1

Topic: Reksa dana

suasti tq link ny, makin mantap ni,tar hbs gajian klo msh d bwh 4500 akan segera top up..

klo uda d atas itu cda aj, hehehe...
g nyangka bs nyentuh 41xx.. huhuhu..

2

Topic: Reksa dana

Teman2.. Ada yg bisa rekomen RD either saham/campuran/any RD yg manage keuangan dlm bentuk dollar? Kalo tujuannya dapend anak 16-17th lagi di LN yg mata uang Euro, recommended gak yah instrumen RD ini? TIA :)

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

3

Topic: Reksa dana

indribracov

sebelum beli rd dolar coba baca link berikut ini:

http://portalreksadana.com/node/170

http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2012/04/28/7-mitos-seputar-reksa-dana-dollar/

http://www.bisnis.com/m/reksa-dana-dolar-as-berisiko-imbal-hasil-mengecewakan

http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2011/09/10/tips-berinvestasi-di-reksa-dana-berbasis-dolar/

yang harus diingat adalah walaupun namanya rd dollar tapi rd2 tersebut tetap berinvestasi di dalam BEI, jumlah dana untuk masuk cukup besar, karena kita harus convert dari rupiah ke dollar, fee yg cukup tinggi, biasanya lebih tinggi dari fee rd biasa.


klo aku ga salah baca ada yg jelasin , klo mau sekolahin anak di luar negeri bole kok pake instrumen yang ada di negara kita, misalnya rd, emas, dll, kita itung aja biaya nya sekarang berapa, trus di future value kan, dan jangan lupa perhitungan kurs juga dimasukan kedalamnya. tp klo mau diversifikasi bole lah :) cmiiw

4

Topic: Reksa dana

teman2, saat ini ihsg d bawah 4000, whaaaattttt...
jd sedih sekaligus senang..
dulu brsan invest ihsg d sekitaran 4500-4700, kmrn beli di 4200, skrg 39xx.. hiks3x..
smga waktu naik bs meroket seperti emas ya yg lg meroket ma us jg..

5

Topic: Reksa dana

Udah lama ga mampir ke tret ini,hihihi. Udah dijawab sm neng suasti. tengs ya cin.. Bener juga katamu. Kalo pake RD dollar modalnya koq gede amat ya? Dan di waktu sekarang pas Rupiah lg anjlok bener2 ga tepat. Iya kalo ntar naek,kalo malah kuat? Spekulatif bgt yak. deposito $ juga bunganya mini bgt yah? *maap kalo oot* yg berembel2 valas bunganya imut2 semuakah?

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

6

Topic: Reksa dana

ikut nimbrung ya.

sesuai hukum risk, makin gede returnya makin gede risknya. begitu juga sebaliknya. saya sendiri ambil di equity salah satu asuransi. jadi kalo dgr kabar sahamnya jeblok, saya tambahin saldo investnya. equitynya memainkan reksadana2 dan investasi lain.

dan yg jadi catatan penting, jangan menaruh telor dikeranjang yg sama ( warren buffet). jangan taruh semua investasi di reksadana.

lebih baik dibagi porsinya ke reksadana, deposito, saham,emas,rumah. dll

7

Topic: Reksa dana

indribracov

wah klo itu kurang tau, xixi, di bukunya mba prita, klo ga salah nabung aja biasa gitu dalam bentuk dolar, maaf klo oot,
fokusnya bukan pada bunga tp naik turun nya dolar klo aku perhatiin


oiya biar ga oot, gimana ni investasinya teman2? ihsg galau ni, hihi, aku tetep dca aja, oiya ada isu sampe 3400 ya akhir september, disclaimer on ya, tetep dca aja, klo punya dana lebih top up dikit2, averaging down :)

8

Topic: Reksa dana

ikut nimbrung ya,
iya nih IHSG naik turun, sales PAM selalu infokan setiap hari 2x tentang status IHSG lwt WA.

karena itu RD buat biaya kulaiah dan dana pensiun yg akan kepake 17th lagi dan 25th lagi, jadi tutup mata ajah, tetep invest rutin per bulan 250rb

Top up, belum ada uangnya, duitnya habis buat beli rumah n sibuk rapihin rumah biar bisa di tempatin, eh kok curcol, maaf OOT yah mods

~.~.~. MyHouse, MyBaby, MyRules, MyKingdom ~.~.~.

http://mi2re2ipi2.blogspot.com/

9

Topic: Reksa dana

kalian IHSG turun pada ngapain? jangan dicairin kalau tujuannya masih diatas 5 tahun. Pengalaman krisis 1998 ama 2008, IHSG recover dalam waktu 2 tahun, gitu kata artikel yang aku baca.
aku sih tetep aja invest mumpung RD lagi banyak yang murah2.

