1

Topic: Alergi pada Bayi

Hai, mau sharring soal alergi pada bayi kayaknya belum ada yang ngebahas ya ? kalo ada maap ya, masih pemula . . :-D

anak saya Aidan, umur 3 bulan. dari umur 3 hari udah keliatan ada tanda-tanda alergi (oia saya & istri emang alergi juga) muncul bercak-bercak merah di wajahnya yang kemudian menyebar ke seluruh badan. setelah diselidiki ternyata ibunya baru makan ikan roa (aidan hanya menkonsumsi ASI). setelah kejadian itu istri stop makan ikan. tapi ternyata si bercak merah ini masih sering muncul walaupun g parah-parah amat kayak sebelumnya. nafasnya juga sering grok grok setelah googling sana-sini ternyata selain ikan ibunya juga harus berpantangan banyak hal lagi ; coklat,kacang2an, susu sapi, seafood, keju, mentega, telor, agar2, melon, semangka, timun mas, mangga, tomat, nangka, durian, anggur.

ada yang punya pengalaman kayak gini ? selain berpantangan makan itu ada cara lain untuk mengatasinya ? ditunggu sharringnya ya

Family must be priorited....!

2

Topic: Alergi pada Bayi

Hai A-dad, wow...another dad @TUM, welcome yaa =)

kalo pengalamanku, yofel juga alergi, tapi susu sapi (kebetulan emang mix formula, dan nggak ASIX). awalnya ketauan, sama, bruntusan sekujur muka, dan perutnya bunyi-bunyi terus setiap abis minum susu, plus sering sekali bersin. kebetulan, papanya emang punya riwayat alergi, makanya kata dokter kemungkinan anaknya alergi jauh lebih besar.
akhirnya kita switch ke susu Hypoallergenic, dan sampai sekarang untungnya alergi nggak kambuh lagi.

kalau untuk yang ASI, kebetulan sepupuku punya masalah sama kayak Aidan, babynya alergi coklat dan kacang-kacangan. akhirnya, emang nggak ada pilihan lain untuk ibunya selain berpantang..kecuali nanti setelah MPASI, kata dokter sih bisa sedikit demi sedikit dihilangkan alerginya...karena makin dewasa, biasanya anak makin tinggi imunnya dan nggak gampang alergian lagi =)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

3

Topic: Alergi pada Bayi

thank's superpippo :cool

oia tambahan juga ini baru baca dari situsnya children allergy clinic tentang manifestasi klinis yang sering dikaitkan dengan penderita alergi pada bayi. weh setelah dibaca nyaris 80 % ciri-nya aidan ada disana semua :( hal-hal yang kita anggap biasa ternyata bisa jadi adalah ciri anak alergi

Gangguan saluran cerna ; sering muntah/gumoh, kembung, cegukan, sering buang angin, sering ngeden/mulet, sering rewel/gelisah/kolik.

kulit sensitif ; sering timbul bintik/bisul kemerahan terutama di pipi, telingan, dan daerah yang tertutup popok, kerak dirambut.

lidah sering timbul putih (seperti jamur), nafas grok grok kadang disertai batuk, sering bersin, waktu minum ASI sering tersedak, sering berkeringat berlebih, sering minta minum berakibat berat badan berlebih.

oia ada juga ciri yang mulanya kita anggap 'kelebihannya'nya aidan yang ternyata juga ciri bayi alergi.

<1 bulan ; sudah bisa miring/membalikkan badan
<6 bulan ; tangan & kaki bergerak berlebihan, tidak bisa diselimuti/dibedong, bila digendong tidak senang dalam posisi tidur tetapi lebih suka posisi berdiri.

gara-gara saya & istri alergian, anak jadi ikut alergian (hukum positif ketemu dengan positif jadi negatif gak berlaku ternyata :D) kayaknya nanti kalo mo punya mantu harus dicheck dulu alergian apa engga :lol

Family must be priorited....!

