1

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

hi mommies mau tanya,
tau ga dokter yang pro-vbac daerah ciputat dan pamulang? karena saya sedang mencari dokter kandungan yang pro-vbac.... please help y mommies ^^ Thanks

2

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

hai mommies...
ada yg tau dokter yg pro VBAC di surabaya atau malang?

3

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Ikut nyimak thread ini momies...

Sya makin semangat baca pengalaman momies dsini yg berhasil vbac,, sya lagi doyan cari2 info tentang vbac,, walaupun belom rencana hamil lagi.. anak pertama saya juga lahir sc krn indikasi gawat janin.
semoga nanti klo dikasih kepercayaan untuk hamil lagi bisa vbac.. :)

4

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

sarahuzma wrote:
Hai moms semua.. Ga pernah muncul, tp mau berbagi kebahagiaan aja.. Aku sc pertama krn bayinya sungsang..

Alhamdulillah 24 feb kmrn aku berhasil vbac walaupun dibantu vacum.. Aku lahiran di RSB Emma bandung dgn Prof.Sofie..
Jarak anak ke 1 & 2 23bln3weeks (padahal pengennya bs lahir di tanggal yg sama, hehe) aku mules2 dr tgl 23 feb jam 01.30 sampe lahiran 24 feb jam 20.50 kurleb 42jam mules.. Dan mulesnya dr awal udh 5menit sekali, tinggal rasanya yg beda.. Mulesnya mantap ya.. Huhu

Tgl 24 jam 15.00 aku msh pembukaan 6, stuck dr jam 8pagi di segitu terus.. Akhirnya dokter planning kalo ampe jam 7 malem ga ada kemajuan, hrs SC krn khawatir kontraksinya kelamaan.. Disitu aku nangis sambil ikhlas, sambil ikhtiar yg mungkin dilakuin ya jalan2.. Dan dr situ aku udh mulai puasa.. Jam 7 mlm ada kemajuan di pembukaan 7, akhirnya ditunggu ampe jam 8, aku ga tau udh ampe pembukaan brp, pas dokter dtg ketuban dipecahin, dan mulai berjuanglah.. 1 yg br aku tau, kalo sebelumnya sc ada batas brp lama kita blh ngeden.. Kalo ga salah set.jam.. Utk menghindari robek luka sebelumnya..

Aku setelah set.jam ngeden blm berhasil (habis tenaga) akhirnya divacum dan lahirlah Zaid Mohammad Ridha BB 3.2kg PB 48cm.. Lega rasanya.. Tp agak trauma dgn mulesnya..

Dr awal aku ketemu Prof. Sofie dia acc utk vbac, syaratnya :
1. Bb anak ke 1 & 2 ga terlalu jauh
2. Letak bayi bagus
3. Ketuban ga pecah duluan
4. Saat mau lahiran, mulesnya bertahap..
Berhub.syarat2nya bs ketauan kalo udh mau lahiran, ya jalanilah kehamilan senormal mungkin aja kata dokternya.. Ikhlas & byk berdoa deh..


Salam kenal mom.. baca pengalamannya jd makin semangat buat vbac..
Saya jg hamil ke 2 ini sama prof sofie..mdh2an bisa vbac jg seperti mom sarahuzma y.. :)) Amiin..

5

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

aldes wrote:
hi moms.. posting ketiga di tum :')

moms akhirnya sy bs nemuin dokter yg pro vbac bgt.. walopun jaraknya cuma 3 bulan dr sc sy dah hamil lg,, tp tu dokter lgsg blg "slama gda masalah ktuban pcah dluan atau bayu sungsang its ok untuk lahiran normal" thnx God!!! sy kliling ampe 4 dokter tak ada satupun yg acc,,blm apa2 smua lgsg blg sc lagi, tp dokter ini bnr2 bijaksana,
sy minta doanya moms.. persalinan masih dua bulan lagi,, semoga kehamilan sy sehat2 sampe seterusnya. dan bisa sukses VBSC!! smangat buat moms yg mw VBAC banyak doa juga ;)


gmn mom kbrnya, udah lahiran ??? kasusnya sm ni dg sy... :)bg pengalaman dunk mom...

