1

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Mungkin krn diriku udah terbiasa hidup mandiri sbg anak kost2an waktu jaman kuliah di Yogya dulu, makanya aku enjoy bgt menjalani hari2ku sbg FTM & WAHM.. :)

Saat menikah sempat resign dr karirku (Design Engineering) di salah satu perusahaan kontraktor nasional. Trus saat hamil mulai memutuskan membuka usaha di bidang Interior dimana aku bisa kerja dr rumah sehingga bisa lbh fokus ngurus keluarga jg.

Sama kayak Otty, aku jg berusaha gak tergantung sama orang lain, sebisanya ngerjakan semuanya sendiri tanpa bantuan ART/BS (kl udah kepepet tinggal bagi waktu & tugas aja sama Suami).

Mulai dr ngurus anak & Suami, main+belajar bareng Nendra, masak, cuci-setrika, beres2 rumah, belanja & kerja pertukangan (..hehe..kyk manjat atap benerin talang rmhku yg bocor, ngecat salah satu dinding ruang & mindah2 perabot rumah sendiri kl lg iseng pengen ganti suasana ruang.. :D ). Khusus waktu utk berkutat mengerjakan gambar2 design (order dr klien) biasanya kukerjakan malam hari, pas suami udah pulang kerja shg bisa gantian jagain Nendra (kecuali saat nenen).

Mungkin krn udah kodrat dr sononya kl wanita lebih bisa multitasking drpd pria, ya kita syukuri itu krn merupakan anugerah.. :)

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Rosalia Surya Budi
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)

2

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

rosalia top banget iihhh.. bener2 mama yang hebat! emang kita2 ini lebih jago yang namanya multitasking yaa.. salut sama elo deh!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

sLesTa wrote:
i guess bedanya kalo tinggal di LN, kerjasama saling membahu itu adalah "WAJIB" karena no other choice. kalo gak tar pada terlantar deh keluarga. kalo di indonesia, kerjasama saling membahu itu "OPTIONAL" karena PRT, nanny, keluarga selalu ada dan siap membantu.


meskipun gue ga bisa dibilang multitasking multiroles person, tp gue setuju bgt sama statement ini.

terus terang gue ga gitu sealiran sama nyokap gue yg masih berpendapat: pamali (tabu) kalo laki2 nyebokin anak2nya. terjemahan bebasnya sih, anak2 dan urusan rumah tangga full tanggung jawab ibu/istri. mungkin it works utk tahun2 dulu kali ya, tp terus terang buat gue sih gabisa (selain guenya males jg sih, hihi). bikin anaknya berdua, ngurusnya ya berdua juga.

untungnya suami jg ga ngoyo sih, dan masih bisa diandelin buat ngurus keira. jadinya ga terlalu kerasa berat kl jauh dari keluarga. dan kalo kita lg travelling juga kerasanya ringan bgt krn kerjasamanya gak berat sebelah.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

4

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Rosalia : hebat banget deh kamu. I wish i could be like you....

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

5

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

sLesTa dan imelda,
Thanks ya, diriku jg byk belajar dr Mama2 hebat di TUM ini kok, krn kita semua bisa saling berbagi & menginspirasi.. :)

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Rosalia Surya Budi
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)

