1

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Dear mamas,

Saat ini saya sedang hamil +/- 34 minggu, anak kedua. Anak pertama, naveed, sekarang 'baru' 19 bulan. Nav lahir melalui c-section karena air ketuban makin berkurang sementara bukaan ngga nambah2 padahal udah diinduksi (2 kantong pulak! :rolleyes: ).

Dari sejak hamil nav, saya pengen banget lahiran normal, begitupun sekarang. Banyak yg bilang kalau sekali cesar ya mestinya kudu cesar lagi (ini juga prinsip dsog nav, makanya akhirnya saya ganti dsog). Kakak ipar saya berhasil melalui VBAC ketika anak pertamanya berumur 16 bln (yg artinya jarak antara kakak-adik lebih pendek daripada nav-calon adiknya). Inilah salah satu success stories yang memotivasi saya untuk mencoba VBAC juga.

Saya sendiri sekarang masih banyak cari2 informasi tentang VBAC dengan segala pro-kontranya. Adakah mamas disini yang punya pengalaman VBAC atau mungkin mengetahui pengalaman org lain? please share ya...

salam,

2

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

halo Febi,

aku sih blum pernah VBAC, tapi mo numpang cari info lewat sini... hehe. anak pertama end up emergency ceasarian. kalo someday hamil lagi, pengen VBAC juga. kata orang, minimal beda 2 tahun. tapi kalo kakak ipar febi bisa cuma beda 16 bulan sih, wah, motivasi yang ok tuh!

sempet baca2 ini sih, tapi cerita febi ttg kakak ipar malah bikin lebih positif untuk coba VBAC.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

hai Febi,

aku juga belum pernah ngalamin VBAC. dua2 nya natural birth.
tapi, kakak iparku dulu melahirkan anak kedua nya lewat operasi caesar (setelah anak pertama lahir normal)
waktu si anak kedua umur 6 bulan, kakak ipar hamil lagi anak ke tiga *tepok jidat*, dan alhamdulilah, kali ini bisa melahirkan lewat cara normal dg lancar2 aja.

Bener kata Thalita, beberapa org bilang baiknya jeda 2 tahun
tapi ternyata banyak juga yang sebelum 2 tahun caesar dan berhasil melahirkan normal tanpa kendala.
kecuali kayak kakak ku yang anak pertama dan kedua caesar semua. pas mau melahirkan anak ketiga (padahal udah lebih dari 2 tahun jedanya) konsultasi ke mana2 teteup ternyata gak memungkin kan melahirkan secara natural (konon karena udah 2 kali caesar itu, kecuali baru satu kali saja)

- Proud Mom of Andra & Raya - follow me on twitter @dedewimala

4

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

thalia,
itulah, hamil skg ini emg a surprise gift (for not saying unexpected - God forbid), awalnya target hamil lg klo umur nav min. 2 thn. tapi sekali lg, it's a gift to be grateful of ;-) mudah2an dirimu nnti bs vbac jg yah. oya, thanks for the link, jg sharingnya soal baby blues vs PND di thread sebelah, buat antisipasi heheh... maap jd agak oot ;p

hotmama,
hehehe, dg pngalaman "hamil tiba2" kyk skg, ntar bgitu mlahirkan mau lgsg KB biar ga kyk kakak iparnya hotmama ;-p
trims sharingnya ya...

5

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Febi,
Gw juga melahirkan secara SC karena air ketubannya sudah habis, tapi karena gw tanya DSOG gw kemungkinan berhasil diinduksi di bawah 50% ya akhirnya aku putusin SC ajah.
Nah maunya sih kehamilan kedua nanti bisa VBAC...

Denger kakak ipar Febi bisa VBAC dengan jeda 16 bulan, wow...seneng banget. Soalnya selama ini DSOG selalu minta jeda minimal 3 tahun setelah melahirkan SC lho kalo mau VBAC.
Boleh dishare gak kakak iparnya sama DSOG siapa dan dimana?
Just in case di kehamilan kedua nanti DSOG yang sekarang gak menyanggupi, pengen coba konsul ke DSOG kakak ipar febi deh...

