1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

nuhun, neng:) iya, emg riweuhnya karena saya masih kerja, di tempat baru, dengan job desc baru pulak. jadinya mungkin penyesuaian, kalii.. atau aku kuatir juga mon infant lagi growth spurt tapi gak ketahuan. your answer does help, dear.
ibu2 yang punya bukunya, berapa porsi makan utk anak 6m? berapa lama makannya? TIA

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

@adhya
Wah ketemu adhya disini :)
Haduh saya blm katam baca forum ini jd minta info langsung aja.

Ttg BLW ini, menurut DSA-nya Dawud koq takutnya BLW tidak memenuhi gizi anak ya? Padahal usia segitu penting untuk perkembangan otak
Saya bilang DSA-nya, bukannya makanannya masih pendamping ASI, dok? Kata dia 50-50...

Saya konfirmasi adik yang sekolah kedokteran, iya katanya 50-50.

Gmana Dhya?

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

hai mbak Megarini.. akhirnya gabung TUM karna pengen join d club BLW ya? hihihi..
dokternya disuruh baca bukunya aja :D
ato bapaknya Dawud juga baca biar ada 'backing'. kan dokter juga. wkwkwk.. karna sebenernya di buku BLW udah mengupas tuntas dan mengatasi kekhawatiran, termasuk ada bab khusus mengenai panduan gizi.. :)

kalo di buku dijelasin kurang lebih begini: sbnernya dengan spoonfeeding juga ga jamin gizinya terpenuhi. itu sangat tergantung si anak disuapi apa. emang anak bisa nyiapin makanan sendiri? enggak kan? :D
mungkin kalo dengan BLW, di awal banyak yg tampak 'terbuang' dibanding 'spoon feeding' yg makanannya disodorin ke mulut bayi. tapi itu cuman di awal2 aja kok. makin lama yg dimakan makin banyak, sesuai peningkatan skill bayi dan peningkatan kebutuhan perutnya berdasarkan naluri bayi itu sendiri.
trus.. karna dengan BLW bayi tuh ngga makan puree, jadi yg dimakan ya 'konsentrat', cenderung tanpa air tambahan. jadi walopun sedikit, tapi bener2 hanya makanan.
slain itu, bayi juga bisa ditawarkan buah dan sayur segar tanpa proses pemasakan yang cenderung mengurangi gizinya. kalo pun dikukus, ngga perlu sampe empuk banget supaya ngga gampang hancur kalo digenggam bayi.
mungkin ada pendapat yg bilang bayi ASI rawan kurang tercukup zat besinya.. jadi kenapa si bayi ngga ditawarkan makanan yg kayak zat besi, misalnya daging sapi? bentuk pengolahannya bsa dibaca di thread2 sebelumnya :)) untuk mengoptimalkan absorpsi-nya, perlu diimbangi asupan vitamin C, bisa dengan buah-buahan. lebih segar lebih baik, ya kan?

coba didiskusikan comment saya ini dengan ayahnya Dawud.. and please CMIIW.

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

nang adhya asli tapi.. gue masih penasaran porsi seharusnya berapa banyak sih? selama ini saya pake ukuran waktu. jadi 30 mins maem, udah deh. gimana, dong?? mana hari2 ini stok asip kejar tayang...*curcol*
ghifAruni tante dokter bantuin, doong...:D

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mummyhilya: kalo seberapa banyak bayi makan, ya sebanyak dia mau. tapi nyodorin makannnya jangan semua sekaligus. dikit2. kalo udah mulai berkurang, mejanya diisi ulang lagi.
begitu juga dengan durasi waktu: tergantung maunya bayi. Almira di awal2 dulu paling 15 menit aja udah ga fokus sama makanannya dan matanya ngeliat kemana2, sampe akhirnya kayak dah ngga betah duduk. sekarang kalo timing-nya tepat, bisa 30-45 menit duduk dan sibuk dengan makanannya.
di bawah 1 taun, yg paling penting: sodorin ASI sebanyak mungkin bayi masih mau :) jadi fokusnya bukan cuma MPASInya tapi juga ASIP-nya kalik Mam..
ato jangan2.. selama Mummy di rumah (pagi sebelum brangkat kantor) dan malam setelah pulang, Hilya udah puas2in nenen langsung? jadi mimik dari ASIPnya berkurang? ini baru dugaan lho :)

