1

Topic: Alergi pada Bayi

ternyata baby jaman sekarang banyak yang alergian ya...

anakku dua2nya punya bakat alergi, karena aku termasuk alergi terhadap apapun kecuali duit. :lol: maksudnya seafood n skin care. padahal aku berharap anak2ku ngikut ma ayahnya yang kulit badak :p alias mempan ma apapun.

Anakku yang pertama dilarang makan seafood n yang mengandung MSG.
Anakku yang kedua alergi gak ada sebab...tapi setelah kubaca thread ini dari awal mungkin penyebabnya sabun mandi ato ada residu sabun cuci (maklum ARTku bandel banget..)..

Tapi kalo pake sebamed harus pake sampe berapa tahun ya??? n pake sabun cuci apa ya yang bagus buat baby???aku pake sleek cair.

love my children so much

2

Topic: Alergi pada Bayi

waktu bayi Raka ngga ada alergi samsek. manifestasi tak kelihatan spt yang A-Dad sebut itu juga ngga ada. Pdhl kedua ortunya alergian. Wah sempat berpikir alhamdulillah, Raka terbebas dari alergi.. mungkin karena ASI sampai umur 3 tahun :)

Tapi di umur 3+ tahun Raka mulai ada reaksi alergi dingin (waktu itu pernah kaligata/biduran) trus suka bersin, kalau batpil sembuhnya lama, kulitnya pun kelihatan lebih kering.

Bisa gitu ya, bayi bebas alergi, trus gedenya mulai ada alergi

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Alergi pada Bayi

hi all, cuma mo nambahin aja, kalo mo ngobrol ttg alergi pada toddlers, ada thread yang lain ya... biar thread ini tetep fokus ke newborn dan babies :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Alergi pada Bayi

Waaah kalo baby faiz udah bisa miringin badan ke kanan di hari ke empat setelah lahir!!
Semua surprise sama 'perkembangan' yg cueepet itu..bundanya sampe tepuk tangan riuh..eeh ga taunya..wkt baca thread ini aku melongo :p

Hasil dr pemantauan dsa,baby faiz alergi,coz ortunya pnya riwayat alergi juga.aku alergi paracetamol,suami alergi ikan.sama dsa aku cuma ga boleh makan telor ma ikan laut.trus baby faiz kulitnya sensitif pula,pake sabun bayi biasa juga bikin alergi. :(
Akhirnya pake sebamed yg batangan,lebih baik tapi masih kering.
Pengen nyoba kasih lotion nya little softie mithercare sama liquid talcnya all we know MC jg,krn hypo allergenic.

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

5

Topic: Alergi pada Bayi

bundanegara
Aghnan pake Little Softie nya Mothercare.. So far so good ko. Aku juga pake itu karena hypoallergenic :) Aghnan itu musuhannya sama Zwitsal. Kebetulan aku memang pakeinnya sih hair lotionnya aja, tapi langsung kayak bruntusan di kulit kepalanya. Di berhentiin pake, langsung hilang.. Pdhl hair lotion itu terkenal bisa menebalkan rambut baby yah..

6

Topic: Alergi pada Bayi

Dadidedo, wah sama! Faiz juga musuhan sama switzal.
Sejak newborn,karena rambutnya tebal banget, tiap kukeramasin pake switzal pasti nangis,kukira lumrah lah bayi nangis.begitu dibotakin,trus keramas buat menghilangkan kerak kepala,nangisnya kenceeeng banget.Whuaaaa...kepalanya iritasi merah merah gitu.Bersalaaah banget rasanya.
Jadi sampe sekarang belum dikeramasin lagi,cuma dibilas air hangat waktu mandi.Belum beli shamponya :p
Kalau menebalkan rambut IMO itu genetik iaa..?
Aku jg udah beli hair lotion nya switzal,tapi belum sempat kepake.

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

7

Topic: Alergi pada Bayi

dadidedo, bundanegara
kok sama yah? dulu Soren pas bayi ketombean parah dan gatal banget mpe berdarah karna digarukin dia (umur 1-2 bln), kami semua mpe heran kok bayi umur segitu udah gape garuk2 pala... dannn, penyebabnya emang zwitsal shampoo.. sampe sekarang klo liat produk itu bawaannya sebel..

8

Topic: Alergi pada Bayi

Woops..barusan liat botolnya,baru nyadar kalo tu merk huruf Z nya yang di depan,S nya dibelakang.
Zwitsal gt ya hehe..salah nulis di atas.

Sisca, hihi..aku mah malah punya rencana make shampo nya :p
Daripada sia sia,biar emaknya juga bau bayi,biar ayah faiz juga suka nyiumin :p wkwkwk..

