1

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

hehe... :) iya nih jadi OOT... obrolannya mestinya di: http://theurbanmama.com/forum/topic361-suplemen-untuk-bayi-vitamin-mineral-etc.html

ningnung kalo saya ga salah hitung, dosisnya 6.2/15 = 0.413 mL
*kabur takut disemprit*

2

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Aduuh trims ada tret ini.. tapi ini masih deg deg an. Sudah 3 hari (ini hari keempat) baby ku gak pup, padahal biasanya sehari minimum 2 x pagi dan sore. Masih asix krn umurnya baru 5bln 10hari. So, mustinya masih wajar ya gak pup 3 hari lebih.

Tapi yang bikin cemas itu, dia kalau dikasih mimi asip dari botol jadi berkurang jauh. Biasanya 80ml - 120ml jadi turun 60-80 ml teruss sampe hari keempat ini parah banget cuman mau mimi 20 - 30 ml aja.
Saat ini begitu aku datang, dimimiin sering sering walaupun dia sebentar sebentar lepas..

Ada yang pengalaman kaya gini Mamas? Atau perlu ke dokter yah? Takutnya dia jadi gak mau mimi banyak karena begah (kaya kita kalau gak pup berhari hari gitu)..

3

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Obefya
Diego sih pernah sampe 5 harian gitu nggak pup... sekalinya keluar buanyakkk... tapi ngga sembelit dan selama itu ngga menolak susu juga...

Si kecil ngga lagi sakit kan? Apa mau tumbuh gigi mungkin?
Biasanya digelontor ASI lama2 pup juga... yg penting pipisnya cukup aja... CMIIW, kyknya bayi mulai berasa begah kalo udah MPASI...

4

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Haiihh... akhirnya pup juga hari ini.. Lumayan banyaknya sih seperti kalau pup pagi pagi dulu sewaktu pup nya masih tiap hari 2 kali..
@avee iya bener walaupun sempet nolak nolak tetep ditawarin asi lebih sering..

Gwnya juga makan sayuran dan pepaya sampai kembung hehehe..

Memang kayanya dia mau tumbuh gigi karena udah mulai suka gigit gigit PD (sakit juga yah kena gigit sebelumnya gak pernah gigit nih baby..)

5

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

3 hari ini pupnya kakang warnanya ijo terus.katanya sih cuman minum foremilk doang.tapi perasaan tiap mimik jug lama ko, ampe kantong asinya kempes.bingung juga niy..takut sayanya yg salah makan gitu yah.

6

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Hallo mamas..
mau sharing dan tanya nih..bayiku umur 3bln. Udh hampir sbulan belakangan pupnya aga susah.stiap kali pup psti ngejan.pup-nya bs 3-4 hari sekali.o iya,bayiku minum ASIP tp cm 20cc (soalny ASIku dikit) stiap harinya plus nutrilon soya. tekstur pupnya sbnernya ngga keras2 bgt.cm bentuknya kyk bongkahan,ngga ambyar.warnanya kuning tp ada bagian yg coklat gelap.klo pup kdg cm kluar satu bongkahan aja,baru besoknya bs lancar.itu bs dikatakan sembelit ga sih?trs ngatasinnya gmn?ak jg udh cba ngencerin susunya tp kok msh gitu jg ya?ada yg pernah gitu jg?:)

7

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

hai mamas, my baby, 3mo3weeks, selama cuti langsung minum asi atau minum asip.fresh / asip beku sekali2, dulunya pupnya cair kental mirip kuah sate padang dan frekuensinya juga jarang, paling sekali 3-5hari. nah, mulai ditinggal kerja seminggu ini minum asip beku tanggalan kurleb 2.5 bulan yl tekstur pup nya mulai agak berlendir dan agak berbutir2 gitu, frekuensinya bisa sampe 3-4 kali dan itu biasanya mulai jam3sore sd 10malam gitu, (fyi, minum asip bekunya pa jam kantor, kira2 jam 11siang, 1x).

mamas., ad yg pernah ngalamin hal yg serupa gk ya? takutnya apa dianya gk bisa minum asip beku? apa asipnya gk steril ato apa ya?

delenaholic

8

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Mom drevasusantidh gmn kabar babynya? akhirnya ketauan gk sebabnya apa??

