1

Topic: Miscarriage

Doglover ayo usaha terusss...semangaaaaaaat ;)

Lagipula usahanya kan juga menyenangkan, hihihi <3

2

Topic: Miscarriage

Doglover, Amin....

happy with my lovely hubby and cute evelyn

3

Topic: Miscarriage

doglover,semangat yya mom.. Tetap berusaha n bdoa... :) setuju sm peacmargarita,bagian usahanya memang menyenangkan ya.. ;)

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

4

Topic: Miscarriage

Thanks for all ur support friends. Akhirnya bulan ini sudah boleh TTC lagi. Semangat!

5

Topic: Miscarriage

Semoga sukses doglover!

6

Topic: Miscarriage

sukses ya doglover.. :)

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

7

Topic: Miscarriage

Doglover kalo udah dapat kabar2in ya kita disini menunggu kabar baik darimu ;)

8

Topic: Miscarriage

amie_chan wrote:
hi mamas...

btw mamas...aku mau nanya dong sebagai bahan pertimbangan. Seharusnya di rsia itu ada obgyn atau bidan yang standby ga sih? Jujur kmarin aku ngerasa pelayanan di rsia yang aku datengin itu agak lama. Well..obgyn yang aku mau baru praktek jam 9an sih...dan aku dateng jam 1/2 8. Selama itu aku tiduran di ruang pra bersalin sambil nunggu dokternya dateng sekitar jam 9an. aku kira akan ada obgyn atau bidan yang observasi dulu sambil konsul dengan dokternya...ternyata ga. Memang seperti itukah? atau jangan2 karena aku pasien baru aja dan dikira hanya flek belum bleeding...


hi mama amie *namanya sama nih :p* i'm sorry for your loss...btw, setau aku sih di rsia itu seharusnya ada bidan yang standby dan nanganin pasien sebelum dokternya dateng. selaen dia ngejalanin prosedur pemeriksaan standar, bidan juga berfungsi memberikan ketenangan batin pada pasien :)

baca thread ini jadi pengen ikut sharing...
tahun 2009 lalu aku juga sempet ngalamin misscarriage, waktu itu anak pertama aku dan suami. setelah kita nikah di bulan april 2009 dua bulan kemudian aku udah langsung "isi". rasanya waktu itu seneng banget, dan karna ada saudara yang kena infeksi TORCH jadinya aku langsung tes darah buat mastiin *aku suka pelihara kucing soalnya* alhamdulillah semuanya baik-baik aja, dan kehamilanpun terus dikontrol setiap bulannya.

tapi mendadak di bulan ke 6 aku sering ngalamin kontraksi dan sempet flek darah selama beberapa hari. waktu konsul ke obgyn nya aku diminta bed rest selama 2 minggu. alhasil masuklah ke rs dan harus ngejalanin bed rest ditemenin suster. tapi selama aku di rs aku ngerasa semuanya baek-baek aja, bahkan keliatannya kontraksi udah mulai reda. setelah diperbolehkan pulang aku masih dikantongin duvadilan untuk mencegah janin mendesak keluar dan menghentikan kontraksi. 1minggu berlalu...tiba-tiba kontraksi terasa lagi. konsul ke obgyn lagi-lagi disuruh bedrest 3 hari di rs. karna takut ada apa-apa sama si jabang bayi jadi kita nurut aja sama obgyn nya. tapi apa mau dikata, pas kunjungan rutin berikutnya waktu di USG si obgyn raut mukanya berubah dan ada silent pause yang agak lama. spontan aku ngerasa ada yang gak beres sama kandungan. dan ternyata bener. my baby left me on her 1week prior to 7 months. hati langsung hancur..air mata ngucur gak berenti-berenti. obgyn, suster, suami dan ibuku langsung berusaha nenangin diri tapi malah aku jadi makin sesenggukan.

selidik punya selidik, ternyata aku dideteksi punya ACA dan D-Dimer yang cukup tinggi. dan hal tsb bikin darah menggumpal dan menyumbat saluran tali pusatnya si bayi, jadinya ayumi *nama yang kita kasih untuk dia* gak dapet pasokan oksigen dan makanan yang mencukupi. selaen detak jantung yang udah gak ada, air ketuban pun nyaris habis. padahal aku gak pernah lho ngalamin yang namanin air ketuban pecah...kata obgyn ku mungkin air ketubannya keluar bersamaan waktu pipis. begitu divonis meninggal, obgyn ku langsung menawarkan untuk ngelahirin normal dengan cara diinduksi. rasanya sedih banget...udah ngerasain sakitnya diinduksi, perjuangan ngelahirin bayi ke dunia..tapi yang dilahirkan udah tak bernyawa :'(

alhamdulillah meski sempet sedih dan ngerasa bersalah setengah mati sama alm. ayumi, akhirnya 3 bulan setelah masa KB aku hamil lagi. dan ternyata ACA/D-Dimer aku sebelum dan ketika hamil berbeda lho. yang waktu sebelum hamil normal-normal aja begitu hamil jadi tinggi. makanya aku rutin cek darah 1bulan sekali dan kunjungan ke obgyn di bulan ke 7 jadi 2hari sekali. syukur Rama (3mo1wk) sekarang udah lahir dengan selamat meski dia sempet premature dan harus masuk NICU slama 9 hari.

jadi untuk mommies yang lagi usaha punya anak lagi setelah ngalamin misscarriage, jangan berkecil hati ya...yakin aja tuhan pasti akan memberikan yang terbaik buat kita :)

~ a loving mom and a faithful wife ~

9

Topic: Miscarriage

amie kumala, kisahnya ... *mewek*
sabar n kuat banget ya kalian waktu diuji itu. apalagi opsi-nya cuma itu; melahirkan normal. tapi uda berlalu ya, skrg bisa ngucel2 Rama juga ... :)

less ego, more heart

10

Topic: Miscarriage

Dear Moms...saya baru bikin new post tentang "Setelah melahirkan normal, kapan boleh hamil lagi?".
Ternyata di thread ini banyak yang pernah mengalami kejadian yang baru saja saya alami seminggu yang lalu.
Tanggal 24 Maret 2011 yang lalu, saya baru saja melahirkan secara normal saat usia kehamilan masih 34 minggu. Kejadiannya pun sangat mendadak sekali, karena pada hari Senin tgl. 21 Maret 2011 saya masih cek up ke obgyn dan masih dibilang kondisi janin dan saya pun masih oke. Hanya saja posisi janin masih sungsang dengan posisi bokong di bawah, yang mengharuskan saya siap-siap untuk operasi caesar seandainya hingga usia kehamilan 37-38 minggu posisi janin masih sungsang.
Pada hari Rabu, 23 Maret 2011 saya mulai merasakan kontraksi namun belum teratur dan belum terlalu kuat.
Pada hari Kamis, 24 Maret 2011 saya masih berangkat kerja seperti biasa. Namun seharian di kantor saya sudah mulai merasakan kontraksi yang mulai semakin sering dan kuat. Mengingat usia kehamilan masih 34 minggu, saya menganggap itu masih kontraksi palsu, sehingga mules-mulesnya tidak terlalu dirasa dan saya pun tidak ikut panik.
Sekitar jam 5 sore saat akan pulang kantor, saya mendapati ada flek. Tapi saya tetap tidak panik dan pulang naik kereta, selama 2 jam menahan mules. Setibanya di rumah, saya coba berbaring dengan harapan mulesnya berkurang. Tapi malah mulesnya semakin sering dan semakin kuat disertai dengan sensasi ingin mengejan. Akhirnya sekitar jam 9 malam, saya dengan suami langsung ke RS. Setiba di RS saya langsung masuk ruang bersalin dan dicek oleh bidan jaga, ternyata saya sudah pembukaan lengkap dengan posisi bokong janin sudah di mulut rahim.
Saat obgyn datang dan segera bersiap-siap untuk proses lahiran. Dengan sekali tarik nafas, saya berhasil melahirkan secara normal seorang bayi perempuan yang mungil nan cantik dengan berat janin hanya 1.5 kg.
Belum sempat saya memegang bayi tersebut, bidan dan suster langsung membawa bayinya ke NICU. Hanya suami yang terus memantau kondisi bayi selama diinkubator. Mengingat usianya baru 34 minggu, jadi bayi saya harus menggunakan alat bantu pernafasan.
Tapi mungkin Allah SWT berkehendak lain, bayinya hanya mamu bertahan hidup selama 1 jam dan akhirnya meninggal karena kesulitan bernafas.
Belum sempat melihatnya dalam keadaan hidup, saya malah melihatnya dalam keadaan sudah meninggal. Sedih...pastinya iya. Saya hanya bisa menangis ketika jasad bayinya ditunjukan kepada saya dan diletakkan di samping saya. Saya menangis sejadi-jadinya. Tapi akhirnya saya ikhlaskan, ini yang terbaik untuk bayi saya.
Saat ini saya masih dalam masa nifas, namun saya sudah ada keinginan untuk segera hamil kembali. Kira-kira setelah berapa lama saya bisa hamil lagi ya???

11

Topic: Miscarriage

aqua_rien, nangis lagi baca ini ..
yang sabar ya mama ... insyaAllah memang ini yang terbaik ya ... :)
kalau memang tidak ada masalah lagi, setelah nifas selesai boleh lgsg berusaha kok ... semoga diberi pengganti yg lebih baik ya ...

less ego, more heart

12

Topic: Miscarriage

Sidta wrote:
amie kumala, kisahnya ... *mewek*
sabar n kuat banget ya kalian waktu diuji itu. apalagi opsi-nya cuma itu; melahirkan normal. tapi uda berlalu ya, skrg bisa ngucel2 Rama juga ... :)


Sidta, maaf ni baru buka thread yang ini lagi hehe...iya, kalo inget ujianny waktu itu berat banget. tapi alhamdulillah sekarang uda ada Rama. tiap hari ngucel2 Rama rasanya jadi bisa ngadepin apa aja :D

~ a loving mom and a faithful wife ~

13

Topic: Miscarriage

aqua_rien, yang kuat ya dan harus sabar. insyaAllah di balik semua itu ada maknanya kok. waktu baca tulisan kamu langsung inget sodara, ada yang ngalamin sama persis kayak kamu. dan bener kata Sidta, begitu masa nifas uda selse silahkan untuk mencoba kembali. tapi aku pesen satu hal, kalo uda pernah ngalamin kelahiran prematur siap2 untuk anak berikutnya ada kemungkinan besar si baby juga bakal lahir prematur. jadi harus siap mental dan fisik seumpama Allah SWT berkehendak demikian. dan yang pasti jangan ngelakuin kegiatan yang terlalu berat selama kehamilan nanti. insyaAllah dengan keikhlasan dan usaha yang benar pasti bakal dikasih penggantinya :) semangat mam!

~ a loving mom and a faithful wife ~

14

Topic: Miscarriage

Untuk kehamilan berikutnya...saya harus ekstra perhatian sama janin dalam kandungan...terutama saat memasuki trimester ke-3...biar gak sampe kejadian lagi...
Setelah selesai nifas pun, sebelum memutuskan untuk mulai program hamil lagi, saya pengen konsultasi lagi ke obgyn yang menangani kehamilan kemarin...apakah kelahiran prematurnya akan berulang atau ada treatment khusus untuk mengurangi kemungkinan lahiran prematur lagi...

15

Topic: Miscarriage

amie kumala n aqua_rien...*peluk ibu2 ini

yg sabar ya buuu....
amie kumala:...darah menggumpal n menyumbat tali pusat?...mmm.. tes darah ya?..tanda2nya apa??..cos temenku pernah gitu juga, tp ktnya tali pusetnya yg "kusut"..pernah juga cerita disini (tp gk tau cr link-nya :) ) control ada, eh 2 hari kemudian dah gk ada...tp temenku dah 9 bln lewat

bunda hanif.....

16

Topic: Miscarriage

Dear mom aqua_rien (peluuuuuk yg erat) (sy tahu bagaimana rasanya, dan kalo ingat2 lagi,jd galau)....... baca postingannya, jd inget kejadian tiga bulan yg lalu (sy sdh pernah share sebelumnya). Tenang, Allah pasti kasih cobaan yg umatnya pasti bisa lampaui. Dan Allah kasihkan cobaan yg terbaik buat umatnya,walaupun itu menyedihkan. Dengan mempercayai itu PLUS, Allah pasti bakal kasih ke kita cerita yg indah untuk kehidupan kita di dunia dan di akhirat, kita jadi sangat2 positive thinking dan ngga sedih yg berlarut2.

Sharing y: Pasca nifas kemaren (akhir feb), sy segera check ke dokter yg lainnya. Dengan riwayat kita spt itu,pst ada reason medis, dan itu yg sangat ingin sy ketahui u/ sy lebih aware kedepannya. Saya sharing apa saja yg sy alami selama hamil, dan dokter menyarankan u/ tes lab, salah satunya adalah kultur vagina, dan ternyata ada bakteri, dan selanjutnya sampai dengan skg sy msh konsumsi obat u/ dua minggu kedepan. Setelah itu tes lab lagi, baru dey bisa program hamil lagi. Karena dikehamilan kemarin, sy sering sekali gatal di daerah vagina, yg sy rasa itu adl normal, trnyata sama skali ngga normal.
Alhamdulillah, dokter langsung memberikan lampu hijau pasca pengobatan (kurleb satu bulan lagi).