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

9

Topic: Alergi pada Bayi

Kayaknya untuk bayi dengan kulit sensitif shampo dan sabun zwitsal itu emang ga cocok yah....kalo gw ngerasa malah ga cocok untuk NewBorns..soalnya Nara waktu NB juga gtu. Akhirnya beralih pake sebamed..tapi pas uda gedean kembali lagi pake produknya ga masalah sih.

10

Topic: Alergi pada Bayi

NisaNara, umur berapa Nara mulai pake zwitsal lagi?

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

11

Topic: Alergi pada Bayi

Hmm lupa juga sih kalo ga salah mulai 7 bulan deh...waktu tu sebamednya abis lom sempet beli yawes pake yang ada aja eh ternyata dia gapapa gtu.

12

Topic: Alergi pada Bayi

hai,,, aku nu mom nih,,
baby baru 40 hari, punya masalah seperti baby alergic gt..
skrg masi ASI, ciri2nya sama spt yang A-Dad bilang.
Masalahnya aku tinggal diapartment, ga ada pembantu, ga ada baby sitter.
makan pun aku catering, jadi susah control and find pencetus alergi nya.

kalo consult ke dokter anak, dia cm bilang "itu biasa, gpp kok, nanti ilang sendiri" (kayanya perlu ganti dokter sih, since gak informatif).

saya skrg ampe kena sindrom baby blue, krn anak muntah terus tiap hari, bisa 2-3kali sehari, jumlah muntahannya pun banyak.. ASI aku pump taro di botol, jadi kan sedih mengingat perjuangan buat pump tiap 2-3 jam..

sorry aku newbie di forum spt ini, need lots of advice,, :)

13

Topic: Alergi pada Bayi

wah yg dialami baby liactk sama ama babyku, dan list yg dikasih A dad jg ampir semuanya dialami babyku. Dah 2 kali ke DSA berbeda, pertama2 dikasih Amoxan malah mencret, trus DSA satunya ksh RYVEL syrup ampe abis satu botol pilek tdk berkurang sama sekali. Dikulit timbul bisul2 merah kecil2 ama dileher ada kaya panu gitu :(. Membaca thread2 diatas aku jd coba2 mantang segala bentuk susu dan telor plus seafood, trus mandi pake sebamed ama lactacyd (mudah2an berhasil ya). Btw liactk disuruh pantang apa ama dr.WJ? trus dikasih salep apa? Mau konsultasi ke dr.WJ tp ayahnya bilang blom perlu :(

14

Topic: Alergi pada Bayi

ikutan ikutaaann...
Aysha juga alergian..mengerikkaannn...waktu umur 1 bulan awalnya mukanya yang merah..trus merembet ke badan..udah bukan bintik2 lagi..tapi yg kasar kaya ada lapisan plastiknya..lecet gitu deh full di badan plus leher...
tiap malem nangis kejer...ih kalo inget itu kasian banget..
ke DSA di Jkt malah dikasi bedak racik..malah tambah perih kali ya..
akhirnya ke dokter kulit deeeh trs dikasi hydrocortison dioles tipiiiissss..
alhamdulillah pelan2 sembuh...trus ganti sabun jadi sebamed..(dari yang awalnya keukeuh ga mau sebamed biar irit jadinya skrg harus full sebamed hikhikhikkk..)..katanya sih bukan dari makanan emaknya..jadi hajaarrr aja makanan apapun :P
trus..awal MPASI pernah napas grok2 gitu...ada yg bilang di salah satu milis itu bisa aja penyebabnya makanan dan anaknya dia napas grok2 gitu gr2 biskuit far*ey..wah..jadi mikir..Aysha juga sempet aku kasih itu...langsung deh dibrentiin tuh biskuit..eeehh bner juga abis brenti ga pernah lagi tuh Aysha napas grok2 gitu..hehe gatau juga ya apa bner gara2 itu.. :D
trus trus..(banyak yah hehe)..2 bulan yang lalu..Aysha sempet rontok rambut paling belakangnya sampe kaya botak gitu..aku pikir itu jamur (dooohh!)..ke dokter kulit lah..diperiksa ke lab..ternyata itu bukan jamur..kt dokter kulit itu bisa aja salah satu reaksi alergi..waaa apalagi ni...gatau deh alergi paan..sekarang sih udah tumbuh lagi rambutnya setelah dikasi obat n tonik..
yaahh begitulah nasip alergi..ilang disini..muncul disana.. :(