6

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Bun, klo mau VBAC sama obgin ku. Dr.hendrik Sutopo, SpOG di Family. kayaknya pro normal banget.. pernah dijelasin sama obgin ku klo mau VBAC, syaratnya mirip sih ya, yaitu:
1.bayinya ga boleh gede, klo diatas 3,5 kg risiko.
2. Ga boleh sungsang, kudu posisi normal.
3. Ga boleh pecah ketuban duluan.
4. Semuanya kudu lancar, soalnya klo macet ga boleh dikasih penguat kontraksi..

Semoga bisa deh lahiran normal.. sebagai kodrat menjadi ibu, rasanya belum lengkap klo ga bisa lahiran normal.. :)

Oh ya, jaraknya tapi dibilang antara kelahiran kudu lebih dari 18 bulan, dan cuma pernah 1 kali sesar, klo udah pernah 2 kali ga boleh tuh bun (amit2 sesar 2kali,semoga normal)..

7

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Halooo....

Melahirkan anak pertama caesar, padahal udah bukaan 9. Kecapean karena udah 2 hari di rumah sakit. Sekarang hamil 18 minggu, berpikir untuk vbac. Waktu kelahiran anak pertama dokternya sih nyuruh sabar, tapi saya yang panik takut kelamaan dan kecapean. Takut ga bisa ngeluarin. Takut ga kuat. Khawatir lah judulnya. Akhirnya saya yang minta sc. Setelahnya sempet ada penyesalan.. hiks...

Makanya untuk yang kedua ini saya mau coba normal bila memungkinkan. Dan seneng deh baca pengalaman ibu2 disini, bikin semangat. Dokterku sih support aja aku vbac.

Doain yaaahhh...

8

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Halo Mamas....

Lama gak posting di thread ini...Saya ingin sharing pengalaman saya melahirkan anak kedua saya bbrp bulan lalu.

Puji Tuhan saya diperkenankan Tuhan Vaginal Birth After Caesarean (VBAC).

Anak pertama saya lahir SC in cito. Sudah bukaan 5, kontraksi sdh intens, tapi bukaan gak nambah-nambah. Baby udh melemah detak jantungnya. Jadi SC cito deh...

Naah.. sjk positif hamil lagi saat si kk umur 2 th 4 bln, saya pun bertekad utk VBAC. Saya tidak mau lagi SC ke-2 kali krn bekas SC dulu msh berasa gak nyaman di otot perut itu lama...3 bln baru bener2 hilang ketidaknyamanannya. Temen2 yg SC lbh dari 1x juga bilang, kalau SC berikutnya lebih pedih, perih, dan lebih lama pulihnya...

Saya kontrol rutin di suatu RS dekat rumah. Masuk UK 30wk, saya kontrol ke dr. Ridwan di KMC. Pilih ke dr ini krn sudah banyak pengalaman yg berhasil dgn beliau. Di konsul pertama, sang dokter memberi list syarat2 utk VBAC. Saya tidak ingat persisnya, tp kurleb seperti ini:
1. Jarak kelahiran lbh dari 2 th
2. BBL bayi tidak lebih besar drpd kakaknya
3. TANPA INDUKSI
4. Diukur ketebalan Segmen Bawah Rahim (SBR) pada UK 36 minggu, utk meminimalisasi risiko ruptur uteri

Dokternya sangat suportif utk VBAC.
Saat 36 w, ternyata ketebalan SBR saya sedikit lebih tipis daripada standar minimal. ada penelitian yang menyatakan ketebalan rahim di atas 2,5 mm cukup, tetapi ada pula yang menyatakan harus di atas 3,5 mm.Saya lupa SBR saya berapa. Kalau tidak salah 2,3 mm. Namun, dr Ridwan ttp suportif dan memberi lampu hijau. Kt beliau, hanya sekitar 1 % ibu hamil yg punya SBR sesuai standar itu. Rata2 pasiennya yg berhasil VBAC, di bawah angka standar itu, malah ada yg SBR nya lebih tipis drpd saya bisa juga VBAC. Saya pun semakin tenang menghadapi persalinan.

Karena letak RS KMC lumayan jauh dari rumah saya, saya pun akhirnya partus di RS dekat rumah.

Tibalah hari H. Saya mengalami proses kala 1 yang lamaaaa bgt. Sjk keluar flek coklat itu sekitar jam 17.40. Kontraksi intens sekali mulai pukul 01.30 subuh...Right after keluarnya lendir sumbat rahim yang buanyaaak. Jam 5 an, kontraksi sdh per 4-5 menit sekali. Saat dicek pukul 7.30 pagi, saya sudah bukaan 5 sempit. Jam 3 sore, bukaan masih 7. Sejak itu makin intens dan maknyuuusss. Tapi belom bukaan lengkap juga..

Singkat cerita, thank God, lahirlah putra keduaku hari berikutnya pukul 00.55 secara vaginal dengan selamat dan sehat, TANPA INDUKSI, TANPA VAKUM. Total durasi kontraksi hampir 24 jam. Hehe...

Semoga sharing ini bisa bermanfaat bagi para bumil yg berniat VBAC.

Saran saya, kontrol dg dokter yg pro VBAC dan berdayakan diri sendiri lewat knowledge dan effort (makan makanan bergizi, Aktif olah tubuh, Prenatal Yoga, n KEEP POSITIVE THINKING :).

9

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Ibu2... I just gave birth to a baby melalui vba2c. Ya ngga salh baca. Anak pertama dan ketiga lahir sc. Ini anak ke4, dan bs lahir lwt bawah. Ya. Bisa dilakukan, di indonesia, ditolong spog, di rs. Vbac vba2c bukan mitos. Tentu kehendak Allaah swt sangat menemtukan, tp buat inu2 yg ingin vbac atau multiple cesarean, inshallaah bisa. Jangan kecil hatiii.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

10

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Masya Allah MummyHilya.. saya juga pengen bisa vbac. Bismillah.. :)

11

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mummyhilya whoaa.. Selamat ya mba mia dan keluarga. hebat banget.
Semoga mama yang lain jadi makin semangat vbac.

semoga lancar2 untuk mama2 yang akan melahirkan dan berniat vbac.

Ariena semoga bisa vbac ya ma. di bantu doa dari sini yaa :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

12

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Cindy,
Kecups... Makasih, ngga hebat, tp keukeuh mau lahir normal walopun pernah sc 2x.

Kalau mau lahiran vbac, bbrp tips yg bisa dicoba:
1. Berdoa dan kuatkan tekad.
2. cari dokter yg mau mbantu vbac. Sy tiap bln ganti2 dokter smp baru nemu setelah lebaran kmrn
3. plus rajin olahraga dan optimal induksi alami. Akupresur, aromaterapi, pijat oksitosin, nipple stimulation dan coitus.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

13

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mummyhilya,
No wonder mbak Mia, The queen of warrior gitu lho... *sungkem* dulu. Mbak, pertimbangan apa akhirnya si dokter mengijinkan mbak mia melahirkan normal setelah 2x cesar?

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

KiraKara,
Mbak wid, dokter mengujinkan krn ngga ada indikasi gawat janin dan kondisi ibu memungkinkan. ya emg penuh perjuangan dan perlu pengorbanan. Krn sy sempat diobservasi pas 38w sebab pas di vt ada pembukaan 3cm. Ngamar 4hari dan minta plg krn ga ada kontraksi, lendir darah maupun ketuban dan ga nambah pembukaannya.
Tiap 3 hari ctg ulang utk memastikan janin dlm kondisi baik.
Nah krn sy capek bolbal rumah rs dan deg2an krn pas ctg terakhir detak jantung janin naik turun (kemungkinan krn abis ngopi cantik 2 cangkir sblm ke rs), akhirnya sy minta sc eektif tgl 25 sept, dijadwalin rs nya jam 9pagi...
Ternyata eh ternyata, tgl 24 siang badan udah berasa aneh dan pengennya beberes rumah. Nyikat km, masak, bikin kue, beresin baju di lemari, gitu deh. Sorenya, ada rasa2 aneh di perut. Ky bayi gimana gitu. Abis isya, terasa ada kontraksi teratur per 10 menit. Nah jam 10 malem, setelah anak2 tidur, siap2 ke rs. Berangkat ke rs jam 10:45 dg kondisi kontraksi teratur per 5menit. Tp kontraksinya cuma 10detik. Di perjalanan, suami udah nyetir ky apaan tau, kontraksi per 2-3 menit selama 20-30detik. Smp rs msh jalan ke vk... Gak di ctg lagi krn udah kesakitan, lgs di periksa bukaan. Tetep bukaan 3; eh, bidannya buka sarung ntangan... Ketuban pecah. Hijau. Spog langsung ditelpon.
Kayanya spognya langsung terbang deh.. krn 20 menit udah sampai. Dan pas itu aku sdh bukaan 7 di ruang vk.