6

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Gw emang ga secanggih mama2 lain yg sambil nyambi punya kerjaan lain, tapi ikutan sharing yaa...
gw termasuk org yg lbh seneng ga pake ART, mgkn krn ga sabaran ya utk ngajarin dan adaptasi bolakbalik.
Daan yg namanya ART itu susah ditebak, klo ga orangnya antik ato klo orgnya baik2dan niat kerja bkn berarti juga dia bakal betah ga minta2 pulang dadakan. Nah, gw nih ga bole dikasi enak, nanti pas kejadian2 kya gitu jd males ngapa2in. Makanya lbh seneng ngurusin sendiri. Klopun lg kewalahan cucian masukin ke laundry kiloan, ato makan beli/catering.
ke RS utk imunisasi juga pasti sendiri, kadang malah kebalik diliatin orang2 krn gw cuma ber2, dan yg lain pasti ditemenin klo ga sama BS ato sama keluarganya (ibu, adik) dan DSA pun juga nanya "berdua aja bu, ga ada asisten?haha..indonesia bgt eh ato jakarta bgt?
utk pergi2 kadang2 emang kerasa ribetnya gendong anak yg lumayan berat tanpa asisten/BS/driver pastilah ga bisa bawa stroller, dan lumayan kerasa berat waktu lg tunggu taksi. Tapi lama2kebiasa juga ko, malah jadi bonding yg baik buat anak.
Sisi positif lain skrg Allayna udh 14 bln dia kya ngerti utk 'bantuin' beres2 suka ambil lap terus ngelap2 ato nyapu2 lantai, emang suka tambah pusing tp semoga jg jadi cara belajar dia utk jadi mandiri :)

follow me @ulieeel

7

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

mmm...bahasan yg br aq angkat jd status di fb 2hr lalu.
multitasking even multiroles memang ga gampang. tp jd ringan kalo suami mau berbagi beban.
bersyukur dpt suami yg mau bantuin kerjaan rmh tangga apa aja. nyapu, nyetrika (secara dl msh jaman smp sma ini tugas blio dr ibunya hehe),jagain anak..
apalagi kel suami ga da yg tgl 1 kota. sementara aq ortu udh meninggal 22. punya sodara kandung yg lain, rasanya ga mungkin ikut ngerecokin.
jadilah kami bener2 hidup "sendiri".

kerasa bgt abis lahiran. dengan nyeri yg super dihari ke3 udh harus nyapu, ngepel, berberes, dan masak.
belum lagi ngadepin tingkah laku razan di trouble fournya..yg bikin pengen antukin pala ke dinding deh..

males jg cr ART..kebayang yg ada tambah kribo ngadepin kelakuan art sekarang. dan untungnya suami bkn tipikal yg nuntut. rumah kudu kinclong, masakan kudu sodap dan lezat2.
aq juga ga yg maksain diri.
kalo ga sanggup ditinggalin dulu. ajakin 2R main dikasur sambil rehat2 bentar. kalo udh seger lgi bru dinas dilanjutin..

dan pilihan utk ga bekerja lg adaah krna aq males bagi waktu antara ktr dan rmh, plus ga rela bgt hrs diperintah2 ama org lain hehehe...

kalo kata lagu dangdut : biar kere asal hepi..

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

8

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

kok perasaan udah pernah ada ya thread ttg ini? tapi lupa apa beneran ada ato cuma dibahas sambil lalu di thread yang ada hubungan dengan ART? hmm... gue juga nyari2 barusan ga ada.

baiklah kita lanjutkan aja.

myallayna selalu salut ya sama para mama yang gak punya ART dan bisa survive sambil ngurus anak. dulu ninit juga disini gak pake ART, thalia juga sampe sekarang. jadi mestinya mereka bisa ngasih tips yang lebih oke.

gue sendiri sejak punya anak, punya ART, karena gue ngantor.. jadi perlu ada yang jagain anak gue. kebetulan ART gue itu yang sebnernya gue hire untuk jadi nanny-nya naia, amat sangat cekatan, jadi urusan RT kepegang sama dia semua. kalo gue gak ngantor sih most likely bakal sama kayak thalia & ninit. karena dari jaman single even pas lagi hamil pun gue gak pake ART dan ngurus rumah tangga sendiri, even masak sendiri.

gue share aja ya pengalaman gue:
1. mesti kerja sama ama suami. dulu waktu gue hamil misalnya, gue yang masak, suami yang cuci piring. gue nyetrika, suami yang nyuci. gue bersiin kamar mandi, suami bersiin kamar hehe.. jadi bener2 share dan dikerjain bareng2.

2. kebanyakan ibu2 yang tinggal di LN, pasti tinggal di apartment, malah memilih untuk tinggal di unit yang tidak terlalu besar sehingga ga perlu ngeberesin terlalu banyak area.

3. kalo terlalu ribet untuk masak, ya catering ato beli.

4. walopun tanpa ART, biasanya tetep ada yang bantuin, walopun dateng seminggu sekali. waktu gue masih hamil dulu, akhirnya gue ngedatengin ART yang dibayar jam2an krn gue udah ga kuat bersiin kamar mandi dan berdiri lama untuk nyetrika (kebetulan keduanya tugas gue heheh.. ).

5. dulu malah waktu gue tinggal sendirian di US, urusan nyetrika malah gak pernah deh kalo kaos. abis dicuci, masukin dryer, langsung lipet. kalo gak, bakal kusut.

6. satu hal yang gue notice banget.. tinggal di indonesia (baca: jakarta) itu bedebu banget. di LN, biasanya ga terlalu, walopun tetap ada debu juga. jadi urusan bebersih, nyapu & ngepel bisa dilakukan seminggu sekali (waktu masih single/blm punya anak) krn ga ada orang di rumah juga during weekdays. tapi kalo udah punya anak dan kita ga ngantor, kayaknya tiap 2 hari sekali mesti ya? kalo ga repot, malah mendingan tiap hari.

7. masak dilakukan dalam batch besar, trus di taro di container dan di store di freezer. jadi pas weekdays bisa tinggal ambil, panasin dan combine dengan makanan baru yang gampang dibuat.

kalo resep, sepertinya semua resep yang di share di TUM (baik di blog maupun di thread resep) semuanya simple2 kok dibikinnya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

ikutan yah... :)

Dari jaman nikah ampe sekarang (anak 1 umur 4th) aku gak punya ART, mikirnya sih, krn anak masih satu n rumah juga seuplek kecil, otomatis ya ga perlu banyak beberes (hehe)

kebetulan aku jg kerja, cuman jam 4an udah dirumah, biasanya pulang2 lgsg beberes sekerdarnya (cape bo') apalagi balitaku super aktif,wuih rumah gak pernah beres2 deh, jadinya sekalian...jarang diberesih...hehe

kalo nyuci,subuh2..,pake mesin cuci,cepet. trus sambil nyetrika baju yg mau dipake hari itu (:p), abis nyuci biasanya cuman di lipat sajah. weekend buat nyetrika? no way, mending tidur. hihihi

jarang masak,paling weekend doang, itu juga yg gampang2 aja. sayur2an di rebus aja, lauknya di goreng, hahahaha.... kebetulan ayahnya n Fatih ga rewel kalo soal makan. weekday? beli lauk n masak nasi di rumah.

cici piring dilakukan abis makan, biar ga numpuk n kebawa males. Yes, semuanya dikerjain sendiri, nyapu ngepel kadang dibantuin suami, kalo bersihin pekarangan sengaja ngupah orang...

Sejauh ini sih aman terkendali (apanya...baju ga ada yg disterika, n rumah tiap hari ky kapal pecah wkwkwkwk...)
Pengennya sih nanti kalo mulai hamil anak ke 2 mungkin pake ART untuk cuci-setrika aja...

:)

garder le sourire

10

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

wah bundafatih lebih hebat nih krn sambil kerja dan ga pake ART. btw, kalo lagi kerja, yang jagain si kecil siapa?

gue sempet kepikirin bakal begitu juga kalo misalnya ART gue yang sekarang brenti dan gue ga nemu orang yang gue percaya untuk gantiin dia. which means anak gue bakal gue taro di daycare full day.

pokoknya gue sih siap2 aja kalo sampe mesti ga pake ART disini, tapi berhubung si ART ini emang pinter, jadi gue sekarang keenakan deh.. :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

myallayna Menurut gue sih yang paling penting tau batas kemampuan kita, jangan maksa kalo emang ga sanggup. Maksudnya gini, mungkin pengen banget bisa ngerjain semuanya sendiri (masak, bebersih, dsb) tanpa ART tapi kalo kondisi badan ga memungkinkan ya jangan maksain dan coba ambil ART yang sekitar 2-3 jam aja untuk bantu ngepel-nyetrika. Demi kesehatan jiwa raga juga ini kan :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

pernah beberapa kali tanpa ART karna ditinggal mudik. manajemennya piye ya, ya pokoknya malem kerjain semua, bangun pagi2 untuk masakin Asa, abis itu cepet2 berangkat nitipin Asa di rumah Om.
klo lagi g kerja/cuti, tidurin Asa, trus nyalain mesin cuci, masak dgn 2 kompor menyala, nyapu trus ngepel dlm waktu bersamaan. kadang Asa bangun cucian blum dijemur, yaudah anaknya lari2 aja sembari aku jemur baju.
Asa suka bantuin, cmn ya gitu bantunya .. ambil piring bersih dimasukin tempat sampah. ambilin baju di jemuran trs taruh keranjang baju kotor .. hihi ..
biasanya, setelah melakukan ini beberapa minggu, aku langsung sakit .. :D

pas awal nikah, g punya ART. manajemennya ya semua dikerjakan di wiken. suami bersih2, cuci baju, ngepel, cabut rumput dll. aku setrika n siapin bahan2 bwt makan seminggu (nampak g adil pembagiannya wkwkwk)
pengen juga sih berguru sama mamas disini.)

mirip thread ini yak (kabuur ..)

less ego, more heart

13

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

gue dulu jaman blm punya anak masih ga pake ART, jadi cuman bisa share seputaran kerjaan rumah tangga minus ngurusin anak ya.

pokonya rata2 urusan bersih2 rumah gue lakuin pas hari sabtu, karena gw libur tp suami ngantor. jadi lebih gampang buat gue utk nyapu, ngepel, lap2, gosok kamar mandi, dan ironing. nyuci baju biasanya gue lakuin abis pulang kantor 2x seminggu. kalau masak biasanya dilakuin bareng2 sama suami, either yang satu masak yang lain cuci piring. tp kita termasuk jarang masak jg sih kecuali wiken. kalo bersih2 yg gak rutin kayak bersihin lemari es/oven dkk sih tetep bagian suami.

Tp emang bener kayak kata slesta, disini gak banyak banget debu dan practically krn hidup di apartemen ruangan yg harus dibersihin gak gede2 amat. jdnya bersih2 rutin mingguan gt paling beres dlm setengah hari doang.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

14

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Yak bener itu thread yang dimaksud sama sidta. Jadi gimana nih ibu2, pindahan aja ya ke thread lama?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

otty ih iya bener ituu.. pindahiinnnn :)

sidta thanks!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

sejak mo lahiran aq dah ga kerja n suami jg pgnnya gitu...
sejak ichi lahir smp sekarang (14 bln) smua aq kerjain sendiri, prinsipq selama aq mampu akan aq kerjain sendiri....
Taruh matras di ruang tengah dpn tv, gak byk perabot rmh jd ruang tengah terlihat lega biar anak bs bebas bergerak (seringnya malah kl malam qt bertiga tdr disitu)
Ichi usia 0 - 6bln
- full asi, nyusuin smbl tidur ( bisa disambi lht tv, baca buku dll )
- bgn subuh solat, tdr lg smbl nyusui, tar bangun jam 5.30 masak nasi, masak buat diri sendiri+suami, bikin susu bt suami, masak air bt ichi mandi (airnya dibagi 2 : 1/2 dimasukin termos bt mandi tar sore, 1/2nya bt mandi pagi), mandi trs pake bengkung/stagen dibantu suami
- kalo ichi dah bangun dia main sama ayahnya
- jam 7 suami brkt kerja
- ichi tak ajak jln2 keliling komplek pake stroller
- mandiin, kadang mandi dl baru jln2
- hbs mandi nyusu/main trus tidur
- kalo ichi tdr buru2 aq nyapu,ngepel, beres2 rmh
- bajuq ma suami aq pake jasa laundry kiloan
- baju ichi aq cuci pas mlm(pas ichi sm ayahnya) ato pas ichi tdr, oyha ichi dirmh gapake pampers. sblm dia turun tanah (7bln) krn gapake pempers area yg bau ompol dikasur, jd kasur aq kasih perlak+kain, sprei tiap hr ganti
- kl pup, kain yg kotor lgs aq cuci di kamar mandi pake sabun mandi biar nodanya bersih
- tar suami plg, ichi diasuh ayahnya, aq bikinin makan mlm
- sore hbs mandi, jln2 keliling komplek smp magrib

