1

Topic: Toilet Training

jerry, kayaknya 2.5 taun ga telat deh. aina juga baru toilet training pas umur 2.25 taun kok. emang bener sih, enaknya nunggu rada gedean, toilet trainingnya bisa lebih cepet... ya itu, gue aja pake sistem "kebut 3-hari kelar" itu. kalo masih terlalu kecil, kayaknya ga bisa deh pake cara itu.

gue sih dulu ga pake training pants yang waterproof... tapi setau gue, bumwear punya yang pull-up training pants:

http://www.bumwear.com/shopping/clothdiaper/bw-trainers.html

dan kalo ga salah, bumwear bisa beli online dari distributor yang di indo kan? ada yang punya link-nya ga ya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Toilet Training

thalia, thanks ya linknya. kmrn2 udah sempet mampir ke bumwear tp gak ngeh ada pull-up training pants-nya, hehe. btw, andarastore ternyata jual ya. next post, gue laporan lagi deh soal prosesi toilet trainingnya Virell :)

why hate Monday since everyday is Sunday? this island is magical

3

Topic: Toilet Training

Ikutan Sharing ya... si Vanya (3,5thn) dulu lepas pampersnya umur 2,5thn lebih... dulu kepikiran sih jangan2 telat banget nih tapi ternyata di umur segitu malah lebih cepat belajarnya dan dia lebih siap bilang "mau pipis.." memang awal2 lepas pampers dia kadang bilang mau pipisnya mepet bgt, jd baru sampai kamar mandi blum buka celana dia dah pipis...;(
Dulu sempat sih dibeliin potty yg model kursi gitu tapi boro2 dipake yg ada dia jadiin mainan, dia maunya langsung di kloset kita jadi cuman dipakein potty tambahan supaya ngga jeblos ;)

kalo pupup sih dr umur 1thn lbh dia selalu bilang walaupun pakai pampers mungkin risih kali ya apalagi Vanya kalo pupup lebih ketauan gerak gerik badan dan mukanya (nahan ngeden) hehehe..

thalia wrote:
ga tega bangunin tengah malem, dan ga rela juga... soalnya gue baru tidur jam 3-4 pagi... takut dia malah ga mo bobo lagi, trus gue jadi ga bisa bobo semaleman.

yah, jadi ampe sekarang juga masih ga tau kapan mo dilatih night toilet train.


Thalia, kalo Vanya belum pipis sore atau malam sebelum tidur pasti tengah malam (jam 12 or 1 gitu) aku dudukin di kloset tanpa dibangunin, trus aku bilang aja "pipis dulu Van..." emang kadang butuh waktu tapi akhirnya pipisnya keluar juga...

mamanya vanya merangkap baby assistant di nenen baby shop

4

Topic: Toilet Training

jerry, sip sip, ditunggu ceritanya yaa...

Brenda, jadi langsung digendong ke WC aja ya? sekarang ini, Vanya masih suka pipis tengah malem ga, biarpun udah pipis sebelum tidur? jadi, lama2 dia belajar untuk ga pipis malem2? hu hu hu, jadi banyak nanya :P

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Toilet Training

Ngek, ini si Ayla tidurnya aja baru jam 11an. Kalo jam 12 udah diboyong ke kamar mandi kasian banget deh :D

Rock 'n Roll Momma

6

Topic: Toilet Training

Hallo moms,

Salam kenaaal nama ku Inta mamanya Bita. Ikutan sharing yaah. Aku tatur bita (2thn 2 bln) pipis juga baru setelah dia 18 bulan. Agak gampang soalnya klo siang udah biasa gak pake diapers. Nah klo tidur malam cuma harus rajin dibawa ke toilet aja kok sebelum tidur dan langsung diangkat ke toilet lagi segera pas dia bangun tidur. Alhamdulillah udah gak pake diaper lagi klo dirumah danjarang2 keompolan juga, sesekali mah masih wajar kali yaah. sekarang lagi berjuang no diaper klo pergi2 udah lulus sih klo cuma ke mall ato rumah sodara. yg belum klo pergi2 luar kota, masih deg2an.

Klo pup udah lebih gampang soalnya ditatur dari umur 5 bulan. Gak pake potty langsung digotong ke toilet tiap mau pup. Sekrang klo pup gak mau klo gak di toilet. Gitu aja sharingnya , sekian :D

7

Topic: Toilet Training

hi jerry,
gimana udah ada laporan pandangan mata prosesi toilet trainingnya Virell? ;)

oh ya dulu juga alde sempet pake bumwear yg pull-up training pants. sekarang udah pake kolor gitu huehuehe... udah ga nyaman kali ya. jadi buat adiknya aja ntar, dilungsurkan.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Toilet Training

Habis baca toilet training para Mamas.
Selain konsisten seperti yang saya sudah tulis, metode yang dipake sama dengan mbak WatiYusuf. Mulai training sewaktu 20 bulan (hampir 2 tahun), dan kita gak pake potty, tapi langsung ke toilet dengan toilet seat. Buat saya dan istri adalah yang penting jika memang mau pipis atau pup ya bisa sendiri dan di toilet. Kalau untuk malam saya dan istri belum memaksa, walau Vira sudah otomatis ke WC untuk pipis dan sikat gigi, tapi sehabis itu minum susu lagi sebelum tidur (setelah minum susu pasti langsung teler). Jadi malem ya masih ber-diapers-ria. Selain itu juga karena bapak dan ibunya Vira pada kebo kalo dah tidur.

Mungkin kalau sudah gak minum susu lagi kalau mau tidur, baru lepas diapers, for now jangan dulu deh. Yang penting kalo siang dan melek dia bisa ke kamar mandi dan urusan sendiri dari pipis/pup sampai cebok. Kalaupun tidur siang dia bangun sendiri dan ke kamar mandi, ya kecuali malem. Sekarang kalo ke kamar mandi malah nolak ditemenin.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

9

Topic: Toilet Training

Dear Mamas & Papas...

Hi, cerita - cerita ttg toilet training membuat ku semakin sedih krn sampai hari ini bia ( 2, 4 y ) belum disiplin utk no 1 & no.2 , selalu aja jika saya bawa ke toilet n duduk utk membuang selalu nangis dan nga sabar ( buat saya jadi kayak ibu tiri, paksa anak :( ) membuat juga hope less krn eyangnya juga bela cucu nya yg teriak 2 trs.

Bilang " Ma.. pipis " tapi udah keluar basah hehehe begitu juga yg no.2

mamas & papas, apa yang harus ku lakukan yaa...

Lady Mama from curly Bia and having a great jOb on promotion

10

Topic: Toilet Training

ferrbia, susah juga ya kalo Bia ga mau ampe nangis2 gitu... usulku sih, jangan dipaksa. takutnya ntar malah trauma ama toilet dan jadi ga mau sama sekali.

aina dulu juga gitu kok, bilang "ma, pipis" sambil pipisnya ngucur, hihihi. waktu lagi toilet training, pup dan pipisnya berceceran dimana2... jangan dimarahin. ajak dia lap dan bersihin pipis/pup-nya pake tissue, trus buang tissuenya di toilet sambil bilang, "pipis/pup Bia tempatnya di toilet ya, bukang di lantai".

kalo lagi didudukin di toilet, jangan terlalu lama juga... 1-2 menit juga cukup. jangan ampe bosen. ntar 1/2 jam dicoba lagi. kalo kebablasan, minta Bia bantu bersihin lagi.

yang paling penting, kalo Bia berhasil pipis/pup di toilet, biarpun cuma setetes (misalnya dia lari ke toilet trus berceceran, tapi akhirnya sempet ada yg masuk ke toilet), harus diberi reward. rewardnya bisa apa aja. ada yang kasih permen, ada yang kasih sticker bintang buat ditempel di reward board (kalo pake reward sticker system"... kalo aku dulu sih, suami dan aku nari2 (memalukan, kalo diliat orang lain, hihih) dan lompat2 didepan aina sambil ciumin dia, kalo dia sukses. segitu aja udah cukup rewarding buat dia...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Toilet Training

thaaall gue pengen liat elo ama ari joget2 itu deeyyyhhh.. hehe... video in doongg! :P

gue ikut nyimak aja disini deh, soalnya belom bener2 toilet train naia. walopun sebenernya dia udah mayan bisa sih. paling gak untuk pup, dia udah jaraaaaannnngg banget pup di celana. selalu bilang.

kemaren aja waktu kita nginep di hotel, dia bilang pas mau pup dan ga pernah di diapers nya. tapi yang lucu ada kejadian pas lagi dinner. naia tiba2 bilang.. "mama, pupup.. pupup". gue tanya.. "naia mau pupup?" .. dia jawab, "mau.. pupup... "

jadilah gue langsung lari2 balik ke kamar sambil bisikin supaya dia tahan ya, pup nya di toilet, jangan di celana, dll. pas sampe, bener, belom ada di diapersnya. gue dudukin di toilet dan gue tungguin... trus cuurrr... keluarlah.... pipisnya! trus dia bilang.. "udaaahhhhh.... !"

halah, ternyata kebalik ngomong pupup ama pipis.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Toilet Training

Dear Thalia...

Makasih banget utk perhatian & sharingnya ..
saya berusaha keras utk meyakinkan Bia bahwa pipis & puppi itu di kamar mandi, saat ini dia hanya mau menunjukan tempat dia pipis trs minta bersihin krn dia sendiri jijik katanya sama pipis nya hehehe...

mungkin mmg saya yang kurang rutin utk mematuhi jam 2 hrs ke toilet itu, jadinya belum berhasil juga BIa ku itu. untuk reward akan saya coba kayanya " it will stimulate her :) "

Thalia, i will try all effort sesuai dengan tips 2 dari mamas & papas di sini
wish me & Bia luck yaa

- Ferra -

Lady Mama from curly Bia and having a great jOb on promotion

13

Topic: Toilet Training

ferra berhubung gue sendiri belom ngelewatin masa toilet training, jadi ga mau sok tau ngasih saran nih. tapi just curious.. bia pernah gak diajak liat bunda nya lagi pipis di kamar mandi? mungkin ini pun bisa dijadiin cara supaya bia mau pipis & pup di kamar mandi.

gue biasanya sengaja kalo lagi beduaan ama naia doang di kamar ato di rumah, gue pipis dan pintu kamar mandi gue gak gue tutup rapat. biasanya nanti naia ikutan masuk trus as curious as a child could be, ikutan liat2 gue lagi ngapain, trus pas gue lagi wipes even cebok dia merhatiin. trus lama2 dia ngomong.. "mama pipis". nah kalo udah gitu bisa diajakin ngobrol.. "iya mama pipis.. pipisnya di kamar mandi.. " nah pas saatnya naia mau pipis, gue juga mention yang sama.. "naia pipis, di kamar mandi yaaa.. kayak mama kan?"

mudah2an nolong yaaa...

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Toilet Training

Dear moms n Dads,
Saat ini Chirou (2y1m) msh pake disposable diaper 24/7, hiiikssss..
Udah aku ajarin ttg pipis di toilet, dan udah ngerti kayaknya, tapi setiap dicoba untuk pipis atau pup di toilet selalu aja ga keluar pee or poo nya..
Saya tertarik utk coba cara kebut 3hari, tapi berhubung saya tinggal di apartemen (sewa) yg seluruh furniture nya milik si landlord, kyknya ga mgkn membiarkan poo n pee nya meninggalkan jejak di sofa atau di kasur. Kalo pake cloth diaper kira2 bisa berhasil gak ya Moms? Masih ragu jg mo beli cloth diaper ini takut ga berguna,kan sayang mahaaal :D

15

Topic: Toilet Training

bundachirou setau gue yaaa.. cloth diaper itu berguna gak hanya untuk mengurangi diaper rash pada bayi/toddler tapi juga supaya si anak ngerti the concept of wet & dry. soalnya dispo diaper ini kan biasanya langsung kering tuh kalo pipis, jadi dia ga bakalan tau kalo celananya basah. sementara cloth diaper ini kan bakal tetep basah kalo dipipisin, jadinya ga enak gitu rasanya. makanya kalo dari kecil udah pake cloth diaper, ngerti ttg wet & dry ini jadi lebih cepet dan biasanya juga mereka toilet trained nya lebih cepet.

jadi menurut gue sih, kalo gak mau pipis & pup nya berceceran dimana2.. mungkin bisa digunakan training pants sebagai cara biar dia tau, dia pipis, jadinya gak enak.. celananya basah. jadi pelan2 mungkin dengan gitu jadi tau pipis gak di celana tapi di kamar mandi.

hth yaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: Toilet Training

Dear Shinta..

Makasih banyak atas sharingnya ,
ya..ya bareng pipis di kamar mandi sdh saya lakukan juga , n dia liat saya duduk , dia langsung jongkok sambil keliatin ke bawah. trus ayo bia pipis juga sambil jongkok yaa , dia bilang " ma uda cecai ma " padahal blm ada setes pun yang keluar :) ,
belum ahh , uda ma cecai ' trs ngibrit deh buka pintu - kabur ... hehehe

But i ll keep on tryin hard... very hard ( tp nga jdi mama galak yaa )

makasih
- ferra -

Lady Mama from curly Bia and having a great jOb on promotion

17

Topic: Toilet Training

ferra, good luck ya! semoga sukses :)

bundachirou, setau gue, ninit pake cloth diaper dan lama2 alde jadi bisa toilet trained. basisnya kayak training pants, jadi si anak ngerasa basah dan ga betah, tapi ga berceceran. aku pake cara itu ke aina, ga bekerja... atau, bekerjanya kurang cepet, hihihi. dan honestly, gue males kalo mesti beli baru atau cuci2 cloth diaper lagi selama berbulan2...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

18

Topic: Toilet Training

ferrbia, entah bisa ngebantu atau engga, tapi coba aja untuk beberapa hari diminumin air putih yang banyak dan di taroh di potty setiap 2 atau 3 jam sekali. Dulu Ayla pertama2nya gitu, biar bisa bedain rasa pas pipisnya aja sih. Tapi emang kalo niat, day time udah ngga usah pakein pampers sama sekali. Dulu Ayla langsung pake big girl panty, jadi kalo kena pipis dikit juga udah begah dia. Kecuali during nap time of course.

Rock 'n Roll Momma

19

Topic: Toilet Training

mau ikutan sharing juga..

Rafi sampai dengan 2y pakai diapers 24/7 dan gara" mau masuk pre-school ada aturan kalau mau naik dari tingkat (dari yang umur 2 ke umur 3) salah satu syarat nya harus gak pake diapers lg, so pas lagi liburan selama 1 bulan dari mulai pagi sampai sore hanya pakai pants aja. Selama 5 hari masih suka pipis dimana-mana, dan nanny nya 'tatur' tiap 2 jam. Alhamdulillah sukses tapi hanya pipis saja, sampai dengan 2y6m dia gak mau pup kalo gak di pampers :( karena kalau malam mommy nya masih malas jd masih pake diapers dan pasti 1 jam sesudah dipasang pup.

Lepas diapers totally gara" gue kesel karena Rafi kalo gak pake pampers ya gak pup, jadi kebetulan pas lg cuti pasca melahirkan juga Rafi totally in 1 day no diapers. 3 hari pertama masih gak mau duduk di kloset, masih aja pup nya di pants dan akhirnya mau di kloset tapi sambil dikasih mainan jadi dia merasa enjoy. Kalau malam selama sebulan, gue selalu bangunin dia untuk pipis, sampai pasang weker karena telat 5 menit dia bisa ngompol :p

Sekarang frekuensi Rafi pipis di malam hari Cuma 1 kali, dan udah mau jalan dari bed nya ke kamar mandi tanpa digendong meski sambil merem matanya :), dan pup nya rutin kalau gak siang berarti malam.

- while we try to teach our children all about life, our children teach us what life is all about -

20

Topic: Toilet Training

thalia wrote:

Brenda, jadi langsung digendong ke WC aja ya? sekarang ini, Vanya masih suka pipis tengah malem ga, biarpun udah pipis sebelum tidur? jadi, lama2 dia belajar untuk ga pipis malem2? hu hu hu, jadi banyak nanya :P


hehehe kalau yg ini memang seru liat ibunya gendong si anak yg sudah teler dan berusaha utk membuat vanya pipis dengan brenda mengeluarkan suara pisssss...ternyata keluar pipisnya :D dan sudah gw cobain juga.

dulu memang kuncinya melihat gerak-gerik serta mimik mukanya vanya kalau mau pipis/pub. masih inget ketika jalan berdua di mal, pas vanya sudah memperlihatkan gelagatnya, dengan panik langsung gendong, lari menuju toilet terdekat dan bilang ama dia..tahan ya van, tahan! sambil berdoa toilet utk pemakai kursi roda

hasilnya bervariasi 80% berhasil 20% yah seperti ini: pipis dengan sukses di kinokuniya sebelum digendong (bawalah tisu kering dgn daya serap ok dalam fase ini), sampai yg pas sampai toilet.. sebelum ditaruh dengan sukses pipisnya muncrat di baju (bawalah baju ganti tidak hanya si kecil juga kita dalam fase ini) dan setelah jago menghindar, pipis muncrat di lantai toilet. ah masa2 bahagia...

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

21

Topic: Toilet Training

yudhis wrote:
...setelah jago menghindar, pipis muncrat di lantai toilet. ah masa2 bahagia...


Kok terbayang Matrix. Hahahaha... suka duka jalan berdua dengan anak cewek. Terakhir pergi dengan Vira ke Pacific place dan dai kebelet, dia nolak habis-habisan masuk toilet cowok. Akhirnya minta tolong sama seorang mbak yang sedang menuju ladies room. Vira sudah bisa cebok sendiri, tapi masih susah kalau naik kloset sendiri.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

22

Topic: Toilet Training

Oh iya ya, kalo ibu2 bawa anak2 cowoknya ke toilet kayanya sah2 aja. Tapi kalo bapak2 bawa anak cewek kasian anaknya ya? Entah kenapa gue ngga pernah masuk toilet cowok sih, tapi kebayang kalo Ayla mendadak harus ngeliat pria2 asing urinating madep tembok gitu bisa parno juga ngga sih? :|

Rock 'n Roll Momma

23

Topic: Toilet Training

salah satu solusi kalau kita para bapak bawa anak perempuannya ke toilet: cari toilet yg khusus utk pemakai kursi roda. kuncinya dipegang sama yg jaga, minta saja dibukain. sepanjang pakainya pas jam-jam yg ndak sibuk, jadi tidak merepotkan yg benar membutuhkan. enaknya ruangnya luas.

yg repot justru kalau kitanya yg kebelet tapi toilet khususnya sedang dipakai. alhasil berdua masuk ke toilet cowok, pilih yg paling ujung dengan bilang vanya: "stay ya van, jangan jalan." atau pilih yg deket tempat cuci tangan.

agak masalah kalau harus masuk sama2 ke bilik. mencoba supaya vanya tenang sambil konsentrasi pembuangan akan menjadi suasana semakin kacau. eit jangan lihat2!, jangan ambil tisunya terus!, jangan puter kerannya! jangan dorong2 van! hey jangan buka dulu pintunya!!

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

24

Topic: Toilet Training

Mahesh sudah dalam proses toilet training nih, tapi masih yang siang hari dulu. Jadi saat siang hari pakai cloth diaper dan 1-2 jam sekali dibawa ke toilet. Saran dari DSA nya, kalau siang sudah oke harap lanjutkan toilet training malam hari supaya nggak ngompol ;-)

25

Topic: Toilet Training

lagi di design ama thalia....

penjelasan menyusul... hu hu hu...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia