1

Topic: Living in Spore: Q&A

hello all, salam kenal..

mau numpang nanya nih...
berapa ya rata2 living cost di spore untuk keluarga dg 2 anak balita?
thanks utk jawabannya...

salam,
mamanisa

2

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa karena ini berhubungan ttg financial in general dan gak hanya sekolah.. jadi saya pindahin ke thread financial aja ya..

okay, untuk ngejawab pertanyaannya nih, rada bingung yaa. karena tiap keluarga kan beda2, dan untuk living cost itu pun menruut saya basically terdiri dari 4 big expenditure categories:

1. housing
2. groceries/food/domestic expenses
3. family fees (education, medical, etc.)
4. transportation

nah tinggal based on the 4 categories above, untuk tau berapa cost of livingnya, tergantung lagi dari kondisi nya.. sbb:

1. housing
nah housing kan beda2. jadi mesti tau dulu, apa akan rent atau beli. mungkin karena baru pindah pastinya rent dulu ya. trus harga rent itu sekitar berapaan? mesti tau dulu kondisinya lagi:
- rent nya berupa condominium, hdb (govt housing), atau landed house?
- area nya dimana? apa di tengah atau pinggir kota? apa perlu dekat mrt atau selama ada bus, gak masalah?
- perlu berapa kamar tidur? 2 atau 3?

rental cost di singapore saat ini lagi tinggi. dan property adalah salah satu cost yang paling tinggi di spore saat ini.
untuk di area yang tengah kota, renting an hdb itu kira2 sekitar $2K - $3K per bulan. dan ini untuk yang 2 kamar tidur.
kalo rada jauhan dari tengah kota, harga yang sama, bisa dapet kira2 3 kamar tidur.

2. domestic expenses
ini termasuk belanja groceries, beli baju keperluan anak2, keperluan dapur, even sampe urusan bayar pembantu. nah jadi pertanyaanya ada lagi... akan pake maid ato enggak? kalo iya, bawa sendiri atau mau lewat agent disini?

untuk urusan groceries sendiri, harga2 disini ya agak lebih mahal kalo dibandingkan jakarta ya. tapi all and all menurut gue sih gak mahal2 amat kalo disesuaikan aja. misalnya, di jakarta mungkin tempe murah, tapi disini jadi rada mahalan, karena ya emang yang mengkonsumsi tempe kan jarang, paling orang2 melayu aja.

tiap keluarga akan beda grocery spending nya.. tapi most likely sih sekitar $300-$600 per month, tergantung dari kebutuhan masing2 lagi. (misalnya, susu anak pake formula tentu lebih mahal daripada pake whole milk aja)

3. family fees
ini maksudnya kayak premi asuransi, medical, uang sekolah anak, etc. again, ini beda2 lagi per keluarga ya. kalo medical udah di cover ama kantor, berarti spending disini bisa lebih kecil. tapi biasanya yang di cover ama kantor itu gak semuanya, tapi ada batasnya (mis. hanya 80% yang dibayar kantor, 20% nya sendiri) .. nah itu mesti dipelajari.

income tax juga masuk disini. kebetulan singapore adalah negara yang tax nya mayan kecil .. jadi ya tergantung dari income nya juga dong yah.

4. transportation
public transportation is available throughout the island. ada bus & MRT yang sangat convenient. per trip itu cost nya tergantung dari jauh dekatnya sih sebenernya. tapi in average kira2 $1-$2 per trip.

another option adalah pake taxi. this is obviously lebih cepet & convenient, tapi mahal. average nya kalo travel dari pinggir kota ke tengah kota itu kira2 $15-$20an per trip. tergantung off peak & peak hours nya. soalnya kalo peak hours, extra fee nya banyak.. dari ERP (semacam toll gitu deh), peak hours fee, etc. kadang2 bisa extra fees nya sampe $6-$8 sendiri. bikin beteee...

okeh, kira2 segitu aja dari gue.. jadi silahkan mamanisa nanya nya lebih detail, living cost yang dimaksud itu untuk cost yang mana, biar jawabnya gampang.

semoga membantu!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Living in Spore: Q&A

wah, uraiannya lengkap, top deh slesta.. :)
tinggal ditotal costnya tergantung kebutuhan individu gitu ya?

coba kubikin ilustrasi living cost dsini, tolong dikoreksi ya..
1. housing, hdb di tengah kota dg 2 kmr tdr = 2K
2.domestic expense + ART + other = 600 + 250 + 300 = 1150
3. family fees (medical dibayar 20% ) + uang sekolah = 300 + 200 = 500
4. transport = 200
jadi totalnya = 2K + 1150 + 500 + 200 = 3850

jumlah segitu apa sudah bisa jadi minimal cost? biaya apa lg yg blm masuk ya?

oya, untuk ART gmana ngurusnya kalo kita bawa dari ind, gaji per blnnya brp ?

untuk domestic expense, apa jg termasuk biaya utilities? lalu kalo service cost di apt, beda dg utilities? bingung..

maaf kalo nanyanya borongan :)
makasih banget sblmnya..

