1

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

serruuuu ngebahas anak2 belajar shalat.....lucu2 ya tingkahnya :)
Kalo ak n suami sholat ied harus d lapangan, selain lebih nyunnah jg unt mengantisipasi kalo tiba2 anak nangiss biar g terlalu berasa heboh :D
Pengalamanku bawa anak shalat Ied....kalo bawa Aisyah (dr baby ampe TK) g pernah ada masalah. Stuju bgt ma Mom sLesTa anakny dkasih tau hari2 sebelumnya akan datangny momen menggembirakan itu cieee jd dia sndiri sdh menanti2kan (tanyaa mulu)....termasuk acara mandi pagi2 banget tentunya, harus dah dikasih tau, jd malamnya kalo takbiran g boleh ikut sampe malam (habisny d halaman rumah Eyangny ad masjidny, meski kecil g dpake shalat Ied tp ampe malam takbirannya). Alhamdulillah berhasil unt kakak tp unt adek....pengalaman membuktikan tak berhasil....
Waktu shalat ied awalny oke2 aj dg bekal snack yg dah disiapin dan tak lupa kupasrahkan dompetku padanya (Faris bs tenang kalo ngacak2 dompet). Tapi pas rakaat kedua makanan dah bertebaran, dompet dah keluar isinya.....rewel minta jalan2. Alhamdulillah kelar jg shalatnya, sukses tdk khusyu' :( . Waktu khotbah mbak2 yg dsampingnya ngetawain tu bocah tambah kesel dia, lempar2 makanan lg sampe sajadah g karuan. yaa akhirny ngalah deh keluar dr shaf.

Mom dina.kusumadewi wrote:
Pas abis shalat gue ditegur, katanya lain kali anaknya jangan disuruh ikutan shalat, soalnya kalo pipis shafnya jadi putus, shalatnya gak sah.

setauku kalo shafny putus itu yg jd masalah g dapet pahala shalat berjama'ahnya. CMIIW :)
D Sby unt masjid2 besar jg dilarang bawa anak dibawah 7th ikut k tmp shalat (ada warning boardny). Tapi unt shalat Ied yg di lapangan g ada yg ngelarang. Mungkin harusny yg di lapangan pun, d masjid jg...unt shalat Ied ada shaf khusus unt ibu2 yg bw anak balita. Jadi tetep dpt pahala syiarnya n kalo memungkinkan ya ikut shalat, n kt ibu2 g terlalu ngrasa sungkan sama tetangga satu shaf. Kali aj anak2 kt jg ikut seneng bnyak temenny :)

Liha Ahliana, Ibu Pembelajar
exploring parenting world is an amazing thing

2

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

waaah, jadi inget waktu sholat ied kemaren..
pengalaman perdana bawa Rere (3y3m) dan Rara (6m-1d)..
H-1 Rere hebooohhh banget liat takbiran yg lewat depan rumah, baru tidur jam 11.30an pm.. sempet khawatir, bisa gak ya tuh anak besoknya bangun pagi..

Hari H, kamar mandi antri. Rere masih bobo tapi Rara udah bangun. Udah jam 6 pagi tapi belum ada tanda2 Rere bakal membuka mata. Dibangunin juga susaaah banget, akhirnya langsung digotong ke kamar mandi, dimandiin deh ama ayahnya, hehe..
Mau mandiin Rara tapi gak sempet, akhirnya berbekal susu ultra buat Rere, ASIP buat Rara, berangkat deh ke lapangan deket rumah..

Begitu sholat mulai, Rara masih anteng di strollernya, Rere ikutan sholat dengan manisnya. Rokaat kedua, Rara mulai gelisah, nangis dikit2 tapi gak heboh. Si mbak (alias Rere) yang khawatir ngliat adeknya nangis, dikit2 noleh ke stroller buat ngliat adeknya. (posisi Rara di kiri saya, dan Rere di kanan saya, jadi Rere mondar-mandir lewat depan saya buat ngintip adeknya, hehe)

Dan sukseeeesss, sholat selesai tanpa Rara nangis jejeritan, thanks to my lovely daughter Rere :D

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

3

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

ngomong2 bentar lagi kita mau Idul Adha. Kali ini aku ga mudik, jadi cuma solat ber2 aja sama Hazel (11 mos) ga da yang bantuin jaga. Krn pendatang baru di surabaya, aku n suami lagi cari2 info, tempat solat dkt2 sini yang di lapanga biar bisa bawa stroller. Wish me Luck, smg solat Id nanti bisa sukses bawa anak.

@emaknyahazel

4

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

Pas sholat Iedul Fitri kemaren lagi gak sholat sih jadinya gak ikutan heboh. Terakhir bawa Kerlap sholat Ied pas blm bisa jalan, itu juga heboh karena akhirnya bawa booster seatnya buat makan yg bisa dilipet hehe

Nah, mgk buat sholat Iedul Adha besok bawa stroller aja kali ya.. Tapi kalau tereak2 gmana yah hehe Karena kl diem aja pasti anaknya bosen, gak bisa diem sih hehe

@sweet_greeny
ibunya kerlap semesta dan kilau pagi

5

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

Mamas,, bentar lagi kita Ied lagi. Gimana yang punya baby udah susun strategi buat diajak solat?

Aku dah 2x ajak anak solat. Solat Ied pertama waktu anak umur 7 bulan bareng ma keluarga besar. Baby diapit sama aku n ibu mertua. Lumayan sukses wlpn di rakaat terakhir anak nangis n jadilah solat sambil gendong.

Salat kedua Idul Adha sendirian aja sama baby umur 12mos. Sukses berat, aku bawakan aneka mainan, n bekal. Anak ga nangis sampe solat selesai, sibuk "main" sendiri.

@emaknyahazel

6

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

dear urban mamas,

kalau kami, sejak anak anak kecil sampai sekarang selalu membawa anak anak sholat ied. di sini pun sudah jadi hal biasa membawa anak anak batita ataupun balita dalam kegiatan religi, entah itu sholat tarawih dan ifthor di mesjid ataupun saat ied dan ied festival. perihal anak nangis, sepertinya dianggap hal yang biasa saja dan tidak ada yang merasa terganggu :)

7

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

sholat ied tahun kemarin hafidz didudukin di sajadah aja... pas rakaat kedua merengek, yaudah gw sholatnya duduk.
oya cemilan, air putih n susu juga mainan favorit wajib dibawa. kayu putih/ obat anti serangga. sama payung (takut tiba2 hujan)

sekarang hafidz dah mulai ikut2an shalat dengan sajadah sendiri. posisi favoritnya itu sujud. sujudnya sambil ngomong "AllahuAkbar", tp kadang dia modif jadi: "mobil tluk, mobil molen, mobil kebakalan... udah ah" hadeuuuh padahal gada yg ngajarin begitu.

oya problem lagi sekarang kl gw lg sholat dia suka nangis ampe jerit2 minta perhatian atau ribut pengen sholat juga (padahal sajadahnya udah digelar juga). gak ngerti deh kenapa. jadinya rada deg2an juga nih nanti pas sholat ied.

Bussy life...happy life...

8

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

oya

Mom dina.kusumadewi wrote:

Pas abis shalat gue ditegur, katanya lain kali anaknya jangan disuruh ikutan shalat, soalnya kalo pipis shafnya jadi putus, shalatnya gak sah.
wrote:


gw inget cerita bokap. dulu nabi muhammad tidak pernah mempermasalahkan anaknya main2 deket beliau pas sholat. kalau anaknya tiba2 pipis dan kena, ya beliau mandi n ganti baju trus terusin sholat. gak masalah buat Rasul. CMIIW.

Bussy life...happy life...

9

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

oya lagi...

hah masa sih ada yg beranggapan kalau sholat gendong bayi gak sah karena kita gak tau kalau najis kena kita?

imo sih, anak kita kan pake diaper, dan tugasnya diaper itu menjada pipis dan pupup keluar n kena kita. kecuali rembes dan yakin lah kalau rembes mah kerasa. ya gak sih???

Bussy life...happy life...

10

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

karena ini akan jd shalat ied pertama dg danishya (7,5bln) jd deg2an. dia kadang berdiri bersandar di punggungku kl ak shalat, merangkak kesana kemari ato malah teriak2 * sdg blajar pidato (",) * slama ini pgn nyoba ngajak dia tarawih d masjid dkt rmh tp suami blm mengijinkn. bismillah, smg hari H lancar. persiapanny: stroller, asip, buah kukus n mainan.

11

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

setuju dg dewiamel. ini kutipan dr tanyajawabagamaislam.blogspot.com.

Apabila anak atau anak wanita yang digendong tersebut memakai diapers yang di dalamnya ada najis yang nampak dan mungkin mempengaruhi maka tidak boleh menggendongnya, adapun apabila najis tersebut tidak nampak dan tidak sampai kepadanya maka tidak mengapa. Dan hukum thawaf dengan menggendong anak sama dengan masalah ini. Bila diperlukan menggendong anak maka pada asalnya pakaian dan badan mereka suci kecuali jika ditemukan najis dan nampak. Dan kebanyakan najis-najis yang terdapat di dalam diapers diserap oleh diapers tersebut, karena di dalamnya ada yang mencegah najis tersebut nampak, oleh karena itu selama najis tersebut tidak nampak dan tidak menajisi apa yang ada di sekitarnya maka tidak mengapa" (Syarh Sunan Abi Dawud, ketika beliau mensyarh hadist Abu Qatadah Al-Anshary radhiyallahu 'anhu yang berisi bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menggendong Umamah bintu Abu Al-'Ash ketika shalat)

wkt di mekkah, jg prnh ktm penduduk lokal yg bw bayi (newborn yg srg poop n pee) utk thawaf dan shalat.

12

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

ditambah juga ya mamas Q-A yang saya pernah baca ttg masalah ini:

SHALAT DENGAN PAKAIAN YANG TERKENA KENCING ANAKNYA


Oleh
Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta

Pertanyaan
Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta ditanya : Ketika menempuh perjalanan dengan menggunakan pesawat, pakaian seorang wanita terkena najis berupa air kencing anaknya dan tidak mungkin baginya untuk mengganti pakaian tersebut, karena seluruh pakaiannya ada di dalam bagasi pesawat, apakah boleh baginya untuk shalat dengan pakaian yang bernajis itu ataukah ia harus menanti hingga pesawat itu sampai di darat, dan perlu diketahui jika pesawat itu sampai di darat maka ia akan kehabisan waktu shalat?

Jawaban
Hendaknya ia melakukan shalat pada waktunya walaupun harus menggunakan pakaian yang bernajis karena ia mendapat halangan untuk membersihkan pakaian itu atau untuk menggantinya, dan tidak perlu baginya untuk mengulangi shalat itu berdasarkan firman Allah.

“Artinya : Bertaqwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu” [At-Taghabun : 16]

Dan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam

“Artinya : Jika aku memerintahkan kalian dengan suatu perintah maka kerjakanlah perintah itu semampu kalian, dan jika aku melarang kalian pada suatu hal maka tinggalkanlah hal tersebut” [Muttafaq Alaih]

[Fatawa Al-Lajnah Ad-Da’imah Lil Ifta VII/338 no. 12087]

[Disalin dari kitab Al-Fatawa Al-Jami’ah lil Mar’atil Muslimah, Edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita, Penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, Penerjemah Amir Hamzah Fakhruddin Lc, Penerbit Darul Haq]

Source: http://ck-assalaf.blogspot.com/2010/04/shalat-dengan-pakaian-yang-terkena.html

13

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

btw, trully saya heran, mengapa pemandangan membawa anak balita even batita ke mesjid atau saat sholat ied tidak begitu umum ditemukan di beberapa tempat di Indonesia dan hal tsb jadi satu hal yang amat umum di komunitas muslim di tempat saya bermukim saat ini.

saya ingat sekali saat pertama kali sholat ied di Ind dan membawa putra saya yang masih usia bayi, tatapan aneh terlihat dari beberapa pasang mata jamaah. ditambah lagi raut muka kurang bersahabat muncul saat putra saya menangis (walau sebentar). padahal, perlakuan tersebut tidak pernah saya dapatkan di sini.

mungkin ini hanya masalah perbedaan kebiasaan dan kultur saja ya?

14

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

@Inayati
betul jarang yg bawa anaknya sholat ke masjid kl di indo.
kebetulan di komplek gw ada masjid baru deket banget ma rumah. karna banyak keluarga muda jadilah pas tarawih masing2 kebanyakan bawa balita. waduh hebohnya minta ampun hihihihihi saling manggil, lari2, koprol hahaha. buat gw & ibu2 yg lain sih gak masalah. belom ada yg komplain lah. tp lama2 gw jg ketakutan sendiri pas anak2 ini main, bukan karna ributnya mereka. tapi karna bagian perempuan itu di lantai dua, jadi deg2an kl para balita & batita ini udah mendekati pagar void atau pintu menuju tangga terbuka. sama kebanyakan orang sekarang ini bawa hp nya ke masjid. waduh hafidz demen banget nginjekin & banting hp. khawatir kl gw mesti gantiin salah satunya hahahahaha
alhasil kl tarawih gantian sama pengasuhnya hafidz, satu hari gw, besoknya dia, terus gitu gantian. :)
tp kl sholat ied yg di lapangan hafidz pasti dibawa.

btw mba Baden Wuerttemberg tu dimana ya?? :D

Bussy life...happy life...

15

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

Ada yg punya pengalaman bawa bayi kecil di bawah 6m sholat ied ga? Tahun ini insyaAllah tetep pengen berangkat sholat Ied bawa Arka (3m3w), tapi karna lebaran di rumah mertua sholat Ied biasanya di mesjid gede deket rumah, gak di lapangan gitu.

Kira-kira apa aja yg harus dibawa dan dipersiapkan buat ngajak bayi pas sholat Ied ya? enaknya pas kita sholat bayinya ditaruh dimana ya? Klo di dalem mesjid kan ga mungkin bawa stroller masuk, ato bawa baby basinet *betul ga sih namanya itu, yg keranjang bayi gitu* atau carseat buat naruh bayinya :D

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

16

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

@ mama dewiamel: kebayang serunya kalau anak anak batita masih jalan jalan ya saat sholat di mesjid :D. bagusnya kalau dari kecil kita bawa anak anak ke mesjid, akhirnya ajaran gimana bersikap saat di mesjid seiring dengan umur anak bisa kita lakukan :). dulu saat the precils saya masih batita, waduuh..jalan ke sana kemari ga jelas, kadang ke shaf ayahnya, balik lagi ke shaf ibunya :D. dikit demi sedikit kami perkenalkan gimana bersikap di mesjid sesuai dengan perkembangan umur mereka, alhasil, saat mereka sudah usia sekolah dasar, mereka bisa duduk tenang saat di mesjid :). btw, Baden Württemberg itu salah satu negara bagian di Jerman mama Dewi, kami tepatnya masih bermukim di dekat Stuttgart, di salah satu kota yang ada di samping Sungai Neckar :).

17

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

@ mama ietha: *ngacung* tiga pricils saya masih berusia di bawah enam bulan saat mengalami ied pertama mereka :). tapi perlu digaris bawahi ya mama, ini pengalaman saya mbawa mereka ke Ied di sini, jadi mungkin saja tidak berlaku di Ind, hiks. oh iy, sholat ied di sini hanya dilakukan dalam ruangan tertutup, semisal hall olahraga yang cukup luas ataupun di mesjid (yang kecilll).

seingat saya, persiapannya ga banyak. pertama ya niat yang baik ya, utamanya untuk mulai mengenalkan salah satu ibadah dalam islam ke sang bayi (walau juga belum ngeh ya buat si kecil :D), tapi yang penting, niat kita kan sudah dicatat olehNya :).

trus kombinasi rasa pede dan cuek juga perlu sesekali dimiliki. pede bahwa kita akan tetap bisa beribadah walau nantinya akan terganggu sedikit2 dengan nangis ataupun rewelnya si kecil. harus cuek semisal nanti ada pandangan2 tidak sedap menyertai saat anak kita sedikit ribut ataupun menangis. dengan prinsip "mereka pasti pernah punya anak kecill kaan..ga mungkin lah anak kecil ga akan nangis dan ga akan ribut, mestinya mereka harus berusaha mengerti dan sedikit menghargai usaha yang telah saya lakukan untuk membuat anak saya kembali menjadi nyaman (walau bisa aja tetep nangis :D) ", biasanya itu jadi senjata saya untuk menenangkan diri :).

trus kalau masih ASI eksklusif, lebih simple jadinya, karena ga perlu bawa makanan apa2 selain memakain bra yang nyaman dibuka serta penutup breast kalau harus menyusui si kecil.

biasanya saya dulu bawa Tragetasche (maaf ya mamas, ga tau terjemahan yang benar), tapi kaya gini deh bentuknya http://www.mytoys.de/Babywelt-Tragetasche-Varius-L-English-Style/Zubeh%C3%B6r/Kinderwagen/KID/de-mt.ba.ca02.07.07.09/1997817. atau bisa juga bawa car seat buat usia 6 bulan. saat mereka tenang, saya letakkan mereka di tempat tsb, saat mereka rewel, saya gendong deh :)

apalagi ya..sptnya itu yang saya ingat deh mamas, maklum..sudah lewat masa tsb 7.5-12.5 th yll :D

semoga sedikit bermanfaat ya :)

18

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

ini juga bakalan jadi lebaran pertama kali harus ngajak kamil (1y) ikut sholat ied, pas idul adha kemaren, kamil bangunnya siang kan g mungkin dibawa' *masih bau' asem juga*..

klo sekarang agak was-was sih, coz dia lagi seneng2nya belajar jalan gitu, khawatirnya dia jalan-jalan trus pas kesandung sajadah ato apa gitu, jatuh n sukses nangis bombay.. klo harus didudukin di stroler malah berdiri2 khawatir jatuh.. ,klo dipasangin belt-nya meronta-ronta lagi.. mungkin bisa dibawa'in mainan n biskuitnya kali yach biar agak aman, asal gak kelaman sih dia g bosen, tp klo dah bosen pasti cari aktifitas laen..

gmn yach moms, klo anak lagi belajar jalan ky kamil diajakin sholat ied ? ada tips n trik lainnya kah..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

19

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

ietha, waktu asa masih <6 bulan, 2 kali sholat ied cukup digeletakin di sajadah, taruh agak kesamping, kasih bantal kecil. paling dia guling2 aja .. asal gak nangis sih dibiarin aja

less ego, more heart

20

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

setiju ma sidta, lebih kecil menurut gw lebih gampang. kalau udah jalan baru sedikit khawatir.

evi pane kl br belajar jalan, biasanya anak belum terlalu... mmm... apa ya bahasa indonesia nya jarambah? *maap sunda allert* :p apa y?? oh gak terlalu gratak lah, apalagi dia berada di suasana baru. pasti pengennya deket mamanya aja. bawain aja beberapa mainan kesukaan, cemilan dan minuman. kalau nangis ya kita gendong aja sambil sholat. kalau berat ya kitanya sholat sambil duduk dan babynya di pangku. :)

Bussy life...happy life...

21

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

ietha, pengalamanku dan sodara2 bawa baby <6 mos alas yang empuk. Bawakan guling pembatas, teether/mainan yang baru atau sebelumnya kita umpetin jadi kita kasih pas mau solat *anak jadi ngerasa punya mainan baru*, beli balon *kan di sini banyak tuh solat ied yang jual balon* hehe..

atau kalau mau ringkes sewa car seat yang bisa ditenteng itu lho..entah namanya apa.

@emaknyahazel

22

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

Thread ini pas banget secara sebentar lg idul fitri dan pertama kalinya bawa Adrian (8 months) untuk ikut.. Berhubung Adrian "petakilan" banget rasanya emang agak susah deh kalo ngga pake stroller. Takut ilang merangkak sana-sini, yg ada mamanya bukan salat ied malah kejar2an.

Agak "kualat" kayaknya soalnya sampe 2 tahun lalu pas solat ied suka protes dlm hati dan iba sama ibu2 yg bawa anak2nya pas solat ied karena agak rusuh, dan ternyata memang ngga segampang itu :))

Untuk para mamas yang nanti solat ied membawa si kecil, semoga berjalan dengan lancar yah :)

23

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

bener2 pas ni topiknya nihh huhuu lagi bingung mau bawa lyla shalat ga ya nanti pas shalat id..antara bawa atau tinggal di rumah tapi si mba ga shalat (duh ga tega juga) ..tapi aku sendiri kalau liat dan denger anak kliaran di mesjid ga nyaman deh..oiya anakku 12 bulan.lagi blajar2 jalan..pasti merayap ngglantungin mukenah2 orang2 dehh huhuu..binguung

24

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

ayugardianti - Ayu sebenernya balik lagi kekita, kalo kita nyaman dan pede, insyaAlloh ga knapa2.. dan menurut gue sholatnya kan bentar (2rakaat) aja, yang lama itu biasanya ceramahnya.. dan waktu ceramah kita kan masih bisa main or nenen-in jd no worries. waktu pertama bawa miguel juga umur segituan ga knapa2 ko.. :) semangat yaaa

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

25

Topic: Shalat Ied Membawa Bayi/ Anak

alhamdulillah taun lalu sukses bawa river shalat ied.. jurusnya : gendong pake babywrap. karena masih pagi, pas mulai sholat river tertidur.. jadinya saya sholat tanpa sujud karena river nempel di badan. kalo saya lepas dari gendongan pasti bangun..

taun ini insya Allah bakal seru karena river udah bisa jalan ^^

happy wifey and proud mommy..


@desanchan