4

Topic: Alergi pada Bayi

Welcome A-dad...:)
Rasya juga dulu alergi..tp krn asix bingung alerginya kenapa
Ternyata pas dicari tau, ternyata sabun mandi bisa jd penyebab alergi juga
Kita coba ganti sabun mandi nya ke sebamed...
Alhamdulillah langsung hilang bercak2 merah nya.
Setelah hilang kita coba pindah ke sabun merk lain tapi beda dari sabun yg pertama, ternyata muncul lagi lah bercak2 merahnya.
Akhirnya balik lagi ke sebamed sampe skrg rasya 2y.
*masih parno kl pake sabun lain

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

5

Topic: Alergi pada Bayi

Ysee, ah yaa..bener, sebamed emang aman untuk bayi alergi ya...yofel juga sempet pake itu (plus lactacyd untuk mukanya)...sekarang sedikit demi sedikit mulai diganti ke merk lain (tekor juga ya pake sebamed terus, hahaha)

A-dad, waaahhh bener ya berarti, yofel juga punya ciri yang seperti itu (kolik, buang angin, bersin, kulit sensitif). mudah-mudahan makin besar nanti makin berkurang alerginya ya...btw, info dokter juga, kalau udah MPASI, dicoba untuk sering ganti makanannya, karna kalau keseringan makanan tertentu, malah bisa memicu alergi...

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

6

Topic: Alergi pada Bayi

A-dad
Ciri2 ini :
Dari gumoh, waktu minum ASI sering tersedak, sering berkeringat berlebih
<1 bulan ; sudah bisa miring/membalikkan badan
<6 bulan ; tangan & kaki bergerak berlebihan, tidak bisa diselimuti/dibedong, bila digendong tidak senang dalam posisi tidur tetapi lebih suka posisi berdiri.
Sama bgt nih sama rasya.
Brarti ada bakat alergi juga yaa??
Smoga ga berlanjut deh.

O iya dulu pas mpasi ga bs makan kacang hijau..
Tp anehnya setiap makan kacang hijau lgs batpil
Pas diberhentiin, batpilnya sembuh.
Batpil gejala alergi juga kan yaa
Penanganan nya emang hindarin pencetus alerginya aja yaa?
Apa ada cara lain?


superpippo
Eh tp lumayan lho kl pake yg cair
Beli yg 1000ml, pake nya dikit2 aja.
Lumayan awet..bisa sampe 6bln.
*teteup irit:p

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

7

Topic: Alergi pada Bayi

wah baru nemu nih thread ini...
A-dad, bisa bagi link alerginya ga? kebetulan anakku (skrg 5 bln) dari 2 bulan ga seneng di gendong tiduran senengnya digendong berdiri.. Aku pernah nanya ke DSA-ku dia bilang karna klo digendong berdiri pemandangannya lebih bagus..Kebetulan aku juga ada riwayat alergi makanya aku waswas riwayat ini nurun ke anakku.. Thanks..

8

Topic: Alergi pada Bayi

Wah baru tau ciri2 alergi itu, thanks a-dad!

Diinget2 lagi, Nara punya ciri2 ini:
- sering ngulet (bisa ngulet 15 menit non stop, gue ngeliatin jam pas dia ngulet)
- ga bisa diselimutin (ini sampe sekarang)
- udah suka digendong duduk dari < 2 bulan

Apa hubungannya ya ciri2 di atas sama alergi? Tapi Nara ga ada alergi apa2 sih, gue makan apa aja ga masalah. Gue emang punya riwayat alergi sama penicillin, tapi sama makanan/minuman ga ada (kecuali sama yang rasanya ga enak :D).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

9

Topic: Alergi pada Bayi

A-dad wrote:
gara-gara saya & istri alergian, anak jadi ikut alergian (hukum positif ketemu dengan positif jadi negatif gak berlaku ternyata :D) kayaknya nanti kalo mo punya mantu harus dicheck dulu alergian apa engga :lol


hihihi, jadi ketawa baca ini... kasian ya istri jadi mesti pantang berbagai makanan.

btw, thank you for sharing ya, A-dad! baru liat nih ciri2 alergi seperti diatas. nolong banget listnya! aina dulu juga maunya digendong di posisi berdiri terus. untungnya ga alergian (tapi kulitnya rada sensitif dikit).

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Alergi pada Bayi

A-Dad, gue juga dah lama sebenarnya baca ciri2 alergi yang seperti ditulis diatas. Anak gue minum sufor dari usia 2 bulan. Emang sih tidak ada ciri2 alergi yang kulitnya langsung merah2, hanya saja ciri2 lainnya yang ada di Alun (buang angin, cegukan, keringat berlebih terutama di dahi, dll) ada. Dan gue pernah tanya ke DSA gue, jawaban dia : "kalo namanya pake susu formula bu, ya pasti ada aja efek-efek sampingnya. Kan ga sesempurna ASI sufor itu. Sama aja kalo kita minum obat, sembuh, tetapi semua obat pasti juga punya efek sampingnya yang ga bagus. Ga usah terlalu kuatir".

Based on jawaban itu gue terusin pake sufor yang sama untuk anak gue, ga ganti. Sekarang anak gue dah 5 bulan. Makin lama gue perhatikan, eh ternyata yah semua ciri2 itu hilang. Dia udah ga buang2 angin, cegukan, ngulet, gumoh, keringat berlebih etc etc. Alhamdulilah. Mungkin ada baiknya diperhatikan aja seiring perkembangan anaknya, A-Dad. Moga-moga alerginya ga terus yah....... :)

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

11

Topic: Alergi pada Bayi

ngomong2 soal alergi, pernah dibilangin sama DSA kalo ada tanda2 alergi sebaiknya pemberian makanan tsb (kalo pencetur alerginya makanan), ditunda sampe si anak umur 1thn (malah ada yg bilang 3 thn?!?).
tapi ada juga aliran lain yg bilang, terusin aja. kalo dihantem terus kan lama2 jadi kebal terus hilang.
nah lhoo... ikut yg mana nih?

12

Topic: Alergi pada Bayi

Nara juga bakat alergi nih sepertinya. sama tuh dia dulu doyan banget ngulet, trus cekukan mulu. Dulu pas Nara usianya hampir 4 bulan sempet konsul sama dr.widodo dari children&allergy center di rs bunda. Waktu itu saat dicek fisiknya sulit dibedain Nara ini alergi atau lagi pilek. Soalnya emang idungnya "penuh" lendir nafaspun grog2an.

Dikasih list pantangan panjang bener serta penjelasan lebih panjang dari A-dad.
Kemudian diminta balik 1 bulan kemudian...

hanya belom sempet ke sana2 huhuh

cuma semakin ke sini gw liat emang deh nih kayaknya emang alergi...contohnya pas nara belom makan, ada efeknya dari Asi ke dia. contoh kalau gw makan makanan mengandung tomat kaya spaghetti..nah nih bocah grog2an. Trus sekarang uda makanpun juga hati2, beberapa makanan emang harus dihindari kalo ga..kena rash kembali...dan nafas kembali grog2an.

Ada yang bilang kalo alergi makanan hajar aja biar ga manja..padahal kenyataannya kalo ga dihindari malahan bisa memperparah keadaan. Contohnya dari alergi yang menyerang pernafasan ...kalo terus2an dihajar...parahnya bisa nyebabin asma :(

tapi babies usually outgrow most of their allergies after they reach a certain age, tapi in some cases ga juga...

13

Topic: Alergi pada Bayi

NisaNara,
oooh.. gitu ya, bisa asma ya? tp kalo alerginya cuma rash (ngga grok2an gitu) gpp kali ya?
eia, ada yg pernah denger ngga sih alergi gitu kalo terus2an berkepanjangan ujung2nya bisa autis?

14

Topic: Alergi pada Bayi

riri Nah ini gue baru denger, masa bisa gitu? Soalnya DSAnya Nara bilang autis itu biasanya disebabkan waktu dari dalam kandungan, misalnya ibunya makan makanan yang terkontaminasi logam berat (kerang, ikan, dsb) n tertransfer ke janin.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Alergi pada Bayi

otty,
cuma pernah denger sekilas aja ty. makanya nanya di sini, kali2 aja ada yg pernah tau..