4

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa - ada bbrp input dari gue:

1. utk HDB di tengah kota yang harganya 2k itu biasanya kecil banget, dan kemungkinan ga ada kamar pembantunya. apa2 ga? tapi kalo lebih kepinggiran, mestinya sih dapet yang pake kamar pembantu.

btw, kalo ga salah, mamanisa pernah bilang, kalo mo tinggalnya di deket Changi. Changi itu super pinggir kota (ujung pulau)... jadi mestinya sih harga HDB dibawah 2 kamar + kamar ART bisa cuma 2k kebawah... CMIIW ya...

2. utk ART, $265 itu cuma levy-nya doang... jadi itu belum termasuk gaji. untuk gaji, gue kurang tau standar gaji ART indo... shinta mungkin bisa bantu?

untuk utilities (electricity, gas & water), ada banyak yang udah included di sewa rumah. tapi kalo yang sewanya murah, utilities ga included. utilities lain yang mesti dipertimbangkan: cable TV dan Internet connection. biasanya sih, untuk yang basic2 aja, dapet kok dibawah $50.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa bener kata thalia kalo di deket changi, bisa dapet 2BR HDB around $2K. kalo di tengah kota rada susah tuh..

untuk ART, $265 itu hanya levy doang yang dibayar ke govt. gaji pembantunya sendiri beda lagi. tergantung aja perjanjian ama ART nya gimana. kalo ngambil dari agent biasanya mereka minta at least $300-350 per bulan.

untuk ngurusin bawa pbt dari jakarta itu bisa pake agent ato ngurusin sendiri sih. tapi kalo pertama kali mendingan sih pake agent aja. kalo emang udah ada pbt yang mau dibawah dari jakarta, agent hanya bantu urus admin di singaporenya. urusan di jakarta (bikin pasport, dll) itu urusan kita.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa
nambahin nih, bener kl $260 itu cuman buat levynya doang. kl ngambil dari sini, first timer ART itu biasanya minta $340, kl udah pernah kerja disini/malaysia/saudi biasanya lebih gede dikit. kl ngambil dr indo biasanya bisa nego sendiri gajinya, tp hati2 jgn terlalu rendah krn bisa2 permohonan izin kerjanya ditolak sama MOM.

kl mau bawa maid dr indo harus diurusin dulu paspor, insurance, dkknya gitu dari sini sblm berangkat. nyampe sini langsung tes bhs inggris dan medical check up (kl lulus tes inggrisnya). abis itu baru bisa collect working permitnya kalo lancar.

mengenai housing, bener tuh $2K kl dikota skr agak susah kl mau dapet yg decent. enakan rada ke pinggir misal kaya changi/jurong/punggol krn masih bisa dapet yg rada enak. apalagi kl mau yg ada kmr pembantunya.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

7

Topic: Living in Spore: Q&A

thalia, tul maunya dket changi, mksudnya yg dlm kota/distrik changi.. trnyata changi itu bukan kota ya.. jadi kotanya singapura itu dmana donk? :) CMIIW itu apa ya?

trus gaji pbt kalo dijuml 265 + 350 = 615 sebulan? waow.. di sngapur ga pake rupiah kok ya (maklum kalo di rp in, gaji pbt+levy bisa 4jt sndiri..hehe

slesta pbtnya dr indo? agentnya namanya apa?

trus mnrt charissarhanie pbtnya hrs lulus tes bhs inggris gitu?
kalo ngga? apa bs lbh murah, hehe..

skrg kalo dikoreksi ilustrasinya jd begini:

1. housing, hdb di changi/bedok/pasir ris dg 2-3 kmr tdr = 2K
2.domestic expense + ART + other = 600 + 615 + 300 = 1515
3. family fees (medical dibayar 20% ) + uang sekolah = 300 + 200 = 500
4. transport = 200
jadi totalnya = 2K + 1515 + 500 + 200 = 4215

$ 4215 bisa jd angka minimal ya mam?

kalo tanpa pbt, bisa saving 600-an, hehe.. btw di spore ada mamang sayur yg suka lewat dpn rumah gak ya, ato minimal ada pasar modern kyk di bsd? :)

thanks

8

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa
memang syarat utk issue work permit ART itu ya salah satunya harus tes bhs inggris dulu. soal2nya sebenernya gak gitu susah tp agak tricky sih, setara soal bhs inggris SMP/SMA. contoh soalnya bisa diunduh di website resmi MOM.

dulu pengalaman mau bawa pbt sendiri, gak lulus tes inggrisnya (harus dilakuin maks 3hr setelah kedatangan dan punya kesempatan 3x mengulang dalam 3 hari berturut2) akhirnya hatus dipulangin deh.

Kl menurutku sih, kl misalnya berniat mau jadi stay at home mom, ga ada pbt jg kynya masih bisa kehandle. kl mau kerja baru deh kerasa butuh mainly buat jaga anak2 di rumah. soalnya bete sih biaya pbt cukup mahal disini, hehe.. oh iya, pasar tradisional gt ada kok disini, jgn khawatir :)

btw kl mau browsing harga housing disini bisa via propertyguru dot com dot sg ato iproperty dot com dot sg. happy hunting!

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

9

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa - stuju banget ama charissarhanie... utk stay-home moms, mending coba tanpa ART dulu. hidup disini lumayan mudah kok tanpa ART. ttg pasar dan supermarket, kalo tinggalnya di HDB complex pasti ada yang deket... deket banget pula, kayak dibawahnya apartment gitu deh.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa iya pbt gue dari indonesia. dulu kerja ama nyokap gue udah lama, trus diajakin kesini mau. anaknya masih muda jadi waktu diajarin bhs inggris (crash course ama bokap & suami gue), langsung lulus tes cuma 1x doang. gue pake agent yang sebenernya istrinya temen kantornya suami. tapi sekarang kayaknya udah gak in business lagi deh. soalnya terakhir kemaren gue mau contact untuk bantu perpanjangan work permit ART gue, udah ga bisa dihubungin. kebetulan suami gue juga udah pindah kantor jadi ya gak ketemu juga ama temennya.

dan iya gue juga setuju ama thalia & charissarhanie. hidup di singapore convenience kok, jadi sebenernya gak perlu pake pembantu unless kalo dirimu kerja. jadi boleh juga dicoba dulu aja. gue pun kalo ga ngantor kayaknya gak mau pake pembantu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Living in Spore: Q&A

bener jg apa yg disaranin ama charissarhanie, thalia n slesta.. secara finansial bisa hemat 4 juta-an rupiah.. hehehe

oya.. convenience gmn sih?
ga ada acara tangan nyemplung ke detergent/liquid cleanser gitu? atau pasar groceriesnya ada di lower groundnya HDB gitu? trus acara bayar ini-itu bs online via internet ato pake one bill gitu?
begitukah?

trus, buat megang anak (anakku yg kedua msh 11 bln, yg pertama sih udah 3,5 th) emang rada ribet.. mana kalo yg kecil rewel, yg gede ikutan caper.. atao kalo mau mandi, bingung mana yg duluan mandi kalo semuanya pd bangun, soalnya yg kecil gamau ditaro di box ato baby walker, hehehe...challenging job :)
btw, palagi baby sitter/nanny ya.. brp tuh gajinya kalo d spore, weleh2..

untuk charissarhanie, thx advisenya buat searching property di iproperty.. yg guru ak udah prnh search.. kalo boleh tau, dulu pngalaman pindahan pertama k spore gmn?

oiya slesta, kalo medical insurance package yg dari kantor itu sistemnya gmn? ato prnah dibahas di thread yg lain?

berarti kalo ilustrasi living cost per monthnya jadi bgini, make sense ga, menurut pnglaman moms?
1. housing, hdb di changi/bedok/pasir ris dg 2-3 kmr tdr = $2K
2. domestic expense + other (tv cable+internet+baju+toys)= $600 + $300 = $900
3. family fees (medical dibayar 20%) + uang sekolah (incl. transpor) = $300 + $200 = $500
4. transport = $200
jadi totalnya = $2K + $900 + $500 + $200 = $3600

untuk weekend, misalnya mau rekreasi ke pulau sentosa, brp biaya yg dibutuhkan ya?

thanks

12

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa ART yang dimaksud itu adalah yang megang anak, alias jadi BS juga.