Bayi msh tinggi, jadi blm boleh ngeden. Setengah jam kemudian, jam 12:30, bukaqn lengkap. Udah mohon2 sc aja. Udah panik gila, ga bisa nahan ngeden, ga boleh ngeden tll kenceng krn sc terakhir 22 bln yang lalu.
Dg ngeden bener, akhirnya kepala turun, vakum dipasang. Ngeden sekali lagiii... Disuruh buka mata, buka mulut ngeden dikit... Dan, lahirlah pangeran kecilku. 3550g, 52cm. Biggest baby i ever gave birth to.

Legaa. Dan diceng2in bidan2, akhirnyaaa lahir juga ya, buuu. Setelah mondar-mandir rs utk ctg, dll.

Iyq, bundadinara, ga ada tuh acara disuntik penghilang kontraksi spy bisa sc.alhamdulillaah spognya supportif spy bisa lahir normal. Temenku yg rekomen beliau aja sampai salut bangettt.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

15

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mummyhilya
astaga mbak Mia, kebayang deh ya itu pak suami paniknya kayak apa.. Alhamdulillah semua berjalan lancar yaa.. Dokternya hebat euy!
Akhirnya worthed dengan perjuangannya ya mbak.. Anyway, selamat ya mbak untuk kelahiran buah hati ke-4 nyaa :) *ketjup* Semoga suatu hari kita bisa bertatap muka dan bersilaturahim, lengkap dengan 4 jagoannya.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

16

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mummyhilya,

ketuban dah hijau tapi dokternya masih mau ngusahain vbac ya??? keren bgt dokternya...
setelah itu bukaan langsung lengkapkah pas tau di vonis ketuban sudah hijau?
lanjutin ceritanya dong..... penasaran..

saya jg lg hamil skrg, masih 12w sih,, tp juga lg berupaya dan ikhtiar supaya nanti bisa vbac, sambil mantau pengalaman mamas2 dsini.. :)

17

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

baca sharingnya mba mia deg-deg'an sendiri.
Sekali lagi selamat ya mbaa buat anak ke-4 nyaa! jadi pengen ketemu sama super mama ini deh ;)

bundanadiandra semoga dilancarkan ya mbaa :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

18

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Wah mummyhilya,
Selamat ya..
Terakhir posting di sini kn hbs vbac.. tiba2 udh vba2c aja...hehe... anak ke-3 SC krn apa?

19

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

bundanadinara, maaf kmrn lobet. Sudah dilengkapi tuh cerpennya.
iya, alhamdulillaah begitu. Disiapkan utk cito juga, sih, bun, krn sdh gawat janin kl ketuban hijau. Alhamdulillaah bukaan lengkap dlm satu jam shg masih bisa lahir pervaginam.

Otie,
Iya, padahal kl melahirkan drama bgt, yak, kok hamil mulu.. jadi malu, saya.
Pas anak ke3 sdh trial lahir pervaginam juga, tie, tp smp pembukaan lengkap dan ditunggu sejam ngga turun kepala bayinya. Dan, 2jam kemudian pas sc (dr. Anestesi kejebaki8 macet) tetep aja kepala ngga turun. Plus pas sc baru ketauan kl ada acreta placenta. Perlengketan placenta pd rahim di bekas sc ank pertama.

Apapun cara ahirnya, yang penting ibu dan bayi sehat dan selamat. Pas dikasih tau ketuban ijo, sy jg langsung nangis. Merasa bersalah keukeuh nyoba lahir normal, ga mau elective sc. Tp kan spog juga punya perhitungan kl bolehin kita nyoba normal, ya. Ga asal iyain keinginan kita.

kalau bayi melintang, atau ada masalah dg kondisi ibu dan janin ya ngga perlu maksa lahir normal juga. Toh mau sc mau pervaginam, gak menjadikan kita less-motherly :) masih panjang pwrjalanan sbg ibu drpd sekadar proses melahirkan. Betul, kan, bu?

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

20

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

cindy,
aamiinn makasih mbak cin doanya :)

mummyhilya,
iya mbak, apapun itu sc atau spontan, mmg sudah takdir Allah,kita cm bisa ikhtiar, dan apapun itu yg pasti utk kebaikan ibu dan anak.. :)

21

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mummyhilya
Oh gitu kisahnya.... Iya setuju sama mom Mummyhilya dan bundanadiandra....

22

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Baru kelar baca dari awal, kisah-kisahnya bikin semangat banget, apalagi mummyhilya keren banget sampe merinding! Semoga saya juga bisa VBAC.
Ada yang punya rekomendasi dokter obgyn pro VBAC daerah BSD / Alsut kah? Terimakasih sebelumnyaa...

23

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

mummyhilya wrote:
bundanadinara, maaf kmrn lobet. Sudah dilengkapi tuh cerpennya.
iya, alhamdulillaah begitu. Disiapkan utk cito juga, sih, bun, krn sdh gawat janin kl ketuban hijau. Alhamdulillaah bukaan lengkap dlm satu jam shg masih bisa lahir pervaginam.

Otie,
Iya, padahal kl melahirkan drama bgt, yak, kok hamil mulu.. jadi malu, saya.
Pas anak ke3 sdh trial lahir pervaginam juga, tie, tp smp pembukaan lengkap dan ditunggu sejam ngga turun kepala bayinya. Dan, 2jam kemudian pas sc (dr. Anestesi kejebaki8 macet) tetep aja kepala ngga turun. Plus pas sc baru ketauan kl ada acreta placenta. Perlengketan placenta pd rahim di bekas sc ank pertama.

Apapun cara ahirnya, yang penting ibu dan bayi sehat dan selamat. Pas dikasih tau ketuban ijo, sy jg langsung nangis. Merasa bersalah keukeuh nyoba lahir normal, ga mau elective sc. Tp kan spog juga punya perhitungan kl bolehin kita nyoba normal, ya. Ga asal iyain keinginan kita.

kalau bayi melintang, atau ada masalah dg kondisi ibu dan janin ya ngga perlu maksa lahir normal juga. Toh mau sc mau pervaginam, gak menjadikan kita less-motherly :) masih panjang pwrjalanan sbg ibu drpd sekadar proses melahirkan. Betul, kan, bu?


masya allah lamaaa banget g kesini ternyata mba mia sudah lahiran anak ke empat
kereen mbaaa,, saya habis hamil abrisham belum berani hamil lagi :D

