1

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Moms, ada yg punya referensi rs atau obgyn yg pro vbac di daerah depok?
Alhamdulillah semalam kontrol obgyn& dinyatakan hamil anak kedua 6w, anak pertamaku lahir sc dan skrg usianya 14bulan, jd kalau dihitung smp lahiran nanti jaraknya sekitar 23bulan.. Cita2 anak kedua ini bs vbac.. Aamiin..
Moms disini Adakah yg pny pengalaman berhasil vbac dgn jarak kelahiran dibawah 24bulan? Trims :)

2

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mummyhilya, iffah_am, annayu aku juga domisilinya surabaya. kalo mummyhilya obgyn-nya siapa? dr. Amang kah? aku lahiran April kmrn sc sm dr. Santoso, Alhamdulillah pulihnya cepet banget dan bekas luka sc-nya bener2 rapiii, kayak garis aja. anak kedua nanti bener2 pengen bs VBAC. jd shopping obgyn-nya dr sekarang deh... info2 doong. iffah_am sabaaar yaa, takdir Allah mesti yg terbaik buat kita

Bu Galant, Mamanya Fidis

3

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

dear all....aku 30 week skarang. Anak pertama lahir Nov 2006 dan in Shaa Alloh calon baby akan lahir di bulan yg sama dengan kakaknya november 2013 so jaraknya pas 7 tahun. Sudah cari kemana mana dokter yg support VBAC karena pengen banget lahiran normal. So far aku cocok dan dsog ku support VBAC. Aku controll dengan Dokter Ridwan di RSIA Kemang Medical Care. Hope it helps yaaaa :)

4

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Aku niat bgt vbac anak kedua.. Apa daya gagal krn sampe 40w blm ad kontraksi teratur, BB bayi gede&lingkar kpala juga, bayi masih blm masuk panggul dan ketuban mulai keruh..

Akhirnya dgn penuh ikhlas SC ulang&lahirlah Raydin dgn berat 3,94kg dan lingkar kepala 34cm. Dan memang sdh jalan Allah, klo dipaksa normal bakal susah keluar dgn konwEdisi BB besar, lingkar kepala besar&bahu lebar. Karena melahirkan dgn penuh ikhlas&bahagia, Raydin juga keluar dgn tenang..smp skrg jd bayi yg tenang, jarang nangis&senyuum terus. Jd suka mikir wlpun SC, sy melahirkan dgn gentle :)

Pengalaman saya dan tanya2 ke obgyn, klo mau berhasil VBAC kunciny cm POSITIVE THINKING. Yakin bisa. Kasusku kmrn kbanyakan galau takut gagal..baru bisa ikhlas ya pas 40w itu :D Jd aja ga kontraksi2 krn trlalu kepikiran..

Btw kl mau nyari obgyn perempuan pro VBAC,bisa k obgynku dr. Diah Sartika Sari SpOG praktek di KMC, RS Islam Pondok Kopi dan Hermina Ciputat. Dari awal ga pake diminta dia langsung nyaranin VBAC (aku anak pertama sama dia jg,ktny aku bs VBAC krn kmingkinan kecil hrs SC ulang krn preeklampsia ky anak pertama), dan slama hamil slalu nyemangatin untuk bisa VBAC. Pas lg galau2nya curhat dia bilang pnuh smangat "Pasti bisa! Pasti bisa! Ayo!!" Haha. Beneran deh klo gak.krn dia yg support kykny udah ga semangat lg mau VBAC.

Blessed mother of 2 boys: Raka and Rai. Find out more here.

5

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

anggun lestari
aku sama dr. Marsianto SpOG (k), beliau praktek di RS IBI Dupak. senior banget. aku jaraknya anak #1 dan #2 17 bulan, vbac dibantu beliau.

pas msh tinggal di jkt, dulu sama dr. Ridwan langsung disuruh sc. hehehe

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

6

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

@iffah_am, semoga diberikan rezeki lagi ya, dalam waktu dekat
@mama faika, duh pengin coba ah.. Klo belum pindah....