ichi 6bln smp skrg
- usia 8 bln aq mutusin beli mesin cuci otomatis, setrika seminggu sekali,waktunya ga mesti pokoknya pas ichi main sm ayahnya/ kl aq gabs tdr
- dan ichi 8bln aq mulai mutusin pake clodi, pempers dipake kl pergi
- rutinitas biasa hbs subuh tdr lg, bgn jam 6, (masak bt diri sendiri+suami,bt ichi dll)
- sarapan bareng. kl ichi mamnya blm kelar dilanjut smbl jln2 kliling komplek stlh suami brkt kerja
- kalo jemur baju, ichi ditaruh di stroller
- sayuran dikulkas sdh dipotongi jd kl masak tgl cemplung2
- maem bt ichi dibuat fress, kl dia mo makan baru dibikin (aq lgs rebus sedikit air masukin aneka sayur+nasi/tepung hbs itu blender)
- ichi sehr makan 4 - 5 x tp kok yha bbnya naik dikit tiap bln
- beres2 rmh wkt dia tdr
- kamar mandi tugas suami seminggu sekali
- cuci piring kadang malem kl blm ngantuk soalnya ichi kalo tdr diatas jam10 malem, kl gak yha pagi
- ichi mli guling2, merangkak, rambatan yha di matras dpn tv, meja tv ma meja laptop rendah jd bisa dia pake bt rambatan smbl mainin tombol2 tv sama pencet2 laptop. ichi suka lht dvd baby einstein sm lagu2 di laptop.
- kalo dia lagi serius lht dvd, bundanya nemenin smbl browsing
- kalo bundanya mau mandi/pup tp ichi blm tdr, ichi dikasih mainan yg baru(gak hrs beli baru, bisa aja dia tertarik pralatan dapur yha dikasih aja yg dia minta atau setelin dvd yg dia suka)
- pagi sm sore acaranya jln2 pake stroller smbl maem smbl cari tmn, dia suka lht anak2 kecil
- didalem rumah dia main, lht tv,lht laptop smbl gebrak2 meja, nunjuk gambar binatang yg aq tempel di kamarnya (wall stiker), coret2 white board pake spidol dll smua itu tak taruh ditempat yg gampang dia raih
- mulai usia 7bln dia suka main air kalo mandi, jd kalo mandi embernya aq taruh didapur, aq celupin dia di ember sblmnya aq sabuni dl badannya hbs itu dia brendem main air sendiri, aq ngawasi dia sambil cuci piring/ masak/beres2 dapur dll-lah

waduuh apalg yha bingung euyy...kalo da yg ditanyakan silakan yha. pokoknya yg penting happy, suami kl dirumah pasti bantuin. oyha kalo BT dirumah yha kluar sama ichi bawa mobil, ichi ditaruh di carseat (bisa jln2 ke care4 kebetulan deket rmh, bs beli lauk dll). bisa juga Spa waktu ichi usia 2bln hbs nifas dia aq ajak spa, carseatnya aq bawa masuk jd dia tdr di carseat. Pernah jg panggil tukang lulur kermh, aq dipijat+lulur smbl ngamati ichi yg lg main.

Kalo lg pengen nyuci mobil sendiri yha ichi diajak skalian berbasah2 smbl main air, dia suka bgt main air dr kran sm ember, emaknya nyuci mobil dech. Alhamdulillah ichi anak yg ga rewel, ga biasa gendong....seru dech

17

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Gusti, wowwww detail bgt... Salut deh smua bisa dikerjain....

Kalo aq klo dulu kerja, ga pernah peduliin rmh (selalu kaya kapal pecah).

Pas cuti melahirkan, dg pertimbangan asi ga bs pompa, n ga ada yg jagain si kecil (masing2 kluarga di beda pulau), akhirnya aq mutusin jadi FTM,

Cuma dr hamil 5bln ampe bayi 3-4bln gitu pake ART, (soalnya suami dapet kontrak kerja di LN dr aq hamil 2bln n baru pulang setelah Jo umur 2bln),

Setelah ART dirumahkan, jadilah smua dikerjakan sendiri, cuma emank aq n suami tipikal jorsek, yah masing2 maklum kalo agak berantakan gitu rmhnya, apalagi semenjak Jo mulai ga bs diem, smua dikerjakan pas dia lg bo2 nyenyak, n harus rela terhenti krn dia tiba2 bangun n nyariin nenen, sukurnya suami bs diandelin dalam hal masak memasak, jadilah kalo sempat dia masak, kalo ga ya beli nasi bungkus di warung, kalo maem Jo, skrg lebih sering BLW, praktis, tinggal kukus doank...

Mank dasar dulunya ga pernah kerja RT dulu awal2 sempet mikir gini pas nyuci "duh... Koq ketemu baju ini lagi? Baru jg kemarin kering n dilipet -ketauan deh ga pernah diseterika :p " n musti nyapu terus, (ngepel jrg2), nyuci piring terus, lama2 mulai berdamai dg keadaan, n terbiasa, meskipun masih lumayan berantakan @least ga separah dulu lah...

Yak aq akan terus belajar utk jd FTM yang baik n ikhlas, (ceritanya udah lulus probation ni jadi FTM)... Hehheheeh

N banyak belajar jg dari mama2 di TUM...

18

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

aww..mamas thx ya responnya.. ;)

Slesta, ah iya ko gw ga kepikiran ya buat masak sekalian, jd tinggal anget2 aja pas weekdays, thx shin :)

Otty, nah sama bgt ni kya suami gw bilang tentang batas kemampuan kita, tapi gw emang lg banyak maunya kali ya ty, selain pengen masak sendiri buat anak plus lagi doyan bakingg2an juga (minta ditoyor krn bnyk maunya, hehehe...)

Gusti, bundafatihAR, hebat euy!ini beneran multitasking multiroles mum!
klo gw sama kya sidta, *toss dulu ah*suka tepar udahannya klo dilakukan berminggu-minggu :D

charisarhanie, iya bener banget ran debunya jakarta parah. Kayanya sehari ga cukup sekali utk sapu2, apalagi ada toddler yg lagi seneng melantai *tepok jidat*

mei jordan, mari berguru bersama para mamas disini :)

follow me @ulieeel

19

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

btw, teh ninit dan thalia ditunggu tipsnya ya *colekcolek*

follow me @ulieeel

20

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

waaah...senang ada thread ini..

sekarang FTM, alhamdulillah semua diurus sendiri. Ya jadi tukang cuci piring,beberes,cuci baju,urus anak. Tapi seneng banget. Yang penting kayaknya g usah dibuat susah. Apalagi sejak ada Bhumi (6m2w), semua jadwal dipadatkan.

untungnya si suami g repot. kalo kecapekan ya...pertolongan terakhir, Indomi dan telor. Suka becandaan kalo males masak tapi pengen makan enak...

"mas, beli sate gih diperempatan jalan"

21

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

myallayna wrote:


Slesta, ah iya ko gw ga kepikiran ya buat masak sekalian, jd tinggal anget2 aja pas weekdays, thx shin :)



Moms, memang repot banget kalau ga ada AR atau BS, aku juga ngalamin kok. Mau share sedikit nih, sebaiknya jangan terlalu sering makan makanan yang dipanakan kembali, soalnya 2 tahun lalu ibuku pernah kena tumor dan akhirnya memutuskan untuk diangkat rahimnya.

Menurut dokter tempat ibuku konsultasi sebelum dan sesudah operasinya, penyebab utama dari tumor rahim itu krn kebiasaan suka makan makanan yg sudah dipanaskan lagi. Ya sih ibuku memang suka masak banyak terus tinggal diangetin, krn ibuku juga ga pernah punya ART/BS. Jadi mendingan kalau ga mau repot atau makanannya takut basi, ditaruh saja di kulkas. Kalau mau makan dikeluarkan bbrp lama biar suhunya sama dg suhu lingkungan, baru deh dimakan.

22

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

indriani mungkin itu maksudnya kalo makanannya dipanaskan berkali2. kalo emang mau di store gitu harusnya ga masalah. jadi abis dimasak, ditaro di kontainer yang untuk sekali makan, trus taro di freezer (ini untuk menyetop proses masaknya dan contain rasa yang baru selse dimasak). setelah itu kalo mau makan tinggal ambil 1 kontainer dan dipanaskan (biasanya sih cukup dengan cara dikukus) trus dimakan. kalo sisa ya gak masukin kulkas lagi sih. makanya biasanya dipack cukup bener2 yang sekali makan pasti abis :) ini sebenernya proses managemen aja sih, yang biasa diterapkan oleh resto2 untuk menyiapkan makanan untuk disaji.

tapi gue baru denger tuh dari makanan yang suka dipanaskan kenanya ke rahim.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Seru juga nih....

Beruntunglah para mamas yang dianugerahi kelebihan multitasking.

sLesTa pas aku kerja, anakku di Daycare sejak umur 2 tahun pe sekarang... jadi, berangkat bareng, pulang kerja diambil, riweuh bin ribet tiap pagi, makanya kalo ada hari libur ato wiken...pengennya tiduuuur aja... xixixi

Emang sih,jujur, tanpa ART itu bener2 keteteran, apalagi kalo lagi capek atau gak fit. Kalo pgn punya ART, yang cuci-setrika saja... soalnya pengalaman ART tuh ribet, ga sukanya ada aja gosip2 antar ART n ngebanding2in sm rumah lain... cape de...

garder le sourire

24

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

sLesTa
Masalah indonesia berdebu, bener banget!! Paginya disapu, jam 10 udah bedebu. Buku2, mainan, dll gak bisa deh ditaruh di lemari yang terbuka. Harus disimpan di tempat tertutup biar gak kena debu. Kalo typical yang gak bisa liat rumah kotor jadi capek sendiri lama2..

Dan masalah nyetrika, menurutku itu pekerjaan yang paling bikin capek dan pegel. Kalo di luar negeri bukannya ada ya kaya sehelai tissu yang dimasukin ke drier. Bikin baju harum dan gak kusut. Kelar nge-driernya tinggal dikibas2in bajunya, dilipat dan gak perlu nyetrika lagi. Miss that moment :(

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

25

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

OOT dikit..
Masalah makanan yang dimasak ulang dan menyebabkan kanker tuh keliatannya menjurus ke arah refrying deh. Jadi makanan yang udah di goreng dan di goreng ulang. Dan ada kebiasaan di Indo kalo minyak itu gak sekali pakai. Nunggu ampe minyaknya jadi item baru diganti yang baru. Dan itu bahaya banget

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu