1

Topic: Imunisasi

waaah, itu daftar imunisasinya berguna banget! terima kasih, ibu dokter as3pram! dan makasih juga untuk info flu-shot-nya... pantesan waktu masih tinggal di negara 4 musim, sering banget disuruh flu shot...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Imunisasi

as3pram,
bu dokter, selamat datang di forum TUM :) terima kasih informasinya... penting banget :).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Imunisasi

anak gue 15bln jadwalnya MMR nih..tp kok msh ragu2 ya @_@
gue tau si desas desus MMR penyebab autis cm hoax doang..cm tampaknya msh blm sreg bgt. ada bbrp DSA yg menyarankan kl msh blm yakin nunggu anaknya lancar ngomong aja baru di vaksin. gue kyk nya nunggu aja deh huhu

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

4

Topic: Imunisasi

fabsfashion - kebetulan, hari ini baru aja dipublish artikel ttg vaksinasi MMR. ternyata itu rada2 hoax ya...

dulu aina MMRnya emang rada telat. bukan karena takut autis (malah ga tau soal desas desus ini ampe baca disini), tapi karena traveling dan honestly, lupa. jadi dia baru disuntik pas deket2 2 taun.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Imunisasi

thalia,
sebenernya gue udah tau itu hoax dari dulu sih :p
tapi gue nya aja emang ke parno an..apalagi pas nanya emang gpp ditunda sampe anak nya bs ngomong lancar. jadi ya sudah lah huhu

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

6

Topic: Imunisasi

fabsfashion ,kayanya sama deh mo nunggu jibril bs jln & ngomong yg jls dlu klo mo vaksin MMR,jd bnr"yakin anak kita tumbuh sesuai umurnya & nggak menunjukkan gejala autism or apalah...so seandainya jd di vaksin MMR,Insya Allah lancar"aja.
klo blh ngebahas disini:yang cenderung nyebabin autismnya shot yg mana yah1?,apakah Mumps,measles or rubella?ada yg tau ga apakah bisa anak kita di shot salah satunya aja..soalnya DSAnya bilang khusus u/ anak cwo penting banget di shot sama vaksin measles,u/ mencegah dia dr mandul..so seandainya masih parno u/ vaksin MMRnya ntar plg ga pengennya di shot yg vaksin measlesnya aja gtu...

A Mother Always Bring Extra Love...

7

Topic: Imunisasi

Hai para urban moms boleh ikut gabung dong.
Anakku Rakha 5m15d kemaren baru dapet imun Dpt 3 gabung Hib 1. Hib anakku emang telat bgt. Itupun dadakan karena Dsa nya yang ajuin untuk di imun Hib. Aku sie ikut aja apa kata dokter karena dia yg lebih tau. Kira2 ada pengaruhnya gak sieh moms klo telat imun Hib? Tapi sampe sekarang anakku baik2 dan sehat2 saja. Thanks for sharing ya moms... :)

Being a full time mother is my real passion...

8

Topic: Imunisasi

dear mamas (and dr.as3pram)

kalo IPD ambil yang setelah 2taun aja ada efek negatifnya gak ya? abis kalo ambil yang dari umur 2mos harus diulang berkali-kali sih. mihil...hikz..

Go..ASI & Homemade food..
Go..Clothdiapering..
Go..The better future for our children
visit me at: http://javaleste.multiply.com/

9

Topic: Imunisasi

restya,
di keluarga gue soalnya ada yg autis..sepupu gue skrg 22thn autis :(
gue jadi parno deh..

pertanyaan geu jg sama ni ama elo yg di isu kan nyebab in itu yg mana ya?

mama rakha,
kl boleh tau gmn cerita nya bs telat ya say? dan kok DTP nya udah yg ke 3 ya? DPT 3 bkn nya hrs nya pas 6bln ya say? CMIIW yahh
kl liat di jadwal imunisasi polio, DTP , dan Hib ini pemberian nya barengan pas 2,4, 6, dan 18bln..

