1

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

@silmy :

masih asi, tp kl sdg kerja minum UHT, stok asip sdh habis pas umur 13 bulan :)

2

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

oia...mau tanya dong
disini adakah mama yg msh pumping selama hamil? pumping sampe usia kandungan berapa minggu? TIA

3

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

gue... pumping udah ga rutin sih, after 13 months or so. tp by the age of 13 mo, the faetus was 4 months already :(

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

4

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

crayola, terakhir pumping anak pertama umur 13 bulan, dimana janin kayanya baru 4 mingguan deh...habis itu berhenti pumping krn FTM aja. Yang pasti sih kerasa banget hasilnya menurun dan eneeeegggg sangat tiap pumping.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

5

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

@crayola Aku stop pumping pas si kakak 1,5 tahun, usia kehamilan 2 bulan. Alasan utamanya cetek sih. Karena males liat hasil pumping yg anjlok setelah hamil, bikin emosi jiwa :p Mulai saat itu si kakak aku kasih UHT kalo kutinggal kerja. Syukur dianya juga ga begitu doyan UHT :D Jadi imbasnya malah nafsu makannya meningkat. Hore banget deh.

Nah, berpegang pada pengalaman hamil pertama yang lumayan lancar dan tanpa komplikasi, aku berniat tetep nyusuin si kakak sampai dia self weaning. Baru niat sih. Krn sampe saat ini belom pernah ngalamin kontraksi sewaktu menyusui. Kalo suatu saat ngalamin dan janin belom cukup umur buat dilahirkan, kayaknya si kakak terpaksa mengalah deh :(

6

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

haloooo semuaa..
heheh semangat kali..lagibaca2 neh, scara keknya aku dah hamil 4mingguan, pdhal si adek bru mau 10bulan..

sampe hari ini masih pumping..iya sih hasilnya agak menurun, tapi tetep usaha
soalnya feeling guilty nih klo ga ngasih asi..maunya bisa ngasih asi tetep sampe 2 tahun

dah browsing2 juga ttg tandem nursing dan makin kuat setelah baca2 pengalaman di sini.

moga2 sukses terlaksana niatnya :)

keluhan yg agak brasa adalah haus banget plus lemes klo abis nenenin..mana si adek maunya nempel mulu.. seperti brasa ya klo bundanya hamil

bunda of kha_lin

7

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

pas baca thread ini berasa tambah kuat untuk menyusui sambil hamil. sekarang sedang hamil 7w, sedangkan anakku masih 11m (pas hari ini). Feeling guilty banget, karena niat awalnya mau nyusuin sampe 2 tahun. DSA babyku bilang ga masalah kalo mau terus nyusuin, tapi DSOG ku ga nyaranin. Jadi, kayanya aku tetep 'belanja' dsog sampe ketemu yang ngijinin hehehehe
ada saran dsog yang ngijinin tetep menyusui walo sedang hamil kah untuk daerah bsd dan jakarta selatan? rspi mungkin? TIA..

8

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

missayoe wrote:
Jadi, kayanya aku tetep 'belanja' dsog sampe ketemu yang ngijinin hehehehe
ada saran dsog yang ngijinin tetep menyusui walo sedang hamil kah untuk daerah bsd dan jakarta selatan? rspi mungkin? TIA..


tadi baca lagi thread ini buat menguatkan diri teteup pumping dan teteup nyusuin..trus nemu komen missayoe

kemarin gw periksa di rs hermina ciputat di 2 dokter yang berbeda, keduanya ga masalah gw tetep menyusuin, asal ga ada kontraksi ato-pun flek.. klo flek diminta langsung periksa gitu deh

tapi ya prakteknya keknya suka kontraksi si dikit2..tapi krn ga papa (maksudnya ga flek) aku teteup lanjut ngasih asi-nya..

klo misalnya baca2 yg di halaman depan ada kok yg tetep nyusuin walo dsog melarang..
klo aku suka ga tega bo klo si adek nangis pengen nenen..
yakin aja kita bakal baik2 saja, ngutip istilah dsa-babyku, ibu hamil itu alami, ibu menyusui itu juga alami...asal dijaga gizinya aja...gitu
semangat yaaa tetep nyusuin :)

hari ini aku jadwal periksa ke dsog yg di rspi, nanti aku kasih reviewnya ya?

bunda of kha_lin

9

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

@ missayoe

lapor nih hasil visit ke dr aswin
(blio praktek di rspi, rs cinere sama fatmawati)

aku nanyain soal kehamilan dan tetap menyusui,
blio si bilang itu ga masalah, asal gizi terjaga
trus klo muncul kontraksi hebat seperti mau melahirkan, nah itu perlu dihentikan..
trus blio juga sharing ktnya jaman dulu blio kecil banyak ibu2 yang sedang hamil namun tetap menyusui.
sama cerita nanti2 biasanya si adek yg nenen bakal brenti sendiri krn rasa asi yang berubah
(kayak sharing para moms disini)

gitu deh..
hope it help yaa

bunda of kha_lin

10

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Akhirnya makin teguh NWP stlh baca thread ini. Saat ini sdg hamil mungkin 6w gt dan si kakak baru akan 8 bulan. Masih breastfeeding walaupun stok makin menipis. Dan diawal kehamilan ini ditandai oleh nggak enak badan alias sempet demam dan pusing. Jadi saat mompa hasilnya nggak bisa sebanyak biasanya yang biasanyapun sudah ga sebanyak dulu.
Si kakak dari beberapa waktu lalu jarang nenen di malam hari. Malah waktu kemarin maminya demam, kakak nggak nenen sama sekali waktu malem. Thanks God makannya doyan dan minum serta buah juga selalu ada di menunya setiap hari. Jadi harusnya nggak perlu teerlalu khawatir soal nutrisinya.
Begitu tahu kalau hamil, kekhawatiran terbesar ya soal menyusui si kakak ini. Kasian kalau harus stop nyusu. Belum ke dsog utk cek semuanya sih, baru akan. Semoga dsog mendukung.

Mom of Nusantara and Gilimantra

11

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Mamas, mau tanya dong.. yg dimaksud kontraksi tuh gmn sih? Skrg sy lg hamil 5w dan menyusui Farhat 18m. Yang dirasa perut bag atas kenceng banget dan sakit sekali. Baik saat menyusui maupun saat ngga nyusuin. Tp so far ngga ada flek dan ngga punya riwayat kehamilan buruk. Mhn sharenya ya. Mksh.

12

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

umi farhat kontraksi itu otot rahim dan perutnya menegang dan mengeras. Biasanya memang sakit.
Lebih baik didiskusikan sama obginnya, mom.
Apalagi usia kehamilannya masih muda banget (5w).
Kalo menurut obgynku sih, yang lebih ditakutkan dari menyusui semasa hamil itu bukan kontraksinya, tetapi kecukupan asupan nutrisinya, supaya cukup buat 3 orang, ga ada yg kekurangan.

13

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

akhirnya nemu thread ini... lega banyak temen seperjuangan...

saya ketauan hamil 4w pas Kanaka 16m. saya ada riwayat keguguran sebelumnya. dan pas kontrol ke dsog, lagi flek 4hari berturut-turut. untungnya dsog mengizinkan saya tetap menyusui, asal kalau ada keluhan flek, langsung hubungi beliau. Keberuntungan 1, dsog mengijinkan menyusui.

e tapi ternyata, menyusui saat hamil menuntut banyak hal lebih. badan cepet lelah. mual. cepet lapar. cepet haus. puting sensitif. karena sehari-hari saya cuma berdua sama Kanaka yang lagi yoi banget aktifnya, saya jadi lebih banyak diem, sering makan, sering minum. Kanaka akhirnya juga ikutan sering makan & minum (air & jus). Kanaka sengaja ngga saya kenalin UHT. tujuannya supaya dia tau. lapar ya makan. haus ya minum. dan selama ini berhasil. Keberuntungan 2, sang kakak doyan makan sehingga frekuensi menyusui tidak intens.

meskipun relatif beruntung, ada juga rintangan untuk menyusui saat hamil. saya (awalnya) tidak mengantongi dukungan keluarga. mereka teguh harus sapih Kanaka.

saya pikir, Kanaka memang nanti akan disapih. tapi bukan karena saya hamil. karena memang dia sudah cukup masa menyusuinya. saya tidak mau, keberadaan sang adik, menghalangi asupan asi kakaknya atau sebaliknya, kebutuhan sang kakak akan menyusu menghambat perkembangan sang adik. prinsip saya, selama keduanya dalam keadaan sehat dan saya mampu, kenapa tidak diperjuangkan.

kebetulan bentuk perjuangannya cukup enak buat saya. makan mulu. pas banget saya doyan makan... :p

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

14

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

pas tau hamil 5w langsung disuruh sapih liffa (21m) awalnya gak mau nih, tapi karena flek terus-terusan akhirnya ya mau gak mau, sambil pillow talk dan sering disounding di sela-sela waktu mainnya kalo liffa gak nenen lagi.. alhamdulillah berhasil gak pake drama, akhirnya liffa lupa nenen bahkan nolak kalo iseng ditawarin..

tapi.. ternyata flek masih ada meski udah ga menyusui.. jadi ya lahaula aja.. toh obat&istirahat juga sekrang teratur kok

akhirnya sekarang balik lagi nyusuin, itupun kalo liffa udah ngantuk banget gelisah gak bisa tidurm karena ngaruh banget ke jam tidurnya, sekarang tidurnya jam 23.30-24.00 >_< jadi kalo emaknya udah capek ya nenenin aja eh langsung tidur

emang sih ada sensasi perut mules panas sedikit, tapi nenennya gak perlu lama-lama, udah gak nangis lagi kalo dilepas :D

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

15

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Trnyata, bukan hanya hamil yg anugerah, mnyusui itu jg anugerah,, untung baca dsni dlu. Niat mau "curang" ma suami, mau cpt2 nambah dde buat baby F, tp klo hrs ngorbanin mnyusuinya,hiksz..kyknya ga tega. KB az ahh..
Salut yg bs tetap mnyusui walo lg hamil, ibu emg luar biasa :D

16

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

ya Allah, baru tahu ada thread ini, padahal lagi hamil dan si kecil juga sempet diterusin nyusuin.

Tahu hamil lagi, ketika si 'Ayyasy 10 bulan, dan saat itu kehamilan sudah 4 minggu. Biasanya sih ke dokter Asril Moeis, tapi entah kenapa pengen nyoba dokter lain, karena sekedar ingin ngecek emang beneran hamil atau ga. Sama dokter baru ini langsung diminta stop nyusuin dong. Waktu dibilang gitu, gw sama suami berpandangan bingung, karena hasil dari browsing-browsing, tidak mempermasalahkan menyusui saat hamil. Tapi dokternya mah kekeuh bangeud, sampe nakut-nakutin gitu, "Pokoknya saya sudah mengingatkan". langsung ilfil, dan akhirnya balik lagi ke Dr. Asril Moeis. KOmentar beliau tentang niat gw meneruskan menyusui, "Terus kenapa?" yang artinya ga mempermasalahkan menyusui saat hamil, karena menurut beliau nanti anak gw akan self weaning.

Dan, saat 'Ayyasy 16 bulan dan kehamilan gw 28 minggu, 'Ayyasy stop menyusui sendiri dan diganti dengan UHT plain meskipun ngasihnya ya kalau di mau aja (kadang bangun tengah malam buat minta UHT). Sebenarnya, self weaning ini juga mungkin ada kontribusi dari emaknya juga. Emaknya mulai ngurangin durasi mompa hingga ga mompa sama sekali. 'Ayyasynya juga mulai berubah cara nyusunya, suka gigit-gigit padahal lagi ga numbuh gigi. Pernah suatu ketika gigit, dan emaknya sempet teriak kecil T^T kayaknya sejak saat itu, pas malam kalau dianya gelisah dan disodorin PD, ga mau lagi. Maafkan ummi-mu ya nak. Memang sedih banget pas dia self weaning, tapi kayaknya ada hikmahnya, karena sebulan ini gampang sekali kontraksi. Bersihin PD aja juga bikin perut tegang. Jadi, diterima saja :)

Engga tau deh, saat adiknya sudah lahir apa abangnya tertarik lagi untuk menyusui :)

I used to say, I and Me. Now it's Us, now it's We
Big Melting Pot... All mixed up in one big bowl

17

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

alhamdulillah byk ternyata yg senasib dan seneng bgd ada thread ini..
skrng aku lg hamil 6w, sasqi dah 14bln,,dan msh mengandalkan asi bgd.pas kaka ku tw aku hamil,aku langsung disuruh sapih sasqi,katanya asi bisa jd racun pas kita hamil,aku sih rada ga percaya,klo menimbulkan kontraksi yah mungkin,akhirnya aku googling cari informasi ttng ini trus tny2 ke bidan,klo kt bidan sih nutrisinya harus ditambah krn makan bwt 3orng.. sampe skrng sih aku tetep nyusuin sasqi,dan alhamdulillah ga ada kontraksi,cuma jd sering laper n pusing,
moms sharing donk makanan dan nutrisi yg diperluin biar janin and baby plus ibunya sehat2 aja,minum susu menyusui ato susu ibu hamil?skrng2 tuh aku msh mual2 terus, dah gitu tiap mkn ga lama bakal keluar,,

Love my chubbygirL Alisha Sasqi :)
http://riryhusni.wordpress.com/
https://www.facebook.com/riryhusni
twitter: @riry_husni

18

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Hai mamas,

Mau gabung juga nih.. Aku ketauan hamil 4w5d 2minggu yang lalu karena udah telat 1minggu. baby Nesha 18m. Dulu pernah keguguran waktu kehamilan pertama. sebelum punya baby Nesha. senang banget ketemu thread ini, jadi semangat pumping walau tiap pumping asip yg bulan lalu 180ml tapi turun drastis ke 90-100ml aku tetap pumping (E-ping mommy). pengennya tetap kasih ASIP ke Nesha sampe 2y. perjuangan masih kurleb 6m lagi. tapi kehamilan yang sekarang beda banget sama kehamilan dulu. suka mual, ga mau makan nasi maunya indomieeee terus.. bener2 eneg. kira2 bisa ganggu pertumbuhan baby in the womb ga ya? tlg advice nya yach mamas. TIA

Love My Cyx, Nesha & lil' baby...

19

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

alhamdulillah usia khamilanku saat ini 5bln and still giving ASI utk sasqi yg usianya 1thn 5bln, saat2 yg menantang..byk bgd tantangannya mulai dari kritikan2 tetangga bahkan keluarga dekat, sampe masalah kebutuhan nutrisi.
Rasanya pengen curhat.. krn udah bnr2 beraaat bikin stress,ga da yg mw dengerin
Saat terberat adlh saat BB sasqi turun setiap blnnya,walaupun msh normal BBnya dan tetap aktif, orng2 yg udah terbiasa ngeliat sasqi gendut jd merasa bahwa kata2 mrk itu benar dan aku salah. sediiihh rasanya tiap hr hrs menerima kritikan2 kya ghitu,,apalagi dari orngtua dan mertua,, hampir setiap pulang berkunjung ke rmh mertua,aku akan nangis.. suamilah yg jd support terbesarku.. dan para bidan. helpful bgd ktemu thread ini,coz im not the only one,

Love my chubbygirL Alisha Sasqi :)
http://riryhusni.wordpress.com/
https://www.facebook.com/riryhusni
twitter: @riry_husni

20

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

riry
tetangga & keluarganya perhatian banget yah, sampe ngurusin nutrisi segala... bagus tuh. bilangin, besok2 jangan kasih kritik aja, kasih daging, beras, buah, sayur sekalian :D

gapapa say, anggap aja itu bentuk perhatian mereka. ngga usah terlalu sensi. iyain aja. bilang, terimakasih lho perhatiannya. done. anak kita ya urusan kita. asal mereka cuma sebatas ngritik dan ngga sampe ikut campur urusan kita, biarin aja. sabar yaaahh... tetap semangat... :D

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

21

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

hai mrs doyi wahh seneng bgd deh klo dkasih laupauk ma sembako hehehh
ia nih jd tambah sensi sejak hamil :) untungnya nemu orng2 yg senasib sepenanggungan jd ga feel alone lg walaupun di dunia maya :)
makasih yahhh mrs doyi

Love my chubbygirL Alisha Sasqi :)
http://riryhusni.wordpress.com/
https://www.facebook.com/riryhusni
twitter: @riry_husni

22

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Saya sama mom riry_husni sama banget, lagi hamil 5 bulan saat masih nyusui si kakak yg umur 17 bulan. Tapi Alhamdulillah-nya orang-orang terdekat support. Memang pertamanya agak menentang tapi setelah liat perkembangan si adek yang sehat, bahkan kalo di-USG lebih besar dari usia kandungan mereka mendukung hamil sambil nyusui :D

23

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

riry_husni wrote:
alhamdulillah usia khamilanku saat ini 5bln and still giving ASI utk sasqi yg usianya 1thn 5bln, saat2 yg menantang..byk bgd tantangannya mulai dari kritikan2 tetangga bahkan keluarga dekat, sampe masalah kebutuhan nutrisi.
Rasanya pengen curhat.. krn udah bnr2 beraaat bikin stress,ga da yg mw dengerin
Saat terberat adlh saat BB sasqi turun setiap blnnya,walaupun msh normal BBnya dan tetap aktif, orng2 yg udah terbiasa ngeliat sasqi gendut jd merasa bahwa kata2 mrk itu benar dan aku salah. sediiihh rasanya tiap hr hrs menerima kritikan2 kya ghitu,,apalagi dari orngtua dan mertua,, hampir setiap pulang berkunjung ke rmh mertua,aku akan nangis.. suamilah yg jd support terbesarku.. dan para bidan. helpful bgd ktemu thread ini,coz im not the only one,


Waaahhhh sama banget... Aku jg skrg jalan 5 bulan..masi ngASI baby Rene umur 21 bulan... Walo berat tapi tetap dijalani... Tiap mertua telp yg ditanya 'berapa berat badan Rene skrg?' ... Dan paling sedih Minggu kmrn Rene sampe demam 39drajat n BB nya turun jadi 10kg..
Puji Tuhan demamnya cuma 2 hari... Dan skrg makannya makin lahaapppp... Yuk nak banyak makan n sehat... Ntar mommy hadiah in nenen... Hehehe....

24

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

iya mom renatadevika menyenangkan tp berat yah dan rasanya bosen ga sih denger orng2 nanya BB anak kita trus blng itu gara2 msh ASI hmmmmm
smoga rene tetep sehat yah biar tetep nenen hahah

Love my chubbygirL Alisha Sasqi :)
http://riryhusni.wordpress.com/
https://www.facebook.com/riryhusni
twitter: @riry_husni

25

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

moms semua, curhat donks...
hehehe

aku kan dah 36weeks nih hamilnya, klo baca2 threat ini di awal, kan anak2 kan suka brenti sendiri pas dah usia kandungan 7bulanan..tapiii Lintang ga mau brenti2 nih..pdahal udah segini nih usia kehamilan..
aku cuma khawatir ntar pas ditinggal ke RS buat melahirkan gimana..
trus sama nanti setelah melahirkan gimana ya? apa tandem nursing? klo tandem nursing itu gimana ya prosedurnya..hehehe bahasanya..

agak galau nih.. aku janjian ama dsa Lintang masih mingdep.
plz share ya, makasih

bunda of kha_lin