1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

eh eh soRella di trit recipes for BLW, halaman awal2 banyak resep2 dari mba ditut kayanya lezat sekali, emaknya aja jadi ngiler (#or it's just me??)

adhya terima kasih afirmasinya, sangat berharga buat sayah:D
baru buka2 web BLW :
Basic safety principles apply with BLW, as with all methods of feeding babies solid foods:
- the baby must be sitting upright
- nuts and fruit that contain stones (such as cherries or olives) shouldn’t be given to babies
- no-one other than the baby should put anything into his mouth
- babies should never be left alone while handling food

from http://baby-led.com/

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mweh..kurang rajin gue bongkar2 trit, brb deh khatamin trit ini dulu, kemarin baru beres trit yang konvensional *yosh, semangat!*

OOT dikit, adhya, ini adhya yang sama dengan yang di milis popok modern itu bukan ya? :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mungkinkah kalo sudah benar2 tegak, gagging-nya bisa diminimalisasi?


soRella, pada awal2 baby ber blw, gagging itu tidak terhindarkan. Kelihatannya menakutkan banget tapi ga perlu dikuatirin karena itu salah satu cara dia belajar makan dengan aman, dengan tidak mendorong makanan terlalu kebelakang. Pengalaman aku dengan Kenneth (baru 2 minggu blw), seminggu pertama dia makan selalu gagging, minggu ke dua gaggingnya sudah jauuuuh berkurang. CMIIW, biarpun bayi sudah duduk tegak, tapi tidak pernah di encourage untuk ambil makanan dan masukan ke mulutnya sendiri (terutama spoon fed babies), mereka akan lebih punya masalah dengan gagging dan bahkan choking dibandingkan baby blw.

mummyhilya, hehehe lucuuu ngebayangin hilya nyusruk ke piringnya!

adhya, gimana perkembangan Almira sekarang?

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

marinifranciscus: sekarang (di umur 8bulan3minggu) sebelum masukin makanan ke mulut kadang2 diremes dulu, ato diperhatiin dengan seksama, baru deh dimasukin mulut. kalo dulu kan kayak impulsif gitu, tiap pegang makanan langsung dimasukin kemulut.
skarang saya sering ngasih beberapa pilihan makanan di meja HCnya dan keliatan kalo dia lebih milih makanan tertentu. skarang dia lebih milih yg berukuran kecil malahan. mungkin karna pincer grip-nya udah mulai oke. padahal dulu cenderung nyomot yg finger food gede. kalo soal doyan makan sih masih doyan apapun.

beberapa hari yg lalu mertua dateng dan utk pertama kalinya ngeliat cucunya makan sendiri. bapak mertua pertanyaannya begini: "itu pake referensi dari buku apa?". kalo ibu mertua ngga nglarang karna saya sejak awal udah bilang Almira lebih suka makan sendiri, kalo disuapin malah ngga mau. waktu makan di luar sempet disuruh nyuapin nasi & bakso padahal Almira lagi asik makan potongan2 melon (order dari resto, dicharge seharga jus melon) tp akhirnya mertua nyadar sendiri "oh iya.. bakso-nya pasti pake MSG ya. ya udah ngga usah aja". alhamdulillah.. mertua saya dua2nya ngga maksa. mungkin karna 2 cucu sebelum Almira semua cnderung picky eater dan sampe TK masi disuapin. jadi ngeliat si Almira bisa makan sendiri ngga dilarang.

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya, wah Almira hebat pincer gripnya makin okeh! Dia sudah ngeh belum kalo yang di depannya itu makanan? Dan pasti sudah lebih terkontrol ya makannya, maksudnya udah ga terlalu berantakan.
Kenneth sudah 2 minggu sehari ber blw, dan sepertinya kalo dikasih persik, dia bisa bener2 ngunyah dan nelen, bukan tertelan. Kalo buah dan sayur yg lain2 dia belum bisa kontrol. Aneh...

Seneng ya kalo mertua ga maksa dan support buat ber blw! Orang tua dan mertua ku sama sekali ga setuju dengan blw, tapi mereka respek dengan keputusan aku dan suami. Lagipula, di Belanda sini, para mamas dikasih buku panduan posyandu (biro konsultasi) bayi 0 bulan - 4 tahun, dan di buku itu ada (sedikit) panduan memberi makan bayi cara blw (di sini istilahnya Rapley Metode). Jadi keputusan kita berdua diperkuat dengan buku itu sbg referensi.

Wah boleh juga tuh ide order potongan buah (melon) dengan charge seharga jus... jadi ga bingung lagi deh kalo mau makan di resro bareng Kenneth! Tfs Adhya!

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

marinifranciscus: Belanda deketan sih ya sama Inggris.. jd pengaruhnya Rapley udah sampe sana sampe dibukukan gitu. denger2 WHO blum bikin guideline-nya. ngga tau kenapa.. padahal BLW ini alami banget.

Almira udah notice banget kalo ada makanan di tray-nya. cenderung milih yg potonga2 kecil malahan sekarang. bakalan lebih milih butiran nasi daripada kentang potongan wedge. tapi kalo soal berantakan mah teuteup :(

Kenneth udah bsa nelen dengan sengaja ya? kereeennn.. tapi emang tergantung tekstur makanannya kok Mom. Almira sampe skrg khusus apel sama pir akan cenderung ngunyah jadi kecil2 banget trus dilepehin lagi. tapi yang lain sih asa empuk bakalan ditelen dengan mudah :)

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

YUHUUUU udh lama banget nihh ga tengok thread iniii.. Sampe janji post foto belom kesampeann.. Berasa kacang lupa kulit deh, padahal waktu hari2 awal Laika (6m3w) BLW saya hampir patah arang, moms sekalian yang supporttt, hehehe..

Alhamdulillah so far so good nih.. Kayanya saya udah cobain semua sayur mayur dan buah2an yang ada di pasar dan supermarket ke Laika tanpa hambatan yang berarti.. heheheh cuma lama2 ibunya gatelll soalnya bosenn.. wkwkwk ga sabar pgn nyobain daging dan variasi lainnya.. kmrn pas ke supermarktet udh sempet beli ayam dan daging giling (belom tau mau diapain) tp mash mikir2 kasih ga ya ato nunggu nanti aja pas 7 bulan (seminggu lagi juga). Sempet liat thread BLW recipes, seru2 bangettt ga sabar pgn coba.. cuma ada yg include tepung sm keju gt.. Apa cuek ya? Kan intinya BLW ga ada pantangan/tahap2an gt kecuali mkn2an yg dianggap 'berbahaya'.. Huhuhu males mantengin thread mpasi konvensional soal pantang2an mknannn.. buanyakk dan ribetttt -_-" *mama males*

Mohon pencerahan ya moms, especially adhya being the 'expert' dan koboi mom disinii, hehehe.. buku BLW saya lagi dipinjem nihh udh 2 minggu, jd butuh afirmasi dr moms sekaliaann..

btw masukin foto gimana caranya yaaaaa? kok pake url2 segala ? *supergaptek*

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Owya mo sharing aja niy.. Waktu visit rutin ke DSA pas Laika 6 bln kmrn aku sempet mention ke dokterku kalo kita lg nyoba BLW.. Saya nanya pendapat beliau apa (DSA sy dokter senior yg sangat disegani pendiri milis sebelah dan biasanya saya telan bulat2 nasihat dr beliau). Doi sih ga setuju sama BLW huhu basically karna resiko choking. Trus dia ngomong2 pjg lebar, trus saya sm suami liat2an. Keluar dr tempat praktek, suami cuma bilang, "Semua terserah kamu loh. Kalo masih mantep, jalanin terus aja. Dia (DSA kita) kan udh rada (maap) tua, mungkin kurang sreg dgn metode2 koboi gini dan belum update ttg benefit2nya." Hehehhe iya juga ya, ya udah saya bulatkan tekad dan jalanin terus deh sampe skrg :)

Jadi intinya sih moms, do your research well and thorough. Supaya tambah mantep, dan bisa sharing ilmunya ke org lain biar blajar terus :)

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Lapor! Syifa BLW sudah 5 hari ini. Dari awalnya dia cuma demen megang dan meremas2 makanan, kemarin dia rakus makan brokoli, ngisep2 pir ijo, dan pagi ini sarapan kabocha.

Soal gagging, 2 hari pertama gagging parah. Hari ketiga mulai pinter ngelepeh setelah ohok2 dan hoek2. Kemarin makan brokoli tanpa masalah. Dikunyah dan ditelan. Pagi tadi dia ngelepeh potongan besar kabocha dan memilah memilih mana bagian yang empuk dan agak keras. Saya penasaran apakah benar dia sudah menemukan caranya makan? semoga saja bisa konsisten untuk makanan2 yang lain.

huwaahh...sayang nggak bisa mendokumentasikan dengan baik. Karena kalau makan, Syifa lebih anteng dipangku sambil ongkang2 kaki daripada duduk sendiri. Trus kalau difoto dia malah mau ngambil kamera ataupun hapenya.

laporan selesai. :D

multitasking mom and pharmachist

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Adhya, biarpun Belanda deket Inggris dan dicantumin sedikit di buku panduan posyandu, tapi tetep para mamas di sini lebih seneng spoon-fed. Ketika babies mereka 8 bulan, baru deh pada dicekokin finger food.
Seandainya WHO sudah bikin guidelinenya, pasti lebih banyak lagi mamas yg ber blw-an.

Waaaw, Almira lebih milih butiran nasi! Mau liat fotonya! Heheh...maksa ya..
Dikau bener Adhya, tekstur persik ternyata lebih gampang buat dikunyah dan ditelen! Tapi persiknya juga yg harus mateng banget, kalo keras si Kenneth ga bakalan bisa pastinya!

taniadavina, pasti dokternya ga pernah baca bukunya Rapley makanya langsung bilang ga setuju BLW karena resiko choking! Padahal blw justru lebih aman terhindar choking dibanding spoonfed. Ayo foto babymu dipajang, pengen liaaaaat! :) Caranya bisa diliat di FAQ.

uniquenda, makasih ya laporannya! :)) Ditunggu foto2nya Syifa! Pinter deh udah bisa ngunyah brokoli!

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Wah, ternyata BLW seru juga ya.
Selama ini saya emang cenderung konvensional siy alias spoonfed, soalnya saya suka senewen kalo liat semua yang berantakan (maunya serba rapi jali) tapi baby frey iseng2 kukasi pisang potongan eh malah dimakan sendiri sama dia (amazed deh).. Mungkin kedepannya saya coba mix deh antara metode konvesional sama BLW,

btw, kalo bubur gimana caranya utk di BLW-kan?

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya, marini franciscus senang banget nih gue!!!! *joget2* Berhasil ngajak hilya blw an. dan berhasil makan! ternyata brokoli lebih disukai, karena mungkin ga ada rasa. buah pir malah kurang doyan, diisep2 lalu dilepeh.
poto2 nunggu sign up potobuket dulu, yee. thanks for the support, mamas

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mamas,

Baby frey udah 7m1w, mau BLWan telat gak sih?. soalnya sekarang sudah makan bubur.

Kemaren saya cobain (lagi) pisang. Dia ambil sih tapi karena licin jatuh2 trus marah2 dianya. Dulu waktu awal2 MPASI dia interest banget lo BLW, sendok direbut, makanan direbut mau masuk mulutnya, tp karena saya awam BLW jadi g ngerti. Sekarang dia sudah biasa disendokin sih.

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

maminyaFrey engga ada kata terlambat. let's join da club, mommy!! =D
menyenangkan sekali blw ini. anak senang, ibu riang.
anak senang karena:
[list=1]

  • halal eksplorasi (baca:mainin) makanan
    [/*]
  • bisa kenal rasa dan bau asli makanan
    [/*]
  • bisa liat warna warni makanan[/*]

    ibu senang karena: GAK ribet bikin bubur, puree, dll
    awalnya orang tua saya juga kuatir baby hilya masih kelaperan.. tapi pas ngeliat anakku bisa ambil makanannya sendiri, masukin mulut, isep, kunyah, lempar sisanya-ambil lagi-dst.. they laugh with me& my baby.. selamat mencoba!!

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)
  • 15

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Maminya Frey, itu kalo di MPASI konvensional, memang usia 8 bulan kan stepnya selain disuapin, anak juga diperkenalkan dengan finger food buat cemilannya (sayuran kukus/buah). ada yg 7 bulan juga, tergantung kesiapan anak ... :) .
    ini mungkin bisa jadi jalan tengah untuk yang mau pindah jalur ke BLW setelah sebelumnya spoonfed, atau yg mw BLW tapi diprotes kiri kanan :P

    less ego, more heart

    16

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    mummyhilya, turut seneeeeng Hilya ber BLW! Horeeeee! Seneng ya kalo orang tua juga ngedukung, sapa tau mereka juga cerita2 blw Hilya ke keluarga, teman, kerabat, jadinya makin banyak deh yg dapet info blw.

    MaminyaFrey, dicoba dijalanin aja dua2nya, spoon feeding dan blw, tapi harus konsisten. Nanti akan keliatan sendiri baby Frey lebih tertarik yang mana. Jangan lupa makanan blwnya yg bisa dia ambil, genggam dan masukan ke mulut. Kalo susah untuk diambil makanannya baby Frey nya jadi ga tertarik lagi..

    17

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    marini franciscus iya, alhamdulillah akhirnya mendukung. karena awalnya ibuku nanya, "terus gak pake bubur? atau puree?" dan aku gak bisa melarang pas beliau nyuapin pisang yg dilembutkan buat hilya. nah untungnya, my baby hates it. she was scowling and then spat the mashed banana away. hahaha. semoga orang tua kita bisa jadi duta blw ya. kalau asi kan ada breastfeeding grandma/grandpa. kalau blw???

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    18

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    marinifranciscus: upload-nya ntar ya kalo card readernya udah ketemu :D

    taniadavina: di thread ini beberapa udah dibahas olahan makanan slain kukus2an kok. kalo saya mulai brani nambah protein nabati dan hewani stelah Almira 7 bulan :)

    uniquenda: laporan diterima beb :p

    MaminyaFrey: kalo bubur, coba bikin agak kentel, trus isi sendoknya dengan bubur, trus sendoknya disodorkan ke anak. jadi setengah bantuin sih. ato buat semacam 'pencelup' untuk 'nyendokin' si bubur, misalnya dari batang brokoli, dari buncis, wortel, dll.

    mummyhilya: ortu saya sih support penuh soal BLW..tapi kalo MIL waktu ke rumah saya sih emang tampak ga masalah, tp pas saya yg nginep kesana eh trus bilang "sebenernya di-tim-kan nasi+sayur kok harusnya. nanti disupain uti" trus saya dibelain PIL "tapi anaknya lebih suka makan sendiri tuh". tp ta liat sampe skrg belum ada tindakan nyata dari MIL. apalagi beliau ngeliat sendiri anak saya "apa-apa dimakan",compared to other grand children :D

    19

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    adhya PIL =Pather in Law?? wkwkwkw *sunda pisan euyyy..OOT, sit up 2 set:p

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    20

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    mummyhilya wrote:
    adhya PIL =Pather in Law?? wkwkwkw *sunda pisan euyyy..OOT, sit up 2 set:p

    bukan..yg bener PIL = papah in law! :D
    makin OOT deh *kabuur

    21

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    mummyhilya & rynzdecutest: yang jelas bukan Papah Idaman Lain :p *kabur ke Timbuktu bareng donal bebek

    22

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    adhya
    *gubrak hihihi...udahan ah OOTnya, mo nanya anakmu klw mkn nasi pupnya keras gak? my yara lebih suka nasi drpd tim tp ahir2 ini jd susah pup entah gara2 nasi atw krn ganti sufor *garuk2kepala*

    23

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    rynzdecutest: he eh.. jd lumayan padat,. tapi ngga tampak kesakitan kok ngluarinnya :) ini tadi barusan ta kasih lontong (tapi tanpa sate). hehe

    24

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    adhyaaaaa... nanyaaaaa, plis. kok akhir2 ini sejak makan hilya bobonya jadi agak2 berkurang, ya? terus kalau aku pulang kerja, nempel mimi cucu mulu.
    kekhawatiranku sih, apakah dia masih lapar? selama ditinggal, jam 730-6 minumnya ~600ml asip plus makan 2x dan minum air putih, abis makan.
    sebenarnya brp sih porsi makan untuk baby 6mo? thankiessss

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    25

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    mummyhilya: kalo soal bobok sih, saya sendiri ga pernah bisa mengkaitkan dengan apapun, termasuk makan. Almira sejak bayi boboknya ngga tentu: kadang banyak, kadang dikit. jadi ya saya anggep "baby-led sleeping" ajah. dia pasti udah ngerti kebutuhan tidurnya.
    begitu juga dengan nenen. ada kalanya dia maunya 'ngempeng' melulu. sekali nenen bisa lamaaaa banget, dan sering. tapi pernah juga nolak2 kalo disodorin. karna "baby-led weaning" itu termasuk di dalamnya menawarkan nenen kapan pun bayi mau (dan kalo ngga mau ya udah).. jadi saya mah santai ajah. asal si bayi tampak sehat, aktif, tumbuh kembangnya sesuai umurnya dan ngga rewel.
    tapi ini pengalaman saya sebagai FTM lho. kalo bayi yg ibunya WM, mungkin wajar kalo pas ibunya pulang maunya nenen melulu. mungkiiiinnn lho. karna acara nenen bagi bayi kan (kayaknya) bukan cuma soal memenuhi kebutuhan perut, tapi juga kebutuhan psikis. CMIIW.
    begitu juga soal porsi makan. di buku BLW ada panduan brapa porsi utk karbo, protein, dll, (tapi buku lagi dipinjem, ga bsa liat contekan. hehe), tapi lagi2 itu cuma panduan kasar aja. 'kewajiban' ibu menawarkan gizi yg seimbang. soal brapa banyak yg akhirnya bener2 tertelan bayi, itu bener2 'di tangan' bayi.

    hadeeuhh, punten belibet. really HTH :D