vaksin Hib ini diberi 3x dalam 6bln karena kuman ini plg byk menyerang anak di bawah usia 6bln. karena imun sistem nya blm mateng. utk pengaruh kl telat sih kyk nya ga ada ya..tinggal sesuai in aja jadwal vaksin Hib selanjut nya.

maminya_althaf
sama dong gue jg ga ngasi pas di bwh 1thn krn bs bikin kantong jebol hihi
1x suntik bs 1jt sajah kan? tp kl aku ngasi pas pas 1 thn jadi 2x suntik,,kl 2thn cm 1x kan ya? gpp kok..di indo IPD blm penting bgt kt bunda wati :)

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

10

Topic: Imunisasi

fabsfashion:setuju banget ttg ipd, aku terjebak ngambil karna dokternya nggak ngasih info apa" ttg suntikan ini bisa diambil pas umur 1 atau 2 taun, jadi kemaren 3 bulan kita udah ambil ipd. kaget banget karna harganya sama dengan kalau ambil DPT+HIB+Polio yang kombo itu...ckckck...jebolllll, mana bulan ini giliran si kombo (4 bulan)...gosh. lesson learned, kudu cari tau ttg imunisasi lebih lengkap lagi nih, terutama yang baru kaya IPD itu =(

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

11

Topic: Imunisasi

superpippo,
malah lbh murah yg combo itu ya hihi

emang skrg kita bnr2 mesti byk baca2 n browsing nih. waktu gue konsul ke bunda wati jg gitu. diceramahin macem2. kata nya "dont be fooled by the doctors anwers" kita bnr2 hrs belajar sendiri. dia blg kl ibunya pinter mau ke DSA manapun ga ngaruh. untung bgt ya skrg ada banyak milis2 n forum2 kyk gini. Jd kita bs sharing :)

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

12

Topic: Imunisasi

soal mmr disangkut pautin dengan autis udah lama yah sering denger, sampe kemaren saatnya chise mmr, baca2 udah deh bismillah vaksin! karena efek samping jika chise terkena penyakit yg sharusnya bisa dilawan dgn vaksin itu jauh lebih penting...

dan kabarnya autis udah terlihat gejala sejak lama kok, ga mendadak setelah vaksin jadi autis...

ntar klo nemu2 artikelnya aku infoin disini ahh, buat belajar sama2 ya mamas :)

13

Topic: Imunisasi

Untuk jadual imunisasi dari CDC bisa diunduh disini :
KLIK

atau mau baca2 dulu utk tipe print nya : KLIK


Sharing sedikit yaaa...

Agak berbeda pendapat dengan DSA chise di salah satu rs, soal vaksin varicella. berdasarkan info di cdc, aap dll..aku ikutin jadual itu, karena bbrp pertimbangan. Nah pertimbangan ini selain sharing di milis, ikutan pesat (yg diadain milis sehat) plus browsing...

sempet dikasih wajah keheranan oleh dsa nya karena chise udah disuntik varicella di usia 12m, dan kemudian boosternya.

Walau bbrp dsa udah kasih, namun msh banyak dsa yg silang pendapat :)

jadi tips nya mama, bekali dengan baca2 dikit jadi kita tahu sebaiknya sekalian suntik bbrp vaksin dengan alasan mengurangi trauma anak. dan tidak benar bahwa tubuh tidak bisa menerima bbrp vaksin sekaligus, buktinya sudah banyak yg kombo sekarang...

salah satu alasan dsa tsb karena daya tahan tubuh anak dibawah 4t msh baik, mmm padahal ada anak temen kena varicella (cacar air) diusia 18m dan kasihan sekali loh, bukan tanpa efek samping...hihi bukan nakut2in yaaa....

jadi aku kmrn sambil kasih pendapat sambil senyum2 aja hehe, jadi dsa nya ga marah dan mau shoot chise utk vaksin thypoid + hep A (ehhh hep A blm krn stok vaksin habis :( hiks mama lupa tlp dulu sih tanya stok, chise kudu balik lagi deh buat suntik)

kutipan diambil dari web cdc link sesuai diatas....
Varicella vaccine. (Minimum age: 12 months)
• Administer the second dose routinely at age 4 through 6 years. However, the second dose may be administered before age 4, provided at least 3 months have elapsed since the first dose.
• For children aged 12 months through 12 years the minimum interval between doses is 3 months. However, if the second dose was administered at least 28 days after the first dose, it can be accepted as valid.

