1

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

Moms, mau ikutan sharing nih...

19 Mei 2013 kemarin lahiran di KMC sama dr. Ridwan SpOG, normal + induksi infus di bukaan 8 karena kontraksi-ku melemah dan aku kehabisan tenaga. Ambil kamar VIP total biaya sekitar 18 juta kurang dikit.

Alhamdulillah karena aku dan bayi sehat, jadi hitungan kamarnya hanya 2,5 hari. Untuk normal VIP total harusnya di KMC kurang lebih 19 juta. Aku masuk minggu pagi jam 8.00, lahiran jam 16.05, dan pulang selasa siang jam 14.00.

Puas banget lahiran di KMC, fasilitas OK, makanan enak2 (loh hihi), SpOG-ku recommended banget dan sangat pro normal, bidan yang bantu lahiran juga sabar dan telaten, perawatnya juga baik2 dan sabar, IMD 1 jam, baby rooming in, ada dokter laktasi yang visite tiap hari dan ngajarin latch on. Cuma sayangnya kemarin dapet DSA yang kurang OK, irit banget konsulnya agak kurang puas.

Pokonya nanti anak kedua mau di KMC lagi hehe (semoga harganya ga makin mahal gila-gilaan x_x ).

Shazia's mom
@desieria
http://frediedesi.blogspot.com

2

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

hello mom, mau update nih.
kemarin habis check up di graha kedoya.
trs dapet estimasi biaya melahirkan disana.

http://awakenbutterfly.blogspot.com/2013/07/estimasi-biaya-melahirkan-rs-graha.html

fyi:
1. Biaya melahirkan itu belum termasuk biaya administrasi dan obat2 tambahan sebesar 30% dari total perkiraan.
2. Kalau kita melahirkan diatas jam kerja 8am-6pm dan bukan weekday, kena biaya tambahan dari biaya dokter sebesar 30%
3. Kalau kita perencanaan normal kemudian harus caesar kena biaya Caesar sm tambahan 30% untuk masing2 dokter.
4. untuk perawatan Kelas I-III ga boleh ada yang nungguin di kamar. even hubby sekalipun jadi mereka cuma punya kesempatan dtg pas jam besuk aja.
yang bisa ditunggu cuma dari Kelas I utama - President Suite nya.
5. pas jam besuk bayi ga boleh ada di ruangan perawatan tapi di baby room. karena takut si bayi bisa tertular virus atau penyakit dr yg membesuk. jd mereka cuma bisa ngeliat dari kaca aja macam baby show gitu..
6. kita ga bisa minta 2 invoice. mereka cuma bisa kasih tambahan legalisir aja.
7. akta kelahiran bisa minta dibuatin sekalian.

semoga bermanfaat. :)

3

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

charmi wrote:
Aku jg uda nanya ke mrccc siloam, cm kok cs nya ditanya soal perkiraan biaya maximum berapa, kalo melonjak jauh. Pada ga bisa jawab, mereka cm blg tergantung dari kebijakan dokter tindakan apa aja yg dilakuin.
Ya namanya kita pasien kan harus siapin duit, ntr kalo tagihan jauh diatas yg kita siapin gmn.
Promonya sih 7,9 cm takutnya byk biaya tersembunyi. Bisa2 melonjak jauh.


Salam bunda, kalo pengalaman teman aku yang belom lama ini melahirkan di MRCCC Siloam Semanggi dengan dr Alvin Setiawan, SpOG memang ada tambahan biaya karena saat itu dia diinduksi, ada juga tambahan biaya pada obat yang untuk dibawa pulang, namun tidak terlalu banyak, hanya sekitar 1-2 jt, masih cukup murah utk persalinan kelas VIP yg kamarnya seperti kamar hotel tapi biayanya cuma 9 juta an, belum lagi dokternya care sekali ama pasien nya :D

4

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

Aku melahirkan SC di RSIA Hermina Sunter Kelas 2A dengan dr. Andrew biayanya 18 juta untuk paket 5 hari (harga ini sdh all in kalau nggak ada masalah apa2 pada ibu dan anak). Karena aku 3 hari da pulang dipotong 3 juta. Karena suamiku sesama dokter, jasa dokter gratis, dipotong 5 juta (dsog-nya baik bener dah, :)). Dapat uang kesehatan dari kantor 7 jutaan, jadi tinggal bayar 3 juta deh kita. Thanks God
Dokternya uda baik, care banget lagi, tapi kalau mau periksa harus janji sebulan sebelumnya, maaf kalau OOT

I am a mother, apotheker, and editor

5

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

By the way, mau nanya aja, ada yg tau ga kenapa itu biaya administrasi nya kok dihitung berdasarkan persenan dari total biaya ya? Biaya admin gitu bukannya biasa fix ya?

thank you sebelumnya

To see the heaven through her eyes
To hold her little feet and hand
To kiss her little lips..
Forever is never enough

6

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

mamas...
kemaren aku baru lahiran di MRCCC siloam. dibantu sama dr Adrjansjah Dara, spog. ikutan promo yang VIP 7,9juta 3hari 2malam. rame yah dibahas di page depan...

harga 7.9juta dibayar di awal pas kita diputuskan untuk rawat inap. kasus aku kemaren dateng uda bukaan 3.

sebenernya biaya promo itu 'cuma' termasuk kamar bersalin, kamar rawat inap, dokter kandungan, dokter anak, dokter gizi, dan peralatan/perawatan standar. kalau ada obat-obat tambahan, tentu ada biaya tambahan. oia, uda disebutin yah, belum termasuk vaccin anak untuk kali pertama.

kebetulan aku lahiran normal. prosesnya alhamdulillah lancar. obat-obatan nambah pereda nyeri + vitamin + antibiotik (semua untuk luka jahitan), obat pencahar, vaksin anak, dan beberapa post-partum stuff. total nambah sekitar 600ribu.

jadi total yang dibayar sekitar 8.5juta. lumayan... :D

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

7

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

hey para mama`s mau tanya donk ttg rumah sakit bersalin di jakarta selatan,saya sekarang hamil 35 weeks dan baru nyape di indonesia satu bulan yg lalu.selama ini check up di brawijaya hospital,tp setelah dipikir2 disana biayanya cukup mahal.boleh minta rekomndasi rumah sakit yg bagus dan lbh murah dr brawijaya?sayang juga ternyata kalo ngabisin uang segitu,hampir sama biaya nya kalo saya lahiran diluar.pulang ke indonesia krn pgn hemat rencananya hehhee..
terima kasih sebelumnya

8

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

Aku 26 Sept kemarin melahirkan SC di KMC. Total biaya sekitar 20jt untuk kamar kelas 3. Itu hitungan untuk 3.5 hari. Walaupun kelas 3 which is yg termurah tapi pelayanannya sama aja dengan kelas diatasnya. Aku tau krn thn 2011 melahirkan SC anak pertama disini juga dan waktu itu di kamar kelas 2 trus upgrade ke VIP.

Wlpun namanya kelas 3 tp sekamar cm berdua dan cukup besar ruangannya, ga jauh beda sama kelas 1 dan 2. Cuma ga ada TV&ga dapet air mineral botol (tp dpt air di pitcher). Jadi puas bgt lahiran lg dsini bisa lbh irit dr anak pertama dgn dpt service yg sama profesionalnya.

Blessed mother of 2 boys: Raka and Rai. Find out more here.

9

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

Wahh aku tertarik juga di MRCC Siloam tuh,, untuk program promonya masih on budget sepertinya,,

mudah2an feb/mar 2014 nanti masih promo juga yaa,,alias diperpanjang,, hihihihii,,

anak pertama aku lahir juli 2012 di JMC jakarta kelas I,, sekamar ber dua,, tadinya pengen yang kelas utama tapi penuh,, total ga nyampe 6 jt,, lupa persisnya,, Lahir Normal Spontan

Fasilitas kamar: kamar mandi,, bed electric, tv, kulkas tapi ya itu sharing sama temen sebelah,, tapi tetap sekat kainnya itu menutupi seluruh ruangan kok,, *thats why boleh ditungguin siapa aja kali ya walo kelas 1

