1

Topic: Pengurusan Passport

moms, anak di bawah 2 tahun ga perlu passport kan ya? :)

2

Topic: Pengurusan Passport

sukie perlu! semua orang (regardless of age) kalo travel ke luar negeri harus pake paspor. dan sekarang bayi pun mesti punya paspor sendiri (gak ikut ama orangtua lagi).

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Pengurusan Passport

sukie - yak, betul kata slesta. aina dan naia udah punya paspor sendiri dari umur bbrp hari, soalnya mereka diitung "pendatang" dari indo yang masuk singapur... bikin aja, ga susah kok... yang repot cuma pas motretnya, hehehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Pengurusan Passport

sukie
nambahin, kl mau motret apalagi bayi merah bgt enakan ditidurin di kasur pake alas warna putih aja. nanti tinggal di-photoshop buat backgroundnya. btw, yg paling repot motret bayi yg udah mulai guling2 ampe umur 2thnan, ud banyak gerak tp belum bisa diatur :D

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

5

Topic: Pengurusan Passport

cara yang sama yang gue terapin pas foto paspornya naia tuh ran. foto waktu dia baru umur 1hr gitu, dicetak pasfoto untuk bikin paspor. untungnya di KBRI sini kita boleh bawa foto sendiri, gak mesti moto disana.

nah, masalahnyaaa.. setau gue di jakarta kayaknya ga boleh deh. soalnya ada peraturan mesti dateng gitu anaknya dan di foto di imigrasi. gak tau ini emang peraturan mandatory ato emang ga pernah ada yang nyoba bawa foto sendiri ya. tapi kebanyakan orang2 akhirnya bela2in bawa anaknya aja daripada jadi disuruh bolak balik.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Pengurusan Passport

oh gitu, gue baru tau kalo ada kemungkinan bayi harus dibawa jg. kebayang repotnya, gue dulu foto paspor keira bikin di studio foto. ribetnya minta ampun, krn harus nunggu bayinya bangun dan harus dipegangin krn kan belum bisa duduk sendiri :(

*eh ko jd ngomongin foto ya, sorry OOT.. back to topic deh*

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

7

Topic: Pengurusan Passport

sukie Harus pake passport dong... Eh tapi mending bahasannya pindah thread aja ya, gue cari dulu deh threadnya udah ada ato blom.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

8

Topic: Pengurusan Passport

huaaa untung lagi deh gue punya kalian*hugs*..untung juga gue nanya ya. hehehe.
Otty kalau udah dapet, inpo ya tty..gue juga search ah..

9

Topic: Pengurusan Passport

Mamas, gue dari tadi clingak clinguk blom nemu thread tentang passport makanya gue bikin. Ngelanjutin pertanyaannya sukie di thread yang lain. Kalo ternyata ada ya maaf dan tolong postnya dipindahin lagi hihi *buang body*

Gue taro di sini soalnya biasanya buat passport untuk pergi2 kan ;)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

10

Topic: Pengurusan Passport

sukie Gue sekarang lagi nyoba untuk ngurus passport online (perpanjangan) dan tanpa calo. Syarat2nya sih sama aja kalo kita ngurus offline, tapi konon less ribet. Syarat2nya udah gue submit dari minggu lalu tapi gue blom sempet ke kantor imigrasi untuk cross check dengan dokumen asli dan foto.

Minggu lalu gue juga nyoba masukin dokumen buat Nara secara online dan sukses, tapi ternyata gue kurang surat keterangan (untuk anak < 17 tahun). Pagi ini gue mo coba submit lagi tapi ditolak, mungkin mereka baru update sistem dan yang bisa masukin online cuma yang > 17 tahun ya.

Kalo mo coba buat passport online bisa masuk ke sini. Abis itu pilih Layanan Publik - Layanan Online - Layanan Paspor Online.

Gue baru bisa ke imigrasi paling cepet hari Rabu ini, nanti gue update lagi beneran sukses ato ga :) Sekalian gue mo nanya2 juga tentang foto passport bayi/balita, temen gue pernah ngeliat balita foto passport dan katanya ribet :D

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Pengurusan Passport

sukie, sekarang kalo ke luar negeri, bayi pun mesti punya paspor sendiri. bulan yang lalu gw bikin buat raza, di imigrasi jakarta selatan yang waktu itu lagi pindah kantor di cilandak.

kalo disini, anaknya masih harus dibawa ke kantor imigrasi buat difoto langsung, karena antriannya banyak banget, jadi kita kebagian foto di hari selanjutnya, emang jadi bolak balik bawa raza ke kantor imigrasi. :(
untungnya raza dah bisa duduk, jadinya tinggal dipangku trus difoto deh, ga terlalu ribed fotonya.

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

12

Topic: Pengurusan Passport

iya sama di bandung juga harus dibawa anaknya..dan waktu itu untungnya bisa langsung foto krn mama ku udah berulang kali datang dan make sure kalo gw ama Aysha ga usah nunggu lama pas mau difoto...
tapi pas dateng Aysha lagi bobo, dan petugasnya minta tunggu aja sampe anaknya bangun >.< nah pas lagi nunggu gitu, berhubung berisik manggil2 orang pake mic gitu, Aysha bangun deh,,trs buru2 difoto ama petugasnya..duh hasilnya...tragis..hihihihi...meleng..beler baru bangun..tali beha keliatan *singlet-red* :D :D
dan yang paling gw ga abis pikir saat itu..kedua orang tua harus anter..klo ibunya aja, harus ada surat kuasa dari ayahnya...jadilah besoknya balik lagi hehehe...

~Aysha's mom~

13

Topic: Pengurusan Passport

kenapa urusan bikin paspor di indonesia super ribet banget ya? di amerika bikin paspor itu malah ke kantor pos. hihihi..

eh ini maksudnya ke kantor pos bikin paspor amerika yaa.. buat american citizen. kalo bikin paspor indonesia, ke KJRI & KBRI gitu kayaknya jauh lebih gampang daripada di indonesia sendiri ya. aneh! makanya dulu ada masanya gue males perpanjang paspor di indonesia, mendingan di KJRI/KBRI aja. lebih cepet dan ga pake embel2 ini itu yang aneh2.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Pengurusan Passport

sukie, bener banget bayi pun mesti pake pasport, dan harus dateng ke imigrasi buat foto langsung. Paling bete nungguinnya sih. Kalau anaknya tidur, biasanya petugasnya gak mau fotoin,mesti nungguin anaknya bangun dulu, alasannya biar anaknya gak rewel katanya ;)

15

Topic: Pengurusan Passport

sukie,
bikin paspor anak gampang bgt ko, ga perlu bolak balik ke imigrasi.
thn kemaren gw bikin passport utk atha (wkt itu umur 9bln) dg cara normal (tanpa calo) total bayar ga sampe 300rb/passport.

dokumen yg dibutuhkan utk passport anak :
- Formulir dan surat kuasa/izin orang tua diatas materai Rp6000 (beli ditempat fotokopi di imigrasi, ditandatangani ayah dan ibu)
- Fotokopi KTP ayah dan ibu
- Fotokopi KK (ayah, ibu, anak harus dlm 1 KK yg sama)
- Fotokopi akta nikah ayah dan ibu
- Fotokopi Akta kelahiran/ijasah ayah dan ibu
_ Fotokopi Paspor ayah/ibu.
(utk jaga2 aja bawa dokumen2 aslinya jg ya)

Syaratnya kl mau ngurus sendiri yaitu mau sedikit repot (nyediain waktu utk cuti) n dateng pagi :D
- Hari pertama: udah bawa dokumen2 yg dibutuhin, beli formulir+surat kuasa+materai di tempat fotokopi, ambil nomor antrian di loket, isi formulir dan tunggu nomernya dipanggil utk nyerahin dokumen2 yg diperlukan trs disuruh dateng 3 hari kemudian.
- 3 hari kemudian: ngasih surat pengambilan berkas (yg udah dikasih wkt hari pertama), bayar, n tunggu dipanggil utk foto. selesai difoto tanya passport bisa jd hari apa?
- Tinggal ambil deh passport yg udah jadi pd hari yg ditentukan :)

anak dibawa ya pas hari mau foto aja, n kl di jkt sih ga perlu dianter ke2 orangtuanya ko. krn pas hari atha difoto itu gw lg banyak kerjaan di kantor, so atha cuma dianter ma suami gw n BSnya aja.
ngurus sdiri simple ko, asal mau sabar2 aja ngeliat didepan mata pas mau foto diselakin mulu ma orang2 yg pake calo. kl pake calo/orang dalem biasanya bayar min 750rb/passport :D

bab ? atha ? kae ? nda

16

Topic: Pengurusan Passport

ndatha Dokumen asli harus dibawa soalnya bakal dicek, cocok ga sama copy-nya. Apalagi yang masukin dokumen via web, bakal dicocokin langsung deh. Dan jangan lupa dokumen yang ukurannya kecil (KTP, surat nikah) copy-nya jangan dipotong tapi dibiarin aja seukuran kertas A4.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

17

Topic: Pengurusan Passport

Nambahin aja.. pengalamanku kemaren tinggal dateng trus foto.. tp semua dokumennya kudu di scan dulu. registrasi online, trus dapet nomor registrasi. pas dateng utk foto nunjukkin nomor registrasi aja. link nya sama kaya yang Otty kasih...cuma utk wilayah surabaya bener-bener kudu sabar, and prosesnya bisa berulang-ulang krn errornya sering bgt terutama proses upload dokumen scannya. biayanya sih sama 270rb/orang. Pengalaman aku kemaren ketika buatin passport baby Ikram (2mos) dan perpanjang passport si kakak Izza (3yo) akhirnya lancar jaya aja, dan passport bisa kuambil 5 hari setelah foto (janjinya 3 hari).. untuk cek apakah passport kita sudah selesei atau belum cukup via sms, tapi maaf sms centrenya lupa dicatet.

18

Topic: Pengurusan Passport

bunizza Buat passport bayi juga bisa masukin dokumen online ya? Barusan dicoba lagi ga bisa padahal minggu lalu bisa :( Bagian tanggal lahirnya dimerahin gitu, entah mengapa padahal formatnya udah bener.

Trus surat keterangan tuh isinya cuma menerangkan kalo anak kita masih di bawah 17 tahun jadi kita yang ngurus kan? Harus tanda tangan ayah-ibu atau cukup salah satu? Maaf nanya borongan abisnya nyoba nelfon imigrasi bikin mangkel, ga diangkat.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

19

Topic: Pengurusan Passport

iya anak bayi pun harus punya paspor sendiri..dulu Nara bikin waktu umur 5 bulan..emang agak ribet ya..nunggunya lama..dan pas foto Nara mesti dipangku karena lom bisa duduk sendiri tapi yg mangku ga bole keliatan tangan or badannya..hehe..

tapi basicly sama aja ama urus pasopr orang dewasa harganya pun sama Rp. 270.000, bedanya ada surat pernyataan dari kedua orang tua..dan kalo ga salah ada satu berkas yang harus ditandatangani Bapaknya..jadi waktu itu siy suamiku cuma tanda tangan n berangkat ke kantor..yg nungguin paspornya jadi aku n Nara aja..:-)

..love your child the best way you can..
bheboth.wordpress.com

20

Topic: Pengurusan Passport

Otty Bisa kok. cuma emang proses uploadnya yg kudu berulang-ulang.
Surat pernyataan itu kita lampirkan ketika kita akan foto, skalian nunjukkan dokumen2 asli kita. dan form surat pernyataan nya udah dari kantor imigrasi. yang tanda tangan cukup salah satu aja (ketika itu gw), tapi teteup kudu ngelampirin foto copy passport ortu yg tanda tangan di surat pernyataan itu (gw juga).. dan perlu diinget banged.. gw sempet gontok-gotokan ama petugasnya krn ternyata passport gw 6,5bulan sebelum expired.. dia keukeuh jumeukeh buat ngebatalin passport anak gw.. dengan alasan passport gw ampir abis.. (alasan yg aneh..padahal gw cuma butuh pergi seminggu doank..dan gw yakinin gw akan urus sepulang dari trip itu)..jadi daripada ditolak..mungkin dicek lagi kalo si ortu (kita-kita) pasportnya ampir abis better sekalian diurus drpd dipersulit kaya gw.

21

Topic: Pengurusan Passport

bunizza Oh kalo gitu dokumen yang gue masukin udah betul dong, awalnya gue pikir harus bikin surat pernyataan sendiri untuk di-upload. Gue ga ada masalah sih pas upload dokumen, barusan error pas ngisi tanggal lahir Nara, aneh kan... Bahkan blom upload dokumen. Berarti gue harus ke imigrasi minggu ini soalnya passport gue abisnya bulan April :D

Thanks ya infonya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

22

Topic: Pengurusan Passport

Sepertinya begitu otty.. less than 6 months passport loe habis.. mending urus skalian. Kayanya emang sistemnya masih belom settled.. banyak temen gw yg gak sakses...dan berakhir manual.
Saran gw kalo mau urus passport manual utk anak.. mending kitanya aja yg berangkat dulu (strateginya: ambil nomor dulu baru ngisi-ngisi formulirnya...dan perlu diinget kalo yg diurus 2 atau lebih passport artinya nomor antriannya juga sebanyak itu. alyas dia nggak ngelayani satu nomor antrian utk beberapa passport).. dan si anak datang hanya ketika foto (keesokan harinya).. datengnya sebisa mungkin jam 7an dah sampe sana.. selain supaya dapet nomor cepet, parkirnya ga susah.
Kalo antri foto gak lama kok.. krn skarang petugasnya ada sekitar 5-7 utk foto, dan wawancara jg 5-7 petugas. gw ketika itu selesei foto jam 9, padahal bukanya jam 8.

23

Topic: Pengurusan Passport

bunizza Dokumen passport gue udah gue masukin online minggu lalu, rencananya gue mo foto hari Rabu ini. Formulir kosong juga udah ada sih, diambilin temen gue dengan harga 10rb. Eh kalo masukin dokumen online masih harus ngisi formulir juga? Tadinya gue pikir Nara aja yang ngisi formulir biasa, takut dokumen online-nya gagal.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

24

Topic: Pengurusan Passport

Wah.. kebetulan banget nih, baru aja kemaren liat foto paspor bayi Alyssa, terus aku upload di twitter http://plixi.com/p/52610899
hihi super ribet, dan lengan baju papanya (biru) keliatan dikit! alyssa-nya ngeces gitu lagi difoto!!!

kalau di sini, paspor belgia, untuk anak bayi masa berlaku paspor cuma dua tahun (dengan pertimbangan muka anak berubah banyak di dua tahun pertama)
tapi setelah itu 5 tahun..

sekarang si neng punya dua passport, ijo (wni) dan merah (belgian citizen)

25

Topic: Pengurusan Passport

otty thank you berat yaaahhh! :D
duh mommies...imunya sangat berguna nih..apalagi gue baru pindah, KK pun harus buat juga..
jessti iya tu kantor deket banget saa kantor gue (AAB yang ada lambang Garda Otonya). bikin macet...kenapa sih rame banget yaa...oarng pada mau pergi keluar begeri semua..hehehe gara2 AirAsia kayaknya. hi9 OOT