16

Topic: Alergi pada Bayi

Ysee ; wah patut dicoba ganti sabun juga, mudah2an merah-merahnya bisa hilang

superpippo ; hah ? lactacyd ? ini sabun buat kaum wanita itu bukan ?? :o

mayka_mays ; belum tau caranya ngelink :P cek disini aja ya
http://childrenallergyclinic.wordpress.com/2009/08/17/pencegahan-alergi-sejak-dini-kenali-gejala-dan-tanda-alergi-sejak-lahir/

otty ; mungkin kebetulan aja nara punya ciri yang sama alhamdulillah kalo g ada alergi :) anak sehat ibu senang

thalia ; iya sampai rada stres juga soalnya yang pantangan makanan kesukaan dia semua

imelda ; mudah2an juga aidan bisa kayak alun ya, alerginya ilang kasian anak istri euy :)

nisanara ; cek ke dr.widodo enak g? informatif g orangnya ?
katanya kalo ke RS. Bunda antrinya gila-gilaan ya ?

Riri ; kalo bikin autis kayaknya engga, cuma memperberat iya
cek disini http://childrenallergyclinic.wordpress.com/2009/08/17/pencegahan-alergi-sejak-dini-kenali-gejala-dan-tanda-alergi-sejak-lahir/

aidan lahir di Kemang Medical Care mungkin ada info DSA
yang juga menangani alergi disana ?

Family must be priorited....!

17

Topic: Alergi pada Bayi

eh ternyata itu udah langsung ke-link ya ?? jadi malu sayah :D

Family must be priorited....!

18

Topic: Alergi pada Bayi

A-dad, huehehehe iya baru nyadar lactacyd tuh ada yg khusus buat kaum wanita ya? kekeke....ini yang dimaksud tuh lactacyd baby, khusus buat bayi kok, tenang sajaaa =)

oiya menyangkut autis, ada penelitian jaman dulu yang bilang memang salah satu pemicu autisme adalah alergi terhadap makanan (terutama protein), tapi dokter jaman sekarang bilang nggak ada bukti pasti kok, dan masih diperdebatkan sampai sekarang. karena faktor utama pencetus autisme masih dibilang bersifat genetis...

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

19

Topic: Alergi pada Bayi

A dad informatif ko..selain di rs bunda dia ada di clinicnya di benhill..cuma sami mawon..antrinya lamaaaa,,sistemnya bikin appointment dan dapat nomor lagi pas kita datang....sistem first come first serve deh,,,

itu linknya dr A dad..web punya dr widodo kan ehehe...

selain dr widodo dokter alergi lain siapa ya?ada yang tahu?

20

Topic: Alergi pada Bayi

adaa juga treat yg ngebahas laergi pada anak.. :)

Anakku, Labib (19m) salah 1 pasien dr W ituh..br ketahuan alergi pada umur 1 thn. Inipun ketauan gara2 pilek dan batuk yg sdh 1 bulan ga sembuh2 tnyata setelah diselidiki suforny bener2 mimicu alerginya.

waktu umur 0-6 bulan (masih ASI) ga ketaun bakat alergicnya, setelah MPASI br mulai muncul berbagai masalah, mulai dr kulit punggung yg kering, timbulnya bintil2 di leher/mata, seringnya batuk pilek yg berkepanjangan. Saat itu aku ga aware kl itu tuh tanda2 alergi *emak yg telalu santey*.

Dan saat MPASI adalah neraka buatku, krn selama 4 bulan labib bener2 GTM, yg masuk cuma pepaya doang. Dan selama 4 bulan ini BBnya ga naik samsek :(

Setelah di bwa ke dr. W, baru ketahuanlah bhwa selama ini dy mengidap alergi. :(. Dr. w ngeliat dr kulit dan perutnya labib.

Mulai umur 12 bulan labib ngejalanin diet, ga makan ayam&turunannya, keju, kacangan2, coklat, ikan laut, yoghurt Tadinya aku mau pake metode "hajar" yg dilarang nti juga kebal tp tnyata begitu yg dilarang dimakan pasti bakalan bintil2 or batuk2.

