1

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

moms,
saya melahirkan anak pertama di bandung (rsb hermina). padahal dari awal dokter kandungan udah di jakarta... karena suami waktu itu tugas kantor ke bangkok, jadi 'ngungsi' di kota orang tua tinggal. jadi, cuma sekali dateng ke dokter kandungan, kunjungan berikutnya udah melahirkan.

melahirkan pertama kayaknya heboh soalnya semua ada. suami (alhamdulillah bisa pulang), ortu, mertua, uwa, sahabat... pada dateng :)

bedaaa banget sama yang kedua.
yang kedua, sendirian aja di kamar bersalin. suami juga bolak balik antara ruang bersalin sama ruang tunggu karena anak pertama nunggu di sana (yang masuk ruang bersalin cuma 1).

trus kalo anak pertama, suami ngeliat apa yang terjadi 'down there'... dan kayaknya agak agak ngeri dia. nah yang kedua, dia sama sekali ga mau liat. hehe...

trus baru tau ya ternyata kalo melahirkan anak setelah yang pertama itu prosesnya cepet banget (alhamdulillah). kata susternya: 50% discount! :) jadi kalo melahirkan anak pertama 8 jam misalnya, yang kedua kira2 4 jam.

oh ya, saya melahirkan dengan proses normal.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

Hi all,,

Aku lahiran c-section.. Pengeeeen banget lahiran normal.. Karena keadaan ngga memungkin kan yasudah jadi nya operasi deh.. Gw inget mulai bersa nyeri2 tuh hari jumat siang.. Di tungguin ampe minggu subuh cuma nyampe pembukaan 2.. Padahal udah di induksi segala.. Yawda, akhirnya jam 8 pagi operasi.. Fadhil lahir jam 8.35 tanggal 22 maret 2009.. Alhamdulilah bisa IMD and ASIX ampe sekarang.. :)

Follow me @dleebs
My Personal Blog: http://dleebs.wordpress.com

3

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

ChiQue - wah sama dong... pengennya normal, apa daya ga bisa...

aku awalnya normal. pake induksi sih, soalnya air ketuban udah tinggal dikit. udah ngelewatin ampir semuanya... malah, rambut dan jidat anak udah bisa dipegang, dan kadang2 keliatan. trus... nyangkut. yah.

ternyata, aina posisi kepalanya menengadah, bukannya nunduk. jadi lingkar kepalanya ga muat di lubang tulang pinggul. udah pake vacuum dan ditarik, tetep nyangkut. akhirnya emergency c-section. untungnya, suami ikut terus, termasuk di ruang operasi (makasih banget buat suster2 dan dokter2 yang ngebolehin)....

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

wah ga kebayang deh moms yang ngelahirin dgn melalui berbagai cara dan akhirnya c-section. maksudnya, pasti ngelewatin semua sakitnya kan. induksi iya... vacuum iya... kontraksi aja rasanya udah sakit bangeeet :(

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

untuk urusan melahirkan, mungkin aku termasuk yg beruntung. melahirkan enzo kontraksi cuma sekitar 2 jam, waktu melahirkan dante malah gak nyampe 1 jam (sekitar 45 menit). melahirkan normal. mungkin mudah bgt karena ikut senam hamil n banyak jalan kaki.

melahirkan enzodante di klinik harapan bunda - dr.bambang soehardijanto di metro margahayu bandung.

buat yg tinggal di bandung timur, klinik khusus kebidanan HB ini direkomendasikan bgt.

Aku pilih klinik ini krn dekat dr rmh, fasilitas lengkap, suasananya homy (kayak penginepan gt, jd gak berasa kyk rumah sakit), makanannya enak2, dan biayanya murah (untuk lahiran normal <4jt rp dan utk operasi sc max 12jt rp, tmasuk biaya rawat skitar 3 mlm) murah kan? hehe.

aku jg ikut kelas senam hamil dan pijat bayi yg biaya/visit hanya rp.7.500 untuk durasi kira2 1jam + semangkuk bubur kacang ijo utk kls senam hamil, + kosmetik bayi & dispo diaper (dari sponsor) utk kelas pijat bayi.

karena kondisi memungkinkan; ibu dan anak sehat, maka EnzoDante bisa IMD dan rawat gabung.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

6

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

Hi semua! Salam kenal ya :)
Aku melahirkan Mika melaluli proses C-sec, alasannya air ketubanku udh tinggal 70% pdhal blm ada pecah ketuban atau apa. Tdnya mau minta diinduksi, setelah di CTG, detak jantung Mika gak memungkinkan katanya utk induksi, takut tambah stress didlm. Alasan lainnya karna aku pernah di lasik jd khawatir retina lepas waktu proses mengejan (belakangan ternyata gak ada hubungannya kok pernah lasik sm proses ngelahirin alami, tmnku yg udh pernah lasik jg ternyata gpp tuh lahiran alami, babynya besar pula 3,8kg). Makanya nanti klo melahirkan anak ke2 insyaAllah aku bertekad harus alami :)

Alhamdulillah walopun lahir melalui C-sec Mika IMD dan bisa lulus ASIX, dan sampe skrg usianya 14bln jg msh ASI tanpa tambahan sufor. Jd proses C-sec gak menghalangi buat ksh ASI kok ;)

7

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

dari awal gue pun kekeuh mesti lahiran normal. dan alhamdulillah terlaksana kan. dan prosesnya pun mayan cepet, walopun anak pertama. buat gue, proses lahiran itu sakitnya ga ada apa2nya dibandingkan proses breastfeeding.. i'm lucky i guess..

oya, yang pasti, sakitnya ga terlalu berasa karena gue "cheating" alias pake epidural. but it was worth it.. ga kebayang deh kalo ga pake epidural secara gue kalo mens gak pernah sakit. jadi ga tau rasanya kram perut itu gimana. katanya dengan begitu, tolerance level gue ke pain jadi rendah banget. makanya sakit kontraksi dikit aja, kayaknya udah gimanaaa gitu. gue mikirnya udah tinggal brojol, pas dicek taunya cuma bukaan 2.5!! :lol:

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

salam kenal semua,

Maret 09 lalu gue lahiran normal di RS Puri Cinere, Depok dng bantuan Dr. Aswin Sastrowardoyo. Due date 21 Maret, anak gue lahir 19 Maret. Pas! Dr kehamilan usia 36w kepala sudah ngunci, kt Pak Dokter ini hasil gue selama hamil jalan2 kemana2..naik TransJakarta PP ke kantor..yg otomatis bikin gue banyak gerak krn naik-turun jembatan. Selasa malam mulai kontraksi walaupun blm teratur, gue pun masih bisa tidur nyenyak. Rabu pagi mulai teratur tp jarak masih jauh dan karena gue ada utang kerjaan (freelance di rumah), gue asik2 aja tuh ngejar deadline smp akhirnya Rabu siang semakin intens dan minta suami pulang cepat. Berdasarkan pengalaman nyokap, gue maksain makan utk cadangan energi..well, ga maksa sih..sukarela :D hehe.

Jam 17.30 ke RS. CTG bla bla ternyata baru bukaan 1 dan sukses disuruh pulang (untung jarak rmh-RS cuma 1 km). Di rumah kontraksi makin intens dan jam 22.30 gue blk lagi ke RS..sama spt slesta, gue pikir udah banyak bukaannya krn rasanya pengen tampar2in orang..eh baru bukaan 2 dong. Bukaan 2 bertahan smp jam 00.00 dan tiba2 aja jam 00.30 tu bukaan ngebuuuut..tiba2 gue pengen ngeden, nyokap bingung krn itu berarti bukaan udah di atas 4 atau 5..minta cek dalam ternyata udah 6..eh pas tu jari bidan masih di dalam...ada bukaan lagi...tiba2 udah 8. Bidan lari2 ke ruang sebelah buat telp dokter (yg memang minta ditelp stlh bukaan 8), kembali lagi udah 9 dan didorong ke ruang bersalin.