Kepingin banget VBAC. Tp rencana, masih 3-4 tahun lagi...

7

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Moms, penasaran aja. Apa ada yg pernah periksa keadaan jahitan dalam setelah berhasil VBAC?

Kesyukuran tak terhingga

8

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mamy arsyad
maksudnya periksa keadaan jahitan dalam gimana, ya? setahuku, yg bisa diukur melalui usg hanya ketebalan SBR (segmen bawah rahim). itupun waktu usia kehamilan >36w.

atau ada cara lain ngukurnya?

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

9

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Salah satu Mama di sini pernah bilang tentang robekan jahitan dalam yang sifatnya silent, apakah tanda satu-satunya jahitan dalam robek hanya pendarahan ketika proses melahirkan? Jadi kalau tidak pendarahan saat-sesudah proses melahirkan it's fine kah?

Kesyukuran tak terhingga

10

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Eerrr, kl yg mslh jahitan yg "silent mode" itu kynya baru ketauan kl kejadian, siy. Kmrn sempet nanya lg sm obsgyn sy ttg keadaan jahitan sy, beliau blgnya sih ga masalah seharusnya. Hehehe. Tp kasuistik sih. Mesti per individu. Cmiiw.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

11

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

dear moms...uk gw skg 36 minggu, sabtu pagi kemaren gw kontrol ke obgyn, liat dari hasil usg baby gw kelilit tali puser and letak placentanya rendah, dan gw lupa nanya gimana jahitan sesar yg pertama, anak gw yg pertama usia 25 bulan...nah obgyn gw ini nyaranin gw untuk lahiran sesar kembali dan menurut beliau jangan lewat dari uk 38 minggu serta jgn menunggu rasa mules, galau deh gw, soalnya gw dah niat banget dari awal pengen lahiran normal untuk anak kedua ini, beliau worry kalo jahitan yg lama kebuka dan menyebabkan pendarahan....menurut buibu semua gw mencari 2nd opinion atau mengikuti saran dokter ? o ya, anak pertama gw dulu lahir sesar karena placenta previa totalis.

simple mom

12

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Hi mba lina78 kebetulan aku br aja vbac tgl 11 nov kmrn..awal2 hamil sempet placenta previa totalis..dsog-ku dulu sempet nyaranin utk cek lebih lanjut ke fetomaternal utk ngeliat kondisi placenta apakah nempel ke dinding rahim n syarafnya nembus ke bekas operasi sc sblmnya, alhamdulilah kondisinya si placenta ga nempel dinding rahim dan menghapus kemungkinan adanya acreta..mgkn dirimu bs coba cari 2nd opinion dulu ke ahli fetomaternal..dulu saya ke dr.azen salim utk cek-nya..dia sih dr awal liat saya placenta previa udah bilang hrs sc lg tp alhamdulillahnya masuk 8bln si placenta geser...

13

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Hallo moms, saya senang bisa bergabung dengan forum ini, biasanya saya cuma baca-baca saja dan alhamdulillah saya dinyatakan positif hamil 7w. Niatnya pun semoga berhasil VBAC karena anak pertama ku (22m) lahir SC indikasi sungsang. Pertama kontrol dgn dr. Stella Shirley Mansur di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, beliau menyarankan untuk berhasil VBAC memenuhi syarat:
1. Ketuban tidak pecah dini
2. Kontraksi berasal dari ibu (alami), tidak boleh induksi
3. Kepala masuk panggul (32-36w)

Berhubung anak pertama ku sungsang jadi ada kemungkinan panggulku sempit, maka dari itu untuk kehamilan kedua ini disarankan bayi tidak terlalu besar agar berhasil masuk panggul. Jadi harus kurangi karbohidrat tapi perbanyak protein. Semoga niat dan tekad saya dan mommies yang ada di sini untuk VBAC berhasil ya. salam moms, Rina