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

24

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

Saya melahirkan anak ke2 dgn vbac..anak pertama lahir caesar krn kembar..krn kelahiran kedua niat normal,dari awal hamil sudah nyari" obgyn perempuan yg pro normal.. tp memasuki hamil bulan ke8 tiba" kok jd ragu untuk normal,soalnya dengar cerita dr orang" sakitnya ngelahirin normal.Apalagi kl bayinya laki.Dan jg resiko jahitan caesar robek.Untungnya obgyn terus menyemangati krn kondisi saya,bayi,jahitan semuanya normal dan memungkinkan vbac.Jadilah saya tinggal memberanikan diri dgn membaca kisah ibu" yg berhasil vbac dan jg memahami betul tahapan kelahiran,cara ngeden dan atur nafas secara otodidak supaya tidak panik,hehe...
H-2 siang saya keluar flek..saya lgsg ingat,ini tanda" mau lahiran.saking senangnya,saya malah selfie dgn flek saya itu,hehe..tp saya ga cerita kesiapa"..
H-1 pagi keluar lg flek dan lagi" saya selfie..kontraksipun mulai terasa.tiba" ada keinginan untuk beres" rumah.dan jadilah saya beres" kamar,koper buat keRS sambil sbntr" merasakan kontraksi.Sempat jg mencukur bulu,krn malu kl nnt dicukur sm suster.Ketika siang ada ibu dtng nganterin makanan.ibu nanya udah ada berasa" blm?saya jwb,belum..padahal kontraksi udah mulai rapat,hehe..Ketika sore saya itung frekuensi kontraksi ternyata udah 5 menit sekali,tp ga tw kenapa saya tetep santai,'bodohnya' saya malah mikir "sebentar lagi lahiran neh",haha... Pas malam ayahnya pulang,saya cerita udh kontraksi 5 menit sekali.Langsung paniklah si ayah,ngajak ke RS..tp saya bilang besok pagi ajalah,males nungguin diRS,malah bikin tegang.Krn kalah debat,si ayah mengalah..tp pas jam 9 malam,kekuatan kontraksi makin hebat..jd dgn malu" saya ngajakin si ayah "Ayah,ke RS yuu..kayanya ga kuat deh"..haha kl inget skrg ngerasa bodoh,ko pake gengsi segala,ngerasa malu ga nurutin kt suami dari td..suami lgsg nelp orangtua untuk dtng..jd ibu nungguin sikembar dirumah,bapa ikut nganter keRS..sempat"nya saya pesan kepembantu,spy beres" rumah,karpet,jendela spy nnt kl pulang dr RS bnyk yg nengok ga malu rumah kotor..bahkan sempat becanda sm sikembar "yeeeee...sbntr lg ade bayi lahiirrrrr..horeee..horeee" ..Sikembarpun ketawa senang.Beda sama ibu yg mukanya pucat sambil ngedoain spy sehat selamat..
Jam 10 mlm brgkt..dimbl makin ga ketahan kontraksinya,apalagi krn buru" jalan butut jg dihajar sm bapa,jd makin ga keruan isi perut keguncang"..
Sampai diRS lgsg dibw keruang bersalin sementara suami urus" formulir dan suster menelpon obgyn saya..Ketika saya tanya,udah pembukaan brp,suster jwb sudah 8..dan saya dgn antusias bersorak "serius sus?yeee..sbntr lg donkk.."..soalnya saya benar" ga nyangka bs secepat itu pembukaannya.krn yg saya baca,banyak ibu" yg justru lama pembukaannya,bahkan ada yg sehari semalem nunggu pembukaan sampai besar..Tp dr pembukaan 8 itulah,muncul keinginan ngeden yg ga bisa ditahan..Dokter akhirnya datang membuat saya tenang.Dengan hasil belajar otodidak digoogle cara mengatur nafas,ngeden, dsbnya,alhamdulillah saya bisa melahirkan lancar jam 1 malam tanpa teriak ato gerakan yg heboh gimanaaaa gt..Bahkan ketika kepala bayi mulai keluar,saya sempat minta kaca kesuster..Maksudnya,saya pengen ngeliat pas bayi keluar.Tp suster dan dokter malah ketawa,dikira saya mau dandan..yaaahh,ga kesampean deh ngeliat prosesnya..Cuma ngeliat pas ari" dikeluarin..hiiiii...panjaannggggg....
Alhmdlh bisa ngerasain lahiran caesar dan normal.masing" ada enak dan ga enaknya..kalo mau tau,rasain aja sendiri,hehehehe....

25

Topic: VBAC - Vaginal Birth After Cesarean

hoaaaa... hebat2 ya mommy2 di sini.. bikin semangat dan salut...

Saya udah hamil jalan 8 bulan sekarang... deg2an karena mau VBAC. Suami sih terserah, tapi dia keliatan was2 karena sempet nungguin anak pertama sampe bukaan 9.. Kalo soal sakit udah ngerasain lah... hehehehe...

So far keadaan baby dan kehamilannya sehat alhamdulillah. Niat VBAC masih kenceng... dokter pun bilang pasti bisa Inshaa Allah...