Skrng dah masuk 19 bulan, sepertinya dah mulai menurun alerginya, krn pelan2 dah ku kasih ayam(cuma kaldu dan telur) dan dah ga ada efeknya di dy.

Kl kata dr. W sih seiring bertambah umurnya nti alerginya bakal menurun, dr w bilang titik amannya saat usia 3 thn. :)

Klinik allergic di RS bunda Margonda juga ada. nah aku pernah bca bahwa untuk ter allergic juga ada yg make metode deteksi gitu?mamas disini ada yg tau jelasnya?

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

21

Topic: Alergi pada Bayi

A-dad & superpippo,
thx untuk infonya soal alergi & autis :)

all,
kalo punya rekomendasi dokter alergi yg OK, tolong di review di forum Doctors & Specialist dong? biar gampang search-nya utk future reference. sepertinya Nay punya bakat alergi ni..

ok? ok? tia :)

22

Topic: Alergi pada Bayi

anakkku fay jg diduga alergi...kebetulan dia emang gak asi eksklusif...jadi waktu 2 bulan dimulai dari muka yg beruntusan n meraah banget...BAB nya keras kayak..trus klo tidur napasnya grok2 juga...setelah masuk 3 bulan aku konsul ke DSA...diduga katanya enzim yg ada di protein sapi ga cocok di anak gw..(gak gitu ngerti sih maksudnya apa)..kira2 ya alergi lah...jadi diminta DSAnya relaktasi..tp kurang sukses juga..walopun keluar ttp gak cukup...karena berat dia jg susaaah banget naiknya..akhirnya aku ganti pake susu hypoallergenic deh...cocok..napasnya bersih..tp kulitnya masih beruntusan..rupanya dia alergi salah satu produk..yg emang kata DSA itu termasuk keras..(yg kemasannya dominan kuning itu loh...ada gambar bayi berjambulnya:P)..trus disuruh ipar ganti pake sabun batang..jng sabun cair katanya...merek yg paling top dari jaman ke jama..JOhnson's..akhirnya semua kuganti pake itu...kulitnya bersih banget sekarang...sebenernya nyesel karena relaktasinya kurang sukses....malah skrg utk mempercepat beratnya naik..udah kukasih makan krn udah 4 bulan lebih juga...tp ya itu..jd gak bisa pake yg instant..bener2 harus masak sendiri....gak tau sih apa yg salah dengan yg instant...mungkin dia terasa gak enak jg..krn masih ada kandungan susu sapi jg...ada yg bisa rekomend ga susu hypoallergenic yg oke?

a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

23

Topic: Alergi pada Bayi

produk baby yg dominan kuning itu keras ya?pantes..labib pake itu kulit kepalanya pada kering2 semua..thxs inponya ya ibunyafay

susu hypoallergenic NaN HA bukannya bagus ya..

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

24

Topic: Alergi pada Bayi

riri, sama-sama, semoga membantu =) sampe saat ini belum ada info dokter alergi lain, kalo ada nanti dishare ya...

ibunyafay, yofel so far pake NAN HA, baik-baik aja...kemarin sempet coba merk lain, tapi kebetulan nggak cocok, malah mencri-mencri terus... sebenernya cocok"an bayinya juga sih ya...
keponakanku malah lactose intolerant, sama sekali nggak boleh minum susu sapi (dan produk turunannya), akhirnya konsumsi susu soya (isomil). so far baik, sehat, memang berat badan agak lambat naiknya, tapi kulit mulus banget dan alergi nggak kambuh lagi (plus, dia diterapi juga sama dokternya, terapi ion, tapi aku sendiri kurang jelas gimana prosedurnya, hehehe)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

25

Topic: Alergi pada Bayi

ibunyafay, nidya,
oo.. maksutnya Zwitsal yah?
btw, kalo Jhonson sempet di bahas juga di thread Baby Skin Care, katanya termasuk merek yg hazardous. coba deh intip2 ke thread itu. bahasannya mulai dr sini.
anakku kebetulan pake 22nya, J&J dan Zwitsal. jd sepertinya perlu extra ketat mengawasi tanda2 side effects nih..