1

Topic: Toilet Training

nah..ini nih..mbak thalia,..yazka (28bl) udah bisa ngrasain kalo mau pee, bgitu di ajak ke toilet..dia udah gak kpingin lagi tapi pas balik dari toilet and nyampe kamar...baru kluar. knapa ya??
Jadi aku kpikiran untuk nyoba cloth diaper and lagi browsing. ada yang tau gak ya cloth diaper apa yang bagus?

2

Topic: Toilet Training

Mamas moderator..aku bantu jawab yaaa..
Hai hai Yoriea, kebeneran aku lagi baca tentang clodi. Semua mamas sharingnya di sini. Monggooooo :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

3

Topic: Toilet Training

Utk urusan pipis, alhamdulillah chise udah bilang.. bilang pas 'sedang' artinya di celana deh atau bilang sebelum, nah ini kudu buruan deh, klo telat ya udah di celana...

yg bermasalah pup, huhu...msh susah bgt, msh suka pup di celananya...ada sharing mainan yg menarik minatnya utk mau duduk gitu? nangis2 sih klo disuruh duduk, padahal dulu mau...klo pake potty takutnya malah ketergantungan dobel lagi ngajarin ntar pindah ke toilet :( help ...

4

Topic: Toilet Training

weendee wrote:

yg bermasalah pup, huhu...msh susah bgt, msh suka pup di celananya...ada sharing mainan yg menarik minatnya utk mau duduk gitu? nangis2 sih klo disuruh duduk, padahal dulu mau...klo pake potty takutnya malah ketergantungan dobel lagi ngajarin ntar pindah ke toilet :( help ...


aku jg ngalamin hal yg sama ama weendee, davina(21mos) udah 2 minggu ini kalau siang ga pk diapers lagi, dah bisa bilang "pipizzz" trus langsung lari ke toilet. Tapi untuk pup, dia masih belum bisa.Kebiasaan dari dl, kalo dia lagi pup, dia pasti mengasingkan diri biasanya di pojokan dan ga mau dideketin ama syapapun. jadi terus terang aga susah ngajarin davina biar mau pup di toilet.

davina biggest fans

5

Topic: Toilet Training

ria kebalikan ama naia. justru dia kalo pup bisa bilang, kalo pipis yang belom. kadang bilang sih dia pipis, tapi pas lagi pipisnya.. dah ga keburu deh diajak ke kamar mandi. jadi belom gue ajarin nih. pengennya pas weekend aja, jadi biarin dia gak pake pampers seharian gitu, dan gue di rumah.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Toilet Training

weendee - kebalikan ama Diba, Diba mirip Naia, kalau mau pup bilang...biasanya dia bilang: sakit perutnya Diba bunda, atau Diba mau pupu! Nah langsung deh dibawa ke toilet dan duduk di tatakan balita itu....biasanya sih langsung narik tali yg ada di helikopter mainannya (digantung di gantungan handuk pas samping toilet) dan bunyi musik mengiringi dia pup, sambil Diba ngelus2 perutnya dan bilang: lancar pupuuu....jangan keras pupuuuuu.....hehehe

Kalau utk pipis, kadang bilang, kadang ngga, kadang pas keluar pipis bilangnya hehhee...tapi tetap dibawa ke toilet tiap 2-3jam, udah jarang kok pipis di celana. Diba juga pake training pants sekarang, pake clodi kalau bobo malam dan sekolah aja. Kalau toilet training utk pupnya sih dari sebelum 1 thaun udah dibiasain duduk di tatakan toiletnya

~ Diba's Bunda ~ Living by the shores of Matano Lake ~ Occassionally attempt to bake ~ Book lover
@annsjamsu

7

Topic: Toilet Training

riandiani, mungkin bisa dicoba pake potty dulu. taro di pojokan yang tempat davina "ngumpet", mungkin rada ditutup2in gitu. mungkin davina malu dan ga comfortable kalo pup di temenin orang lain, tapi blum bisa naik ke toilet sendiri. bikin tempat potty-nya se-comfortable mungkin buat dia.

pengalaman gue sih, aina jadi mau sendiri ke toilet, jadi ga ada sapih2an dari potty ke toilet. tapi potty dia bisa semuanya sendiri, kalo toilet, mesti ditolongin, soalnya masih terlalu tinggi buat dia (biarpun udah pake steps).

tapi, tiap anak beda2 sih... jadi cara yang ini mungkin ga jalan juga :P

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Toilet Training

hai semuanya... tok tok.. mau tanya kalo mulai toilet trainingnya umur berapa ya bagusnya...

9

Topic: Toilet Training

di sini (Sydney) ada produk khusus untuk toilet training dari huggies: nappy pants with wetness liner. Idenya, anak-anak berasa basah sebentar ketika pipis, tapi pipisnya tetep nggak ngotorin lantai. Saya cobakan ini untuk Ayesha (19 bln). Dia kadang ngerti ketika sedang pipis, karena biasanya dia menghentikan main-nya. Ketika kutanya, dia bilang wee wee. Tapi memang dia belum bisa bilang sebelum kejadian. Begitu juga dengan pup. Kadang bilang kadang nggak. Setiap pagi selalu kuajak pipis di toilet yang dipasangi tempat duduk dan tangga tambahan. Setiap pup juga kuajak ke toilet dan basuh pakai air. Saya tertarik nyobain metode 3 hari, tapi kayaknya nggak sekarang. Di apartemen saya lantainya karpet semua.

10

Topic: Toilet Training

chieeka, kayaknya ga ada batesan umur yang pas. tapi research2 bilang, anaknya akan kasih tanda2 kalo udah bisa utk belajar toilet training. tanda2nya saya pernah tulis disini. baca2 dulu aja...

mamamala, wah, kalo karpet semua sih, aku usulin untuk ga pake metode 3 hari itu... bisa2 serumah bau! hari pertama aina aja, 12 kali (apa lebih?) bocor yang engga di tempatnya... emang dikit2, soalnya masih blum belajar "ngumpulin" pipis buat dibuang sekalian, tapi tetep aja capek beresinnya.

dan yang ke lantai bukan cuma pipisnya doang... pupnya juga!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Toilet Training

tertarik banget nyoba cara thalia.
Labib (15month) dah ga di pakein diapers kl siang sejak 13m,awal2 potty aku semangat banget, tiap 1/2 jam ku bawa ke toilet untuk pipis dan emang dy mau. Tp kl pup masih di celananya. Waktu itu seminggu sukses berat acara ke toiletnya, dy ga ngompol.

Tapi, saat masih dalam potty training, pipisnya labib ga ketebak. baru di ajak pipis eh 5 menit kemudian pipis lg. saat itu masih berusaha untuk sabar..tp makin hari makin ga ketebak pipisnya. Jd sempet dipakein diapers lg.Krn neneknya ribut ajah takut labib kepeleset kl dy pipis dan ga ketaun dmn.

Nah dah 1 bulan ini aku keukeuh ga pakein dy diapers lg kl siang, dan minta tolong mbaknya buat ajakin dy pipis, kadang mau kadang ga.

bingung nih moms..aku terusin ga ya potty trainingnya?labib dah bs bilang "pis.."tp kl dah ngocor. Trs gmn ya ngadepin si nenek yg ga mendukung buat potty training?Nah yg kadang bikin "frustasi" adalah waktu pipisnya yg ga ketebak, dalam 10 menit bs 5 kali pipis tp kadang dalam 1 jam bisa ga pipis.Sebenernya dah bs blm ya labib di ajak potty training? Aku sih sengaja ga stock diapers dirumah jd untuk malem aku beli yg sachet-an ajah.

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

12

Topic: Toilet Training

Moms, ikut share yaaa..
Anak gw sekarang umur 10 bulan, mulai gw ajarin toilet training sejak umur 6bln.
Ga pake potty, tapi langsung di toilet dewasa, pake toilet seat baby. Tapi so far baru berhasil untuk pup aja, karena jadwal pup-nya udah lebih teratur. Sedangkan untuk pipis belum, cuma sebelum mandi pagi n sore, dia pasti pipis kalau didudukin di toilet.
Kemaren sempet "mogok" ga mau pup or pipis di toilet, apa mungkin bosen ya? tapi sekarang udah lancar lagi :P

13

Topic: Toilet Training

nidya, kalo 1 bulan masih blum bisa, mungkin labib blum siap aja? katanya, kalo mo pake sistem toilet training kayak gini, anaknya emang mestinya udah bisa nahan pipis, dan otot itu baru bekerja diatas umur tertentu (deket2 2 taun, katanya...). mungkin di coba lagi aja bbrp bulan lagi.

trus, sekalian mo kasih update ttg night toilet training aina...

akhirnya, setelah 3 minggu straight ga ada kecelakaan, gue berkesimpulan, aina udah lulus toilet training baik siang maupun malem. hore!

aina udah ga bocor pipis malem2. kalo mo pipis, dia bangun, jalan ke kamar kita dan minta tolong untuk ke kamar mandi. pagi2 diapernya selalu kering.

caranya? wah... ga tau juga tuh ya. untuk night potty training ini, kayaknya gue pake cara conventional:
[list=*]

  • sebelum bobo pipis dulu. [/*]
  • awal2 dibangunin tengah malem buat pipis, tapi lama2 dia yang bangun sendiri. kadang2 dia bis bangun 2-3 kali malem2... tapi makin lama, bangun malemnya makin jarang. sekarang sih sekitar 0-1 kali per malem. [/*]


    ah senangnya. ga usah pake diaper2an lagi sama sekali deh. hore!

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia
  • 14

    Topic: Toilet Training

    nanya dunk moms..
    usia berapa ya sebaiknya anak mulai toilet training. anakku 16 bulan. rencana krmn penginnya 14 buland ah cobain toilet training, tapi lagi kesenengan nyobain berbagai merk clodi.. jadinya mpe sekarang belum mulai deh.. telat bgt gak sie?

    15

    Topic: Toilet Training

    ienx - setau saya sih ga ada batesan umur yang pas. tapi research2 bilang, anaknya akan kasih tanda2 kalo udah bisa utk belajar toilet training. tanda2nya saya pernah tulis disini. baca2 dulu aja...

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    16

    Topic: Toilet Training

    Oiya,mo ikutan sharing juga ya sekalian nanya. Ponakan 2th sekarang sih udah lulus toilet training. Dia emang dari dulu ga suka pipis di diapers..ga tau kenapa. Pernah waktu pas pergi gitu dipakein diapers maksudnya biar pipis di diapersnya aja..tapi dia ga mau.Kita semua kesian gitu pasti kan dia nahan pipis tuh sakit. Huhuhu. Itu gimana ya jadinya ngatasinnya,soalnya dia sampe nangis2+ngamuk2.Sedangkan rest area waktu itu masih jauh banget. It's okay kah buat ponakanku yg perempuan kalo pipis di rumput2 gitu? Nanti kira2 jadi kebiasaan pipis sembarangan ga?

    website : http://thebabybirds.net
    twitter/IG : @almaviva

    17

    Topic: Toilet Training

    nyanya kalo mama papanya next time mau travel lama gitu, bawain pispot aja gimana? kasian ah kalo disuruh pipis di rumput2 gituu.. (walopun dulu pas kecil juga gitu sih.. )

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    18

    Topic: Toilet Training

    Slesta, iyaya bawa pispot harusnyaaa..huhuhu..beneran ga ada pilihan waktu itu jadi aja pipis di rumput2 :p

    website : http://thebabybirds.net
    twitter/IG : @almaviva

    19

    Topic: Toilet Training

    Wahhhh baca2 tret ini jadi senyum2 inget kalo gw lagi seneng banget krn baby gw -aiRa- 7mos udah bisa kasih kode "bahasa ala baby" kalo mau pipis en poop. Jadi alhamdulillah bangettt sekarang udah ga pernah pipis ato pup di celana lagi kecuali kalo bobo malem aja masih pake diapers. lumayyann mengurangi tenaga nyuci noda poopynya,hehehe

    pRoud to be Yummy Mommy and Sexy Wifey ^^v
    .: http://airababy.blogspot.com :.

    20

    Topic: Toilet Training

    waaah, aiRa hebat banget! beneran toilet trained dari baby nih :)

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    21

    Topic: Toilet Training

    nyanya ih keponakannya sama kaya Cacha, dia kalo ga pas lagi tidur mana mau pipis di diapers, even cloth diapers. nah, lebih susahnya, dia tuh pemilih banget kalo mo masuk toilet, makanya kita agak jarang jalan2 lama yang toiletnya ga terjamin. pernah 1 kali akhirnya pipis di pinggir jalan, karena ya itu, diajak ke toilet umum malah nangis jerit2, katanya toiletnya kotor :D.
    solusi lain, ini buat persiapan sih, sebelum pergi disuruh pipis dulu.
    belum pernah nyoba idenya mbak slesta soal bawa pispot.
    myaira wah pinter banget aira, udah berasa risih kali ya

    bunda cacha dan hafidz

    22

    Topic: Toilet Training

    myaira aira pinter yaaahhh.. udah bisa ngasih tau kalo mau pipis ato poop!

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    23

    Topic: Toilet Training

    Iya, sLesTa, Ade en thalia.. Jadi tiap mau pipis dia pegangin "anunya" en bumbling "wiiii..wiiii" kalo mau poop dia tepuk-tepuk perutnya en bumbling "muu..muu.." Tapi dia belum mau pake toilet duduk, maunya jongkok *emaknya bertugas megangin deyyy* enak kali yahh kalo jongkok..kikikikik

    pRoud to be Yummy Mommy and Sexy Wifey ^^v
    .: http://airababy.blogspot.com :.

    24

    Topic: Toilet Training

    anakku sebulan terakhir sudah lancar jaya pipis di toilet, dan ngomong pisss pissss klo mo pipis. akhir2 ini celana dia kering. dan mulai menolak pake clodi. klo tidur juga. walopun klo udara rada dingin, suka ngompol deh. tapi akhir2 ini malem dia bangun sendiri minta dibawa ke wc buat pipis walopun dia ngantuk berat (dan gwenya apalagi). klo bangun pagi, langsung ta bawa ke kamar mandi, walopun kadang2 tidur lagi juga, jadi ga keburu ngompol.

    yg masih susah soal pup, walopun dia ketauan banget mukanya klo mo pup (tp klo dibawa di tengah jalan ke wc gitu, malah ga tuntas pupnya, kaya terganggu gitu). pupnya diem2, ngomongnya klo udah selesai, LOL. jadi masih suka di celana, walopun dia udah pengen lepas2 tuh celana. ada pispot tapi masih anti banget didudukin n pup disana. blom berhasil sama sekali nih sama pispot.

    truz yg jadi masalah di kontrakanku yg sekarang kan wcnya jongkok, dia lebih familiar sama wc duduk (masa gwe musti ganti wc sih demi keberhasilan potty training:P). waktu di tempat tanteku 3 bulan gitu, sempet beberapa kali berhasil dia pup di wc duduk. i'm seriously considering to renovate the toilet as soon as i have the budget:P.

    any suggestions moms n dads?

    writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

    25

    Topic: Toilet Training

    astridreza - hehehe, repot juga ya kalo mesti renovasi toilet untuk ngejalanin toilet training. pengalaman gue sih, si anak cepet adaptnya. aina biasa pake toilet duduk. tapi udah bbp kali bisa pake toilet jongkok, biarpun mesti dipegangin...

    tapi tiap anak lain2 ya...

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia