1

Topic: Domestic Goddess

Namila,
Tinta di meja kayu itu pake air sabun bersihinnya. Sabun apa jg gw ga ngerti deh.. Hihi.. Mertua gw jawabnya gitu doang..''ya pake sabun...'', trus gw kan mu nanya2 lagi, sabun apa, caranya gimana, tapi ntar deh, tengsin haha..takut disangka begooo..hahaha..

Trus bersihin kaca itu pake kertas koran. bungkus pepaya juga pake kertas koran biar cepet mateng, katanya. Sayuran dan tomat pun dibungkus pake kertas koran, trus ditaruh di kulkas, katanya sih biar ga cepet busuk/basah. Entahlah. ada yg pernah coba?

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

2

Topic: Domestic Goddess

Izoel, Namila thanks tips nya.. akan dicoba bersihin bathtub pake sitrus. Biasa nya sih gue sambil mandi, sambil gosok2.. jarang mengkhususkan waktu buat bersihin kamar mandi doank *pemalasbgt...

Eka - butul tuu.. kertas koran jd serba guna yaa. Si mba ART jg suka bungkus2 sayuran biar lebih awet seger nya. Gue malah baru tau dari dia. *ketawan deh ngga pernah ke dapur :p

Ninay & Java's Mamma
@yuvitedjo

3

Topic: Domestic Goddess

@ eka
Sepengetahuanku sih kalau kertas (koran) itu kan menyerap air jadi sayurannya tidak cepat rusak karena basah/lembab.

Oh ya, moms. Ada yang tahu cara hilangkan bekas tinta cap/stamp di dinding? Aku kemarin coba bersihan pakai air tapi masih berbekas. Ibuku bilang pakai sabun cuci piring dan gosok pake sponge tapi koq catnya juga luntur ya?

4

Topic: Domestic Goddess

savitris..tinta ya, aku juga bingung nih. Tapi yang ini di baju suamiku. Padahal baju masih relatif baru. Sudah pake sitrun, sabun cuci piring, sabun mandi, detergen, jeruk nipis tetep ga bisa hilang. Denger2 sih ada laundry tertentu yang punya cairan kimia buat ngilangin noda tinta. Kalau mau bisa tanya tuh. Apalgi di Jakarta pasti banyak laundry yg bonafit :). Maaf ya kalau ga membantu.

Oya, aku juga pernah ngilangin noda di tembok. Ceritanya anakku nulis2 di tembok tapi pake tomat :). Aku bersihin pake lap dan sedikit air. Nodanya hilang sih, tapi catnya mengelupas juga. Soalnya cat tembok kan larut dalam air ya, jd menurutku itu penyebabnya

5

Topic: Domestic Goddess

@ indriani budi utami
Dulu pernah ada teman yang kasih tahu kalau bekas tinta di baju bisa dihilangkan pakai alkohol deh ta[i aku belum pernah coba sih karena gak pernah taruh bolpen di kanting baju.

6

Topic: Domestic Goddess

savitris..oh alkohol ya. Nanti dicoba deh, Dulu pernah beli di apotik alkohol yang 70%, mudah2an sih bisa ya. Nanti kalau berhasil aku update deh disini :). Makasih ya.

7

Topic: Domestic Goddess

Tentang noda jamur di kaca: coba gosok pake serbuk tembakau deh moms, aku beberapa kali pake serbuk tembakau untuk ngilangin jamur di kaca mobil dan alhamdulillah kaca kembali bersih kinclong.

Caranya:
- beli 1 pak rokok isi 12 atau 16 (tergantung butuh berapa banyak, semakin banyak yang mau dibersihkan ya makin banyak belinya)
- lalu puntung rokoknya dikupas2in ambil serbuk tembakaunya masukkan semua ke dalam wadah
- siram kaca yang hendak dibersihkan lalu ambil segenggam tembakau sambil digosok2an ke kaca yang sudah basah tadi
- setelah semua permukaan digosok tempel2in serbuk tembakaunya dikaca dan diamkan beberapa menit sampai kering
- setelah kering siram serbuk tembakau yang menempel tadi, bersihkan semuanya dari kaca dengan air dan koran sebagai lap-nya
- keringkan dengan koran, insya Allah noda2 jamur akan hilang atau bagi kaca yang jamurnya udah parah akan minimal berkurang

Saran: beli rokok yang isinya padat dan tanpa filter (andalanku: djisamsoe), bukan apa2 sih..cuma biar serbuk tembakaunya dapet lebih banyak dan ngga kena diskon dari si filter hehe.. :p
Dan kalau ada sisa serbuk tembakau yang ngga kepake simpan didalam tempat yang kedap udara biar ngga mubazir jadi bisa dipake untuk bersihin yang lain.

HTH ya :)

ummubebek bukan ibunya bebek, tapi umi-nya saifana dan irhabi :)
email & fb: [email protected]

8

Topic: Domestic Goddess

Eka, dicatat bu-pakai sabun. Bingung juga itu noda tinta di kayu lama lama samar. Entah karena sering kena pantul matahari dari jendela atau gimana tapi makin kabur loh. Ummu bebek, tengkyu...baru mau googling je tentang jamur di kaca ini. Oya kalau seledri saya ngawetkannya pakai almunium foil, sayuran lain dengan koran seperti eka sharing..ayo mom bagi2 tips domestik lainnya. Ada lagi nih, tabur baking soda di sampah dapur(potongan sayur, sisa makanan) niscaya aromanya agak tersamar.

hari ini adalah hari baik

9

Topic: Domestic Goddess

hi mamas,

ada yang tau gak klo baju yang kena noda luntur bisa diilangin gak ya? (noda lunturnya, bukan bajunya :p)