oia alasan aku kasih chise varicella, karena sapa bilang indo ga banyak sakit cacar, bulan kemaren bbrp anak temen pada kena semua :( dan aku pernah kena cacar yang agak berat,alias keluar semua gitu duhhh ga enakkkkk banget...kebayang anak kecil gimana..

emang sih vaksin cacar tidak melindungi 100% bahkan dibawah 80% klo ga salam (CMIIW)..tapiii karena udah divaksin, ternyata kenanya ringan loh mama, jadi hanya keluar beberapa gitu ga banyak :)

14

Topic: Imunisasi

di rubrik ask the doc jg baru aja ada pencerahan ttg MMR dari dr. Eva...
makasih bgt deh ama TUM & mamas di sini,jd ngebuka wawasan ttg imunisasi..

A Mother Always Bring Extra Love...

15

Topic: Imunisasi

iya, betul kata restya, dr. Eva baru bales pertanyaan2 yang lewat comment di artikel MMR itu. kalo mo liat, cek aja disini... (scroll down).

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Imunisasi

Buat semua yg penasaran ttg vaksin IPD dan HIB kenapa di atas 2 tahun kok cuma 1x? tapi di bawah 2 tahun bisa sampe 3-4x.
Begini, angka kejadian infeksi oleh HIB dan IPD itu paling sering pada umur di bawah 2 tahun, puncaknya sblm 6 bulan. sehingga kenapa pada usia sblm 6 bulan diberikan 3x suntikan dan kemudian 1 tahun stlh imunisasi terakhir diberikan dosis penguat yg tujuannya untuk melindungi di umur2 selanjutnya.
Kalo tidak diberikan sblm 2 tahun, apa2 tidak? Menurut saya, kalo tidak terkena infeksi berarti beruntung, itu saja, karena dibandingkan biaya imunisasi biaya mengobati infeksi HiB dan IPD ini jauh lebih besar timbang biaya imunisasi.

17

Topic: Imunisasi

as3pram, numpang nanya lagi... berarti, kalo anak saya diatas 2 tahun, masih perlu ga untuk imunisasi HiB dan IPD? kan udah lewat puncaknya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

18

Topic: Imunisasi

thalia
sebaiknya tetap diberikan, karena kemungkinan infeksinya tetap ada meskipun tidak sesering pada usia di bawah 2 tahun

19

Topic: Imunisasi

anak aku belom vaksin campak nih.. Kata DSA nya langsung aja MMR pas umur 12 bulan.. Gimana yah??

follow me @dleebs

check it out! dleebstory

20

Topic: Imunisasi

as3pram - ah i see... thanks for the info, bu dokter :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: Imunisasi

dleebs anak lo udah berapa bulan yah sekarang?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Imunisasi

Dlebbs
Waktu itu juga ada anak temen gw belum diimunisasi campak setelah lebih dari 9 bulan. Akhirnya disaranin dokter untuk ngambil MMR sekalian. Lupa gw usia berapa. Tapi emang MMR nya dipercepat..

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

23

Topic: Imunisasi

Hai all,
mau tanya aja nih urut2an imunisasi dari baby born kira2 apa aja ya?
(maaf merepotkan)
Saya lihat BCG di jadwal imunisasi disini pada saat baru lahir,akan tetapi waktu baru lahir hanya diberikan imunisasi Hepatitis B.

24

Topic: Imunisasi

papaxisco - kalo baca2 di post2 sebelumnya, udah ada bbrp yang ngasih link untuk urutan imunisasi kok. weendee pernah ngasih yang PDF version dan linknya. as3pram pernah ngasih yang formatnya jpg. silakan pilih :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

25

Topic: Imunisasi

thalia hehe... maaf mungkin bacanya kecepetan, jadi kelewatan pas ada yg versi pdf or jpg... thanks for sharing ya :)