1

Topic: Pengurusan Passport

mamas... mau nanya ya...
aku dapet info dari temenku untuk foto paspor, babynya musti pake baju kerah. benerkah?
secara ga punya satupun baju kerah. baju andelan nic (8m) jumper carter's 5in1 yang murmer. hihi...
soalnya kalo liat foto vira-nya urban papa ga pake kerah sih.
please info ya. aku rencana mau bikin paspornya di jakarta barat.
tq.

2

Topic: Pengurusan Passport

flavia Setauku aturan baju berkerah itu hanya untuk non-bayi deh. Anak2 juga harus pake baju berkerah, tapi kalo bayi gpp. Kemaren Nara foto passport pake kaos biasa kok.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

3

Topic: Pengurusan Passport

otty
sip sip... thanks ya infonya.
takutnya uda sampe imigrasi disuruh pulang lagi gara" ga sesuei.
males banget kalo sampe bulak balik begitu, soalnya imigrasi jakbar itu di daerah macettt beratsss kan.
secara di indo prinsipnya kalo bisa dipersulit, kenapa dipermudah. hehehe... cpd

4

Topic: Pengurusan Passport

Setelah masukin dokumen buat paspor, baru nyadar... berpengaruh gak sih ya... di paspor aku yang dibikin thn 2009, alamatku di cilandak, tapi sekarang mau bikin paspor Albert dan papanya, pakai kk dan ktp depok... Kalo pas nyerahin dokumen gak ditanya2in berarti aman aja atau gimana nih...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

5

Topic: Pengurusan Passport

Just info moms,
Kemaren ada teman yg bikin passport nanya, sesuai kabar dari thread ini aku bilang dah bisa bikin passport di Jakarta Selatan walau KTP dan KK dari daerah lain, eh ternyata gak bisa tuh, dia kudu bikin di Semarang.

Sepertinya tiap kantor imigrasi ngurusin passport punya standard masing2 deh, sesuai dengan pimpinan di kantor tersebut kali ya, persyaratan satu-sama lain beda. Heran, kok gak ada standarisasi, padahal institusi negara.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

6

Topic: Pengurusan Passport

Urban Papa
thn 2008 kemaren temen2 kantor yg KTPnya domisili Bandung, Semarang, Surabaya pd bikin paspor baru di kantor imigrasi Jakarta Selatan bisa2 aja. trs kl aku thn 2009 kemaren perpanjang paspor di imigrasi Jakarta Selatan jg, padahal KK n 2 paspor lama keluaran kantor imigrasi Jakarta Timur. mungkin skrg peraturannya udah berbeda kali ya, kl gak pimpinan kantor imigrasinya udah diganti hehehe :D

bab ? atha ? kae ? nda

7

Topic: Pengurusan Passport

gabriella Ga masalah kok, itu juga passport lama gue pake data Jakarta Timur (nebeng nyokap karena dulu masih mahasiswa). Passport baru gue pake data Surabaya (setelah nikah). Cuma ganti nomor aja, dulu nomor Jakarta sekarang nomor Surabaya.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

8

Topic: Pengurusan Passport

Mau tanya lagiii...

Sekarang itu nomer KTP kita di KK kan udah ganti sama NIK Nasional.. Nah apakah ada yang bermasalh sama masalah NIK ini. Karena kebetulan aku dan suamiku mau perpanjang paspor juga. Nomer KTP aku udah berubah pake NIK Nasional otomatis pas perpanjang kemaren. Sedangkan suamiku di KTP masih nomer lama. Di KK kita (yg smp skrg blom slesai jg padahal d 1bln ngurus*curcol*) nomer KTP suamiku sudah berubah ke NIK Nasional.. Jadi otomatis nomer di ktp asli dan di KK pasti beda dong. Apakah ada yang pernah bermasalah? Tau sendiri kan kalo urusan sm pemerintah suka ribet bin bertele-tele..