TIA

no matter whether you are a working mom or stay at home mom, every moms are great in their own way

meet me here http://bunzaky.blogspot.com/
follow me @Sindi_Puspita

10

Topic: Domestic Goddess

pernah punya pengalaman baju yg kena noda pulpen, caranya sblm dicuci noda pulpen di baju itu ditaburi bedak bayi, biarkan semaleman, setelah itu baru dikucek dgn detergen. Selama ini berhasil pake cara itu

naldi's mama, abank's wife and an employee

11

Topic: Domestic Goddess

bundazaky Kalo untuk baju2 yang kelunturan gitu biasanya gue pake Vanish, bleach untuk baju berwarna. Jadi nodanya hilang tapi warnanya tetep normal, ga kayak dicelupin Bayclin gitu... Sayangnya udah sekitar 3 taun ga ada lagi di Indonesia (setau gue), jadi harus beli di Singapore/Malaysia. Ada yang cair dan bubuk, tapi gue lebih suka pake yang cair.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Domestic Goddess

trias.kelly
wowww, baru tau ada cara kaya gini *catet*
TFS yaaa :D

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

13

Topic: Domestic Goddess

otty, wah Vanish ya? dicatet deh..kebetulan ada temen mo ke s'pore nih bisa dititipin *niat banget* thanks yaaa :)

no matter whether you are a working mom or stay at home mom, every moms are great in their own way

meet me here http://bunzaky.blogspot.com/
follow me @Sindi_Puspita

14

Topic: Domestic Goddess

trias.kelly- waaa, keren idenya! bedak2 bayi dari hadiah lahiran bisa kepake deh nih!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

15

Topic: Domestic Goddess

ummubebek,
wah baru tau kalo tambakau bisa buat bersihin kaca. tfs! :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Domestic Goddess

Moms,

Sharing please gmn caranya bersihin jamur dr baju / kain? Duh, kemarin kelupaan cuci anduk yg nyempil 1 biji, jamurnya di suatu bagian ajah, n bintik2 kecil gitu (titik kecil gitu deh)

Thanks b4

17

Topic: Domestic Goddess

moms ada yang tau cara ngilangin noda minyak di kertas gak. sharing dung... bukuku gak sengaja kena minyak rendang.. hiks

tukang ngedit yang lagi belajar masak, ngerajut, dan nerjemah ... sedang ngarep juga jadi ibu ^_^

18

Topic: Domestic Goddess

mamas,,,ada saran untuk mengatasi lalat?
thanks

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

19

Topic: Domestic Goddess

Piyut,
Wah... Lalat juga tuh, kalo dr browsing si katanya bau2an cengkeh bs, tapi uda tak coba ga mempan, soalnya lalat di sini musimam, kalo musim mangga pasti banyak lalat, ama musim jagung... Duh... Satu2nya cara di keplakin, pake sapu lidi (yg buat bersihin kasur) sampe uda jago, pasti dapet deh kalo ngeplakin lalat.

Heheh, ga mbantu yak.... *ngabur....* :p

20

Topic: Domestic Goddess

Piyut,
kalau aku pakai sticker yg ditempel di jendela.. trus lalatnya kalau mampir nempel deh.
eh tapi gak mempan juga, jadinya sama kayak Mei jordan dikeplakin.. palin enak pake yg raket setrum.. itu sampai berasap deh lalatnya hihi:)

ibu-ibu.. sekalian numpang tanya yah,
kalau cuci baju pake mesin, mending dipisah menurut bahan atau warna sih? idealnya sih pisah mnrt bahan dan warna yah.. tapi walah, ntar jadi berapa gilingan.. gak hemat air dan listrik.. jadi pgn pilih salah satu aja..

21

Topic: Domestic Goddess

mei jordan
iya nih,,apalagi yang tinggal di desa sepertiku.. banyak pohon dan buah2an. Pas lagi pada berbuah,,lalatnya ikutan eksiis...

fanny
iya..udah g mempan. Dikeplakin aja kali ya..sambil olahraga

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

22

Topic: Domestic Goddess

piyut wrote:
mamas,,,ada saran untuk mengatasi lalat?
thanks


Lalat bisa diusir pake biji cengkeh. Kalo aku gag suka naro lilin-lilin gitu soalnya, jadi demennya pake cengkeh ajah. Bisa ditebar sedikit di sekeliling meja, ditaro di mangkok, ato kalo mo dibuwat seolah-olah center piece meja, tancep-tancepin ajah di kulit jeruk jadi kliyatan gaya getuh :)

Desperately want to be 'Emak Asik' for her children
Suka nyampah di @ http://meettheprabandono.blogspot.com

23

Topic: Domestic Goddess

kompor bisa dibersihin pake baking soda. Just info ajah, ni ada link apa aja kegunaan baking soda...hehe aku bookmark soalnya.

http://www.bellybytes.com/articles/bakingsoda.shtml

@Indriani budi utami: oooh citrun zoor yang cap kupu-kupu itu bisa ya? sering banged liyat tapi bingung buwat apaan. tengkyu mba indri, situ pinter dweeeh :p

Desperately want to be 'Emak Asik' for her children
Suka nyampah di @ http://meettheprabandono.blogspot.com

24

Topic: Domestic Goddess

nurchasanah, klo saya sih ada noda minyak di kertas, suka saya kasih bedak. hehe. ga bgitu ngaruh sih, tapi ya lumayan. trus bikin kertasnya jadi wangi. :p

Indah Prabandono, oh, bisa pake biji cengkeh ya. coba aah. *banyak lalat di rumah. eh tapi dmn belinya ya?

@dyaharini

25

Topic: Domestic Goddess

@ dyaharini
Cengkeh sih di pasar atau supermarket. Biasanya di bagian bumbu dapur kering. Kalau di supermarket sih dijual per kantong gitu.