Gongnya adalah bukan pas anak gue keluar melainkan pas gue tiba2 disuruh ngeden pas dokter blm siap (msh ganti baju) ternyata oh ternyata gue disuruh pup di depan orang banyak!! Utk menambah penderitaan gue..bidan ada yg semprot2 pengharum ruangan pula :D). Dan entah ngeden yang ke berapa kalinya..Igo lahir. Bener apa yg dibilang orang2..setelah anak keluar, semua sakit ga berasa lagi. Ajaib!

"If evolution really works, how come mothers only have two hands?"
~Milton Berle~

9

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

aku melahirkan normal. kontraksi dari jam 12 malem, ke RS abis subuh (udah bukaan 5). bukaan lengkap jam 9 pagi. anakku lahir jam 11 siang. Sakitnya? jangan ditanya.. suakit buangeeeeetttt...

And thelilsolder is back. Fire!

10

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

Wah, saya gak punya pengalaman yang sama, secara saya lelaki dan tidak merasakan.
However, saya disamping istri saat ia melahirkan anak pertama dan kedua kami, both melalui proses normal. Kita memang targetnya normal, karena selain lebih murah (hehehe...) juga karena recovery timenya lebih cepat.

Anak pertama kami lahir dengan proses labor selama hampir 12 jam, sedangkan yang kedua tidak lebih dari 2 jam. Dari dua kelahiran anak kami ada beberapa pelajaran yang saya tangkap:

1. Senam hamil is useless. Lebih baik berenang dan menguatkan otot paha. Tidak ada satupun proses nafas atau hal yang dipelajari saat senam hamil akan diingat oleh istri saat labor, dan mencoba mengingatkan istri cara melakukan proses tersebut (breathing, positions, etc) sama dengan cari mati. Ini confirm dengan cerita suami-suami lain.
2. Untuk para suami, latih jari2 anda, terutama yang bakal megangin tangan istri.
3. Bawa tripod.
4. Make sure setelah lahir dan bersihkan, kejar itu bidan/suster dan minta bayi langsung menyusui ibu. Banyak kasus bayi langsung dibawa ke ruang bayi dan diberi susu formula.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

11

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

urban papa, I have to disagree with you soal senam hamil :D. Beda orang beda pengaruh sih sepertinya ya. Buat gue, walaupun hanya ikut satu kali, cukup mendapatkan pelajaran utk persiapan melahirkan. Tp soal olahraga renang & menguatkan otot paha, setuju banget. Soalnya ini bener2 pengaruh pas di ruang bersalin..kl ibu hamil yg ga pernah olahraga pasti kaku2 deh. Salam kenal ya!

"If evolution really works, how come mothers only have two hands?"
~Milton Berle~

12

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

waktu lahiran gue juga normal.. bukaan 1-nya lamaaa banget!
gue mikir kalo tiap bukaan mesti di "periksa dalem" sama susternya, mending gue pulang sambil nunggu bukaan. apa daya pas balik ke rs bukaan cuma nambah jadi 1,5! induksi deh terpaksa..

nunggu induksi di rumah, gue harus berhadapan dengan kontraksi yg bener2 nyut2an bgt..
cuma gue keukeuh belom mau ke rs karna yakin ni bukaan blm banyak.. tapi berhubung akhirnya ngga tahan, baliklah ke RS.. tengtereeeng.. korek2.. masih bukaan 2!! pasrah deh abis itu..

tiap jam di cek bukaan dalam, rasanya seperti tidak perawan utk kedua kalinya (lebaay..)
akhirnya setelah kontraksi terus2an 13jam, gue pake ILA.. (bisa dipake setelah bukaan 5 kalo ngga salah)..
wah enak bgt abis itu, ngga berasa kontraksinya, bisa istirahat kira2 sejam sampe akhirnya gue ngerasain ngiluu di vajeyjey gue..

paniklah gue, gue nanya suami "kok ngiluu kan pake ILA"
(giliran udah ILA bukaannya cepet.. baru mau istirohat)
suami gue manggil suster, ternyata kepala bayi gue udah diujung boo..
pas bgt dokter kandungan gue yang ganteng nyampe.. (tebak2 siapa dia?)

