1

Topic: Anak Takut Berjalan

Anakku dari 13 bulan akhirnya mau jalan sendiri tanpa pegangan, tapi kalo pergi2 ke mall, ngak berani di lepas, karena dia bakal jalan(lari) sana sini, muter2, gnak mau digandeng, setiap kali di gandeng pasti langsung jongkok.
Dari 8 bulan udah merembet dan aku kasih merembet di sofa bawahnya lantai keramik, tiap merembet, paling diawasin dari belakang(siap2 tangkap).
Kalo dia jatuh berkali2 di pantat kubiarkan, tapi kalo ampe beresiko jatuh kepeleset kena kepala, dipegangin, kadang bablas jatoh, nangis kejer kasih nenen, bener kita nya juga ngak boleh keliatan panik di depan dia.
Anakku jg tipe yg ngak kapok2, udah jatuh berkali2, gak kapok2 buat jalan, bisa lari jg.

Cuma susahnya dari dulu ngak pernah mau digandeng/ditatah(langsung jongkok), jadi pengen beli backpack yg ada tali di belakang, babysiawi ngak sih? ~curcol~

2

Topic: Anak Takut Berjalan

rencananya kl anakku udah bs lari jg mo beli backpack yg ada tali, drpd ilang hahaha :D

3

Topic: Anak Takut Berjalan

Ikutan nanya.. Anakku 15mos juga blum bisa jalan. Maunya merangkak aja.. Dititah aja gak mau, tapi dy merangkaknya cepet bgt.. Ngebut gt. Manjat tangga jago, pokonya jago manjat. Tapi jalannya belum.. Smpe dibilang kurang kalsium sama omanya. Apa bener yaa?? Huhu..

4

Topic: Anak Takut Berjalan

Hai semua,

Anakku (15mos) juga baru banget bisa jalan sendiri. Padahal dari 12 mos udah bisa jalan dengan pegangan satu tangan (aslinya sih dia yang narik tangan kita). Kalau diperhatiin pas sibuk main sendiri, dia suka bisa pindah posisi dengan lepas pegangannya.

Nah, seminggu terakhir ini aku coba sugesti dia pas nyusu menjelang tidur. Aku bilang kalau dia anak yang pemberani, berani melangkah sendiri untuk eksplorasi dunia. dll... Plus latihan dan terus motivasi, alhamdulillah akhirnya lancar.

Hmm..mungkin lebih pilih merangkak karena belum tertarik untuk jalan. Kayaknya anakku juga kemarin-kemarin begitu tuh. Soalnya kalo merangkak lebih cepet sampe, sementara kalau (belajar) jalan sendiri kan mesti jaga keseimbangan dulu. Kalau dari pengalamanku sih gitu.

Yang penting sabar dan bener tuh jangan panik/bereaksi spontan kalau liat anak jatuh. Semangat ya..

5

Topic: Anak Takut Berjalan

iya mom happy. ini skg lagi coba sugesti sebelum bobok. moga2. berhasil nih. emg merangaknya cepet bgt. naik tangga aja udah lincah dari 11mos.
thanks yaaaa..

6

Topic: Anak Takut Berjalan

Hai para mommies! Wah pas banget nih, anak aku juga lagi dalam tahap belajar jalan. Sampai saat ini sih dia semangat banget kalo buat diajak jalan. Apalagi semenjak aku beliin mainan hape walk a long. Mainan itu makin nambah semangat dia buat belajar jalan. Jadi mainan ini memiliki bentuk hewan gitu yang bisa didorong atau ditarik, karena si kecil baru belajar jalan jadinya dia lebih sering buat dorong. Mungkin buat mommies yang lagi punya problem ngajarin si kecil untuk jalan, bisa coba kasih dia mainan ini. Dengan bentuknya yang lucu kemungkinan si kecil akan tertarik untuk memainkannya. Bisa dicari di toko -toko mainan yang ada :)

-edited by mods-

7

Topic: Anak Takut Berjalan

Asik ada tritnya hihi..
Anakku setahun masih takut2 jln juga.. Malah kadang nengok dulu tkt2 gada yg jagain kl dia jatuh zzz.. Anw walk along itu semacem push walker ya? Aku mw beli push walker tp suamiku worry tkt bannya licin yg ada malah jatuh jdnya huhu jd masih pending deh.. Selama ini dititah2 aja jalannya, kdg merembet2 juga sih..

8

Topic: Anak Takut Berjalan

maltesers
wah... sama kayak salah satu kembarku dulu. Yang Kira dulu waktu belajar jalan juga kayak gak pede gitu, takut jatuh, liat-liat ada yang nemenin gak?, atau milih tempat empuk untuk mau pede jalan. Jadi kalau di karpet gitu pede banget. Tapi kalau di lantai selalu toleh-toleh ke belakang sambil ngomong ah..eh..ah..eh.. kayak minta bantuan.. xixixi.
Tapi setelah tahu kalau dia selalu diawasi ya lama-lama lancar juga sih jalannya..
Tiap anak beda emang. Kira sama Kara juga beda... :)
Kalau untuk walker, coba intip di thread all about walker, kali aja dapat rekomendasi yang lebih okay.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

9

Topic: Anak Takut Berjalan

baru baca dari awal...
Tiap anak memang beda2 ya.. tapi tetep aja ngeliat Alfred (12m) belum jalan agak ngerasa gimana gitu.. mungkin karena perkiraan nya dia bakal jalan duluan.. tapi ternyata malah cerewet duluan walaupun masih ga jelas ngomong apa...
Alfred memang good crawler sih... ngebut banget kalau merangkak.. tapi kalau jalan maunya dititah.. udah gitu belum bisa berdiri tegak.. agak2 takut juga sih kalau kurang ngasih ke stimulasi.. mana kalau lagi bareng kakek nenek nya dia suka digendong gitu...
sekarang sih baru mau nyoba kasih sepatu yang bunyi.. siapa tau dia jadi suka nyoba jalan dengan itu... pake walker dorong2an sih udah ngebut.. merambat juga udah sering di daycare.. malah udah naik turun sofa pendek dari umur 10m, tetep aja ga mau jalan skrg.. ngeliat kakak2 nya di daycare ama tetangga sebelah yg udah agak gedean sekitar 3 tahun lari2an juga cuek aja... yang belum dicoba sih sepatu dan embun... kalau belut, pilihan terakhir kali ya.. dulu adikku kena juga sama belut karena lama ga jalan2 :P

10

Topic: Anak Takut Berjalan

Mom aprilianti, ngeliat kakak2 yang lari cuek aja ya? Malah itu yang berhasil di anakku lho haha.. narik badan ke berdiri umur 7 bln, rambat2 umur 7-8 bln, tapi lamaa ga ada progress, berdiri sendiri pun ga mau. Sampe akhirnya pas umur 12 bln berani langkah 1-2, tp yg bikin dia bener2 lancar itu pas sy n bapaknya lg kumpul2 sama temen2 berkeluarga lain jd banyak anak2 tapi sudah usia balita ke atas. Di situ deh nael langsung percaya diri dan like magic jalan sendiri saat itu juga. Setelah itu lancar terus sampai sekarang ga pernah takut2 lagi

One of the most fulfilling thing.. Breastfeeding you, and watching you fell asleep..
https://hasiana.wordpress.com

11

Topic: Anak Takut Berjalan

hasiana,
ga berhasil... pas kumpul keluarga ada banyak kakak2 ny yang lari2.. dia tetep aja minta dititah sana sini biar bisa ikut lari2an...

12

Topic: Anak Takut Berjalan

Mom aprilianti, wajarr bgd moom kasusny kya ankku kook,,pas 12 bln masih takut (kata DSAnya, belum PD) pas 13bln baruu deh beranii,,udah gag lama lg tuhh mom,sabarr yaa (sabar ngejar2nya),,hihiiii

Deevahawk | triosagittarian

13

Topic: Anak Takut Berjalan

Iyaa mom udh ga lama kok.. yang pasti otot2nya udh berkembang dengan baik kan, tinggal tunggu keberaniannya saja. Milestone berjalan itu 14 bulan kok jd masi byk waktu hehe

One of the most fulfilling thing.. Breastfeeding you, and watching you fell asleep..
https://hasiana.wordpress.com

14

Topic: Anak Takut Berjalan

aprilianti, tenang aja, anak2 beda2 kok. Alfred sama dengan anak pertamaku, telat jalan tapi lancar bicara duluan, smentara anak kedua sebaliknya, jalan duluan baru ngomong, eh anak ketiga gabungan, cepet jalan cepet ngomong :)

hasiana, hihihi, mau ikutan nongkrong sama bapak dan temen2nya kali ya.. tapi kadang nggak diduga2 tau2 lancar jalannya ya.. anakku yang ketiga malah nggak pake proses merangkak, langsung tiba2 jalan..

setuju sama tarilestari, yang penting sabar :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

15

Topic: Anak Takut Berjalan

aprilianti setuju sama mama-mama diatas,tenang aja ma. Kalo aku baca,Alfred mau ya jalan dititah,jadi emang bukan ngga mau jalan.
Pengalaman anak aku juga beda-beda sih,anak pertama itu jagoo banget merangkak dan suka dititah,lebih duluan ngoceh daripada jalan. kalau anak kedua kebalikan,ngocehnya sedikit,lebih ke pendiem gitu,tapi di usia 11 bulan sudah jalan. Nah,anak ketiga ini ceritanya sama kayak mama zata kayaknya gabungan dari keduanya,lancar ngomongnya dan jalan juga cepat. Kayaknya dulu mas #1 sampai usia 14bln baru lancar lari sendiri. Yes,sebenernya anak2 dirumah kayak ngga bisa jalan gitu,pasti lari2 terus :lol:

hasiana Nael kayaknya udah ngga betah duduk anteng liat anak-anak lain main bareng ya :D

tarikestariOoo,Jareed jalan usia 13bln yaa.. Bener kok yang penting sabar aja dulu,nanti tau2 kaget anaknya ngga mau diem karena suka jalan/lari terus,hihi

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

16

Topic: Anak Takut Berjalan

Allo.. Salam kenal mama-mama.. Anakku umur 1 thn jalan 1bln, blm mau jalan.. Kata org hrs diurut gitu.. Bener ga yah? Kalo bener, mohon info dong ibu urut di Jakarta :)
Thank you..

