Breastfeeding / Weaning

Articles

It's About Time for Self-Weaning

It's About Time for Self-Weaning

Weaning with Love menjadi cita-cita saya sejak awal. Bagi saya sangat disayangkan sekali awal menyusui yang indah harus diakhiri dengan tangisan, kemarahan, penolakan dari anak karena dipaksa berhenti menyusu. Kebetulan sejak berusia 1 tahun, frekuensi Rey menyusu di siang hari memang menjadi berkurang terutama jika kami sedang tidak di rumah.

 Proses Panjang Menyapih Jonathan

Proses Panjang Menyapih Jonathan

Proses menyapih merupakan proses yang berbeda-beda untuk setiap individu, ada yang gampang ada yang susah. Pengalaman saya sendiri mungkin termasuk yang agak susah untuk menyapih Jonathan.

Weaning with Magic Words

Weaning with Magic Words

Sejak Caca menginjak usia 1 tahun, saya mulai memikirkan cara menyapih yang friendly dan tidak menyebabkan banyak drama. Saya berencana menyapih Caca saat ia berumur 2 tahun, tetapi tidak akan memaksakannya.

Menyusui Hingga Dua Tahun Lebih

Menyusui Hingga Dua Tahun Lebih

Dari membaca forum dan artikel tentang menyusui anak yang usianya lebih dari dua tahun (extended breastfeeding), ada beberapa poin yang ingin saya bagi di sini mengenai manfaat extended breastfeeding.

Weaning With Love: We Can!

Weaning With Love: We Can!

Ketika anak-anak tersapih dengan baik, yakinlah bahwa perkembangan mereka juga akan baik. Weaning with love adalah pilihan yang baik tanpa paksaan, tanpa merebut hak anak serta tanpa membuat kita para ibu merasa bersalah berkepanjangan.

Menyusui dan Menyapih Marsha

Menyusui dan Menyapih Marsha

Bagi saya, menyapih adalah perpisahan. Perpisahan yang pertama kali dengan si buah hati, saat kami sama-sama belajar melepas ketergantungan satu sama lain. Meski demikian, setelah menyapih pun Mama harus tetap menjaga bonding dengan anak.

Menyapih Mily

Menyapih Mily

Ketika Mily lahir Desember 2011 lalu, saya sudah berencana untuk memberikannya ASI eksklusif. Selama masa kehamilan, saya mencari tahu informasi yang berkaitan dengan ASI dari dari forum di situs The Urban Mama. Dari situlah saya mengetahui tentang weaning with love.

Menyapih Ketiga Putra

Menyapih Ketiga Putra

Punya tiga orang anak laki-laki yang mukanya hampir serupa ternyata tidak menjamin cerita menyapih yang juga akan sama. Masing-masing punya ceritanya sendiri yang berbeda.

Cukupkah Susu UHT Selepas ASI?

Cukupkah Susu UHT Selepas ASI?

Saat Yoona berusia satu tahun, saya mulai mencari tahu susu apa yang akan diminumnya selepas ASI nanti. Bukan berarti saya ingin cepat-cepat menyapihnya, tapi lebih pada mencari informasi dan mulai memperkenalkannya sedikit demi sedikit agar ia tidak kaget.

Menyapih Rara

Menyapih Rara

Akhirnya sampai juga kami ke akhir masa menyusui. Rara berhasil melewati masa-masa ASI eksklusif selama enam bulan dan terus menyusu sampai kini berusia dua tahun.