1

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

thank you infonya ya mamas...
sampai skrg juga masi nyusuin walopun dilarang ama dsog dan orang sekitaran, untungnya suami mendukung.
anak gue kyknya nyusunya malah tambah candu, kalo ga dikasi suka nangis, jd ga tega.. sekarang nyusunya dibatasin cuma pas tidur siang 2x dan tidur malam, so far gada kontraksi, jadi tetep lanjut aja nyusuinnya...apalagi baca2 thread ini malah jadi semangat buat tetep nyusuin anakku slama hamil ini.. thank u ya semuanya.. :)

love love love my babyboy and my beibihubby.. ;)

2

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

moms..mohon sharingnya yang masih menyusui n lagi hamil..sebentar lagi saya dah mau lahiran anak kedua..sementara kakak baru 16 bulan n lagi candunya menyusu..gimana ya caranya untuk mengurangi frekwensi menyusunya terutama malam hari..kalo siang hari sih sudah agak bisa dikurangi tapi malam selalu terbangun untuk menyusu..n bagaimana nanti sharing dengan adiknya..mamas yang udah pengalaman mohon sharing tipsnya...

3

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

ummu afdhal mengenai sharing asi nanti kalo adek dah lahir, yang aku pernah baca adek di suruh minum dulu dari kedua payudara sampe puasss lalu baru kakak. Apalagi kakak udah lewat setahun pas adek lahir, jadi buat kakak penambah selain asinya bisa minum uht ato dari air kuah ato kalo mau dari air madu. dari sekarang kakak udah ummu afdhal dikasih pengertian. anak kecil menurut aku udah bisa mengerti kalo dikasih tau pelan-pelan, apalagi kalo ibunya yang bilang dengan penuh kasih sayang. hihi. CMIIW

aku juga sekarang lagi mengandung adiknya (12 w) baby aisyah (9 m 25 d). alhamdulillah. menyusu udah ga seperti dulu, kalo pas mau tidur (pagi, siang, malam). menyiasatinya untuk tambahan nutrisinya lewat mpasi baby aisyah, dibanyakin kaldu ayam kampung, daging segar, ikan. dan aku beri air madu (tentunya madu yang ga seberangan, harus cermat juga ni masalah madu).
semangattt mamas menyusuinnya.

buah hati ummi
:: aisyah sahlah luqman & fathimah nailah luqman ::

4

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

mommies, sarannya dong...
Anya skrg 18 bln, makannya jg bagus, susu UHT...
klo anya sepertinya skrg cuma ngempeng doang deh klo nenen.
dan sama kaya ummu afdhal, anya malah makin candu bangeds ma nenen..jd tiap ketemu aku..psti blg 'nyenyen..nyenyen'..
aku dah alihin perhatian dia, trus udah aku blg jg, klo anya dah besar, nenennya buat ade bayi ajah..tp ko malah ga ngaruh...biasanya klo dikasi tau sesuatu, dia lsg ngerti n nurut, tp ga deh utk urusan 'nyenyen' ini..
ada tips lainkah?

* Meine Liebe Espanya, my Sunshine*

5

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Hai mama semua, akhirnya mengunjungi thread ini..
Gw ketahuan hamil 9w pas Arraf umur 14m, emg setelah Arraf setahun, kerasa banget hasil pumping di kantor tuh dikiiit banget dan selalu ngerasa mual pas menyusui, gw kira ini karena Arraf lagi GS nenen trs jadi PD nya sakit.

Sampe sekarang usia kehamilan 20w, Arraf 17m, gw masih aktif menyusui walaupun mertua dan orang sekitar nyuruh segera menyapih Arraf. Maklumlah, berbagai mitos asinya udah jelek, anaknya jd cacingan, dsb melekat kuat pada bbrp orang yang belum tercerahkan :)

Satu dari tiga dsog yang gw kunjungi juga gak rekomen NWP (nursing while pregnant), alasannya krn si kakak udah gede, udah bisa minum susu lain. Tapi gw tetep jalan terus.

Ya memang sakit, memang berat di ibunya juga, tapi gw meyakini bahwa setiap anak ada rezekinya masing-masing, yang diturunkan melalui payudara kita. Tuhan Maha Adil, kehamilan ini juga rencanaNya, planning maha sempurna, maka gak akan ada yang dirugikan dengan ini..dua-duanya pasti akan terpenuhi haknya.