Ternyata, kita hidup ngga cuma belajar dari orang yg sdh tua, tp kita bisa lebih memaknai hidup lebih luas dari anak kecil yg belum sempat kita ajari sedikitpun,bahkan sy ibunya blm sempat berkata sepatah katapun ke dia. Tp percaya bahwa nanti kita pst akan bertemu dan berkumpul dikehidupan selanjutnya bersama keluarga besarnya (Amien2).

17

Topic: Miscarriage

umitimur wrote:


Sharing y: Pasca nifas kemaren (akhir feb), sy segera check ke dokter yg lainnya. Dengan riwayat kita spt itu,pst ada reason medis, dan itu yg sangat ingin sy ketahui u/ sy lebih aware kedepannya. Saya sharing apa saja yg sy alami selama hamil, dan dokter menyarankan u/ tes lab, salah satunya adalah kultur vagina, dan ternyata ada bakteri, dan selanjutnya sampai dengan skg sy msh konsumsi obat u/ dua minggu kedepan. Setelah itu tes lab lagi, baru dey bisa program hamil lagi. Karena dikehamilan kemarin, sy sering sekali gatal di daerah vagina, yg sy rasa itu adl normal, trnyata sama skali ngga normal.
Alhamdulillah, dokter langsung memberikan lampu hijau pasca pengobatan (kurleb satu bulan lagi).


umitimur *HUGS*..apa kabar?
skr masih ke Dr Andon di Herminakah?

ini widya :-)

18

Topic: Miscarriage

@widya: ah, ngga seru nih........... ketahuan dey!!!!
pasti tahunya dr ms dedy dey.......
uda brp bulan skg mb? hmmmmmmm, kangen dey sama rasanya hamil,heheheehe :)

19

Topic: Miscarriage

Umitimur,
Iya tau dr Dedy hehehe..aku skr masuk 36 minggu.

Skr msh berobat ke Hermina Jtnegarakah? Insyaalloh cocok ya, ga kejauhan jaraknya dr rumah?

20

Topic: Miscarriage

Hi mamas :) senangnya ada forum ini, jadi bisa sharing pengalaman..
aku sendiri baru saja mengalami miscarriage. awalnya, spoting hari jumat, pas cek ke dokter beliau tdk bs allocate my baby..worrynya ngga karuan.sabtu sy dsuru ke rumahsakit untuk transvaginal usg.setelah cek ternyata bs ditemukan kantong janin yang ukurannya sebesar 6minggu (padahal seharusnya 9 minggu). beliau sarankan sy untuk di observasi..apakah janin membesar atau tdk, atau malah jadi mens (yang artinya mmg sudah keguguran).sy tungu2 perkembangan..diberi vitamin n penguat juga. ternyata Tuhan berkehendak lain, ternyata flek coklat berubah menjadi berwarna kemerahan. sampai akhirnya hari senin saya putuskan mesti ke UGD lagi untuk cek
(ke dokter kandungan lain).setelah cek, ternyata beliau bilang janin sudah hancur :( (sy lihat di usg bentuk yang seharusnya bulat seperti cincin, sdh menjadi bentuk spt kacang mente) dan mgkn sdh inveksi juga di dalam perut krn kata dokter bau. jadilah saya di jadwalkan untuk curretage sorenya. ternyata 2 jam sbelum jadwal udah mulai sakit banget, melilit/kontraksi..samapi akhirnya ngga tahan lagi.. pendarahan berat selama perjalanan ke rumah sakit. dari sakit pertama sampai proses curretage mulai, sekitar 3-4 jam.. good lord,sakitnya... ternyata sama seperti org melahirkan..malah actually lebih sakit. karena anak no 1 kmren ngga pakai sakit banget (bukaan cuma 2 akhirnya SC). anyhow, sy sedih kalau ingat2 lagi sama calon adeknya si nina.. tapi ya ikhlasin aja ya..biar lancar jalannya san bisa cepat sembuh. masih sangat bersyukur bisa bangun lagi, ketemu anak n suami tersayang. saat ini masih bingung, antara mau pasang kb spiral atau ngga. kayanya belum bisa mbayangin sakitnya kalo melahirkan and takut kalau ada apa2 (touch wood).. menurut dokter, bisa jadi karena 3 sebab: 1. kalau ibarat tanah& tanaman, either tanah/rahimnya yang kurang bagus(belum kuat untuk hamil lagi) atau tanaman/janinnya yang kurang bagus (kromosom ngga lengkap/ngga kuat), 2.karena menyusui disaat hamil (anak pertama 21 bulan dan sebelumnya asix, jd kemaren emang sempat menyusui dan struggle nyapih..eh skarg sdh berhasil nyapih..ternyata ngga jadi dpt adek..) kata dokter kalau kita menyusui, merangsang perut untuk kontraksi, maka itu kehamilan muda belum kuat...malah rebutan hormon antara menyusui n hamil..(padahal sy baca kita bs aja hamil+menyusui or tandem), 3. karena kecapean (mungkin.. karena sy sempat pp 2 kali dps-sub karena keperluan keluarga dan seminggu terakhir sebelum kejadian, sy tiap hari pergi main n pulang malam2-smp jam 11-12malam, pp jimbaran-seminyak (tinggal di bali) krn ada kakak ipar datang dari jauh. ada juga yang bilang krn sy pergi melayat..atau krn sy makan durian.. well, waktu hamil pertama juga makan durian kok.. yah, mungkin belom jodohnya. semoga ini jadi pengalaman berharga buat saya dan kami sekeluarga untuk benar2 menjaga kehamilan di masa yg akan datang.. good luck and keep strong for all mamas yg pernah ngalamin. :)

supermom with super baby girl

21

Topic: Miscarriage

maman, tfs ya .. semoga pengalamannya bs jadi pelajaran bwt mamas yang lain .. :) n maman diberi ganti dgn yg lebih baik ...

less ego, more heart

22

Topic: Miscarriage

Maman...i feel you..
Aku juga beberapa hari lalu keguguran..2 hari stelah ultah si kakak..
Awalnya minggu,pas ultah Faiz mules2 banget,tapi karena nggak ada flek atau darah aku tenang2 aja.cuma hari itu nggak tau kenapa aku stress banget..
Lalu hari senin malam jam 10 keluar darah.kaget banget! Mulut langsung menganga saking shocknya liat darah!
Takut,adekku langsung telp suami yg lg diluar kota,laporan tentang kondisiku.
Karena nggak pengen bikin suamiku panik (padahal wktu itu aku panik berat!) dan aku khawatir kerjaannya terganggu,aku bilang 'sayang tenang aja,dilanjutin dulu kerjaannya,nggak usah buru2 pulang,nanti bunda kabari lagi kondisi bunda ya..'
Walaupun sbenarnya pngen banget nangis2 di pelukan suami karena takut kehilangan janin dan perut terus kontraksi *rasa sakitnya kaya mo nglahirin* ,aku coba untuk tenang..
Jam 1 malam masih perdarahan,atas saran suami aku telp RSB dan akhirnya meluncur ke sana sama Faiz dan adek ku..suami datang beberapa jam kmudian *demi Allah,aku bersyukur kepada Allah yang menciptakan suami sebagai penenang terhebat dalam hidupku,nempel badannya sedikit aja hatiku jadi ademm*
Back to topic,dokter cuma ngasih obat anti nyeri sambil diobservasi 24 jam.
Jam 5 sore,tgl 19 kmarin perutku kontraksi hebat,sakiiiiit banget!!! Aku panik cari2 tangan suami buat pegangan *tetep* dan terasa gumpalan besar keluar dari jalan lahir..
Allah telah mengambil kekasihnya yang dititipkan selama 2 bulan di rahimku.
Shock,sedih,menyesal,takut,hinggap seketika.
Di usg,janinnya udah berbentuk kacang tanah,jatuh ke jalan lahir.. *nangis*
Keguguran ini membuat mentalku ciut,membuatku ingin menangis sekeras-kerasnya,betapa bodohnya aku yang kurang niat untuk mempertahankannya..
Wlaupun dia belum hadir di dunia ini,belum pernah memeluknya,aku sering banget ngrasa kangen sama dia..Ikatan batin yang mesra selama 2 bulan masih sulit dihilangkan..
Ya Allah..betapa sakit kehilangannya...!!

Oia,saat hamil kedua ini aku juga sampai 3 kali bermimpi kalo keguguran.
mungkin itu tanda2 nya..cuma karena takut kehilangan anak keduaku,aku berusaha nggak memikirkannya.
ternyata benar2 terjadi T.T ...

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

23

Topic: Miscarriage

Cnap, turut berduka ya mba, semoga cepat pulih *peluk erat*..selalu deg degan kalau ada yg posting di sini...huhuhu

hari ini adalah hari baik

24

Topic: Miscarriage

CNAP, ya ampun Intan .. :( .. yang sabar ya bu, kejadiannya barengan pas ulang tahun kan ya klo g salah ..
udah gpp, diikhlaskan ya bu, yg penting dirimu skrg gpp kn :)

less ego, more heart

25

Topic: Miscarriage

maman, intan cnap, *hugs* maaf ya jadi ikutan nangis bacanya :'( moga2 dapet pengganti yang lebih baik.. *peluk lagi*

~Aysha's mom~