1

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

wah seru nih threadnya..
tp ada yg bisa ksh info gak yah?klo susu bendera baik yg kartonan or botol blh ga sih untuk anak usia di atas 1th?soalnya klo yg ultra,jibril ga tll suka..waktu itu tantenya sempet minum susu bendera itu,jibril mao,tp mo saya kasih terus agak kuatir jg,secara klo yg ultra di kemasannya emang ada tulisan klo UHT boleh u/ anak 1th ke atas,tp klo yg bendera ini ko ga ada tulisannya yah!?
soalnya mengutip iklan terbarunya susu zee-kalbe,beda usia kan beda nutrisinya(Halah!!korban iklan neh,hehehhe)
thanks yah...

A Mother Always Bring Extra Love...

2

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

restya mariano Setau gue, susu yang di kemasan botol plastik itu (misalnya susu bendera) itu bukan dari susu segar tapi dari susu bubuk yang ditambahin air jadi susu cair. Kayak dibikinin susu sama pabrik lah, ga bikin sendiri. Jadi ya... Menurut gue tetep mendingan beli yang UHT (kemasan kotak) ato pasteurisasi. Soalnya itu justru dari bentuk cair (susu segar) dibuat bubuk dibuat cair lagi, kan lebih lucu :p Kalo untuk selingan sih gpp, tapi kalo buat sehari2 mending yang beneran cair aja. Itu menurut gue ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

3

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

restya susu bendera itu manis gak?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Otty Hehe iya ni, baru 11 minggu. Makasih ya doanya :) btw soal tata cara pemberiannya, emang klo ga salah dulu gw dikasi tau sama DSA klo ngasi UHT jangan tiba-tiba dalam satu porsi. Klo masih asi, mungkin dicampurnya sama asi atau diencerin sama air putih dulu, semata-mata jaga-jaga buat perutnya anak. Nanti lama-lama ditingkatin sampe bisa satu porsi UHT aja.

Ysee hihi iya masih ngga rela soalnya sampe skarang...

Restya coba liat di kemasan kotaknya ada tulisan UHTnya apa ngga, kayanya itu yang paling gampang buat bedain si susunya UHT atau pasteurisasi. Klo susu bendera yang di botol itu gw kurang tau sih apakah UHT atau seperti yang dijelaskan Otty

metariza.com | mother of two |@metariza

5

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

restya mariano - segala UHT udah boleh kok untuk anak 1 tahun ke atas. tapi emang kalo baru mulai mindahin dari ASI/sufor ke UHT/fresh milk, mesti pelan2... seperti cara slesta, awalnya sebaiknya dicampur dulu ama ASI/sufor yang lagi dipake. soalnya, selain rasanya lain (anak mungkin ga suka, bisa juga menyebabkan mencri2).

dan betul banget kata otty... disini juga banyak susu2 yang sebenernya susu bubuk yang dicairin trus di-repackage. jadi mesti liat itu UHT apa bukan.

slesta - dulu banyak yang ngusulin Diamond (buat UHT di indonesia), tapi imho, enakan Indomilk. lebih mirip ama susu yang gue pake disini.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

restya mariano
Setuju sama otty...:)
Better UHT mom...cobain aja terus pelan2
atau dicampur kyk metariza sampe full UHt nya

Aku pernah nyobain bendera yg botol plastik itu
rasanya manis bgt dan lbh eneg dr UHT.
Kl UHT, utk aku yg ga suka susu aja
rasanya sedikit gurih dan tidak bikin eneg.

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

7

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

thalia indomilk gue juga suka sih.. tapi gue biasanya minum yang strawberry. *loh kok jadi gue?* ihihii.. kalo naia sih tetep gak mau. entah kenapa.. well, mau sih, tapi ga pernah sampe abis. apa karena dia tau dia ke jakarta sama gue, tinggal minta mimik aja kali yaa.. jadi susu UHT gak laku deh.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

moms udah ada yang baca bukunya The Miracle of Enzyme nya Prof Dr Hiromi Shinya blom??
liat dari beberapa tulisan tentang buku ini bahwa susu sapi adalah minuman yang paling buruk untuk manusia *beuuhh bahasanya ngeri banget yahh*, sempet liat buku ini sih, tp blom beli
tapi baca di blog http://kucingtengil.blogspot.com/2009/12/waduh-susu-sapi-tidak-bagus-untuk.html ada penjelasan sedikit

Mengapa susu paling jelek untuk manusia? Bahkan, katanya, bisa menjadi penyebab osteoporosis?

Jawabnya: karena susu itu benda cair sehingga ketika masuk mulut langsung mengalir ke kerongkongan. Tidak sempat berinteraksi dengan enzim yang diproduksi mulut kita. Akibat tidak bercampur enzim, tugas usus semakin berat. Begitu sampai di usus, susu tersebut langsung menggumpal dan sulit sekali dicerna. Untuk bisa mencernanya, tubuh terpaksa mengeluarkan cadangan “enzim induk” yang seharusnya lebih baik dihemat. Enzim induk itu mestinya untuk pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang. Namun, karena enzim induk terlalu banyak dipakai untuk membantu mencerna susu, peminum susu akan lebih mudah terkena osteoporosis.

Menurut Shinya, kadar kalsium dalam darah manusia biasanya terpatok pada 9-10 mg. ”Namun, saat minum susu, konsentrasi kalsium dalam darah Anda tiba-tiba meningkat. Walaupun sepintas lalu hal ini mungkin terlihat seperti banyak kalsium telah terserap, peningkatan jumlah kalsium dalam darah ini memiliki sisi buruk. Ketika konsentrasi kalsium dalam darah tiba-tiba meningkat, tubuh berusaha untuk mengembalikan keadaan abnormal ini menjadi normal kembali dengan membuang kalsium dari ginjal melalui urine.”

Ia menambahkan, ”Jika Anda mencoba minum susu dengan harapan mendapatkan kalsium, hasilnya sungguh ironis, yaitu menurunnya jumlah kalsium dalam tubuh Anda secara keseluruhan. Dari empat negara susu besar—Amerika, Swedia, Denmark, dan Finlandia—yang banyak sekali mengonsumsi susu setiap hari, ditemukan banyak kasus retak tulang panggul dan osteoporosis.”

*ada beberapa rekomendasi untuk mengganti susu sapi dengan soya, tapi sempet tanya sama DSA katanya soya itu kan bukan susu...hadududu jadi teteuup bingung*

9

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Hmmm..mau nambahin doang. Ga semua susu UHT yang dijual di Supermarket itu 100% fressh milk lho... jadi waktu beli jgn lupa baca ingridientsnya yaaa.. Kalo di jkt yang 100% fresh milk setau aku cuma ada Ultra yang plain sama greenfield. Yang lainnya kayaknya udah ada campuran air & susu skimnya deh..apalagi klo yang pake rasa-rasa gitu (coklat, strawberry, madu,...) tapi coba di cek lagi aja.

Oh iya, UHT dan pasteurisasi itu cuma beda di metode sterillisasinya aja. Sama-sama menggunakan suhu tertentu dan waktu tertentu tapi tidak sampai merusak gizi di dalam susu. Bedanya Klo susu pasteurisasi itu tidak membunuh semua mikroorganisme yang ada di dalam susu tapi cuma dikurangi sampai pada jumlah tertentu yang tidak berbahaya utk kesehatan. Klo susu UHT membunuh semua mikroorganisme yang ada di dalam susu makanya disebut susu steril.

Klo menurut saya, untuk anak dibawah 2 tahun kayaknya mendingan minum susu UHT kali ya.. karena kan pencernaannya msh sensitif bgt terhadap mikroorganisme, apalagi klo sebelumnya ASI exclusive. Karena di dalam susu pasteurisasi itu kan msh ada mikrorganisme yang kita nggak tau berapa kadar ketahanan anak kita terhadap mikroorganisme tersebut. Mungkin ini juga yang bikin anak bisa jadi mencri2 kali ya? (CMIIW)

Just my two cent:)

10

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Oh ya, Jingga juga minum susu UHT plain dari umur 1 tahun, tanpa dicampur apa-apa (air/gula/madu). Alhamdulillah.. suka-suka aja :) selain itu, pertumbuhan giginya juga bagus ga ada carries gigi sama sekali, walopun malem-malem masih suka minum susu tanpa kumur-kumur air putih (apalagi gosok gigi) langsung bobo...:D

11

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

eryka - gue pernah denger tuh. yg ngasih tau mertua gue. katanya sih, itu berlaku mostly bukan buat anak kecil... kan banyak orang tua yang minum susu biar ga kena osteoporosis. tapi katanya dari pada minumnya susu sapi (yang ada side efek ke enzym), mending mengkonsumsi kacang2an yang kandungan kalsiumnya juga tinggi.

untuk anak2, yang emang dari awalnya minum susu cair (ASI), efek negatif susu sapi masih negligible. intinya, semakin gede anaknya, mestinya ketergantungan kita untuk masukin asupan gizi dari benda cair lebih berkurang. mestinya dari makanan.... (gue denger2 nih :) )

mungkin makanya orang kalo udah gede minum susunya jadi lebih jarang ya... soalnya asupan vitamin dan gizinya udah dari tempat lain. iya ga ya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

thanks yah mamas...atas masukannya,Otty,oh gitu yah..baru tau,hehehe..Slesta,yg bendera waktu itu coba yg coklat,& emang manis banget.Metariza ,nah itu dia,baik yg kemasan karton or botol(yg ukuran besar yah!),susu bendera itu ga ada tulisan UHTnya,makanya walo wktu itu jibril agak suka,saya masih kuatir u/ ngebeliinnya lg.
Klo yg Ultra,yg plain..emang sih jibril bukannya ga doyan,tp cuma saat waktu baru nyoba itu,ga langsung glek2 gtu,tp emang dasar anaknya jg kayanya ga tll doyan susu,sampe sekarang 15mos,jibril minum sufornya masih disendokin,makanya lg nyari UHT yg dia suka,jd biar langsung minum sendiri gtu..
ntar pelan2 deh,minumin UHTnya.

A Mother Always Bring Extra Love...

13

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

eryka gue pernah nih dikirimin bacaan ini sama adek gue. honestly emang bikin bingung. nyokap gue juga sempet langsung bilang ati2 tuh minum susu bla bla bla. tapi on the other hand, gue masih ga yakin dengan apa yang dikatanya Shinya itu. karena dia cuma ngasih solution untuk gantiin susu sapi dengan soya. kayaknya masih terlalu extreme aja gitu pendapatnya. trus apa itu artinya anak kecil ga boleh minum susu? trus gimana dengan sufor yang jelas2 susu sapi? etc. banyak pertanyaan aja, makanya akhirnya gue gak ngikutin dan tetep ngasih susu UHT/fresh milk buat naia.

restya oops kalo bisa sih jangan kasih susu dengan rasa2 dulu. gue aja nih gara2 nyokap gue yang nyampurin susu nya naia ama chocolate (dibikin hot chocolate) jadi naia terbiasa minum itu. tapi gue wanti2 chocolate nya cuma boleh dikiiit aja. tapi at the end, kalo pas gue di rumah dan gue kasih dia susu putih yang plain aja juga dia ga masalah. mungkin karena naia emang udah terbiasa banget minum plain UHT, jadi kalo dikasih rasa malah rada aneh buat dia.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Udah rame banget yaaaaaaaaa thread nyaaaaaaaa :D

Thal, iya gue juga ngga ngerti kenapa Ayla ngerasa UHT itu lebih manis/eneg'in dari pada sufor nya dia. Gue sih awalnya memulai sufor karena dulu pas Ayla mulai jalan, kan breastfeednya mulai kenceng dan ASI gue udah mulai ngga memadai buat dia, trus sempet kurruuusss banget, jadi dokter "meresepkan" untuk dikasih Pediasure special untuk yang menaikkan berat badan itu. So I thought (berhubung gue ibu baru yang selalu percaya dokter) why nott, tapi I slowly learned bahwa ngga semua dokter itu bijak.

Shint, gue kadang cuma merasa UHT di sini itu lebih kental kandungannya? Is it just me or I dunno, jadi gue aja yang SANGAT sangat mencintai fresh milk (dari SMA I can't live without it!!) pulang kesini jadi ilfil sama susu putih. Jadi gue larinya ke Indomilk coklat yang menurut gue enak banget ahaha pagi2 dicampur Weet Bix enak paraahh! :D, but will try the brands you recommend. Mungkin gue harus beli beberapa for comparison. Soalnya dulu pernah beli susu Ultra trus kok yang keluar kental2 gitu gue jadi parno, mungkin salah nyimpen supermarket nya apa gimana padahal belom expired.

Ysee, kalo dulu di amrik susunya pake botol plastik tebal(bahan botolnya gue lupa) trus dijual galonan gitu, sangat besar dan berat, tapi berasa nya sangat plain dan segar dan menyenangkan banget deh (pengen nangis deh kalo cerita2 ini karena itu favorit gue banget T_T), dan bau nya juga beda, bukan bau susu, tapi bau nya bau kesegaran aja ahaha mulai lebay.

Oke oke, besok beli susu trus coba masukin botol nya Ayla, dan slowly dicoba langsung dari kotaknya, mungkin dia bisa lupa sama rasanya. Thanks guys! :)

Rock 'n Roll Momma

15

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

djem, bukan nyalahin dokter sih... mungkin ada benernya, waktu itu emang Ayla emang perlu tambahan gizi, makanya dikasih pediasure yang itu. problemnya sufor itu biasanya rasanya enak, jadi pas balik ke susu biasa, rada eneg. aina juga terjebak rasa enaknya sufor (gue aja suka. yummy banget rasanya, hihihi).

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

wah, infonya bagus2 banget!
ntar mau kasih UHT juga aaah
*print ini thread buat jawaban kalo ditanya sama nyokap/mertua kenapa Schatzi dikasi UHT*

@marihuanie | On The Record

17

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

wah, baru tau kl sufor rasanya enak. Kok yg kemaren gw kasih ke kei baunya agak2 aneh gitu ya, ato gue tertipu aja? Tau kl enak kan emaknya aja yg ngabisin, siapa tau tambah pinter ada AA dan DHAnya, hehehe..

Oh iya, dulu jg kei awal2 gak langsung bisa minum UHT kok, diencerin dulu pake aer karena mungkin kaget sama tekstur (apa ya istilah yg lebih cocoknya?) UHT yg lebih kentel dr ASI. Ampe skr pun dia pilih2 bgt gak suka UHT yg full cream gt. Pernah dibeliin tp ya tetep end up di perut emaknya.

satu lg, setuju sama thalia, pediasure sbnrnya gak papa sih dikasih kl pas kondisi anaknya emang lg bener2 butuh nutrisi krn susah makan ato sakit dkk. Yang susah emang nyetopnya krn pediasure itu enak jadi anak2 lebih pro minum daripada makan beneran (gue aja setuju pediasure enak apalagi anak2, hihihi...)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

18

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

wah baru liat headshotnya Slesta baru..kereen euy

tentang susu UHT kebetulan nih dibahas. bulan depan insya Allah juga mau ngenalin susu sapi ke Altaf.

kemaren baru ikutan seminar optimalisasi gizi bayi dan balita. pembicaranya dari ahli gizi IPB. nah sempat diulas juga nih ttg susu UHT. dibilangnya kalo bisa sebetulnya lebih OK fresh milk yang bener2 fresh tiap hari misalnya beli 250ml aja. tapi dari segi kepraktisan sih UHT juga boleh diberikan. asal ya betul kata teman2 disini...asupan nutrisi dari makanan tetep yang utama. jadi gak ada patokan harus berapa kali minum susu dalam sehari. kalo misalnya kebutuhan 1000kkal (untuk anak 12m) sudah terpenuhi dari 3x makan besar + 2x snack buah ya minum susu cuma 1gelas pun tak masalah. gitu kan ya?



