1

Topic: Flu Singapur atau HFMD

trias.kelly - seperti yang aku cerita diatas, aina juga ga ada bintil2 di tangan dan kaki. cuma di mulutnya aja. dan DSAnya tetep ngevonis HFMD.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Flu Singapur atau HFMD

lagi curiga anakku kena ini, tapi disuruh balik hari minggu to make sure.

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

3

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Wah ini penyakit Arkan kena pas gue keluar dari rumah sakit di bulan Ramadhan ini. Medical bills tajam naiknya.

Mulutnya sariawan semua, panas 3 hari sampai 38,5 derajat, turun naik. Langsung deh kurus cuma 3 hari. Gak mau makan sedikit pun, walau dah diblender ataupun dah jadi soup. Minum susu aja pake sendok. Awalnya dikira cacar air, cuma karena ada sariawan dan keponakan pernah ada yang kena, langsung bawa ke dokter.

Kata dokter Djayadiman, HFMD kalau di Indonesia namanya Penyakit kuku mulut, atau coxsaki. Katanya penyakit sapi yang sudah bermutasi dan bisa kena manusia. Serem yah moms. Jadi inget H1N! (amit-amit, ketok meja).

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

4

Topic: Flu Singapur atau HFMD

wah syasya jg pernah kena. Kasian bgt ga mau makan, ga mau nen samsek. Maunya minuuum aja. Ketularan gara2 tamu yg anaknya kena hmfd n baru berobat k dokter main kerumah (lg dmam tinggi dbwa btamu). Pdhl gw sengaja ga keluar kamar. *Gmana gw ga naik darah ma tamu itu waktu syasya sakit.*

lovely mommy with 2 lovely kids

5

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Wah,beberapa bulan yang lalu, keponakan aku (3 y 6m) terkena HFMD. Gejalanya sama ama yang udah diposting sebelumnya. dan yup repot banget karena ga mau maem sama sekali termasuk minum susu dan air putih. Tapi penyakit ini membawa efek positif untuk keponakanku karena akhirnya dia bisa lepas dari dot-dot kesayangannya :). dia beranggapan bahwa ngedot itu bikin kerongkongannya sakit kalo menelan (ups...hampir OOT...maap).

Obatnya hanya paracetamol selebihnya istirahat yang banyak...setelah bisa menelan langsung makannya jadi buanyak buangeet (balas dendam kali beberapa hari gak bisa maem)

6

Topic: Flu Singapur atau HFMD

ternyata bukan HFMD, sariawan aja tapi karena bakteri. tapi sepertinya sekarang mogok nenennya jadi menyapih dirinya sendiri dengan natural :P

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

7

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Hmm.. sepupunya Mia (di Bandung)katanya kena HMFD ini.. baru aja, skrg dia masih sariawan n gak mau makan apa2...
segera menyarankan yang dingin2 dan jelly2 gtu deh! thanks moms!

-explore, explore! semua gara gara Mia! -

8

Topic: Flu Singapur atau HFMD

mamas, kalo kena flu singapur ini si anak udah boleh keluar bermain lagi kapan ya? Rinjani Jumat kemaren kena. Alhamdulillah sekarang udah sembuh (sariawan, demam & bintik-bintiknya). Tapi masih ragu-ragu ngajak dia maen di playground lagi. Takutnya nularin temen-temennya.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

9

Topic: Flu Singapur atau HFMD

nyanya - kalo kata dokternya aina, dia ga boleh keluar sebelum bener2an sembuh dan dikarantina minimal seminggu. kalo udah sembuh sebelum seminggu, tetep ga boleh keluar dulu...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Flu Singapur atau HFMD

thalia - oh sama berarti ya kata dokternya melon juga gitu sih. Tapi kirain itu sembuh dari demam, sariawan & bintik2nya aja seminggu. Berarti tetep dikarantina semingguan ya walaupun udah sembuh. Thanks,Thal :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

11

Topic: Flu Singapur atau HFMD

waktu anakku HMFD, karantina nya per anak sekitar 10 hari pol. waktu itu kakak adik kena juga dua2nya, jadi mereka lamaaa banget dirumah ngga keluar2. sepertinya justru post demam & bintik itu yang bikin nular ya. get well soon rinjani

bookworm & a silly working mother

12

Topic: Flu Singapur atau HFMD

marsha 7m3w 2 minggu lalu juga kena HMFD ga tau kena dari mana karen dalam minggu2 itu ga kemana2.. awalnya demam sampe 38.7 aku pikir karena tumbuh gigi karena barengan banget ma muncul 2 gigi atasnya..trus qo rash di area diapernya aku pikir clodinya udh harus di striping tapi bukan mirip rash soalnya bentol2 n ngerumpul gitu.. trus lanjut ke pergelangan tangan dan lututnya.. krn ga tau kalo itu HMFD malah kata DSA-nya itu alergi.. hufh... trus dikasih salep.. tp alhamdulillah abis disalepin yg bintil2 di diaper area jauh membaik.. karena ngeliatnya ngeri banget.. sekarang abis karantina dirumah aja smgguan marsha udh bs maen2 diluar lagi..

13

Topic: Flu Singapur atau HFMD

lagi wabah kayaknya flu ini.. nafis juga bbrp minggu yang lalu sakit flu singapur. awalnya sih ngga ngeh, kirain kayak tumbuh gigi. bbrp hari kl maem selalu dilepehin, mana air liur nya ngalir deres, pake anget pula. bapaknya sih mulai kuatir krn muncul bentol2 di paha, tangan. pas di bawa ke dokter, positip sakit flu singapur, daaan baru tau kalo ternyata di langit2 mulutnya penuh sariawan :(. pantesan, ngga doyan makan, maunya mentil emaknya tok. karantina seminggu lebih, tapi akhirnya sembuh. naah, bentol2nya mbekas jadinya huhuhu

14

Topic: Flu Singapur atau HFMD

ikutan share ah..
anakku jg lagi kena flu singapur niy, baru 4 hari. Kata dokternya akan recovery sendiri sekitar 7-10 hari, berarti masa karantinanya masih 6 hari lagi :(

gejala awalnya demam tinggi, trus ada sariawan di tenggorokannya, stl itu kluar bintik2 kaya cacar air gt di tangan, kaki, paha, pantat, sama selangkangan, kasian banget..ga mau makan sama minum susu, maunya air putih aja. tp sariawan di tenggorokannya cuma 2hari sembuh jd mau makan lagi, tinggal bintik2 gatelnya aja

pas ke dokter langsung divonis HFMD, ga dikasih obat apa2 cuma utk yg di mulut disuruh olesin Kenalog, sama yg gatel2 dikulit dikasih bedak salicyl, disuruh istirahat & disuruh mandi jg..yg pasti ga boleh keluar rumah siy..

kl udh sembuh, gatel2nya kering trus mbekas di kulit ya? dikasih apa ya biar bekasnya ilang?

*my world belongs to my hubby & my baby nic* ;) || @di_okti

15

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Flu Singapore ga membekas sich..
waktu itu anakku kena dan ibunya juga (hiks2...)
yang ini malah ibunya yang akhirnya dikarantina ampe pisah rumah segala meskipun tahan semalem doang.. =)

kata dokternya fisik ibunya lagi drop banget kok malah bisa ketularan dari anaknya.. (hehe...) iya abis begadang nenen terus tapi teteup nangis..

oya, menderita banget kalo kena Flu ini,
karena pengalaman aq kalo nelen sakit (nafsu makan berkurang dong..) mau jalan aja telapak kakinya ada benjolan jadi susye yang ada banyakan di tempat tidur or di sofa sambil nonton..

malah tambah sediiih abisnya ngerasain apa yg anakku rasain minggu sebelumnya.. kasiaaan...

16

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Diandra kena HFMD ini pas mau 10bln usianya. Gejala awalnya demam tinggi mpe 40dercel. Trus di hari kedua/ketiga demamnya kluar bintik2 merah di bokong,paha sm punggung. Aq blm familiar sm HFMD saat itu, aq kira dia campak, tapi kan di usia 9bln dia dah imunisasi campak. atau malah cacar?? Nah drpd diagnosa sendiri yg gak jelas dasarnya,akhirnya qta ke dsa. eeh pas di sorot tenggorokannya pke senter,byk bintik2nya.. yaampun aq yg liat ampe ngeri. trus dijelasin sm dsa klo anakku kena flu singapur,dijelasin juga penyebab,penanganan dllnya.
Diandra cm diresepin sanmol bwt panasnya klo blm turun,sama vitamin buat energi n ketahanan tubuhnya. Oh iya diresepin Lactacyd baby buat mandi,utk mengurangi rasa gatal krn ruam2nya itu.. Yg penting kata dsa, kondisi tubuh n nutrisi diandra harus baik n terjaga,biar tubuhnya sendiri yg lawan tuh virus. alhamdulillah kayaknya gakbsampe seminggu sudah kembali ceria n mau makan lg. Huh.. klo anak sakit, yg bingung gak hanya bpk-ibunya.. mbah2nya jg ikut kpikiran..
alhamdulillahnya lg gak sampe step pas demam tingginya..

17

Topic: Flu Singapur atau HFMD

2 minggu yang lalu thaariq juga kena HFmD, dan suspect-nya adalah daycare, karena hampir semua temen2 daycarenya kena..awalnya sempet panik karena demamnya sampai 39.8 dercel, abis itu langsung dibawa ke markas sehat..akhirnya dr endah nenangin kita untuk ga panik, hari berikutnya baru keluar sariawan di mulut dan keluar benjolah kaya cacar air di sikutnya..hari pertama masih mau makan banyak, hari kedua minum susu dan air putih, hari ketiga gw kasih cincau dan agar2..untungnya mau minum banyak, walopun selalu bilang "sakit ma.." setelah hari ke 7 sudah ga panas, dan nafsu makannya balik lagi..malah sampe nambah deng..
alhamdulillah bisa sembuh dengan sendirinya...
so, klo ada indikasi anak kena HFmD ga usah panik ya mamas..

Ibunya Thaariq & Shafiyah

18

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Wah ternyata ada thread ini, sampe udah buka thread baru di bagian bayi. Ngga pernah main ke toddler sih :p

Stallion (almost 11m) hari jumat pagi, suhu badannya hangat sekitar 37,5 blm aku kasi paracetamol. Sorenya tes malaria karena pernah kena malaria dan di Papua daerah endemi malaria. Oh ya, paginya muntah juga.
Ternyata malarianya negatif. Ooh mungkin mau tumbuh gigi.
Sabtu dini hari aku kasi paracetamol lagi karena suhu badannya hangat lagi.
Sabtu pagi-sore normal, sabtu sore hangat lagi, dan aku menemukan bbrp bintik merah di punggung & belakang telinga. Aku kira campak.
Ku bawalah ke dsa. Dan katanya bukan campak & suhu badan normal.
Katanya mungkin kena virus, ngga dikasih obat apa2. Disuruh amati saja apakah bintiknya bertambah banyak / tidak.
Hari Minggu bintiknya semakin membesar spt digigit nyamuk. Makan masih ada yg masuk sih, tapi susah juga. Minum susu juga masih ada yg masuk tapi tidak sebanyak biasanya.
Tidur siangnya bisa lama sekali.
Trus aku coba googling, dapetnya ttg flu singapura.
Hari ini (Senin) kecurigaan semakin bertambah, apalagi aku tidak bisa mengeksplorasi bagian dalam mulutnya.
Tadi ke dsa lagi dan ternyata betul Flu Singapura.
Untungnya Stallion masih mau makan & minum susu. Dan rasanya bintik2 merahnya tidak bikin gatal krn tidak rewel.
Untuk sementara diisolasi dulu di rumah.

Posisi bintik2nya ada di pantat, selangkangan, buah zakar, telapak tangan, telapak kaki, betis, lengan, sedangkan di dekat mulut hanya 2.