aku br aja ngalamin yang mirip2 aku share yahh..
Tiva (2m2w) mulai usia 2 bulan aku mulai kenalkan dgn ASIP yang beku, dari yang biasanya puppy cuma 1x sehari atau 1x per 2 hari (banyak kental dan sering berbusa), Tiva jadi pupy antara 3-5 kali sehari (ini sudah bisa dihitung sebagai diare).. jumlah pupnya gk sebanyak sebelumnya sih, tp lumayan dan kadang berwarna hijau dan berlendir...
(kalau berbutir setauku malah normal.. dr awal Tiva banyak butirannya)

Pas aku ke dsa, katanya itu mungkin terjadi karena pengenalan minum asip dengan botol.. dan sebagaimana pun bersihnya kita membersihkan, pasti gk se steril minum ASI langsung.. akhirnya Tiva dikasih Lacto-B sama dsa nya.. semacam yakult gitu kata dokternya.. setelah 3 hari Tiva tetap saja puppy 3-4 kali sehari dan jadi berbau asam.. akhirnya aku balik ke dsa nya (baru saja kemarin malam ini) dan dia bilang, berarti mungkin ada bakteri atau jamur kalau sampai berbau asam sekali.. sebaiknya puppynya diperiksakan ke lab...
hari ini aku belum ke lab, karena Tiva belum puppy2 sampai detik ini dr kemarin malam... mudah2an pertanda baik :)
kl ada kelanjutan dr cerita ini akan aku update lg moms ;)

Yang aku ambil dr pengalaman ini, dan juga dari hasil tanya2 dr dsa:
[list=*]

  • Pengenalan benda baru kemulut dpt dengan mudah menyulut diare, bahkan botol dan dot yg sudah kita sterilkan.. (tergantung ke sensitivitas anaknya kali yaa)[/*]
  • Puppy berbau asam berlebihan ada kemungkinan terdapat bakteri atau jamur di puppynya, segera periksakan ke dsa dan cek lab[/*]
  • Puppy kalau berwarna hitam seperti aspal/ada lendir merah/ada darah segar, berarti ada pendarahan dalam! cek dsa![/*]
  • Diare selama bayinya tidak panas dan kehilangan berat badan.. tdk begitu berbahaya.. ibunya aja yg musti sabar2 gonta ganti popok lebih sering hehehe[/*]


    HTH moms!! :D

  • 9

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    sallynatanegara wrote:
    Bundakafa, dulu bayiku pas 1m berbusa gitu karena wadah asip/botolnya kurang bersih..pas full asi langsung, ilang deh busanya..

    Melasari, klo bayiku sih pernah ijo gara2 akunya kebanyakan makanan berlemak, santan, dsb.. Pas distop, balik golden lagi..


    Mom Bundakafa dan mom sallynatanegara, bayiku sampai 2m waktu asi langsung juga sering berbusa puppynya, tapi masih 1x sehari..
    ada yang bilang berbusa selama tidak berbau tidak apa2 dan selama bayi tidak panas itu tidak apa2.. itu tanda ada bagian dari bayi yg sedang mengalami puncak pertumbuhan.. CMIIW yah moms.. :D

    Tapi kalau puppy sdh sering (ada yg bilang batasnya 4x sehari) itu sudah bisa dihitung diare.. Tiva kejadian nya juga gitu.. begitu minum ASIP kena diare deh..

    10

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    Mamanya Tiva wrote:


    Tapi kalau puppy sdh sering (ada yg bilang batasnya 4x sehari) itu sudah bisa dihitung diare.. Tiva kejadian nya juga gitu.. begitu minum ASIP kena diare deh..


    Mamanya Tiva, gimana dengan bayinya?
    Putriku sebulan lalu juga kena diare, first karena amuba, 2nd karena rota virus. Itu sebulanan diare terus.
    Benar seperti yang dibilang, jika pup sudah berbau asam, mungkin itu adalah diare karena bakteri.
    Biasanya jika karena amuba, dokter akan memberikan obat antibiotik dalam bentuk sirup untuk mematikan si amuba.
    Nah kalau untuk virus, treatmentnya cukup perbanyak minum asi/susu saja. Karena diare (khusus utk penyebab virus) bersifat self limiting diseases, yang artinya akan sembuh sendiri. Jordyn hanya saya berikan l-bio (sejenis lacto-b juga) dan zinc.

    Ciri utama diare bakteri:
    Ada darah. Kasus parah, darah terlihat dan poo menjadi merah cenderung hitam. Namun bisa juga hanya berbentuk titik-titik darah. Dalam kasus putri saya, yang terlihat titik darah dan sedikit selaput darah.

    Sedangkan ciri diare pada umumnya (both for virus and bacteria), selain frekuensi yang lebih dr 3-4x dalam sehari, jumlah lendir dalam poo banyak dan juga ada gumpalan putih (yang menurut saya adalah protein susu yang tidak tercerna dgn baik, CMIIW). Konsistensi poo juga lebih cair, bahkan cenderung berair.

    Ini ada link bagus untuk mengenal bentuk2 feses bayi, beserta gambarnya.
    www.babycenter.com/baby-poop-photos, sedangkan versi terjemahannya silahkan disini rumahyogurt(dot)com/bab-bayi.

    :Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

    11

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    Thx a lot mom gracenat atas share dan info link nya..
    Jd pencerahan bgt nih hehee :D
    kemaren ini bawaannya khawatirrr terus ngeliat konsistensi poop yg berubah2 :p

    Tiva akhirnya hari ini belum pup sama sekali (sampe detik terakhir dipakein pijama :p ) mudah2an sih besok berlanjut tanpa diarenya.. kl diare lg, baru aku bawa ke lab poop nya. :/

    12

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    Hello mamas papas,

    Sejak punya baby, aku paling sering nyatet jumlah pup nya baby Jco ^_^ entah mengapa itu sesuatu yang penting menurutku ^_^

    Frekuensi:
    usia 0-4 bulan pup nya Jco sehari bisa 3-6 kali.
    usia 4-5 bulan pup nya Jco sehari berkurang jadi 2-3 kali.
    usia 5-6 bulan pup nya Jco sehari jadi 1-2 kali sehari.

    Warna:
    0-2minggu: hitam kehijauan namanya mekonium
    2minggu-4 bulan: kuning kecoklatan warnanya cantik :p
    4-6 bulan mulai kuning kecoklatan yang lebih tua dari bulan sebalumnya..

    Tekstur:
    Dari awal lahir sampai sekarang masih cair dan lengket ^_^ mungkin karena masih ASI eksklusif dan baru beberapa hari nyoba Baby Led Weaning, jadi belum padat pup nya ^_^

    happy puppi baby ^_^
    teksturnya bulan bulan awal cair

    13

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    hi mamas, raisya 4m ko pupinya masih sering ya?
    waktu masih 3m pupinya udah lumayan 3x sehari paling banyak.
    menjelang 4m ko pupinya jadi sering lagi sehari min3x, bisa sampe 7x sehari. tektur pupinya masih normal cair kuning kecoklatan, kadang ada lendir or berbiji. Tapi baunya udah ga "seindah" pupi bayi newborn..xixixi. Anaknya si ga rewel. Paling jadwal bobona aja keganggu (baca: bundanya begadang)

    Uda tanya dokter katanya masih wajar aja. Yang penting anaknya ga rewel. Tapi kalo liat bayi2 ASIX lain kan harusnya udah jarang pup yah. Jadi kuatir ASI q ga terserap dengan baik. Apalagi kenaikan BB nya juga dikit banget dari 5,1kg 3m jadi 5,5kg 4 m walopun belum masuk kategori kurang kata dokternya.

    fyi, raisya dah minum ASIP sejak 3m yaitu pas aku dah mulai ngantor lagi.

    Gimana nih mamas..normal ga sih?? Apa ada yang salah dari ASI ku?

    14

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    diadara
    ngga ada keharusan juga kok mulai bulan sekian mesti jarang pup... :) gimana baby-nya aja...tiap bayi kan unik... tapi kalo memang ada perubahan tiba2, mungkin dievaluasi lagi makanan ibunya, atau manajemen penyimpanan ASIPnya. masuk fase oral kadang pengaruh juga sih...
    IMO ngga perlu worry soal frekuensi pup selama bukan diare (diliat dari tekstur/konsistensinya).
    nah, soal kenaikan BB, coba lebih dipersering aja menyusuinya. sebisa mungkin minum ASIP-nya juga ditambah. mamanya kecapean kali? :p
    kyknya sih bukan soal malabsorpsi ya...AFAIK itu kasusnya jarang...pikirin yg simpel2 dulu aja sambil tetap observasi.

    15

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    hello mamas..

    decan sampe hari ini (1mo5days) pupinya sekitar 3-4x volumenya lumayan banyak, konsistensinya cair plus ada grendil2, warnanya kuning..
    selama ini decan ASIx, anaknya aktif, kenaikan berat badan baik (naik 1,05 kg dr sejak lahir)

    waktu usia 3w, aku pernah demam+batuk lalu coba minum antangin dan tolak angin, langsung pupi decan warnanya ijo kehitaman encer, langsung aku stop minum tolakangin, pupinya normal lagi deh :)
    OOT, batukku sembuh pake jahe+gula merah tiap pagi sore, tanpa pengaruh ke pupi decan :)

    16

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    ikutan share ah..
    Baby Abdullah (2mo17d) ASIX, pupupnya mulai jarang. Seminggu 1-3x. Bentuknya sempet kayak pasta dan nangis pas ngeden, tapi kmrn udah seperti biasa lg teksturnya, agak cari dan "berwijen".

    Waktu pup yg pasta itu agak khawatir jg sih, tp waktu tanya ke @tipsmenyusui, katanya masih normal. Yowis ga dipikirin lg. Babynya jg seger-seger aja, BB jg normal..

    17

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    hai all, dah lama gak posting di urban mama :)
    gak berasa our baby dah 7 bulan aja hehe... time flies

    sekarang dah MPASI, mau tanya sekarang kok setelah MPASI nya 2x makan sehari (pagi buah, sore sayur/bubur saring), pup nya makin sering yah, 4x sehari, gak encer berlendir atau darah sih, biasa aja...

    anak tetap ceria..

    gak masalah kan yah..

    soalnya baca soal bayi MPASI kebanyakan kan masalahnya sembelit, ini baby shane malah super lancar hahahaha

    btw bingung posting di thread pupi ini apa di MPASI, maaf kalo salah tempat yakk

    18

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    toss papanyashane!
    hehe...sama ama Diego nih... sejak 4-5 bulan sudah menunjukkan gejala perut burung... kirain mulai MPASI bakal lebih meringankan beban emaknya nyebokin... lha kok ternyata tiap tengah2 makan langsung pup. giliran ditungguin supaya pup dulu, ngga keluar2. :D
    malah pernah gara2 pingin boost BB bbrp minggu hajar nasi + daging cincang doang 3x sehari sambil dag-dig-dug bakal konstipasi, nyatanya pupnya lancar jaya 3x sehari malah bisa 4-5x. hadehhh... :) apalagi kalo ada sayur/buahnya, tuambah lancarrr (baca: sering)...
    beda anak beda kebiasaan juga ya...mungkin Diego ini nurun dari bapaknya yg lbh mudah mencri ketimbang sembelit...

    19

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    avee,
    ternyata senasib yak kita, mesti hepi apa nangis nih kita wkwkwkw..
    agak tenang kalo ada temennya sih, berarti normal2 aja yah..
    makasih yahh

    kebetulan mingdep giliran vaksin ipd, mau sekalian tanya :)

    20

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    avee n papanyashane harus nya seneng tuh, anak nya ngak merasakan ngeden yg bikin muka nya mpe merah n nangis2 karna mau pup.
    anak ku fey klo pup pasti pake ngeden2, biar pup nya tiap hari :)

    21

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    feimon
    hehe...Diego ngeden2 juga sih mom, mukanya jg sempet merah... tapi krn ga pake nangis2 & ngga sakit kyknya, malah jadi lucu liatnya... :D
    iya sih, tiap kali mau nggrundel & misuh2 saat bersih2 bekas pupnya, selalu teringat bersyukur Diego ngga sembelit...meski kdg rada khawatir, gizinya beneran diserap ngga nih, kok baru diisi dah keluar lagi.. :)

    22

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    avee
    nangis nya gak setiap kali kok mom, cuma pernah pas pup nya mencret selama 1 hri pup nya mpe 2-3x n pup nya kaya air tp ad padet nya jg (susah jelasinnya) sama kaya klo kita mencret aj, tp bukan diare hmmmm..

    IMO ya, klo anak nya bb n tb nya naik harus nya gak perlu khawatir mom, berarti kan gizi nya terserap.

    23

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    Moms, tanya dong...Azzam (6m20d) MPASI kemarin dikasih pepaya saring, tapi pup nya itu kok seperti ampas pepaya kering warna orange gtu...normal ga ya?tapi pupnya ga ngeden sih..

    Mamanya Syahid & Azzam

    24

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    v-chan
    IMO normal... sistem pencernaannya masi belajar... kadang suka keluar dlm bentuk aslinya. kalo mungkin sembelit, banyakin asupan ASInya aja.

    25

    Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

    avee, thanks yaa..jadi ga khawatir lagi skarang:)

    Mamanya Syahid & Azzam