalagi kalo dah semakin gede).

    love my children so much

    13

    Topic: Hypnoparenting

    mer, thx udh buka thread ini, gw jg lg coba nerapin ini ke allayna.

    otty, toss dulu donk, berawal dari hypnobirthing, yg diajarin waktu kelas terapi musik sama therapis (psikolog) di RS Harkit waktu hamil kan gw plasenta previa (sempet flek2) nah gw selalu bilang ke baby ayo bantuin bubu ya plasentanya dikeatasin jadi nanti baby bisa lahir normal, and it works! dan relaksasi juga sama ty, Alhamdulillah proses lahiran ga pake jejeritan, yg ada sodara2 pada bingung gw masi cengengesan aja sambil terima tlp dr tmn2..tapi ya ini percaya ga percaya yah :)

    nah tentang hypnoparenting, ttg sebaiknya kita ga mengucapkan kata "jangan" gw prnh baca dibuku (lupa apa judulnya) selalu ucapkan kalimat afirmatif/kalimat yang positif, misalnya, "jangan naik pohon nanti kmu jatuh" pesan yang sampe ke anak adalah naik pohon dan jatuh, jadi lbh baik klo bilangnya klo mau naik hati-hati ya, (sambil diawasin juga tentunyah). intinya si bener

    nah pengalaman gw yg latest ini waktu allayna lg makan, dia buang2 makaroninya (lg BLW ceritanya), terus gw pungutin tu sambil gw bilang "udah jatuh kebawah, jadi ga bisa dimakan lagi dh (sambil menahan hati yg dongkol biar ga marah hehe..) dan setelahnya berhasil!allayna makan lbh ati2 dan rapih ga jatoh2 ke bawah lagi, huff... senangnya :)

    nah mgkn yg aga sulit adl qta sebagai parent yg harus ttp konsisten, kadang2 klo lg cape suka gemes jg bawaannya, hehe..

    follow me @ulieeel

    14

    Topic: Hypnoparenting

    mommyobie iya bener banget! gue juga sering kok kalo mencoba mengambil perhatian naia dengan interrupting maennya dan mencoba untuk eye contact. tapi ya itu, baru ngomong satu kata, dia udah ga konsen. mencoba untuk ngasih tau dengan kata singkat itu yang susah. hihi.. apalagi kan sama anak itu penting banget repetisi..

    tapi tetep dicoba terus. apalagi kalo si anak udah mulai gak nurut. :)

    eh share dong, bedanya kalo ngomong ke anak cewek dan ke anak cowok itu gimana say? jadi pengen tau..

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    15

    Topic: Hypnoparenting

    Woww, very interesting thread!
    Gw ga tau namanya hypnoparenting, tp emang suka ngomong ke el.. Persis yg kaya slesta ngomong ke naia..
    Jd wkt ke bdg kemarin dan balik jkt lagi, el sama sekali ga rewel, betah di car seat malah bobo pules :) ya kecuali pgn nenen dan pgn digendong :)

    Selebihnya, pgn blajar jg soal ini terutama pgn buat jam bobo malemnya el maju hehehe...

    *duduk manis mendengarkan*

    Reborn since El was born
    @inicrey

    16

    Topic: Hypnoparenting

    yang gue pernah kerjain lewat hypnoparenting ini ngajarin potty training malem ke aina... tiap malem, gue bilangin, "kalo aina mo pipis, bangun dan bilang binggi ya". trus dia ikutin omongannya.

    dalam bbrp hari langsung bisa, lho!

    trus, abis itu, gue taro potty-nya di kamarnya dan mantranya diganti: "kalo aina mo pipis, bangun, trus pipis di potty yang di kamar aina ya". sejak saat itu, dia pipis sendiri deh.

    seneng pake ini, soalnya caranya halus dan ga pake bentak2 atau maksa2...