Semoga yg merawat ngga ikutan drop.

Stallion's mommy

19

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Beberapa hari ini Raka demam, awalnya saya kira mau pilek karena emang habis kehujanan. Kebetulan Raka (2,5 tahun) daycare di tempat saya bekerja, jadi selalu bareng saya pulangnya, nah beberapa hari yang lalu kita kehujanan pas pulang :)

Raka termasuk susah bgt minum obat, jadi terapinya paling ngasih madu dandibalurin minyak telon atau balsem gitu ke badannya. Tapi kok setelah bebrapa hari demam bagian kaki muncul bintik2 merah, dan langsung dibaw akedokter ternyata kena flu singapur. Alhamdulillah bintik2 merahnya lebih banyak di kaki dan tangan, jadi gak mengganggu makannya, nafsu makannya tetap sama sebelum sakit jadi mungkin karena itu recoveynya cepat. Sekitar seminggu udah sembuh.

Tapi katanya flu singapur itu meski "kelihatannya" sudah sembuh masih tetap bisa menular ya? soalnya saya punya bayi, dan saat ini Raka masih diungsikan dirumah neneknya.

TIA mama..

20

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Moms bukannya hfmd or cacar ini bisa dicegah dengan imunisasi ya ?

21

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Alanamama - HFMD itu bukan cacar. kalo cacar air memang ada vaksinnya, tapi kalo HFMD ga ada.

ghaida_dhira - iya, masih... oleh karena itu, biasanya, penderita HFMD dikarantina (ga boleh keluar rumah) selama 7-10 hari. kalo di singapur sendiri sih 10 hari wajib di dalam rumah terus2an.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

22

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Dulu dzakka pernah kena nih flu singapur pas umur 5 or 6 bln kli ya...lupa tepatnya. Untungnya dpt dokter yg boleh dirawat d rumah aja,gak yg dikit2 nyuruh opname.soalnya ada anaknya temen kena juga disuruh rawat inap. Gak kebayang klo opname soalnya anakku lasak banget. Tp emang 10 harian lebih bru ilang tu ruam2. Klo demamnya sih paling 3 harian.

Kt temenku yg dokter umum,sebenernya bisa dicegah dg imunisasi influenza.cmiiw

Loving my little family so much!

23

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Setelah kemarin Herbie panas banget badannya,hari ini timbul deh bintik2 di kedua telapak kakinya.. ini kali kedua,Herbie kena HFMD.
Kayaknya karna beberapa hari ini sering jalan2 deh,jadi ketularan sama anak2 lain.

so far Herbie masih mau minum air putih banyak dan makan walau sedikit,anaknya mulai lemes kalau sudah malem.

maghma sama fofo juga habis anget badannya,jadi worried bakal ketularan.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

24

Topic: Flu Singapur atau HFMD

lagi musim lagi ya kayaknya ... anak teman saya di surabaya juga kena ...

Stallion's mommy

25

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Sepertinya lagi musim ya HFMD ini?
Anakku Baby Ir, didiagnosa kena HFMD, gejalanya demam naik turun antara 37 sampai 38 derajat, setelah demamnya agak turun muncul bintik bintik merah, saya pikir kena Demam Berdarah, dasar emaknya parno, langsung cus ke dokter dan dokter mendiagnosa HFMD karena ada sariawan di mulut, tandanya adalah anaknya ngileran (air liur keluar terus) dan gak mau minum susu dari dot.
Dokter sempat tanya habis diajak kemana anaknya? cuma diajak jalan-jalan ke toko aja sore harinya, malam langsung panas dan kluar merah-merah itu.
Pulang dari dokter saya lihat memang banyak bentol-bentol di tangan dan kaki nya mirip dengan cacar air (gak sempat ke foto juga sih).
Sekarang sih, panasnya sudah turun, tinggal sariawan dan bentol-bentol merahnya aja yang masih ada. Masih susah makan dan minum susu, maunya air putih mungkin biar seger kali ya tenggorokannya, kalau minum susu semacam eneg mungkin.
Sakit dua hari anaknya langsung kurus :(