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya ooow kalau nenen langsung sih teuteup atuh, neng. teu dilepas kalau gak bener2 mau brangkat:D pulang kerja, bebersih langsung nen:( gak tahu, even datengnya pas dia bobo, teuteup euy bakalan bangun. kecium baunya, kalik.
hilya kan baru nyobain brokoli, jeruk baby (doyan bgt, *****) sukini, pear (***, biasa aja) sama kukis (**** doyan) kalau brokoli gitu berapa kuntum sih, neng sekali mamnya? eh eh, kuimel aja, yah..;)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

di buku BLW ada panduan brapa porsi utk karbo, protein, dll, (tapi buku lagi dipinjem, ga bsa liat contekan. hehe), tapi lagi2 itu cuma panduan kasar aja. 'kewajiban' ibu menawarkan gizi yg seimbang. soal brapa banyak yg akhirnya bener2 tertelan bayi, itu bener2 'di tangan' bayi.
wrote:


Adhya, diriku kok ga nemu ya di buku ttg panduan berapa porsi karbo, protein, dll? Yang ada panduan dasar Nutrisi yang dibutuhkan manusia (hal. 192 - 196). Di situ disebutkan bahwa vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak (fats), fiber, adalah nutrisi yg dibutuhkan baby sampai orang dewasa. Dan semua nutrisi ini sebenernya sudah terdapat di asi/sufor untuk dikonsumsi baby sampai dia setahun, nanti setelah baby 1 tahun ke atas baru nutrisi2 ini lebih banyak didapat dari makanan yg dimakan. cmiiw.

Btw, sudah ketemu blom card readernya? :p
Itu lontongnya bikin sendiri ya? Lebih gampang kali ya buat Almira pegangnya dibanding kasih nasi? Penasaran hihihih...

mummyhilya, Di buku dijelasin bukan berapa banyak porsi makan dan berapa lama makannya, tapi lebih ke semakin banyak variasi makanan yg dikasih ke baby, semakin banyak nutrisi yang dia dapet. Hylia kan udah dapet brokoli, pir, jeruk baby, sukini, kukis (eh ini apaan sih?), jadi dia udah banyak juga tuh dapet nutrisi yg dibutuhkan tubuh.

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mummyhilya: Almira suka kebalik kalo makan brokoli. yg digigitin batangnya. jd lama abisnya. hehe

marinifranciscus: lupa halaman brapa (buku blum balik)... itu lho Mom.. yg disebutin bahwa 1 porsi bayi seukuran genggaman tangannya.
ini critanya lg liburan di rumah ortu.. card reader-nya blum ketemu. padahal aq ngga bawa kabel data kamera :(
lontongnya ngga bikin sendiri, tapi eyangnya Almira beli skalian beli sate ayam :D emang jadi gampang banget makannya lho..

btw.. kalo ada pemilihan BLW grand parents.. mo ngajuin ibu saya ah.. kemarin ibu saya beliin ubi ungu (yg kata bapak saya kaya betakaroten) trus beliau kukus beserta tempe. disiapin buat cucunya. trus ngeliat muka cucunya belepotan warna ungu malah kegirangan trus difoto2, trus diupload ke FB. hihihi..

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya, marinifranciscus ooh gitu ya, takaran kira2nya segede genggamannya.. huhuhu, si neng kan endut genggamannya gede :D
brarti porsinya kayanya udah pas. brokoli 4-5 kuntum sedang. 1/5 sukini, jeruk baby 5 juring, 1 bh kukis (ini ejaan endonesah dari cookies). kalao kentang brarti 1/4 buah yg sedang ya..
eh emak tjantix, tahu anaknya kenyang dari mana, ya? anak saya doyan makan soalnya. brentiinnya susyeeh.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Adhya, ga apal itu dibagian mana... dikau khatam amat yaks! Hahahah...
Nanti Kenneth dicoba kasih lontong juga ah, ga kepikiran samasekali loh gue, untung dikau cerita2! tfs.
Eh ya ikut nominasiin ibu mu (angkat jempol) buat jadi blw grandparent! :D
Foto blwnya Adhya ada di fb? Fbmu apa? sini sini aku add hahaha... sangking penasarannya diriku pengen liat foto jd oot dikiiiit...

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mummyhilya, seneeeeeng doong kalo Ilya doyan makan! Jangan diberentiin mak, biar dia stop aja sendiri...namanya juga blw, Illya yg tentuin kapan mau makan dan kapan dia stop saat kenyang...
btw fotonya mana ? :D

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mummyhilya: sebenernya kalo baru awal2 belajar makan, bayi mestinya belum kenal konsep "kenyang" dari makanan selain ASI lo. CMIIW. tapi jelas bayi kan beda2. bsa aja Hilya udah cepet banget prosesnya, terpuaskan dr makanan sehingga ASIPnya berkurang. mungkiiiinn looo..
yg jelas kita sebagai ortu tidak disarankan utk "sotoy" dengan menjejalkan makanan karna khawatir anaknya belum kenyang. dengan BLW, bayibelajar buat ngontrol nafsu makannya sendiri dan belajar mengenal "kenyang" dengan caranya sendiri.

marinifransiscus: foto2 BLW ada di 1 album khusus di FBku. hehe. account FBku ta kirim via PM ya :)

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya wrote:
mummyhilya:
begitu juga dengan durasi waktu: tergantung maunya bayi. Almira di awal2 dulu paling 15 menit aja udah ga fokus sama makanannya dan matanya ngeliat kemana2, sampe akhirnya kayak dah ngga betah duduk. sekarang kalo timing-nya tepat, bisa 30-45 menit duduk dan sibuk dengan makanannya.


sama, kalau timingnya tepat selalu berhasil ngajak dia maem sendiri. kalau nggak, dia ngamuk minta di suapin, kalau masih mau dia mencari2 makanan yg ada ditangan saya (padahal tangan dia pegang makanan yg sama). Kalo udah ogah dia ngga nyari2 lagi dan mainin makanan yang ada ditangannya. Ini kondisi saya pangku, kalo duduk di HC dia nyusruk2 ke meja HC. Kalo udah gitu musti diarahin dulu tangannya yg pegang makanan ke mulut baru dia sadar bahwa dia pegang makanan.

Saya belom bisa full BLW buat anak saya. Tapi saya nggak ngejejelin dia makanan juga..

kok kebanyakan "kalo" ya tulisan saya?! *OOT* #abaikansaja

multitasking mom and pharmachist

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

uniquenda: tiap kali makan, bunda Cipa ikutan makan kah? maksudnya ngasih contoh gitu? mungkin diarahin dulu gapapa selama dia ngga nolak.. sampe hand-eye coordinationnya oke. tapi at least, pastikan duduknya tegak :)

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

trims bukibuk unruk supportnya. sekarang hilya udah doyan banget sama apel dan pir :D
ternyata emg blw ini okeh banget, ya. maksud saya, dia bnr2 ngajak anak utk eksplorasi scr pol. 2 hari lalu sy baru tahu skrg hilya sudah tahu kl dikasih piring brarti waktunya makan. ibunya senang. blw ini-imo- mengasah kemampuan motorik kasar dan halus, ya. sekarang hilya udah bisa ngambilin potongan kecil2 makanan, bisa mindah2in makanan dari piring ke tray, ke kursi, dsb.
kmrn nyobain kurma (bismillah, mg2 allowable) dn hilya bisa loh, ngelepeh bagian yg kering (kulitnya) dan makan bagian yg moist. yeay!! thankies mamas :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

dari tadi bacain thread ini dari depan sampe 'kenyang' sendiri hahaha.

btw, baru mo nyobain makan ke Lemon yang seminggu lagi baru 6 bulan.
kemaren udah dicoba untuk ngasih finger food tapinya malah ga dimasukin mulut, jadinya di emek-emek *ini bahasa aneh betul*
akhirnya dicobain puree alpukat 3 hari trus kemaren puree kentang.


baru tau juga kalo mo BLW an, si anak harus duduk tegak dulu ya, Lemon belom bisa jadi kayanya Ibu nya harus sabar menunggu.

mummyhilya, ini kenapa malah ketemu disiniiii hahahahahah. padahal barusan aku sms fatima nanyain soal makan *oot

mohon bimbiingan mamas :D

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya, maaf kalo udah pernah dibahas, kalo makan sup atau yang berkuah gimana caranya mom? anakku 10m, masih mixed tapi lebih sering spoonfed karena dia suka makan yang berkuah, ohya makannya udah table food (minus gulgar) sejak 8,5m, ga pake nasi tim atau saring2 lagi. Mohon bimbingannya ya, TIA

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Misskepik huaa dunia emang sempit. eh, mama Lemon (kaya merk pencuci piring, maap..) kl belum duduk tegak boleh kok dipangku, ada kok di page depan:)
emang proses ngemek-emek da, lempar2 emang wajar, buk. cobain aja, pasti fun! *jangan lupa bilang sama pengasuhnya kalau emang ini proses pengenalan makanan padat yg kita anut, harap pengertian*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Alhamdulillah akhirnya khatam jg baca cerber ini *buang ember bergalon2 hasil keringat yg netes2 tak kunjung henti*

ehm.. davy bentar lagi jg mau mulai MPASInya (15 days to go!! yaay!!).. rencananya saya mau BLW krn : 1. emaknya pemalas; 2. gak rela kl pake acr puree-an yg harus nyampur dgn ASIP pdhl udah msk episode kejar tayang & seringnya deficit hihihihi *curcol

makdarit.. mohon bimbingan para senior *menunduk hormat*

btw, btw, wlpun emang disarankan mulai umur 6 bln ke atas.. buat mami2 yg waktu itu dah mulai colongan gpp kah? ad mslh gak dgn pencernaannya dgn waktu colong2 start bbrp hari sblm ulang bulan ke-6? kliatannya nggak ya? *pengen ikut2 colong start saking gak sabar* tp davy duduknya kdg bisa tegak, tp kl dah giliran gigit2 malah nunduk2....

mommyhilya waktu kmrn kasih kurma gmn? soale hasil baca2 ktnya kurma kek madu, gak boleh kl di bawah 1 thn... bener gak siy?

skali lagi ah.. mohon bimbingannya... *nunduk hormat lebih dalem*

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mummyhilya, iya nih jadi kepengen cepet cepet pulang atau besok ga usah kerja aja nyobain pangku sambil praktekin BLW an mwahahah

mellydj, aku juga nyolong start dong kemaren ihihihi. Lemon baru akan 6 bulan tanggal 29 besok. Tapi waktu kemaren imunisasi kata dsa nya udah boleh dicobain sedikit sedikit. Sebenrnya anaknya udah sering mupeng gitu kalo ngeliat kita makan. Udah 4 hari ini dicobain puree alpuket sama kentang dan pencernaanya alhamdulillah gak masalah sih. Pup nya masih lancar dan gak keras. Tapi besok baru mo nyobain BLW lagi sapa tau mau, soalnya pas pertama dicobain gak berhasil :p

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

misskepik hihihi sama doong dsaku jg dah ksih lampu ijo pas imunisasi kemaren *toss.. tapi lampu ijo utk puree, bukan BLW hehehe makanya msh menunda2 krn as i said before.. gak rela stok ASIP dikurangin buat puree, mending aku nenenin lsg.. eh OOT gak niy? *clingakclinguk siap2 kabur*

enihow.. besok foto BLWnya di-post doong.. *seneng liat bayi2 semangat BLW* biar kita jg makin semangat hehehehe

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

nadned: menurut tips dr buku dan sudah saya praktekkan sendiri, caranya si makanan disendokin dulu sama kita, trus sendok yg udah diisi makanan itu disodorin ke bayi, trus bayi blajar masukin sendok itu ke mulutnya. tp jangan langsung yg berkuah encer sih mom. saya ngasih makanan paling encer ya yoghurt aja. pernah juga ngasih parutan pir. tp itu kan ngga se-encer kuah sop ato sayur bening :)

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mellydj & Misskepik.. welkam to the club para ibu koboi. wkwkwk.. ditunggu foto2nya (pake F ya mummyhilya.. bukan pake P) hehe.

kalo nyolong start sih.. saya salah satu pelakunya. walopun nyolong start utk ngisep makanan, tp belum tentu si bayi bisa nelen kok. kalo pun nelen, paling2 masih ngga sengaja. padahal salah satu indikator pencernaannya dah bener2 siap tu bayi bisa nelen makanannya sendiri setelah dia berhasil masukin makanan ke mulut dengan tangannya sendiri.

jadi..para bayi yg mungkin jauh sebelum enam bulan (kayak saya dulu umur 4 bulan udah disuapin bubur instan sama ibu saya)..dan bisa nelen tu bubur, sebenernya belum tentu pencernaan saya siap. bisa nelen karna sendoknya dimasukin ke mulut saya jauh ke dalam sedemikian rupa sehingga tertelan.

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya wrote:
uniquenda: tiap kali makan, bunda Cipa ikutan makan kah? maksudnya ngasih contoh gitu? mungkin diarahin dulu gapapa selama dia ngga nolak.. sampe hand-eye coordinationnya oke. tapi at least, pastikan duduknya tegak :)


woyooo...ikut makan dari tray HC dia jg kadang, kalo lagi dipangku ya dari piring yang sama sayurannya..
Kayaknya emang ada waktu2 dia rada males maem dari tangan dia, soalnya kalo lagi mood banget dia langsung masukin makanan ke mulut dengan akurat dan berkali-kali. Kebanyakan terjadi pas dia makan buah atau brokoli. kalau sayuran lainnya dia mau maem tapi dipegangin, dia tinggal pegang dan kontrol tangan emaknya masuk mulut dia.

multitasking mom and pharmachist

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

suhu adhya dan marinifranciscus udah mati gaya, nih, apalagi yg dikasih ke hilya, brokoli, kentang, sukini, melon, jeruk, cookies, wortel, apel, pir. dikasih apalagi, ya? jamur champignon boleh gak? kmrn beli alpukat masih keras, jdi blum dicobain, apalagi dooong??
ehmm semangka seru kali ya? bengkoang boleh gak? huahaha
terus kalau mau diolah diapakan buah-sayur tsb?
another news, blw baby seems to drink from glass earlier, no?

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)