1

Topic: Pengurusan Passport

Yuhuu..

Anggota baru nih.. salam kenal yaa..
Maun tanya donk.. kalo KK nya gak jadi satu masih bisa diurus gak ya?
Soalnya suami masih ikut KK ortunya dan aku masih ikut KK ortuku.. soalnya kita niat bikin KK kalo udah pindah rumah sendiri (sekarang emang masih tinggal dirumah orang tuaku). Akhirnya untuk mempercepat proses mendapatkan NIK-nya Disa, anakku dimasukan KK neneknya (ibuku) sebagai cucu dan ibunya aku.

Jadi KK kita misah, aku dan anakku satu KK numpang KK ortuku, sedangkan suami masih KK ortunya. Mau urus2 perpindahan pun agak sulit karena suamiku lagi dinas keluar kota, sedangkan waktu mepet.

Apa better nyari bantuan calo ajah ya? soalnya udah tinggal 2 minggu brgkt.

Thanks for sharing dan infonya

2

Topic: Pengurusan Passport

umsty, berhubung udah mepet, yah sudah minta bantuan aja, soalnya musim liburan gini, di imigrasi aslinya ngantri banget say.

3

Topic: Pengurusan Passport

mamas, apa benar sekarang kalo pergi umroh/haji, nama di paspor harus terdiri dari 3 kata? misal Katie Noelle Holmes instead of Katie Holmes. karena kemarin dibilang harus isi form tambah nama.. dan itu juga berlaku utk beberapa negara lain (???).

kata petugas imigrasi, selain ditambah nama ayah/kakek, bisa juga ditambahkan nama belakang suami, sbg family name.

4

Topic: Pengurusan Passport

umsty Berdasarkan pengalaman, calo itu rada ga guna sih buat ngurus passport... Maksudnya kalo emang di persyaratan resmi ga bisa ngurus passport kalo pisah KK, si calo juga ga bisa ngapa2in. Dia cuma mempercepat antrian waktu di kantor imigrasi aja, semua persyaratan dan prosedur yang harus dijalanin sih sami mawon.

Dan sebetulnya 2 minggu itu sih cukup banget buat ngurus passport asalkan semua syaratnya lengkap, pengurusan passport cuma butuh sekitar 5 hari kerja kok. Tapi kalo emang males antri atau antrian di form online lagi banyak, bisa aja ke calo/travel agent.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

5

Topic: Pengurusan Passport

rieda, kalo umroh/haji sih emang gitu, harus ada name-middle name-last name. biasanya sih banyak yang pake nama ayah.

6

Topic: Pengurusan Passport

makasih missasoen. baiklaaahh.. berarti ngurus tambah nama ini penting ya.. heran kenapa ko di kantor imigrasi ga dikasih pengumuman! untung nanya dulu..

dulu masih pake paspor khusus haji yang pake binti di belakang nama. jadi sekarang ga ada keterangan binti itu ya? cukup dengan surnames/last name aja? gimana ya kalo surnamesnya bkn nama ayah?

7

Topic: Pengurusan Passport

rieda, kayanya ga masalah yah kalo bukan nama ayah juga, nama suami misalnya bisa juga dipake.tapi lebih baik coba dicek lagi juga dengan operator tour umrohnya, mereka harusnya bisa assist hal yang kaya beginian. udah termasuk bagian dari service mereka juga lho, supaya lancar dan umrohnya mabrur ^^ amiiien

8

Topic: Pengurusan Passport

Bener bener highly recommend bikin paspor online, apalagi buat si kecil.
Keuntungan apply online cuman satu yang nyata ; antriannya misah sama yang antri offline. dan ga usa ngisi formulir dikantor imigrasi. Dateng mepet sama jam buka Kantor Imigrasi, dapet nomer urut 2 :) Tapi tetep ya, ada proses nunggu untuk antriannya dibuka lagi. ( why oh whyyy.. )

Urutannya :
1. Siapkan KK, Akte Lahir, KTP Ortu, Buku Nikah Ortu.
2. Scan semuanya, item putih aja.
3. MAsuk www.imigrasi.go.id, cari tab Layanan Publik >> Sub tab Layanan Online >> Layanan Paspor Online, tar masuk ke INFORMASI PERMOHONAN, pilih PRA Permohonan Personal
4. Isi semua kolomnya dengan benar, untuk nomer identitas anak, masukin NIK anak di KK.
5. Setelah isi formulir, naa..mulai tu masukin / upload dokumen2 tadi.
6. Setelah semua keupload, selanjutnya pilih Kantor Imigrasinya, dan tanggal pengurusan paspor. Disini kalo milih Kanim Jakarta Selatan, baru bisa sebukan kemudian :P, kalo Jakarta Timur/Pusat/Barat bisa langsung the day after ( kecuali weekend )
7. Masukin captcha code ( yg tulisan ga jelas itu lho )
8. Nunggu 1 menit, lalu ada ucapan terimakasih atas permohonannya aplikasi online, dan ada link Bukti Permohonan
9. Klik Linknya, langsung mendownload .pdf file yang isinya Bukti Permohonan.
10. Print Permohonan.

HARI H
11. Dihari kedatangan ke KanIm, bawa print2an Bukti Permohonan, dan Surat2 Asli dokumen yang diupload kemaren. Kalau bisa, bawa dokumen lain. ( kemaren ga upload buku nikah, akhirnya balik ngambil buku dulu )
12. Begitu sampai, minta ke satpam nomer urut. Setelah ambil nomer urut baru :
13. Ke Koperasi Imigrasi beli Map + Formulir + Sampul Paspor. Harganya 7000. Kalo uda daftar online enaknya..ga perlu isi formulir. Kosongin aja.
*lupa* beli 1 formulir lagi untuk pernyataan suami istri ( bilangnya form buat paspor anak )
14. Fotokopi KTP ortu di kertas A4 jangan dipotong.
15. Masuk gedung, tunggu dipanggil buat verifikasi dokumen sesuai urutan dateng.
16. Jam 8 kurang, akan dipanggil satpam buat dicek sekilas dokumennya, terus ditanya online atau offline, lalu dikasi nomer urut berdasarkan itu.
17. Jam 9, loket verifikasi dokumen baru buka. Ada 4 loket, 1 loket buat online, 2 loket buat offline, 1 loket lagi buat ambil berkas/formulir nomer urut bayar. ( apaa pulaaa.. )
18. Karena online, langsung dipanggil ke loket 2, tunjukin dokumen print out Bukti Permohonan dan dokumen2 asli (ditaro dalem map)
19. Kalo uda lengkap, suruh duduk lagi, untuk kemudian dipanggil ke Loket 4.
20. DIpanggil loket 4, buat dikasi kwitansi dna nomer urut bayar.
21. Pindah ruangan, duduk depan kasir, nunggu sampe nomernya dipanggil buat bayar. Disini agak sebel, soalnya banyak keselap ama calo calo. Mau maraahh!
22.Sampai diurutannya bayar, 265rb. Dikasi kwitansi. Ada banner gede isi biaya pembuatan paspor kok,aman.
23. Nunggu lagi buat wawancara dan foto.

WAWANCARA&FOTO
24. Masuk ruang wawancara bertiga sama Raka. Disitu akan ditanya2, mau kemana dan lain lain. Pas giliran nunggu, liat ada anak 5 taunan gitu diambil sidik jarinya. Tapi pas Raka ga pake sidik jari, cuman foto aja di pangku sama bapaknya.
25. Selesai. NAnti kwitasnsinya akan ditandai selesai nya kapan. Kalau reguler, seminggu kemudian bisa diambil. Yang ngambil, cukup bapaknya saja :)


Tips2 :
1. Cari kantor imigrasi yang less popular, kalo apply online di Jakarta Selatan, bisa dapet jadwalnya 2 minggu lagi. Waktu Raka dibikinin online, pilih Jakarta Pusat, besok nya bisa langsung dateng ke Kantor Imigrasinya.
2. Cari kantor imigrasi yang deket tempat hiburan :) atau kantor suami/kantor sendiri. Karena :
>>yang bisa nyerahin dokumennya (verifikasi) lengkap sebelum jam 11, akan ikut kloter foto yang jam 11. Kalo lewat dari situ, fotonya baru jam 2, kalo lewat dari jam 2, harus dateng lagi besoknya.
>> kalo kurang beruntung dapet foto jam 2an, bisa kluar ke mall, lunch, ato kekantor :P
3. Kalo deket kantor, suami bisa disuruh duluan ambil nomer, dan verifikasi dokumen dan bayar, istri dan anaknya nyusul pas jam wawancara.
4. Makanan kecil, minuman dan mainan buat sikecil wajib hukumnya.

Moga moga berguna yaaaaaaaaak.

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

9

Topic: Pengurusan Passport

mau tanya dong mamas...kl kita ganti KTP krn pindah domisili, passport perlu dirubah ga sih? kl perlu prosedurnya gimana ya? mungkin ada yg sudah pengalaman ;)
TIA :D

10

Topic: Pengurusan Passport

Hi All,
setelah baca2 sampe selesai tret ini.. masih bingung, jadi sebenarnya kedatangan kedua orang tua itu dibutuhkan ga sih waktu mengurus paspor anak? karena kok prakteknya di tiap2 imigrasi beda2 gituu..
kalo kesimpulan menurut saya, yang penting Surat Izin Pembuatan Paspor Anak sudah ditandatangani oleh bapak & ibu si anak, selesai!
tapi benar nggak seperti itu?
ada yg pernah ke Kanim II Tangerang (Taman Makam Pahlawan Taruna)?? share donk kondisinya disana seperti apa untuk aplikasi paspor online..
TIA ya mamas! :)

11

Topic: Pengurusan Passport

Tickzie mantap lengkap bener, siap d print dan d laksanakan hahahaha..
bs bikin artikel tuh mom..

12

Topic: Pengurusan Passport

@mixfruits
Kedatangan kedua orang tua diperlukan pada saat wawancara untuk anak di bawah 18th. Katanya bisa salah satu tidak datang, apabila ayah/ibu sedang tdk berada di tempat dan harus dibuatkan surat kuasa+surat dr kantor yg memberitahukan bahwa yg bersangkutan sedang berada di luar kota/negeri pada saat wawancara.

Oya kalau ga salah skrg wilayah jakbar sm jakpus lg ada perpanjangan paspor satu hari, jadi entah knp untuk pembikinan paspor online ikut error semua untuk wilayah jakarta alias ga bisa masukin data. Utk jakbar sama jakpus untuk pembuatan paspor baru hanya e-paspor (yg menggunakan chip) bukan yg biasa (yang totalnya 650+ bukan 250+).

Prosedur paspor barunya yg bukan online:
1. Masukin data dan surat persetujuan pembuatan paspor oleh kedua ortu utk anak (bawa berkas asli+fotokopi)

setelah itu diberikan jadwal wawancara - biasanya 3 hari setelah masukin data (kalau tdk dapat hadir pada hari wawancara itu, diberikan waktu 1 bln dr masukin data)

2. Hari wawancara (bawa berkas asli) - bayar biaya pembuatan paspor - foto - wawancara, kedua orang tua harus hadir, abis itu 3 hari lagi jadi paspornya.

Untuk perpanjang paspor satu hari jadi enak, mempersingkat waktu. Semua yg diatas dalam waktu satu hari sudah jadi paspornya (dgn catatan wawancaranya sebelum jam 12).

In love with my 2 sons Pandu dan Dhira

13

Topic: Pengurusan Passport

Sekedar share aja, Barusan sekitar 2 bulan yang lalu,saat baby usia 5 bulan urus passport lewat online. Gampang tinggal upload dokumen, isi data lengkap, dapat no regisnya (bila malem daftar,hanya berlaku untuk besok selama satu hari saja lo).Langsung buat besok daftar,berhubung masih kecil jadi disuruh isi dokumen surat keterangan orangtua sudah ada form-nya disediakan kok,kumpul dokumen (jaga2x perlu bawa dokumen asli akte kelahiran,KK,surat nikah),bayar 250rb klo tdk salah, tunggu panggilan foto:klo bisa pakai kerah anaknya jangan pakai tank top,ntar dipanggil lagi untuk panggilan wawancara (diberitahu jadinya paspor paling lama satu minggu). Dah satu hari tersebut selesai. Tidak bolak-balik :) tips:datang sepagi mungkin biar tidak antri terlalu lama.

14

Topic: Pengurusan Passport

dear all,

saya sudah bikin paspor anak saya (18 bln) di imigrasi tangerang bulan mei/juni 2013 kemarin.. saya share aja ya.. kalo disana itu :
[list=*]

  • walopun sudah daftar online, tetep isi form manual di imigrasi (aneh dan buang2 waktu aja)[/*]
  • untuk aplikasi online, antriannya pendek pas masukin dokumen aja. untuk antrian foto dan wawancara tetep panjang karena gabung sama yang aplikasi manual (tetep aja dapet giliran jam 4 sore, padahal pagi submit jam 8)[/*]
  • untuk anak <18 thn, selama pergi keluar negeri bersama ortu/salah satu ortu saja, tidak perlu buat surat pernyataan ortu bermaterai. kata petugas customer service nya sih begituu. (rugi materai 12rb dehhh!)[/*]
  • untuk yang lain2nya sama aja.. poto, wawancara, tunggu 4 hari kerja, paspor jadi[/*]


    kesimpulannya.. masih aja sih, beda kantor imigrasi beda ketentuan..ini kenapa bisa begitu yah? untung urus dokumen beginian cuma 5 tahun sekali. hahahaha siap2 lagi deh 5 thn kedepan.

  • 15

    Topic: Pengurusan Passport

    skrg saya juga lg urus nih di imigrasi bekasi barat. moga2 gampang keluarnya. secara kadang2 dipersulit karena ulah calo

    16

    Topic: Pengurusan Passport

    moms,
    mau nanya kalau surat pernyataan orang tua itu dibuat sendiri dan tempel materai 6.000 boleh ngga sih?
    draftnya surat pernyataan itu bisa dicontek dimana ya?
    lagi mikir buat persiapan supaya ngga bolak-balik, apa mending melipir ke imigrasi jaksel after lunch break imigrasi atau mending bikin sendiri..
    mohon inpoh nya yaa:)

    Life traveller. Ummu Fikriy & Mahira. Hamba Allah

    17

    Topic: Pengurusan Passport

    dear all,
    web paspor online kok gak bisa dibuka ya dr kemaren? lagi erorkah?
    mo tanya, aq ada rencana mau bikinin paspor utk 3 orang termasuk diriku, nah untuk pemasukan dokumen (di hari pertama) yang 2 orang itu harus ikut apa boleh di wakilkan ya? Maksudnya klo bisa, mereka datang pas hari wawancara n foto saja (hari kedua).
    Bisa gak yah? TIA :)

    18

    Topic: Pengurusan Passport

    bantu jawab yaa...kebetulan aq kemarin baru bikin passpor untuk anakku (9m)

    nana.adha
    maksudnya surat pernyataan ortu yg mana ya, soalnya ada 2. yg 1 memang udh ada formnya sendiri nanti pas ngambil formulir skalian minta formnya, trus kl surat pernyataan yg 1 lg untuk foto, jadi kalau salah satu ortu berhalangan hadir surat pernyataan ini harus bikin.kalau 2-2 nya hadir sih ini ngga usah. imho, surat pernyataan ini yg aq bikin sendiri, pake tulisan tangan pula hihihi. trus ini pake materai juga ya.

    bundanadiandra
    boleh ko diwakilin...kemarin aq jg gitu

    19

    Topic: Pengurusan Passport

    putri110911,
    hoo bisa yaa.. thank ya infonya..:)
    jadi nanti pas hari pertama cuma ambil formulir, pemasukan dokumen, trus udah pulang ya? gak usah bebayaran apapun kan?

    trus nanya lg, pas hr kedua, utk wawancara n foto tetep harus dateng pagi n cepet2an ambil no urut juga ya? ambil no. urutnya di dalam gedungnya kan? bukan yg di koperasi spt pada hri pertama?

    maap klo byk nanya :D thanks

    20

    Topic: Pengurusan Passport

    bundanadiandra
    iya bayar itu pas foto..,jadi ngambil nomer cuman skali aja untuk bayar plus foto. humm tergantung juga sii aq waktu itu dateng pagi2 eh malah lg penuh2nya, alhasil ngantri jam 8 dapet2 jam 12..agak siang kosong malahan.,ngobrol ama petugas imigrasinya juga disaranin dateng jam 12 ke atas krn lebih kosong..ya telaat info nya. tp ngga tau juga kalau di kantor imigrasi lain gmn, aq kan bikinnya di bandung hehehehehe

    21

    Topic: Pengurusan Passport

    hai salam knal,

    mau tanya aku ada rencana buatin paspor buat ortu diatas 50 & adikku dibawah 17 th,ada perbedaaan ga untuk usia di atas 50?

    kl misalnya uda daftar online ternyata ada masalah bisa ga daftar lg secara manual/lwt calo?

    kl misalnya di hari yg ditentukan kita ga bisa dtg gmn?bisa reschedule ga?

    22

    Topic: Pengurusan Passport

    putri110911
    makasih ma utk infonya :)

    Akhirnya senin kemaren selese juga sesi wawancara n foto paspor utk aku,misua, n anak. Alhamdulillah lancar dan dipermudah... bikin resmi jadinya hemat 255rb x 3 saja.. syenaaang :)

    Kemarin bikin online, webnya lemooooottt sangaaatt -,-'
    upload 3 org butuh 12 jam, aku aplod dr nyampe kantor sampe aku mo pulang kantor baru berhasil,,, huks

    christineannabelle,
    klo utk anak dibawah 17th blm ada ktp, haru buat surket orangtua, formnya disediakan di koperasi, harus di ttd kedua ortu dan bermaterai..
    Utk yg di atas 50 sepertinya sama spt paspor org dewasa, ktpnya jika berlaku seumur hidup, bisa di tulis 5 tahun kedepan spertinya..

    klo sudah daftar online ternyata salah, bisa daftar online lagi kok,, gak harus manual apalgi lewat calo,, tp klo mo pilih manual tetep bisa..

    utk pengumpulan berkas jika kita tidak bisa dtg, klo utk online kan skrg harus bayar ke bni dulu, dan struk itu berlaku 7hari, jadi sepertinya bisa ya sampe 6hari kedepan,,
    kalau utk wawancara&foto berlaku 30hari..cmiiw
    hth yaa

    23

    Topic: Pengurusan Passport

    @bundanadiandra

    moms makasih infonya. patut di coba :-)

    24

    Topic: Pengurusan Passport

    Mamas, nanya dong..ada yg baru2 ini perpanjang passport ga? Baca2 soal one day service nya baru di imigrasi jakbar ama jakpus aja..apa skrg disemua imkgrasi udh bs sehari kelar jg? Kl ada yg abs perpanjang inpo2in yaaa. Tx in advance....

    mother | wife | baker wanna be

    25

    Topic: Pengurusan Passport

    sharing bikin paspor anakku (15,5 bulan) dan perpanjang paspor mamanya (Agustus 2014). Begini ururannya:

    1). kita pakai daftar passpor online di imigrasi.go.id. FYI, aku udah mau daftar passpor online dari bulan Mei 2014 tapi tertunda mulu karena harus scan2 data yang aku belum lengkap. Lalu bulan Agustus 2014 lalu, aku coba daftar onilne lagi dan ajaib pendaftarannya jauh lebih mudah (nggak perlu upload scanan berkas2 lagi), jauh lebih mudah :).

    2). setelah dapat email balasan dari imigrasi, aku print lembaran dari mereka dan bayar langsung ke Bank BNI (bukan ATM) dgn menunjukan lembaran tsb. Bank akan memberikan lembaran bukti bayar utk diserahkan ke kantor imigrasi. Yakinkan semua isian benar supaya tidak sia-sia pembayarannya.

    3). Konfirmasi jika sudah membayar, lalu isi jadwal kedatangan kita ke kantor imigrasi (kantor imigrasi mana dan tanggal berapa silakan dipilih). Segera konfirmasi setelah pembayaran (batasnya 5 hari kerja, jika tidak konfirmasi uang bisa hangus). Lalu kita akan terima email lagi dan print lembaran tersebut utk dibawa ke kantor imigrasi.

    4). Datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang kita pilih. Kita datang di kantor imigrasi jakarta selatan jam 8 kurang 5 menit. Ambil antrian khusus nomor antrian online, dapat nomor 35-an. Jam 8 pagi baru mulai dipanggil nomor antrian 1. Kita nggak disuruh isi apa2 lagi kok, cuma duduk manis menunggu dan pastikan semua berkas lengkap sudah di fotokopi dan ada aslinya. Tiba giliran kita jam 9.10 masuk ke ruang wawancara & foto. Di dalam berkas di cek lagi, kalau udah oke semua langsung foto, wawancara sebentar, dan sidik jari. Selesai. Kita berlima hanya 20 menit saja, Menunggu antrian 1 jam lebih. Jadi total waktu kita dari tiba sampai selesai tidak sampai 2 jam jika lancar tanpa ada berkas yg kurang daaaan nggak perlu datang pagi2 buta di kantor imigrasi toh pada akhirnya jam 8 pagi baru mulai antrian no.1...hehe.

    5). Syarat utk bikin passpor anak di bawah umur; FC Kartu Keluarga, FC buku nikah orang tua, FC KTP kedua orang tua, FC Akte lahir anak, dan surat ijin kedua orang tua. Oya, untuk bikin passpor anak tidak perlu kedua orang tua hadir kok, asal lembar ijin ortu sudah di ttd bapak-ibunya si anak.

    6). Passpor jadi setelah 3 hari kerja dan boleh diambil siapa pun asal membawa kwitansi pengambilan.

    Mudah, Cepat, dan Nyaman bgt bikin passpor sekarang ini.
    Selamat mencoba moms dan nggak perlu calo :D

    more loving, more caring, more giving, more sharing