1

Topic: Knowing Financial Instruments

suasti wrote:
Aishaa

Sama" , ah aku cm belajar lebih dulu, nanti mungkin dirimu yg lebih pinter kan konsul ke fp :) , tujuan yg paling gampang dibikin itu ad dua, satu dana pensiun, dua dana pendidikan anak, inget inflasi mom, n itu ga kekejar dgn bunga tabungan aja, inflasi pendidikan itu bisa mencapai 20%/taun,serem ga tuh? Trus walaupun dpt pensiunan dr kantor,bisa aja nanti ga cukup, gara2inflasi ini jg, jd aku rasa nentuin tujuannya ga susah. Beli RD asal milih MI yg bonafid, aum tinggi, terdaftar dibapepam, kinerjanya sesuai benchmark, klo rd saham : ihsg, aku rasa, untuk jangka panjang,diatas 5 taun, cukup aman, awal2 aku jg deg2an,merah dikit panik, was2,tp makin kesni,makin tenang,karna aku tau apa yg aku beli :)


Kolom finance dibagian atas forum ini bisa jd sumber belajar jg lo, yg warnanya pink keunguan itu, sampingnya parenting


suasti

aduh say, itu dia yg paling ngeri = INFLASI, masyaAllah kmrn sodara2ku pada ngomongin skolah, terus terang aku minat bgt skolahin anakku yg bilingual inggris-indo.. tau sendiri kan standart harganya berapa.. apalagi + INFLASI ituuuuu huhuhhuhu.. makanya nih aku lagi semangat2nya mom nabung.. mudah2an tercapai deh.,,, AMIIINNN hihihihihi

2

Topic: Knowing Financial Instruments

Hai Aishaa,

gw pake QM. Fee-nya tergantung dari jumlah aset lancar kamu. Yang paling kecil kalo gak salah 4.5-5 juta setahun, udah dengan plan yang komprehensif, eksekusi dan report.

thread ttg FP ada di sini

kayaknya kamu udah involve juga yah di thread FP? :)

uminya Rafisqy Raefal

3

Topic: Knowing Financial Instruments

Mamas, klo ada dana nganggur, mending di simpen di deposito or beli obligasi or beli reksadana yah? Rencananya br mau di pake 2 thn lg.
Mohon petunjuknya yaaa..

4

Topic: Knowing Financial Instruments

?

UmanyaAtha

Balik lg ke tujuan apa? Profil resiko? Imbal hasil yg diinginkan, afaik deposito itu paling tinggi bunganya 5-6%/thn kecuali BPR mungkin sampai 7-8%/th tp syarat dan ketentuannya ad dan kadang ga smua BPR dijamin lps, obligasi sekitar 6%/th, rdpt ad yg sampe 10%/ th, tp fluktuatif hasilna, klo ori dan deposito ga :D , silakan dipilih, hehe ga bantu ya?

5

Topic: Knowing Financial Instruments

Mom...mau tanya, klo mau ikut yang di commonwealth harus jd nasabah dahulu ya? trus harus datang ke bank nya langsung yak? ndak bisa secara online untuk yang pertama kali?

Thanks in advance.

6

Topic: Knowing Financial Instruments

suasti, akhirnya dipake utk top up reksa dana dmn IHSG lg terjun bebas hr ini :D

blank903, hrs jd nasabah dl. Utk beli saham RD baru jg hrs dtg ke banknya dl, baru utk top up bisa melalui online. HTH

7

Topic: Knowing Financial Instruments

UmanyaAtha

hehehe, pilihan yg tepat, btw bukan saham rd say, tp rd saham. hihihi

dulu bisa beli pertama via online dgn catatan pnya rekening commbank, tp skarang udah ga, harus datang ke bank untuk pertama x, top upna bisa online, ada diskon fee beli 50 %

8

Topic: Knowing Financial Instruments

wah keren2 emak disini.
mau sharing tentang instrument investasi keluarga aku. baru2 ni kami invest di 5 RDSaham yg syariah ma 1 RDC di commbank. enak, jelas cs nya waktu nerangin, gak kyak bank satunya. di commbank jg dapat disk. 5% kalo RD nya ada subcription fee nya.

performa tentang RD kami liat di bloomberg, disitu disajikan dalam bentuk kurva dan bisa di compare sama jenis RDnya. misal waktu itu kami bandingin BNP paribas ma manulife dan hasil terlihat BNP paribas lebih bagus performanya.

invest lain dalam bentuk deposito ma LM. msh melirik dinar,franchise sama property *mshdlmriset

??Keep trying 2be a best mother?? (^.^)

9

Topic: Knowing Financial Instruments

Barusan nyimak TLnya Ligwina Hananto tentang naiknya dollar. Dan mbak win jawab juga kalo investasi dgn tujuan dapend di LN, ya mulailah nyimpen dlm bentuk mata uang negara tujuan. Kalo tujuannya Euro, mending dikemanain yah? Ditabung dlm bentuk Euro/dollar? Kalo RD ke mana ya? Ato ada masukan instrumen lain utk tujuan 16-17th mendatang? Makasih moms...

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

10

Topic: Knowing Financial Instruments

habis baca artikelnya Fitri Noeriman di TUM yg judulnya 'ORI 010 atau KW 010' langsung tertarik. adakah mama di sini yg sudah pernah berpengalaman dgn si Ori ini? kan penawaran perdananya sudah lewat. terus ada lagi kapan ya? dan kalau mau beli di pasar sekunder katanya kan harganya juga beda. seberapa beda ya mom? TIA :)

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

11

Topic: Knowing Financial Instruments

Urban mama dan papa ada yang mengerti soal bit coin?

12

Topic: Knowing Financial Instruments

IndriBracov boleh bantu jawab ttg ORI ya Ma. Jadi ORI ini diterbitkan oleh pemerintah RI, ada lagi kapan kita nggak tahu. karena pemerintah tidak menerbitkan secara reguler. terakhir ORI-10 jangka waktu 3 tahun. kalo mau beli di pasar sekunder bisa melalui sekuritas atau bank. harganya tergantung harga penawaran saat itu berapa. Karena sama seperti saham ada bid dan offernya. hth

God sent an Angel which is call Mother

13

Topic: Knowing Financial Instruments

hi moms, baru liat nih thread reksadana. Belakangan ini aku lagi mempertimbangkan reksadana yang mau kuambil (lagi)... setelah mempertimbangkan banyak opsi aku minat sama grow 2 prosper punya corfina... ada yang ngambil itu ga yah? Bisa di share yah review kinerjanya? Trus aku agak bingung mau beli dimana? Soalnya kayanya yang kudapat dari hasil googling belinya ga bisa di bank tapi langsung di manajemen investasinya... Ada yang bisa kasih saran ga yah? Thanks

14

Topic: Knowing Financial Instruments

hai efatalia,
Kalau untuk reksadana, informasinya lebih banyak di thread ini.
Coba dibaca disana, kali aja sudah ada yang pernah share soal grow 2 prosper..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Knowing Financial Instruments

Jadi mau curcol niih, aku nyeseel deh pake unit link di AX* Bank Biru, hiks. Dulu di kantor yang pertama karena disuruh bikin penempatan dana pensiun sendiri dan masi polos banget soal rd dan investment jadi ambil gampang aja ke bank yang ada di 1 gedung sama kantor. Setelah 2 taun aku resign, dapet beasiswa, 4 taun nggak nyentuh2 perkembangan si unit link, hanya rajin transfer aja karena masih bisa e-banking. Pas balik ke Indonesia, aku cek NAB ke cs-nya, hiyaa qo kecil banget yaa, abis bayarin premi di awal2. rugi sampe 50% daripada kalo aku nabung biasa. Mau diambil sayang banget, jadi sekarang mau nunggu sampe dapet break even pointnya yang kira2 5-6taun lagi prediksinya, rugi2 dikit, langsung cabut.
Kalo dipikir2, ngapain juga ya ambil investasi gabung sama asuransi, toh asuransi udah ditanggung sama company ini, malah kantorku yang kedua sekarang medical budgetnya gede banget, hiks.

16

Topic: Knowing Financial Instruments

mom,,kabochacake..iya nih saya juga senasib sama mom.. mana saya malah punya banyak, saya, adik saya, anak saya jadi total ada 4 orang termasuk saya yng terjerumus dalam model asuransi berproteksi plus investasi. hiks..sedihnya...karena asal ho ah ho oh aja..asal percaya aja sama teman gag taunya malah dongkol. bingung gimana harus stop ato lanjut..kalo lanjut mau ganti model seperti apa yah..saya ambil asuransi + investasi di a*alife

17

Topic: Knowing Financial Instruments

untuk reksa dana sih, gue milih reksa dana terproteksi untuk pendidikan anak gue. gue beli di D*S