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

6

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Hm..ak jg caesar 'tdk sengaja' krn ketuban pecah. Mnrt dsogku bisa vbac tp mesti wait 1thn dulu. Kalo mau caesar lg,3bln after operasi jg ud blh hamil lg...;-)

@medyratri

7

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

All, mau sharing yaaa.. saya VBAC, anak pertama sekarang 3 tahun 2 bulan dan anak kedua 7 bulan berarti jarak anak pertama dan kedua sekitar 2,5 tahun.. moga2 bener hitungannya?

Sebetulnya saya merasakan nyaman2 aja pengalaman melahirkan pertama secara cesar karena cepat, ngga sakit, dan pastinya ngga ada rasa2 ngga nyaman di organ vital yg jadi jalan lahir bayi... Tapinya sejak awal kehamilan kedua saya bertekad mau VBAC karena tertarik melahirkan normal itu selain cepat pemulihannya dan lebih murah biayanya, juga karena cesar itu sebetulnya ngga baik buat tubuh kita (soal ini lupa deh penjelasannya gimana.. musti baca2 lagi dulu... maaf ya..)

Nah, di kehamilan kedua sebetulnya saya diharuskan cesar lagi oleh dokter dengan alasan:
1. ada myoma
2. ada plasenta previa
3. bekas jahitan cesar sebelumnya hanya 2,4mm (kata dokter mustinya paling tidak 6mm supaya ngga jebol pas mengejan)
4. janin terlilit tali pusat

Walaupun tanggal operasi sudah ditetapkan, di dalam hati saya kok yakin seyakin2nya bahwa saya bisa lahiran normal.. jadi ya mengikuti kata hati, di minggu2 kehamilan yg sudah tua saya nyari dokter lain, yang syukurnya mendukung kalau saya mau lahiran normal.

Singkat cerita saya melahirkan anak kedua secara normal di usia kehamilan 36 minggu. Sayangnya, pada detik2 terakhir saya terkejut karena... musti di vakum! Wah yang ini saya sama sekali ngga tau apa dan kenapa musti di vakum karena dokter ngasih taunya pas saat2 ngejan udah bukaan 10... Ah kalau saja pengalaman melahirkan normal itu bisa diulang mungkin saya akan menolak di vakum.. :)

8

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

rrraisha,
hebat, salut banget. Boleh saya tahu siapa dsog nya yg mau membantu melahirkan secara normal? Karena dari banyak dokter jarang banget yg mau vbac. Thanks a lot beforehand.

9

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Mau berbagi pengalaman aja...waktu anak pertama aku melahirkan secara cesar...kemudian waktu hamil anak ke dua (jarak dengan si kakak 4 thn) aku bertekad kuat untuk melahirkan normal dan dokter pun bilang...kemungkinan untuk melahirkan normal adalah besar. Alhamdulillah yang ke dua bisa melahirkan normal, walaupun sempat dikira oleh bidan yang mengasisteni dokter penolong kalau aku gi mau melahirkan anak pertama karena baru ngerti sakitnya kontraksi yang menunggu sampe bukaan 10...kemudian yang ke dua ini kontraksi sampai melahirkan hanya berlangsung 4 jam...ehhhh lucunya aku hamil lagi ketika anak ke dua mau masuk usia 2 thn...dan sempat mengalami masalah seperti painless bleeding yang artinya aku mengalami placenta previa dan posisi bayi sunsang...Alhamdulillah lagi nih karena doa dan usaha yang keras (deuhhh usaha nungging2 maksudnya)....bayi di posisi normal dan placenta mau tuh ke arah kanan jadi kepala bayi lolos. So, anak ke tiga ini dilahirkan secara normal dengan jeda waktu hingga melahirkan hanya 1,5jam.

10

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

RRRaisha, Novit
Bisa dishare di sini gak nama DSOG nya dan praktek dimana aja?
TIA

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

11

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Hi mamas,

Thn lalu melahirkan caesar krn ketuban udah merembes duluan dan kepala babynya blm msk ke jln lahir. Sempet diinduksi 7 jam dan tdk ada kemajuan cuma pembukaan 1, ditawarin sm dsognya 1 kantong lagi utk induksi engga tahan akhirnya minta caesar. Setelah operasi dsognya bilang kalo panggulnya sempit.
Kalo anak ke 2, rencananya mau normal kira2 bisa engga ya kalo kata dsognya bs dicoba. Ada yg punya pengalaman yg sama kaya gue engga ya share dong mamas? Thx

12

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

aduh gw suka banget thread ini,, kalo gw melahirkan anak pertama caesar karena anakku tali pusernya pendek, Pas aku tanya ama dokter boleh atau ga kehamilan kedua normal dy blg ok aj cm dengan catatan tidak boleh diinduksi.

Mudah2an sih bisa yaa,, kalo ga salah pernah baca jg si ada yang ngambil kelas hypnobirthing karena pgn vbac n berhasil :) mgkn kita bisa coba jg,,

13

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

liactk

bener bgt mudah2an bisa ya, g juga pengen coba hypnobirthing utk kehamilan ke 2 nanti hehehe....

14

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

sy merencanakan kehamilan kedua.. pengennya siy ngelairin normal, cuman saran dokter dan teman dan saudara sebaiknya kalau SC ya yg ke2 SC lagih.. mau donk VBAC.. sy baca2 dulu deh..

luv the topic...

15

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

sebenernya berapa lama ya moms batas "amannya" antara kehamilan pertama dan kedua klo pngin vbac ? kok acil baca2, tiap dsog beda2 ya.. kata dsog acil musti nunggu 3 tahun dulu baru boleh hamil lagi... itupun dia gak janji acil bisa vbac... tapi baca cerita kakaknya @hotmama dan @febi, jadi lumayan termotivasi biar bisa vbac.. apa ganti dokter aja kali ya... hehehehe...

acil 2 bln yg lalu jg sc, padahal udah niat banget pingin lahiran normal...

16

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mamas yg VBAC share lagi doong.. aq insyaallah lg hamil 7weeks.. anak pertama 20m lahirnya SC.

pengen banget bisa lahiran normal...

lovely mommy with 2 lovely kids

17

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Rrraisha...waah top bgt ya feelingmu...kalo aku ud pasrah aja tuh pas dokter blg anakku kelilit tali pusat disepanjang badannya (aku jg liat sendiri siy hasil usg 4 dimensinya) n divonis harus c-sec....
Tp berharap bgt ntar anak kedua bs lair normal, aku mau nunggu 2 thn buat hamil lg....
Share dikit, ada temen kantor yg skr lg cuti hamil, mau ngelairin anak kedua HPL-nya okt akhir, anak pertama dulu dg c-sec, dia cerita kata dokternya selain jarak minimal antar kehamilan 2th (dimana syarat yg ini ud dia penuhi), ada syarat lain :
-saat ngelairin tdk boleh mengejan lebih dr 2 atau 4 x aku lupa...sampe skr aku masih bingung, kalo dia mengejan lebih dr yg disyaratkan itu berarti ditengah2 mau lairan harus dibw ke ruang operasi dong...duuuh rasanya gmn ya ud sakit mau lairan normal eh akhirnya di c-sec jg huhuhu...
- berat badan tdk boleh nambah lbh dr 12 atau 15kg ya aku lupa lg...
Pokoknya aku ikutan harap-harap cemas d dengan proses liran dia ntar....InsyaAllah ntar kalo ud lairan aku share lg disini ya....
Oiya kalo ada yg tau dsog di Hermina Depok yg pro normal after c-sec share ya....