14

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Bener banget mama klo pengen vbac yg terpenting positive thinking ma cari dsog yg support untuk vbac oke sip

mamanya atha dan misha

15

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Alhamdulillah saya sekarang sedang hamil 14 minggu, anak pertama 11 bulan. Saya dan suami inginnya anak kedua nanti normal. Sekarang saya dan suami sedang mencari dokter yang bisa membantu saya VBAC.
Anak pertama saya terpaksa cesar karena hari jumat sore pecah ketuban, trus malem ke dokter, periksa dalem, dan dokter langsung menyarankan ngamar. Setelah di induksi (melalui infus) selama 2 hari, pembukaan masih 4 dan saya tidak merasakan kontraksi. Akhirnya minggu sore dokter menyarankan cesar.
Besoknya ketemu ibu-ibu di RS yang sama tapi beda dokter, cerita2, ternyata dia bisa normal, karena dokternya sabar menunggu sampai hari ke-3, saat itu juga rasanya pengen nangis. Saya terpaksa di cesar bukan karena ada masalah di saya, hanya karena sudah pecah ketuban, dan posisi bayi masih di atas, belum mau turun juga. dan air ketuban yang keluar sebenernya hanya keluar sedikit. (nangis lagi)
Saat ini saya bertekad untuk berusaha menjaga kandungan saya agar bisa lahir normal nantinya. Maaf ya bunda, saya jadinya curhat.
Membaca pengalaman bunda yang sukses VBAC dlm jarak sblm 2 tahun adalah motivasi terbesar saya. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha.
Bunda yang di daerah Sidoarjo, ada yang pernah ke dokter dr. Niken Wening, SpOG atau dr. Muhammad Ardian, SpOG???

16

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

hai mama atikafbriyani,

dulu aku pun begitu anak pertama pecah ketuban jam 5 pagi, belum ada bukaan/mules dan induksi obat vaginal jam 11 bukaan lengkap. 1 jam dorong salah dan ga kuat akhirnya secar cito.

anak kedua lahir 21 oktober 2013 dg normal, beda 2.5thn dgn yg pertama. Saking niatnya mau vbac aku rela ga pake ART spy lebih banyak gerak dan cepat lahir jadi baby ga terlalu besar. Hasilnya syukur banget flek 10hari trus mules banget jam3pagi, sempet2in bikin mie utk tenaga. Sampai rumah sakit habis salat subuh udah bukaan 5.

Jam 10 bukaan lengkap tapi baby hadap atas jadi lama turunnya, alhamdulillah dokter mau nunggu dan minta bidan untuk bantu putar baby supaya hadap bawah. Sembari mengejan, tangan bidan bantu putar. sempat hopeless dan kepikiran sc cito. tapi saya tetep kekeuh mau normal jadi selalu sugesti dan yakin klo saya pasti bisa dan minta baby di dalam utk ikut berjuang. setelah berulangkali akhirnya kepala baby hadap bawah dan dokter mulai bimbing utk lahiran. akhirnya baby 3,2kg lahir normal dengan selamat.

kondisi seperti itu yang buat saya pindah dokter di minggu 36 karena ga yakin klo dokter pertama fully support vbac. saya ga mau klo di detik2 terakhir dokter memutuskan sc hanya karena ga berani ambil resiko atau krn kurang pengalaman tangani pasien vbac. Berdasarkan saran mama TUM, kemarin sama dr.Ridwan di KMC.

sejak lahiran kedua jadi makin ikhlas menerima kejadian secar cito anak pertama, mungkin memang dulu saya salah ngejan, ga kuat dorong, dll jadi keputusan terbaik adalah sc.

eh jadi panjang ya :p
buat mamas yg mau vbac usahakan dapat dokter yang fully support dan sudah pengalaman vbac, rajin senam hamil dan pelajari teknik mengejan, banyak gerak supaya baby turun, banyak doa mohon diberi kelancaran dan lingkungan yang mendukung (khususnya bidan krn dulu lahiran pertama dapet bidan yg kurang support). In the end, pasrahkan sama Tuhan krn bagaimanapun caranya yang penting mommy dan baby sehat semua :)

work at home mommy for hubby, 2 kiddos and www.inababy.com

17

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

hi moms..
alhamdulillah tgl 24 desember 2013 kmrn aq mlahirkan anak ke 2 dgn persalinan normal. bersyukur bgt, krn persalinan pertama aq sc.
jarak ama kakaknya 2tahun 7bulan,jd udah termasuk aman untuk vbac.
aq lahiran di RS.Siti Khadijah Palembang dengan Dr. Siti Nuria SpOg. Mules tiap jam aq rasain 3hari dr tgl 21 desmber, dan alhamdulillah tgl 24 desmber jam 03:20 lahirlah putri kecilku.
buat moms yg mau vbac, kuncinya yakin klo bisa lahiran normal dan komunikasi aktif dgn bayi.dann yg paling utama berdoa dan pasrah dengan kehendak allah swt.

18

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Hai moms semua.. Ga pernah muncul, tp mau berbagi kebahagiaan aja.. Aku sc pertama krn bayinya sungsang..

Alhamdulillah 24 feb kmrn aku berhasil vbac walaupun dibantu vacum.. Aku lahiran di RSB Emma bandung dgn Prof.Sofie..
Jarak anak ke 1 & 2 23bln3weeks (padahal pengennya bs lahir di tanggal yg sama, hehe) aku mules2 dr tgl 23 feb jam 01.30 sampe lahiran 24 feb jam 20.50 kurleb 42jam mules.. Dan mulesnya dr awal udh 5menit sekali, tinggal rasanya yg beda.. Mulesnya mantap ya.. Huhu

Tgl 24 jam 15.00 aku msh pembukaan 6, stuck dr jam 8pagi di segitu terus.. Akhirnya dokter planning kalo ampe jam 7 malem ga ada kemajuan, hrs SC krn khawatir kontraksinya kelamaan.. Disitu aku nangis sambil ikhlas, sambil ikhtiar yg mungkin dilakuin ya jalan2.. Dan dr situ aku udh mulai puasa.. Jam 7 mlm ada kemajuan di pembukaan 7, akhirnya ditunggu ampe jam 8, aku ga tau udh ampe pembukaan brp, pas dokter dtg ketuban dipecahin, dan mulai berjuanglah.. 1 yg br aku tau, kalo sebelumnya sc ada batas brp lama kita blh ngeden.. Kalo ga salah set.jam.. Utk menghindari robek luka sebelumnya..

Aku setelah set.jam ngeden blm berhasil (habis tenaga) akhirnya divacum dan lahirlah Zaid Mohammad Ridha BB 3.2kg PB 48cm.. Lega rasanya.. Tp agak trauma dgn mulesnya..

Dr awal aku ketemu Prof. Sofie dia acc utk vbac, syaratnya :
1. Bb anak ke 1 & 2 ga terlalu jauh
2. Letak bayi bagus
3. Ketuban ga pecah duluan
4. Saat mau lahiran, mulesnya bertahap..
Berhub.syarat2nya bs ketauan kalo udh mau lahiran, ya jalanilah kehamilan senormal mungkin aja kata dokternya.. Ikhlas & byk berdoa deh..

19

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

aku lagi hamil 8mingguan, anak kedua. Anak pertamaku lahir SC. Awalanya rencana normal tapi saat bukaan 5-6 udah ada tanda2 HNP kambuh jadi terpaksa caesar padahal udah ngamar 2 malam di RS dan udah diinduksi. Alhamdulillah sampa sekarang enggak ada keluhan apa2.

Kemarin saat konsul dng dr.Agung di KMC beliau mengijinkan VBAC. walau di kedua kehamilan sebelumnya yg akhirnya dikuret beliau enggak nyaranin karena memang nampak bermasalah. Tapi melihat yang ini dr. Agung optimis bisa VBAC, asalkan sayanya positive thinking dan berdoa, tahajjud tiap malam katanya biar lancar. Jadi kalau menurut dr.Agung semua kembali ke si ibu dan takdir Tuhan lagi.. tapi enggak tahu juga dokter lain yang mungkin cari amannya aja jadi gak bisa VBAC. Mungkin bener seperti kata mama lainnya cari aja 2nd atau mungkin 3rd opinion.

Oya moms..ada yg menderita HNP dan melahirkan normal enggak ya ? *maap OOT*

eh jadi panjang begini..thanks ya:D

a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

20

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

HNP apa ya Mom ?

21

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

hi mommies..
saat ini saya sedang hamil anak ke 2 (25 minggu). anak pertama saya berumur 2 tahun 5 bulan. dulu waktu melahirkan anak pertama caesar karena sudah lewat waktu (41 minggu), air ketuban sudah rembes, induksi sudah 15 jam hanya pembukaan 1, dan jalan lahirnya terhalang cincin (seperti polisi tidur katanya sehingga bayi tidak turun2). anak pertama dilahirkan di samarinda. rencana untuk anak ke 2 ini dilahirkan di bandung supaya dekat dengan keluarga. maklum di samarinda hanya dengan suami dan anak pertama saja. saat bertemu dengan dsog di Bandung (dr. Selvie RS Advent), saya menanyakan kapan kira2 perkiraan caesar nya? beliau lantas menjawab kenapa mau caesar lagi?! ternyata dia termasuk yg VBAC. kriteria nya hanya asalkan baby nya tidak terlalu besar. tapi setelah tahu riwayat anak pertama saya hanya 2,6kg, beliau meyakinkan saya bahwa saya bisa melahirkan secara normal. semoga.. aamiin.

Mom for 2 adorable boys. A happy wife. A loyal civil servant.

22

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

haiii moom baca ttg vbac sepertinya membuat optimis bhw vbca itu bisa yaa asal yakin.
anakku yg 1 lahir sesar skrg usianya 3year,riwat sesar dulu krn posisi kelala babynya keatas. dulu lahir di rs uin dg dr.teti yg emang pronormal. tp apa daya udh berusaha ngejan mau divakum kepalanya posinya keatas akhirnya berakhir dimeja operasi. saat ini aku sdg hamil anak ke 2 17week periksa dg dr.malvin di hermina ciputat. maunya yg ke 2 normal mohon doanya yaaa

23

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Semangat ya para mom yang ingin VBAC, begitupula saya. Semoga apa yang kita harapkan tercapai, jangan lupa pemberdayaan diri untuk mencapai itu. Usia kehamilan saya 33 minggu, posisi bayi masih melintang. Sedang usaha terus untuk memperbaiki posisi baby dgn kneechest, setiap duduk di lantai posisi telapak kaki saling menempel, byk jalan, komunikasi terus ama baby, dan tentunya doa. Mohon doanya ya moms. Semanggattt untuk satu tujuan, berhasil vbac. Aamiin...^_^

24

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

hai mama rina rd,
Gimana jadinya berhasilkah VBAC nya...? kalo boleh tau, sama dr. siapa dan di RS mana?

25

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

baca2 banyak yang berhasil vbac jadi semakin pengen vbac. anak pertama usia 3 taon, skarang hamil 22w.
menurut penjelasan dokter (dokter Besari, spog yang ahli fetomaternal, praktek di RSB Bunda Semarang), syarat vbac salah satunya kelahiran harus natural (tidak boleh di induksi), tapi kok disini banyak yang berhasil setelah di induksi ya?
sepertinya musti cari 2nd opinion nih, pengen lairan di bidan kita sama bidan yesie di klaten, tapi ko jauh banget dari semarang.