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    17

    Topic: Hypnoparenting

    wuuihhh, banyak success storries dari Hypnoparenting ini ya... Aku jg mau praktekin ah, buat ngelepas Davina dari susu botol, biat dia minum pake gelas.
    Sekarang Davina umur 25 bulan, dan masih pakai botol. kalau dikasi susu pake gelas minumnya jadi sedikit. Selama ini aku emang suka selalu ngomong sama Davina "Kaka udah besar, bentar lagi minum susu nya pk gelas ya " eeh dia malah jawab " no, tata(kaka) baby, botol ajah" memang aku ngomong begitu dia ga lagi bobo siy, jd mungkin aku bakalan cobain ngomong pas dia lagi bobo dech.
    Nanti aku report lagi deh kalau udah sukses :D wish me luck mommas

    davina biggest fans

    18

    Topic: Hypnoparenting

    thalia
    bener banget...no yelling any more..ngabisin tenaga kayaknya... :D

    slesta
    sebenarnya gak bisa dijadikan patokan juga tapi karena cowok n cewek emang beda terutama dalam hal verbal (yang ini sangat jauh berbeda banget... :lol: ). karena emang cowok letak syaraf bahasanya lebih sedikit dibanding cewek, e.g dibagian depan kiri (ato kanan ya??? lupa :p ) makanya para ibu harus waspadai anaknya yang cowok kalo pernah jatoh pas di bagian depan (dahi maksudnya).

    oke, masalah cara ngomong ke anak cowok n cewek berkaitan dengan yang diatas tadi berbeda. kalo kita mau anak kita (cowok) curhat ke kita (ibunya), si ibu gak bisa ngomong seperti biasa karena para lelaki (termasuk suami kita nih... :D ) gak bisa diomongin dengan cara cepat (bawel maksudnya... :lol: ) ato sambil ngomel. jadi harus singkat, jelas, padat dan tersurat. pernah ngalamin gak kayak dicuekin ma suami kalo kita lagi cerita ato ngomel??? nah dalam otaknya mereka (para lelaki) pada mikir kayak gini, " ngomong apaan sih???". sering tuh kejadian di sekolah2, kalo ngeliat guru cewek ngomelin murid cowok. si murid cuman angguk2 aja kan padahal gak ngerti trus besok diulangin lagi.
    nah, gak mau kan kita dicuekin ma anak cowok kita. jadi harus ngomong ke anak cowok dengan singkat, jelas, padat, n tersurat. e.g: abang/kakak, tolong ambilkan piring yang besar di lemari kaca, tumpukan paling atas. disini jelas banget barangnya apa n tempatnya dimana. ato kakak, belajar buat UAS..(gak usah pake embel2 "kan bentar lagi.kamu kerjaannya main melulu". nah, ini nih yang bikin anak gak dengerin. :p )
    trus nada suara (tone)...jangan teriak2 ya mom ato pake nada tinggi (nada oktaf gitu...:lol: ) karena sia2 aja. anak cowok lebih seneng kalo kita ngomong seperti ayahnya. nadanya rendah...
    and ikut nimbrung ma kegiatan mereka untuk bisa buat mereka ngomong. mereka paling anti dipanggil untuk berbicara. jadi kalo mereka lagi main PS, duduk aja bareng mereka sambil dipancing tentang game PS-nya n dicampur tentang hal yang mau diomongin...(berlaku buat teenagers). aku pernah ngajar anak yang super duper bandel sampe ortunya bingung gimana mo buat anak ini suka belajar, jadi aku gunain trik ini. alhamdulillah it worked lho...karena anaknya suka otomotif, jadi aku ajakin ngobrol n kadang ikut dia ke bengkel buat mau tau hobinya dia. alhasil dia interest ma bahasa inggris n mau curhat dikit ma aku.

    kalo anak cewek mah lebih gampang karena anak cewek kurleb kita juga... :lol:.. jadi tinggal diajak duduk n sambil dipeluk2 trus ditanyain deh. bakal keluar curhatannya. :p

    but, harus diinget ya...jangan dimulai dengan ngomel ato marah kalo mau anak terbuka ma kita.

    love my children so much

    19

    Topic: Hypnoparenting

    ASiiik! thread-nya udah rame! :D

    tapi emang sikonnya harus pas anak lagi bobo yaa? apa pas lagi stengah bangun gitu?? trus durasi kita "ngebisikin mantra2" tuh brp lama? kalo kelamaan nanti anaknya ngira diajak main lagi :p

    heyho.. mama mer is in the house yoo..
    *peace*

    20

    Topic: Hypnoparenting

    meralda
    kenapa pas anak mo bobo, karena pas saat itu tahap relaksasinya jadi gelombang apa gitu namanya (alpha theta ato apa gitu :p ) yang lagi bekerja so jadi kayak kata2 hipnotis ke alam bawah sadar mereka..
    tergantung anaknya, kalo masih bayi ya jangan lama2 n panjang2. singkat aja...
    kalo agak gedean, bisa sambil cerita tanpa buku...jadi ada pesan2 dalam cerita itu. misalnya, mama punya temen lho namanya abang. nah si abang ini pinter banget lho...dia nurut ma mamanya n ayahnya. dah gitu, abang ini makan sayur banyak banget jadinya badannya kuat kayak popeye. bla bla bla...
    bisa juga pake tokoh yang mereka suka, tapi inget mom harus sabar banget trus sambil dipeluk2 n dicium2 tuh anaknya...

    love my children so much

    21

    Topic: Hypnoparenting

    mommyobie, thx for sharing yaaah :)

    thalia, setuju, no yelling, yg ada sianak pusing dengerin teriakan, pesannya malah ga sampe

    follow me @ulieeel

    22

    Topic: Hypnoparenting

    mommyobie ~ TFS mom! masalahnya, gue kalo cerita tanpa buku kebanyakan kata "terus ya.. umm.." heheh, kayanya mesti banyak "ngelmu" sama situ :D

    heyho.. mama mer is in the house yoo..
    *peace*

    23

    Topic: Hypnoparenting

    mommyobie thanks for sharing! nambah ilmu banget nih.. :)

    thalia iya bener no yelling itu penting banget! tapi kadang akhir2 ini gue ngeliat naia kadang perlu diteriakin. bukan diteriakin marah2. dia soalnya suka teriak2 gak jelas gitu akhir2 ini. entah dapet darimana. biasanya sih kalo dia udah frustrated banget. kadang udah diajakin ngomong berbagai cara, tetep teriak2.. apalagi kalo udah mau bobo (kadang udah bobok, mata merem tapi tereak2). jadi ngedieminnya yang paling ampuh sih, kayak manggil namanya dengan teriak juga.. "NAIA!!!" biasanya langsung diem.. nah pas diem itu baru diajakin ngomong.

    so far works sih.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    24

    Topic: Hypnoparenting

    mommyobie,
    tfs yaa.. nambah ilmu banget..

    dan iya, bener banget.. tentang cara ngomong ke anak cowok (termasuk suami) itu.. beda banget ma cara ngomong ke anak cewek ya..

    dan cara ngambek ke anak cowok juga beda ma ngambek ke anak cewek..
    tetap harus pake nada 'do', gak bisa pake nada 're', 'mi', ato 'fa'
    nahh buat keep nada 'do' itu yang susaaah.. hihihi..

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    25

    Topic: Hypnoparenting

    otty wrote:
    slesta Nah bener kan berhasil juga. Tapi kayaknya sih tantang terbesar dari hypnoparenting itu hasilnya yang ga instant, makanya banyak yang ga percaya. Maksudnya kalo anak ngejatuhin apa gitu, lebih keliatan hasilnya kalo si anak dimarahin n dipukul, instead of dikasih tau baik2. Makanya mungkin sebagian besar orang kurang mau menerapkan hypnoparenting, ya ga? Ini menurut gue ya...

    Yup setuju! dulu sempat praktekin hypnoparenting ke Ken, tapi ga konsisten :( karena ga sabar nih mamanya, jadi belum keliatan deh hasilnya... Mesti tulus juga kali yaa... Otty paket lengkap ya dari hypnobirthing sampai hypnoparenting hehe..

    wow mommyobie nyontek aaah...

    It takes a village to raise a child-African proverb