1

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

setelah sempet beberapa minggu pupnya seminggu sekali, sebulanan ini frekuensinya berubah lg jadi sehari sekali.. Unik ya bayi ASIX, padahal aku ga ngerasa ngerubah pola atau jenis makananku, tp frekuensinya bs beda-beda gitu..

2

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

hi mamas..
klo Sasqi 9bln, pupnya knp msh agak cair gitu yah,frekuensinya sih sehari 2-3x teratus waktunya,warnanya jg agak ijo (ga vulgar kan ngomonggnya?..takut salah iihh ) sempet nanya2 jg,tp ktnya gpp,,cuma kok kuatir aja,takut kna diare,,just info, sasqi msh mkn bubur, ASI, pake BLW bwt buah2nya..
makasih mamas :)

Love my chubbygirL Alisha Sasqi :)
http://riryhusni.wordpress.com/
https://www.facebook.com/riryhusni
twitter: @riry_husni

3

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Hai Mamas,

Saya lagi bingung banget sama Olan.
Sejak lahir anak ini emang udah bakat alergian, sampe sekarang pun saya masih in search makanan apa aja yg bikin dia ga nyaman.
Sebelum makan solid food, pupnya normal, sehari sekali atau dua hari sekali (karena minumnya sufor).
Setelah makan solid food & ganti susu ke usia 6-12 bulan, masalah ini muncul. Sehari pupnya 3-4x, padat tapi tidak keras.
Dsa bilang dia ngga papa, normal. Saya browsing juga katanya normal, apalagi anak saya termasuk doyan makan alias ga pilih-pilih, apa aja dimakan, kecuali lagi sakit atau tumbuh gigi.

Sampai ketika waktunya ganti ke susu UHT, masalah baru timbul. Anak saya rewel setengah mati, ga mau minum susu & jadi susah makan.
Saya pun akhirnya mengunjungi dokter alergi dan dari situ saya baru tau lebih dalam mengenai alergi ini.
Setelah mengikuti diet, anak saya jadi doyan makan lagi tapi pupnya tetap 3-4x sehari. Dokter alergi menyarankan saya untuk ganti susu. Dia menyarankan UHT (tapi dibaca dulu isinya jgn ada buttermilknya) dan beberapa merk susu bubuk. Tapi Olan jadi rewel lagi. Susu dari yg paling murah sampai yg mahal ga ada yg cocok. Well saya belom coba jenis hypoallergenic sih soalnya katanya pahit, takutnya udah beli mahal2 anak saya ga mau minum lagi.
Saya pun mencoba susu kambing. Di hari pertama coba, malamnya anak saya histeris -- pertanda ada yg ga beres dengan perutnya. Tapi besok2nya ngga begitu dan pupnya jadi 2x sehari.
Tapi baru semingguan minum susu kambing, anak saya diare. Disinilah problem yg ga ada habisnya dan bikin saya cemas & pusing 7 keliling.

Di awal diare, pupnya masih lunak (belum berair) tapi frekuensinya 5-6x sehari. Saya beri l-bio sampai 3hr berturut-turut sehari 2x sesuai resep dsa sebelumnya & susu kambing saya stop, saya beri Rice Milk. Setelah 3 hari, bukannya membaik, pupnya malah jadi encer berampas, frekuensi berkurang 3-4x, baunya sayuran basi. Ampasnya ini berupa sayur bentuk utuh. Saya pun memutuskan ke dsa. Sama dsa cuma dikasih Protexin Infant sehari 3x, jenis sama dengan L-Bio hanya katanya ga mengandung perasa & pewangi, jadi diharapkan cepat sembuh. Dan disuruh diet jangan makan sayur & buah selama 5 hari.
Setelah 3 hari, anak saya bukannya membaik malah tambah parah. Setiap kali mau pup dia nangis2 dulu. Padahal makan udah cuma bubur pake sedikit garam & gula doang, Rice Milk pun akhirnya saya stop (karena masih mengandung sunflower oil -- katanya anak diare jgn kena minyak dulu), diganti teh manis. Dan pernah suatu kali pupnya itu baunya setengah mati seperti bangkai hewan mati.
Akhirnya saya memutuskan ke dsa lain dekat rumah. Ehhh dikasih obat banyak banget, saya ambil sedikit aja. Tapi habis minum obat itu langsung bentol2, saya eliminasi multivitaminnya ternyata bentolnya ga berlanjut jadi asumsi saya multivitaminnya yg bikin alergi. Setelah 3x minum obat, diare mampet, obat saya stop (karena ngeri jg ga tau apa isinya, bentuk puyer).
Setelah itu, selama 2 hari pup 1 hari sekali tapi lengket banget. Saya mulai beri Rice Milk lagi, sayur & buah masih tidak diberi.
Di hari ke-3 mulai lagi. Pupnya padat lunak tapi frekuensinya sehari 5-6x dan berlendir. Saya pun cek feses ke lab & kembali lagi ke dsa. Huh.. Dsanya tetap bilang anak saya ga papa. Ya ampun, sudah mau 2 minggu pup berlebihan begitu kok masih ngga papa sih... Saya disuruh lanjut beri Interlact Drop sehari 5 tetes & hanya diberi tambahan vitamin ZincPro sehari sekali. Hasil lab mengatakan ada darah samar di fesesnya tapi tdk ada parasit.

Sekarang sudah mau seminggu sejak saya dari dsa terakhir, tapi anak saya ini tetap saja pup berlebihan, sehari 5-6x. Kadang pupnya bentuk normal, kadang bulat2 seperti sembelit, kadang lunak banget sampe benyek, kadang berlendir & ada serat2 darah.
Saya pikir, apa Rice Milknya ga cocok ya? Saya pun stop dan kembali ke susu kambing. Eh malamnya malah histeris seperti anak kolik & tetap saja pup terus, malah lagi tidur pun pup, jadi saya tengah malam harus bersihkan itu pup, padahal selama ini ga pernah seperti itu, bahkan di saat dia dulu diare berdarah pun di kala malam seperti ngga pup.
Jadi dia tengah malam pup, bangun tidur pup, habis sarapan pup, mau tidur siang pup, bangun tidur siang pup, habis makan malam pup T_T

Mamas, saya bingung sekali ini. Ada yg pernah mengalami seperti saya? Ini normal atau ngga sih?
Saya tanya teman saya, anaknya pup sehari 1-2x, kadang 3x tapi jarang.

Kalau ngga normal, saya harus kemana?

Thanks before.

4

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Cherlee, aduuh miris bayangin pup nya Olan ada serat darah :( itu kan pertanda ada yang ga beres di pencernaan. Kayaknya masalahnya di susu ya? Kalo memang susu kambing ga cocok, kenapa ga balik aja ke sufor yang awal dipake? Sekarang tinggalnya dimana? Mungkin mamas disini bisa kasi info dokter alergi di sekitaran tempat tinggalmu.

Semoga cepat sembuh Olan

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

5

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Saya sebelum ini sempat test alergi dengan metode Bio-E, susu sebelumnya sudah dicek dan ktnya ga cocok (dokter alergi jg menyarankan susu tsb distop krn pupnya 3-4x sehari, sepertinya ga cocok dan memang ga cocok), tp susu2 lainnya jg ga cocok.

Kemarin hasil test Bio-E anak saya alergi susu sapi & kacang kedelai, jadi saya mau ganti susu soya juga ga bisa. Atau hanya intoleransi ya? agak aneh karena sampai 6 bln anak saya fine2 aja dgn sufornya.

Saya tinggal di BSD. Biasa ke dokter widodo judarwanto tp sudah malas kesana karena dokternya jg ga mau dengerin pembicaraan saya sampai tuntas, selalu memotong pembicaraan. Saya cukup frustrasi juga sudah ke 3 dsa hasilnya sama saja, generalisasi, bilang ga papa, main potong omongan padahal belum selesai. Terakhir dokternya cuma bilang, ibarat dia ga biasa makan pedas tiba2 makan padang pupnya jadi 3x sehari, lunak, itu normal. Ya normal lah, kan cuma sehari dua hari kejadiannya :( Saya juga begitu. Saya bukannya hobi ngasih obat ke anak, tapi kalau sudah begini kan bingung jg ya T_T Hiks...

6

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

cherlee thread di sebelah udah dibuka lagi yaa. sorry aku gak liat umurnya tadi. jadi dibahas disebelah aja yaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

okeee

8

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

mummies, mau tanya.
sudah sejak hari minggu Nena (7m17d) pup nya keras banget. jadi minggu kemarin itu smp agak berdarah anusnya krn pupnya keras.
Nah sempet eek sekali lagi hari senin/selasa, texture smooth tapi ga keras.
nah anakku ini masih asi, blw (so far yg dimakan: brokoli, wortel, buncis, pear, pisang-udah stop, alpukat, melon, apel-udah stop, dan roti gandum).
kasian bangettt liat dia ngeden parah gitu. please help.. apa udah boleh pk microlax? soalnya kayanya texture pupnya kering jadi agak seret ngeluarinnya.
btw, Nena ga ada masalah dg berat badan (now abt 8+kg)
please help ya, mums, TIA

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

9

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

mummyhilya pasienku dulu pernah ada baby kira2 seumuran nena jg, sekitar 6 bulanan. datang dengan pupnya berdarah, ternyata dy belum pup dan pupnya keras sehingga ngeden trus berdarah. akhirnya aku kasih microlax tapi cuma 1/4 dari tube trus abis itu dy ngeden (masih sakit siy) tapi alhamdulillah keluar. jadi coba aja mbak kasih. mudah2an pup-nya cepet keluar yah nena.. oh iya sama coba makan pepaya mbak..

10

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Mba Mia, anaknya temenku ada yang pup nya keras dikasih buah prune langsung keluar. Ada juga yang kasi yoghurt langsung lancar jaya.

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

11

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Moms, baby Sarah udah 3 hari ga pup nich.... Umurnya 6 weeks. Perlu ke dokter ga yah? Apa wajar? Soalnya aq baca di thread ini kok ya bisa sampe 2-4 Kali pup dalam sehari....

12

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Nyu2n,
masih ASIX kan? kalo msh ASIX wajar kok. dulu ki-ka pernah sampe seminggu malah. kata DSAnya wajar. baca di forum ini dan byk artikel jg gitu. itu krn ASI mudah terserap sempurna sama baby. jd ga ada sisa deh... HTH :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

Kira Kara makasih ya mom....u made my day hehe :) tenang aq skrng kalau memang wajar. Iya still ASIX alhamdulillah....cuma ya karena udh 3 hari ya sempet panic.com hehehe... Ternyata bisa sampai 1 minggu toh...baru tau....makasih yah...lega bgt...mmuuaahhh mom :)

14

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

ningnung,
makasih sarannya. kmrn udah dikasih jus melon oranye+pear. bisa pup walopun dikiit.

vieni iya akhirnya beli microlax krn ud dibolehin sm dokternya. begitu dikasih, 5 mnt kemudian lgs pup. banyak. tampaknya mmg harus diintervensi :)

And yes, hari minggu itu Nena smpt berdarah pupnya, krn iritasi di anus (maaf), krn konsistensi faeces keriing.. yg nangis ibunya.
kok bisa ya, konstipasi pdhl dietnya kaya serat, dan doyan minum air.. :'(

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

15

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

moms..., aku lagi bingung niy... bayiku, Darren (6.5bln)pupnya keraas banget.
Ceritanya begini nih :
Senin minggu yang lalu, Darren pupnya keraas banget. dan hanya keluar seruas jari kelilingking kita. saking kerasnya ampe gak nempel ke clodinya. Keluarnya hanya segitu padahal ngedeeennya udah setengah jam lebih. Sehari bisa ampe 3x tapi, kecil2 segitu.
Ini berlangsung kurleb 3 harian. Setelah itu dia gak pup sama sekali.
Dia kan udah makan mpasi. Dia mulaimpasi pas 6 bulan dengan makan buah2an...alpukat, pisang, dan pepaya. Tapi karna gw ditegor ama dsanya, katanya buah hanya boleh dikasih sekali sehari dan hanya paling lat jam 10 pagi..., gw diminta mengganti makanan padatnya dengan bubur susu. akhirnya gw selipin bubur susu macam cerelac begituan.
tapi gw atur cerelac hanya masuk sekali doang, dipagihari...sisanya tetep gw kasih buah2an.
tapi...pas Darren pupnya peras banget, dan malahan gak bisa pup...gw stop pisang. gw kasih pepaya ama rock melon. Tapi gk kelihatan membaik..., gw telpon lah dsanya. Eh gw malah dimarahin ngasih bubur susu..., katanya bikin dia pupnya keras. Dia bilang gw kudu ngasih bubur tim pake banyak sayuran.
Kesel deh gw..., akhirnya hari jumat gw bawa Darren ke dsa yang berbeda.
Disana dilihat perutnya Darren penuh pup dan keras sekali. Dan gw diresepin mikrolac 2 tube, sehari sekali. Dan gw diinstruksikan untuk memberi glucolin (semacam gula anggur...buat bayi) sehari 2x @30-50cc, lactoB sehari 2x @1/2 sachet. Makan bubur tim isi sayur2an serat tinggi (bayam, brokoli dan wortel), dan makan agar2 sehari 2x. buah hanya boleh pepaya.
Makan hanya boleh 2 sdm dewasa.
(ups...mungkin ini salah gw juga...selama ini gw bisa ngasih makan darren, banyak sekali. karena gw liat dia masih mau. patokan gw ampe dia huek...menolak. Dosis buat bubur susu aja, sekitar 4 sdt bubuk buburnya...rupanay kata dsa-nya makan yang terlalu berlebih bikin dia sembelit)
Jumat sore gw kasih mikrolac 1tube full...dan hasilnya...Darren nangis2 kesakitan, dan tetep gak keluar pupnya. Malamnya dia reweeel banget.
Sabtu pagi, gw kasih lagi mikrolac 1 tube full lagi. Dia nangis2...(duh sediiih banget deh, moms ngeliatnya really heartbreaking)...dan keluar sedikit. Puji Tuhannya menjelang siang berangsur2 keluar makin banyak. Total dia pup ampe 3 kali, yang terakhir teksturnya sudah lembek.
So gw mulailah diet makan dan minum sesuai instruksi dsanya. hari minggu gw kasih bubur nasi dan bayam sehari 2x.., agar2 sehari 2x, air glucolin sehari 2x, ama lactoBnya sehari 2x.
Hari minggu dia gak pup lagi.
Senin gw ganti menunya jadi bubur nasi ama brokoli (gak ada bayam di kulkas gw), yang lain sama...oya malamnya sempet nyelip 1 keping biskuit farley. Dan dia tetep gak pup juga. Gw mulai panik laghii, niy...

Besoknya selasa...menu tetep sama bubur nasi brokoli, tapi gw kasih pepaya juga. Tetep gk pup. siang tidurnya hanya sebentar2...mintanya digendong mulu. Malam tidurnya bentar2 nangis.

Tadi pagi (rabu) dia pup (thanks God)...dan teksturnya sama persis seperti minggu lalu...yang keras itu. Duh gw bingung banget....padahal makan dia sudah banyak berserat. Lah kog bisa ya pupnyaseperti ini teruss....

Tadi pagi menunya gw ganti lagi jadi ubi.Ubi gw kukus dan gw ancurin, ditambah air panas biar teksturnya bisa diterima dia. Gw juga makan ubi yang banyak...biasanya waktu belum mpasi, Darren gak pup jangka waktu 1-2minggu, gw makan ubi, dia langsung pup. Jadinya menu hari ini hanya ubi kukus dan pepaya, dan agar2 tentunya.
Berharap hari ini pupnya bisa keluar banyak..
Apakah wajar bayi saat mpasi pupnya gak sehari sekali? Darren kan full asi, jadi dulu sebelum mpasi pup dia emang jarang.
anak pertamaku, shanice dulu waktu awal mpasi sehari pup biasanya 1-2kali. tapi dia susunya formula.
Dan kalau itu gak wajar..., bisa bantu kasih solusi gak moms....harus bagaimana biar Darren bisa pupnya wajar dan gak sekeras itu. thanks yaaa

16

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

mamashanice
sebetulnya yang jadi patokan biasanya tekstur pup. kalo frekuensi, tiap bayi bahkan orang dewasa bisa beda2. nah, kalo emang keluarnya keras, plus terlihat kesulitan (sampe nangis2) saat mengeluarkan, berarti udah masuk tahap konstipasi.

logika saya mah walopun makannya banyak tapi kalo seratnya juga banyak mestinya ngga sembelit ya (dampaknya paling jumlah/frekuensi pup lbh banyak).
apa mungkin kurang air putih?

untuk kasus Darren mungkin dicoba dulu dengan memperbanyak ASI (MPASI dibuat lebih encer), krn sifat ASI kan laksatif. dan hindari dulu diet BRAT.

tentang makanan yg bisa memperlancar pup, tiap bayi juga kadang reaksinya beda. ada yg makan pepaya malah sembelit, makan pisang malah lancar. :)
however, rough guideline, coba oatmeal, pear, rockmelon, alpukat (works for dear son), plum, sayuran yg cukup manjur biasanya brokoli tapi bisa ganti sayur apapun sih.

17

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

thanks avee,
kemaren darren sudah pup mayan banyak ampe 3 kali sehari...tekstur dari keras ampe lunak. hanya saja semalam pulang kantor, aku liat di kaki darren, keluar banyak sekali bentol2. mungkin alergi atau kena tungau.
mungkin benar yang kamu bilang, vee...perbanyak asi. tadi sih aku pesenin ama mbaknya...3 botol asi @150cc harus habis ampe aku pulang.
karna masih takut di pup keras..., apa efek dari nasi...makanya hari ini aku ganti kentang ama wortel. yah moga2 hari ini pencernaan darren bisa lancar kembali. kalau tekstur makanan sudah aku buat lembek..kalau terlalu lembek,suka dilepeh2 dia...
btw...alpukat itu gak bikin pup keras, ya? kalau iya...aku pengen jajal alpukat lagi...karna darren doyan sekali ama alpukat.
oatmeal itu pake yang instant atau kudu dimasak?apa sudah bisa diberi usia 7 bulan? dan tidak menyebabkan konstipasi kah?
thanks ya

18

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

mamashanice
so far buat Diego sampe skrg (14m) alpukat bikin pupnya lembek sih. walau beda anak/perut kadang beda reaksi, hehe...

serat di oat lbh banyak dari nasi, biasanya sih ngga menyebabkan sembelit. oatmeal-nya lbh bagus yang harus dimasak dulu (quick cook). kalo ngga ada, yang instan juga bisa, hanya perlakuannya tetap dimasak dulu seperti yg quick cook (itu kalo saya). 7 bulan udah boleh kok, lebih baik pake aturan 3-4-day rule just in case ada reaksi alergi.

o iya, satu lagi yg biasanya manjur buat ngatasi sembelit buat saya & si kakak adalah semangka. :) dan tetap perbanyak air putihnya.

happy poo poo Darren! :)

19

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

moms.. mau nanya ni..
anakku umurnya 5 bln, masih asi ekslusif, beberapa hari ini di BAB nya ada bintik-bintik hitamnya. itu kenapa ya? ada yang pernah ngalamin juga ga?
thanks before..

20

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

mamas, mau nanya kalo tekstur makanan yg kita kasih ngaruh ke tekstur pupi jg kah? maksudnya kalo kita ngasih potongan sayur agak gede dari biasanya bikin pupnya tambah padet gak si? jadi lebih kasar tekstur makanannya..soalnya anakku pupnya 2 hari sekali tapi keluarnya keras banget sampe nangis2 kalo ngeden padahal menurutku udah cukup buah & sayur, cuma air putih dia gak mau...
mohon pencerahannya ya mamas...

21

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

pieda brp bulan skrg anaknya? pengalaman saya waktu anak saya dikasih potongan pepaya yg gak dihalusin ? dikunyah halus sama dia, emang keluarnya jd bertekstur dan berbentuk potongan pepaya tadi hehe..

waktu usia 8 bulan sempet nangis tiap mau pup, karena ngedennya sakit ya..biasanya kan pupnya tinggal byur-byur aja karena makanannya jg belom sepadet waktu usia 8-9 bulan
pas udah agak kasar/padet berarti menyesuaikan juga tekstur pupnya..

jadi emang karena kaget aja takut keluarin pupnya, tapi lama-lama juga biasa kok.. tapi air putih coba dikasih sedikit-sedikit aja disendokkin.

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

22

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

bundaliffa, skrg anakku udah 9 bulan.. sayuran2nya aku potong kecil2 kira2 gak sampe 0,5 cm, kegedean gak ya? walopun kemampuan ngunyah anak beda2 si... takutnya aku bikin makanannya terlalu kasar jadinya keras pupinya.. tapi kalo tekstur makanannya dilembekin ato potongannya dikecilin malah gak belajar ngunyah dia, bingung jadinya...
air putih tetep aku coba sendokin walopun disembur2in..
thanks sharingnya ya bundaliffa...

23

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

setelah ngubek2 TUM thank God nemu forum ini ,anak ku 3mos udah ga pup 3 hari ,baca dari awal sih gpp kan ya ...tinggal nanti pulang kerja jelasin ma oma nya kalo sampe 14 hari masih gpp karena ASI nya terserap 100% *mudah2an masuk buat ortu ku* *fiuhh

:) Kenes Uletnya Dharmawan :)

24

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

oma nya drey juga suka heboh kalau drey gak pup lebih dari 3 hari.
tapi sejak mulai MPASI pup nya udah mulai teratur, setiap hari pup kadang 2 kali sehari.

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

25

Topic: Frekuensi & Tekstur Pupi

hehe ketemu lg ma drey ;)
emang dari ASI sih yah ,musti pinter2 jelasin ma ibu suri nih haha

:) Kenes Uletnya Dharmawan :)