1

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Halo.. Salam kenal..
Aku lg bingung nih, blom bikin akte kelahiran padahal anakku udh umur 8 bulan.. Ada yg bisa ksh saran gmn baiknya ga?

Thx be4..

2

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

arilla Wah lama juga udah 8 bulan... Saran gue sih, ya cepet diurus aja aktenya hehe... Syarat2 sama tata caranya bisa dibaca di page2 depan (walopun mungkin beda dikit buat tiap kecamatan/kelurahan).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

3

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

^ iya bener kata mba Otty cepetan di urus, :D
Lapor Aja dulu ke RT, sapa tau nanti dikasih tau syarat2 yg diperlukan apa aja, atau ke dinas kependudukan setempat kalau ingin lebih jelasnya..
Smoga lancar ya.. :)

4

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Mamas mau tanya,kalau mau bikin akte yang buat single parent gitu bisa ngga sih? Ada yang tau? Thanks :)

Edit: ternyata bisa. Barusan cek jasaumum(dot)com

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

5

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

arilla
setuju sama mama yang lain. mending diurus segera deh. Saya juga baru bikin akta setelah kira-kara usia 1 tahun... heuheu... tapi proses skrg jauh lebih mudah kok.. Kalo untuk di surabaya boleh tanya ke saya. karena akta kira-kara baru jadi juga.. jadi infonya masih sedikit lebih fresh. hahaha...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

mamas,tyt bln desember ini ada program pengurusan akta lahir yg terlambat, tanpa denda(eh kecuali denda administratif 10rb). yg aku baca berita dr jakarta n surabaya,tp kemungkinan daerah lain jg.karna per 1 januari 2012, ad peraturan baru, keterlambatan dikenakan denda 1 juta rupiah.
sumber dr sini
m.vivanews.com/news/read/252251-urus-akta-kelahiran-gratis-hingga-akhir-tahun

fyi, di surabaya, mulai sabtu 2 minggu lalu ad pengurusan akta 1hari jadi di balai kota tiap hari sabtu dan minggu jam 9-16.

7

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Dear Momz..

Klo aku sih begitu lahir,langsung diurus lewat jasa yg ada di rumah sakit.. Cuma butuh surat keterangan lahir n ktp suami istri.. Skitar 2 minggu udah jadi..

-being mother is a blessing-

8

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Aku juga sama kaya loona, pas lahiran langsung bikin akte dirumah sakit. Dari jauh2 hari udah nanya2 ke rs bisa bikin akte atw gak n syaratnya apa aja.

9

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

kmrn aku juga langsung ngurus akta anak di RS Borromeus tempat aku melahirkan. Akta kelahiran untuk wilayah bandung rata-rata br jadi 3 bulan kemudian

10

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

indriani lama banget ya jadinya 3 bulan.. wow!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

pengalaman waktu urus akta kelahiran hafidz tahun 2009.

gw awalnya lupa ngurus surat2 ke rumah sakit. pas udah lewat 1bulan baru kepikir ngurusin eh udah ga bisa diurusin lagi sama rumah sakit. kata pihak rs nya tinggal dateng aja ke dinas kependudukan, di bandung di jalan ambon, eh itu jalan ambon ya? yang deket RS halmahera siaga itu loh.

yaudah pulang dari rs langsung ke sana, cuma disuruh beli map isinya formulir dan daftar fotocopy yang harus dibawa.harganya murah lah map nya. rp.5000 atau kurang kalo ga salah.

fc yang harus dibawa kalau ga salah:
- surat keterangan lahir dari rumah sakit (asli dan fc)
- fc buku nikah orang tua
- fc akte kelahiran orang tua
- fc kartu keluarga. saya & suami belom bikin kk sampe sekarang (dah 4th nikah padahal hehehe) jadinya bawa dua fc kk.

udah segitu aja kok. tp gw inget bawa semua berkas pribadi asli n fc, ditaro di mobi biar kalau ada yg kurang ga usah pulang dulu ke rumah.

setelah lengkap, kita disuruh ke loket pengecekan. ini nih yg bikin bt, banyak pegawai disana yg kerjanya haha hihi doang ngumpul di satu meja. yang ngecek pun lama. setelah data cocok, kita pindah loket, kalo ga salah loket tanda terima. sebenernya ga ada tarif yang harus kita bayar, tapi si bapak dengan jelas minta "sedekah" (ini bahasa nya dia loh). akhirnya gw kasih 25.000.

alhamdulillah akta jadi 2minggu kemudian.

oya kemarin pas nanya2 biaya melahirkan, biaya pembuatan akta lahir di rsia hermina pasteur itu 150.000, lama waktu pembuatannya ga tentu katanya. karena sifatnya kolektif, jadi biasanya lebih lama.

Bussy life...happy life...

12

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

sLesTa..Iya, di bandung mmg 3 bulan (setidaknya sd thn 2011 kmrn). Saudara yg babynya lahir lebih dulu (tapi masih di tahun 2011 juga), akte babynya jadinya juga 3 bulan. Tapi dg catatan ga pake uang2 tambahan ya :). Aku ga pakai uang2 tambahan karena pekerjanya juga ga minta, selain itu juga yayasan RS tempatku melahirkan kan bukan yayasan muslim, jd aku ga kepikiran ada uang Shodaqoh untuk itu :D.

13

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Aku juga langsung bikin akte kelahiran pas di RS Hermina jatinegara.. tinggal kasih FC KTP Suami istri aja trus surat nikah krn aku belum punya KK.. trus jadinya 2 bulan :D karena kelupaan baru diambil 4 bulan kemudian hehehe

14

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Mamas Ikutan Share ya!!!!
Kalo aku waktu melahirkan Daniesh bulan Maret 2011 kemaren, untuk Akte Lahir langsung diurus pihak rumah sakit tempat ak bersalin,,
waktu itu ak cuma di suruh ngisi formulir, nyerahin FC surat nikah itu aj deh kalo g salah,,trus aktenya sekitar 2 mingguan jadi deh,,itupun dianterin k rumah sama orang rumah sakitnya,,
Biaya??g ad biaya apa- apa tuh..apa mungkin udah include d paket melahirkan yang ak bayar ke RS nya kali ya,,,

..How Wonderful My Life is since U in My World..

15

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

sama kyk indriani yg jg tinggal di bandung
bikin akte kelahiran naila baru akan jadi 3 bln lg
tp ngurus sendiri gak nitip ke RS

gratis tis tis, klo pgn jadi lebih cepet kayakna baru bayar :D

16

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Mau share pengalaman ah...

Anak gw lahir di Subang, pas mau bikin akta disana syarat2nya:
1. Anak boleh lahir dimana aja (ga lahir di Subang pun boleh bikin disini)
2. Ibu dan bapak si anak harus punya KTP Subang

Mengingat gw dan suami masih cinta status KTP yang masih "belum kawin", gw punya KTP Subang sedangkan suami KTP Cimahi, dan sekarang kami tinggal di Sariwangi (Bandung Barat). Rencananya gw dan suami mau sama2 bikin surat pindah ke Sariwangi, tapi gara2 urusan akta ini jadinya dilema deh, mana sekarang aturannya bikin akta max 60hr setelah bayi lahir, kalo lebih dari itu harus sidang (nah lho)

Ada alternatif bikin akta di Bandung aja, pas nanya syarat2nya ternyata:
1. KTP orang tua boleh dmn aja
2. Anak harus lagir di Bandung

Baru tau, ternyata disini biar 1 departemen tapi kalo beda lokasi bisa beda juga aturannya hihihi... Karena ngejar waktu 60hari yang semakin deket, jadilah kami melakukan sedikit 'kejahatan' kita bikin surat keterangan yang isinya si kecil lahir di Bandung, trus kita bikin aktanya di salah satu RS di Bandung. Yah abis mau gimana lagi, aturan ketat malah dijadiin celah buat aparat nyari duit sih. Sekarang lagi nunggu aktanya jadi, soalnya sekarang bikin akta bisa sampe 3bln

17

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

akte lahir jadinya lama bgt ya.. kmrn aku bikin di rsia limijati, skrg uda skitar 2.5 bln blm ada kbrnya jg. Pdhl pengennya agak cepet karena mau dipake buat bikin paspor nih. kmrn sih bayar biaya admin klo ga salah 70-75rb.

18

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Sharing ya mamas
Pas Olin lahir, kami lgsng ngurus akte kelahiran. Berhubung ini anak kedua, awalnya kami berencana memakai calo seperti anak pertama dulu. Waktu anak pertam dulu, biayanya 300rb, 3 thn lalu, ud ikut buat kartu keluarga, akte lahir. Ntah kenapa kali ini si calo tersayang kami minta 875rb. Ebusetdah, itu juga cuma buat akte doang belum masukin nama ke kartu keluarga. Bye bye deh sama calo, kami langsung ke kantor camat, syaratnya surat lahir dari rumah sakit, fotokopi surat nikah sama kartu keluarga. Biayanya cm 50rb, cm berhubung ini kantor administrasi, akte ya selesai 30 hari. Itupun sudah ditongkrongin tiap hari di sana.
Pas ngurus kartu keluarga jg gt, tapi kali ini gamau repot, langsung ke kantor lurah, bawa kelengkapan yang sama, langsung minta tolong diurusin gt sm petugasnya. Dia bilang biaya 50rb, cm minta keikhlasan mau ngasih tambahan. Jujur ya.. dan kartu keluarga jg siap ga kalah lama. 30 hari sodara2. Gapapa juga sih, mengingat ga perlu nongkrogin kantor selama 30hari kedepan.
Fyi, akte lahir mendung secepatnya diurus, karna lewat dari 40 hari ngurusnya ud ribet, pakai sidang segala, trus namanya bukan akte lahir lagi, tapi kenal lahir.

19

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

anggi23,
ngurus sendiri maksudnya ke kantor catatan sipil sendiri ya?
ribet gak kalo ngurus sendiri? syaratnya apa aja?
thanks ya :)

20

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

jxmom, limijati yah, samaaa... dah 2,5 bulan nih belom ada kabar juga (lahiran awal maret) akte lahirnya :D, dulu biaya administrasinya 90 ribu kalo ga salah, tapi temen bilang juga dulu dia beresnya 2 bulanan lebih gitu, mudah2an cepet beres ihixx

21

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

Lana lahir di balikpapan 4 bulan yg lalu.. Akte lahirnya dibuat di Ambon pas kunjungi ortuku.. Kebetulan ketua RTx juga calo yg biasa ngurusin begituan.. Cuma perlu foto kopi akte nikah, ktp aq n suami, surat keterangan lahir dari RS t4 lana lahir. Biaya administrasi 75rb + uang rokok pak RT 25rb.. Seminggu kemudian akte kelahiranx lana dah ditangan.. Tapi sayang namaq di akte kelahiranx lana salah dikit, harusx ESTHER disitu jadix ASTHER.. Kira2 apa perlu ngurus baru lgi? Namax lana dan suami sih udah benerg

?The favor of God?

22

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

lendha, mending diurus lagi mom, apalagi cuma seminggu doang, daripada kesananya namanya jadi salah terus

23

Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

aurelia_aurita
iya ke catatan sipil
kata suamiku ribet sih enggak, tp jadinya lama :D

syarat:
[list=1]

  • pengantar RT, RW, kelurahan[/*]
  • KK[/*]
  • akta lahir istri (ibu si anak)[/*]
  • surat nikah[/*]
  • KTP suami istri (orang tua anak)[/*]
  • KTP saksi 2 orang (cari orang di catatan sipil jg bisa, biasanya yg sama-sama sedang bikin akta)[/*]
  • isi form di catpil[/*]
  • surat keterangan kelahiran[/*]

  • 24

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    Mamas, apa ada yg tau cara merevisi nama di akta lahir? TIA ya mamas

    25

    Topic: Birth Certificate/Akta Kelahiran

    papanyashane, iya nih lama banget ya.. Sampe skrg jg blm beres (uda 3 bln lbh), padahal bbrp hari sekali ditelponin buat follow-up. Jadi deg2an takut ga keburu buat paspornya, soalnya abis dapet akte lahir kudu bikin kartu keluarga lagi baru bisa proses bikin paspor. Skrg cuma bisa H2C sambil berdoa mudah2an cepet ada kabar & keburu. Kalau ga, ya bisa batal deh acara mudik lebarannya..