untuk medical insurance, kantor suami lo (yang ternyata kantor gue juga.. hihi) mayan cover kok sebenernya. nanti suami lo mesti ngambil coverage lagi aja. mendingan tar kalo udah pindah, suruh tanya gue deh. heheheh..

oiya itu untuk housing, kalo nyari 3kamar, belom tentu bisa dapet $2K loh, kalo 2 kamar mungkin. tapi kalo 3 kmr rada susah tuh.

dan satu lagi, ketika pertama kali pindah, duit yang dikeluarkan akan besar. karena ga hanya duit rent tapi juga agent fee (biasanya 1/2 bln rent kalo sign 1thn kontrak, atau 1bln rent kalo 2thn kontrak), dan duit deposit (1bln rent kalo 1thn / 2bln rent kalo 2thn kontrak). jadi itu dikeluarin di depan akan gede banget.

trus yang dimaksud dengan transport itu, transport siapa? satu keluarga (termasuk suami) atau gimana?

untuk weekend, ya sekarang tergantung lagi.. mau dine out ato gak? trus kalo ke sentosa itu, mau ikutan rides ato hanya jalan2 aja? atau mau ke universal studio? kan tiketnya beda2. yang pasti kalo kesana ongkos transportasi nya extra karena harus naek monorail.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa wrote:
oya.. convenience gmn sih?
ga ada acara tangan nyemplung ke detergent/liquid cleanser gitu? atau pasar groceriesnya ada di lower groundnya HDB gitu? trus acara bayar ini-itu bs online via internet ato pake one bill gitu?
begitukah?


yak, semuanya... bills gue bayarnya pake giro. ada yang otomatis deducting dari account, ada juga yang bayar per bulan lewat internet/mobile phone. utk cuci2 pake mesin cuci. groceries all within walking distance.

kalo gue, pake pembantu yang datengnya seminggu sekali buat bersih2 rumah. jauh lebih murah.

ninit dulu tinggal di singapur, dengan anak yang umurnya kurleb seumuran ama anak2 mamanisa. dan dia ga pake pembantu sama sekali malah... coba aja tanya2 ama dia.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: Living in Spore: Q&A

Sorry ikutan nimbrung, mau share pengalaman temen aja nih. Temen gue punya anak 2, istrinya ga kerja n punya 2 orang BS + 1 orang ART. Nah, temen gue trus ambil tawaran kerja sementara di Swiss, jelas bisa pingsan kalo harus ngegaji ART di sana. Akhirnya mereka pindahan tanpa ada BS/ART. Dan survive kok selama 2 tahun kalo ga salah. Tapi begitu balik ke sini, ya balik lagi ke 2 BS + ART karena emang di sini tenaga kerja murah. Jadi menurut gue, kayaknya tergantung mindset juga ya. Kalo kepaksa akhirnya bisa juga hehehe...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Living in Spore: Q&A

otty oohh heaven sekali gak kerja, punya 2BS & 1ART #onlyinindonesia banget deh!!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa
emm, batasan convenience itu emang blur sih ya, kl gue dulu pindahan sini jauh sebelum punya anak dan suami ud disini duluan. dulu masih nyewa satu apt bareng temen2 sih, jd kita hire maid yg seminggu sekali datang bersih2. yg nyisa kerjaan kita ya cuman cuci, gosok, ama masak aja.

begitu hamil baru nyewa satu unit sendiri. urusan cuci baju, nyapu, ngepel, gosok, bersihin kamar mandi gitu kerjaan gue krn emang gue suka domestic chores ini sih. sisanya masak giliran suami/ bareng2. segitu sih menurut gue ud nyaman bgt. ini baru hire maid krn buat jaga anak aja sementara gue sehari2 kerja.

oh iya, ga usah terlalu khawatir bakal rempong ato anak2 rewel gmn sih, dari pengalaman temen2 yg disini, rata2 anak2nya malah bisa tiba2 jadi belajar mandiri gt dan ga terlalu nyusahin ibunya. mungkin lama2 ngerti kalo ibunya harus ngurusin apa2nya sendiri :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

17

Topic: Living in Spore: Q&A

slesta Emang #onlyinindonesia banget ya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Living in Spore: Q&A

otty wrote:
slesta Emang #onlyinindonesia banget ya :)


hehe.. thx otty 4 share.. jd inget kata pepatah, hujan batu di negri sendiri lbh asik drpd hujan emas d negri orang :)

19

Topic: Living in Spore: Q&A

setuju deh ama convenience versinya thalia n charissarhanie..
supermom nih pada.. hehe

ninit ya.. kyknya boljug buat referensi.. hehe, tar kutanya padanya..

20

Topic: Living in Spore: Q&A

jadi msh blm fix jg ya ilustrasiku slesta.. :)

dana buat ART/BS pending dulu ajah..

medical insurance ini kok msh blur.. suamiku call k slesta deh.. nmr yg bs dihub brp?

utk apt, insyaAllah dpt free rent apt sebulan.. jd bs pindahan lgsung sekeluarga.. trus nyari2 hdb for rent yg dket changi..

untuk transpor, itu buat suami. misal dpt hdbnya slesta yg dulu d bedok.. PP ke kantor yg di changi selama sebln.. masuk ga?

untuk ke p. sentosa, transpor costnya ajalah, brp ya monorail dr bedok ksana untuk 2 org dewasa + 2 balita PP.. (bisa aja tar bawa bento ke sana, kayak kalo camping di Ind.. boleh ga ya) :)

oh iya, last but not least....
Zakat masuk family fees ya? Dibayarnya kmana?

21

Topic: Living in Spore: Q&A

kalo tinggal di bedok, paling cukup untuk transport ke bedok MRT ato ke tanahmerah MRT. gak nyampe $1 tiap jalan, trus dari situ ada shuttle gratis ke kantor.

kalo ke sentosa gue ga tau brp naek monorail ato MRT nya.. soalnya jarang naek MRT dan sampe saat ini belom pernah naek monorail ke sentosa.. heheh.. yang pasti kalo balita sih biasanya masih gratis.

zakat nanti bisa dibayar ke MUIS website.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Living in Spore: Q&A

mamanisa
huahahaha, gue ga supermom kaliii.. Itu kan dulu, sekarang stl punya maid byk yg didelegasikan koo *blushing*

Nambahin buat trip ke sentosa, kl naek mrt itu semahal2nya dr bedok ke sentosa itu $2 sekian sen per adult (gak terlalu hafal krn skr tarif MRT ud based on distance instead of zoning area ky dulu), itu sampe ke harbour front/vivocity. dari situ naek monorail lg bayar $3.

alternatif lain, dari vivocity bisa naik shuttle bus ato jalan kaki krn walkwaynya ud dibuka.

slesta
wah, baru tau kl bayar zakat bisa ke MUIS. selama ini selalu transfer ke indo nitip bayarin :p

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

23

Topic: Living in Spore: Q&A

rani bisa kok. malah ada langsung calculator nya. tapi gue sih biasanya cuma bayar zakat fitrah yang ke muis, karena itungan harga beras yang dipake disini ama di jakarta kan beda. kalo itungan harga beras jakarta jadinya murah banget soalnya :P

kalo zakat mal, gue cuma pake calculatornya trus duitnya gue kirim ke indonesia aja. lebih afdol karena lebih banyak orang susah di indonesia yang lebih memerlukan :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

24

Topic: Living in Spore: Q&A

sLesTa wrote:
kalo tinggal di bedok, paling cukup untuk transport ke bedok MRT ato ke tanahmerah MRT. gak nyampe $1 tiap jalan, trus dari situ ada shuttle gratis ke kantor.

kalo ke sentosa gue ga tau brp naek monorail ato MRT nya.. soalnya jarang naek MRT dan sampe saat ini belom pernah naek monorail ke sentosa.. heheh.. yang pasti kalo balita sih biasanya masih gratis.

zakat nanti bisa dibayar ke MUIS website.


o bgitu ya.. ada shuttle gratis jg, asiknyaa..

o, MUIS itu MUI nya spore thoo, ic.

btw..
tinggal d bedok yg dket masjid, dmn ya? ak googling kok dptnya cuman msjid Kampung Siglap, at-Taqwa, dan al-Anshar...
apa banyak jg musholla2 yg g keliatan d google?
kan kalo masjidnya ga within walking distance, ada cost utk transpor k masjid ya..

25

Topic: Living in Spore: Q&A

sLesTa wrote:
rani bisa kok. malah ada langsung calculator nya. tapi gue sih biasanya cuma bayar zakat fitrah yang ke muis, karena itungan harga beras yang dipake disini ama di jakarta kan beda. kalo itungan harga beras jakarta jadinya murah banget soalnya :P

kalo zakat mal, gue cuma pake calculatornya trus duitnya gue kirim ke indonesia aja. lebih afdol karena lebih banyak orang susah di indonesia yang lebih memerlukan :)


emoticon-nya gbr slesta jd angel niy. T_T terharu..

beras 10 kg, hrga rata2 brp di spore?