1

Topic: Pengurusan Passport

Mamas, kalo urus paspor anak sama dengan paspor baru berarti harusnya bisa diurus dimana aja yah? Kebetulan pasporku keluaran surabaya trus sekarang mau bikin buat si mamas (15 bulan) di imigrasi malang. Ada yg berhasil ga? Ini mau coba lewat online juga kayak saran disini biar ga kebanyakan bolos :p

2

Topic: Pengurusan Passport

Moms, ada yg punya pengalaman ngurus passport buat anak campuran yg tinggal di Indo? Anakku skrg 5bulan. Soalnya kan ga punya KK.. Kalo KTP bapaknya mungkin bisa diganti passport yah? Very confused.. :|

3

Topic: Pengurusan Passport

mau tanya tentang paspor dong.....ngaruh ngga sih, kalo pekerjaan yg tercetak di paspor beda sama yang di KK or KTP..??? di cek kah sama petugas imigrasinya pada saat kita mau berangkat....???masalahnya di paspor suami tercetak pekerjaan Kapten Laut, sedangkan di KK Karyawan swasta...???

4

Topic: Pengurusan Passport

ipunk

gimana kalo ngeles aja... kan udah ganti pekerjaan pak! hehe
btw alamat paspor dan KTP ku juga beda .. kan, sekarang ikut suami,pak! hehe

Mother of Universe

5

Topic: Pengurusan Passport

Kebetulan juga mau bikin passport, krn punya saya udah expired thn lalu,jadi musti bikin baru ya? dan anak2 juga mau dibikinin juga, thanks ya sharingnya ttg syarat2nya, bisa dibikin di imigrasi mana aja kan ya? ga harus di wilayah sesuai ama tempat tinggal?

Love you my fam, today, tomorrow and forever :)
Be a better person and giving as much as possible

Mama Alifa dan Dammar ( www.adiseko.wordpress.com)

6

Topic: Pengurusan Passport

Ipunk, di airport sih gak masalah deh paling passport aja yang diperlihatkan. Pengalaman suami ketika perpanjangan passport dan kolom pekerjaan ada perubahan misal dari karyawan menjadi wurausaha itu di jogja jadi masalah lho..jadi mending disinkronkan saja kk/ktp dan passport masalah pekerjaannya. Eh daerah lain gak tahu juga sih

hari ini adalah hari baik

7

Topic: Pengurusan Passport

ipunk gak ngaruh.. ktpku yg valid (dr th 2008) pekerjaan mahasiswa, paspor--> karyawan swasta. gak ada yg ngecek ktp, neng, di imigrasi bandara. di kk juga aku udah pekerjaan mahasiswa. pas ngurus paspor ga masalah tuh.. apa karena diurusin agent dari kantor, ya? *malah nanya, hehe

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

8

Topic: Pengurusan Passport

adisanita
iya ga harus di wilayah sesuai ama tempat tinggal.. dulu aku bikin di tasik, berhubung udh berkali2 ke imigrasi bandung tp selalu penuh dan musti ngantri dari pagi bgt..

9

Topic: Pengurusan Passport

mamas, ikut tanya juga ya..
kalau surat bukti kewarganegaraan indonesia itu bikinnya dimana?
di berkas pembuatan passport salah satu syaratnya adalah adanya dokumen tersebut.
thanks :-)

10

Topic: Pengurusan Passport

ida_baik Gue ga pernah diminta surat itu, baik untuk bikin baru atau perpanjangan. Masa diminta ya, malah baru sadar hehe...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Pengurusan Passport

ida_baik, kayaknya gak perlu lagi deh surat bukti kewarganegaraan itu... biasanya yang punya SBKRI itu warga2 keturunan Chinese. Aku masih punya sih, tapi kayaknya terakhir bikin paspor udah gak diminta lagi deh...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

12

Topic: Pengurusan Passport

waaah, gak perlu ya? sip sip..
aku cuma liat di daftar dokumen yg diperlukan. Baru mau masukin berkas besok, nah, karena liat ada 'surat bukti kewarganegaraan indonesia' jadi bingung bikinnya dimana.
Sip..sip, makasih ya mbak otty! :-)

13

Topic: Pengurusan Passport

gabriella, waaah.. sip kalo gitu mbak.
jadinya berarti berkas sudah lengkap.
Makasih ya buat info-nya :-)

14

Topic: Pengurusan Passport

Mama, mau sharing pembuatan passport aku dan yasser yaa
Yasser: bikin baru
Aku: penggantian passpor hilang dan masih berlaku (berkali2 bongkar rumah sampe ngerahin ade ipar tetep ga ktemu).

Dua2nya aku submit online, tempat bikin passport kanim imigrasi Jakarta Selatan dan alhamdulillah untuk yasser di tanggal aku janji dateng ke imigrasi hari itu juga dia foto. Satu2nya kesalahan adalah kami dateng kesiangan (jam 9.30) jadi kepotong waktu istirahat. Kalo misalnya dateng kesiangan kaya gitu, saranku: ambil nomer antrian dulu baru isi ini itu.

Nah yg pasporku ini yg ribet suribet. Ngurusnya penuh ujian fisik dan mental. Thank God kelar sebelum ramadhan, kalo pas puasa niscaya puasaku ga berpahala;p

Setelah masukin berkas ke kantor imigrasi, aku harus ke Berita Acara Perkara (BAP), disinilah orang2 yg menghilangkan paspor diinterview oleh petugas imigrasi, ditanya kenapa paspor ilang, trakhir dipake kmana, dll. Pas masuk ruangan BAP, aku ditanya passpor masih berlaku ato ga, abis itu disuruh balik lagi buat interview besok jam 10.

Besoknya jam 9 aku permisi dari kantor, sampe di imigrasi tepat jam 10. Begitu mau mulai interview, mati lampu bok! Ga jelas sampe kapan, petugas yg tadinya mau wawancara aku ga tau kmana. Aku balik lagi ke kantor n berencana dateng pagi besok.

Besoknya aku udah diimigrasi jam 7, mulai interview jam 8, setelah interview, ternyata suratnya musti ditinggal dan diambil besok *hapaaaah??*

Ga enak ijin mulu ke kantor, besoknya ambil cuti supaya bisa nuntasin semuanya. Jam 8 pagi udah di imigrasi, sama si petugasnya disuruh tunggu, katanya pejabatnya belom dateng buat ttd si surat. Menunggulah saya sampai 2 jam. Trus si bapak itu manggil lg ke ruangannya sambil membawa beberapa berkas and none of them is mine. Guess what? dokumenku ternyata ada di salah satu kabinet di ruangannya dan udah ditanda-tangan! Gilaaaa ni orang membuang waktu gw 2 jam.

Surat itu harus dibawa ke kanwil (MT Haryono) untuk disetujui pembuatan paspor baru. Aku tungguin tu surat sampe kelar di kanwil. Abis itu balik lagi ke imigrasi kasihin surat dr kanwil. Pas mau bayar, blom bisa karena blom di-acc kanwil, aku minta petugasnya buat hubungi kanwil, masa ga ada yg tau nomer teleponnya. Akhirnya tau krn googling tapi ditelpon ga ada yg angkat. Bener2 gila ni birokrasi. Sambil menimbang2 ditunggu ato ditinggal (soalnya pernah ada kasus 3 hari blom di-acc) akhirnya iseng tanya lagi udah acc ato blom, alhamdulillah udah.

Berikutnya seperti biasa : Bayar. Foto. Interview. Pulang.

Oia biaya resminya untuk passpor ilang yg masih berlaku adalah 455rb, ga mau pake calo soalnya rata2 tarifnya 3.5 jt - 4 jt.

Sebagai penutup -ini harusnya berita bahagia, tapi malah membuatku tertohok-

Besoknya pasporku yg ilang ketemu.

Sekian curhat saya!

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

15

Topic: Pengurusan Passport

pamz waduh udah ribet ngurusnya eh ketemu jg yg lama.. :D. Btw salah satu paspornya hrs dicancel dong ya?

16

Topic: Pengurusan Passport

ampun dah baca kisahnya Pamz !!!!

kok yah jadi malas ngurus passport ku yang udah expired dan anakku yang bikin baru huhuhu

mana mau dipake ke Jepun tahun ini pula hiqs8

Mommy bebe D & baby K
Nothing beats your smile!

17

Topic: Pengurusan Passport

hihihi saking sakit hatinya passpor lama ketemu, aku ga mau liat n pegang. Yg lebih sakit hati passpor lama itu aku ga kluar duit samasekali krn dibikin kantor dlm rangka meeting di luar.

irdhelia, passpor yg lama otomatis mati kalo permohonan penggantian passpor disetujui
Travinan, kalo cuma expired malah jauh lebih gampang, sama kaya bikin baru. Jadi jangan ragu mom, yok bikin:)
Etapi kalo ilang dan expired tetap harus BAP hanya saja tanpa ke kanwil, tetep lebih ringkes daripada ilang masih berlaku

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

18

Topic: Pengurusan Passport

moms, gak tau deh ini masi nyambung ama topik atau ngga *maaap mods*
mau nanya dong, aku kan mau trip keluar nih, si kecil masih proses bikin paspor. nah berhubung ngejar tiket murah *merki dotcom* tetep nekat nih mau beli. berhubung maskapai A*R*SIA mengharuskan masukkin nomor paspor si kecil, aku hub call center nya dan mnt si orang ini gpp masukkin no ibunya aja.

antara percaya dan tidak nih.. ada yang pernah ngalamin gini gak?

a proud mother of Caprice Jaden Wibowo

19

Topic: Pengurusan Passport

chike wrote:
berhubung maskapai A*R*SIA mengharuskan masukkin nomor paspor si kecil, aku hub call center nya dan mnt si orang ini gpp masukkin no ibunya aja. antara percaya dan tidak nih.. ada yang pernah ngalamin gini gak?


Chike, aku pernah beberapa kali beli tiket a*r*sia online, lewat website nya langsung, bisa tuh gak masukin nomor paspornya. ntar kan kita bisa login lagi dan 'manage my booking', bisa di-edit atau ditambahi detil penumpangnya.

20

Topic: Pengurusan Passport

chike benar kok kata mamamala option untuk masukin nomer paspor di website air asia itu kan optional, bukan mandatory, jadi ga usah diisi gakpapa. yang pentiingg.. ketika check in, nama yang didaftarin di web dan nama di paspor itu sama.

gue malah ga pernah masukin nomer paspor kalo beli tiket di airasia. kalo gue masalahnya krn nomer paspor gue waktu itu sempet ganti krn mesti diperpanjang, dan krn belom diperpanjang tapi gue udah mesti beli tiket ya gak gue masukin. ternyata gapapa dan keterusan sampe sekarang.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

21

Topic: Pengurusan Passport

bu ibu.. kalo buat yang masih karyawan kan bawa surat/ dokumen dari kantor juga kan ya? nah, kalo pas mau bikin passport si karyawan ini udh resign dan jadi IRT bagaimana? sementara di KTP karyawan swasta, apa isi2 aja karyawan swasta?? hii.. maap ya kalo udh ada yg tanya / pertanyaannya aneh :)

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

22

Topic: Pengurusan Passport

cerita aja pengalaman beberapa bln yg lalu, ken bikin paspor ketika umur 6mo, bener heboh ketika foto sampe gobyos :P ( padahal ruang ber AC ), sebenernya sebelum foto aku juga bingung gimana ntar posisi fotonya karena ken belum bisa duduk, pikir aku mungkin di tidurkan, tapi ketika tiba saat foto ternyata cuma harus digendong aja sambil wajahnya menghadap kamera, karena rame dan si petugas juga kurang ramah ( pertama datang langsung bilang ayo cepat mbak padahal aku bawa bayi),aku masih mau duduk aja udah nangis perlu waktu kurleb 30 menit karena beberapa hasil foto tidak fokus jadinya seluruh petugas + pengantri diruangan ikut ngajak main ken supaya fokus kamera... hadeehh akhirnya selesai juga :P

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

23

Topic: Pengurusan Passport

Halo urbanmamas, adakah yg punya pengalaman membuat paspor untuk babysitter tanpa melalui jasa? Aku baca2 di websitenya imigrasi ada peraturan kalau mengurus paspor itu bisa di kantor imigrasi mana aja di seluruh Indonesia (gak di kantor imigrasi yang sedaerah dgn alamat ktp nya) jadi teorinya kalo babysitter ku pny ktp, kk, akte kelahiran, ijazah asli hrsnya bisa ya bikin paspor di imigrasi jakarta?

24

Topic: Pengurusan Passport

mo nanya neh.....
Kebetulan pasport ku abis bulan April 2012 nanti. Dan bulan Desember ini aku mo jalan2. Bakal dipermasalahin ato tidak seh sama petugas immigrasi?

25

Topic: Pengurusan Passport

Joan wrote:
mo nanya neh.....
Kebetulan pasport ku abis bulan April 2012 nanti. Dan bulan Desember ini aku mo jalan2. Bakal dipermasalahin ato tidak seh sama petugas immigrasi?


hai hai..aku juga pernah ngalamin kyk gitu...cuma akhirnya aku perpanjang dulu, soalnya beberapa negara memang minta minimal expired date nya 6 bulan dari arrival date kita..yaa daripada ntr di imigrasi nya ditanya2 rese yawda akhirnya ku perpanjang..tp dipikir-pikir knp kl 6 bln lg exp date nya pd ga mau terima ya..trs fungsinya exp date apa atuh yah..hehe..OOT maap..