"ayo bu, praktekkin senam hamilnya" kata suster..

2 kali mengejan keluar lah malaikat kecilku..
(banyak yg bilang senam hamil ngga guna, tapi kalo kita tenang, pasti berguna kok)

karna ada masalah dgn babyku jadi ngga bisa IMD,
tapi sampe sekarang anakku masih ASI & berhasil lulus ASIX, alhamdulillah.

13

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

kayaknya kalo mau bahas ttg senam hamil, mendingan di bikin thread sendiri aja yaa.. silahkaann!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

baca2 di thread ini jadi inget nyeri2 pas mau melahirkan.. :)
dulu melahirkan chise, ke RS karena ada keluar noda seperti darah disertai cenut2 jadi udah deh berangkat ke RS. Sampe sana periksa dalam ya ampunn sakit sekalee..dann tidak ada bukaan dsuruh pulang..sore dateng lagi karena kok dah mules2..cek dalem lagi baru bukaan 1 uhh disuruh pulagn aja (rumah emang ga jauh sih)..jalan2 kerumah tante liat tanaman barunya tp kok mules dirasa makin jadi tp malu dah bolak balik RS 2x akhirnya ditahan-tahan..perjalanan balik kerumah, mules bgt eh baruuu aja masuk rumah eh pecah ketuban. ga lama muless mpe meneteskan air mata deh tidak ada lagi senyum senyum...

dengan seneng walau nahan sakit pasti dah bukaan 6 lah, eng ing eng cek dalam lagi (ada ga yah metode selaen masuk,sakitt) baru bukaan 2 saja..ohh tuhan, tapi karena udah pecah ketuban dulu harus udah siap2 di kamar bersalin deh..ditunggu 5 jam ga maju-maju bukaan, induksi deh..langsungg 15 menit kemudian itu nyeri2 jadi dasyatt sekali....alhamdulillah cukup 45 menit induksi, bukaan lengkap melahirkan deh..

oia aku dulu ga senam hamil sih, banyak jalan kaki pagi tapi ga boleh ngoyo sih secukupnya aja :D soalnya pas hamil besar gitu wah nafas aja cukup ngos2 ya :D

15

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

Hai semuanya salam kenal ...

Saya ngerasain duan duanya .. anak pertama melahirkan normal tapi pake induksi dan sebelumnya gak ngerasain yang namanya mules mules tuh .... check in di RS, di induksi karena sudah kelebihan waktunya dan baru satu jam kemudian kontraksi ... tapi prosesnya Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan cepat banget ... gak sampai satu jam Aqeela sudah lahir :)

Anak kedua C-Section .... buat aku it's still a good thing karena anakku posisinya melintang sehingga bisa dilahirkan di 8/8/2008 he he he he he .... blessing in disguise ....

Insya Allah yang anak ketiga ini harus C-Section (he he he he kebobolan) karena jaraknya yang terlalu dekat dengan kehamilan kedua ...

Buat aku dua duanya sama sama berjuang ya dan dengan cara apapun melahirkannya tidak mengurangi kodrat kita sebagai ibu :)

16

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

Klo aku lahiran lewat c-section. Sebenernya pengen banget normal, tp pas kontrol terakhir (39w) tekanan darah agak meningkat...udah gitu terbentur liburan natal + tahun baru, daripada beresiko, ya udah malam itu juga (24 Desember 2008) harus masuk ruang operasi.
Alhamdulillah walaupun sectio, aku bs ngerasain Inisiasi Menyusui Dini walaupun gemeter ky kedinginan banget, dan akunya ngoceh2 nggak karuan akibat efek obat bius :-)
Kalo punya anak lagi, dan jaraknya lebih dr 2th sih aku pengen banget bs lahir normal atau waterbirth, dan mulai skrg aku udah baca2 referensi vaginal birth after caesarean (vbac).

?Mamanya Nevan?

17

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

gw lahirannya C-Section. Dari awal sih rada ragu2 juga utk normal. soalnya takut udah usaha untuk normal, ehhh teteup musti C-sec jdnya malah dobel sakitnya. Tapi ternyata emang ga dikasih buat lahiran normal. Krn ternyata sebelum wktnya lahiran, ketuban gw sebenernya ngerembes. gw kirain ngompol, otot2 V gw udah ga bisa nahan pipis. hari ke 3 gw demam sampe 40 derajat. langsung deh ke dokter. ternyata oh ternyata ketuban bocor. me and jabang bayi kena infeksi ketuban, jadi musti di operasi. saat itu juga gw dikasih suntik utk nurunin panas demamnya supaya besok pagi2 bisa dioperasi.

18

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

waktu ngelahirin omar aku ngelahirin secara normal..omar lahir lbh cepet 2 minggu dr

perkiraan dokter.jadi waktu itu aku lg mudik lebaran ke bandung biasa deh klo lg ngumpul

maunya kan jalan terus apalagi waktu itu film laskar pelangi lg heboh2xnya jadilah nonton sm

keluarga besar suami..sepanjang ntn perut mules bgt aku kira karena kelaperan karna aku

kan puasa tapi abis buka puasa kok masih mules suami ngira masuk angin.mertua blg bawa

ke rmh sakit hermina takut ada apa2x tp sebelum ke rmh skt msh sempet bli es krim sm

mashmallow hehehe

sampe hermina lgsg ke bag pendaftaran pas mbaknya nanya keluhannya apa aku blg mules

mau ngelahirin lgsg dtg bidan dan kursi roda hehehe

di cek bidan ternyata udah bukaan 2 omg gak ada persiapan apa2x semua brg bayi ada di jkt.

dokter dtg ngecek katanya msh lama tp mules gak berenti akhirnya di balon bwt nambah

bukaan..ternyata pasang balon itu sakit bgt..balon di lepas pagi sm suster baru bukaan lima

tp kontraksi msh ada ketuban blm pecah..induksi akhirnya kontraksi lima menit sekali ketuban

di pecahin sm bidan tapi bukaan masih 7 akhirnya di suntik sampe 3 kali..dan gongnya gwe

pingsan di bukaan 9..dokter dateng ngecek ternyata omar kepalanya nyangkut di pinggul

dicoba ngeden di bantu suster tetep nyangkut akhirnya ada susuter naik ke ranjang tiap

ngeden perut di dorong ke bawah..3 kali ngeden keluarlah omar..

19

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

hi semua, salam kenal.
Cuma 2 nih option melahirkannya?
Hmmm i did half Water Birth, half sectio. :D

The moment a child is born, the mother is also born. She never existed before. The woman existed, but the mother, never. A mother is something absolutely new. ~Rajneesh

20

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

sama kaya thalia, gue lahiran c-section gara2 posisi kepala tengadah. trus gara2 dokter anestesinya ngeliat kalo gue ketakutan banget, akhirnya gue dibius total dan gara2 dibius total itu gue ga bisa IMD :(

learning is a never ending process
@rhisuka

21

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

gw c-sectio
awalnya pengen normal, tapi apa daya sampe 40 minggu lebih bbrp hari gw ga ada ngerasa2in tanda2 melahirkan. boro2 kontraksi atau pecah ketuban, mules2 dikit aja kaga!
padahal ya, yang konon katanya melancarkan melahirkan udh gw lakuin. mulai dari jalan kaki, sampe ada kali 3 km tiap hari, ngepel nungging, jongkok2, senam hamil, yoga, sampe yang macam makan nenas, duren, tape, dkk tetep kaga mules2.
akhirnya ke dokter, krn suami jg udh ga tega liatnya. pas kontrol pagi, dokternya nawarin mau induksi dulu/ nggak. gw coba cek aja dulu deh. ternyata :
- CTG, jantung anak gw detaknya ga stabil,
- ketuban gw mengapur
- jarak ke jalan lahir masih jauuhh! bahkan kepala anak gw masih goyang2, kliatan banget di usg

maka gw dan suami memutuskan untuk c-sect aja karena ga mau ambil resiko terhadap bayi yang gw kandung. alhamdulillah prosesnya cepet dan lancar. intinya sih ga mau ngambil resiko dengan idealisme "yang namanya jadi ibu itu kalayu melahirkan normal". yng penting selamat dua2nya :)
gw operasi jumat sore, dan di hari sabtu siang gw udh bisa turun tempat tidur, jalan, bahkan gendong anak gw.
jadi siapa bilang c-sect manja? :D

22

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

Gw melahirkan c-sec akhirnyah....pedahal pengennnn banget lahiran normal

masuk rumkit minggu jam 1 pagi, pecah ketuban, dicek baru bukaan 2, dokternya bilang nikmatin aja kontraksi normal sampai senin pagi soalnya emang tadinya rencana hari senin mo diinduksi pas masuk 40 weeks terakhir cek dokternya bilang belum kebuka jalan lahir samsek

seharian di hari minggu itu, menikmati kontraksi yang masi panjang2 intervalnya, sampe minggu malem dicek, baru bukaan 3, masi jalan sendiri kalo mo ke wc tapi gag bole jalan jauh2 soalnya dah pecah ketuban

senin pagi abis sarapan mulei deh diinduksi, huaa manteb deh rasanya, sampe bingung gimana yaa bilang ini niy sakit banget, intervalnya makin sore makin pendek, tiap kali kesakitan, gw pegangan keras sama suami, yang ada malah dimarahin sama susternya, " udah napas aja yg bener!" gitu katanya :D...

senin malem baru bukaan 4, dokternya memutuskan untuk berenti induksi biar gw bisa istirahat, ketuban masi dalam jumlah normal, detak jantung bayi juga masi normal, owh masi betah di dalem kayaknya anak gw :P, senin malem itu gw bisa bobo dikit2, kontraksi masi berasa walopun gag kayak pas lagi di infus induksinya...

selasa pagi abis sarapan mulei lagi perjuangan induksi, makin sakit, gw mikir pas skitar jam 2 siang yakin bener bentar lagi brojol, gag taunya sampe jam 4 sore, masi aja di bukaan 4,5....nangislah gw di tempat, di depan dokternya, yang ada dia marah sama gw, dia bilang gw gag bole nangis, perjuangan belom selesei (dasar emang penjajah yeee :D), gw tu nangis bukan karena sakitnya, tapi karena perasaan acak kadul gag karu2an..

jam 5 sore di hari selasa itu dokternya memutuskan untuk c-sec, karena bukaan 4,5 aja dan ketuban udah mulai dikit, detak jantung bayi udah lumayan menurun..

Selasa jam 18.30 Alhamdulillah keluar deh bayinya, ternyata posisi dia emang gag di jalan lahir tapi bukan sungsang (apa ya namanya?) dan terlilit tali pusar yang gw bingung kenapa selama USG keadaan itu gag terdeteksi yaaa...

Selasa malem gw tidur nyenyak banget..

Rabu paginya, kateter dilepas, langsung disuruh duduk dan latihan jalan ke kamar mandi sendiri, itu baru edann sakitnya minta ampun, tapi susternya bilang, " Ayo bangunn, jangan manja, sono latihan jalan!" (Emang bener di sini isinya penjajah semua :D)

10 hari gw nginep di rumkit setelah c-sec, prosedur di sini emang ribet, bahkan seharian abis operasi gw kagag dikasih makan, 2 hari setelahnya cuman dikasih makanan yang berbentuk cairan, 3 hari setelahnya cuman bubur, gimana ASI gw mo keluar cobak, Alhamdulillah hari keempat ASI keluar juga setelah beberapa hari itu bayi gw minum susu formula...

23

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

eka...
duhhh beruntungnya dirimuuu cuma 2 jam! :) kemaren melahirkan anak kedua 4 jam aja udah alhamdulillah banget.

ibu mika...
bravo! tetap IMD dan ASIX! :)

slesta...
shin, gue sih serem lho ngeliat suntikan epidural gede bangettt... :(

ondeymandey...
haha... gong-nya :)
waktu melahirkan yang pertama, gue masih kerasa pas anak lahir, masih sakit. tapi yang kedua... bener banget! sakit rasanya ilang pas ngeliat dia lahir ke dunia :).

inga...
inga, bukaan lengkap jam 9 trus ke lahirnya raka yg jam 11, lama juga yah nga?

urban papa...
melahirkan normal karena lebih murah juga jadi salah satu motivasi gue, chan ;) di spore lumayan nendang banget biaya melahirkannya.

weendee...
memang yah, rasanya udah sakiiit banget dan yakin udah bukaan 7 atau 8... eeeh! ternyata baru bukaan 2. huhuhu... *pernah mengalami*

letitia...
huahuahua jadi penasaran siapa sih si dokter kandungan yang ganteng ituuu ;).

pipit...
waaa pipit, anak ketiga pit? mantap! :) udah berapa bulan pit? sehat-sehat ya.

tita...
salut tita untuk IMDnya :) kebayang yang c-section kan sakit banget ya udahnya.

mrs rance...
iya bener ran... suka ngga bisa ngebayangin yang udah sakit untuk melahirkan normal trus ternyata harus c-section juga. pasti dobel sakitnya :(.

nadsjaugi...
lucu juga sih nad, mules-mules kirain karena kelaperan :).

cicik...
waaah gimana ceritanya cicik? half water birth half sectio? baru denger :)

rhisuka...
iya bener ya ris, sama banget sama thalia.

lita...
lit, sama gw juga. ga penting mau normal atau c-section. yang penting ibu & bayi-nya selamat.

mia...
ngelahirinnya di jepang ya? itu susternya galak banget ya? :( huhuhu. udah sakit malah digalakin.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

rhisuka - wah, sama banget ya! gue pertamanya masih sempet bius lokal... trus, jadi sempet peluk2an bentar ama aina, dan usaha utk IMD. tapi pas lagi gitu, tiba2 gue ngerasa sakit di perut (lagi dijait). entah sugesti apa bukan, tapi yang pasti sih bikin gue nervous banget... jadi deh minta bius lokal di saat2 sanget terakhir... IMD gagal.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

25

Topic: Melahirkan: Normal atau C-Section?

Normal :)
Gue bilang gini ama dokternya: "Dok, saya mau melahirkan normal, kalo ternyata susah, cut off aja ya c-sect!"
Saking ngepernya mau ngelahirin..
Ternyata, ngelahirin emang sakit, tapi karena gue pake epidural, jadi 'ketutup' sakitnya.. Tapi udahnya... halahhhhhh.. perih tak alang kepalang..hiks! Untung ada pain killer.
Oh iya, gue ampe 3 hari manteng di bukaan 2. Tapi ga berasa sakit apa-apa. Baru berasa sakit setelah bukaan 5 mau ke-6. Sebelonnya sih anteng-anteng aja..
Dari mulai sakit kontraksi (bukaan 6), trus di-epidural, sampe lahiran sekitar 5 jam. Lama juga yah.. padahal udah diinduksi juga. Cerita gini, masih ga kepengen ngelahirin lagi.. hihihi..