1

Topic: Anak Takut Berjalan

zi sekarng udah 14m & masih takut jln sendiri, padahal sebenarnya udah bisa. kadang2 kl lg lupa, dia jln sendiri beberapa langkah, tapi kl kita yg suruh, zi ga mau, mlh langsung pilih ngerangkak aja, hiks :(

kl dipakein moon walk pun, pegangnnya aku lepas, dia tetap jln sendiri (mungkin ngerasa masih di pegangn kali ya, pdhl ga, hehe) jadi gemes...apalagi kl udah denger omongan2 ga enak, sebeeelllll *jadi curhat*

2

Topic: Anak Takut Berjalan

@netta dl fafapun gt kl kita ojok2 suruh jalan pasti dy ngerangkak.akhirnya ga pernah lg kita ojok2 suruh jln.tp dirumah kan sllu ada 2 sepupunya yg suka main sm abang dan meraka tuh kl main heboh,dr leluncatan ampe lari2an dan si fafa tiba tiba suka nimbrung dgn jalan pelan2 atau bahkan lari. Tp kita ga boleh teriakin fafa atau support krn pasti nanti dy bakal ngerangkak lg:d

Tp teuteup kl diluar rumah kudu di gandeng br mau jln:d meski cm sebagau formalitas

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

3

Topic: Anak Takut Berjalan

mamas....Jeff udah 12,5 bulan belum jalan juga...klo di titah semangat 45. apalagi klo manjat2 dan merambat. tapi klo dilepas berdiri dengan jarak 2 meter supaya jalan ke arah kita paling 2 langkah setelah itu langsung merangkak..
klo dorong dorong box mainannya yang ada roda gt sih suka.
duuuhhh...harap harap cemas nih...soalnya anaknya kakak ipar 11 bulanan udah jalan. #maafkan mama mu yang terintimidasi ini, nak#

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

4

Topic: Anak Takut Berjalan

moms, rayhan sudah 18 bulan masih belajar jalan, jalannya belum lancar, waktu 17m3w dia udah mulai melangkah sekarang kalo di rumah kadang dia berdiri dan jalan, tp masih sering merangkaknya, kalo keluar harus digandeng meskipun sebenrnya pegangannya cuma ke telunjuk. ada temen yang nyaranian ke klinik tumbuh kembang, gimana mom?soalnya sebulan yg lalu ke dokter surug tunggu sampe 18 bulan, telinga udah panas dan gatel sama pendapat orang tua nih...#salam kenal ya, saya selama ini silent

@sricandra

5

Topic: Anak Takut Berjalan

Hai Mamas. Just for share, ini hanya berdasar pengalaman saya saja yaaa... Dulu takut jalan juga terjadi sama salah satu kembar saya, KIRA. KIRA lebih dulu bisa melangkah dibandingkan kembarannya KARA. Tp ujung2nya KARA lebih dulu bisa lancar jalan,karena KIRA takut jatuh. jadinya cuman mandangin adiknya jalan atau minta bantuan di pegangin tangannya. Pdhl dia sudah bisa jalan sebenarnya. Cara saya memotivasi KIRA antara lain:

Dengan roti regal kesukaannya. Dulu dengan mainan, tapi dia agak males responnya. Tapi begitu saya pegang regal, dia bisa tiba-tiba berdiri dan nyamperin saya. whooalla... akhirnya nemu regal buat dijadikan pancingan. Dia bisa berusaha meraih regal sambil ketawa-ketawa sementara saya terus mundur untuk memperpanjang jarak jangkauannya. Akhirnya sampai pede dia jalan pelan-pelan di dalam rumah. Oh iya, dulu bahkan dia merasa sangat PD kalo jalan diatas karpet. Bahkan terjatuh pun dia masih bisa ketawa-ketawa. Ini bisa dijadikan awal memperlancar jalannya, dan membangun percaya dirinya.

Begitu diajak jalan di depan rumah yg pake paving, kembali dia melakukan aksi minta gandengnya. biasanya ini dilakukan karena dia gak pede, atau takut jatuh. Yang saya lakukan saat itu membuatnya merasa percaya diri dan merasa aman. Saya bilang sama KIRA kalau bunda ada di belakang, nanti kalau mau jatuh bunda pegangin biar gak sakit. Awalnya memang dia gak merespon dan terus minta gandeng. Tapi pelan-pelan saya lepaskan, saya jalan dibelakang/sampingnya, begitu dia oleng langsung saya pegang lagi. Meskipun olengnya sebenarnya kita tahu itu gak bakalan jatuh, tapi tetep saya tiba2 pegang, untuk membuat dia merasa lebih percaya diri. Lama-lama kalau dia merasa percaya diri, maka akan makin asik maen dengan teman2nya di dpn rumah dan lupa bahwa tadinya dia takut. hihihi.. akhirnya skrg usia 16 bulan KIRA-KARA alhamdulillah sudah lancar jalan.

Saran saya:
1. Jeli, cermati dan amati makanan/mainan/benda/hewan/apa saja yg dapat merangsang motivasi si kecil, atau membuat si kecil penasaran, ingin tahu dan mendekati Mama.
2. Tumbuhkan rasa percaya diri pada si kecil dan ciptakan suasana aman, sehingga si kecil akan merasa asik dengan berjalan.
3. Berikan mainan yang asik di gunakan dengan berjalan seperti bola, kereta dorong mini, memindahkan mainan dari satu kotak ke kotak lainnya yg agak jauh dengan berjalan, atau ide permainan apa saja untuk melatih memperlancar jalannya.

HTH ya Mamas...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Anak Takut Berjalan

moms mau curhat nih, ken 12mo udah titah umur 10mo, bukan ortunya yang maksa sih anaknya aja udah berdiri2 pegangan bibir tempat tidur ato meja ( merambat ), klo dititah seneng banget bahkan sekarang sangat tidak tahan di gendong kelamaan pasti dia rewel minta turun, tapi si ken ini kalo dititah kakinya jinjit dan maunya jalan cepet langkahnya lebar2, telapak kaki klo di belajari menelapak dengan lantai pasti dia berhenti jalan klopun jalan pasti balik lagi jijit, sedangkan klo lagi merambat2 berdiri telapak kakinya menapak lantai dengan sempurna, aku belum konsul ke dokter sih cuma klo malam aku pijat2 aja telapak kakinya, harapannya smg ini sementara aja :( mamas mungkin ada saran

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

7

Topic: Anak Takut Berjalan

Tariquennel, gapapa sih ya menurut saya, anaknya baru saja jalan kan? Amati saja hingga sebulan ke depan pasti dia semakin mantap keseimbangan dan menemukan ritme jalan dgn menapak. Kadang anak yg baru belajar jalan aneh memang menurut pandangan orang dewasa, dalam menjaga keseimbangannya. Jinjit juga byk dilakukan anak kedua saya ketika belajar jalan dulu. Sekarang jalan dgn sempurna menapak.

hari ini adalah hari baik

8

Topic: Anak Takut Berjalan

Tariquennel, it's normal. baby gw sblmnya juga acara jinjit2 an. pada dasarnya baby sdh mulai belajar hati2, kalo jatuh pasti sakit. Coba utk sementara lantai buat dy belajar jalan di tutup karpet busa yg tebal (apa sih namanya). Kasih kardus/box/kursi kecil spy dia belajar menggerakkan kakinya, tapi awasi biasanya kalo uda bisa, pake acara ngebut hahahaha. Sblmnya babyku kalo di lantai yg gak ketutup karpet, gak mau jalan, giliran di karpet, mau kebanting bbrp kali jg ttp belajar jalan.

@lina_moi

9

Topic: Anak Takut Berjalan

tari quennell

Dulu waktu bawa KIRA ke fisioterapis saat KIRA "ngesot", terapisnya menyarankan melatih menapak menggunakan babywalker. Babywalker ini digunakan untuk membiasakan kaky baby menapak dengan benar. tentunya harus dengan pengawasan yaa...
Saya pun sempat melatih KIRA menggunakan baby walker saat jalan. Memang tidak lama sih, setelah telapak kakinya mampu menapak dengan benar baru saya titah biasa.
Oh iya, kata terapisnya dulu penggunaan moonwalker juga bisa menyebabkan memiliki efek samping bayi jadi berjinjit jalannya, karena posisi badan yang melengkung. Jadi saya lebih memilih titah manual dan beresiko pinggang serasa mau patah.. hahaha...
well, mungkin ini hanya perbedaan cara pandang ya Mom.. tapi mungkin berguna. So far, saran tersebut diatas sangat membantu saya saat melatih kira-kara jalan.
Hope it Helps yaa..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

10

Topic: Anak Takut Berjalan

namila, me-arthur, kira-kara TFS :) kmr ken aku beliin moonwalker waktu di coba kok nggak tega ya badanya masih mleot mleot ( halah bhs indo apa ya ;P ) . oya aku juga nyoba pake baby walker yang di dorong eh nggak dia dorong malah di naiki, bikin spot jatung aja ;( akhirnya titah manual yah lumayan bikin encok kemeng heeee. makasih mom sarannya, semoga ken dapat segera menapakkan kaki tanpa jinjit :)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

11

Topic: Anak Takut Berjalan

Sama kaya jeff-nya mommiejeff, anakku (12m) juga belum berani jalan sendiri, masih titah-titah semangat 45 dan udah ajeg, tapi begitu dipanggil cuma 1-2 langkah lalu gak sabar, kembali merangkak...

Emang sih bbrp anak udah lancar jalan umur segini, tapi segini aja udah bagus menurutku, yg penting badannya udah ajeg, napaknya udah mantap..tinggal ditumbuhkan pede dan kesabarannyanya aja buat melangkah..pe-er buat mama, siapin counterpain ya, ma hihihi

Pernah denger late walker usually smarter? :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

12

Topic: Anak Takut Berjalan

mom yg anaknya baru 12bln kayanya ga usah khawatir deh, masih normal ko sampe 18bln anak blm bisa jalan dengan benar, ga usah banding2in sama anak lain, usia rata2 anak2 jalan tuh 1tahunan ko, kl yg 11 bln udh bisa jalan itu justru luar biasa, tp biasanya anak2 cepet ko mengejar ketertinggalan, misalnya br bisa jalan umur 14bln tapi langsung bisa lari diumur 15bln, ada yg jalan dari 12bln tp br bisa lari umur 18bln. Jadi jangan dipaksain, yg penting jangan bosen ngasi stimulasi.

13

Topic: Anak Takut Berjalan

mamas mau sharing yah,

bebe D kalo dititah sih sudah dari 10M, untuk merambat mulai jago dari 11M. namun bebe D ga pede kalau jalan sendirian, apalagi ditontonin...mending dia merangkak deh.

berhubung bebe D setiap sabtu ikutan baby class, guru - guru nya info bahwa memang sepertinya bebe D kurang pede untuk berjalan sendiri dan prefer merambat / merangkak. tapi, jika bebe D lihat teman temannya jalan...wah semangat tuh menirunya apalagi kalau nemuin barang yang memang bisa didorong dorong sehingga memudahkan bebe D berjalan. oh ya, bebe D juga tahu kalau di karpet tuh kan empuk yah, jadi dia berani coba jalan sendiri namun kalau di lantai tentu nya prefer merangkak hahaha.

bebe D sekarang sudah bisa jalan sempurna ! alhamdulilah ! tepat seminggu sebelum ulang bulan yang ke 15 (Dec 23 kemarin bebe D usianya 15M).

bayi tahu waktu yang tepat kok mamas, saran saya kasih kursi plastik yang ringan atau mungkin kursi kecil seukuran mereka biar bisa stimulasi berjalan.

peluk dari bebe D ! semangat mamas...

Mommy bebe D & baby K
Nothing beats your smile!

14

Topic: Anak Takut Berjalan

eeeh kelewatan baca postingan mbak tari quennell santai aja, mbak. hilya juga udah bisa jalan dari umur 11 bulanan. tapiii, sekarang jadi gak berani jalan sendiri, soalnya keseringan merambat. *fiuuh* apalagi kalau ditonton atau diperhatiin. pasti manja minta di tuntun 1 tangan atau pegangan ujung baju untuk formalitas.
Padahal, kalau dicuekin dia berani jalan sampai jauh. lucunya, dia jalannya suka sambil bawa barang. kl ga ada yg dipegang 2 tangan gak berani. kl 2 tangannya bawa benda (mainan, buku, balon, remote tv) dia jalan sampe kemana2. so, intinya.. gpp, yg penting ada progress. *postingan menghibur diri sendiri*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

15

Topic: Anak Takut Berjalan

mba Tariquennel,
kinan, anakku kedua, sekarang 1 yo, waktu awal awal bisa jalan sendiri juga jinjit. kadang2 jadi was was nya.. apalagi aku sempat pakaikan baby walker, walau ngga sering.
tapi gak apa2, lama lama dia nginjek tanah dengan bener kok. itu hanya proses aja menurutku, mungkin pertama tama dia merasa aneh dengan telapak kakinya, tapi lama lama tidak.
melatih kedua anakku jalan, aku biasanya pancing dengan benda2 yang dia suka, or with a big hug & smile. biasanya dia langsung doyong doyong menuju ke arah kita. lalu ketika dia sudah bisa 5 langkah, aku biasanya biarkan dia jalan barefoot diatas rumput pagi2. kalau jatuh, saya biarkan (selama tidak terantuk batu/ lainnya yg membahayakan).
sampai sekarang si kinan hobinya exploring kebun & garasi. kadang saya biarkan dia jalan sebentar tanpa sendal supaya merasakan ground yang berbeda2, rumput, batu, konblok, tanah, dll.

bookworm & a silly working mother

16

Topic: Anak Takut Berjalan

until now nathan(13m) blm berani jalan sendiri tp kalo dorong kursi plastik, galon aqua ato di titah udah ngebut aja jalan nya..kaya ny sih nathan takut gitu buat jalan, kalo pas udh berdiri tanpa pegangan mo melangkah lsg ky takut n khir ny lsg duduk...yah berdoa aja ni emak ny sambil tetap stimulasi supaya cepat jalan nya..

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

17

Topic: Anak Takut Berjalan

hai mom.. sharing juga ya..

anakku bisa berdiri usia 12 bulan. Tapi takuuut banget kalau rambatan. Hal ini berlangsung sampai usia 14bulanan *kalo ga salah inget :p*
Dan sampai usia 16 bulan dia gak mau dititah..

Tiap mau dititah pasti langsung naikkin kedua kakinya sehingga posisi dia jongkok sambil ngegantung di tangan kita

Udah distimulus pakai mainan, kursi, alat dorongan, babywalker..semuanya gagal..yang ada anakku duduk sambil maju-dorongin benda tersebut..hihii

Aku perhatikan kalau di karpet atau kasur dia mau rambatan dan dititah.
Lalu dicoba juga sama ayahnya dititah di rumput and with barefoot..
Katanya si ayah supaya kakinya geli dan sensornya diterima sama akhtar..
Eh dia mau!
Dicoba di aspal juga kuat dititah sampai lewatin 2 rumah.. Apa enak kali yah, ada sensasi kasar-kasar di telapak kakinya, jadi kayak di terapi..hihii
Di garasi juga hayuk ajah dititah sampai ke depan rumah. Tekstur lantai garasi rumahku gak mulus, ada batu2nya gitu..
Herannya kalau di lantai/ubin akhtar tetap gak mau.
Mungkin karena anakku dulu sering jatuh atau kepeleset waktu merangkak.. Jadi dia pahamnya kalau jatuh di lantai itu sakit..Hehee :D

Anakku sekarang usianya 17 bulan, dia udah mau jalan..
Tapi teteppp..maunya kalau di karpet sama di matras atau di garasi :D

18

Topic: Anak Takut Berjalan

Aduhh trnyata banyak bgt yg senasib yahh,rakha 15 bulan jugaa..udah dipancing mainan,dll tetep aja maunya dipegang satu jari,klo dilepas langsung jongkokkk

19

Topic: Anak Takut Berjalan

annisarakha , dipancing aja terusss... kasih semangat juga dan tanamkan percaya diri bahwa dia bisa.

pengalamanku, Katya udah bisa berdiri, rambatan, malah melangkah 4-5 langkah cepat-cepat sejak 9m. 10m udah ditatah. kakek-neneknya meramalkan dia bisa jalan sebelum usia 12m karena bundanya begitu dulu.

memang pertumbuhan dan perkembangan anak itu beda-beda, jadi first confidence steps-nya Katya itu di usia 3d to 13m. sebelumnya, asli dia irit banget mau jalan sendiri. tiap hari disemangati untuk jalan sendiri, dipancing dengan segala macam mainan, boneka, makanan, ga mempan. kalo dipancing jalan, langsung jongkok dan milih merangkak. atau mencari pegangan untuk merambat. somehow, Katya ga pernah minta ditatah atau digendong kalau lagi dirangsang untuk jalan sendiri, dia milih jongkok kemudian merangkak.

until one day, dia jalan dari box (sebelumnya rambatan megang box) ke sofa, kira-kira 6 langkah. langkahnya ga seperti biasa yang buru-buru. malah hati-hati banget one step at a time. tiap langkah dia bergumam "eu, eu, eu". selang beberapa menit, saat jam tidurnya aq pancing lagi untuk jalan dari pintu kamar ke kasurnya, another 6 steps. bangun tidur, Katya aq bawa ke luar rumah, pakein sepatunya, dan dia jalan di jalan depan rumah. saat goyang dan jatuh, dia bisa nahan badannya dengan tangan, alhamdulillah ga sampai tersungkur. sore itu juga dia bisa berhenti jalan-jongkok-mungut daun kering dan batu kerikil sebesar kacang tanah-berdiri tanpa pegangan, lanjut jalan lagi dengan daun dan batu masih di tangan.

Mother of Katya and Karim

20

Topic: Anak Takut Berjalan

Bundokatya,tuhan kayaknya dengerin doaku nihh..paginya curhat di forum,malemnya rakha langsung mau jalan..dan skrg dia jalan melulu..sesuatuu bgt yahh mom liat anak bs jalaannn ..terharuuu

21

Topic: Anak Takut Berjalan

marsha udah bisa titah dari 12m.. sekarang 13m tapi kalo kita liatin dia mau ga mau jalan,pasti merangkak lg.. dipancing pake apa jg pasti balik ke merangkak.. tapi pernah aku lg meleng ga liatin dia,dan di bnr jalan ada sktr 4 langkah lah.. pas diliatin diminta jalan lg lgsg merangkak lg >_<

22

Topic: Anak Takut Berjalan

Anakku 12m belum mau jalan padahal ngerambat udah mantep jalan sambil pegangan udah mantep cuma kayaknya masih takut tetep aku latih kalo habis mandi sore aku pijet kakinya pelan2 kemaren aku beliin moonwalk lumayan ngebantu buat belajar jalan meskipun belum bisa jalan sendiri ehehehe paling enggak tetep dilatih deh dan lumayan masukan dari mommy2 disini nanti aku coba deh :)

Tqu para mommy :)

23

Topic: Anak Takut Berjalan

jangan khawatir moms...ponakanku baru bisa berjalan pas usia 2 thn, anakku aira mulai merambat usia 10 bulan, dan usia 12 bulan udah bisa jalan walo masih kadang terjatuh2..dan sekarang (15 bulan)kalo kemana2 maunya jalan, pernah dipakein stroller dari anaknya adikku, tapi dia keukeuh minta turun....mungkin dia masih excited dengan rasanya yg udah bisa jalan, hari minggu kemarin abis dari ultah temennya yg berjarak 300 meter dari rumah, dia berjalan dan di tuntun bapaknya...

simple mom

24

Topic: Anak Takut Berjalan

anakku umur 8mo berdiri di cribnya, umur 1th br bs langkah sedikit2 dgn dipegangi, sblmnya dorong2 kursi. skrg 14mo udah lumayan jalannya, ga mau dipegangi, udah bbrp kali kejedot & jatoh, sampe bibirnya berdarah 3x, jidat biru tp ga benjol 1x. pd dasarnya tiap dia jatoh gue berusaha ga panik walau berdarah, keep calm & ks pertolongan pertama ga pake jejeritan (biasanya ks nenen).
si anak ga pake trauma abs jatoh jalan lg deh dia :-)

25

Topic: Anak Takut Berjalan

ikut ikuutt.. raka 2 hari lalu ulang taun, jd udah bisa nimbrung d tret toddler deh :))

mulai dititah umur 7 bulan, sempet pede bakal cepet jalan ni anak. eh ternyata masi takut2 aja sampe sekarang, padahal ga pernah jatuh or kejedot yang sampe bikin trauma gitu

sekarang maunya gandeng tangan 1, udah pinter nyari tangan, kalo kita sembunyiin tangan ngamuk dia :D sempet jalan sendiri sampe 10 langkah. tapi ya itu, masi suka ga pede/takut. gapapa nak, sak senengmu aja sing penting segera bisa jalan sendiri :)

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303