~Aysha's mom~

15

Topic: Alergi pada Bayi

Dear Mamas & Papas,

Spt janji saya beberapa waktu lalu, kali ini saya mau share keadaan terkini bayi saya yg juga mengalami alergi. Syukur, sudah beberapa hari ini bentol² merah spt eksim kering & jerawat bernanahnya sudah hilang. Bobo nya juga lebih nyenyak, ngga rewel, mungkin karena sudah ngga gatal² lagi. Yang saya lakukan hanya :

1) Sejak 2 minggu lalu saya coba beri dia susu NEOCATE. Beli di apotik M*l*w*i seharga 490rb - 1 kaleng 400gr. Berhubung susu Is*mil & B*b*l*c 1 yg saya beli beberapa waktu lalu masih ada, maka selang seling minumnya...Bangun tidur Neocate, 2 jam berikutnya Is*mil, berikutnya B*b*l*c 1. Begitu terus. Nda tau deh..berbahaya ngga ya kalo minum susu selang seling bgini ? Ada yg paham ?
kalo saya perhatiin dari pup nya, biasa aja, ngga jadi keras / encer... nafasnya juga ngga grok² lagi, jadi saya terusin aja.. ;-)

2) Sabun mandinya saya ganti, dari J&J menjadi D*t**l yg original batang bungkus hijau.

Demikian share pengalaman saya semoga bermanfaat tuk Mamas & Papas semua...


Salam,
:: Bunda Firzana ::

16

Topic: Alergi pada Bayi

Moms, barusan setelah bangun tidur di pipi dan kelopak mata Saifa (5m1w) muncul tanda merah seperti gatal, tapi aku coba elus Saifa ngga bereaksi (biasanya kalau terasa gatal, aku sentuh area gatalnya dia akan pegang tempat gatalnya trus garuk sendiri). Aku curiga ada alergi, tapi rasanya akhir2 ini aku ngga makan yang aneh2.. Oya, sebelum bangun tidur pipinya mulus banget ngga ada merah sama sekali, pas bangun tidur aja mendadak banget keluar merah2 gini :(

Dibawah ini foto2 kulit merahnya Saifa yang baru beberapa menit lalu kuambil. Kurang jelas sih ya..kalo penampakan aslinya keliatan lebih merah dari ini :( Menurut moms apa sudah perlu ditanyakan ke DSA? Atau ada yang pernah pengalaman sama model merah2 seperti ini dan tau kira2 apa penyebab dan solusinya? Please share ya..

http://i46.tinypic.com/e85wys.jpg
http://i46.tinypic.com/2r5zu5u.jpg

ummubebek bukan ibunya bebek, tapi umi-nya saifana dan irhabi :)
email & fb: [email protected]

17

Topic: Alergi pada Bayi

iffah,muka zahra juga suka merah-merah kayak gitu,tapi gak sampai sehari udah hilang,biasanya sih kena gesekan spreinya.coba diobservasi lebih lanjut dulu,anaknya rewel ato engga.mudah-mudahan saifa sehat selalu ya.

aku mau share moms,
zahra baru-baru ini ketahuan alergi protein kedelai.Gara-garanya aku cobain makan tepung gasol yg kedelai habis itu kulitnya langsung bentol bentol merah.terus pup nya jadi keras banget.zahra jadinya rewel.
Dari konsultasi dengan dokter di web aksi sadar alergi,cirinya zahra alergi protein kedelai, sampai sekarang belum pernah diperiksa secara langsung sama DSA nya sih.Tapi sejak pemberian tepung kedelainya dihentikan,alhamdulillah reaksi alerginya juga berhenti.

love zahra,berumon and books

18

Topic: Alergi pada Bayi

Lila: iya nih mungkin aku aja yang terlalu khawatir ya..coz rada kaget juga tiba2 timbul bercak merah dimukanya yang biasanya mulus :( Aku mau tunggu sampai maks 2hr kalau--na'udzubillahi min dzalik--belum ada perubahan atau malah makin melebar baru ke DSA. Makasih doanya Lil.. :)

Zahra kaya'nya memang ngga cocok ya sama kedelai, buktinya setelah diberhentikan alerginya hilang ya.. Kalau makan tempe atau tahu gimana Lil, udah pernah coba kasih belum? Duh..jadi agak khawatir nih..karena aku rencananya mau kasih MPASI pertama Saifa nanti pake Gasol Tepung Kedelai, soalnya aku suka banget sama apa2 yang hubungan dengan kedelai: soya, tempe, tahu, dll apapun yang dibuat pakai bahan kedelai *mmh..yummy..* Selama hamil dan ASIX aku sering makan kedelai2an gitu ngga ada pengaruh ke Saifa sih..jadi mungkin aman ya buat dia..

ummubebek bukan ibunya bebek, tapi umi-nya saifana dan irhabi :)
email & fb: [email protected]

19

Topic: Alergi pada Bayi

Kalo MPASI tahu ato tempe belum pernah aku coba,udah keburu parno duluan gara-gara kejadian tepung kedelai :(
Tapi selama menyusui ini aku sih sering makan tahu-tempe,zahra gak pernah menunjukkan reaksi alergi,kayaknya kalo lewat ASI gak pengaruh ke zahra
dari yg aku baca,alergi protein kedelai itu termasuk jarang,malahan biasanya anak yg alegi susu sapi kan beralihnya ke kedelai ya.dan biasanya alergi kedelai ini gak berlangsung sampai dewasa. tiap anak kan beda- beda ya fah.kalo kamu mau cobain tepung kedelai ya dicoba aja pake rule yg 4 hari untuk observasi.semoga aja saifah sehat selalu,gak usah alergi-alergian deh hehehehe :)

love zahra,berumon and books

20

Topic: Alergi pada Bayi

mama alesha - wah baru tau ada yang alergi kedelai... abis selama ini asumsinya, kalo lactose intolerant, larinya ke susu kedelai... kirain itu udah paling safe. ternyata engga ya? TFS ya lila!

ummubebek - aina juga suka gitu tuh, tiba2 merah. tapi sama kayak mama alesha, besok atau sorenya udah ilang lagi. tapi kalo persist 2-3 hari, mending tanya dokter deh.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: Alergi pada Bayi

mama alesha
dsa ku pernah bilang kedelai termasuk pencetus alergi yang umum juga.. :( Utg Aghnan gak alergi kedelai, soalnya semenjak nyusuin dia aku hobi banget sama yang namanya tahu tempe sama susu kedelai.

Sebetulnya alergi ini bisa hilang atau harus dihadapi seumur hidup anak kita ga sih? Bapaknya Aghnan dulu alergi Udang dan Kepiting, somehow pernah minum teh cina yang pahit, abis itu alergi nya hilang. Terus pernah denger juga ada teknik akupuntur yang menghilangkan alergi. Ada yang punya pengalaman ga soal ini?

22

Topic: Alergi pada Bayi

dadidedo Setau gue ada alergi yang bisa ilang kok. Temen gue anaknya alergi susu sapi, jadi waktu baru lahir itu wajahnya merah2 gara2 ibunya kan minum susu sapi. Tapi karena setelah diobservasi cuma keluar dalam bentuk merah2 yang ga mengganggu anaknya, temen gue lanjut minum susu sapi. Pas anaknya umur 4 bulan udah gpp. Ada juga temen bokap yang dulu alergi udang, dia cuek aja makan udang terus. Akhirnya gpp. Tapi mungkin ini tergantung sama reaksi alerginya juga ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

23

Topic: Alergi pada Bayi

anggi/dadidedo kayaknya tergantung bayinya...ada bayi yang outgrow alerginya seiring dengan kematangan sistem pencernaannya ada yang stuck with it all their life...tapi in most cases kalo susu banyak yang awalnya alergi susu tapi ntar pas 2-3 tahunan ilang sendiri

24

Topic: Alergi pada Bayi

Anggi/dadidedo:oooh jadi kedelai itu pencetus alergi yg umum ya? sama kayak thalia aku baru tau kalo kedelai bisa jadi pencetus alergi gara-gara kasusnya zahra kemarin itu,soalnya selama aku menyusui aku masih makan tahu,tempe dan zahra gak pernah ada masalah.Pas kemarin beneran dikasih tepung kedelai itulah baru aku ngeh kalo zahra ada alergi,terus aku cari tau di web aksisadaralergi dan katanya reaksi alergi kedelai bisa hilang dengan bertambah sempurnanya proses metabolisme tubuh bayi.CMIIW ya..

love zahra,berumon and books

25

Topic: Alergi pada Bayi

mama alesha
iyaa aku dikasih dsa ku kalau kedelai itu termasuk pencetus alergi. Aku so far makan tahu tempe susu kedelai Aghnan gak masalah. Gak tau deh kalau udah MPASI gimana.. Akunya deg deg an parah gini anak alergi an. Takutnya pilihan makanannya terbatas nantinya.
Semoga alergi nya bisa hilang seiringan dengan matangnya sistem pencernaan Aghnan yaa..

Otty
Iya bu, ada yang bilang dipaksain aja nanti lama-lama kebal. Aku mau cobain sih nanti. Kalau alergi nya sebatas beruntusan di muka dan gak gatal mau dicobain buat di paksain. Tapi kalau sampai bikin batpil dan gatal kayaknya gak tega aku :(

Nisha
kalau Nara masih alergi an kah bu?