1

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

moms,
sharing pengalaman dong... ada yg pernah ngalamin baby blues?

dan kalo iya, gimana mengatasinya ya? gue lagi hamil dan baca-baca, trus denger adanya baby blues. jadi penasaran kalo di forum ini ada yang pernah ngalamin baby blues. so, kalo gue ngalamin, i know what to do.

thank you, moms!

“When real people fall down in life, they get right back up and keep walking.”

2

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

hai mama kinar.. kalo yang aku alamin sih ga tau baby blues atau bukan ya.. cuma setelah melahirkan bawaannya sedih dan takut. sedih tiba2 inget bapak yang uda meninggal, takut ga bisa ngerawat alya dengan baik. pokoknya seminggu pertama setelah melahirkan bisa tiba2 nangis gitu. tapi aku ga yang ga mau megang anakku gitu.

learning is a never ending process
@rhisuka

3

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Hi rhisuka dan mama kinar, saya pernah ngalamin, tapi bukan baby blues, melainkan post-natal depression. Kalau menurut dokter saya, baby blues biasanya terjadi setelah melahirkan, dan hanya berlangsung beberapa hari. Ciri2nya mirip seperti yang dialami rhisuka. Tapi akan hilang dengan sendirinya, karena umumnya disebabkan pengaruh hormon dan karena ada suasana baru, jadi kalau hormonnya sudah stabil, dan kita sudah adaptasi dengan suasana baru, si baby blues selesai. Kalau PND, terjadi within a year sehabis melahirkan, dan tidak hilang2 sampai berminggu-minggu. Hampir semua orang mengalami baby blues, tapi tidak banyak yang berlanjut ke PND. Saya bukan ahli psikologi lo, itu juga hasil diskusi dengan psikiater/psikolog saya..

4

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

hi moms, saya sama kayak breeblue... tadinya pikir cuma baby blues aja, tapi kok berkepanjangan dan makin aneh2 mikirnya. akhirnya ke psikiater dan ternyata PND juga.

waktu itu, kayaknya juga gue ga bisa coping ama ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan. maunya lahiran normal, jadinya emergency c-section. maunya breastfeeding, apa daya bayi ga mo nyedot dan susu ga keluar. trus, kena pubic bone inflamation, ampe ga bisa jalan dan berdiri selama sebulan, bikin jadi frustrasi ama diri sendiri. pokoknya banyak yang ga sesuai, dan ujung2nya gue kecewa ama diri sendiri. kalo gue bukannya ga mau nyentuh bayinya, tapi malah jadi posesif ga masuk akal dan self-deprecating.

anyways, kira-kira 1.5 tahun kemudian baru jadi mendingan....

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Gue ngalamin baby blues, setelah melahirkan Nevan. Hihihihi...gue pikir, syndrome itu nggak bener2 ada, eh ternyata...mampir juga di gue! Selama dirumahsakit, bawaannya nangis mulu, apalagi ASI baru lancar setelah 3 hari. Bawaannya pengen marah terus sm suster2 di ruang bayi, yg selalu bilang 'anaknya anget bu, kurang minum'...buntutnya nangis lagi. Liat bayi gue aja tiba2 airmata banjir..lucu ah klo diinget2.
Berlangsungnya nggak lama, sekitar sebulan pertama pasca melahirkan aja waktu itu.
Dukungan dan bantuan orang2 disekitar, mulai dr suami, orangtua, perawat bayi dll, bisa ngebantu banget buat ngelewatin masa2 susah itu.

?Mamanya Nevan?

6

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

"Self-deprecating" - spot on, thalia!

(karena topicnya baby blues sementara kita ngomongin PND, perlu dibuatin thread baru nggak nih or "baby blues and pnd"?)

Mungkin saya termasuk "text book" case untuk PND: old(er) mum, IVF (setelah waiting 10 years), c-section, unsuccessful breastfeeding, no family support (tidak tinggal di Indonesia)..