10

Topic: Reksa dana

almiracucu wahhh lama juga ya recover ny smp 2 thn.. nyimakk..

11

Topic: Reksa dana

almiracucu
recoverynya butuh 2 taun ya? lumayan ya lama...curiga harus nyiapin extra money kalau-kalau tujuan yang 2-3 taun lagi gak mencapai target

12

Topic: Reksa dana

kalau invest untuk tujuan 2-3 tahun lagi, sebaiknya punya angka target dg perkiraan prosentase return & cicilan yg masuk akal. misal targetnya 27juta, dalam 24bulan, cicilan 1juta/bulan. lalu pilih jenis RD yg risikonya ngga terlalu besar tapi returnnya lumayan. terakhir, kl target uda dapet, segera jual. biasanya NAB RD sejalan sama IHSG. sayangnya, kita ngga bisa meramalkan dg pasti jalannya indeks. jadi, kita jg harus disiplin dg financial plan masing2.

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

13

Topic: Reksa dana

Alhamdulillah, kmrn belanja reksa pas IHSG lg turun, trus skrg lg mulai naik, krn kbtln lg butuh uangnya, di redeem, dan alhamdulillah dpt 2-5% dlm wkt sebulan invest, lbh bsr lah jauh dr bunga tabungan bank. Untung sering maen ke thread ini..

14

Topic: Reksa dana

hi moms yg super duper cerdas...

nyeselll bgt deh baru main ke tread ni hiksss,,,
baru bulan ini pngen bljar invest ke RD lwt Commobank selama ni bru LM ma perhiasan ja...
ada yg mau berbagikah mamod..rencna pngen bt Dapend anakku 16-17 thn yg akan dtg tp dg invest 250rb tiap bln kya mom mimi re2i ..kira2 RD apa yaa yg recommended..pleaseee help heheee (maklum blm paham bener so RD)

15

Topic: Reksa dana

leonyta

imho,justru karna belum paham harus belajar, invest your time before invest your money, coba baca2 thread ini dari awal, biar tau basicnya dulu , soal produk apa yg bagus, bisa cek http://commbank.co.id/upublic/mod_home/default_content.aspx?code=fund_performance klo memang mau beli disana, setelah liat listnya , cek infovesta dot com, liat kinerjanya, yg mana yg paling sesuai kebutuhan, liat jg kinerjanya via bloomberg, google aja misalnya bnp xxx bloomberg, nanti keliatan deh chartnya gimana, kinerjanya gimana, ato buka portal reksadana dot com, buat akun disana, buka reksadana matrixnya.
kenapa aku ga kasi rekomendasi? karena RD itu ga ada yg juara terus menerus, ada masanya RD itu mengalami penurunan, nanti dikasi tau milih mana, pas jatuh, jd nyalahin yg rekomen, soal pasar ga ada yg tau, tolong belajar dulu, kaya slogan reksadana, pahami nikmati. hth. Your money is your responsibility, do necessary research before you invest your money, biasakan seperti itu, biar ga salah masuk ke investasi bodong, hth

16

Topic: Reksa dana

setuju dengan suasti..

17

Topic: Reksa dana

Yup bener bgt kata suasti.. reksadana itu sesuai slogannya, pahami nikmati.. klo ekonomi lagi jatoh gini saatnya buat pahami, semoga ekonomi akan membaik biar bisa menikmati :)
Jeng Suasti mau tanya donk ttg rdpu, krn selama ini punyanya rds jadi belum terlalu paham rdpu.. Skrg kan nab nya ikut berubah tiap hari tapi masih adakah penambahan unit kepesertaan tiap harinya atau hanya dari pergerakan nab ya? thanks ya..

NimoStore ==> Work isn't a place it's an activity..

18

Topic: Reksa dana

mynimo : mungkin kutipan artikel ini bisa membantu :Reksa Dana Pasar Uang

Berdasarkan aturan IV.C.3 yang baru, maka per 1 Januari 2013, reksa dana pasar uang:

Perhitungan dan pengumuman NAB/Up yang sebelumnya selalu menggunakan harga Rp 1000 selanjutnya akan berubah mengikuti reksa dana konvensional yang bisa naik turun.
Yang sebelumnya hanya boleh berinvestasi pada Efek bersifat Utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun menjadi boleh berinvestasi pada :
Efek Pasar Uang Dalam negeri
Efek bersifat Utang yang diterbitkan dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun dan Efek Utang yang jatuh temponya tidak lebih dari 1 tahun
Reksa Dana Pasar Uang dilarang memungut Biaya Pembelian dan Biaya Penjualan

Latar belakang perubahan aturan ini lebih disebabkan karena perhitungan NAB/Up dalam portofolio reksa dana pasar uang menggunakan asumsi amortisasi atas premium atau diskonto atas obligasi. Metode ini mengganggap bahwa obligasi akan dipegang hingga jatuh tempo. Padahal pada kenyataannya reksa dana bisa diredempt sewaktu-waktu sehingga ada kemungkinan instrumen obligasi akan dijual sebelum jatuh tempo.

Penyempurnaan pada peraturan tersebut merupakan hal yang sangat positif, mengingat dengan NAB/Up yang selalu 1000, menimbulkan persepsi bahwa reksa dana jenis ini tidak akan rugi. Pada kenyataannya reksa dana pasar uang juga bisa rugi jika harga efek utang yang menjadi portofolio investasinya turun.

Selain itu, dengan harga yang selalu 1000, pada praktek lapangan agak menyulitkan baik investor maupun Manajer Investasi dalam memantau perkembangan hasil investasi. Sebab bonus unit penyertaan diberikan secara harian, selain itu pemberian bonus unit menganut sistem bunga berbunga sehingga pada saat perhitungan menghasilkan angka dibelakang koma yang cukup banyak.

Dengan adanya perubahan dari yang NAB/Up selalu Rp 1000 menjadi bisa naik turun seperti halnya reksa dana konvensional dapat mengatasi persepsi reksa dana pasar uang tidak bisa rugi dan kesulitan pemantauan di atas.

Perubahan definisi instrument investasi juga merupakan hal yang positif. Sebab, selama ini masih ada perdebatan, apakah Deposito masuk dalam Efek Utang yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun. Sebab Deposito memang umumnya jatuh tempo kurang dari 1 tahun, namun apakah Deposito bisa digolongkan Utang? Dengan menambahkan instrument pasar uang, maka perdebatan akan deposito tersebut bisa diakhiri.

Kemudian dengan menambahkan pasar Efek Utang yang diterbitkan dalam jangka waktu 1 tahun, maka membuka kesempatan kepada reksa dana pasar uang untuk berinvestasi pada surat utang periode jatuh temponya lebih pendek tanpa harus menunggu obligasi konvensional yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun.

Pelarangan terhadap Biaya Pembelian dan Penjualan reksa dana semakin memberikan penegasan bahwa reksa dana pasar uang tidak boleh dikenakan biaya transaksi. Hal ini untuk mencegah Manajer Investasi atau Agen Penjual yang tidak bertanggung jawab melakukan pelanggaran tersebut.

19

Topic: Reksa dana

suasti

waahh maksih bgt momm penjelasan bt daku smakin mngrti #kedipkedipmata
iyaa sblm mulai invest RD ni ak bljr dlu byk hal mulai dr bca dr sna sni trutama msuk deh ke tread ini mmg mommi2 kece di TUM byk mmberikan pncerahan apa itu RD,kelebihan dan kekurangannya serta resikonya,,,smua fin plann ak follow twittery hehe..jdi smakin mntap ni nyemplung ke RD..bsk lgsg cuzzz ke CommonBank..bsk stelah mlucur ak share lg..thanks

20

Topic: Reksa dana

halo semua, gimana ni kabar investasi reksadananya? merah semua nih RDku, ihsg sudah 4100an aja, dan aku beli banyak di harga2 tinggi, ya sudahlah mari tutup mata, mumpung disini, aku mau sharing artikel ni
Reksadana Terbaik, Salah Menilai Hanya dari Return Saja
on NOVEMBER 1, 2013
in REKSADANA
Apa yang Anda lihat ketika mencari reksadana terbaik? Survei saya menunjukkan bahwa mayoritas menilai hanya berdasarkan return, tingkat keuntungan. Tidak ada indikator lain yang menjadi ukuran atau patokan. Bukankah tujuan investasi adalah menghasilkan keuntungan, sehingga masuk akal menggunakannya untuk memilih reksadana terbaik.
Umumnya ketika akan membeli reksadana, calon investor meminta dokumen fact-sheet kepada manajer investasi (biasanya tersedia di web manajer investasi). Di dalamnya sudah tersedia perhitungan keuntungan selama periode tertentu, yang kemudian dibandingkan dengan suatu benchmark yang umumnya juga sudah disediakan dalam dokumen tersebut. Kalau keuntungan diatas benchmark (yang pasti ya karena ini kan dokumen ‘jualan’ manajer investasi), calon investor biasanya sudah yakin, bahwa telah memilih reksadana yang tepat.
Sayangnya, menilai reksadana berdasarkan tingkat keuntungan saja memiliki banyak kelemahan. Kelemahan yang justru membuat kesalahan dalam memilih reksadana dengan kinerja investasi terbaik.
Kelemahan Menilai Reksadana Terbaik Hanya Return Saja
Sejumlah kelemahan dan masalah dengan hanya menggunakan indikator keuntungan sebagai berikut:
Tidak memperhitungkan risiko investasi. Risk dan Return adalah dua hal yang saling berdampingan, tidak terpisahkan. Pada saat keuntungan tinggi, artinya resikonya juga tinggi. Ketika hanya melihat return, kita tidak tahu seberapa besar risikonya. Pada saat ekonomi sedang bagus, risiko tidak akan terlihat, yang tampak hanyalah kenaikkan keuntungan. Namun, pada saat ekonomi turun, reksadana yang keuntungannya tadi paling tinggi, bisa jadi anjlok paling dalam. Kenapa? Karena sebelumnya reksadana tersebut tumbuh dengan membeli saham – saham lapis kedua yang risikonya tinggi. Oleh karena itu, penilaian yang seharusnya adalah membandingkan keuntungan yang sudah disesuaikan dengan tingkat risiko (risk adjusted return). Dengan begitu, perbandingan menjadi fair. Reksadana risiko tinggi harus dibandingkan dengan reksadana risiko tinggi, bukan reksadana risiko tinggi dibandingkan reksadana risiko rendah.
Tidak Mempertimbangkan Likuiditas.Salah satu risiko investasi reksadana adalah likuiditas, yaitu terhambat proses pencairan investasinya. Misalnya, reksadana menanamkan uangnya di saham – saham yang tidak likuid, yang susah dijual, ketika investor ingin mencairkan kepemilikkannya mengalami kesulitan karena reksadana kesulitan menjual saham. Risiko likuiditas tidak tercermin di dalam tingkat keuntungan. Reksadana yang tingkat keuntungannya tinggi tidak dengan sendirinya punya risiko likuiditas rendah.
Tidak Melihat Usia Reksadana.Semakin lama usia reksadana berarti menunjukkan bahwa ia sudah melewati masa boom dan masa bust pasar modal. Kalau reksadana Anda baru berumur 2 tahun, sementara selama 2 tahun tersebut pasar modal sedang booming, reksadana belum teruji dalam masa sulit. Belum tahu apakah reksadana tahan krisis. Ingat, pasar modal tidak selamanya tumbuh, harga saham tidak selamanya naik, ada saat krisis, ada saat harga saham jatuh.
Tidak Memperhitungkan Size Reksadana.Jumlah dana kelolaan reksadana menunjukkan kredibilitas manajer investasi dan kepercayaan investor terhadap reksadana. Secara umum, makin besar ukuran dana, makin dipercaya dan makin populer reksadana tersebut. Ada sebuah studi menarik mengenai implikasi jumlah dana kelolaan, yang intinya membuktikan bahwa jumlah dana kelolaan besar, diatas Rp 1 trilliun, memiliki kinerja yang lebih baik.
Tidak Dilakukan Evaluasi dalam Periode yang Sama. Periode observasi yang sama merupakan syarat evaluasi bisa objektif. Periode berbeda sangat mungkin menghasilkan kinerja yang sama sekali berbeda. Agar fair dan objektif, perbandingkan antar reksadana harus dilakukan dalam periode observasi yang sama. Masalahnya, ketika menilai kineja reksadana dari fact-sheet, periode observasi sangat mungkin berbeda antara satu reksadana dengan reksadana yang lain. Jadi menilai hanya dari return, tanpa memastikan bahwa periode observasi sudah sama, tidak akan memberikan hasil yang akurat.
Kesimpulannya, menilai reksadana berdasarkan return itu penting, tetapi tidak cukup. Perlu tambahan informasi lain agar evaluasi reksadana dilakukan dengan akurat.
Evaluasi Reksadana Terbaik
Evaluasi reksadana yang ideal melibatkan banyak faktor, bukan hanya melihat satu faktor saja:
RISIKO. Karena investasi memiliki risiko, keuntungan reksadana harus disesuaikan (adjusted) dengan risiko yang diambil. Risk adjusted risk adalah indikator yang seharusnya digunakan ketika membandingkan kinerja reksadana.
LIKUIDITAS. Di instrumen mana investasi reksadana dilakukan. Jenis investasi mempengaruhi tingkat likuiditas, kemudahan pencairan. Semakin investasi dilakukan ke saham – saham blue-chips, atau obligasi rating bagus, likuiditas reksadana semakin baik.
USIA. Semakin lama usia reksadana, semakin baik. Artinya, sudah melewati cycle perekonomian, saat jelek maupun saat bagus.
DANA KELOLAAN. Seberapa besar dana kelolaan reksadana, makin besar makin baik. Besarnya dana kelolaan menunjukkan kepercayaan investor terhadap reksadana.
OBJEKTIVITAS. Evaluasi antar reksadana harus dilakukan secara objektif, yaitu pada periode yang sama. Perhitungan keuntungan sebaiknya dilakukan oleh pihak yang independen, bukan affiliasi manajer investasi terkait, supaya hasilnya objektif dan bisa dipertanggungjawabkan.
Ternyata banyak faktor diluar keuntungan yang wajib diperhitungkan ketika mencari reksadana terbaik. Bahkan, beberapa indikator yang disarankan diatas, informasinya tidak mudah diperoleh. Terus bagaimana?
Yang saya lakukan adalah menggunakan hasil peringkat reksadana terbaik. Peringkat meng-cover semua faktor – faktor diatas dalam menilai reksadana.

21

Topic: Reksa dana

NyimaK! :D baru masuk & terkesima, se"awesome" ini ya para mama-mama urban!!! saluuuuuuuttt..!!
Abis tahun-baruan mau langsung ambil cuti, mau langsung punya RD ( entah yang bentuknya bagaimana, bener2 buta. ) semoga ketemu manager yang bisa membuka mata seutuhnya.

Thankyou for this new bright world,,, please welcome me to joint this forum
and "Happy new year..."

happiest mimi in d world with two amazing babies.. kaka n babang are all i really want in this world.. luv 'em so much...

22

Topic: Reksa dana

omaigaaatttt ! cerdas, tangkas dan bersahaja sekalihhhh ini thread ! salut buat emak emak semuwahhh !

Mommy bebe D & baby K
Nothing beats your smile!

23

Topic: Reksa dana

teman2 gimana kabar investasi RDnya? RD apa nih yg lagi ngehit disini, sharing dong

24

Topic: Reksa dana

Saya baru sampai ditahap selesai baca thread inii hahaha... Semoga bisa lekas terwujud rencana pembeliannya, yihaaa

25

Topic: Reksa dana

mom Suzie chen toss dulu, akupun baru sampai di tahap selesai baca thread..lagi nunggu ada training kek gini di bandung,hahahha..Mudeng sih, tp masih banyak pertanyaan. Apa kita langsung kunjungi bank kuning aja? *kompor*