1

Topic: Pengurusan Passport

otty... baru tau niii, yg bener thn depan naek? ada info lg ngga naek nya bulan apa ya? maksud nya apa bener pas januari 2011? gue krna blm ada planning pergi2, renc urus bln depan aja, biar gk terlalu rame spt skrg.. eh.. kok malah denger kabar ini :( *hiks

Ninay & Java's Mamma
@yuvitedjo

2

Topic: Pengurusan Passport

otty heeehhh kamyuuu bawa2 nama akuu akyu kan maluuu hahahahha..
haduuhhhh hari ini berakhir sudah drama di kantor imigresyen surabaya, setelah 2 hari gila2an...
berangkat dengan niat mo persiapkan dokumen kayla biar sewaktu2 dibutuhin gw ga repot bikin dadakan, jadilah gw ke imigrasi...modalnya info dari otty sesama warga negara surabaya, gw berangkat dr rumah jam 7an, sampe dikantor imigrasi jam 8 kurang dan shock liat parkiran mobil udah 500 m dari kantor imigrasi
pas masuk kedalem agak bingung juga antrian bermeter2 asli kayak antri sembako..
pas gw tanya untuk hari itu nomer antrian udah abis, ditutup sampe nomer 300, ya mulailah gw nanya info sana sini ternyata ada yang ngantri dari jam 4.30 pagi...
keramean ini selain karena musim liburan tapi juga karena isu kenaikan harga passport biometrik yang jadi sekitar 1 juta
hari berikutnya gw sampe dikantor sana jam 6 dpt nomer antrian 176, baru beres jam 2 siang...hari itu gw udah liat pengumuman bahwa per januari 2011 harga pembuatan passport turun jadi 255rb, yang dihilangkan adalah biaya sidik jari..tapi di pengumuman itu ditulis 255rb itu biaya blangko passport dan biometrik, belum tau apakah akan ada biaya-biaya lain karena ada info dari orang-orang travel disitu tahun 2011 karena akan bebas fiskal nanti bakalan agak sedikit repot dipengurusan passport, kemungkinan akan terkena biaya-biaya tambahan tapi belum tau dimananya..
jadi informasi untuk kenaikannya belum bisa dipastikan juga
yang pasti tadi saya keimigrasi lagi jam 6 pagi udah bawa kayla, ngantri untuk foto harusnya dapet nomer 140an tapi karena ada bapak baik hati sesama pengantri dihari sebelumnya dan dia ngantri dari jam 4.30 ngambilin nomer lebih buat gw, dapetlah nomer 50, dan beres sebelum jam 11...
untuk kenaikan pembuat passport di surabaya ini ga cuma di kantor imigrasi waru tapi dikantor imigrasi perak, di luar kota sby juga penuh jadi ada yang lari ke malang buat bikin passport *dengan pemikiran dimalang akan sepi padahal juga rame*

3

Topic: Pengurusan Passport

yuvitedjo
info dari temen yg kerja di imigrasi nih, paspor yg harganya 1,2jt itu paspor elektronik. jd ktnya indonesia mulai th 2011 akan mulai uji coba menggunakan paspor elektronik yg ktnya sih akan ada alat seperti chip n ga bisa dipalsuin seperti paspor yg beredar sekarang (baru tau paspor bs dipalsuin).
trs utk paspor yg biasa (yg harganya 270rb) itu masih tetep ada tp akan ada kenaikan mulai th 2011, belum tau harganya berapa tp ga sampe 1jt kynya. utk wajibnya penggunaan paspor elektronik ini ktnya masih th 2015 ko :)

bab ? atha ? kae ? nda

4

Topic: Pengurusan Passport

naaah pas banget nih aku lagi nyari" syarat bikin passport anak, ada di thread ini.. makasih banget ya semua infonya.
dulu sih 2x bikin pasport tapi buat diri sendiri melulu, mau bikin buat celia gag jadi" sampe dia sudah mau 4thn :D

aku juga dapet info dari teman, kalo isi data online mempermudah pembuatan paspor dan bisa di buat di mana saja karna sudah terdaftar online, meskipun nanti di kantor imigrasi yang kita datangi kita harus isi form lagi. tapi membaca beberapa info di atas ternyata beda" ya setiap wilayah :( ..

anyway, kalo untuk anak *lagi buka web imigrasi* harus isi KTP/NIK, tanggal di keluarkan dan masa berlaku. harus di isi apa ya? kan anak belum ada IDnya *binun* .. moho pencerahan yaaa... TIA..

? I'm so blessed! ?
@edhabe
~let all your things be done with ? ~

5

Topic: Pengurusan Passport

edhabebs, di kartu keluarga ada nomor NIK-nya... coba cek deh...
HTH

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

6

Topic: Pengurusan Passport

edhabebs - NIK dan tgl dikeluarkan ada di KK. Tp disitu ngga ada masa berlaku nya. Jadi saya isi 5th kedepan stlh KK dikeluarkan karna setau saya KK tidak ada masa berlaku nya.
HTH..