Setiap ada kesempatan untuk membicarakan PND, saya selalu berbagi cerita. Soalnya di masyarakat kita pada umumnya masalah mental health masih merupakan sesuatu yang tabu untuk diperbincangkan. Sedangkan PND adalah serious illness yang harus di-treat, agar bisa sembuh, dan support dari orang2 sekitar kita juga sangat membantu.

7

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

hmm kayaknya breeblue bener juga, jadinya ngomongin dua2nya baik PND maupun baby blues. mama kinar untuk sekarang, gue ubah judulnya aja ya jadi "baby blues + PND" ...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

hi, terus terang saya bingung apa bedanya babyblues dgn PDS, apa dari timingnya aja kah (post ato pre-delivery)?

kl pengalaman hamil kmrn, saya sempe kena moodswing parah terutama pas hamil muda.. mual-muntah masih bearable cuman entah kenapa saya tiba2 ngerasa gak semangat, ngerasa hidup ini susah banget, benci bgt sama sunday evening dan monday morning, ampe tiba2 nangis sejadi2nya tanpa sebab.. gatau kenapa cuman pengen nangis aja, ada sesuatu yg harus 'dikeluarin' tapi gak tau apa..

apa karena hamil anak perempuan ya jadi hormonnya bentrok gitu? untungnya pas abis brojol gak kerasa lagi, jadi jauh lebih happy pas anaknya udah keluar.. ampe sekarang masih trauma dan belum punya rencana buat hamil lagi..

oh iya mbak thalia, kl boleh tau pubic bone inflammation itu apa ya? pas hamil saya ngerasa sakit bgt di daerah situ tp dokter gak bisa jelasin kenapa, siapa tau sama..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

9

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

halo charissarhanie, baby blues dan PND itu dua2nya terjadi setelah anaknya lahir. bedanya, baby blues biasanya cuma berlangsung beberapa hari pertama setelah melahirkan. kalo PND itu bisa berlangsung berbulan2... baby blues juga bisanya ntar ilang sendiri. kalo PND, biasanya kalo ke psikiater, suka dikasih obat.

jadi kalo mood swingnya pas lagi hamil, itu lain lagi, kali ya? mungkin banget itu gara2 hormonal imbalance.

tapi aku kebayang sih kalo itu bisa bikin trauma punya anak... aku (dan suamiku) juga masih trauma ama PNDnya aku, makanya ampe sekarang belum siap buat hamil lagi...

pubic bone inflamation itu biasanya terjadi pada olahragawan, terutama pemain football (yang kayak rugby itu lho!) dan olahraga2 kasar lain... dan pada ibu yang baru melahirkan... haha, deskripsinya gila ga tuh... LOL.

tapi mestinya sih itu terjadi setelah melahirkan... biasanya karena tulang kemaluannya kedorong kepala bayi, trus miring... lalu terjadi inflamation... (kurang lebih kayak gitu deh, gue juga kurang ngerti).

kalo terjadinya pas lagi hamil, mungkin itu SPD... coba aja dibaca2 artikel ttg SPD ini, siapa tau emang bener.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

duh, teh thalia, traumatis ya pnd itu..
ada tips khusus gak, berdasarkan pengalaman gimana caranya biar gak pnd dan gimana cara ngatasinnya?

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

thal didn't know elo sampe experience PND segala. untungnya case nya bukan sampe yang "menelantarkan" si anak yaa.. kalo udah sampe gitu kan kayaknya parah banget. tapi tetep aja PND yang elo rasain juga pastinya troublesome banget. i'm glad you got over it.

gue alhamdulillah sih gak sampe parah lah. i guess part of baby blues ada. mana waktu itu pas pindahan rumah dan gue ga bisa ngurusin rumah gue. jadi akhirnya terlantarkan lah rumah gue. gue gak tau mau nyari apa dimana karena bukan gue yang ngatur rumah pas pindahan.

belom lagi urusan breastfeeding yang bikin gue nangis terseguk2, but i got over that too.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

slesta, iya tuh shin... waktu itu, rani yang kebagian dicurhatin gue terus. padahal dia lagi hamil tua, bawa2 noe, seriiiing banget jenguk gue yang kerjanya nangiiiiis mulu... hihihi.

eka, iya, traumatis banget... untuk orang2 yang disekeliling kita juga. abis kitanya rese banget, hihihi.

terus terang, ampe sekarang juga gue masih ga tau gimana ngatasinnya. selain dari hormonal imbalance, emang kayaknya ada bbrp orang yang kasusnya gampang kena PND. seperti kata breeblue:

Mungkin saya termasuk "text book" case untuk PND: old(er) mum, IVF (setelah waiting 10 years), c-section, unsuccessful breastfeeding, no family support (tidak tinggal di Indonesia)..
wrote:


kata dokter gue, orang yang lahirannya emergency c-section, juga lebih prone untuk kena baby blues... mungkin PND juga ya?

mungkin, kalo istri atau temen deket ada yg jatuh di kategori yang disebut2 diatas, kita yang disekelilingnya mesti lebih ati2 dan suportif . yang pasti sih, support orang sekitar itu pentiiiiiing banget... maksudnya suportif disini itu: disabarin, dan mungkin sering diajak ngobrol. disemangatin. soalnya, biasanya sih, yang kena PND itu tingkahnya suka ga masuk diakal, self-deprecating dan dramatis banget. kadang bikin orang lain jadi ga sabar.

kayaknya sih, kalo ada orang yang bisa ganti2an nemenin dan mau dengerin, mungkin bisa nolong banget... CMIIW...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

13

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

aku gak ngalamin PND abis lahiran kayanya krn aku terlalu happy udah gak hamil lg.. soalnya buatku waktu itu, better the baby outside than inside jd keluhan2 selama hamil udah gak kerasa lg.. bisa tidur tengkurep lg, gak nyeri2 tulang kemaluan lg, boleh makan apa aja, dan seterusnya.. personally, i did not enjoy my pregnancy as much as others..

tapi emang harus ada yg mau dicurhatin dan dibawelin sih soalnya kan rata2 kita cuman pengen ngeluh aja.. meskipun aku gak ngalamin PND, tp emang ngerasain gimana desperatenya waktu aku kena mood swing itu.. untungnya suami mau aja dibawelin dan dicurhatin macem2..

btw mbak thalia, bener itu gejala SPD yg aku alamin kmrn, jd lega krn tau sebabnya.. *OOT dikit..*

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

14

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Ga tau hrs blg apa,tp kalo nanti pas gue ngelahirin ternyata gue kena baby blues atau PND..mdh2an gue ga sampe nelantarin anak yaa.Huhuhu.Thank God ya.. you guys could through all that! Salute! *hugs*

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

15

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

ikutan ya moms
pengalaman ku hampir sama kayak charissarhanie waktu hamil moodswing parah, dan jadi sebel banget ama suamiku gitu, haduuhh untung suami sabar yahh..kalo ga haduh deeehh...kata orang2 sih ada pengaruh juga karena hamil anak perempuan *terus terang ga tau dimana bedanya hamil anak perempuan ama laki2 trus jadi benci ama suami*, trus pas abis melahirkan kebetulan waktu itu aku caesar karena ketuban pecah dan keruh jadi harus buru2 dioperasi sebelum anaknya keracunan ketuban *kata dokternya*, padahal waktu itu aku udah persiapkan buat lahir normal ikutan senam hamil, hypnobirthing gitu jg..jd agak down juga karena harus operasi
pas abis melahirkan perasaan benci ke suami udah hilang sama sekali jadi malah manja luar biasa dan ke baby ga tau deh apa namanya, karena babyku lahir kecil 2,7kg *kata orang2 sih ga kecil tp aku ngerasanya dia kecil banget gitu*
nahhh disini deh mulai karena kecilnya itu aku jd takut megang dia, trus dia sempet kuning gitu jadi waktu aku boleh pulang baby ku masi stay di RS,jadilah dirumah aku nangiss aja mikirin baby ku..
waktu baby ku udah pulang juga masi ga berani pegang jadi ga brani mandiin atau gendong cuma berani nyusuin aja itu juga suamiku yang gendongin sebelom dan sesudah nyusuin,
keadaan tambah parah waktu ngerasa anakku sering nangis histeris kalo malem karena kolik, pernah saking capek, kurang tidur, bingung, sedih pas anakku nangis ya aku nya juga ikutan nangis abis bingung dan kasian ama babyku,apalagi aku ngurus ama suamiku dan pembantu aja ga ada orang tua atau sodara...
tapi karena sadar aku ga punya keluarga lain yaa harus ngadepin sendiri aku jadi rajin browsing tentang masalah2 bayi jadi tau cara ngadepinnya n ga lari ke panik dan sedih dan dari situ belajar menghadapi kenyataan juga kalo ga ada kata ideal untuk merawat anak,karena masing2 anak beda2 cara penanganannya.. mencoba untuk lebih rileks, dan meditasi...sangat membantu..
pernah denger cerita temenku dia kena babyblues jadi benci sama anakknya, ga pengen deket sama anaknya karena kayaknya anaknya mengambil perhatian semua orang,untungnya aku ga sampe segitu sih...trus pernah ada temen yang bilang rata2 yang kena babyblues atau post natal depression itu yang kelahirannya lewat proses caesar gitu *apa ada hubungannya yahh*