Sementara ini, frekuensi menyusu Arraf juga udah mulai teratur, yang wajib biasanya bangun tidur, mau tidur, habis mandi dan di sela-sela tidur malem. Di waktu lainnya, kalo gw lagi kesakitan atau capek karena disedot terus, Arraf udah mulai bisa dialihkan perhatiannya sama makanan, jalan-jalan atau mainan. Beberapa kali juga udah bisa bobo sendiri tanpa nen, tapi itu harus udah ngantuk banget baru bisa bobo cuma dipukpuk.

Ah iya, bonding dengan ayah juga harus ditingkatkan supaya dia gak menggantung di ibu terus. Gw diwanti-wanti sama dokter u/ mengurangi kegiatan menggendong, jadi kalo pergi Arraf digendong ayah, di rumah sering main sama ayah, digendong ibu kalo lagi nen aja atau sesekali kalo lagi manja. Ini berguna banget nanti kalo adiknya lahir, dia gak akan nolak dengan ayah, dan peran ayah juga sangat penting dalam proses weaning nanti.

Gw nunggu Arraf mau self-weaning aja, karena gak tega banget liat dia nangis2 mau nen. Kalo dia self weaning, artinya dia merasakan dan memutuskan sendiri kebutuhannya sudah tercukupi, tunailah kewajiban menyusui gw. Sampe saat ini belum ada tanda mau weaning, tapi pada hari-hari tertentu kalo kita lagi di luar rumah dia gak minta nen sama sekali selama setengah hari, keasikan main, lari-lari, liat jalan dsb. Mudah-mudahan pas adiknya lahir nanti dia 21m, sudah pengertian jadi kakak :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

6

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

ummu afdhal, Mama Anya, kalo malam di sela-sela tidur minta nen kayanya dia cari kenyamanan aja ya..cara biar dia sleep through the night kalo gw sebelumnya dia harus kenyang makan kenyang nen dulu, jadi malemnya tidur pules.

Kalo soal 'candu nen' kayanya wajar juga ya, ibaratnya sebentar lagi dia harus berbagi, jadi mumpung skr nenen mama masih buat dia seorang, dipuas-puasinlah sama dia hehehe..gak menutup kemungkinan kalo udah ada adiknya dia bisa baca situasi kok, 'ohh..ada adik yang mau nen juga, brrti aku bisa main yang lain atau nen nya nanti gantian'. Jadi kalo menurut gw gpp ga usah frustrasi sama kelakuannya skr, insya Allah gak akan selamanya kaya gitu kok.

Ini sama halnya spt kekhawatiran kita waktu cuti melahirkan habis, liat NB masih demanding banget, dikit-dikit nyusu jadi putus asa bisakah dia survive smentara kita kerja? kenyataannya, anak jauh lebih pintar dr dugaan kita..dia bisa survive dgn berapapun asip yg kita tinggalkan, gantinya saat malam kalo kita ada di sampingnya. Begitu pula toddler, bisa survive tanpa nenen mama dan menggantinya dengan bonding lain. Insya Allah ya ma, sama-sama berusaha kita ;)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

7

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Eh iya *aduh borongan nih postingnya* gw kepikiran mau nyetok asip juga buat jaga-jaga nanti sementara gw di RS buat lahiran. Mama yang pumping selama hamil gmn rasanya? karena setelah Arraf 13 bulan gw resign dari kantor, jadi blas gak pumping-pumping lagi setelah jadi SaHM. Working mama yang hamil juga menyusui mungkin bs share? *sori klo udah ada di hal depan..*

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

8

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

mamas..yg lg breastfeeding while pregnancy..adakah mamas yg pny pengalaman merasakan salah satu payudaranya agakbengkak.bgmn treatmentnya ma?apakah harus diperah..krn jujur untuk menyusui kakaknya (23mos) saja sudah skt, n kalo diperah keluarnya sgt sedikit..mohon pencerahan nya mamas..tks

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

9

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

soRella, postingannya ngena bangeds deh di akyu...tengkyu, jd tetep mantep nih nenenin anya..tp ko aku ngerasa, dah ga da ASInya yah?apa blm diproduksi lagi?pengen nyobain pumping, tp takut malah kontraksi..
kayanya emg bener, Anya cuma nyari kepuasan ajah. Klo soal bonding ma papanya, dia lebih nempel ke papanya daripada ke aku, ke aku cuma nenen doang..:p
cuma, dari skrg, aku dah blg, klo ntar ada ade bayi, anya ga usah nenen lagi, nenennya buat ade ajah, anya kan dah besar..suka aku omongin gitu pelan2 sih...salah ga ya?

dinimaya klo awal anya mo nenen, pasti sakit, ga tau knp. padahal aku dah rajin bersiihn PD ,aku nenenin hanya sebelah, karena ga tahan sakitnya kalo hrs 2-2ny, kadang bengkak jg, tp aku biarin az...mg2 sih ga papa..

* Meine Liebe Espanya, my Sunshine*

10

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Mommy Anya, ih bener banget itu kaya gitu hipno-nya, ini yang belum gw jalankan sampe sekarang..masih angin2an ngajarinnya, entah karena lupa, capek ato males, hehe *cemen nih*. Klo gw pencet2 PD nya juga, asinya gak keluar lagi, tapi pede aja toh anaknya masih mau dan sering kenyang sampe ketiduran sama nenen brarti masih ada kan, dan jangan lupa trimester kedua kehamilan kan asi sudah diproduksi, malah nanti kalo melahirkan enak, ga ada alesan "asinya belum keluar" :D

Sama pengen nyoba pumping juga, biar kalo gw lagi kesakitan Arraf bs minum asip tapi gak tau deh blm mulai2, Arrafnya juga udah mulai bingung botol hihih.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

11

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Halo moms,
Saya uda Hamil 9bulan niii, duedatenya 26mei, dan sampe skrg masi sambil nyusuin anak pertama, so far baik2 saja, bayi di perut juga katanya dokter baik2 saja, smoga lancar dan sehat smua sampe melahirkan nanti....
Yang skarang lagi kepikiran tuh, nanti past babynya lahir, gimana memanage tandem nursing? Secara anak pertama gue nih bener2 lagi minta nenen mulu skarang,, gue takutnya nanti dia ngerasa ada saingan lagi past adeknya lhir nanti...
Mudahan sih dia mau berbagi yaaa...
Minta doanya yah buibuuu... :)

love love love my babyboy and my beibihubby.. ;)

12

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

lucytangka wah bentar lagi ya lahirannnya, mg2 sehat n selamat semuanya...
ntar cerita2 yah, soal tandem nursing nya, dari yg aku baca sih, soal tandem nursing, si kaka nenennya klo udah ade kenyang nenen, kan klo si kaka udah bisa makan, jd dia dpt nutrisinya ga hanya ASI.
skrg aku lagi galau nih moms, PD aku yg sebelah kanan, putingnya hampir jd rata lagi, karena aku kan neneninnya cuma PD yg kiri ajah, karena sakit, klo hrs 2-2nya, trus aku coba sodorin ke anya yg PD kiri, anya jd ga mau..huhuhu..dia lbh milih PD kanan, apa karena dia ga perlu usaha lagi ya utk nenen?pdhl rencana aku..biar dia nenen di 2-2 PD deh, biarin sakit jg, tp ntar utk adenya lancar jaya gitu...
ada tips ga nih mom, apa aku coba perah aja gitu yg PD kanan?biar nipplenya keluar lagi?tp takutnya kontraksi :((...huhuhu..helep momies...

* Meine Liebe Espanya, my Sunshine*

13

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Lama gak berkunjung ke thread ini, makin banyak nih mamas yang NWP, semangat yaa..selama kandungan sehat dan ga ada riwayat kehamilan bermasalah, insya Allah bisa nursing sampai waktunya lahiran.

soRella, sama nih dulu Rossi juga umur 21 bulan pas adiknya lahir, tapi gak self weaned tuh :D malah lanjut tandem nursing sampe 25bln. Aku sih ga pumping karena emang SAHM dan si kakak juga udah gak mau minum ASIP, kalo gak nen langsung, dia milih UHT.

lucytangka, wah udah mau lahiran ya, moga2 lancar semuanya yaa.. Untuk bahasan tandem nursing, udah ada threadnya di sini

14

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Lucytangka... Wah ada disini... Saran saya, sebelum lahiran, kl gak berencana tandem nursing... Mulailah weaning dari sekarangm yes. Now.
Sy Sama ky Rella, udah ga pumping sejak hilya 12bln, krn kl siang-sore udah pk uht. Cm nyusuin pas plg kantor Dan mau tidur. Sebelum adiknya lahir, nen itu sekedar menjalin kemesraan. Meaning, cm 5 menit (itupun gw yakin gak sampai 30cc) Dan kl tangannya dikasih susu botol hangat langsung nen Nya dilepeh Dan ganti mimi dari botol.
Dari yg kubaca, asi setelah 1thn itu tdk mengenyangkan lagi, tp bantu boost imunitas toddler, cmiiw. Dan yg pasti momen mesra tak tergantikan.
Sy cm ga menyusui hilya 24jam sejak mules smp hilya bezoek :)
Tapiiii, begitu liat dede juga Mimi susu uminya, langsung minta nen :( sugesti cemburu kali,yee
Dan skrg, gak mau minum Dr botol. Either susu kotak (yg cm sehari 1-2x) atau nen.
Mungkin ini karakter yg bs beda pd tiap anak... Tp kl hilya dngr zee nangis, dia ikutan nangis atauuu, kl lg nen; dia akam mencengkeram kendi erat2... *melipir ke thread tandem nursing*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

15

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

halo mama sekalian...
alhamdulillah saya dipercaya utk hamil lagi. kemarin pas cek dokter sudah 6w sedangkan anak pertama 9m28d. Masing sangat aktif menyusui.
dan kemarin dsognya menyarankan utk menyapih :(
dengan alasan janinnya takut g berkembang krn nutrisinya diambil kakaknya. benarkah begitu?
adakah cara2 khusus? misalnya makan atau apa gitu supaya tetap bisa menyusui kakak paling tidak sampai 12 bulan. setelah 12 bulan mungkin hanya menyusu pas mau tidur saja.
sekarang pun hasil pompa sudah jauh berkurang karena tidak boleh pompa terlalu sering krn takut kontraksi
jika ada kontraksi ringan, sebegitu berbahayakah bagi janin?
terima kasih ya mama :)

16

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Crayola
Coba ke DSOG lain, karena sependek pengalaman saya tiap DSOG punya pendapat berbeda lho
Saya dulu menyusui si Kakak cuma sampai kehamilan 4 bulan karena memang kondisi saya yang tidak memungkinkan.
IMO.. klo mau breatfeeding During Pregnancy,,harus jaga kondisi, makan makanan yang bergizi dan positif thinking.. :)
Betulkan begitu mummyhilya dan nadned?

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

17

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

piyut wrote:
Crayola
Coba ke DSOG lain, karena sependek pengalaman saya tiap DSOG punya pendapat berbeda lho
Saya dulu menyusui si Kakak cuma sampai kehamilan 4 bulan karena memang kondisi saya yang tidak memungkinkan.
IMO.. klo mau breatfeeding During Pregnancy,,harus jaga kondisi, makan makanan yang bergizi dan positif thinking.. :)
Betulkan begitu mummyhilya dan nadned?


makasi mba piyut, nanti coba ke dsog yg lain deh, sampai saat ini msh keras kepala menyusui :D
mudah2an kehamilan juga tetap sehat.
yg bikin aku khawatir waktu dokternya blg kl tetep menyusui kandungannya harus disuntik hormon pertumbuhan :(

18

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Wah...seneng ada thread ini...
Banyak teman senasib :)
Saya WM, baby saya 8Mos 3 Weeks, n saya hamil 12 weeks
Sekarang stok ASIP sudah menipis
Sementara di kantor juga merah g banyak dapetnya
Jadi defisit terus
Terancam stoknya habis dan beralih ke sufor
Mohon saran donk....
Terus terang saya g berani utk ambil ASI donor. Pengalaman waktu ambil ASI donor utk anak pertama, anak saya diare. ampe hampir hilang kesadaran krn kehilangan banyak cairan. Akhirnya sejak itu minum sufor. G bisa UHT karnabelum 1 tahun.
Mohon saran yaaaaaaaaa ....

19

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

need help, blm sempet baca semua post nya
2 dsog yg sudah kutemui melarang utk tetap menyusui.
butuh rekomen dsog yg pro menyusui ketika hamil, klo bisa yg di harapan kita, mumpung lg liburan nih.
Si kakak ngga mau sufor/uht jd ngga tega mau nyapih.

Trims sebelumnya mamas

Brielle's Mom

20

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

mom rifan wrote:
Wah...seneng ada thread ini...
Banyak teman senasib :)
Saya WM, baby saya 8Mos 3 Weeks, n saya hamil 12 weeks
Sekarang stok ASIP sudah menipis
Sementara di kantor juga merah g banyak dapetnya
Jadi defisit terus
Terancam stoknya habis dan beralih ke sufor
Mohon saran donk....
Terus terang saya g berani utk ambil ASI donor. Pengalaman waktu ambil ASI donor utk anak pertama, anak saya diare. ampe hampir hilang kesadaran krn kehilangan banyak cairan. Akhirnya sejak itu minum sufor. G bisa UHT karnabelum 1 tahun.
Mohon saran yaaaaaaaaa ....


biasanya dsa menyarankan utk screening asi donor dl sebelum diberikan ke bayi. kalo pendapat saya pribadi, karena anaknya belum satu tahun ASI/Sufor masih merupakan yg utama, kl tidak bisa memberikan asi full rasanya tidak apa2 disambung sufor sampe satu taun. ada juga sih yg menyarankan mpasinya ditambah, kembali ke ibunya saja.
kl pendapat saya mpasi homemade pun jika mengolahnya kurang pas, kandungan gizinya bisa banyak yg hilang.
mungkin bisa dikonsultasikan ke dsa-nya mba :)
yg penting jgn mengorbankan kesehatan/kebutuhan nutrisi anak hanya krn g mau dibilang tega sama anak krn ngasi sufor :)

21

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

Crayola, mom rifan, jasmintea
Aku salah satu alumni menyusui ketika hamil. Sempet flek satuuu kali cm untuk tahu bahwa hamil. Taunya hamidun krn flek itu, pas Hamil 2 bulanan.. Hampir semua dsog nyaranin supaya kakak disapih. Ohya, ketika tau hamil, kakak baru umur sepuluh bulan. Tp sejatinya, sy hml sejak kakak umur 8 bulan.
Sebelum kakak hilya umur setahun, saya tetep pumping di kantor (saya wm) tapi sedapetnya aja. Toh anak saya jg kebutuhan asi sdh gak heboh2 amat. Jadi stok banyak gitu dikulkas. Scr minum cm 1-2 botol per hari.
Sebenarnya, ketika fase asix sudah lewat, gpp juga sih disapih... Kalau rela. :)
Saya sih ga rela. Jadi ttp nyusuin sampai dede lahir Dan lanjut tandem nursing sampai dede umur sebulan.
Gak semua orang bisa nursing while pregnant, ya, moms. Karena tiap kehamilan kan unik. Coba konsul lagi ke dsog Dan KONSELOR LAKTASI. Jd ke dsog setelah Dr konselor, biar balans gitu infonya. Just my two cents. Smg bisa memilih yg terbaik.
Asli, pas nwp itu, aku jadi naiknya lambat, Hamil cm naik 7-8kg. Dan sering nanya ke dsog gimana kondisi Janin karena pingin dede tetap sehat.
Dan, makannya beuh banyak Dan mesti mikir. Mikir bahwa yg dimakan nutricious Dan gak kalori kosong atau asal kenyang :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

22

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

sampe kehamilan saya skrg ini, 33W, saya masih nenenin anya 21bulan,
Sejauh ini sih baik2 ajah, alhamdulillah, berat bdn jg dah naik skitar 10kg, trus dedek bayi jg alhamdulilah beratnya normal.
cuma knp ya. tiap mo nenenin anya, puting tuh sakitnya minta ampun, tp cuma berlangsung 1-2 menit awal, selanjutnya sih gpp..
pdhl aku rajin bersihin PD pake baby oil,(yg ini aku dpt infonya wkt dulu ikut kelas massage PD).
Ada yg bs kasih infokah?

* Meine Liebe Espanya, my Sunshine*

23

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

mamas, need help niih....

aku skr hamil anak kedua jalan 23minggu,umur si kakak 20bulan. Dari awal kehamilan msh aktif menyusui. nah, skr kan lg bulan ramadhan, krn merasa badan fit,kondisi janin jg baik (sudah konsul ke dsog) jd aku memutuskan utk berpuasa. Delapan hari berpuasa alhamdulillah tdk ada keluhan sm sekali, keluhan br muncul di hari ke 9. Badanku lemas,bergetar,dan sempat muntah 1 kali,kepala jg pusing berat. Setelah itu tiba-tiba ASIku tdk keluar sm sekali. akhrnya di hr ke-9 aku ga puasa. Asupan makanan dan minuman sdh kutambah, tp smpai skr ASIku blm keluar jg. Pdhl badanku sdh normal lg, ga pusing-mual Lg.Si kakak msh mnt nenen trs, jd selalu marah krn ga ada ASI yang keluar. Kenapa bisa gitu ya Mams?? jujur aku belum siap utk tdk menyusui kakak.

24

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

hastin
udah kontrol ke dsog? bisa jadi emg badan blm balik fit lagi. aku dulu waktu hml anak pertama ky gitu, stlh test, tnyt HB 10. jadi emg karena kita yg blm fit. demikian.. :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

25

Topic: Breastfeeding during Pregnancy

hastinrenjani gimana kabarnya skrg? masih menyusui si kakak?

crayola anaknya skrg masih asi kah? atau sudah campur sufor?