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

18

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

hai moms:)

kenalin namaku mita, ibu dr si kembar-aya&kei (3Y) :) nemu topik ttg VBAC ini seneng banget krn pas lg cari info ttg ini ,nemu di TUM^-^ dl si kmebar lahir sectio krn aku kena pre eklampsia berat waktu hamil si kembar, tensi sp di atas 160 dan semopet dirawat 3 minggu di RS bunda. Si kembar lahir prematur 31 minggu, alhamdulillah perkembangannya normal dan sehat sp skrg:)

alhamdulillah aku br tau kl aku hamil kemarin setelah telat mens seminggu dan test pack +, trus ke spog diksh tau hamil 4W. Pinginnya sih lahir normal, cm memungkinkan gak ya dgn kondisi yg dl pernah pre eklampsia dan sectio anak kembar? kmrn lupa nanya ke spog ku:p

-mita-

19

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mita munaf - waktu itu pernah baca2, kalo sebelumnya pernah kena pre-eklampsia, setau gue sih bakal dikategoriin high-risk pregnancy, dan biasanya ga diijinin VBAC... eh, apa jangan2 eklampsia doang ya yg dikategoriin high-risk...?

tapi mungkin sebaiknya cek dulu ama spognya. siapa tau boleh.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

20

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Wah, mo mantengin topik ini.
Dulu saya ngelahirin Raisha cesar karena posisi Raisha ngadep ke depan (padahal seharusnya ngadep belakang, bukan sungsang). Udah pengen normal, udah bukaan 10, akhirnya coba ngeden miring, tetep ga mau keluar juga, akhirnya ketubannya udah ijo. Akhirnya dokter memutuskan cesar. Yowes lah. :(
Sampe sekarang blom hamil. Tapi pengennya anak kedua normal. Syarat2nya apa aja ya?

rrraisha, dokternya bisa tau jaitannya kurang darimana ya? dokternya sama ato beda?

Ayo dong share lagi yang pernah VBAC. Sekaligus rekomendasi dokter nya.

@dyaharini

21

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Sy br aja mlhrkn tgl 6 okt kmrn,di sc krn pngapuran plasenta..tp bharap d kehamilan berikutny bs normal,amin

22

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

menyimak dengan cermat topik ini..

sy sendiri melahirkan melalui operasi kurleb 7 bulan lalu dan berniat ingin normal untuk anak kedua nanti. kata dokter memang paling ga berjarak 2 thn mom agar lebih aman.

di keluarga saya, Mama sy pun pernah mengalami hal ini. beliau mempunyai 8 org anak (5 hidup, 2 meninggal saat baru lahir, 1 keguguran). 2 anak pertama (aku dan kakakku) dilahirkan melalui persalinan normal, tapi anak ketiga adiku dilahirkan melalui operasi krn sudah waktu harus melahirkan belum juga lahir dan akhirnya keracunan ketuban (thn 1988 di Harkit) dan adikku ini meninggal dunia.
Anak keempat dan kelima lahir dengan persalinan normal. Anak keempat lahir tahun 1991 (beda 3 thn) dan semuanya alhmd lancar. Anak keenam (keguguran), Anak ketujuh lahir tahun 2003 melalui operasi di RS Bunda Menteng (gawat janin) tapi tidak bs diselamatkan. Setelah itu ibuku melahirkan lagi thn 2005 (anak kedelapan) melalui operasi di RS Harkit krn faktor usia mama yg sudah rawan yg mengharuskan operasi (Mamaku sebelumnya sudah diikat rahimnya oleh dr di RS Bunda untuk mencegah kehamilan lagi krn usia yg sdh di atas 40, tapi ikat rahim itu gagal dan mama hamil lagi). After melahirkan yg terakhir ini akhirnya mamaku setuju untuk disteril..

jadi intinya 2 normal 1 cesar 2 normal 1 cesar. so, yang mau lahiran normal setelah cesar, yuk semangat... ^ ^

23

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

febi aq jg yg termasuk pengen bgt normal. untung dpt dsog yg support. tp manusia cm berencana ya. hamil razan aq sampe 41w. nunggu2 kontraksi tak kunjung hadir, lewat seminggu dr TTP periksa lg krn ngerasa gerakan udh mulai kurang. ternyata jantung razan udh lemah, plasenta udh mulai maturasi atau kalo org awam blg udh keropos. ga bs induksi krn beresiko ama jantungnya. kalo nunggu tktnya jg sama resiko. akhirnya mlm itu sc segera.

nah hamil ragha bedanya 3,5t. dsog yg sama. dan supprot utk vbac. selama konsul blio selalu periksa detl. TTP tgl 10april 2010. msk bln ke 8 kepala udh turun tp sampe minggu ke 37 ga msk panggul jg. aq udh mulai was2. segala anjuran aq laksanain. jalan, ngepel bibik, nyuci piring aja sambil jongkok. tp sampai di akhir minggu ke38 ga kunjung turun.tp semua msh ok. selang 3hr dr cek terakhir aq periksa lg krna ngerasa gerakan ragha (lagi2) udh kurang. ternyata air ketuban udh tgl dikit, dan ragha kelilit 2x..:(
akhirnya dokter mutusin utk sc lusanya. trus aq ma misua diskusi ditempat. akhirnya ambl bsknya aja terus krn hr kamis itu hr terakhir kerja menjelang long weekend. so razan bs nitip ditmpt budenya.
pas lg disc dsog kaget dinding rahim udh tipis bgt dan memang air ketuban tgl dikiitt..pdhl ga ada rembes..no idea kmn..

blm lagi jahitan dlm yg lama udh hmpr koyak :((
pdhl jarak dr sc pertama 4tahun kurang 2bln.
pupus sdh keinginan vbac.

ada tmn lain pnya 3 anak yg sc tiap15bln.akhirnya di anak ke3 ditutup. alias ga diijinin lg krn bks jaitan udh ipis.

cb baca2 di http://www.vbac.com/
intinya hrs lahir spontan tanpa ada induksi, vakum, dsb. dan dipastikan kondisi jaitan luar dan dalam aman..
kalo mamanya elvaza bs selang seling gt, aq jd pnya harapan lg kalo nt pnya anak ke3 usaha utk vbac..semogaa..amin

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

24

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

dear mamas,,
aku sih blm punya pengalaman VBAC, walopun pengennya anak kedua nanti VBAC juga. tapi temen kantorku ada yg sukses VBAC saat lahiran anak ke-3 (anak pertama normal, anak ke-2 SC). SPOG langganannya memang menyarankan dia SC lagi, krn sebelum 36w, posisi bayinya terbalik, kepala sudah di bawah tp menghadap ke depan, bukan ke arah punggung. Sementara syarat2 VBAC adalah kondisi bayi dan ibu harus normal dan sehat. Setelah posisi bayinya bener pun, si SPOG ini ttp menyarankan u. SC krn blm ada tanda2 mau lahiran. Setalah berguru sama mbah Google, dan menuruti instingnya, akhirnya di minggu ke 38, temenku ini cari 2nd opinion ke SPOG di KMC (dr. Ahmad Mediana). What a surprise, sorenya konsul, malemnya dia lahiran normal. Dan saking leganya bisa lahiran normal,,dia blg ga berasa sakit pas proses kelahirannya... Jauh lebih nyaman dari SC. Penyembuhannya pun cepet bgt.
Memang sih, kondisi tiap2 kehamilan dan saat proses kelahiran bisa berbeda2. Tapi, nyari 2nd opinion ke dokter2 lain pun gak ada salahnya kan,,demi jalan terbaik untuk kita dan si bayi *halaaah*
Sukses ya buat yg berjuang VBAC....

-true victory is victory over the self (Morihei Ueshiba)-

25

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

dear all, aku juga salah satu yang pengen lahiran normal setelah caesar. pertamanya takut2 tapi gara2 baca sharing pengalamannya Dewi Lestari, jadi tambah semangat. Coba browsing Gentle Birth deh...:)