1

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Standing applause buat mama-mama disiniii, kerennyaaaa...
Gw consider diri gw bukanlah orang yang multitasking, kaya kalo kerja gak bisa banget deh megang bbrp hal sekaligus malah jadinya gak fokus ke semuanya..sebaliknya, kalo juggling mungkin malah lebih bisa. Jadi, kalo di kantor blas..gw jarang banget nelepon2 ke rumah kalo gak perlu2 amat, malah gw nyuruh suami yg nelpon ke rumah baru laporan hasilnya ke gw. Dan gw paling anti bawa kerjaan ke rumah atau ngerjain kala wikend, won't work on me deh, gak efektif juga.

Dalam kurun waktu 3 bulan, BB gw turun balik ke semua spt sebelum hamil (dari 52kg ke 41kg lagi), pasalnya gw gak punya art maupun BS dari semasa hamil, melahirkan sampe sekarang. Selama gw kerja, Arraf dipegang neneknya yang dgn berbaik hati mau gw boyong dari Bdg ke Jkt, tapi tiap wiken/libur dia pulang ke Bdg jadi Arraf tetaplah gw pegang sendirian.

Yang bikin situasinya getting harder adalah gw cuma berdua bayi di rumah, sedangkan suami gw di luar kota dan baru pulang 2 minggu sekali. Gw pernah coba berkeras hati ninggalin anak gw main sendiri di kamar sampe nangis, sementara gw nyuci dan beberes rumah, tapi malah ngerasa bersalah sendiri krn seharusnya hari libur itu 'hari buat berdua sama anak', jadi kenapa gw mesti ngoyo rumah mesti beres, beda sama wikday cuma gw kerja di luar, ini gw kerja di rumah, tapi sama2 aja gak bisa main sama anak. Komprominya adalah, gw turunkan ekspektasi gw pada saat kita cuma berdua, rumah biarin aja berantakan dulu, cucian tumpukin lalu ke laundry, kalo gak sempet masak ya beli aja toh cuma buat gw yang makan doang.

In turn, kondisinya menjadi sangat mudah kalo suami gw pulang ke rumah, gw bisa dengan tenang ngerjain urusan rumah tangga sementara si bayi diurus bapaknya. Syukurlah suami gw bisa dipercaya buat mandiin, ganti popok, ngajak main, nyuapin sampe boboin anak. Gw lebih bisa bobo nyenyak dan hanya dibangunin kalo Arraf mau nenen :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

2

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

aQeeLa wrote:
sLesTa

Dan masalah nyetrika, menurutku itu pekerjaan yang paling bikin capek dan pegel. Kalo di luar negeri bukannya ada ya kaya sehelai tissu yang dimasukin ke drier. Bikin baju harum dan gak kusut. Kelar nge-driernya tinggal dikibas2in bajunya, dilipat dan gak perlu nyetrika lagi. Miss that moment :(


ada tuhh.. merk downy.. namanya laundry sheet.
Pas ngeringin baju, cemplungin lembaran ini. nanti pas kering baju nempel di kertas ini dan jadi licin.
Jadi baju ngga perlu di setrika lagi.

Ada beberapa tips buat yg males nyetrika tapi mau baju ngga kusut2 amat :
1. pas ngeringin pakai bola tenis di mesib cuci (pakai lebih dari 1 bola)
2. kalau punya water heater, gantung baju di kamar mandi. nyalain air panas sampai kamar mandi beruap. Nanti baju yg digantung itu otomatis kena uap dan biarkan kering sendiri.. Konon ngga kusut

3

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

meiza d*wny laundry sheet beli di indo (surabaya) dimana, bu? :D

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

4

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

mummyhilya kalo ada dari dulu eike pake deh cin... ngubek ace hardware jg blm nemu.. nunggu distributornya masuk ke care4 ajah.. huhuhu

5

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

*curcol*
baca dari depan malah membuat saya jadi iri niihh.. hihihi.. Seandainya saya bisa mengurus semuanya sendiri... hahaha..

Kebalikan dengan saya. Saya terbiasa mandiri, di didik mandiri oleh ortu. Begitu menikah dan punya si kembar, saya harus tinggal bersama mertua, karena keadaan mertua yang tidak bisa kami tinggal, meskipun kami sudah punya rumah sendiri.
Enaknya, ada yang bantu merawat si kembar ketika saya pergi ke kantor. Saya tidak memerlukan banyak BS dan pembantu. Hanya 1 orang yang di hired untuk beres2 rumah, itupun gak nginep. KIRA-KARA langsung dipegang eyangnya.
Gak enaknya, saya biasa memutuskan semuanya sendiri, tapi karena tinggal sama Mertua, saya tetap harus mempertimbangkan keinginan dan keputusan mereka. Beruntung kalo pas keputusan kita sejalan dan seide. tapi alangkah stressnya saya ketika keputusan saya dan pola asuh saya berbenturan dengan pola asuh/keputusan Mertua yang berbeda 180 derajat dengan saya. Disinilah tantangannya.

saat-saat seperti itulah saya merindukan tinggal di rumah sendiri, melakukan semuanya sendiri, meskipun saya harus jungkir-balik menyelesaikan kerjaan. Saat-saat "galau" itulah saya rela kehilangan gaji di kantor demi menjadi 3M dirumah.. hahaha..
Tapi, kalo sudah kembali ke kantor, saya jadi punya "pelarian" dari kegalauan2 itu.. enaknya kalo kerja di kantor jadi berasa punya "tempat sembunyi" dari keriwehan di rumah..

Manusia memang tidak pernah puas yach.. saya jadi banyak belajar dan berkaca di TUM ini. menjadi ibu dari si kembar, menjadi istri yg ingin melakukan semuanya sendiri, menjadi kepala keuangan keluarga, koki dadakan yang kacau, guru dan teman bermain si kembar, sekretaris perusahaan, dan menantu yang berusaha ingin menjadi anak yang baik memang tidak mudah.. tapi bukan berarti tidak bisa...
Apapun itu, memang musti di syukuri dan dijalankan dengan tulus ikhlas..
(halah..)

*efek pasca galau*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Kira Kara semangat!!! dulu pas awal2 masuk kerja setelah punya anak, tiap hari bawaannya pengeeen bgt resign. mana cucian botol bnyk, clodi dicuci prt kurang sreg, ribet nyuci+steril BP+perintilan+botol kaca+botol minum. yg ada nangis2 sedih ga jelas. bersyukur adalah kuncinya.. alhamdulillaah anak2 dlm pengawasan org yg kita percaya, bersyukur anak2 tumbuh sehat dan cerdas, sayang mama-papa-eyangs.
*bighugs*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

7

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

dua jempol buat all TUMers di thread ini :).

bicara ttg multi peran seorang wanita, saya yakin, wanita manapun bisa kok melakukannya, terlebih saat situasi menuntut kita demikian.

buat ibu bekerja di luar ataupun yang bekerja di dalam rumah serta punya kesempatan mendapatkan bantuan dalam menjalankan tugas rumah tangga dan (sebagian) pengasuhan anak, saya tetap memandang sang ibu juga menjalankan multi tasks and roles kok, krn gimanapun ngga akan smua kerjaan rumah tangga dan pengasuhan anak bisa 100% diserahkan ke pihak lain :).

namun memang, benar pendapat Slesta, kesempatan hidup merantau dimana value kerja badan dihargai mahal, mau ndak mau, kita dituntut dapat menjalani multi tugas serta multi peran.

dg memulai hidup berumah tangga di rantau, belasan tahun hidup saya merubah saya sedikit demi sedikit dari yang tidak bisa apa2 (krn sejak dulu hingga lulus S1hanya diberi kewajiban untuk belajar saja so jadilah saya wanita yang ga bisa masak, ga bisa ngurus anak, ga bisa njahit, ga bisa bikin kue etc) menjadi wanita yang sedikit demi sedikit mampu (dan masih terus belajar :)) mengurus rumah tangga, mendidik tiga anak kami, dan berusaha tidak cengeng menjalani masa2 hamil, melahirkan, pasca melahirkan, menyusui yang hanya ditemani suami.

di tahun-tahun yang telah saya jalani, saya beruntung karena masih diberikan kesempatan belajar menjalani peran utama saya untuk mengurus rumah tangga, mendidik anak, mendampingi suami, di luar peran sekunder saya sebagai anak sekolah yang harus menjalani studi S2 dan S3 serta bawahan dari boss di kampus :D.

trully, manusia hanya punya kekuatan terbatas kan, jadi kalau lelah menerpa (apalagi kalau ada date line kerjaan yang butuh konsentrasi, dan hanya bisa dikerjakan di tempat kerja atau malam hari (setelah anak anak tidur) sampai dinihari dg akibat mengurangi waktu tidur saya), kadang bisikan2 setan untuk mengeluh akan datang ke pikiran. karenanya benar yang MummyHilya tuliskan, bersyukur adalah kunci yang akan membebaskan pikiran dan hati dari godaan2 keburukan yang slalu mengintai :).

skarang saya bisa sedikit bernafas lega, pengalaman2 yang telah dan yang masih saya lalui dalam menjalankan peran sebagai ibu, istri, mantan mahasiswa, pekerja, anggota masyarakat membuat saya dapat berdiskusi pada anak anak tentang pentingnya kemampuan membagi waktu, menentukan prioritas, pentingnya bekerjasama dan saling membantu dalam menjalankan hidup berkeluarga, serta saling berempati pada yang lain. dan semoga, masih akan ada banyak waktu bagi saya untuk makin belajar dan belajar untuk dapat menjalankan peran2 tsb di manapun saya berada.

btw, agak OOT dari yang telah saya tuliskan, ttg debu yang katanya lebih banyak di Jakarta dibanding di LN (S'pore?), herannya, di sini malah debu kok ga ada habis2nya ya?

8

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

mau share jg soal SAHM tanpa ART...
selama ini di rmh (bahkan waktu lajang ngikut ortu) selalu ada si mbak. jadinya sudah sangat terbiasa dibantuin... termasuk saat relokasi ke LN... ART malah merangkap babysitter krn hrs ngasuh Kayra (5.5 mos) sementara emaknya dharma wanita (duh!)... lengkaplah sudah, semua diserahkan ke ART sampe kadang mikir, "Ini yang punya rumah siapa sih? Kok lebih tau dia drpd gw?" :(

serunya, sebulan sebelum due date-nya Diego, si mbak minta pulang krn mau nikah. *gubrak* praktis, 2 minggu setelah lahiran, kita cuma berempat (eh, berdua-setengah krn baby-nya kan blm bisa ngapa2in) kerja bakti di rmh. ditambah hiruk-pikuk mau pindahan balik for good ke Indo... @_@ *puyenggg*

alhamdulillah, selalu ada hikmah di balik air mata *apaan sih*... :) sampe di Indo, meski serba culture-shock dgn masa adaptasi yg mulur, lama2 kepegang jg ngurus semuanya tanpa ART. lebih puasss rasanya, meski badan pegel, tidur kurang, makan seadanya, + lbh pinter ngomel... :D

jadwal saya so far:
- bangun bbrp saat sebelum subuh, nyiapin sarapan + bekal utk suami & si kakak (termasuk menghangatkan makanan sisa, masak nasi dsb)
- setrika baju + celana panjang yg akan dipakai suami hari itu
- masak (kalo waktunya cukup)
- mandi
- antara jam 6.30-7.00 bangunin si kakak, ngawasin dia mandi (kl gak gitu bisa stengah jam di bwh shower) sambil nyusuin baby + ganti popok
- ngawasin Kayra ganti baju + sarapan sambil mandiin Diego (kalo sempet)
- jam 8 anter Kayra ke sekolah

- nyampe rumah lagi, angkatin jemuran, nyuci baju, jemur baju lagi (semua dilakukan on-off sambil nyusuin-ganti popok-ngajak main Diego kalo dia ngga bobo)
- mandiin Diego kalo paginya ga sempet
- menuntaskan masak (kalo perlu)
- me time sebelum jemput Kayra jam 11.30 (biasanya baca, internet, atau tidur ayam)

- siangnya, suapin makan siang si kakak, playtime dgn anak-anak
- tidur siang bareng2

- sore, mandiin Diego (kalo paginya belom), nyiapin makan malem (mostly cuma menghangatkan makanan, bikin minum si ayah pulang kantor, masak lg kalo perlu saja), playtime lagi

- malemnya, nyuapin Kayra
- cuci baju + jemur2 lagi (kalo perlu, krn saya pisahin antara baju anak & baju ortu)
- melipat pakaian yg tdk disetrika
- family time sblm tidur (nonton TV/DVD, main bebas, baca buku)

dengan catatan:
- Cuci piring by default adl tugas suami, biasanya subuh2 sblm siap2 berangkat
- Nyapu + ngepel cukup 2-3 hari sekali, gantian antara saya/suami (siapa aja yg sempet), biasanya pagi setelah masak-setrika (kalo baby ngga lg rewel). atau tiap hari tapi dikerjain ama si mimin automatic floor cleaner.
- Yg rutin disetrika cuma baju kantor suami & dress2 pergi Kayra (baju saya kalo bener2 perlu ajah)
- Ngucek bekas pup baby segera setelah selesai ganti popok (kalo cuma sehari sekali malah suka numpuk trus males)
- Belanja (grocery) dikit2 tapi bisa hampir tiap hari (tergantung kebutuhan) sekalian anter-jemput kakak (ada Yogya deket rumah/sekolah). karena ga pake kendaraan pribadi + gendong baby (ergo KW the saviour!), yg dibeli sekuatnya tangan aja...
- Makan sering bgt disambi... sambil masak ngunyah roti... sambil beberes rumah ngemil biskuit/cake, makan nasi sambil nemenin adek main2... sambil nyapu nyomot pisang...
- Buang sampah cukup 2 hari sekali (atau nungguin agak penuh biar ga boros kresek plastik), biasanya pagi2 sambil nyapu/ngangetin makanan).
- Apapun yg bisa delivery, delivery sajah! (mis. beras, telur, daging, cemilan, aqua galon, minyak grg, dll)
- Melatih si kakak utk bantu2 (matiin kompor, jagain/ajak main adek, rapiin mainan/buku, ambilin ini-itu)

yah....begitulah kira2...

Inayati, belum pernah tinggal lama di LN kecuali Singapura... emang serius bersih... debunya dikit, nyapu seminggu sekali pun masih oke... serangga jaraaaanggg... bisa jd krn saya tinggal di flat... bugs-nya pada ga nyampe ke atas... :) debu jg kejauhan...
kalo di Indonesia...hmmm...jgn ditanya deh... apa mungkin landed house srg lbh bermasalah soal kebersihan drpd hunian vertikal ya?

9

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

mummyhilya wrote:
Kira Kara semangat!!! dulu pas awal2 masuk kerja setelah punya anak, tiap hari bawaannya pengeeen bgt resign. mana cucian botol bnyk, clodi dicuci prt kurang sreg, ribet nyuci+steril BP+perintilan+botol kaca+botol minum. yg ada nangis2 sedih ga jelas. bersyukur adalah kuncinya.. alhamdulillaah anak2 dlm pengawasan org yg kita percaya, bersyukur anak2 tumbuh sehat dan cerdas, sayang mama-papa-eyangs.
*bighugs*


*hugs mummyhilya*

Thank you ibuu... benerrr.. bersyukur dan membersihkan hati.. saya sedang belajar adaptasi di "rumah" baru dan "keluarga" baru.. sangat tidak mudah karena berbeda background dan pengajaran. Jadi saya juga sedang belajar menerima dengan tulus kekurangan dan kelebihan tiap2 anggota keluarga.. semoga saya selalu bisa menjadi lebih baik.. thanks for the support..
Menjadi 3M memang "sesuatu" bangeeettttt... hehehehe...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

10

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

meiza..tertarik banget nyoba ngeringin baju yg pake 3 bola tenis tsb. Soalnya baju2 si kecil kalau dikeringin di mesin cuci (entah itu mesin cuci punyaku yg 1 lubang atau di rumah mertuaku yg 2 lubang), baju pada cepet bolong-bolongnya :(. Spinnya terlalu cepat, jd baju2 pada tarik-manarik, hasilnya jd melar dan ada robek kecil-kecil di bbrp bagian

avee..haduh mbak, jadwalnya padat merayap :D. Jadi inget waktu tinggal di balikpapan. Makan sambil disambi ini-itu. Sambil nyuapin anaklah, sambil nyuci baju, sambil masak air buat mandiin anak dsb.
Tapi hasilnya ada perubahan significan, dl waktu gadis aku bisa makan antara 15-30 menit. Sejak punya anak dan nyambi ini itu makan bisa 5 menit. Langsung telen2 aja :D.

Tapi sejak punya baby lagi, aku menyerah pakai jasa pembantu lagi karena kalau semuanya kukerjain sendirian tanpa pembantu, ASIku mampet-pet.. kayak pengalaman di anak pertama dulu. Aku pingin bisa nyusuin ekslusif si kecil minimal sd usianya setahun.

Kira Kara..jadi skrg masih tinggal di rumah mertua mbak?. Kalau iya sama dong. Hampir setahun ini aku juga tinggal di rumah mertua. IMO, kalau di rumah mertua pepatah "silent is gold" itu banyak juga benarnya. Kalau ga terlalu prinsip mendingan diam dan mengalah. Terus juga harus cuek, jangan segala sesuatu dimasukin ke hati. Kalau lagi sedih krn ada masalah, biasanya aku alihkan fokus dan perhatian ke anak-anak, batapa lucunya mereka *ngapain mikir hal-hal yg tidak penting*, atau curhat ke suami bila memang terlalu galau *bahasanya ABG banget :D*.

11

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

aku pengen banget lho merawat rumah sendiri.. ada kepuasan tiap membersihkan sesuatu sampai kinclong.. tapi anakku yang ngga mau. Seriously, arza bukan tipe anak yg bisa main sendiri, selalu ngintil dan minta ditemenin. bisa sih aku bersih2 sambil bawa arza di boba.. tapi blakangan dia mulai ga betah.. nangis2 melulu.. huhuhu..

akhirnya setelah penantian panjang, aku dapet ART full time.. dan arza happy banget dapet temen baru dirumah.. waqzz..

12

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Meiza, samaaa puas banget rasanya kalo beberes rumah sendiri trus hasilnya kinclong. Yah, walopun besokannya juga udah kotor lagi :p

Gw working mom dengan bayi 3 bulan. Dan ga pake ART karena denger cerita ART jaman sekarang aja bikin geregetan sendiri. Gw juga tipe orang yang ga nyaman kalo ada orang lain nginep di rumah gw (kecuali keluarga/temen deket ofkors).

Jadinya sekarang anak gw dijagain nyokap-bokap, yang gw impor langsung dari kampung halaman. Sisanya, kerjaan rumah handle sendiri, tapi cencu dengan beberapa tips dan bantuan seperti:

1. Cucian serahin ke laundry. Semua, kecuali undies dan baju bayi.
2. Masak pake sistem freezer cooking, 2 minggu sekali. Menunya pun 1 menu bikin 2 porsi biar praktis. Belanja isi kulkas juga otomatis ngikut jadi 2 minggu sekali.
3. Bersih2 rumah (ngepel, ngelap, sikat kamar mandi) seminggu sekali, Kamar mandi optional sih, sekotornya aja jadi bisa 3-4 hari sekali. Tapi sekarang lagi mau nyoba pake jasa housekeeping buat bersih2. Emang cost nya lumayan, tapi kalo seminggu sekali pakenya kayaknya lebih enak gitu.

Sekarang enaknya karena anak gw masih kecil, jadi masih banyak tidur dan bisa gw tinggal beres2 rumah. Dan nantinya pas puasa nyokap-bokap bakal balik ke kampung jadi gw bakal pake daycare. Yahh, karena gw belum nyaman dengan adanya ART/BS sih, jadi daycare masih jadi pilihan utama.

We'll see sampai kapan gw bisa bertahan tanpa ART, hehehehe

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

13

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

indriani budi utami wrote:

Kira Kara..jadi skrg masih tinggal di rumah mertua mbak?. Kalau iya sama dong. Hampir setahun ini aku juga tinggal di rumah mertua. IMO, kalau di rumah mertua pepatah "silent is gold" itu banyak juga benarnya. Kalau ga terlalu prinsip mendingan diam dan mengalah. Terus juga harus cuek, jangan segala sesuatu dimasukin ke hati. Kalau lagi sedih krn ada masalah, biasanya aku alihkan fokus dan perhatian ke anak-anak, batapa lucunya mereka *ngapain mikir hal-hal yg tidak penting*, atau curhat ke suami bila memang terlalu galau *bahasanya ABG banget :D*.


Yup, saya masih tinggal bersama mertua. "galau" kemarin kayaknya karena saya terlalu banyak diam, nurut dan terlalu cuek juga. Jadinya serba ngalah, yang ujung2nya saya sendiri yang kelabakan ketika hasilnya tidak seperti yang saya harapkan. Memang hanya bisa curhat ke suami, karena mertua saya jawa abis, jadi kalo menantu protes bisa "kualat". hehe...
Dan memang musti ada "diskusi" untuk mendapatkan kesepakatan bersama. dengan begitu kita bisa saling tahu dan paham karakter dan keinginan masing2. hehehe.. *lha kok OOT*

*biar gak OOT*
Tapi berkat Mama MErtua juga saya jadi banyak belajar menjadi working mom. Saya banyak belajar bagaimana membuat waktu yang sedikit menjadi berkwalitas bersama anak. Berkat Mama juga saya banyak belajar multitasking, karena mama orang yang cekatan sementara saya orang yang "santai" dan easygoing... saya juga tidak terbiasa memegang 3-4 pekerjaan sekaligus. maximal 2 pekerjaan dalam waktu bersamaan. tapi karena ada sikembar yang maunya nemplok sama bundanya, saya banyak belajar mengerjakan banyak pekerjaan dalam 1 waktu.
Masak makan pagi sambil menemani si kembar main "masak-masakan", menyiapkan mandi pagi si akung dan beberes. bukan hal mudah buat saya untuk lompat sana-lompat sini, karena saya orang yang fokus. Tapi seiring waktu dan perkembangan si kembar, semua bisa dipelajari. Hal yang susah bukan berarti tidak bisa dikerjakan...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Terharu...jadi pengen nangis baca thread ini. Soalnya sekarang rasanya badan dah remuk redam tanpa ART, hehe... Aku baru mau masuk kerja awal bulan mei setelah cuti melahirkan. Pas anak pertama sih pake ART, gonta-ganti karena yaaahhh...tau sendirilah, aku belom dapet ART yang bener2 memuaskan cara kerjanya. Jadilah pas anak kedua ini aku menguatkan diri untuk gak pake ART n lebih milih ke daycare aja. Tough decision karena disini aku sendirian gak ada keluarga, n suami juga kerjanya on-off gitu schedulenya. Jadi dalam sebulan dia cuma di rumah 1 minggu. Tapi aku dah bener2 trauma dengan ART, rasanya kok jadi malah gak betah di rumah sendiri klo ada ART. Dan lucunya aku ngerasa harus berbaikhati dan bermanis2 supaya ART-nya betah, padahal aku sendiri gak puas dengan kinerjanya! Hiksss... jadi OOT.
Anw, sekarang sih anak2 dah mulai masuk daycare dan alhamdulillah dah cocok sama pengasuh di sana, malah klo dijemput pada masih betah aja keliatannya. Seneng jadinya, mengurangi kekuatiranku :-) Karena belom masuk kerja jadi pas anak2 di daycare itulah saat2 aku beres2. Tapi nanti klo dah masuk kerja harus lebih belajar lagi manajemen waktu dengan baik. Klo sekarang sih rasanya semua mau dikerjain. Nantinya aku pengen gak terlalu ngoyo. Gak sempet masak ya beli, gak sempet nyuci ya laundry, gak sempet nyapu ngepel ya pake sendal dulu, hahaha... Pokoknya jaga2 kesehatan sendirilah, soalnya cuma bertiga sama anak2.Klo aku sakit bisa repot. Agak takut juga sih, tapi HARUS bisa.
Doakan ya mamas semua... Thank you dah sharing pengalamannya di thread ini, bener2 jadi penyemangatku ^_^

Loving my little family so much!

15

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

mama jadza i feel you. gue juga sekarang lagi maternity leave dan masuk di minggu kedua bulan may. gue sih disini ada maid ya, dan udah cocok tapi tetep aja selama ngantor gue ga mungkin ninggalin 2 anak sama satu orang, jadi anak yang pertama gue taro di daycare full time. tapi dari berangkat sekolah sampe pulang mesti gue yang ngurusin. jadinya di kantor mesti pinter2 manage waktu supaya bisa pulang on time, kalo gak kasian nanti yang gede dijemputnya kemaleman.

tough jadi ibu emang, apalagi tanpa support system. jadi semangat yaa.. saling mendukung!

btw, anak yang kedua juga ditaro di daycare?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

sLesTa, iya...anak kedua juga di daycare. Untungnya ada yg nerima mulai dr umur 3bln, n untungnya lagi dah mau nerima si dedek yg bru 2 blan 2mgg. Itu juga dah harus nebelin kuping dengar omongan orang2, kok tega banget ninggalin bayi di penitipan, bla-bla-bla. Tapi yah mo gimana lagi, ortu n mertua semua di Palembang n aku di Jambi. Disini gak ada saudara, bahkan suami juga kerja di Palembang. Kemaren pas cuti melahirkan pada nyuruh ninggalin si dedek di Palembang aja, ntar klo dah agak gedean dikit bru dibawa ke Jambi. Tapi aku gak sanggup deh klo disuruh pisah sama anak. Ada yg bilang egoislah, gak mikirin anaknya. Tapi menurutku yang egois itu klo kita cuma bisa ngelahirin tapi gak bisa ngurus. Untungnya suami juga beranggapan kalo yang terbaik bagi anak ya dekat dengan mamanya. Jadi bagiku selama suami mendukung, terserah orang mo ngomong apa deh.

Yang paling bikin sebel lagi itu klo ada yang bilang, ah masa sih gak dapet pembantu? Huuhuhuhu...pengen deh jedotin kepala tu orang ke tembok. Emangnya gak pengen dapet ART yang baek, sabar, bisa dipercaya, sayang anak n serba bisa? Kalo ada sih gak pake repot2 tiap hari. Tapi kan ART yg kayak gitu langka ^_^ Daripada bikin stroke tiap hari ngadepin tingkah ART yang gak jelas, mending belajar mandiri aja deh. HARUS bisa pokoknya, semangattt ^_^

Loving my little family so much!

17

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

mama_jadza i feel you juga mom..., sabar ya mom..., betul kesehatan jadi terasa berharga bgt n harus dijaga bgt, kalo salah satu sakit aja aduh super repot bgt....
kemaren juga sempet ngalamin begitu, ART berhenti setelah anak kedua umur 5/6 mo, langsung ngungsi ketempat ortu yg akses ke kantor jauh lebih cepat daripada ke rumah sendiri, masalahnya ortu 22nya masih aktif kerja, jadi ya taruh di daycare deh 1 toodler and 1 baby itu. tapi mom, krn aku pulang pergi kerja nae KRL jadi mereka kutaruh di beda daycare, si kakak di deket rumah dan si adek yg deket kantor. sekarang udah ada ART jadi si adek di rumah sekarang, kakaknya tetep di daycare biar mba nya gak terlalu repot.
waktu itu rasanya aduh kayak zombie bgt tiap hari, pulang pergi gendong baby di kereta, penyelamatnya adalah Cudle Me Carrier *Hore bgt!!. sampai rumah urus cucian-cucian bayi dan pakaian rumah dan tdk disetrika setelahnya kecuali udah keriting bgt :D , pakaian kerja/resmi di laundry biar gak usah nyetrika :D. tdk lupa sambil dilendotin 2 krucil tadi. terus nanti bangun tidur masak makanan bayi n berangkat lagi sambil gendong baby lagi.
waktu itu rasanya, jadi mbayangin kira kira 10 tahun lagi mengenang masa masa itu kayak apa ya...
waktu itu di daycare si adek ada ibu-ibu juga yg 2 anaknya dititip disana, todler n baby, dan suaminya juga kerja diluar kota. aduh...kasian banget...., karena kalo nggak ngerasain kadang kurang ngerti bagaimana rasaya menghadapi kondisi itu, soalnya suka digunjingin sama pengasuh dan ibu ibu lain, yg anaknya kurang di ini lah kurang di itu lah..., kasian ibu nya... :(
tapi sekarang jadi lebih tenang, kalau kalau sewaktu waktu ditinggal ART lagi udah ada alternatif nya n Insya Allah bisa lah menanganinya...

18

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

baca cerita mama2 di sini jadi terharu deh..
Jadi ibu itu penuh perjuangan yaa..cemunguudh! :)

dulu, waktu msh kerja kantoran, aku bener2 percayain semua ke org tua. Ada ART tapi memang cuma utk urus kerjaan rumah tangga. Kalo anak, dititip ke ibu ku. Setelah ibu meninggal, baru deh nambah BS. Dan setelah punya 2 anak, kakaknya rencana mau dimasukin daycare. Tapi begitu udah waktunya si kk masuk daycare, aku bikin keputusan besar: resign dari kantor dan beralih peran jd ibu rumah tangga. Deg2an banget..tapi gara2 baca pengalaman para mama TUM di sini, jadi pede :)

6bulan pertama jd ibu RT, BS diberhentikan, jd hanya pake 1 ART. Setelah itu, ART minta berhenti krn mau menikah. Jadinya sekarang pake jasa Mbak yg dateng seminggu 3x utk setrika pakaian. tugas utamanya setrika pakaian, kalo ada kerjaan lain yg ga terselesaikan olehku, kadang si Mbak jg ngepel atau cuci piring. Tapi jarang banget sih.
Kalo ga lagi sakit, biasanya kerjaan rumah selalu terselesaikan :)

So far merasa nyaman dgn Mbak yg pulang-pergi ini. Cukup merasa terbantu, krn kalo aku nyetrika sendiri, bisanya malem pas anak2 udah tidur. Itupun akunya udah ngantuk & keburu males, pengennya duduk2 aja ngobrol sama suami :)

Waktu awal2 jd ibu RT tanpa ART, rempong berat, semua2 dikerjain sambil nyambi2. Lalu kena tegur suami, krn aku jadi stress sendiri, katanya. Sekarang aku lebih santai & menikmati peran sbg ibu RT. Apa yg bisa dikerjain ya dikerjain, saatnya main ya main, saatnya istirahat ya istirahat, saat makan ya makan. Pokonya semua dikerjain berurutan, ga nyambi2.
Telat2 dikit ya gpp, toh ga kayak kerja kantoran yg harus sesuai target :)

Kerjaan rumah, masak & anak2 (mandi-makan-tidur-olahraga-main-belajar) saat weekdays jd bagian aku. Sedangkan kalo weekend, bagian papanya. Tapi gak baku harus gt jg sih..kadang aku jg yg ngerjain itu saat weekend, dan fun2 aja.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

19

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

baru sempet baca2 thread ini lagi. Jadi semangat untuk jadi ibu yang lebih baik lagi. Makasih ya inspirasinya moms!

pengen share, tapi ntar ya, mau mikir2 dulu bagian mana yang layak di-share hihihi..(bagian nangis tengah malem karena merasa jadi ibu yang kurang baik kayaknya malah unmotivated, ya? ;p)

happy Tuesday all..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

20

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

lagi serius baca thread ini sengaja ngubek-ngubek buat persiapan setelah melahirkan anak ke 2 nanti.. :D insyaallah maunya resign, pindah ke rumah sendiri (karena selama ini di rumah mertua, semuanya udah segala beres) , gak ada (belum) pake ART/BS..

nyomot dikit-dikit tips trik dan curcolnya hehe..

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

21

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

subscribe ah... kayanya bakal butuh inpo dari sini...

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

22

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Wow, thanks for the wonderful experiences you have shared here, moms. I am officially amazed !

23

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

Banyak ilmu deh dari thread ini..meskipun saya belum punya baby (lagi program) tapi bisa buat bekal nih..soalnya saya dan suami hanya tinggal berdua di Jogja..ortu saya di Kalimantan dan ortu suami di Bali..hahahaha..Dari menikah sampai nanti punya baby akan menghandle semua sendiri..semoga bisa....amiiiin

twit&ig : @tikatatum
enjoying married life with Mr. Molzki

24

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

tikatatum, semoga sukses yaaa programnya, aminnn..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

25

Topic: Multitasking Multiroles Mum (3M)

mbak ZataLigouw makasi dukungannya yak..hehehehe..

saya belum setahun menikah si..memang dr awal menikah sama2 sepakat untuk menunda dulu soalnya dengan kegiatan dan pekerjaan kami sekarang masih sangat ribet plus hanya berdua di rantau..

keadaan rumah tangga saya malah terbalik, saya yang bekerja di luar rumah (jam kantor) sementara suami bekerja dari rumah (freelance web designer). Untungnya rumah ke kantor gak begitu jauh (di jogja jalanan masih sangat selo hehehe ) jadi tiap istirahat masih bisa pulang masak buat suami makan siang.

Tanpa pembantu, kami berdua sampe saat ini saling bantu buat urusan rumah, yah meski terkadang rasanya saya yg lebih banyak ngurusin rumah hahaha..emang kodratnya yg punya naluri tanggung jawab ttg rumah lebih besar itu wanita.

Dengan keadaan bekerja seperti ini makanya saya tadinya mikir2 dulu mau punya anak..gak punya pembantu, suami di rumah..kepikiranlah nanti sama baby gimana..hahahaha..suami juga takut ngurusin baby..tapi akhirnya kami sekarang sepakat untuk punya anak dulu, untuk nanti kebelakangnya pelan2 dijalanin berdua.

saya sedang mencoba merintis usaha di rumah ni buat persiapan nanti kalau sudah positif hamil..soalnya biasanya kan cuti hamil dari kantoran gak lama..kalo menjanjikan kenapa tidak resign dan bekerja dari rumah..

Semoga berjalan lancarlah semua doa dan usaha saya..hehehehe

twit&ig : @tikatatum
enjoying married life with Mr. Molzki