Breastfeeding / Support Group

Articles

Baby Blues dan Kelancaran ASI

Baby Blues dan Kelancaran ASI

Sesuai dengan kondisinya, pasca melahirkan memang hormon-hormon dalam tubuh menjadi bergejolak dan tidak stabil. Hal tersebut dapat menimbulkan kegusaran dan perasaan mood terganggu bagi Mama yang baru mengalami proses persalinan. Banyak pasien datang ke saya berkonsultasi mengenai masalah ASI tidak keluar pasca melahirkan. Setelah ditelusuri dan dicari akar masalahnya, ternyata pasien tersebut mengalami baby blues.

#TUMBreastfeeding: A-Z Manajemen ASI Perah bersama F.B Monika

#TUMBreastfeeding: A-Z Manajemen ASI Perah bersama F.B Monika

The Urban Mama seperti biasa menyelenggarakan acara spesial tentang ASI dan menyusui pada bulan Agustus. Kali ini temanya tentang manajemen ASI Perah yang disampaikan oleh #TUMExpert F.B. Monika.

Suami, Pendukung Nomor Satu Istri dan Anak

Suami, Pendukung Nomor Satu Istri dan Anak

Menyusui bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil, tetapi juga membawa manfaat bagi kondisi ibu dan keluarga secara keseluruhan. Namun sering kali para ayah merasa 'terpinggirkan' karena image menyusui adalah bonding khusus antara ibu dan anak. Padahal ayah berperan besar dalam memastikan ibu berhasil menyusui si kecil.

Ciptakan Lingkungan Ramah ASI

Ciptakan Lingkungan Ramah ASI

Semoga lebih banyak lagi orang-orang sekitar busui yang selalu mendukung perjuangannya untuk memberikan ASI eksklusif. Saya percaya, lingkungan ramah busui akan membuatnya jauh lebih mudah memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati.

Happy Hour with Emeno

Happy Hour with Emeno

Awalnya Emeno hanya memproduksi daster menyusui dan baju rumahan, tetapi sekarang mereka makin berkembang untuk memenuhi kebutuhan para ibu menyusui yang aktif di luar rumah.

Tammy dan Alergi Susu Sapi

Tammy dan Alergi Susu Sapi

Menginjak usia satu bulan, kami menemukan Tammy buang air besar berdarah. Ternyata Tammy alergi susu sapi. Padahal kami berdua sama sekali tidak ada riwayat alergi. Kami mengganti susu untuk Tammy dengan susu sapi yang ekstensif hidrolisat tetapi kondisinya tidak membaik.

'Geologist Mama' Penabung ASI

'Geologist Mama' Penabung ASI

Kami memanggilnya Mamih. Mamih ini seorang ibu bekerja yang menurut saya luar biasa, karena dia bekerja bukan di kantor namun sebagai seorang geologist. Sampai saat ini Mamih bekerja di perusahaan tambang di daerah Kalimantan. Karena tuntutan, Mamih tidak mengajukan resign. Lalu bagaimana dengan bayinya?

Partner Pemberian ASIP

Partner Pemberian ASIP

Setelah gagal memberikan ASI pada Affan, saya bertekad untuk belajar lebih banyak lagi saat hamil Kianna karena tidak mau gagal untuk kedua kalinya. Kondisi saya yang inverted nipple menjadikan tantangan tersendiri saat Kianna belajar latch on.

Ruang Laktasi Baru

Ruang Laktasi Baru

Semoga semakin banyak kantor dan perusahaan yang peduli dan menyediakan fasilitas ruang laktasi bagi ibu pekerja yang sedang menyusui. Walaupun sederhana, yang penting ruang laktasinya aman, terjaga kebersihannya, kenyamanannya serta ada peralatan yang cukup.

Perjalanan Menyusui Dua Buah Hati

Perjalanan Menyusui Dua Buah Hati

Pengalaman memberikan ASI kepada buah hati saya dimulai di atas meja operasi, sekitar empat tahun yang lalu. Menyusui memang proses naluriah, namun diperlukan pengetahuan, persiapan, dan support system untuk dapat berhasil menyusui si kecil.