Dan satu lagi... Di KTP aku, status pekerjaannya masih karyawati, sedangkan sekarang udah jadi ibu rumah tangga. Aku pernah denger itu juga jadi bermasalah pas bikin paspor karena salah satu persyaratan ada surat rekomendasi dari kantor kan yah. Jadi harus buat surat keterangan dari RT dan RW.. Ada yang pernah berpengalaman juga kah sama masalah ini?

Thank you yaaa.. :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

9

Topic: Pengurusan Passport

flavia dirimu buat paspor di imigrasi jakbar juga? Kalau udah please share dong how it goes sama tips2nya, soalnya aku juga bikin di imigrasi jakbar yg aduhai itu... TIA yah... :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

10

Topic: Pengurusan Passport

rachanlie Gue ga diminta surat rekomendasi dari kantor lho, padahal status gue karyawati. Suami gue dulu juga ga diminta surat rekomendasi, padahal setelah gue cek lagi ternyata itu termasuk persyaratan pembuatan passport ya? Aneh.

Kalo tentang NIK, maaf gue ga bisa bantu soalnya kebetulan NIK gue ga ada masalah jadi ga pengalaman nih...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Pengurusan Passport

rachanlie - Mir, sama kayak Otty, suami sempet ditanya surat pengantar dari kantor tp krn ga ada, jadinya diliatin name tag kantor (id card kantor), dan dilolosin u/ kelengkapan dokumen. Kayaknya hanya untuk memastikan kalo si yang bersangkutann memang kerja ditempat yang dimaksud. (waktu bikin yg Migu sekalian perpanjangan yg suami soalnya).

oia ini photo Migu di Passport. :)
http://i803.photobucket.com/albums/yy320/f4telinegod/paspormigu.jpg

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

12

Topic: Pengurusan Passport

otty, siska hoo... gitu yah... tapi emang sih kadang gak baku... tapi mendingan well prepared aja kali yah... daripada bolak-balik..

Oiya... update terbaru... Kebetulan hari ini kk ipar ke imigrasi ambil form... (blom bikin) dan dia dapet info untuk bulan desember, imigrasi Jak-Bar cuma melayani sampai 2 minggu kedepan... Alias pertengahan desember aja.. Setelahnya tutup baru buka lagi Januari... Jadi yang mau bikin di Jak-Bar mending buruan..

Di imigrasi jak-bar tadi
- beli map : Rp. 27.000
- beli cover paspor : Rp. 10.000
- Beli formulir : Rp. 25.000

Itu diluar harga resmi yg Rp. 270.000 yah.. Blom tau kalo untuk bikin paspor Kana nanti giman dan ada tambahan lagi atau enggak. Karena kk iparku ambil buat bikin paspor adikku...

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

13

Topic: Pengurusan Passport

rachanlie - itu jalur resmi ya,Mir? Kalo iya,byk bgt ya biaya tambahannya.Padahal di formulirnya sendiri ditulis kalo formulir tuh gratis.Wong bisa online juga,masa bayar ya? Huhuhu.
Btw, di KTP gue tertera jenis kelamin gue pria (mmmpft), tp alhamdulillah kemaren pas ke spore ga dipermasalahkan.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

14

Topic: Pengurusan Passport

rachanlie - egubrak banyak jg ya printilan yang harus dibeli, kalo yg di jak-sel kemaren gue ngurus yg Migu, harga Map:rp5000,- form:gratis.
iya mendingan bikin aja yg surat pgntar kantor itu, jaga2 aja.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

15

Topic: Pengurusan Passport

Waktu ambil map di imigrasi depok, cuma kena Rp5000 aja... sama kayak siska.knoch.
Terus kalau udah dijadwal foto hari jumat minggu lalu, trus gak bisa dateng, cuma bisa diundur ke jumat minggu depannya, atau jumat minggu depannya lagi selama sebulan.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

16

Topic: Pengurusan Passport

Hi Moms, aku baru saja selesai buat paspor utk kita sekeluarga (Mom, Dad, and Airysa). Memang kemarin itu paspor kita sendiri udah kadaluarsa. Kurang lebih ini prosesnya ya.

Kalo aku suruh supir ngambil formulirnya dulu di Imigrasi Beos (Jakbar). Harganya 5,000 (termasuk formulir, map, dan jaket hijau untuk paspor).

Suamiku masukkan permohonan paspor beserta lampirannya pada hari Jumat. Dia sampai sana sekitar jam 11, ambil nomor, dan dapat giliran jam 2an deh kalo gak salah. Memang biasanya jam 12-1 siang itu istirahat siang. Akhirnya dia pulang kantor dulu (dia naik motor jadi gak terlalu lama juga sih ke kantornya).

Katanya sih kalo sore proses kerja di imigrasi lebih cepat. Kalo pagi lebih lambat (mungkin pada mau buru2 supaya bisa cepat pulang kali). Dokumen2 fotokopian di cek kelengkapan dan diterma dan disuruk balik utk foto hari Selasa jam 1 siang.

Nah pas hari Selasanya, suamiku jam 11 ke sana lagi masukkin dokumen aslinya (gue sih gak ngerti kenapa harus masukkin dokumen aslinya lagi, kan kemarin itu sudah diterima fotokopian dan juga dibawa kok aslinya). Anyway, aku bawa Airysa sekitar jam 12.30 sampai sana. Rada kepagian sih berangkatnya, soalnya takut macet.

Sekitar jam 1.15 nama kita dipanggil dan dokumen aslinya dibalikkan dan dikasih kayak kwitansi gitu untuk pembayaran paspor. Kwitansi itu dimasukkan ke loket pembayaran paspor dan tunggu lagi sampai dipanggil. Sekitar 10 menitan. Setelah dipanggil, melakukan pembayaran dan tunggu utk wawancara dan foto.

Nah ini gue rada bingung. Di computer screennya itu kan ada tampilan nomor antrian untuk wawancara dan foto. Gak jelas deh nomornya itu berdasarkan apa. Kita masuknya itu juga bukan berdasarkan nomor antrian tapi dipanggil. Di layar nomornya masih misalnya 5 (nomor kita 10), tapi udah dipanggil. Nah masuk ke ruang wawancara dia tanya udah difoto belum? Ya belum lah, orang nomor kita gak ke panggil buat foto. Kita disuruh foto dulu sama petugas wawancaranya. Kayaknya fotonya gak perlu nunggu nomor, pokoknya langsung foto aja. Abis foto balik lagi utk wawancara.

Sekitar jam 2 semuanya selesai dan paspornya diambil hari Senin depan.

Kira2 begitulah.

17

Topic: Pengurusan Passport

mau nanya biaya perpanjangan sama ngga kaya bikin baru,, tp abis baca2 dari awal, untuk yg sama2 bikin baru aja bisa beda2 harganya ya.. :/

18

Topic: Pengurusan Passport

Hi Moms, Pas bgt nemu thread ini, kebetulan gue sendiri + anak2 baru akan bikin paspor. Kmrn baru urus KK nya krn baru keinget anak ke2-ku belum di kasukin ke KK :p *telatbgt

Mau tanya juga, utk jumlah halaman apa ada pilihannya? ini pengaruh ke harga ngga? Kalo didaftar online jenis paspor ada 24H, 48H..H itu maksud nya halaman bukan?

Ninay & Java's Mamma
@yuvitedjo

19

Topic: Pengurusan Passport

yuvitedjo Iya itu maksudnya jumlah halaman, tapi ternyata ga pengaruh ke harganya... Dan kemaren waktu bikin passport Nara gue pilih 24H akhirnya pun dibuatin yang 48H sama orang Imigrasi, ga ngerti kenapa. Apa standar mereka sekarang 48H semua ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

20

Topic: Pengurusan Passport

otty - msh agak bingung kalo daftar online ini beneran bisa bantu mempercepat atau ngga ngaruh ya? mengingat td baca didpn, tetep harus isi form manual lg. sorry jd banyak tanya :D

Ninay & Java's Mamma
@yuvitedjo

21

Topic: Pengurusan Passport

Riri
harga normal (jalur resmi) utk perpanjangan paspor dg bikin baru sama aja ko, yaitu 270rb.

Yuvitedjo
pernah nanya ke temen yg orang imigrasi mengenai bedanya paspor 24H dg 48H, ternyata standar utk perorangan itu yg 48H. kl yg 24H standar utk TKI/TKW, bedanya lg yg 24H ini ga bisa dipakai utk masuk ke negara Europe. ga tau kenapa, tp harganya jg sama aja.

bab ? atha ? kae ? nda

22

Topic: Pengurusan Passport

wah... pas banget ney infonya... kebetulan mo urus paspor buat Athar juga sey... Thx Moms... Luv u so much...

Working mom who wants to do it exclusively, especially for my 'Athar"
Tweet me on : @Anggie_mamAthar l My world on : http://maylav.blogspot.com/

23

Topic: Pengurusan Passport

yuvitedjo Menurut gue sih bedanya cuma di kedatangan yang dibutuhkan di kantor imigrasi, kalo ngisi form online cukup datang 2x (pertama untuk ngecek berkas, foto, wawancara dan kedua bisa nitip orang karena cuma ngambil passport jadi) sedangkan kalo offline harus datang 3x (pertama untuk ngecek berkas, kedua untuk foto wawancara, ketiga bisa nitip juga untuk ngambil passport jadi).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

24

Topic: Pengurusan Passport

rachanlie aihh... sori uda lama ga mampir". dikau akhirnya uda beres blum bikin paspornya?

aku jadinya pake agent buat urus. bayarnya rp 550rb (pheww... 2x lipet harga resmi). tapi ini uda yang paling murce. abisnya ga sempet kalo urus sendiri bulak balik imigrasi.

imigrasi tuh ruammeee banget. ntah karena akhir taun musim liburan ato karena gosip soal bikin paspor naik harga taun depan. tapi ya ampun itu bener" sumpek abis. mana bau rokok di mana".

bersyukur juga sih pake agent. at least bisa diduluin buat foto & wawancara, ga perlu sesuai nomer urut. hihi... curang banget ya. ga enak ati sih sama yang urus ndiri & bener" antri sesuei nomer.
tapi kalo bawa baby gitu kesian. di dalem sumpek. di luar angin gede + ujan. serba salah... *membela diri* :D

sekedar info... kalo di jakbar, kedua ortu musti dateng pas wawancara. kcuali ada surat kuasa dari salah 1 pihak (suami / isteri). ini saklek banget. ga bisa ga. soale katanya pernah kejadian suami - isteri lagi proses cerai. trus anaknya mau dibawa kabur oleh salah 1 pihak, dibikinin paspor. akhirnya imigrasinya yang repot dipermasalahin kenapa bolehin bikin paspor cuma persetujuan salah 1 ortu.

25

Topic: Pengurusan Passport

Update dari eryka, kantor imigrasi rame banget karena mulai tahun depan biaya pengurusan passport naik jadi 1jt/orang, makanya orang berbondong2 ngurus sekarang. Temen gue pernah ngasih tau sih soal kenaikan biaya ini, tapi ga nyangka efeknya jadi parah banget. Kemaren eryka ke kantor imigrasi jam 8 dan nomor antrian udah abis, yang ngantri dari jam 5 pagi aja dapet nomor 40.

Dan ternyata kalo mo perpanjang passport sebelum 6 bulan menuju kadaluwarsa malah kena denda ya? Temen gue/nyokapnya tuh passportnya kadaluwarsa tahun depan, daripada kena biaya mahal dia mo perpanjang tahun ini. Eh karena malah kena denda dia ga jadi perpanjang deh.

yang selalu kangen sama si pipi gembil