17

Topic: Anak Takut Berjalan

Jojo Vega Hali ma,salam kenal ya :)
Aku dulu juga pernah denger kalo diurut bisa bikin lebih cepat jalan,tapi aku sendiri ngga nyobain sih.

Kalo dari yang sering aku baca dan praktekin supaya anak-anak cepat belajar jalan biasanya:
1. stimulasi pakai mainan,jadi mainan aku taro di kursi sejajar pandangan mata dia,trus aku pegang dari belakang dan lepas.

2. Belajar berdiri sendiri 10,20,30 detik dst.

3. Dititah atau nyamperin orang yang didepannya,jadi ada 2 orang dewasa yang membantu.

4. Kasih mainan yang bisa didorong,buat melatih cara jalan. Tapi kalo aku ngga pake mainan yang ringan banget buat didorong,takut ngejomplang.

5. Biasanya habis latihan jalan,anak-anak pasti aku pijat sendiri kakinya biar relax :)
Mudah-mudahan membantu yaa

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

18

Topic: Anak Takut Berjalan

Allo Mama Cindy, salam kenal..
Hmmm, masalahnya Jojo ga mau melangkah walau dgn mainan, berdiri jg sebentar..lalu duduk lagi.. Padahal pas 8-9bln seneng banget kalo diangkat unt berdiri.. Makannya sedih.. Hikz..

19

Topic: Anak Takut Berjalan

Jojo Vega berarti dilatih berdiri dulu aja ya ma. Main lompat-lompat mungkin?
Ajak main yang banyak berdirinya,mudah-mudahan bisa memotivasi Jojo untuk mau berdiri sendiri dan jalan :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

20

Topic: Anak Takut Berjalan

Thank you sooo much, Mama Cindy.. Hope Jojo bs cpt berani/willing unt jalan soon :) Amen..

21

Topic: Anak Takut Berjalan

Hai mom, mau sharing kegalauanku seminggu ini nih. Jadi 2 minggu lalu pas lagi di titah sama papanya, gita sempat jatuh gara2 dia sambil dititah udah pengin lari aja, akibatnya bibirnya berdarah dan bengkak. Untungnya sih besoknya bengkaknya udh kempes dan gak ngaruh ke selera makan atau lainnya. Cuma ngaruhnya dia jadi takut buat belajar jalan, berdiripun dia takut, dititah gak mau napak, dia cuma mau merembet. Mau ngajakin titah lagi masih agak gak tega, tapi takut keterusan dia gak mau jalan.

22

Topic: Anak Takut Berjalan

andariy
Wajar banget mom kalau gita jadi agak takut, tapi di stimulasi aja terus mom nanti lama2 jadi pengen jalan lagi deh.

Dulu Luke kebantu banget belajar jalan pake babywalker yang model dorong-dorong tuh. Dia bisa cepet banget jalannya pake itu karena seneng ngedorong. Sampe sekarang umur 22mos, udah lancar banget jalan dan lari tapi itu dorong2an masih jadi salah satu mainan favoritnya dia hehehe

23

Topic: Anak Takut Berjalan

andariy semoga Gita berani lagi untuk belajar jalan ya. Mungkin bisa pakai push walker seperti yang dibilang evaws

Push walker ini cukup berat sehingga gak akan membuat anak tergelincir, jadi kekuatan tangan si anak yang akan membuat push waalker bergerak

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

24

Topic: Anak Takut Berjalan

makasih mama evaws Honey Josep untungnya sekarang sih dia udah mulai mau jalan lagi, iya nih penasaran mau coba rental push walker, tfs ya mom

25

Topic: Anak Takut Berjalan

Anakku pas 18 bln baru mulai jalan sendiri.. Sblm2nya pas nanya ke dsa jg santai aja dsa nya. Pas 18 bln jg dsa nya biasa aja waktu dgr anakku baru mulai jalan sendiri tanpa ditatah..Waktu ketemu mama2 yg ngantri dsa, kt mama2 itu malah bagus buat otak klo fase merangkak nya lama :D Pas umur 20 bln sih udah jalan mulu ngga mo berhenti..ampe skrg umur 2 thn lbh jg masih hobi jalaan mulu. Ktnya sih klo ga pake dispo diapers bisa lbh cpt jln. Kyknya gt, soalnya emg anakku pake dispo trs sih..