Ninay & Java's Mamma
@yuvitedjo

7

Topic: Pengurusan Passport

gabriella & yuvitedjo : ooo gitu *ketawan deh ga teliti :D*
siiip, nanti aku coba lagi kalo gitu... makasih banyak yaaa...

? I'm so blessed! ?
@edhabe
~let all your things be done with ? ~

8

Topic: Pengurusan Passport

moms,

Beruntung banget ada forum ini, aku emang lagi niatin mo bikin paspor buat anakku, berhubung punyaku juga abis bln april besok. bener kata flavia, kantor imigrasi jak bar memang rusuh banget akhir tahun kemaren, kebetulan mertuaku udah sempat ambil formulirnya pas akhir tahun kemarin, dan memang heboh berita bikin paspor tahun ini akan naik jadi 1,7jt (waow.. )

Masalahnya adalah, KK-ku sudah 1 bulan dalam proses pindah ke KK baru (yg sistem NIK Nasional itu loh), apakah aku masih bisa pakai KK lama yg masih nomor KTP?

Tanya lagi, apakah ada perbedaan khusus kalau membuat paspor untuk pensiunan (mamaku)?

Thx in advance moms..

9

Topic: Pengurusan Passport

phoenix. kemarin urus paspor barengan sama temen yg pakai KK lama, seperti nya ngga masalah kok.

Ninay & Java's Mamma
@yuvitedjo

10

Topic: Pengurusan Passport

Mamas maw ikutan sharing...td pagi abis bikinin paspor buat anakQ Alya (10mos), kbetulan aq satu kwarganegaraan sama otty n eryka...arek Suroboyo yee (apaa see :p) brangkat jam 8 n dpt antrian no 65,alhamdulilah...karna sdh dpt pencerahan dr temen yg uda ngurus paspor anak bln des kmrn jd sampe d sana udh ga gagap lg. Smuanya slese jam 11an dan tinggal nunggu ambil hari jumat bsk..yippie, biayanya hanya 255rb sajah mamas yg di ilangin adalah biaya sidik jari :D

Alhamdulilah smuanya lancar jaya dan prosesnya ga ribet, cmn di imigrasi sby mesin antriannya lg rusak jd dptin no antriannya manual :)

l'odeur d' Alya...hmmm,c'est parfait ;)

11

Topic: Pengurusan Passport

giemuth Wah biayanya malah turun ya, padahal akhir taun lalu sampe rusuh gitu antriannya gara2 mikirnya bakal naik banyak.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Pengurusan Passport

Maap baru bredar lagii :D
Iya tty malah murah cmn 255rb, tdnya juga maw bkn bln des karna dpt rumor bklan d atas 1jt biayanya...untungnya ga jd dan memilih bikin skrng :)

l'odeur d' Alya...hmmm,c'est parfait ;)

13

Topic: Pengurusan Passport

hi moms...dr dulu masih member pasif, tp akhirnya pengen ngomong juga

makasih banget ya masukan2 mommy2 disini...saya jd lebih kebayang untuk ngurus pasport anak... baru masukin via online sih, blum ke imigrasi..doain lancar ya..

tp bener2 deh, dari semua web, ato online info ttg pembuatan pasport, di sini paling lengkap dan paling variasi penjelasannya...

thanks again ya :D

14

Topic: Pengurusan Passport

giemuth
saran aja nih, mending foto paspornya diedit aja, soalnya konten info di paspornya keliatan semua. takutnya nih, ini kan forum publik nanti (amit2 ketok2 kayu) ada yg menyalahgunakan meskipun paspor anak2. maaf ya, moga2 sarannya tidak menyinggung dan diterima dgn baik :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

15

Topic: Pengurusan Passport

Ada yang pernah bikin passport anak secara on-line?
Mau tanya, klo sudah isi data2nya lengkap, trus pas saatnya kita bawa berkas ke imigrasi, apakah di hari itu langsung foto & wawancara?

EsTi
-Life is simple, it's just not easy-

16

Topic: Pengurusan Passport

restriani sepertinya pertanyaan ini udah sering dibahas deh di thread ini dari halaman pertama. coba di baca2 lagi ya...

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

17

Topic: Pengurusan Passport

giemuth - setuju kata charissarhanie edit bagian kanan atas yg ngeliatin no paspor dll :) mudahan berkenan yaa

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

18

Topic: Pengurusan Passport

sLesTa Hihihi..iya,maap kmrn pas nge-post ga smpt liat satu2. Skrg udah beres :) Tengkiu

Klo gitu ada yang punya pengalaman bikin passport di jaktim? Sebenernya saya lbh enak klo ke jaksel tp katanya dsana ramenya kyk pasar. Temen saya dtg pagi2 udah lsg dpt nomer urut 200 sekian :(

EsTi
-Life is simple, it's just not easy-

19

Topic: Pengurusan Passport

Mau cerita pengalaman..belum selesai sih, tp semoga membantu

seminggu yg lalu saya secara online daftarin kedua anak saya.
tadi pagi saya ke imigrasi jaksel jam 7 kurang, sudah urutan ke 12-13. saya ke imigrasi berdua sama suami saya.

ternyata cara tak tertulis u ngurutin form adalah meletakan map di samping mesin antrian krn sebelum jam 8 mesin antriannya belum nyala, trus map di nomorin, krn saya ada 2 anak, maka nomornya saya tulis 2.
jam 8 kurang koperasi buka, saya beli map+form permohonan+materai 2 bh total Rp 24.000 (map @5.000, materai @7000, masih masuk akal)
walau saya sudah daftar online, just in case aja, saya isi form manualnya jg..hehe..ternyata gak perlu..well better be prepare than sorry kan...
setelah nomor saya di panggil, ke loket di depan tangga krn kirim scr online, semua fotokopi tetap di perlukan dan aslinya cuma di lirik sebentar aja. lalu saya di minta balik jam 09.30 untuk ambil form pembayaran untuk ke kasir 2x Rp 255.000.
setelah ambil, ke loket, bayar, di kasir form putih+pink. ke lantai dua untuk antri foto. taro form putih+pink di antrian. gak lama di panggil untuk ambil form antri foto. antrian ke 109-110, jam 10 kurang saat itu antrian baru no 23.

Jadi saya pulang dulu dan nanti jam 2 akan balik lagi ke sana udah bareng anak saya.. doain lancar...to be continue ceritanya.

20

Topic: Pengurusan Passport

Ajengp
Waah,ga sabar nih dgr crita lanjutannya :)
Berarti klo dr crita mu, stlh daftar on-line, lalu dtg ke ktr imigrasi, di hari ini juga bisa foto & wawancara ya? Bener ga nunggunya sktr 3-5 hari kerja stlh daftar on-line, baru ke ktr imigrasinya? Krn teman saya,bulan Jan lalu,hari ini daftar on-line,bsknya lsg ke imigrasi. Dan ternyata anaknya baru bisa foto&wawancara sktr 3 harian stlh itu. Hmmm...mgkn krn dia ga ada jeda wkt antara daftar on-line dgn dtg ke imigrasi nya kali ya...

EsTi
-Life is simple, it's just not easy-

21

Topic: Pengurusan Passport

lanjutan: info dari temen saya yg kebetulan bikin paspor jg urutan ke 51, jam 2.30 baru no 60. jadi saya kesana jam 4. eh masih no 73 sodara2..busettt yg nyelak banyak banget ya.. akhirnya saya ke Carrefour lebak bulus dulu, belanja, makan n main2 sama anak2 (krn di imigrasi gak nyaman bgt buat anak2. dan jam 6an saya kembali ke imigrasi (abis udah nanggung). Pas sampe sana udah nomor 101. dan jam 6.30 masuk untuk foto. udah masuk dong, eh masih di selak lagi sama ibu2 berjilbab, pengen gue tarik jilbabnya krn anak2 gue udah rewel.
memfoto anak2 gue jg tantangan tersendiri, krn mereka gak suka pose, saya aja kalo foto mereka harus candid...tp setelah perjuangan berhasil jg, walau ekspresi muka mereka kayak gerombolan si berat...hahaha..
oh ya...gak ada wawancara apa2

selesai deh hari ini...tinggal, ambil pasport 7 hari kemudian....

tips: kalo daftar online kan udah pasti bisa foto hari itu, kalo emang merasa ke siangan, bisa dateng lagi besok paginya u foto, emang jd 3 hr jg kayak yg biasa, bedanya kl online bisa langsung besoknya, kalo yg biasa harus tunggu paling tidak 3 hari.

@restriani: iya,bisa langsung hari itu jg foto katanya sih mendingan setelah daftar online tunggu 3 hari kerja dulu baru ke imigrasi, saya nunggu seminggu.

22

Topic: Pengurusan Passport

whuaaa...aq jd parno ni,lgs aq ilangin aja dech foto paspornya :p
makasiii bgt ya charissarhanie dan siska.knoch
sarannya bergunaaa bgt :)

l'odeur d' Alya...hmmm,c'est parfait ;)

23

Topic: Pengurusan Passport

moms,

mau tanya donk.. menurut website-nya imigrasi, syarat pembuatan paspor untuk anak dibawah 17thn : "Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua " ini maksudnya apa ya? pernyataan permohonan pembuatan paspor yang di-ttd ortu? harus keduanya atau salah satu yg ttd? atau pernyataan lain?

thx

24

Topic: Pengurusan Passport

phoenix Coba baca di halaman depan ya, udah pernah dibahas juga kok :) Ato bisa baca artikel ini.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

25

Topic: Pengurusan Passport

otty, , thx infonya.. aku udah baca and ternyata ada di halaman 1.. masalahnya waktu hari kamis minggu lalu, aku ke imigrasi BEOS, waktu beli map-nya, aku udah jelasin mo bikin buat baby.. tapi kok ga dikasih surat-nya ya? emang belom nanya ke tempat foto copy sih.. nanti pas mo ngembaliin berkas deh ditanyain sekalian..

kalo ga salah baca nih, di halaman 1 dibilang surat itu diperlukan pas mau foto kan? berarti sewaktu mengembalikan berkas pertama kali (pakai map) surat itu ga dimasukkan di dalam map ya?

sorry ya kalo rada telmi nih..