kalo ttg merk, aku baru tau dari baca thread ini nih kalo ada susu cair kemasan yang terbuat dari susu skim dicairin. weleh-welwh...jadi susu bendera botol itu gak direkomendasikan untuk sehari-hari ya? jadi sebenernya Ultra,indomilk pasteurisasi dan green fields ya yang emang 100% fresh milk? kalo greenfields itu ada kemasan kecilnya gak sih? kok nemunya cuma yang 1L doang selama ini.

oh iya FYI. aku juga ada teman yang kerja di ultrajaya. dia bilang kalo susu SEHAT (satu pabrik sama susu Ultra) itu isi nya persiiiis sama kayak susu ultra. cuma beda kemasan aja. kalo susu SEHAT itu kemasan bantal jadi lebih murah dikit dari susu Ultra yang kemasannya tetrapak. well sapa tau info ini berguna...karena aku berencana nyetok kartonan kalo nanti anakku udah minum UHT. jadi kan terasa ngirit gituu. :p

eryka, ttg dari buku miracle enzym - manusia tidak baik minum susu sapi itu kan pernah ditulis dahlan iskan di koran Jawapos ya. huiih langsung rame deh. tapi aku tetep minum UHT sehari-hari..mudah2an gak papa

Go..ASI & Homemade food..
Go..Clothdiapering..
Go..The better future for our children
visit me at: http://javaleste.multiply.com/

19

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

"maminya_altaf" wrote:
wah baru liat headshotnya Slesta baru..kereen euy


wuih maminya altaf merhatiin aja. thank youuu yaaa! :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Thread ini rame banget dan sgt informatif, semakin yakin dgn susu UHT. Thalia, aina suka ya minum indomilk? Tp indomilk kayanya gak ada yg plain ya?

21

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

maminya_altaf wrote:
kalo ttg merk, aku baru tau dari baca thread ini nih kalo ada susu cair kemasan yang terbuat dari susu skim dicairin. weleh-welwh...jadi susu bendera botol itu gak direkomendasikan untuk sehari-hari ya? jadi sebenernya Ultra,indomilk pasteurisasi dan green fields ya yang emang 100% fresh milk? kalo greenfields itu ada kemasan kecilnya gak sih? kok nemunya cuma yang 1L doang selama ini.


iya tuh, makanya gue harus tetep teliti baca ingredients sebelum membeli.

And thelilsolder is back. Fire!

22

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

rame banget nih thread....
*membaca dengan seksama supaya pada waktunya ngasih Keona UHT nanti bisa menjelaskan ke orang2 di sekitar yang kontra*

tfs moms!!!

there's no place like home...

23

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Bundanya Lana Indomilk ada kok yang plain, (IMO enak banget, jadi belinya sekalian buat Nara dan gw, hehe) tapi dalam kemasan 1 liter, yang kemasan kecil ngga ada. Dulu gw sempet beli yang kecil, eh tapi ternyata itu ada rasanya, vanilla dan manis banget menurut gw...

metariza.com | mother of two |@metariza

24

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Bundanya Lana... iya bener kata meta. ada. tapi yang gede. emang sih, gue ga pernah beli UHT yang kecil2... selalu belinya yang gede, soalnya gue juga suka minum susu, hehe (enak!). sebenernya yang suka indomilk itu gue, hehe... tapi jadinya aina minumnya itu juga.

gue malah blum pernah nyobain yang rasa lain selain yg plain. ga suka susu pake rasa sih....

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

25

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Thal, maksud gue ngga bijak nya dokter bukan atas hal susu itu sih, eheh salah gue, maksud gue beberapa dokter ngasih ini dan itu termasuk antibiotik padahal harus nya ngga perlu. Trus soal rasa, gue pernah nyobain susunya Ayla dan gue sama sekali ngga suka hahah. Kocak ah loe cobain ya? Gue sih rada jijay ahahha.

Rock 'n Roll Momma