Pelayanan oke,, suster siap siaga dipanggil pake tombol ajaib klo anak mau ganti popok maupun dibantu caranya nyusuin,,di waktu tengah malam sekalipun,, Rumah Sakitnya pun sama sekali ga komersil,, ini yang suami gw demen banget,,

pro ASI, rooming in,, tapi IMD ga lama, kata bidannya takut bayinya kedinginan,, entahlah dan ak waktu itu ga maksa minta yang sampe satu jam juga sih,,

negatifnya adalah: 1. dokter bener2 baru dateng pas bukaan terakhir,, tinggal mbrojol dan menjahit,, setelah itu entah kemana.. (enak banget ya jadi dokter,, ciyaan bidan2nya,,)2. vaksin hep b 0 baru dikasih pas mau pulang (3harian) jadi bukan yang <12 jam itupun nanya dulu udah di vaksin apa belum?
mungkin ini tergantung dokter anak yang mendampingi saat itu siapa juga kali ya dan dokter kandungannya juga tergantung dokternya kali ya

sebenernya asuransiku ASKES sih tapi tau sndiri di jkt kayanya susah yang ditanggung ASKES tp pelayanan oke,,

anak ke dua prediksi lahiran feb/maret,, dan sedang mencari RS oke tapi on budget,, makanya ak sih berencana lahiran nanti yang on budget ya di JMC lagi (mudah2an dapet kelas VIP masih 8-9jtn sepertinya), MRCC siloam juga 9 jtn,, klo dokter bilang musti sesar ya klo ga 2 RS tadi ya sama RSAB Harapan kita,, karena setelah tanya RSAB Harkit klo normal askes yang ditanggung cm maks 2jt,, klo sesar bisa jadi full ditanggung askes dengan syarat dokter ga boleh milih dari dokter di Flamboyan atau klo mau milih dokter dari Anyelir apa yaa lupa namanya harus naik kelas jadi VIP,, bgitu infonya..
semoga membantu,,,

10

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

Mommies, mau share biaya persalinan tanpa komplikasi,
update 20 Nov 2013 wkt kemaren cek up dan senam hamil ya!

MRCCC Siloam Hospital, Semanggi
SC:

SVIP: 28.9jt
VIP: 19.9jt
I: 16.9jt
II: 12.9jt
III: 11.9jt

Normal
SVIP: 10.9jt
VIP: 7.9jt
I: 7.5jt
II: 7jt
III: 6.8jt

Termasuk jasa dokter, kamar, obat dan konsultasi dengan dokter kulit dan dokter gizi

Aku sndr lahiran normal 2 des kmrn di mrccc, ambil paket vip.
Total spending 10.4 jt.
7.9 utk paket
985 utk vacuum krn baby terlilit
985 utk induksi
Sisanya obat2an yg dibawa pulang spt asi booster dll
Kamarnya luassss sekali dan servisnya pol!
Very2 satisfied dengan tim dokter dara, dokter paulus dan suster2 disana yg sangat2 pronormal, pro imd dan pro asi.


RSIA Tambak, Menteng
SC

VVIP: 27jt
VIP: 23jt
Utama Plus: 21jt
Utama: 20jt
1: 19jt
2: 17jt
3: 13jt

Normal/Spontan Dokter
VVIP: 15.5jt
VIP: 13,5jt
Utama Plus: 12,5jt
Utama: 12jt
1: 11,5jt
2: 9jt
3: 7jt

Normal/Spontan Bidan
VVIP: 9.5jt
VIP: 8.6jt
Utama Plus: 7.5jt
Utama: 7jt
1: 6jt
2: 5jt
3: 4jt

Perkiraan tarif sudah termasuk kamar ibu dan bayi 3 hr, kamar tindakan, tindakan dan visit dokter, obat dan alat kesehatan standar, lab, CTG, EKG

Semoga membantu!

Chika
- istrinya pak silvester, maminya makayla

11

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

Belom ada yg info" soal rsb asih yaa..
Pengen tau pengalamannya gmn soal room-in, asi, susternya..
Sepupuku yg pernah melahirkan disana soalnya udah lama bgt.. Kali aja berubah secara skrg jg abis renov jd agak bagusan..
Aku pengen disitu deh, soalnya ga terlalu kaya rs bentuknya.. Heheehe

The Heart & The Light's Mom

12

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

share ya... aku lahiran di RS Anissa pas bulan agustus... lahiran dbantu bidan... minusnya gak IMD... tapi plusnya rumah sakitnya pro ASI, Rooming in juga.. aku pake kelas Utama di total sih habisnya sekitar 5,5 jt lah itu udah paketan gtu.. lahir spontan, dirawat 3 harian dsana... pas pulang kita juga dapet paketan banyak dari sebamed, dettol, jhonson, sama dari produk susu Annmum... hehehe sekian share nya,,,,

13

Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

widy2405 wrote:
hallo moms,
kayaknya belum ada yang ngasih info biaya persalinan di RS Haji Pondok Gede ya?
Minggu kemaren sempet tanya-tanya ke bagian rawat inapnya soal perkiraan biaya melahirkan. Info yang kudapat singkatnya :
[list=1]
  • Kelas 3 normal : Rp 4.400.000 (dengan tindakan dan induksi)/caesar : 9.140.000 (tidak terencana)[/*]
  • Kelas 2 normal : Rp 6.690.000 (dengan tindakan dan induksi)/caesar : 12.320.000 (tidak terencana)[/*]
  • Kelas 1 normal : Rp 8.300.000 (dengan tindakan dan induksi) / caesar : 15.500.000 (tidak terencana)[/*]


    sebenernya rincian biayanya lebih beragam, ringkasan di atas adalah biaya tertinggi dari kategori normal dan caesar. semua harga di atas sudah termasuk biaya kamar ibu dan bayi 3 hari
    tapi belum termasuk biaya resep, alkes, alat disposable, laboratorium, rontgen, transfusi, dan tindakan lain

    Aku rencana lahiran disana pertengahan bulan depan, nanti kalo udah lahiran ku-update lagi ya infonya. semoga bermanfaat.


  • hai bunda widy, mau tanya gimana lahiran di RS Haji? RS Haji pro normal pro imd dan pro asix ga ya? terus dia itu bisa rooming in tak? makasih share-nya :)

    14

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    Hi bunda,

    aku skrg lg hamil 32W, akan lahiran di RS haji dgn Dr. Tyas. ini anak ketiga. anak ke 1(feb 2009) lahir di haji dgn dr.Ita section rencana cost: 7juta kelas 3. anak kedua (des 2012) Sectio rencana dgn dr.tyas 14juta kelas 2, rencananya anak ketiga april nanti sectio juga dgn dr tyas ambil kelas 1. harga blom ku update, baru mau tanya sabtu ini.

    di haji sm dokter siapa, bunda?

    15

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    Hi Bunda..

    2 tahun lalu lahiran caesar ambil kelas utama (sekarang dah gak ada kelas utama lagi ) di RS Hermina Jatinegara..kurleb kena 26 jutaan dengan Dr Judi Endjun..

    16

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    alo moms...

    mau tanya dong..ada yg pernah lahiran di rs fatmawati jaksel ga?aku dulu lahiran disana,spontan thn 2001 ga dapet kls 1 jd di kls 3 dirawat 3 hari cuma bayar 900an ribu...sekarang ga tau deh brp2nya...need infonya ya moms..terima kasih..

    17

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    Hallo Mommys..

    Salam kenal ya. Sekarang aku lagi hamil anak kedua. Anak pertama ku lahir 4th lalu di manado. Sekarang aku tinggal di Kebon Jeruk Jakarta Barat. Mungkin mommys punya info dokter Spog n RS untuk persalinan yang bagus di daerah Jakarta Barat..

    Thank you,

    18

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    Hi moms..

    Share aja ya, kmrn sempet kontrol ke rsia tambak manggarai, dan cek biaya persalinan, untuk normal dg dokter, perkiraannya:

    Kelas 3: rp 7,600,000
    Kelas 2: 10,000,000
    Kelas 1 : 12,000,000

    Itu estimasi aja ya, normal tanpa ada masalah apa2.

    happy mommy, happy wivey @rarsyini

    19

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    radithayunika wrote:
    Hallo Mommys..

    Salam kenal ya. Sekarang aku lagi hamil anak kedua. Anak pertama ku lahir 4th lalu di manado. Sekarang aku tinggal di Kebon Jeruk Jakarta Barat. Mungkin mommys punya info dokter Spog n RS untuk persalinan yang bagus di daerah Jakarta Barat..

    Thank you,


    mom raditha, saya di Kebon Jeruk juga. tanggal 23 januari lalu saya melahirkan di RS Grha Kedoya ama dr Forry Fortuna. puas banget , mulai dari bidan-bidan di Kamar Bersalinnya yang sabar-sabar dan bagus, suster-suster bayi dan suster mamanya jg ramah-ramah dan helpfull banget, dokter forry yang bikin makin ngefans ama nich dokter setelah melahirkan, makanan RS yang enak bgt, ada 3 pilihan menu tiap mau makan, bahkan ditawarin mau request apa...saya kemaren ambil kelas 2, habisnya 10 sekian, include extra charge 30% karena lahiran jam 6:20. ada paketnya 3malam, tp sy cm 2 malam karena dah dibolehin pulang. ada kelas mandiin bayi, penanganan bayi baru lahir, menyusui dan perawatan payudara... disana rooming in, kecuali jam besuk, imd ( saya 2jam lebih) dan pro asi...
    eh malah jd oot yak, maaaaap

    20

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    Hi moms..

    Mau sharing estimasi biaya melahirkan di RSB Asih 2014.
    Abis nanya2 disana minggu kmrn...n untuk BWCH menyusul yah

    NORMAL
    VVIP : 13.955.000
    Super VIP : 12.980.000
    VIP Medium : 11.695.000
    VIP : 11.545.000
    Kelas 1 : 8.135.000

    SC
    VVIP : 29.495.000
    Super VIP : 27.615.000
    VIP Medium : 25.820.000
    VIP : 25.595.000
    Kelas 1 : 20.935.000

    Informasi tambahan pengurusan akta kelahiran (optional) antara 2-3jt (saya lupa)

    Smoga bs membantu moms

    21

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    moms, mau tanya ada yang pengalaman lahiran di RS harapan jayakarta? biayanya berapa ya moms?

    22

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    hallo mamas,
    ak bantu updat eutk tarif di RS. Carolus Salemba yaa..

    Kami sampaikan perkiraan biaya melahirkan di RS St. Carolus sbb:
    Tarif Melahirkan Normal dengan dokter :
    - Klas 3 = Rp. 3,6 juta
    - Klas 2 = Rp. 4,9 juta
    - Klas 1 = Rp. 6,8 juta
    - VIP = Rp. 9,5 juta
    Sudah termasuk biaya perawatan 3 hari.

    Tarif Persalinan dengan Bedah Caesar
    - Klas 3 = Rp. 11,2 juta
    - Klas 2 = Rp. 15,6 juta
    - Klas 1 = Rp. 18,4 juta
    - VIP = Rp. 25,3 juta
    - SuperVIP = Rp. 26,4 juta
    Sudah termasuk biaya perawatan 3 hari.

    23

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    mau share biaya persalinan di rsia sammarie basra 2014:

    sc untuk 4 hari (blm tmsk obat dan lab)
    kls 3 13.509.700
    kls 2 16.020.840
    kls 1 18.396.830
    semi vip 21.881.580
    vip 22.549.380
    vvip 26.839.730

    normal 3 hari:
    kls 3 6.469.180
    kls 2 7.955.300
    kls 1 8.938.980
    semi vip 11.275.750
    vip 11.776.600
    vvip 14.462.640

    semoga bermmanfaat yaa

    24

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    Hi moms..

    Januari ini aku lahiran normal di RS Hermina Podomoro ambil kelas 2, habis sekitar 11,5jutaan dengan Dr. Andrew..

    Thx.

    25

    Topic: Jakarta - Biaya Persalinan

    ada yang tahu info terbaru melahirkan di KMC atau di RS Gandaria? untuk SC sih kalau bisa, karena kemungkinan saya harus SC krn indikasi medis...TIA

    a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/