16

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Diskusi yg menarik :) Kira2 bole ga aku menyebarkan kuesioner ttg depresi post partum? Bgm caranya yah? Tq

"Enjoy The Most Precious and Romantic Moments By Giving ASI to Your Baby"

Salam Cinta ASI,
Henny Zainal

17

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

drhenny bisa email ke kami aja ttg kuesioner yang di maksud? ke email [email protected]. thank you!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

moms.. aku kok belum ngeh banget yah PND gejalanya apa yah?

Waktu abis lahiran, aku kayanya kena baby blues, abis jadi sensitif banget, merasa gak becus, dan merasa gak disupprot, kata temen juga karena pengen lahir normal tapi harus SC.. alhamdulillah bisa hilang..

Nah, jadi pengen tau kalo PND ini gejalanya apa, abis katanya yang lahiran SC lebih mungkin?

19

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Aku pernah tuh ngalamin baby blues, aku jadi over protective ke anakku. Yang boleh gendong anakku cuma mertua, ibu ku dan aku sendiri. Selain itu cuma boleh liat ajah hihi..kalo inget2 jadi suka ketawa sdiri..hehe

20

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

halo moms, salam kenal yaa..
waktu baru lahiran aku juga ngerasa ga becus jadi ibu.. ditambah lagi sering beda pendapat sama mertua ttg ngurus anak.mertua ngerasa lebih tau [iya jg sih, secara lebih pengalaman]. tapi yang paling parah itu aku ngerasa masa depan selesai saat itu.. semua keinginan, mimpi, pengaktualisasian diri, kerjaan yang dipengenin kayak ga bisa dicapai lagi. jadinya sedih bgt and ngerasa ga berguna [jujur, aku berusaha berat untuk ga meraa menyesal udah punya baby]. apa ini PND? atau baby blues? tapi syukurlah, sekarang udah ga gitu2 banget. aku berusaha untuk ikhlas, karna dia anugerah yang sangat berharga..

@marihuanie | On The Record

21

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Hello Moms..nimbrung juga ya..
baca kisahnya Eryka berasa baca diary aku sendiri..sama banget..berat baby Jasmine juga 2,7kg padahal aku pas hamil naik sampe 27kilo. saking depresinya, tiap abis solat malah berdoa jangan sampai ada baby #2.. eh stelah 5 tahun berselang, hadir jg baby Justin..karena merasa "siap tempur" jadi ga gitu depresi..malah terlalu nyantai, padahal saat itu lg jauh dr hubby, ortu & ga ada asisten RT.

& ngutip Marihuanie ".. yang paling parah itu aku ngerasa masa depan selesai saat itu.. semua keinginan, mimpi, pengaktualisasian diri, kerjaan yang dipengenin kayak ga bisa dicapai lagi. jadinya sedih bgt and ngerasa ga berguna" : **Tosss** sama! tp akhirnya nemu solusi. :)

former Facebook addict www.jj-diaz.com

22

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

...ngeri juga ya baby blues ama PND. Mungkin setiap Mommy dapet a bit of blues. My biggest blues itu karena tamu2 sanak saudara yang nggak gitu deket pada berdatangan di RS right after I delivered my baby, bukan pada jam besuk pula, terus nyambung di rumah juga, tanpa bikin janji, on and on and on selama sebulan lebih.

Dalam keadaan tidak habis melahirkan aja, paling sebel kalau ada tamu yang tiba2 nongol di depan rumah, apalagi waktu habis melahirkan, badan sakit semua, muka dan kaki bengkak2 selama sampai 20 hari setelah melahirkan (kirain keracunan makanan), terus masih belajar menyusui yang bener, kadang breasts engorgement, belum lagi disarankan oleh kanan kiri, harus pakai korset...ugh...cuma pakai 4 hari, nggak tahan banget! I called my Doc, "ini keharusan pakai korset karena alasan kesehatan atau kecantikan, Dok?" Ternyata alasan supaya singset. Oh God, bye bye aja. I've had enough on my plate, jelas sudah kurang tidur, diikat2 gitu, no way! Swear, all I wanted: a private time with my newborn and definitely NOT entertaining guests.

Inget2 masa2 itu (hampir 5 bulan lalu), jadi esmosi nih hahaha. Mestinya bersyukur ya banyak yang ngunjungin, but that was my baby blues, I guess :)

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

23

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

astraasw wrote:

& ngutip Marihuanie ".. yang paling parah itu aku ngerasa masa depan selesai saat itu.. semua keinginan, mimpi, pengaktualisasian diri, kerjaan yang dipengenin kayak ga bisa dicapai lagi. jadinya sedih bgt and ngerasa ga berguna" : **Tosss** sama! tp akhirnya nemu solusi. :)



solusinya gimana mba astraasw? share donk..

@marihuanie | On The Record

24

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

hi moms,
uuuh baru ngeuh ada thread ini....Aku ngalamin bgt yg namanya PND, aduuuuh rasanya tersiksaaaa bgt...kira2 2 bulan lamanya aku ngalamin ini...tapi untungnya aku ga jadi nelantarin davina..aku cuma ngerasa sediiihhh luaaar biasa!!!ga bisa ditingal sendiri pasti nangis...aku ga pernah ngerasa sesakit jiwa itu sebelumnya heheheh *lebay*...aku ngerasa hidupku berubah jadi mengerikan, aku ngerasa hidupku dibatasi, ga bisa kaya dulu lagi yang aktif dan penuh tawa *halah*hehehe....sekarang sih, aku bisa cerita seakan2 PND itu biasa aja, tapi dulu tuh rasanya asli tertekan bgt, hampir aku mau konsult ke psikiater...setiap ketemu suamiku juga bawaannya emosi terus, nangis ampe jerit2 curhat ga jelas, mengeluh tentang hidupku...aah pokonya tragis deh.....
Hidupku jadi lebih stabil dan normal setelah aku beranikan diri buat curhat ama ade and sahabat2ku, aku ceritain semua sedih yang aku rasa, dan somehow it's work!! pelan2 aku mulai enjoy dengan ke-motherhood-an ku, ternyata yang kita perlukan hanya terbuka atas apa yang kita rasa, dan jangan malu untuk nerima bantuan dari siapa pun....Perubahan yang tiba2 memang menbuat beberapa ibu baru akan shock, apalagi untuk yang seperti aku (kehamilan colongan/tak terencana), jadi untuk calon ibu sebaiknya banyak nergaul sama sesama ibu, kaya di TUM ini hehehe biar kalau ada permasalahn ga ngerasa sendiri....
jauh2 dari PND dech moms *knock knock on wood hehehehe*

davina biggest fans

25

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

ia kamu gak kena PND aja sakit jiwa, apalagi kalo pas waktu itu kena PND yah? ga kebayang.. hihi..
tapi gue baru tau lo ngalamin ini.. ya abis pegimana, lahirannya barengan yah kita. coba udah ada TUM dulu, pasti udah curhat lebay deh lo disini.. ya kan?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta